Nonton Film di Teater 4 Dimensi Dufan

Hari Jumat 8 Juni 2007 kemaren saya absen ke kantor, karena menemani anak ikut jalan-jalan acara perpisahan sekolahnya (TK) ke Dunia Fantasi (Dufan) Ancol. Setiap anak didampingi ibunya, hanya dua orang anak yang ditemani ayahnya, termasuk saya. Risih juga <i>nih</i> bergabung dengan ibu-ibu, tapi gimana lagi, ibunya anak saya tidak bisa menemani karena repot dengan adik bayi yang setiap waktu harus disusui.

Dufan. Siapapun tahu nama itu. Arena kesenangan rakyat Indonesia yang terletak di tepi Pantai Ancol Jakarta. Orang daerah kalau jalan-jalan ke Jakarta tidak lupa datang ke sini. Apalagi kalau yang dibawa itu anak-anak, dijamin pasti merengek.

Saya baru dua kali ke Dufan, termasuk kali ini. Pertunjukan lumba-lumba dan singa laut <i>sih</i> udah biasa, udah “basi” kata anak-anak sekarang.  Tapi pada jalan-jalan kali ini ada wahana baru yang sangat menarik, yaitu teater 4 Dimensi (4D). Kalau film-film 3D sudah tidak aneh lagi kan, nah kalau nonton film 4D baru beda. 

Bangunan Teater 4D di Dufan bentuknya kotak, tetapi jika kita masuk ke dalamnya, kita melewati lorong yang terus menanjak seperti memasuki sebuah piramida Mesir. Dan memang, di dinding kiri dan kanan lorong yang agak gelap itu terdapat relief-relief yang menggambarkan diorama Mesir kuno. Hmmm… tampaknya sebelum menonton film 4D pengunjung dikondisikan dulu dengan suasana yang mencekam. 

Memasuki lantai bioskop, pengunjung diberi kacamata hitam. Untuk menonton film 4D memang diperlukan kacamata khusus. Lampu-lampu di dalam bioskop mulai dimatikan, pertanda film akan segera dimulai. Film yang diputar menampilkan kehidupan beruang di kutub utara, biota laut, dan satwa di hutan tropis. Kacamata khsuus tadi membuat penonton serasa benar-benar berada di dalam film tersebut. Gambar-gambar 3 dimensi yang sebenarnya realitas maya seolah menjadi nyata, buktinya ketika monyet-monyet di hutan melempar buah-buahan para penonton berteriak seakan-akan lemparan buah tadi mengenai kepala penonton. Tiba-tiba seekor ular menjulurkan kepalanya ke arah penonton sehingga banyak penonton berteriak ketakutan seolah-olah ular itu menerkam mereka. Benar-benar bikin “jantungan”. Dan braaaak…, pohon tempat bergelantung monyet rubuh karena ditebang dari bawah. Kitapun merasakan pohon patah karena kursi tempat duduk bergoyang-goyang ke depan dan ke belakang. Waaaahh. Efek nyata lainnya ditampilkan ketika beruang kutub melompat-lompat di gunung es. Hembusan angin pun berhembus di dalam teater, bahkan gerimis hujan pun dijatuhkan dari langit-langit teater seakan-akan penonton merasakan hujan yang ada di dalam film itu.

Film 4D
Secara umum film 4D memang menawarkan sensasi yang luar biasa. Efek 3 dimensi yang ditampilkan di dalam film ditambah dengan gerimis hujan, hembusan angin, dan kursi yang bergoyang-goyang itulah yang dinamakan film 4D.  Sayang, filmnya singkat sekali, hanya 15 menit, sehingga kami kurang puas. Tapi tak apa-apalah,  tidak rugi menemani anak ke Dufan, sebab saya bisa menyaksikan film 4D ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

23 Balasan ke Nonton Film di Teater 4 Dimensi Dufan

  1. edy berkata:

    Untung filemnya dokumenter. Coba kalau filem perang macam Tears of The Sun, Band of Brothers, dan Commando, bisa banyak yang pingsan atau jantungan kali ya.
    Kalau Matrix boleh lah menikmati desingan pelurunya.
    Hmm, kalau Lord of the Ring atau Harry Potter diputar disitu pasti seru nih. Serasa terbang melayang. hehe

  2. peb berkata:

    sebenernya bingung juga.. 4D itu maksudnya apa ya pak? ‘D’ ke empat itu …

  3. rinaldimunir berkata:

    @Peb: 4D = film 3D + efek semu di dalam ruang teater (hujan, angin, kursi bergoyang2, dll)

  4. Dewi berkata:

    hmmm,,,, jadi pengin ke dufan nih Pak,,,

  5. reiSHA berkata:

    Ga nyobain Tornado Pak? Wahana yang katanya baru di-launching 10 Juni lalu?

  6. rinaldimunir berkata:

    @Reisha: belum, saya ke sana kan tagl 8 Juni, jadi belum ada Tornado.

  7. reiSHA berkata:

    Hoho, o iya, 8 Juni ya. Ga merhatiin… Hehe… Katanya lebih ‘parah’ dari pada Kicir-Kicir lho Pak… :)

  8. ikram berkata:

    Pak Rinaldi, teater 4D berada di dalam Gelanggang Samudera, bukan Dunia Fantasi :)

  9. rinaldimunir berkata:

    @Ikram: memang teater 4D itu di dalam Gelanggang Samudera, tetapi publik tahunya itu di Dufan.

  10. ikram berkata:

    Oh, oke kalau begitu :)

  11. Abie berkata:

    Waah, kebetulan Pak! Saya dan teman2 IF yang sedang KP di Jakarta mau mencoba ke sana.
    Kok tampak seru ya? ^o^

  12. diBond berkata:

    Kebayang kalo filmnya ‘Band of Brothers’, efek D ke-4nya difasilitasi dengan menembakkan peluru beneran ke arah penonton. Haha.. Ngomong2 Pak, tiket masuk ke 4D ini berapa ya? Jadi penasaran… >_

  13. GONO berkata:

    KALAU ADA YANG PUNYA FILM 4D/3D SAYA MAU DIKIRIMIN
    VIA EMAIL INI

  14. omenlophe berkata:

    punya gambar / foto 4 dimensinya ga..? kalau punya aku kasih ya…..
    ke E-m@ailku : omenlophe@yahoo.com
    makacih buanget sebelumnya….

  15. ina berkata:

    pak rinaldi,

    tau nga, klo ke teater 4 d itu , tiket masuk nya dah termasuk apa nga ya?

    terus apa hanya boleh 1 x , atau terserah pengunjung?/

    pls info ya

  16. rinaldimunir berkata:

    @ina: tiketnya terusan, jadi ketika kita masuk Dufan dan membeli tiket, maka semua wahana di sana bisa dinikmati dengan tiket terusan tersebut. Menontonnya habya boleh satu kali, sebab setelah film habis penonton disuruh keluar sampai ruang teater kosong.

  17. ina berkata:

    wokay…

    jadi nga seperti di DUfan , misal teater 3d nya , yang klo kita mau nonton lagi,. ya antri lagi …

  18. asriyatun dewi berkata:

    wah bagus tuh , walaupun gak pernah liat yang di jakarta sih…hehehe

  19. reza berkata:

    pak 4 dimensi munculin di tv di supah anak kecil di padang
    gembira

  20. ariel sharon berkata:

    wah,Lumayan dpt pngetahuan baru nih.
    soaLnya disuruh cari tw apa itu theater 4D,buat desain tugas saya dikuLiah,hehe.
    thx ya sdr rinaLdimunir.

  21. nama ku pput berkata:

    untuk menambah ilmu pengetahuan kita , dan seru banget

  22. iqbal berkata:

    pengen bgtz tuh k 4D dufan penasaran nie…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s