Makan Mangga Gedong Gincu

Ganti topik ah ke soal makanan. Musim mangga sudah mulai menyerbu Bandung. Sebagai seorang penggemar berat buah mangga, saya selalu menunggu musim ini tiba. Buah mangga di Bandung memang menggiurkan selera, apalagi dimakan pada musim kemarau ini. Jawa Barat memang gudangnya buah mangga. Ada sentra produksi mangga yang secara turun temurun menghasilkan buah mangga yang berkualitas, apalagi kalau bukan daerah Indramayu. Indramayu yang sering dikonotasikan negatif dengan hal-hal tentang wanita PSK ternyata memiliki buah primadona, mangga. Mangga indramayu terkenal manis dan besar-besar. Setiap ada orang yang ke Indramayu, saya pasti nitip buah mangga, he..he. Kalau tidak, ya saya beli saja di daerah Cicadas pada saat pulang ke rumah. Mangga yang terkenal dari Indramayu adalah mangga harum manis dan mangga gedong gincu.

Dari semua buah mangga yang saya suka, mangga gedong gincu adalah mangga urutan pertama. Bentuk mangga ini bulat seperti buah apel. Kulitnya berwarna-warni, kombinasi warna hijau, kuning, merah, dan oranye seperti gincu lipstik yang beraneka warna itu, makanya disebut mangga gincu. Dari warna kulitnya saja sudah terbayang kelezatannya. Di bawah ini fotonya (klik foto untuk memperbesar). Sumber foto: commons.wikimedia.org.

Mari kita kupas mangganya. Daging buahnya berwarna oranye. Rasanya? Hmmm…manis dan sama sekali tidak ada rasa asamnya seperti mangga lain, membuat orang yang memakannya pasti ketagihan.

Ada satu jenis varian mangga yang sejenis dengan mangga gedong gincu, yaitu mangga gedong (tanpa embel-embel kata gincu). Mangga ini warna kulitnya seragam, oranye semua. Rasanya kurang begitu manis dibandingkan dengan gedong gincu.

Menurut yang saya baca, mangga ini disebut mangga gedong gincu karena pada zaman Belanda dulu mangga gedong gincu hanya untuk kalangan priyayi, bangsawan, dan londo-londo. Kata “gedong” dalam bahasa Sunda berarti sebutan untuk rumah orang kaya. Ada juga yang mengatakan mangga ini hanya ditanam di rumah-ruma orang kaya di Indramayu sehingga disebut mangga gedong. Sebutan gedong ternyata sesuai benar dengan harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan mangga jenis lainnya. Saat ini, ketika belum puncak musim mangga, sekilo mangga gedong gincu harganya Rp20.000, tetapi pada saat produksi buah ini melimpah, harganya jatuh hingga Rp5000/kg, sedangkan mangga harum manis terjun bebas dengan harga Rp3000/kg.

Tahun lalu buah gedong gincu termasuk salah satu buah yang dipesan oleh Gedung Putih, Washington untuk disajikan dalam jamuan makan tamu-tamu di sana. Buah-buah lokal yang primadona semacam ini memang harus dilestarikan, jangan sampai nanti mangga gedong gincu berganti dengan nama mangga bangkok, seperti yangs duah terjadid engan buah durian dan buah jambu.

Tulisan ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

19 Balasan ke Makan Mangga Gedong Gincu

  1. sayapbarat berkata:

    Waduh, mantap pak… Saya punya pohon mangga gedong di indramayu.. Jadi kangen makan mangga gedong lagi (maklum, anak kos yang makan asal kenyang dan murah).

  2. ndrewh berkata:

    Gyaaa, harga mangga beneran segitu Pak?? Hmmm, jadi tertarik beli,, Tapi ga jago milih Pak… hiks hiks…

  3. rinaldimunir berkata:

    @ndrewh: emang harganya juga gedongan, Ndrew. Kemaren saya ke Toserba Griya/Yogya lihat harganya udah turun Rp16.000/kg. Tapi saya mungkin tidak perlu beli lagi, “sayapbarat” (Kusumadewi) yang punya pohon mangga gedong di rumahnya di Indramayu bakalan bawa mangga ke Bandung, he..he (ya kan Dewi?)

  4. Catra berkata:

    sepertinya enak tuh pak !! hehehe

  5. Arie berkata:

    Slurp slurp…
    Pohon mangga gedong di rumah udah jadi incaran tetangga. Tentu saja kita mengizinkan, dengan catatan, “Harus manjat sendiri, dan bawa keresek sendiri”. Hehehe…

    * abis di rumah ga ada yang jago manjat :p

  6. nitz berkata:

    mangga ini kok kalo ga di jawa barat susah dicari ya?

  7. Rinaldi Munir berkata:

    Sekarang belum musim, tunggulah bulan November-Desember. Pohon mangga sekarang lagi berbunga (saya lihat pohon mangga di depan rumah). Masa sih nggak menemukan mangga gedong gincu di pasar swalayan atau supermarket? Di Toserba Yoga/Griya banyak tuh.

  8. DeRa berkata:

    gue puny stok gedong gincu….klo mw bs pesen mw brp kilo, kuintal..? gw siap kirim tinggal kontak z ok…ditunggu y…

  9. arjuna berkata:

    kami butuh semua jenis mangga seperti harum manis, manalagi , gedong, golek dan indramayu dalam jumlah yang banyak yang akan disalurkan ke sejumlah supermarket yang berada di propinsi jambi selain mangga kita juga membutuhkan salak pondo, apel malang, melon, buah naga yang tertarik berbisnis kontiniu dengan kami tolong hubungi CV. ARJUNA. atau hubungi Saudara Roy di 085273928880 atau085664351044 kita bisa membicarakan tehnik pengiriman biar barang tidak rusak sampai di jambi dan mekanisme pembayarannya

  10. Arie Anyes berkata:

    wah nengok bentuk mangga gedong gincu jadi tertarik neh….????
    di Pekanbaru tak ada…
    Gmana caranya dapat bibit mangga gedong gincu…?bisa tak dikirim ke Pekanbaru Riau..

  11. Hary berkata:

    Mangga gedong gincu emang mantap, tapi apa benar varian gedong ada dua macam yg gincu dan non gincu ??
    Setahu saya mangga gedong bukan nya cuma satu macam ??
    Tergantung kita panen nya, kalo mangga kita biarkan tua/matang di pohon namanya gedong gincu, tapi kalo belum tua/matang udah dipanen jadilah mangga gedong biasa.
    Tolong bagi yang tahu sebenarnya, diluruskan yang bener yang mana ??

  12. Lintang farizi berkata:

    Waduh jadi pengen pulang kampung nih biar bisa makan dan bisnis mangga lagi nih,:,

  13. Akin Tohari berkata:

    SALAM KENAL YA,,,,
    MA’AF NUMPANG PROMOSI, NGOMONG SOAL MANGGA SAYA MENEDIAKAN
    BIBIT BEBAGAI MACAM POHON MANGGA:
    1.GEDONG GINCU TINGGI 1 meter, SIAP BUAH HARGA Rp.50.000 PER POHON.
    2.HARUM MANIS TINGGI 1 meter, SIAP BUAH HARGA Rp.50.000 PER POHON.
    3.OKYONGTINGGI 1,5 meter, SIAP BUAH HARGA Rp.50.000 PER POHON.
    PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI: AKIN TOHARI DI 085245244975.
    LOKASI PARUNG BOGOR, BISA PESAN ANTAR.
    TERIMA KASIH

  14. mangga.info berkata:

    tingkat kan lagi informasinya ya……

    jangan lupa kunjungi juga ya web kami mangga.info

  15. Roy Syd berkata:

    Permisi saya numpang promosi…kami menyediakan Aneka buah Mangga :
    Mangga Gedong,Mangga Gedong Gincu ,Mangga Harum Manis, Mangga Indramayu (Cengkir) Mangga Budigajah…siap untuk suplayer Modern market & Tradisional Market Pulau Jawa maupun diluar Jawa…kwantitas Produksi Pasca Panen 50 Ton/bulan Panen Raya 200 Ton/bulan…untuk harga sesuai standar harga pasar (suplayer)…

  16. waluyojati berkata:

    halooo gw juga pencinta buah mangga, bahkan cinta gw berubah jadi hobi+manik bgt tuh sama mangga… sampe 3 kilo tuh gw makan sendiri ampee perut buncit and mau meledak wkwkwkwkwkwkwkwkwk just kiding… kalau boleh menyikapi tu jenis mangga gedong , kayaknya gw lbh suka mangga harum manis dan mangga madu cos seratnya gk terlalu bnyk kayak mangga gedong

  17. rosid berkata:

    akhir2 ini sy always santap gedong gincu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s