Memprogram Itu Asyik (Kalau Dinikmati)

Karena tuntutan profesi sebagai dosen, saya mengambil S3 lagi mulai tahun lalu. Tidak jauh-jauh, di ITB juga. Penelitian saya yang berhubungan dengan citra dan sekuriti (saya sungguh menyenangi kedua bidang ini) mengharuskan saya untuk coding lagi yaitu membuat program. Kali ini saya memprogram menggunakan MATLAB karena MATLAB sudah menyediakan infrastruktur yang kaya untuk pemrosesan citra dan sinyal digital (ada toolbox nya). Terus terang memprogram dengan menggunakan MATLAB adalah hal yang masih baru bagi saya. MATLAB sudah jamak digunakan mahasiswa dan dosen (serta peneliti) di bidang teknik, seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan sebagainya. Di Informatika ITB, hampir tidak pernah mahasiswa kami menggunakan MATLAB karena mereka jarang mendapat tugas terkait komputasi teknik. Kebanyakan mahasiswa kami meggunakan kakas bertujuan umum seperti .NET, Java, Delphi, Visual C++, dan sebagainya. Lagipula, mereka dianjurkan membuat primitif fungsi sendiri ketimbang menggunakan fungsi built-in yang tersedia di dalam kakas (sembari belajar).

Saya tidak hendak menceritakan seluk beluk MATLAB, tetapi pengalaman perihal memprogram. Karena MATLAB baru bagi saya, maka saya tertantang untuk menguasainya dalam waktu cepat. Seperti jargon yang sering kita dengar bahwa keahlian tentang sesuatu hanya bisa diperoleh jika kita banyak mempunyai “jam terbang”. Hal ini berlaku pula jika kita ingin mendalami sebuah kakas baru. Perlu waktu yang intensif untuk bisa menguasai pemrograman dengan kakas baru seperti MATLAB ini. Learning by doing mungkin cara yang paling efektif. Mencoba sendiri atau bereksperimen sendiri dapat meningkatkan daya serap penguasaan materi. Ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh William Glasser bahwa jika hanya membaca, maka hanya 10% saja materi yang bisa kita kuasai. Kinerja pembelajaran semakin meningkat jika kita mendengar, melihat, mendiskusikan dengan teman, dan jika melakukan eksperimen sendiri maka 80% dari materi pembelajaran dapat kita raih, dan 90% jika kita ajarkan kepada orang lain.

Jika anda berkunjung ke Informatika ITB, anda akan melihat mahasiswa kami di lab-lab yang begitu asik memprogram atau mempelajari kakas pemrograman baru (seperti C#), platform baru (seperti .NET), dan sebagainya. Mahasiswa betah berlama-lama di lab karena memang resource yang tersedia dapat diperoleh dengan mudah (buku, piranti lunak). Keseriusan bereksperimen sendiri tidak membuat mereka melupakan aktivitas internet yang menyenangkan seperti chatting dengan Yahoo Messenger. Sambil memprogram ya chatting juga.

Memprogram telah membius banyak orang, tidak hanya dari kalangan informatika saja. Mahasiswa dan dosen dari luar IF pun banyak yang melakukan kegiatan ini, bahkan sebagian mereka mungkin lebih mahir dari orang informatika sendiri. Bahkan seorang kolega di Elektro mengaku lebih menyukai memprogram ketimbang mengulik elektonika atau IC design yang merupakan bidang “lamanya”. Mungkin perlu penjelasan mengapa banyak orang tertarik di bidang teknologi informasi khususnya mengembangkan program aplikasi. Teknologi informasi bagaikan gadis cantik yang dikerubuti banyak orang, tidak peduli latar belakangnya apa. Semua ini dapat dijelaskan namun penjelasan apapun akhirnya bermuara pada uang juga, istilahnya UUD (Ujung-ujungnya duit)) :-)

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

14 Balasan ke Memprogram Itu Asyik (Kalau Dinikmati)

  1. icha berkata:

    sblumnya sy mau ngucapin trima kash bwt bapak rinaldi , krn sy yang tdinya sgt tidak menyukai dan sama sekali tidak mnguasai mtematika ini yang malah mengambil jurusan ilmu komputer terus trg beban yng sangat berat karn bukan bidang sy , sy lbh ahl di bdg bahasa dan sosial ..dan sy smpt stuck dengan bbrp mata kuliah yang berhbngan langsung dgn coding dan matemtika… tapi stlh sy membaca buku anda “kriptografi” alhmdulilah enth knp sepertinya tiba – tiba sy langsung tertarik bahkan sy menjadikan stganography sbg topik skripsi sy skrg (“hal yg nekat mnrt sy mengingat kemampuan matmtika sy terbilang rendah”) tp hal itu jg yg akhrnya memacu sy untuk trus bljr dn bljr walau butuh waktu yang cukup lama …

  2. fuad berkata:

    saya dari jurusan matematika, tapi saya akui memprogram memang mengasyikkan.. dan di dunia matematika MaTlab begitu Sering digunakan karena menyangkut aplikasinya yang begitu luas dengan kemampuan yang fantastis. walaupun masih menggunakan interpreter, namun bisa jg digunakan untuk memprogram melalui M-File nya. Tapi menurut saya memang lebih sulit dibandingkan memprogram menggunakan bahasa Pascal. Alih-alih Matlab menggunakan bahasa C. Padahal saya mengambil TA yang menggunakan pemrograman pada MATLAB. berabe khan… BTW, saya sekalian mo minta tolong nih.. mohon bantuannya mengenai pemrograman MATLAB untuk kriptografi. mungkin bapak rinaldi memiliki beberapa literatur dalam bentuk soft copy. terima kasih…

  3. haidar berkata:

    thanks buat mas rinaldi
    kemarin skripsi saya juga mrnggunakan matlab7 walaupun pemrograman ini belum pernah saya coba n belum familiar di telinga saya.
    tapi dengan usaha keras akhirnya saya berhasil menyelesaikan skripsi saya dengan matlab.
    dimatalb sendiri sudah tersedia GUI yang bisa kita manfaatkan untuk mendesain user interface.
    skripsi saya membuat simulasi rangkaian listrik, masalahnya didunia kerja matlab jarang di pakai jadi susah juga untuk aplikasinya.
    mungkin mas renaldi punya informasi??????

  4. maya berkata:

    Pak Rinaldi, perkenalkan saya Maya.Saya mahasiswi Jurusan Teknik Sipil.Saya Sedang Mengerjakan skripsi saya tentang simulasi yang menggunakan program MATLAB.Saya benar2 belum mengerti program MATLAB.Namun saya berusaha untuk dapat menggunakannya.Mungkin bapak dapat membantu saya..Mohon balasannya.Terima Kasih.

  5. hamzah berkata:

    tolong kirimkan satu contoh sederhana penggunaan matlab seperti memprogram rumus, toooolooong segera!!!!!

  6. riand berkata:

    Wah, mau jg dong kalo ada info ttg aplikasi Matlab di dunia kerja.
    Selain itu kalo ga keberatan Pak Rinaldi sekalian bikin buku ttg pengolahan citra dgn Matlab, kebetulan saya jg tertarik dgn bidang itu. Abis matematikanya itu loh njelimet:D

    MAKASIH

  7. vivi berkata:

    pak ada tutorial matlab untuk citra ga, tapi yang soft copy. tolong saya di kasih filenya ya pak. terima kasih

  8. Q-TOP berkata:

    tutorial matlab kira-kira dimana ya linknya?

  9. lian berkata:

    salam kenal saya LIAN, pak rinaldi tolong kirimin saya tutorial pemrograman GUI menggunakan MATLAB, soalnya skripsi saya tentang pemrogramn citra menggunakn matlab juga..

    terima kasih..^^..

  10. rinaldimunir berkata:

    @lian: saya menggunakan MATLAB untuk hal yang substansi saja, tentang GUI nya belum saya coba.

  11. Seruni berkata:

    salam kenal pak Rinaldi. Saya sempat membeli buku anda yang algoritma. Untuk kelas pemula,enak untuk belajar. Apa bapak sdh buat buku tentang MATLAB? Kalau bapak mempunyai modul tg MATLAB,saya minta ya pak….saya sedang bljr pemrograman MATLAB. Terimakasih sebelumnya…

  12. rinaldimunir berkata:

    @Seruni: belum, saya belum punya kesempatan menulis buku tentang Matlab. Ada terpikir ke sana, yaitu menulis buku Pengolahan Citra dengan MATLAB, tapi nantilah kalau saya sudah menyelesaikan sekolah dulu. Sabar ya.

  13. Daud berkata:

    Saya juga masih memrogram Pak Rinaldi. Enjoy aja…..:-)
    Salam,
    Daud, if89

  14. Ping-balik: Memprogram Itu Asyik (kalau dinikmati) | the remedy for an amnesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s