Pohon Nabi

Mahasiswa saya yang sudah jadi alumni, Ali Akbar, membawa oleh-oleh dari Tanah Suci sepulang dari menunaikan ibadah haji. Oleh-olehnya adalah sebuah lukisan dari bambu yang menggambarkan pohon nabi. Seperti ini foto lukisan pohon nabi:

pohonnabi

Apa itu pohon nabi? Pohon nabi adalah pohon silsilah para nabi mulai dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad. Dimulai dari akar adalah manusia pertama, yaitu Nabi Adam (1). Dari keturunan Nabi Adam melahirkan Nabi Idris (2), Nabi Nuh (3). Ket: nomor urut di dalam tanda kurung menyatakan urutan nabi

Selanjutnya, dari keturunan Nabi Nuh lahir Nabi Hud (4), Nabi Shalih (5), Nabi Ibrahim (6), dan Nabi Luth (7).

Nabi Ibrahim mempunyai 2 anak yang semuanya menjadi nabi, yaitu Ismail (8) dan Ishaq (9). Keturunan Nabi Ishaq melahirkan banyak nabi, sedangkan dari keturunan Ismail hanya melahirkan satu nabi yaitu Nabi Muhammad (25).

Dari keturunan Nabi Ishaq lahir Nabi Ya’qub (10), Yusuf (11) yang merupakan putera Nabi Ya’qub, Ayub (13), dan Zulkifli (14). Oh ya, jauh dari abad Nabi Ibrahim ada satu nabi lagi yang diutus Tuhan yaitu Nabi Syu’aib (12).

Keturunan nabi Ya’qub selanjutnya melahirkan Nabi Musa (15), Harun (16), Daud (17), dan Yunus (21).

Dari Daud kemudian diteruskan oleh Sulaiman (18). Keturunan Sulaiman melahirkan Nabi Isa (24), Nabi Zakaria (22) dan Nabi Yahya (23).

Keturunan Nabi Harun melahirkan Nabi Ilyas (19), dan Ilyasa’ (20).

Jika diurut, maka susunan Nabi itu adalah:
1. Adam
2. Idris
3. Nuh (Inggris: Noah)
4. Hud
5. Shaleh
6. Ibrahim (Inggris: Abraham)
7. Luth
8. Ismail
9. Ishaq (Inggris: Isaac)
10. Ya’qub (Inggris: Jacob)
11. Yusuf (Inggris: Joseph)
12. Syua’ib
13. Ayub
14. Zulkifli
15. Musa (Inggris: Moses)
16. Harun
17. Daud (Inggris: David)
18. Sulaiman (Inggris: Solomon)
19. Ilyas
20. Ilyasa’
21. Yunus (Inggris: Jones)
22. Zakaria
23. Yahya (Inggris: John)
24. Isa (Inggris: Jesus)
25. Muhammad. (Inggris: Mohammed)

Dari pohon nabi tersebut terlihat bahwa Nabi Ibraham adalah bapak dari semua agama samawi. Keturunan Ibrahim melahirkan 3 nabi pembawa ajaran (agama) tauhid, yaitu Nabi Musa (Yahudi), Nabi Isa (Nasrani), dan Nabi Muhammad (Islam). Jadi, titik temu dari ketiga agama samawi itu ada pada Nabi Ibrahim.

Tulisan ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

60 Balasan ke Pohon Nabi

  1. dwinanto berkata:

    Sejarah memang suatu bukti keberadaan suatu hal, juga suatu masa dan merupakan sumber ilmu yang tak ternilai harganya,.

  2. alris berkata:

    Ntar kalo ke tanah suci juga pengen beli.

  3. nanay berkata:

    Saya hanya ingin menambahkan beberapa ayat dari surat Ali Imran (3)
    ayat 81 :
    “Dan ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: Sungguh apa yang Aku berikan

    kepadamu berupa kitab dan hikmah, kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan

    apa yang ada padamu, niscaya kamu akan bersungguh-sungguh beriman kepadanya dan

    menolongnya. Allah berfirman : Apakah kamu mnegakui dan menerima perjanjianKu terhadap

    yang demikian itu? Mereka menjawab : Kami mengakui. Allah berfirman : Kalau begitu

    saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu.
    ayat 82 :
    Barangsiapa yang berpaling sesudah itu maka mereka itulah orang-orang yang fasik.
    ayat 83 :
    Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nyalah

    berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik suka maupun terpaksa dan hanya

    kepada Allahlah mereka dikembalikan”
    ayat 84 :
    “Katakanlah: Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim,

    Ism’il, Ishaq, Ya’qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para

    nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan hanya

    kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri”

  4. waskita berkata:

    Uraian lengkap kisah nabi-nabi itu ada di buku “Kisah para Nabi” (Qishosul Anbiya). Kawan saya ada yang membuat ringkasan kisah bani Israel dari buku itu, ditaruh di http://kawansejati.ee.itb.ac.id/kisah-bani-israel

  5. risalahelektro berkata:

    gambar ‘pohon nabinya’nya sama dengan yang ada di rumah, tapi sekarang entah di mana… ^-^

    apakah ada (yang pernah membaca/melihat) silsilah nabi yang disertai tahun nya? pingin tahu.

  6. Ali Akbar berkata:

    wah.. dimasukkan blog oleh pak rin.. ^-^

    @risalahelektro
    di gambar itu di bagian bawah ada tabel, di situ ada perkiraan tahunnya..

    Melengkapi bahasa inggrisnya:
    2. Idris (Inggris: Enoch)
    4. Hud (Inggris: Eber)
    5. Shaleh (Inggris: Shelah)
    7. Luth (Inggris: Lot)
    8. Ismail (Inggris: Ishmael)
    12. Syua’ib (Inggris: Jethro)
    13. Ayub (Inggris: Job)
    14. Zulkifli (Inggris: Ezekiel)
    16. Harun (Inggris: Aaron)
    19. Ilyas (Inggris: Elijah atau Elias)
    20. Ilyasa’ (Inggris: Elisha)
    22. Zakaria (Inggris: Zechariah)

  7. Cyrstho berkata:

    Makasih atas info yg udh disajikan tentang nabi. Siapa yg bisa memperkirakan waktu kehidupan para nabi tsb. Terutama nabi adam,. Selisih waktu dari nabi adam ke idris brapa ribu tahun, soalnya pernah denger klo nabi adam itu umurnya nyampe 900 tahunan. Nah kira2 segimana guedenya ya? Smentara dizaman itu mungkin berbarengan dengan kehidupan binatang purba yg pernah hidup pada jutaan tahun yg lalu. Bayangin aja apa bener nabi adam hidup berbarengan dengan zaman ikan laut raksasa yg bisa terbang ke darat, he he he … Kebayang ga ya sbrapa besar manusia jaman dulu… Konon kata temen2 kita yg udh ke tanah arab disana ada bekas tapak manusia yaitu bekas jejak salah satu nabi, klo ga salah jejak nabi ibrahim, dan itu ukuran tapak kakinya guede buanget gitu loooh…, nah skrg bisa ga ngebayangin sgede gimana tuh nabi adam, idris, nuh, brapa juta tahun yg lalu? Perlu ilmu apa supaya kita bisa ngerti tentang itu? Benarkah kehidupan dulu dijamao nabi nuh juga sudh modern? Berkaitan dengan air bah dan perahu raksasa milik nuh. Apa bener benua atlantis yg disinyalir pernah ada dan juga katanya tenggelam di jaman nabi nuh. Aaah udh dulu, pegel nulisnya, soalnya pake hp nih. Buat yg tau Tolong di posting ya??

    • Arief nugroho berkata:

      hallo sahabat…aku sedikit punya infottg sejarah para nabi,yg mungkin ini berguna buat kamu…konon khabarnya bukan umur dari nabi tersebut yg mencapai 930 tahun,akan tetapi masa kepemimpinannya yg mencapai segitu, yah lebih kurangnya masa peradaban Nabi Adam 10 abad lamanya dalam mengarungi bahtera kehidupanya dan masyarakatnya pada waktu itu.Kalaulah umur manusia pada saat itu sampai sebegitu panjangnya,emang gak iritu org skrg?katanya Allah maha adil,kalau begitu udah gak sesuai dgn surah 3 ayat 84 yg stresingnya Allah tdk membeda- bedakan diantara mereka.Kembali ke awal,kenapa aku katakan umur Nabi Adam itu bukan umur fisik dirinya melainkan umur peradabanya, karena hari ini kt sudah sangat jauh dari yg menciptakan kita,seakan kt dekat padahal kita sudah tdk terlihat lagi….coba kita cermati firman-firman Allah yg terdiri dari dua model bahasa yaitu bahasa yg tersurat dan tersirat (jelas dan samar-samar 3/7),pada saat ini kita banyak terkecoh/terjebak di bahasa yg tersirat/samar yg seharusnya itu butuh penjelasan dr org yg benar2 mengerti…tapi siapa org yg mengerti?klu menurut dr sejarah org yg mengrti ini munculnya +-14 abat sekali,,karna pergantian peradaban manusia terjadi +-7abat sekali dan itu tdk ada perubahan karna itu adalah fitrah Allah dan tidak ada perubahan atas fitrah itu,contoh yg dekat adalah Allah mengganti antara siang dan malam itu setiap 12 jam sekali dan blm pernah kt melihat bergantinya siang dan malam 24 jam lamanya,dan bukan kah itu salah satu pelajaran bagi kita 10/6,tdk kah kt mau berfikir apa yg terjadi sebulan sekali,setahun sekali serta seabat sekali sampai sampai jutaan tahun sekalipun Allah ada membuat sesuatu yg mkn tdk terfikirkan oleh kita akan tetapi secara perlahan Ailah telah turunkan sedikit ilmunya terhadap anak manusia salah satu contoh kita bs tau dimana daerah yg akan turun hujan,panas dan berawan,kpn terjadinya gerhana matahari,gerhana bulan,kt bs prediksikan terjadinya sunami dan bisa memperkirakan usia bumi yg sudah puluhan bahkan ratusan juta tahun lamanya berdasarkan dr penemuan penemuan,salah satunya penemuan fosil yg mencapai jutaan tahun umurnya,,,,jd coba sahabat renungkan apakah ada kehidupan manusia sebelum Adam????benarkah Adam manusia yg pertama kali diciptakan Allh///????

  8. bitha berkata:

    cyrstho….
    ADAM tuh berumur 930 tahun…
    emang pada zaman itu manusia umurnya panjang2…
    terus kalau manusia purbabakala itu manusia2 raksasa yang hidup pada zaman NUh… hmmm apakah nuh sdh hidup di jaman modern? ya… nuh kan hidup di jaman purbakala… cuman karena kesalehan hidup nya, ia dipilih menjadi penerus kehidupan manusia… info lainnya ntar aq carikan di ensiklopedi dulu ya…. :)

  9. bitha berkata:

    itu lukisan karya siapa ya pak ?

  10. Mutaqi berkata:

    Pohon Nabi karya seni yang bagus. Sejauh yang kumengerti bahwa Nabi diutus Tuhan untuk suatu kaum tertentu dalam rangka memperbaiki kehidupan mereka. Adam a.s. datang untuk kaumnya, bukan sendiriankan? Sehingga beliau berada di-tengah2 suatu kaumterdahulu. Muhammad s.a.w. datang untuk seluruh dunia “rahmatan lil ‘alamin” rahmat bagi seluruh alam, luar biasa.
    Salam.

  11. Santi berkata:

    Dimana bisa memperoleh gambar tersebut, untuk bahan pelajaran bagi kita sendiri dan anak2 kita?

  12. Hidayat berkata:

    @Mutaqi: Bukan, Mas. Yang diutus untuk kaum tertentu disebut Rasul, bukan Nabi. Jumhur ulama juga tidak menggolongkan Nabi Adam ‘alaihi salaam sebagai rasul. Mereka menyebutkan bahwa rasul pertama adalah Nabi Nuh ‘alaihi salaam.

  13. Bahrudin berkata:

    Saya salut dg kreatifitasmu, aku di ajari cara membuat silsilah keluarga. terimakasih.

  14. jabon berkata:

    jadi penasaran pengen liat pohonya

  15. Fadhl berkata:

    Ana tertarik dgn lukisan bambunya. Belinya dimana pak Ali ?, ana yakin ini buatan orang kita juga.. :) Bagus skali….

  16. jabon berkata:

    subhanallah keren bgt,,,,

  17. Dyah Ayu berkata:

    Subhanallah, itulah kebesaran Allah yg tiada tandingannya. Humm, jadi xzaman dahulu manusia selalu ingin berpikir, dan badan tinggi besar. Kalau zaman sekarang pastilah kebalikannya. Semakin kecil (ada juga yang berbadan besar tapi sedikit), dan jarang untuk berpikir. Inilah kerusakan dunia yang sedang meraja rela. Sadarlah wahai umat manusia (Aku saja msh butuh kesadaran diri dlm berbagai hal) :P

  18. Ping balik: makan menyehatkan « Fafadieva's Blog

  19. Taqwa Nur Ibad berkata:

    Assalamu’alaikum,,, Bismillah wal Hamdulillah… salam silaturrohmi, untuk komentnya masih lom,, ane ucapin sukron kasir atas infonya…..

  20. handyawan berkata:

    Pohon nabi? nampaknya asalnya timur tengah semua, nabi dari benua lain ada gak ya? emangnya populasi manusia yang dari jaman ke jaman yang perlu petunjuk Allah cuma orang timteng?

  21. Akhmad Khuzari berkata:

    Bukannya nabi Musa menantunya nabi Syuaib, kenapa urutannya jauh ?

    • Elmonsyee berkata:

      Nabi dahulu emang seperti itu,maksudnya mereka diutus pada era yang sama tapi untuk kaum/kelompok yang berbeda jadi cara nulisnya diurut seperti itu123 padahal waktunya besamaan,maksud ane tidak seperti nabi-nabi akhir dan terakhir yang jaraknya ratusan tahun. Contoh antara Isa/jesus untuk kelompok (bani israail) dan Mohammad (untuk seluruh umat manusia n jin) الله يهديك

  22. brenda berkata:

    sungguh besar maha karya allah
    yg telah menciptakan bumi dan seluruh isi’y
    subhanallah

  23. hernand berkata:

    salut….

  24. Amrizal koto berkata:

    Belum puas nih, pada zaman purba para nabi gimana yaa…!

  25. goodwlpaper berkata:

    Lebih mudah memahami silsilah para nabi dengan gambar pohon ini. Terima kasih info yang disajikan, sangat menarik..

  26. widiya berkata:

    Itukan silsilah orang Arab dan Israel, apakah ada silsilah dari Adam sampai ke kita orang melayu? kalau ada kan bagus sekali. Jangan jangan keturunan Adam yang baik2 itu hanya Yahudi dan Arab makanya dari mereka diangkat banyak nabi dan Rosul sementara kita keturunan yang jelek kayak Kabil. tapi nyatanya kenapa mereka Arab dan Israel punya sifat yang saling dengki dan ingin saling bunuh serta menganggap bangsa kita seperti budak bisa diperlakukan seenaknya. Waulahua’lam.

    • justru itu…. denger2 nih orang Arab dan Yahudi itulah yang sering “menyimpang”….. jadi Allah menurunkan Nabi sbg pemimpin dan berusaha “meluruskan” kembali untuk taat pada Allah (Tuhan atau apapun sebutan mereka).
      trus knp kebnyakan Nabi / Rosul itu dari bangsa mereka, mungkin dengan tujuan agar mereka lebih bisa menerima ke-Rosul-an dan mau mengikutinya. Wallahualam……

    • Elmonsyee berkata:

      Tul betul betul,karena dari dulu mereka emang lebih parah dari kita maka Allah mengutus para NabiNya untuk mereka… M’af,bukan ane ngremihin mereka. He he he heee!

  27. lo sarap berkata:

    sejarah nabi tidak akhan prnah terhapus khan.

    • Arief nugroho berkata:

      Jangan sedih wid….adakok yg keturunan dari melayu…jika kamu mau telusuri sejarah Nabi Ibrahim kamu akan ketemu nantinya.Sedikit aku pernah baca keturunan dr nabi Ibrahim,.yg sebenarnya dia bukan punya 2 orang istri melainkan 3 oran istri yang pertama bernama Siti Sarah yg kedua Hagar yg ekspansi kemekah berganti nama menjadi Siti Hajar dan yg ketiga adalah Keturah.Dan dari istri pertamanya Sarah mempunyai satu org anak yg bernama Ishak,dari istrinya yg kedua Iamendapatkan seorg anak yg bernama Ismail yg menjadi keturnan bangsa arab sedang dari istrinya yg ketiga Keturah ia mendapatkan 6 orang anak diantaranya adalah Zimran, Jokshan, Medan, Midian, Ishbak dan Shuah.Kamu harus tau nantinya juga ada dari timur manusa yg mempunyai karakter seperti utusan utusan Allah dan kamu harusnya bangga jd org timur khususnya indonesia,sebagai salah satu negri Nusantara yg akan menciptaka satu peradaban dunia yg juga sangat dinantikan oleh manusia didunia.Dan Allah cukup mengutus satu org anak manusia utk memperbaiki kondisi alam semesta yg sudah caruk maruk ini…

  28. Gloria Olivae berkata:

    subhanalloh………………………, ternyta qta semua adalah turunan dari nabi secara geologis.coba bayangkan jkalau tidak terjadi tsunami pda zaman Nabi Daud A ,s…………….gada kmungkinan ras bangsa asia khususnya indonesia.ada Rahasia dibalik Rahasia………………..

  29. Gloria Olivae berkata:

    sip……………..

  30. shasa berkata:

    uhhhh ,,, penasaran bangetz aku,,..pingin liat pohon nya itu dengan nyata …

  31. jerietea berkata:

    tapi yang terpenting dari semua itu adalah apa yang di ajarkan mereka yaitu “Tauhid” (Keesaan Alloh)…bahwa kita hidup di dunia sementara maka dari itu semoga apa yang kita kerjakan dan kita ucapkan mengharap Ridho Alloh semata mudah-mudahan menjadi amal sholeh saat berpulang ke Haribaan-Nya kelak. Amiieen… :-)

  32. Prich Purwanti berkata:

    Assalamu’alaikum..
    Terminologi Pohon ya…Pohon Nabi, cantik….
    Selamat tahun baru 2012 dan tahun bar Imlek…
    wassalamu’alaikum…

  33. Ping balik: Menanti Kunjungan ke-1.000.000 | Catatanku

  34. Ilham berkata:

    dulu di rumah pernah ada posternya, tapi nggak pake gambar pohon, cuma diagramnya aja. tetap mempesona membayangkan bahwa kita semua, termasuk para nabi dan rosul adalah keturunan nabi Adam a.s.

  35. 63jo berkata:

    semua umat islam mempercayai bahwa manusia pertama yang di turunkan ke bumi oleh ALLAH SWT adalah nabi Adam dan Ibu Hawa…
    yang menjadi teka – teki adalah kita itu keturunan siapa..??????

  36. IslamUniversal berkata:

    http://hermadut.blogspot.com

    cek sini kisah nabi dan letak geografisnya..

  37. Jefry berkata:

    Saya pengen punya juga lukisan ini, kira2 ada yang jual tidka ya di Indonesia..

  38. Fungsi…. Utk penamat muhammad kepada yang faham, cerita dalam…..

  39. ferdy berkata:

    like it.

  40. aprilia berkata:

    masi penasaran dg masa nabi2 dg peradaban yg besar spt yunan, cina, roma itu masa nya nabi sapa yah?trus possi mereka(para nabi) tsb gmn dlm menyebarkan ajaran allah??

  41. Fikri Ramadhan berkata:

    yg ada di pohon nabi berjumlah 25 itu , yg wajib kita imani aja karna nama2 mereka telah di sebutkan di dalam Al Qur’an. tapi jumlah nabi yg sebenarnya itu banyak, bahkan lebih dari 100ribu nabi tersebar di seluruh dunia klo ga salah 144ribu nabi, dan nabi yg terakhir tetap MUHAMMAD, konon sang budha juga temasuk nabi Allah , karna dia menolak penyembahan terhadap para dewa, dan meyakini bahwa seluruh alam semesta ini di ciptakan oleh tuhan yg satu, dan dia juga tidak pernah menyuruh pengikut nya menjadikan Nya sebagai tuhan, cuma keadaan pengikut budha , sama dengan orang2 kristen, yg menjadikan nabi mereka sebagai tuhan. dan tambahan, wallahu a’lam bhis sowab.

  42. Fikri Ramadhan berkata:

    seluruh nabi menyerukan agama yg mengESAkan tuhan yg 1, mereka semua berasal dari tuhan yg sama yaitu Allah, cuma mereka di utus hanya untuk umat di mana mereka di utus, dan memakai bahasa mereka di mana mereka di utus, agar di terima oleh umat nya, dan Hanya nabi MUHAMMAD lah, nabi yg terakhir yg di utus untuk seluruh umat manusia dan menyempurnakan agama2 terdahulu, nabi Muhamad datang sebagai RAHMATAN LIL ALAMIN (rahmat bagi seluruh alam semesta) “‘Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya atas segala agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.,[QS 48:28]””
    agama2 terdahulu, sudah banyak penyimpangan dari umat2 terdahulu , mereka mengubah kitab2 yg diturunkan kepada mereka, mereka membuat berhala agar tuhan mereka tampak nyata, mereka telah mengubah sesembahan mereka, menjadikan nabi2 dan leluhur mereka sebagai tuhan, maka dari itulah nabi Muhammad datang untuk menghapuskan seluruh agama yg telah lalu, dan datang membawa islam sebagai cahaya petunjuk dan agama yg universal agar seluruh umat manusia berada di bawah satu bendera islam, agama yg meng esakan Allah, wallahu a’lam bhis sowab.\

  43. Fikri Ramadhan berkata:

    mustahil jika Allah yg kita percayai sebagai tuhan bagi seluruh alam semesta yg menciptakan manusia yg berbangsa2, dan dengan segala peradaban nya. hanya mengutus nabi2 yg di turunkan di timur tengah..?? lalu bagaimana dengan umat2 terdahulu sebelum nabi muhammad datang yg tidak tidak tinggal di timur tengah ?? yg tidak tahu menahu soal nabi2 timur tengah karna tidak ada informasi, karna zaman yg tidak mendukung, pastilah juga Allah mengutus nabi2 dari bangsa2 lain , agar umat manusia tidak tersesat , dan yg mendakwah kan Allah sebagai tuhan yg satu. hanya saja mereka memakai bahasa mereka dan penyebutan nama tuha dengan bahasa mereka dan memakai syariat agama dari bangsa mereka, dan tetap percaya pada tuhan yg satu hanya syariat nya belum lah seperti yg sekarang ini sebagaimana nabi muhammad ajarkan,(sholat,puasa,zakat haji dll) , dan seiring datangnya nabi muhammad maka dihapuskan lah agama2 terdahulu dan tidak boleh lagi memakai syariat mereka, dan harus melebur dalam islam sebagai agama yg akan menyatukan seluruh umat manusia.

  44. rezki brahmana berkata:

    ini lah kebesaran allah..
    hnya dia lah yg brkuasa di alam semesta ini…
    krena dia mha sgalanya..?

  45. bibitbidara berkata:

    yang ingin menanam bibit pohon bidara bisa berkunjung ke http://bibitpohonbidara.blogspot.com/

  46. duniamimada berkata:

    nice post.. menambah ilmu..
    ada lagi silsilah nya, mgkn lebih jelas tulisannya, di:

    http://www.al-quran.bahagia.us/_q.php?_q=sihab&dft=&dfa=&dfi=&dfq=&u2=&ui=1&nba=103

    sekalian minta diverifikasi kebenaran/ koreksi jika kurang pas..
    tks

  47. Nazli berkata:

    sangat bermanfaat, thanks!

  48. Frans berkata:

    Subhanallah…dengan segala rahmat & hudayah-Nya

  49. el mosafeery berkata:

    بسم الله ، و الحمد لله ، و الصلاة و السلام على من لا نبي بعده……..
    Segala puji bagi Allah yang telah berfirman :” dan Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan suku-suku untuk kalian saling mengenal, sesungguhnya orang yg paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertaqwa di antara kalian……”
    Ralat untuk admind : kitab pengikut nabi musa itu muslimin, bukan yahudi….orang2 yahudi adalah bani isroil(keturunan nabi ya’qub) yang tidak beriman lepada nabi yg diturunkan….bahkan mereka mengejar dan membunuh para nabi….termasuk nabi isa di kejar dan akan di bunuh, tetapi Allah selamatkan beliau ‘alaihis salam dan Allah angkat beliau ke langit serta Allah jadikan ganti yg diserupakan dengan nabi isa untuk mengelabuhi yahudi yg akan menyalib beliau…..
    Pengikut nabi isa itu muslimin juga….mereka bukan nashrani/kristen-katolik…….pengikut nabi isa adalah hawariyyun…mereka 12orang dari masing2 suku bani isroil yg berjumlah 12suku….mereka 12orang bertugas mendakwahkan ajaran nabi isa ke masing2 suku…..dan hawariyyun ini muslimin……silahkan cek lagi al-quran kalian…..
    umat kristen/katolik adalah orang2 yg di sesatkan oleh yahudi….merka menganggap isa tuhan, begitu pula maryam ibunya isa juga di anggap tuhan…..padahal beliau telah m
    Isroil/israel adalah nama lain dari nabiyullah ya’qub ‘alaihis salam….keturunannya yg kafir di sebut “YAHUDI”…..

  50. el mosafeery berkata:

    بسم الله ، و الحمد لله ، و الصلاة و السلام على من لا نبي بعده……..
    Segala puji bagi Allah yang telah berfirman :” dan Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan suku-suku untuk kalian saling mengenal, sesungguhnya orang yg paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertaqwa di antara kalian……”
    Ralat untuk admind : kitab pengikut nabi musa itu muslimin, bukan yahudi….orang2 yahudi adalah bani isroil(keturunan nabi ya’qub) yang tidak beriman lepada nabi yg diturunkan….bahkan mereka mengejar dan membunuh para nabi….termasuk nabi isa di kejar dan akan di bunuh, tetapi Allah selamatkan beliau ‘alaihis salam dan Allah angkat beliau ke langit serta Allah jadikan ganti yg diserupakan dengan nabi isa untuk mengelabuhi yahudi yg akan menyalib beliau…..
    Pengikut nabi isa itu muslimin juga….mereka bukan nashrani/kristen-katolik…….pengikut nabi isa adalah hawariyyun…mereka 12orang dari masing2 suku bani isroil yg berjumlah 12suku….mereka 12orang bertugas mendakwahkan ajaran nabi isa ke masing2 suku…..dan hawariyyun ini muslimin……silahkan cek lagi al-quran kalian…..
    umat kristen/katolik adalah orang2 yg di sesatkan oleh yahudi….merka menganggap isa tuhan, begitu pula maryam ibunya isa juga di anggap tuhan…..padahal beliau telah menjelaskan bahwa beliau dan ibunya adalah hamba Allah, lihat di al-quran
    Isroil/israel adalah nama lain dari nabiyullah ya’qub ‘alaihis salam….keturunannya yg kafir di sebut “YAHUDI”…..

    • el mosafeery berkata:

      Ralat…saya tulis “kitab pengikut nabi musa itu muslimin…..”
      Koreksinya :pengikut nabi musa itu muslimin……gak pake kitab….afwan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s