50 Tahun ITB (Foto-foto ITB Lawas)

Ketika melewati gerbang kampus, saya melihat dua spanduk yang mencolok mata berwarna biru, yaitu tentang Dies Emas ITB (1959 – 2009):

dsc00303

Oh, ITB sudah 50 tahun? Mungkin ada yang bertanya, bukankah ITB didirikan tahun 1920, kenapa berusia 50 tahun, seharusnya 89 tahun, bukan? Sebenarnya hal ini tidak salah juga. ITB diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 2 Maret 1959. Tanggal ini dijadikan sebagai tanggal peresmian ITB oleh Pemerintah RI. Tetapi, sebenarnya sejarah ITB bermula sejak awal abad kedua puluh, ketika Indonesia masih dijajah oleh Belanda, dengan nama Technische Hoogeschool et Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw (dikutip dari situs ITB). Salah satu alumni generasi awal yaitu Soekarno itu, seorang Insinyur Teknik Sipil. Jadi, jika mengacu pada tahun 1920, maka berarti pendidikan teknik pertama di Indonesia sudah berusia 89 tahun, usia yang sudah aki-aki.

Seperti apakah wajah kampus ITb pada awal abad 20 itu? Saya menemukan foto kampus Ganesha ITB dari situs web ini. Foto di bawah ini adalah pemandangan kampus ITB pada tahun 1925:

itb-1925

Foto di atas memperlihatkan saat itu kawasan ITB di Bandung Utara masih sepiiii, masih banyak tanah kosong. Di depan kampus ITB tampak jelas Taman Ganesha yang masih ada sampai sekarang. Lalu, di sebelah kanan tampak Jalan Dago (Ir. H. Djuanda) yang terkenal itu, dan di sebelah kirinya Jalan Tamansari yang panjang dari utara ke selatan. Belum ada kebun binatang waktu itu.

Kampus ITB saat itu (yang bernama Technische Hoogeschool) hanya berisikan bangunan Aula Barat, Aula Timur, Gedung Teknik Sipil, dan Gedung Fisika.

Bagaimana posisi kampus ITB di Bandung Utara saat itu relatif dengan bangunan lain seperti Gedung Sate? Lihat fotonya di bawah ini:

0bandung6

Wah, benar-benar ideal sekali Bandung tempo doeloe, tidak padat, tidak macet, dan nyaman.

Selamat ulang tahun ke-50 (eh, 89) kampus ITB tercinta.

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

17 Balasan ke 50 Tahun ITB (Foto-foto ITB Lawas)

  1. ekoph berkata:

    Dies 50 tahun ya…
    wah spesial dong tahun 2009 untuk ITB…
    Kebetulan nih, tahun ini, tepatnya minggu depan, saya sidang, dan kalo tidak ada masalah, bulan april nanti wisuda…

  2. rinaldimunir berkata:

    @ekoph: selamat sidang ya? Jurusan apa nih dan angkatan berapa?

  3. dwinanto berkata:

    Perayaannya tampak sudah lama dipersiapkan, bahkan hingga memundurkan agenda wisuda Maret menjadi April,.

    Semoga berkesan positif,. :)

  4. I always admire old time Bandung: clean air, green, cool, green rice field everywhere. Gorgeous. When these are going to happen today? I hope so.
    To My Beloved ITB, congratulation for 50th anniversary according to Republic or 88th years existence since first established in 1920.

  5. Asop berkata:

    Huaaaaa… masih banyak lahan kosong!!!!!!!

    Lain banget dulu ama sekarang… Kata dosen saya, sebelum ada labtek V-VIII dan gedung CC, gunung TangkubanPrahu kelihatan dari gerbang depan…
    Sekarang? ….. Jangankan gunungnya, garisnya aja susah dilihat… >.<

    Kata dosen saya juga, tahun 70-an Bandung masih dingin sekali… jalan ke kampus pagi2 harus pake jaket tebal… Uap nafas terlihat… Jadi pengen merasakan…. ^^

  6. okiurang bandung berkata:

    sono ka Bandung,,hayang ceurik,,bosen hirup ngumbara teh,,,

  7. mardi berkata:

    kenapa jalan-2 di bandung kecil-2 shingga selalu memacetkan lalin….?

  8. budi berkata:

    oh… Bandung kenapa skrng tambah semraut, gimana 20 tahun kedepan setelah kita beramput putih

  9. dokumentasi tempo doeloe merupakan harta tak ternilai bagi anak cucu dan generasi yang melahirkannya……luarrrr biasa…hehe

  10. alexander berkata:

    good picture………………good

  11. andrian berkata:

    aduh ,, inget aku wktu muda dulu ,,,

    jdi pngen makan …

    hahahaha

  12. ITB it’s the best. :-)

  13. nindrianto14 berkata:

    ITB dan Bandoeng…selalu di hati..

  14. hanna berkata:

    ITB,,,
    pengen banget bisa kuliah disana,,
    impian aq banget ITB,,, :)

  15. Kampus ITB sekarang sudah kehilangan estetika ruang dan historis yang lebih mirip dan tersa seperti di Mall Ciwalk Cihampelas :p

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s