Andai Perang Lawan Malaysia Terjadi

Andaikan hari ini perang benar-benar terjadi antara Malaysia dan Indonesia untuk mempertahankan Ambalat, siapa yang menang? Fifty-fifty lah. Indonesia bisa saja menang, tetapi jika mengingat seringnya pesawat TNI kita jatuh dan kecelakaan baru-baru ini, saya agak khawatir juga. Bisa saja Indonesia kalah (dengan catatan perang hanya terjadi di sekitar Ambalat saja, tidak melebar ke wilayah lain di Indonesia atau Malaysia).

Tentu hal ini bukan sebuah apriori, tetapi sebagi bentuk kekritisan sebagai anak bangsa :-). Anda boleh tidak setuju dengan pandangan saya ini. Begini alasannya. Lihatlah peralatan militer negara kita, sudah usang, rapuh, dan tidak aman. Buktinya dalam dua bulan terakhir ini sudah 4 pesawat TNI yang jatuh dan memakan banyak korban jiwa, khususnya para prajurit terbaik bangsa. Mereka harus gugur bukan karena berperang, tetapi karena faktor teknis pesawat yang sudah tidak aman lagi untuk diterbangkan. Itu baru pesawat udara, kondisi yang sama juga terdapat pada kapal tempur di lautan. Hampir semuanya berusia tua, lamban, dan kurang didukung peralatan canggih. Embargo militer dari AS membuat Indonesia tidak bisa memperbarui peralatan militernya. Banyak onderdil peralatan militer tidak bisa dibeli dari Amerika, akhirnya prinsip kanibalisme pun berlaku. Onderdil peralatan yang satu dicomot dari peralatan yang lain yang tidak terpakai untuk menyiasati onderdil yang tidak bisa dibeli dari AS. Benar-benar menyedihkan. Jadi, bagaimana mau bertempur dengan kondisi peralatan militer yang pas-pasaan itu?

Malaysia, meski negaranya lebih kecil dari Indonesia, tetapi lebih makmur. Dengan kondisi keuangan mereka yang lebih baik, mungkin saja mereka telah mempercanggih peralatan militer sembari mengamat-amati kondisi militer negara tetangga. Sebagai test case, mereka memprovokasi kapal perang TNI di perairan Ambalat. Maksudnya sih untuk melihat sejauh mana kesiapan dan kecanggihan kapal tempur TNI itu.

Orang-orang Indonesia yang geram dan marah melihat Malaysia memprovokasi TNI di Ambalat tergugah pula rasa nasionalismenya. Kemarahan itu sebenarnya sudah disulut sejak lama, sejak para TKI kita menjadi bulan-bulanan penyiksaan para majikan di Malaysia. Begitu rendah nilai orang Indonesia di mata orang Malaysia, sehingga di Malaysia para TKI itu dipanggil Indon. Isu TKI belum habis, muncul pula klaim dari Malaysia yang membajak karya budaya yang dianggap milik Indonesia, seperti batik, angklung, reog, lagu rakyat Maluku, dan sebagainya. Lalu terakhir isu si cantik jelita Manohara ikut pula memanasakan suasana. Kloplah semua itu untuk memantik semangat heroik para pemuda. Dimana-mana muncul pasukan sipil dadakan, pasukan bela diri, atau pasukan berani mati yang siap berperang melawan Malaysia. Dengan rasa marah yang memendam, mereka siap dikirim ke Ambalat untuk bertempur. Semangat sih boleh saja, tetapi saya kira sia-sia saja usaha mereka itu. Mau berperang dengan Malaysia pakai apa mereka itu? Pakai bambu runcing atau senjata rakitan? Jelas mereka akan mati duluan dibom pesawat tempur Malaysia yang canggih itu.

Dari segi jumlah penduduk Indonesia memang jauh lebih banyak daripada Malaysia. Mungkin kalau perang langsung satu lawan satu dengan rakyat Malaysia jelas Indonesia akan menang, tetapi itu kan perang zaman kuno. Sekarang ini perang zaman modern adalah perang antara militer dengan militer, peralatan canggih versus peralatan pas-pasan. Diatas kertas jelas negara yang mempunyai peralatan tempur yang canggih yang akan menang. Jumlah penduduk negara tidak punya peranan penting. Lihatlah Israel, negara mini di Timur Tengah, tetapi mereka mampu mengalahkan negara-negara Arab dalam perang 6 hari pada tahun 1960-an ketika merebut dataran tinggi Golan, padahal penduduk Israel hanya beberapa juta jiwa, namun mereka mempunyai senjata ultramodern yang tidak dimiliki oleh negar-negara Arab.

Yang harus dilakukan saat ini adalah bukan perang dengan Malaysia, tetapi memikirkan keselamatan para prajurit TNI itu. Janganlah mereka mati sia-sia lagi sebelum berperang karena menaiki kendaraan militer yang tidak aman. Saya miris setiap kali melihat episode keluarga prajurit itu yang bersimbah air mata ketika ayah atau suami mereka dimasukkan ke liang lahat. Kita mungkin hanya bisa bergumam: kasihan, sesudah itu kita sudah lupa dengan peristiwa itu sebelum nantinya dikejutkan lagi dengan peristiwa yang sama untuk kesekian kalinya. Kita sudah lupa dengan nasib anak-anak mereka yang masih kecil atau istri mereka yang jadi janda yang hidup berdesakan-desakan di barak-barak sempit. Masa depan keluarga TNI yang tewas karena kecelakaan itu menjadi suram karena sang pencari nafkah mati sebelum berperang.

Jadi, daripada memikirkan perang melawan Malaysia, mengapa tidak memikirkan keselamatan para prajurit dan keluarganya dari kecelakaan peralatan militer yang rapuh dan sudah usang itu.

Tulisan ini dipublikasikan di Indonesiaku, Titian Indonesia - Malaysia. Tandai permalink.

627 Balasan ke Andai Perang Lawan Malaysia Terjadi

  1. ilham abiyasa berkata:

    Betul Pak! Harusnya kita belajar dari sejarah kita sendiri, waktu Soekarno dulu meneriakkan ganyang malaysia. Banyak prajurit kita gugur untuk hasil yang ga begitu signifikan. Kasihan kan keluarga prajurit2 yg ditinggal gugur.

    Mending kita sibuk mikirin membangun dari dalam. Toh kalo ekonomi kita maju, bisa kuat juga negara kita.

    • antz berkata:

      kalah = menyerah, nah kalo kita pantang menyerah dan bertempur sampai akhir…. gak mungkin kalah.

      gugur atau apapun….. itulah hidup. hidup harus terus diperjuangkan. tidak memperjuangkan kehidupan = miskin = mati sebelum ajal.

      jangan cengeng dengan minta orang lain untuk memakmurkan hidup kita.

      • azman hafiz berkata:

        asslamualaikum si penulis….kiranya saudara seorang islam iaitu seagama..bisa menjawab salam ini..kiranya sebangsa bisa mengerti apa yang ditulis….sesuai kalau saya bisa kata malaysia dan indonesia mempunyai pertalian rapat….maaf saya kini berada di UNIFIL bersama TNI kami bersama disini dalam kedaan aman…kami semua disini berhari raya bersama tidak bisa mahu bergaduh..tidak ada kata slogan ganyang malaysia…tidak ada kami rakyat malaysia memusuhi indonesia…walau dikira ramai orang indonesia berkahwin dengan rakayat malaysia…lari ke lombok …sudah semua itu…jangan dipolitikkan apa yang terbuku…lebih baik malaysia dan indonesia bersatu..sedara atau tidak yahudi mahu melihat kehancuran segama ini…jika dikaji hampir seluruh di asia tenggara adalah beragama isalm..lihat sahaja di myanmar…selatan thailand..kemboja kebanyakan adalah segama…fikirkan lah awahai penulis …sejarah indonesia menyerang malaysia…..apa keuntungan di indonesia…apa keuntungan di malaysia…lebuh baik para cendekiawan menumpukan meninggkatkan ekonomi…kejadian aceh….tsunami….kapal perang mana yang paling banyak hantar bantuan.. kapal terbang mana yang banyak membantu… rakyat kamu bisa mencari uang disni pendapatan sehingga rm 1000 sebulan bersamaan berapa…harap pertimbangkan cadangan menyerang dan ganyang malaysia…..saya sedia berbicara bersama saudara…salam kawan dari saya…

      • prayit berkata:

        ku suka koment mu jng menyerah sebelum berbuat itulah rasa nasionalime kita sbg orang indonesia! tunjukanlah wahai kau indonesia perbaiki segalanya! agar kau tdk di pandang remeh malaysia

      • Frank berkata:

        YA UD G CENGENG SONO BUKTI LOE KALO BRANI.. GINI NIH OTAK PALING UDANG SEDUNIA… KALO DULU LOE BILANG GINI WAJAR SENJATA MUSU CUMAN PISTOL MASI BISA NGELAK DAN PUNYA ILMU KEBEL.. LOE SKRG DI RUDAL BISA AP.. LOE NGELIAT MUKA MUSU AJ BLOM UD MATE DULUANNNNNNNNNNNN HINAA.. WA IQ JONGKOKKKKKKKKKK SUMPAH

      • Uci ThyNk Nye berkata:

        bukan masalah kalah atau menang nya bung…
        tetapi sekarang pikirkan kondisi negara kita yang sudah berantakan ini, bagaimana mau makmur kalau kita harus menyelesaikan masalah dengan pikiran yang panas atau dengan cara perang lah.
        sebelum kita memikirkan perang, lebih baiik kita pikir kan nasib rakyat indonesia terlebih dahulu. karna mengapa saya mengatakan demikian ? perang itu bukan segala nya bung
        dan bukan juga jalan pemecahan masalah yang baik.
        banyak cara yang bisa kita lakukan, yaitu bisa dengan cara diplomasi. tetapi yang perlu dipertanyakan saat ini adalah pemimpin nya mampu atau tidak. jika kita lihat, pemimpin kita saat ini kurang tegas, tidak sama seperti pada saat zaman suharto dahulu.

        I LOVE U FULL INDONESIA KU

      • Uci ThyNk Nye berkata:

        indonesia tidak cengeng.
        tp indonesia memikirkan implikasi kedepan nya jika terjadi perang..
        bagi negara tetangga jangan sekali-sekali engkau meremehkan negara kami. kami diam bukan berarti takut.
        indonesia cinta damai. viss men

      • peli berkata:

        kalo menurut saya sih gk mungkin kalah deh karena saya pernah ke markas TNI AL bersama ayah saya ,ayah saya kan marinir ,saya pernah ke sana dan melihat peralatan perang gila keren keren misil ya juga banyak dan canggih , jadi menurut saya gk mungkin kalah ,INDONESIA NEGARA TERKUAT NOMOR 14 LAGI MALINGSIA NOMOR 26 BEDA JAUH

      • fanfan berkata:

        malaysia negara yg jahat, sok suci n munafik.sesungguhnya sluruh rakyat indonesia geram sm mlysia.kelak dia akan tau kalau yg kuasa tdk akn berpihak pd malaysia

    • wow berkata:

      @Penulis:
      Pesimis amat buat tulisan om.. ^_^
      Emang prajurit/tentara klo perang tuk bela bangsa matinya bakal sia2 yah??? sekalipun pake bambu runcing??? cuma pengecut yg bilang pahlawan kita mati sia2 di medan perang meski pake bambu runcing vs senapan.
      Ingat om..dlm perang tdk cm berkaca pd alat perang..tp jg dari strategi dan semangat juang.
      Andai terjadi perang memang om bs jamin mana yg bakal menang? klo om udah bs jamin,tuh ambalat gak ada ditangan Indonesia lg. Mudah sekali om meremehkan otak orang indonesia smp harus berpikir 999 kali untuk perang bela negara.

      @om Ilham:
      Tema di atas ‘Andai……………Terjadi’, andai terjadi om ilham mau duduk santai,nonton aja,atau mau bela negara om jika dibutuhkan??? kira2 msh sempet gak tuh ngomongin ekonomi dll,dengan suara letusan senapan di ujung telinga???

      Pesan tulisan di atas bolehlah agar kita membenahi diri/negara tercinta..tp sebuah andaian..jgn seolah-olah memojokkan dan memastikan mana yg bakal menang..! Krn blm terjadi..hehehehe….
      Kira2 ini tulisan ditulis udah mikir 999 kali blm??
      melihat yg bakal komentar dr 2 negara bakal sperti apa! kira2 sling terbakar gak emosinya, klo tidak mgkn dewasa,klo iyah kira2 sp yg salah!!!
      hihihihii….

      salam Hangat dan persahabatan dari saya tuk Penulis dan Om Ilham..
      Nice post Gan..^_^

      • rajalaut berkata:

        sebelum kita perang malaysia vs indon kita fikir dulu apa hukumnya memerangi saudara seagama? harta dunia hanya sementara di Akhirat menjadi penentu siapa yang menjadi pemenang!!!!!!! fikirkan….

    • Zaidi Bin Mohammad berkata:

      Assalamualaikum semua.. Maaf kerana mencampuri perbincangan yang hangat ini. Saya Zaidi Dari Malaysia. Saudaraku, ingin saya jelaskan disini, kami muslim Malaysia tidak pernah memandang rendah saudara kami di Indonesia. Jika tuan amati, hampir 100 percent penderaan pembantu rumah di Malaysia dilakukan oleh bangsa Cina dan India. Kami juga marahkan mereka. sedangkan bangsa Melayu sendiri di sini, telah dibuli oleh bangsa Cina dan India ini. Kami sedang menghukum mereka ini seadilnya. Sebagai kerajaan yang diterajui oleh muslim dan berbangsa melayu, kami sedang cuba untuk menaikkan ekonomi bangsa melayu di Malaysia agar kami mampu menguasai semua bidang. Kami berharap Indonesia juga begitu. Mengenai perkataan INDON kepada TKI, memang itu adalah panggilan kepada mereka yang datang dari Indonesia. Tidak bermaksud merendah rendahkan orang Indonesia. Orang Bangladesh juka kami panggil BANGLA. Itu menyenangkan dalam urusan seharian kami. Saya bangga melihat tulisan kalian yang begitu patriotik dan bersedia berperang untuk negara. Namun, janganlah Malaysia dijadikan musuh. Kami sebenarnya adik yang baik yang sedang menghadapi cubaan yang besar dalam negara kami. Dalam negara kami terdapat kumpulan yang ingin menjatuhkan pemerintahan islam dan melayu dan mereka ini sebenarnya yang mengeruhkan hubungan Malaysia-Indonesia. Terdapat sesetengah daripada mereka ini yang saya rasa adalah ejen Israel dan Amerika. Jika Indonesia dan Malaysia kuat dan bersatu, maka akan kuatlah Islam di dunia kerana umat Islam tidak mampu lagi bergantung kepada negara arab untuk mempertahankan kedaulatan Islam. Yang saya kesal sedikit, Media pihak Indonesia pula cuba memanaskan isu isu yang timbul sehingga rakyat kami di sana di ancam dan kedutaan kami di baling tahi. Media di Malaysia tidak menghebohkan tentang pertelagahan ini kerana tidak mahu menjadi sesuatu yang buruk dan hasilnya rakyat Malaysia menganggap semua masalah dapat diselesaikan secara baik dan musyawwarah. Saya sendiri menpunyai pembantu rumah warga Indonesia yang kami layan seperti keluarga. Suaminya juga bekerja di Malaysia dan sering ke rumah kami berjumpa dengan isteri. Jadi, harapan saya janganlah kita berperang dan bergaduh sebaliknya marilah kita menguatkan tali silaturrahim lebih lebih lagi di bulan Ramadhan yang mulia ini. Salam buat semua saudaraku di Indonesia. Selamat berpuasa dan Selamat mnyambut hari lebaran

      • Aku berkata:

        Saya ikut tergugah membaca tulisan saudara kita dari malaysia ini.
        Sebaiknya kedua negara duduk satu meja membicarakan apa yang terjadi di kedua negara baik masalah ekonomi, militer dan kebudayaan sehingga kita dapat mengetahui keinginan dari masing masing negara.
        Saya tidak takut berperang bahkan akan ikut angkat senjata bila terjadi peperangan, tetapi sebaiknya itu menjadi pilihan terakhir.
        Kita satu rumpun ada baiknya akar masalahnya kita cari sama sama, tidak menutup kemungkinan seperti teman kita bilang, ada peran serta negara besar seperti AS dibelakng semua masalah ini.

      • INCAN berkata:

        YEP…… benar kata saudara kita satu ni… walaupun ianya dari malaysia tapi coba deh kita pikirkan ….. bahwa sekarang yahudi telah meraja lela …… semua segi kehidupan telah mereka masuki…. demi mencapai ” the new wolrd ordo ” ingat kita umat islam terbesar di dunia…. jangan lah kita mudah terpancing dalam hal ini….

      • MUSLIM berkata:

        setuju !!

      • edwin berkata:

        pererat ukhuwah islamiah

        jangan terpancing provokasi yang sengaja mencari keuntungan di tengah konflik ini.

        ALLAHU AKBAR”

      • joul berkata:

        Setuju…. Kalo Kita Mau Perang…
        1. Sholat dan Puasa dulu yang bener;
        2. Perkuat Pertahanan Indonesia dengan cara:

        a. percepat pembuatan Kapal Tempur dan
        Pesawat Tempur (30 Pesawat Tempur
        dan Kapal Tempur dalam sebulan; rakyat
        Indonesia kan banyak manfaatkan
        mereka untuk industri ini segera…!)

        b. Adakan Mobililasi Umum Secepatnya
        (1 juta prajurit dalam 1 bulan; rakyat
        Indonesia kan banyak)

      • joul berkata:

        3. Pesiapkan Pasukan (500 ribu prajurit per
        lokasi), MBT dan Mediaum Tank (masing2x
        200 buah per lokasi), Pesawat (10 squadron
        per lokasi), Kapal tempur (10 Armada
        perlokasi Laut), dan Kapal Selam 10 buah
        Perlokasi Laut, di:
        a. Aceh, Menangkal Serangan Inggris,
        b. NTT, menangkal serangan Australia,
        c. Irian Menangkal Amerika Masuk dari
        Selandia Baru.
        d. Sulawesi Menangkal Masuknya Amerika
        Dari Philipina.

        4. Untuk Menyerang Malaysia Sendiri:
        a. Sediakan 100 Pesawat Tempur sekelas
        minimal F-16,
        b. Sediakan 100 Bomber,
        c. Kapal Perang 100 kapal sekelas destroyer,
        atau kendali rudal,
        d. Pasukan Darat, 2 juta prajurit Berikut
        Kapal LST-nya,
        e. 200o MBT, 2000 Panser, 2000 artillery
        jarak Jauh, dan Milyaran butir peluru
        berbagai Jenis.

        5. Sebelum KL kuasai dulu Sabah dan
        Serawak. Kepung Mereka Di Perairan laut
        Cina. Kerahkan 100 fighter Pertama untuk
        melumpuhkan Udara Mereka. (Hindari
        Penggunaan Bomber, karena akan
        membunuh orang yang tak berdosa)

        6. Kerahkan 100 Kapal Tempur Corvet pertama untuk mengacaukan pertahanan laut, didukung 20 kapal selam, dan Destroyer sebagai Arteleri Laut.

        7. Kerahkan Bomber untuk menghancurkan Pertahanan darat di garis pantai mereka (Perlu diingat hanya pertahanan darat saja, ya… Banyak Hamba Allah yang mengumandangkan Adzan di sana).

        8. Kerahkan 100 corvet berikutnya untuk menjaga perairan Laut Cina akan Bala Bantuan dari Utara.

        9. Daratkan 1 juta pasukan darat di perbatasan thailand, 500 rb kemudian bergerak ke arah KL, 1 juta lagi dari Johor menyisir hingga KL,

        10. 10 rb Prajurit Penerjun dan 20 rb Pasukan Katak, berikut Tank Amphibi (Langsung ke KL lewat Selat Malaka), dan dibantu 1 jt marinir dari utara….

        Target Strategis selain target Militer adalah:
        1. Seluruh Kesultanan yang ada di Malaysia
        harus dilumpuhkan dan dibubarkan.
        (terutama Sultan Fachri dan Kel… he…)
        2. Kuasai kilang Minyak Shell (karena lebih
        bagus kualitasnya dari pertamina, dan
        lumayan untuk menekan budget APBN
        yang melambung karena konsumsi
        premium, he…)

        YANG PERLU DIPERHATIKAN:
        1. Jangan Hancurkan rumah peribadatan dan situs sejarah kebudayaan (kecuali Budaya Kesultanan Mereka)

        2. Jangan Hancurkan Lembaga Pendidikan berikut Sarananya, Karena anak2x kita bisa sekolah lagi di sana nanti buat gaya-gayaan, he…

        3. Jangan bunuh Masyarakat dan Prajurit yang tidak mendukung pemerintah Malaysia.

        4. Setelah hancur Pemerintahan mereka, Kembalikan kedaulatan Mereka dan kembalikan kekuasaan kepada Melayu Muslim yang TIDAK SOMBONG dan BELAGU.

        5. JANGAN meninggalkan Malaysia tanpa Pemerintahan, karena akan menimbulkan Perang Saudara, ASEAN juga yang repot nanti (BANYAK TERORIS nantinya)

        6. Tarik semua Pasukan dan Kembalikan semua sumber daya pada Malaysia.

        7. Jangan JADIKAN Malaysia sebagai Negara Boneka, Wajibkan saja rakyatnya membayar SEMUA BIAYA PERANG KITA. Dicicil sebagai pajak hingga LUNAS, Ingat Hingga LUNAS, jangan diperpanjang (tar, dikorupsi lagi ama pejabat RI)

        Selama Peperangan Berlangsung Sampaikan Kepada Dunia kita hanya ingin menggantikan Pemerintahan dan Rakyat (Kesultanan) yang BELAGU dengan yang mau bekerjasama dan saling menghormati di ASEAN.

        Persiapkan diri untuk dihantam Nuklir dari Amerika, Inggris, atau Australia (Israel kejauhan… he…)

        Jadikan Pemerintahan kita Pemerintahan yang MOBILE (bergerak terus) hingga susah diculik US, Britain, or AUS special Forces, atau bahkan di Bomb mereka.

        Persiapkan Pemerintahan Bayangan jangan dari Parpol, Tapi dari TNI, Para Cendekiawan, dan Ulama.

        Nyakinkan Para Ulama bahwa Kita Hanya Ingin menghancurkan Sifat SOMBONG mereka bukan menghancurkan Negaranya.

        terakhir sebelum Perang Baca Bismillahir Rohmannir Rohim… agar kita adil dalam melaksanakan tugas.

        Dan Yang Penting Jangan DIHANCURKAN KEISLAMAN NEGARA ITU… HATI-HATI terhadap DAJJAL dan ANTEK-ANTEK mereka

        Wallahu Alam,

      • joul berkata:

        satu lagi, kalo bisa perangnya jangan di bulan HARAM yang terutama di bulan Ramadhan ini. Tunda aja yuk ampe abis lebaran.

      • adi berkata:

        Semoga Allah Memberikan kt Jalan terbaik,Mengampuni kt semua Amien..bkn kt takut perang namun perang itu jln terakhir.bknkh rasululloh mengutamakan jln diplomasi lbh baek.Ingat sekarang Yahudi dan Sekutunya mulai memperkeruh biar kt perang.tp apa yg di untungkan adalahbangsa yahudi.. bulan ini bln puasa mari kt berdoa semoga Allah Swt Selalu Memberikan kt jln Terbaik terlepas dr Masalah ini.

      • cong berkata:

        peperangan antara malaysia dan indonesia adalah tidak relevan,
        hanya kerana perairan kita berperang.malaysia menunjukkan sifat lemah lembut berbanding indonesia.kapal2 kita di usir dan ade ditembak ttp kt masih berdiam (jarang2 masuk media);sedangkan berapa bnyak kapal2 dr indon ke malaysia tp kt cuma tahan dan hantar blk.(itu pon ade yg terlepas lg)

        sweeping malaysia jugak tidak relevan.berapa ramai org malaysia disana berbanding org indon di malaysia.(yg ade pon student yg nk bljr jd doktor gigi+usahawan yg sikit)
        malaysia mengambil begitu ramai org indon berbanding bangla dan myammar ,jelas kerana hubungan silahturahim serumpun..
        apa yg berlaku? bendera memanggil rakyat indon dimalaysia untuk pulang.stkat ni org indon telah mengirim 24b setahun untuk rakyat nye jelas satu kerugian jika mereka blk. adakah kerana sifat tamak rakyat indonesia memilih menyerang malaysia?(da bg kepak nk peha)

        begitu jugak masalah tradisi.takkan ade org nk memperjuangkn tradisi melainkan mereka dr suku sakat dowg jugak.(salahkn suku sakat sendiri yg migrate)

        juga jelas kerajaan tidak bersungguh-sungguh membina hubungan diplomatik antara malaysia dan indonesia.jika tidak,mengapa bendera tidak diharamkan shj?-sbg mengaburi hal dalaman negara?atau benar kuasa bendera mempengaruhi dewan rakyat di sana?

        atau pemimpin indonesia tidak mahu kerugian atas pemilikan senjata mereka yg besar itu?-tidak tahu tujuan nye untuk apa?sape suruh beli?-hutang negara bnyak lg tp bl senjata-atau main kaut untung dgn contract projek juta2?-lain kali pk psl rakyat dahulu.

        peperangan antara malaysia juga tidak relevan dari segi kos.ia adalah 5-10 kali lebih tinggi dari kos pilihanraya.
        sedangkan dalam pilihan ry shj kerajaan akan guna lbh 50% duit rakyat.itu pon FDI negara rugi berbillion2..buat ape perang,just nk tunjuk kuat?(kalo ketua nye mati dulu tkpe,ini yg bwahan jd kambing hitam)

        media-media di indonesia adalah punca mengapa hal-hal ini berlaku.hanya media shj yg mampu mempengaruhi rakyat secara keseluruhan.(live isu tradisi di website johor walau bgaimanapun dimalukan)nampak kesungguhan media indonesia cuba membangkitkn kemarahan rakyat nye.

        rakyat indonesia tidak bole mempercayai media seratus peratus. media ni tk bole percya sangat kecuali no 4 ekor haha

        keinginan untuk perang itu bukan dr rakyat tetapi dari org2 tertentu.rakyat indonesia hanya umpama ayam yg diberi jagung untuk di umpan.sape yg bg fund untuk menyokong perpecahan ni? sape mereka menhalalkn perperangan sesama saudara? masuk syurga ke bila putuskn tali persaudaraan? saudara seislam ke bila berperang sesama sendiri?
        tak logik!mmg tk relevan jika perang berlaku! aq tk sanggup la bunuh saudara seislam aq.kalo lain agama boleh.tk kisah sekalipon aq mati.

        pendapat aq:- media berguna untuk porak perandakn hubungan malaysia-indonesia. terdapat menteri yg menyokong peperangan ni.mesti terdapat agenda terselindung.mereka pasti dipaksa bertindak kerana dpt fund.fund?sapa yg bg fund kpd bendera??

        mungkin dari negara musuh islam yg mahu ketua oic jd tk maju,jatuh atau melihat kesatuan islam musnah,maybe.(malaysia ketua ttp muslim di indon paling ramai)

        atau ade musuh2 ekonomi lain yg jeles sbb ekonomi kita ok tp dowg guna indonesia sbg medium atau mungkin indonesia sendiri?.

        atau maybe owg dalaman malaysia sendiri yg merancang??siapakah dia (mungkin untuk memecah kn sistem2 undang2 yg kita pakai?)
        ade kemungkinan,politic is business,business is money,money is power,power is authority.

        perang bergini tkkn berlaku atas sbb ego semata2.

      • from bela RI berkata:

        jangan la saling berdebat….
        biar aja la MALINGsya itu….
        kalau udah kayak gtw mu di apain lagi…..
        BANDEL ni MALINGsya….

        mending nonton pertandingan BARCELONA yg slanjutnya ya nga…..
        ngapain pusing2 mikir kayak gtwan, toh ng da gunganya kan…..

        ‘”hanya satu yg dapat aku bilang ama kalian””….
        “”KUALA LUMPUR 1JAM”” ajA lenyap dahhh….
        ya nga….
        wkwkwkkwkwwkwkwk………..

      • aLdy berkata:

        Malaysia bukan adik,,, melainkan anak,, malaysia investor terbesar no 8 di Indonesia… dan bukan itu saja staff pengajar terbaik dari Indonesia ikut berpartispiasi dalam kecerdasan di Malaysia,,
        dalam ISLAM tidak dilarang membela khalifah masing2…..

        boleh malaysia mengandalkan senjata perang mereka ,, apakah mereka bisa mengoperasikan dengan baik ??

      • Frank berkata:

        Eh dalam hati kecil g kok bahasa loe kaya orang indonesia yah… karna IQ gue tinggi gk kaya indonesia lain.. g tau loe bukan orang malaysia.. bahasa loe bahasa indonesia banget.. jujur.. kalo bener yah bagus.. jangan ampe perang.. LAH PASTI INDONESIA KALAH KOK MAU BILANG STRATEGI APA LAH.. Kalo malaysia di dukung banyak negara indonesia didukung sape ki joko bodo??
        kalo gara2 loe pada yang sok maju2 paling depan akhirnya indonesia di jajah lagi.. dan g mati/sengsara.. wa kebetulan loe belum mate.. bisa g cari sampe ke ujung bumi kali

      • Sanwani Thoyib berkata:

        Assalamu’alaikum Wr. Wb.
        Tuan Zaidi, saya setuju dengn tulisan Saudara … Saudara berfikir jauh ke depan untuk kedamaian kita semua. Jika perang antara Indonesia vs Malaysia terjadi musuh-musuh Islam akan bersorak merayakan kemenangannya. Mereka sangat menginginkan perang ini terjadi karena kita semua (umat Islam) yang akan merugi. Tapi hendaknya pemerintah Tuan jangan akui semua milik kami, sebab itu akan menyulut api permusuhan. Kami rakyat Indonesia sudah terbiasa dengan perang, kemerdekaan yang kami raih bukan pemberian dari Belanda, tapi kami rebut dengan nyawa dan darah demi kemerdekaan Indonesia Raya. Tapi dengan Malaysia kami malas berperang sebab bangsa Tuan adalah saudara-saudara kami yang seiman dan secita-cita.
        Kami akui media kami memang selalu membuat panas suasana, tapi di pihak Tuan, pemerintah Tuan lah yang ikut memanas-manaskan suasana. Benar kata Tuan,
        ajen-ejen Israel dan Amerika sudah merasuki pemerintahan kita untuk mengadu-domba
        antara Indonesia dan malaysia. Semoga Indonesia dan Malaysia tetap bersatu demi kejayaan seluruh bangsa Melayu. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

      • andre berkata:

        hahahahahahaahhaa,saaya menghormati perkataan anda bung, tetapi masih ada kejanggalan, sebetulnya indonesia tidak mau mempunyai musuh, tapi malaysia sendiri yg sudah mempropokasi indonesia untuk menjadi musuh, contoh saja yaa, batik, reok ponorogo, tari pendet, selat ambalat,, yang di rekrut malaysia, berbagai macam kebudayaan,kesatuan indonesia yang di klaim malaysia, bagai mana indonesia tak marah, suukur indonesia orangnya penyabar, tak usah alasan lah, berbagai macam milik indonesia yg di klaim malaysia, memang malingsi, pakai bawak bawak nama agama lagi nyata nyata malaysia yang memulai , , , MALINGSIA

      • fanfan berkata:

        mnurut saya yang anda sampaikan sdh baik ,tp satuhal yg tdk baik jangan membawa bawa masalah agama bung.jangan memecah belah kerukunan antar umat beragama di indonesia.

      • fanfan berkata:

        kalau kamu membenci bangsa yahudi,jangan kamu pakai semua product buatannya,seperti hand phon,tlphon,acmkulkas,computer,mobil,motor,arloji,tv,radio,semuanya yang berhubungan dengan elektronik

      • fanfan berkata:

        lihat saja aktor pengeboman di negara kami ini,itu sudah bukti

      • fanfan berkata:

        bukti lakau malaysia memang mau mnghancurkan indonesia lewat agama

      • Suhanto K berkata:

        Salam, Anda berhati mulia saudaraka Zaidi Bin Muhammad. Begitulah saudara-saudaraku di Indonesia ada sebagian yang mudah emosional. Tetapi sebagian besar bersifat sabar dan bersahabat. Jadi ajakan rukun Anda, saudaraku Zaidi yang baik hati antara Indonesia dan Malaysia sudah bagus dan semoga Anda selalu dirahmati ALLAH SWT. Saudaraku yang mudah emosional akan diampuni dan diberi hidayah oleh Allah SWT juga. Amin Wassalam.

      • cinta ukhuwah islamiyah berkata:

        anda kesal terhadap media kami, kami juga kesal terhadap pemerintahan malaysia yang selalu memancing kemarahan pemuda Indonesia. andai Malaysia tidak selalu mencari gara2, pasti media tidak akan bisa membuat berita itu,,, ingat media masa itu mencari penghasilan dari sebuah berita yang heboh,,,,, jika saya melihat video2 dari kelantan ingin rasanya tinggal disana,,,, tetapi karena negri kelantan merupakan wilayah bagian pemerintahan malaysia timbullah rasa jengkel dan kesal itu

      • Ali berkata:

        Sama2 kita sedih melihat percakapan yang bermusuhan. Olah segelintir orang membuat panas. Insya Allah kami masih banyak yang rindu ,kapan sih kita menghilangkan rasa permusuhan yg tdk jelas ini. Mereka lupa siapa sih kita. Padahal agama kita mengajarkan kt saling menghormati. Was

    • poetra prmaditya berkata:

      kenapa meski tutup telinga jika si “tetangga” tak pernah ngerti..
      kalau warga indonesia gak sibuk dengan perang antar suku, perang antar geng, atau sibuk memerangi bangsa sendiri pasti kita menang…
      banyak pasukan bonek,suku,etc yang mati sia2 cuman karena perang dengan pendukung lain,,kenapa tidak kita tampung dan salurkan saja semua SDM yang ada…
      ganti kita jajah malasya….

      • Gadjah Mada berkata:

        Pitung aja yang tangan kosong berani nglawan penjajah… Indonesia ampuh bang. Hancurkan bangsa yang tidak berkepriadian==mengusik bangsa kita. Wahai rakyat indonesia…malulah kalian pada perjuangan bung karno. Andai saja beliau masih hidup… mungkin akan lain ceritanya, Bakal rata tuh bangunan malaysia. “Jangan bangunkan macan tidur…Taring kami lebih tajam dr pisau dan belati”

      • hafiz malindo berkata:

        saudara…mahu menjajah negara malaysia..aduh..aduh..aduh..!!!!kayaknya lohh gomong nya dalam mimpi ya..lohh fikir kan malaysia ini negara apa senang aja mahu menjajah ya..hehehe pleass faham donk ama FAKTA..ya, kekeuatan kamu terletak kerana rakyatnya banyak ratusan jutaaan gituhh..gilera kamu hebat, peralatan perang kamu bagus cangih.. dan rangking kakuatan militeri kamu lebih tinggi dari malaysia .tp itu aja masih udah lapokk dan masih konyoll kalau mahu perang sama malaysia…fahamilah kekuatan malaysia lebih hebat dari kamu kerana kami memiliki secret buckup power army
        A.perjanjian lima negara malaysia ,new zealand,austalia,britain dan singapura yang akan membantu dari sudut logitic,senjata,makanan,perubatan dan buckup pertahanan dan penyerangan perang
        B.malahan kami masih mempunyai lagi sahabat untuk di pengaruhi untuk menolong kami dari diperangi brunei,china,india,russia..
        C.kerana kami mempunyai kapal2x perang yang cangih dari segi penyerangan dan pertahanan di darat mahu pon di udara.
        so,, indonesia mengata perang..hanyalah omongan kosong mimpi di siang hari…kerana bapak2x menteri dan kamu faham FAKTa…tersebut..begitu jugak lohhh dizaman sukaerno ..nasib baik di tarik tenteranya pulang dan berdamai kembali bersama malaya..kalau engak..kemedekaan indonesia itu hanya sia2x..kerana dijajah sekali lagi sama malaysia dan ingeris…hahahaa..lihat tuhh masih bijak lg tue sukaerno..engak bego sama orng yg mahu mintak perang macam lohh…
        nasihat saya disini cuman ini”hormatilah malaysia kerana dengan kemajuaan malaysia, indonesia juga mendapat faedah..
        dan kesenangannya.kerana kami malaysia sangat prihatin dgn bangsamu….majulah sukan untuk malaysia indonesia…heehehe
        kalau perang malaysia udah menang 1-0…
        kalau ganyang..udah mng jugak lohh di bung karno ganyang bola sepak indonesia….heheeh
        salam saya dari malaysia

      • Frank berkata:

        waduh ampun boz hafiz kaloe ente dari malay.. salam maaf dari orang2 tolol indon ini.. kalo ud kuat baru boleh ngomong ini ud.. masi cupu2 aj blagak songgong.. mang iq indonesia jongkok2..
        tapi kalo soal loe mau ambil ambalat yah TIDAK BISA.. tinggal kasih bukti ambalat punya indon. kalo kalah.. yah sudah brarti anda maling dan pasti negara anda suatu saat akan JATUH KEDALAM LUBANG YANG LEBIH BESAR AMINN,,

      • Iyan Surapati berkata:

        Hai !!!! pikir dulu sebelum bicara .. kamu jangan ngomong seenaknya, kamu kata peralatan perang Indonesia sudah lapok? Hahahaha kamu tahu dari mana? Pikirlah dulu …. Jangan semahunya .. MULUTMU BAU BUSUK!!!!!

      • piss berkata:

        2 hafizz
        Trus lo bangga gitu menang karna bantuan,,,hahahhahaaa
        lucu lo,,berarti klo gak di bantu negara lain gak berani gitu,,
        hahaha kocak,kocak,kocakk,,
        klo gak di bantu jadi apa itu negara ya???
        ada yang bisa jawab????

    • savii berkata:

      seharusnya kalian yang kasian ma malaysia

    • Honip berkata:

      jangan kita ajak perang di laut…ayo…serbuh serawak…..ajak perang darat donk, apa biaya untuk beli peralatan perang kurang???? rakyat siap membantu segera koodinir 250.000.000 penduduk indonesia jika menyumbang untuk perang Rp. 50.000/orang Rp. 12.5 trilyun dana bisa terkumpul, siapaun jika nasionalisme terusik oleh malingsia pasti siap.

      • hafiz malindo berkata:

        mahu di ongkos kan jugak tuh sama rakyat untuk perang…dasar goblok tuhhh..omongan kosong…gempar aja udah udah pusing mintak bantuan..mahu perang pulak lagi tu…apa engak seklah lohh nie…

    • Agus berkata:

      Kita Pasti menang melawan malasya, Kita kirim aja JIHAT indonesia ke sana.

      • hafiz malindo berkata:

        apa udah jihat gitu perang sama malaysia..engak faham ertinya jihat..diam lohh…goblok amat lohh…pergi sana aja ke bali..ayok jihat disana banyak maksiat yg lohh tahu ..

    • bagus tirtawara berkata:

      kita jg harus bisa mengenal sejarah negara kita dulu. kita harus membela negara kita sampai titik darah penghabisan. kita lihat pahlawan kita yang gugur waktu perang melawan penjajah, mereka semua mengorbankan ekonomi mereka semua, bahkan mereka rela untuk mengorbankan nyawa mereka. dan walaupun dengan ekonomi yang kurang, buktinya negara kita bisa merdeka?? kita semua harus contoh pahlawan-pahlawan kita.

    • riki berkata:

      salah, klo saya lebih baik mati, di medan perang dari pada harga diri di injak-injak. itulah pesan yang ingin di sampaikan prajurit yang gugur di medan perang karna membela bangsa, sama seperti jiwa saya. pesan seorang prajurit yang membela negaranya adalah tolong kasih tau anak saya, saya mati dengan gagah berani membela tanah air ku tercinta.

    • karael berkata:

      nah udah tau dulu kita diembargo amerika , sekarang masih aja berteman dgn amerika. mestinya gak usah lagi , lebih baik kita profesional , kita ada duit beli ama siapa aja yang mau jual. gak usah beli dari amerika. apalgi sekarang amrk ngobok2 papua. udah jelas iblis itu masih didekati.

  2. dwikorawati berkata:

    Jadi ingin tahu, kenapa Indonesia disegani angkatan perangnya pada awal tahun 1960-an di Asia Tenggara

    • Alvin Adrian berkata:

      Karena pada masa itu…terjadi perang dingin antara Rusia dan Amerika Serikat..yang saling ingin menyebarkan pengaruhnya….jadi Presiden Soekarno memanfaatkan hal ini untuk mengambil keuntungan sebesar2nya…dan mendapatkan banyak persenjataan dari Rusia juga AS….peralatan itu masih baru jadi Indonesia cukup disegani di Asia Tenggara….

      • Ris Hana berkata:

        wah bener juga tuh, … na sekarang alat2nya udah pada usang…. pada rusak dan macet….
        hilanglah sudah keseganan bangsa lain….

      • hafiz malindo berkata:

        tapi tetap jugak segan dan takut sama keujudtan negara malaysia.dibawah naugan tentera tanah melayu dan ingeris..fakta is fakta…ganyang malaysia cita2x omongan kosong..malah mengankat bendera putih untuk pulang dari perang sama malaya tahun 70an…sapa yg segan tuh..rakyat mu sendiri…yang berlagak sombong untuk mengatakan sesuatu yg..terlalu menjengkelkan…huhuhu

  3. 848 berkata:

    SETUJU!

    sebagai seseorang yg memiliki banyak kerabat yang menjadi anggota TNI saya kuatir keselamatan mereka.

    Saya percaya skill prajurit TNI jauh diatan tentara sialan malingsia, tapi kita tidak didukung alutsista yang baik!

    menjadi pelajaran berhaga, bahwa skarang anggaran pertahanan harus dinaikan 2 kali lipat. jangan biarkan putra terbaik bangsa gugur sia sia, hanya karena peralatan usang dan anggaran militer yang terus di kebiri!

    • am......??? berkata:

      jangan 2 kali lipat 100 kali lipat pon boleh biar rakyat indonesia mati tk maka n kerna nak beli peralatan militer heheheheheh,,,,,,,,,,,,,stupit bodoh macam yahudi nk perang senang kan rakyat dulu baru pikir perang ni rakyat merempat cari makan kat negara orang yang kaya bertambah kaya yang miskin merempat biar …………….merempat ,tanggan yang memberi lebih elok dari menerima …….

  4. bocahbancar berkata:

    Tidak harus memikirkan salah satu karena kedua2 harus egera diselesaikan bukan…he he he

    Salam hangat Bocahbancar……

  5. omiyan berkata:

    belum tentu …. indonesia mempunyai kekuatan lain dibanding malaysia….saya yakin itu jika emang kita lemah mungkin udah dari dulu kita di jajah orang negara lain….

    kenyataan sekarang mereka hanya berani sebatas “nyandain” doank…

    • Sgt.izam (regimen ke- 25 TUDM) berkata:

      bukan apa indonesia tidak dijajah oleh ngara lain..kmi ingin keamanan. kmi tdak mhu peperangan. pecayalah ckapa sya!!

  6. ayamcinta berkata:

    pas nemu blog ini sempet terngiang2, nama rinaldimunir…ko kayanya kenal ya…..
    setelah mencoba mengingat2…oalah ternyata ini toh yang bikin buku yang saya pake waktu kuliah. Lam kenal pak….

    Kemungkinannya menurut saya masih 50:50 pak
    betul alusista malaysia lebih baik daripada kita, tapi jangan lupa jumlah dan semangat uang anak bangsa ini patut diperhitungkan juga, tidak cuma prajurit loh yang rela mati…

    masalah kesejahteraan prajurit sech kayanya kita harus menilik lebih dalam lagi, kenapa para prajurit itu sengsara sedangkan para tampuk pimpinannya subur makmur…. itulah PR yang harus dikerjakan oleh pimpinan bangsa kita nanti.

  7. adywicaksono berkata:

    Saya pikir perang adalah jalan terakhir dan jalan terbodoh yang diambil seorang pemimpin. Kita tidak perlu lah terprovokasi

    Dan betul, Malaysia adalah bagian dari british commonwealth, dimana menyerang Malaysia = menyerang Malaysia, Singapura, Australia, New Zealand dan UK sendiri. Artinya ini akan menjadi perang keroyokan dan Indonesia akan kalah.

    Cek:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Five_Powers_Defence_Arrangements

    Indonesia harus berpikir secara lebih pintar di otak baru di otot. Harus sadar diri dan realistis, masih banyak yang harus dibenahi di diri sendiri daripada menambah masalah dengan perang

    • tata berkata:

      Jangan terlalu meremehkan indonesia bung…kata2 u seakan2x malaysia negara adikuasa…malaysia tu ga ada apa2nya…

      Asal u tau peralatan militer mereka ga jauh beda ma kita…
      Militer kita jauh lebih baik dan INGAT yg berjuang bukan cuma militer, rakyat indonesia punya nyali baja untuk mempertahankan NKRI…USA aja kalah ma VIETNAM…

      Negara kita kekuatan militernya no 14 didunia jauh diatas malaysia…liat http://www.globalfirepower.com...

      • rajalaut berkata:

        ya………………..PERANG……..PERANG…………MALAYSIA INDON…… ORANG KERISTIAN KETAWA SAUDARA SEAGAMA PERANG ORANG YAHUDI KAYA DAPAT JUAL SENJATA BANYAK…….YAHUDI UNTUNG BESAR DAPAT BANGUNKAN SENJATA LEBIH CANGIH LAGI UNTUK HANCURKAN ORANG ISLAM……..HARUS DI INGAT KITA DUA NEGARA PERNAH DI JAJAH OLEH ORANG KERISTIAN……..JANGAN SAMPAI TERJADI PENJAJAHAN LAGI ……… ……INI LA KESEMPATAN ORANG KERESTIAN ( PENJAJAH ) MENGUASAI TANAH ISLAM.. KALAU NAK TUNJUK HEBAT …….. JUM KITA ……..JIHAD…….PERTAHANKAN ….. ISLAM……….DI PALASTIN………..SUDA….TENTU……MATINYA SYAHID………INI BERPENANG DENGAN …..SAUDARA SEAGAMA…….MEMALUKAN.ISLAM!!!!!!!!!!!!!!!!

    • donifatah berkata:

      kalau rakyat berani tapi pemerintahnya yg gak berani, gimana? ngurusin korup aja gak selesai apalagi perang. menyakitkan. Telan aja deh. Mendingan kita nyanyi2 lagu kebangsaan kita di hari kemerdekaan sendiri, cukup

      • rarasu berkata:

        wees..ga cukup gan..klo cuma nyanyi tapi hati tak teerbakar semangat kemerdekaan yang dimulai dengan tindakan.

        Gan diperatiin dikit dong koruptornya..dah mulai nyusut ko..tapi dikarenakannya banyak banget jadi ga begitu ketara/terlihat..karena saat satu orang koruptor ketemu nanti dibawahnya terdapat 2 koruptor lagi dan seterusnya jadi yang satu blum kelar muncul yang baru..tapi beberapa dah tuntaskan..

      • ryan_x berkata:

        Kenapa negara RI mudah direndahkan?
        Kenapa rakyat RI mudah dilecehkan?
        Kenapa kebangsaan RI mudah dilunturkan?

        Mestinya, sebelum berteriak lantang,
        kita sama-sama harus sadari, lihat kedalam diri.
        Begitu banyak hal yang seharusnya kita malu.

        Kesalahan pertama dan mendasar adalah…
        BAGAIMANA KITA MEMILIH PEMIMPIN

        SIAPA DIANTARA MEREKA YANG BENAR-BENAR MEMBELA KITA???

        ADAKAH???

        TERUJI DAN TERBUKTIKAH???

        Mari sama-sama introspeksi…

    • andyk berkata:

      walaupun malysia adalah bagian dr negara persemakmuran..sy rasa negara persemakmuran yg lain ga akan begitu mudah untuk ikut campur…
      buktinya waktu india vs china n india vs pakistan,inggris dkk malah ga ikut campur..tp yg ikut campur malah amerika…..

  8. adywicaksono berkata:

    Sebagai tambahan, Indonesia paling jagoan di 1 jenis perang saja –> perang gerilya :)

  9. FREE ALL FREE berkata:

    Saya rasa kita masih unggul, walaupun sampai perang terbuka terus indonesia kalah, tapi indonesia masih UNTUNG

    salaaaaam……….

    http://harisahmad.wordpress.com/2009/06/05/perang-saudara/

  10. Mas berkata:

    Salam,
    Rasanya Indonesia masih akan menang lah .. asal kompak.
    Ingat perang Vietnam?? Amrik yang unggul segalanya (teknologi, bahkan jumlah orangpun) bisa dipermalukan…

    Bayangkan kalau para TKI di Malay melawan … hehehe .. jadi ngaco gini.

    Moga aja gak perlu perang.

    • Sgt.izam (regimen ke- 25 TUDM) berkata:

      coba lu pkir bgus2! apa akan jadi kalo sya dgn skuadron sya hantar kapal terbang Bomber. ke tanah lu!! smua family lu kan mati..itu yang kmi tentera di Raja Malaysia tidak mahu!!! kmi tidak mahu membunuh org!!! kalau kmu mhu perang gak..perang lah..bia allah yg tentukan!

  11. ghifar berkata:

    Saksikan perang akbar antara Indonesia dan Malaysia hari ini (minggu, 21-06-09) di pentas kejuaran bulu tangkis Indonesia Open Super Series yang diwakili oleh Taufik Hidayat & Lee Chong Wei. hehe…

    Kalo perang yang ini rasanya kans Indonesia utk menang masih kuat :)

  12. robert berkata:

    t
    akut amat sih ama malingsia, ganyang malaysia dulu perangnya bukan ama malaysia tapi perang ama inggris dan australia, j
    angan membandingkan israel ama malaysia, jauh atuh dari segi teknologi dan kepintaran, menurut saya tes aja. perang aja, tes aja bener ga mereka punya nyali, saya curiga mmereka cuma gertak sambal doang, lagian kalo beda peralatan jg, ga jauh2 amat, ko kita terlalu membesar besarkan malaysia ini yang belum tentu hebat.

    • andilarici berkata:

      betullll….saya nggak suka ada orang indonesia yang bilang ,,,,,kita nih lemah dibanding malasyia……negara kita ni kuat,,,,,,,,,,bukannya negara kita takut untuk perang dengan malasyia,,,,kasiannnn nanti negara malasyia rata dengan tanah,,,,kasian orang yang nggak bersalah kena juga……………keahlihan kita jauh lebih bagus kalau untuk perang,…apalagi dengan malasyia,….sayangnya kita ini tetangga dan sama2 umat islam….kalau tidak udah lebur lhoooo….malasyia bukan lawan kita karena dia adik kita biasalah kalau tingkah langkunya belum dewasa.,…..tapi kalau dipikir2 mereka udah kelewatan juga……kalau memang dia masih juga tidak berubah kita hancurkan saja wc rumah kita tuh alias (malasyia)………..yang saya heran malasyia itu sombong…..itu yang buat saya sangat geram sekali……malasyia tuh malu karena dulu sekolah diindonesia makanya negaranya sekarang udah berkembang,,,,,,,;;;;tapi mereka tidak terimah kasih dengan negara kita…padahal ilmu sudah kita kasih,……..kalau saya bilang malasyia tuh negara lagi masa puber …..jadi negara kita lebih penglaman dari segimanapunnn,,,,jadi perlu kita bimbing malasyia tuhhhh betul nggak…betul,betul,betul

      • rajalaut berkata:

        SIAPA MENANG SIAPA KALAH BELUM TAHU PERANG ANTARA MALAYSIA DAN INDON……………..TAPI YANG PENTING ORANG YAHUDI KETAWA…..ORANG ISLAM BERPERANG SESAMA SENDIRI…………ORANG YAHUDI JADI KAYA SABAB ORANG ISLAM BERBERANG DENGAN SENJATA CANGIHNYA………….ORANG KERESTIAN KETAWAKAN DAN MENGHINA ISLAM SEBAB BERPERANG SESAMA SENDIRI………………ORANG YAHUDI KETAWA SAMPAI TERBARING SEBAB DAPAT HANCURKAN BUMI ISALM DENGAN SENJATA CANGIHNYA YANG DI GUNA OLEH ORANG ISLAM SENDIRI UNTUK HANCURKAN BUMI ISLAM………………………SAUDARAKU……MANA YANG PENTING MARUAH NEGARA KE ATAU MARUAH ISLAM???????????

      • Prajurit berkata:

        for rajalaut : kalo gt sadar diri dong negara lo,,maen caplok wilayah,,budaya,,seni dsbnya…
        qta sudah sabar tp lo (malay) dah klewatan…. think it..

      • am......??? berkata:

        tentu aja indonesia menang kerana tentera indonesia menguna kan peralatan perang yang paling canggih d dunia [ Buluh rucing satu...........//??]heheheheheh……..kesian ni tahun melenium la bukan zaman batu pakai buluh pergi berperang ………

    • am......??? berkata:

      ya………takut apa kita rakyat indon aja merempat cari rezeki di malaysia dasar pegemis udah diberi makan mahu di ajak perang kita punya senjata yang paling canggih di dunia buluh rucing dasar pikir pakai lutut sapi hehehehehehehehehehehh……………………………….??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????//.///

  13. Q'JET berkata:

    Salam..

    Menurut pengamatan saya, jangan kita remehkan Negara lain tentunya, namun Negara kitapun sangat kuat en tangguh buktinya jumlah penduduk aja jauh lebih buaaanyak…kalau dibandingkan hanya dengan Negara Malaysia. kenapa kita harus pikir peralatan senjata. untuk itu kalau keadaan terpaksa kita harus melawan dalam mempertahankan NKRI……….yahhhh…SIKAT AJE….
    siapa takut…. ngga usah dipikirin… emangnya mereka itu siapa..? sama-sama manusia aja kok..

    tetapi sebaiknya coba dulu diselesaikan dengan komunikasi yang baik en sehat…..kali aja bisa tuntas…
    ok..deh saya rasa INDONESIA jauh lebih hebat…..

  14. Jodhi Kurniawan berkata:

    Diambil dari buku “Sintong Panjaitan perjalanan seorang prajurit para komando”, alkisah Bung Karno ingin ada penerjunan sukarelawan Dwikora ke Malaysia untuk bahan kampanye ganyang Malaysia. Biarpun namanya “sukarelawan dwikora” sebenarnya para penerjun itu anggota TNI.

    KSAD Ahmad Yani menolak menyediakan pasukan , karena penerjunan di semenanjung Malaya ini tanpa diikuti pendaratan besar-besaran pasukan darat. Apabila operasi ini dilakukan, pasukan penerjun itu jelas akan tertangkap atau tertembak oleh pasukan Inggris dan Malaysia.

    Alkisah. KSAU Omar Dhani tanpa dinyana menyanggupi menyediakan 100 orang penerjun sebagai sukarelawan Dwikora. Operasi dilakukan, dan … seperti sudah diprediksi oleh Ahmad Yani, semuanya tewas atau tertangkap oleh Inggris dan Malaysia. Bahkan pesawat yang membawa mereka terjun pun ditembak jatuh

  15. dwikorawati berkata:

    Ternyata sudah ada penjelasan

    http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/26/04475586/omar.dani.dan.auri

    ……………..

    Persoalan sekarang setelah masalah sejarah dituntaskan adalah kondisi riil AURI itu sendiri. Apakah sistem pertahanan untuk negara yang demikian luas dan terdiri dari beribu pulau itu masih mengutamakan matra darat seperti pada era Orde Baru. Atau justru kekuatan udara (dan laut) yang perlu dipercepat peningkatan kekuatannya ? Dengan kondisi tingginya frekuensi pesawat militer yang berjatuhan sekarang, harapan menjadikan AURI kembali sebagai kekuatan udara yang disegani di Asia Tenggara apalagi Asia jelas jauh dari kenyataan.

    Dr Asvi Warman Adam, Ahli Peneliti Utama LIPI

    • Prajurit berkata:

      banyak omong ko peneliti,,,bilang diri ahli lagi,,emng kata2mu dah seratus persen bener..teori saja..
      gak smuax psawat tu rusak… ko turunlah ke hangar2 psawat, ko cek baik2…

  16. dedy berkata:

    gak setuju……………….
    jangan pesimis gitu dunk………….
    q-ta harus percaya ma TNI
    emangnya anda tahu tentang peralatan perang TNI semuanya………….
    NKRI adalah harga mati titik gak pke koma

    • Belang berkata:

      gak setuju pala luh…!!
      yg gak percaya sama TNI siapa???
      kita semua bangsa indonesia percaya sama TNI
      yg kurang percaya itu sama peralatannya…
      bukti udah ada lho… 4 pesawat jatuh. itu yg mungkin kata orang TNI “masih bagus”, nah yg udah kreyat kreyot… ada berapa???
      sekarang indo harus berbenah diri!!
      indo punya kekayaan alam!! tapi siapa yg kelola???
      indo punya orang2 pintar.. tapi malah di sewakan.. cari duit sendiri, bukan membangun negri!!
      indo ga ponya TEHNOLOGI selain BELI!!
      pokoknya ido ga bakal bisa maju,.. selama yg pintar rajin memperkaya diri sendiri…. dan yg berpangkat rajin korupsi.
      indo punya lahan minyak dimana2, gas dimana2, emas, timah, batubara, bla bla bla dan bla bla… tapi indo masih misskkkiiiinnnn….. kenapa?? kenapa???
      2009 lho sekarang!!
      bisanya cuma saling menyalahkan… dan komentator yg TOB MARKOTOB!!!!

  17. INDONESIAMERDEKA!! berkata:

    saya tidak yakin INDONESIA akan kalah, masih ada kopassus yang berada di nomer tiga dunia dalam daftar pasukan khusus terkuat di dunia.
    dan yang paling penting adalah, masih ada sekitar 230 juta jiwa warga negara Indonesia yang akan berdiri tegak mempertahankan negara ini, jangan sampai kalah sama negara seperti malaysia!
    karena akan sangat MEMALUKAN!

    • andilarici berkata:

      ya saya sangat setuju sekali,,,,dengan pendapat lho…….

    • rajalaut berkata:

      MAMALUKAN????????????……………..FIKIR DONG SEBELUM PERANG………SEMUA DARAH MALAYU DI MALAYSIA 90% BERDARAH INDON…JAWA/BUGIS/MANADO/TIMOR DAN BANYAK LAGI… DAN YANG PALING UTAMA SAUDARA SEAGAMA….DALAM HUKUM ISLAM PUN HARAM BERPERANG SESAMA SENDIRI.. SAYA SENDIRI BERDARAH JAWA+BANJAR..TAK TERLINTAS NIAT SAYA UNTUK MEMUSUHI KETURUNAN NENEK MOYANG SAYA LEBIH-LEBIH LAGI SAUDARA SEAGAMA………..

      • Prajurit berkata:

        biar sudahhhh,,,ko punya negara paling tidak tahu diriiiiii sekaliiiiiii….
        mikir gak lu???

      • iqbal berkata:

        klian indonesia malaysia mau aja di adu domba yahudi.ingat qta satu agama.dan jika saling mmbunuh sdah jelas..qta neraka

  18. dado berkata:

    wah2 bener tuh,rakyat banyak bukan jaminan kemenangan!

    tehnologi & startegi dalam perang modern menentukan kemenangan!

    bahkan dikehidupan sehari2 kita banyak menggunakan tehnologi

    contoh kecil:liat aja handphone & motor yg punya banyak

    kalo modal rakyat banyak sih,nekad namanya(karena rakyat hanya elemen pendukung dalam perang)

  19. bambu runcing VS senapan mesin berkata:

    klo rakyat banyak kita perang sama malaysia,mau perang pake apaan?bambu runcing?

    itu sih kuno,waktu itu senjata belum secanggih sekarang.
    sekarang zamannya pesawat siluman(bahkan negara kita belum memiliki pesawat yg seperti itu)

    sedangkan mereka adalah negara yg lebih maju dari kita.
    memiliki senjata yg lebih baik & walaupun mereka negara kecil mereka didukung oleh beberapa negara yg lebih maju dari kita

    jadi kalau mau perang pikir2 dulu!
    lagian perang hanya akan mengakibatkan kerugian,kerusakan,kesedihan,dendam
    http://www.isrealli.org/wp-content/uploads/peace.jpg

    teman saya bercerita sodaranya ada yang bekerja dipabrik sepatu.sepatu itu dikirim keluar negeri,dan diluar negeri sepatu2 itu hanya diberi merek saja lalu dijual ke indonesia
    (T_T) sedih banget y!

    • rajalaut berkata:

      ORANG YAHUDI KAYA………..SEBAB MALAYSIA INDON PERANG.( MEMBELI SENJATA CIPTANYA)

      ORANG KERISTIAN KETAWA…………UMAT NABI MUHAMAD BERPERANG SESAMA SENDIRI..

      HARUSKA INI BERLKU?
      HANCUR LAGI BUMI ISLAM SETELAH IRAQ.

      DI NEGARA BARAT ORANG KERESTIAN RAMAI-RAMAI BAKAR AL-QURAN,,,…..
      SAMPAI BEGITU SEKALI PENGHINAAN ORANG KERESTIAN DAN YAHUDI…

      ISLAM BERPERANG SESAMA SENDIRI?
      BERTAMBAH+++++++ORANG KERISTIAN DAN YAHUDI MENGHINA ISLAM..
      MAHUKA ORANG ISLAM MALAYSIA BEGITU?
      MAHUKA ORANG INDON BEGITU?

      FIKIR-FIKIR DONG?

  20. Isnan Daryanto berkata:

    jangan pesimis Indonesia, kami disini setia mendukung. Jikalau masih ada Bung Karno, Malaysia sudah jadi rempeyek hancur lebur. Tapi dengan adanya semangat juang pasti Malaysia kalah. wong di ambalat aja beraninya konfrontasi coba perang…
    Moga-moga Negoro Indonesia dirahmati Saking Gusti Pangeran Allah SWT. Ganyang Malaysia

  21. robert berkata:

    hehehe.. kita jangan terpancing dengan berita bahwa militer malaysia hebat.. kalo kita terpancing itu salah besar.. kita tengok industri strategis pertahanan kita.. hebat nian.. kalo kita perang kita dijamin menang, ekonomi malaysia juga pasti hancur..karena persenjataan nya mereka mengimpor semua dari neg.luar, ini menguras dana yg tidak sedikit, sedang kita memakai produk sendiri, ini jelas menguntungkan kita..

  22. Hilman.. berkata:

    ANih artikel bener2 menyesatkan…..

    Coba cari data dlu dong baru ngomong.coba googling dlu tentang militer indonesia,baca buku2 tentang militer…

    Bener kata robert sejak dapet embargo militer,indonesia terpaksa mulai memproduksi senjata militernya sendiri dengan memakai kecerdasan yg asli anak bangsa.beda dengan malaysia yg masih impor yg membutuhkan dana yg tidak sedikit….

    Di 20 kekuatan militer dunia indonesia berada diurutan 14 loh *menurut situs globalfirepower* sedangkan malaysia sama sekali tidak masuk daftar…

    coba cari dan bandingkan kekuatan militer indonesia dengan malaysia di lembaga CIA factbook….

    Jadi semua jangan pada nyerah dulu dong sebelum perang!

  23. Indonesianus berkata:

    Ittss.. Bntar dulu.. Indonesia kan udah bisa buat roket.. Patut dipertimbangkan itu..

  24. lalallaa berkata:

    masalah hardware :
    - mayoritas alutsistanya dah layak masuk museum
    - sebenernya bisa beli dari amrik lewat 3rd party cuman dpr yg ga mao… krn ga bisa dikorup krn kontrol militer kongres amrik ketat.
    -sebenernya bisa beli dari rusia tapi pemerintah rusia dah kapok bisnis ma pemerintah indonesia krn duitnya ilang padahal barang dah terkirim.
    -secara kuantitas, total keseluruhan alutsista indonesia yg masih berfungsi dengan baik masih dibawah malaysia

    masalah sumber daya manusia :
    - skill dan fasilitas pasukan yg sangat senjang antara pasukan khusus dan pasukan infanteri normal di kubu indonesia menyusahkan penyusunan strategi.
    -total jumlah kekuatan indonesia di CIA factbook yg membuat indonesia *tampak* kuat karena memasukkan jumlah keseluruhan hansip di dalam profil militer!!! mao perang pake pentungan?
    -indonesia telah terbukti berulang kali walaupun terus kalah dalam pertempuran tetapi belum pernah kalah perang di negeri sendiri alias sangat ahli jago kandang.
    - kekuatan tempur indonesia bisa sampai empat kali lipat dari yg di profil intel manapun karena setiap warga negara indonesia bisa dipanggil perang dan menghindarinya berarti bisa dipenjara (ada lho undang-undangnya, cari ndiri)

    masalah sumber daya finansial:
    -sumber-sumber pendanaan militer indonesia banyak di mark up
    -sumber-sumber pendanaan militer indonesia sebelumnya banyak ditopang multifungsi tni yang juga terjun ke dunia bisnis dan jasa tetapi sejak reformasi, sumber tersebut antara lenyap atau masuk kantong *tertentu*.

    • swanto berkata:

      komentar yang sangat menarik…
      semoga semua sadar.. zaman sekarang perang bkn perang senjata.. tapi perang ekonomi, negara yang bisa bertahan maka siap2lah di injak trus..

      kesadaran dan kepercayaan sekarang itu mahal harganya..

  25. lalallaa berkata:

    to sum all up….

    indonesia perang karena:
    indonesia yg menyerang (offensive) pasti kalah…
    indonesia yg diserang (defensive) hampir pasti menang….

    masalahnya adalah kalau rakyat indonesia sangat mudah sekali di panas-panasin…. mayoritas rakyat malaysia sebenernya cuek cuek aja sama masalah ambalat, maling2 budaya, etc….
    jadi kemungkinan malaysia yg menyatakan perang duluan sangat tidak mungkin krn pemerintahnya tahu dengan sangat jelas kalau rakyatnya ga bakal ngedukung…
    sementara meskipun pemerintah indonesia menyatakan perang hampir pasti mendapat dukungan rakyatnya, tetapi tidak hanya melawan malaysia saja krn ada perjanjian militer, tetapi indonesia akan bertempur sendirian di tengah himpitan politik-ekonomi dari semua negara di dunia…. karena let’s face it, indonesia itu bisa dibilang sama sekali tidak punya ally yg bisa diseret ke setiap masalah (contoh ally sehidup semati: amerika-inggris)

  26. lalallaa berkata:

    and roket yg dibuat sama indonesia itu, shell nya masih import dari rusia karena yg buatan pindad metalurginya masih ngaco…. sama kaya senapan2 buatan pindad yg metalurgi larasnya fluktuatif…

    • anak bangsa. berkata:

      duh jgn salah teman, indonesia yang mempunyai pasukan elit KOPASUS, gitu2 pernah menjuarai snaiper seluruh dunia, dan senapannya sendiri buatan PINDAD, dan menjuarai satu, jdi teman jgn merendahkan alat buatan pindad,dan kita harus bangga,dibanding negara tetangga???????

  27. samson berkata:

    kita persenjatai para TKI, buat kerusuhan di sana. Kirim pula para militer/ormas kepemudaan yang sering backing lahan parkiran pertokoan terus kirim pula masyrakat korban bom nurdin m top ,coba!

  28. hidayatullah berkata:

    ingat kita pengalam begerilya slma 3 setengah abad
    strategi perang gerilya kita sngat di akui dunia, belanda aja angkat kaki d indonesia, apalagi malaysia

    • entahlah berkata:

      3 setengah abad = 350thn di jajah saja kamu bangga….ingat kita merdeka kerana ada kekosongan belanda tak ada jepang udah kocar-kacir jadi ada luang untuk dimanfaatkan soekarno untuk memproklamir kemerdekaan.kita punya pahlawan mereka juga punya pahlawan cuma yang membedakan sifat para penjajah.belanda begini memperlakukan jajahannya,inggris begini cara memperlakukan jajahanya.jadi hati-hati kalau bersemangat.

      • saiful idham berkata:

        bangga mengalahin belanda padahal kenyataannya inggeris seratus kali ganda lebih kuat dibanding ama belanda. kalau inggeris yang menjajah indonesia sampai kapanpun indonesia tak akan bisa menang. terpaksa juga minta kemerdekaan secara baik baik seperti malaysia baru bisa dikasi kemerdekaannya. kalau belanda ya boleh aja indonesia menang, kalau inggeris? mustahil indonesia bisa menang! inggeris salah satu negara terkuat di eropah!

  29. Aswad berkata:

    Siapa bilang Negara kita Kalah…!! siapa Bilang..!!?
    Indonesia Tidak pernah menyerah dalam perang, meski perang harus memakan waktu sampai kiamat Indonesia tidak akan menyerah, apalagi kalah. HIDUP NEGARAKU INDONESIA…!!

  30. dede berkata:

    indonesia sebenarnya bisa menghukum malaysia dengan tidak mengirim pelajar ke sana.. pelajar malay juga gak boleh ke sini trus TKI TKW di stop gak boleh masuk.. dah kelabakan tuh malay…. gak ada pekerja coz mereka itu males2…. trus kita jng suka bangga kalo kita Ke KL coz… Grand indonesia udah lebih bagus dan besar di banding KLCC minus menara doang… lah…

    • entahlah berkata:

      kalau di stop TKI ,mereka bisa mencari negara lain…penggalaman aku kerja di sana bukan bangsa indo saja yg menjadi tenaga kerja disana,ada banglades,filifina,thailand,pakistan dsb.jadi tau dirilah,udah mau mereka berbaikan dari pada menerima bangsa lain lebih baik bangsa kita lg.dasar tidak tahu berterimakasih itulah ciri2 kolonial belanda,terbawa2 kemari….

    • Angga berkata:

      Yah gak bisa gitu mas, soalnya saya mau kuliah di sana,, hehe

    • malaysia berkata:

      pelajar indonesia di malaysia ada yang diberi bantuan keuangan/scholarship oleh kerajaan malaysia.tolonglah bersyukur. kita sesama islam,buat apa nak perang

    • am......??? berkata:

      nanti …….jangan lupa suruh ibumu bagi makan sama mereka kerna tk boleh datang malaysia cari rezeki ………………bodoh pikir pakai lutut sapi………

  31. riyo berkata:

    saya setuju bila ri kalah dari malaysia.kita bwt aja negara malaysia negara yg harus dimusuhi.perbatasan darat kita buat tembok besar
    seperti rrc.kita hakimi malaysia di mahkamah internasional dan kita suruh ganti rugi sebesar-besar nya.

  32. hirda berkata:

    Indonesia punya industri pesawat bukan, kami pernah menawarkan untuk riset pesawat canggih lebih canggih dari predator nya amerika di sertai teknologi Artificial Intelegence yang sudah lama kami riset. tapi kami para pemuda sangat kecewa karena pendapat kami tidak dianggap dengan alasan perusahaan belum siap, kapan mau siapnya jika tidak pernah memulai.
    di Indonesia ini sangat banyak orang cerdas lalu untuk apa beli teknologi dari negara luar? kita buat saja sendiri ….. yakin… Mampu bahkan bisa lebih baik.. perhatikan kita sellu menang lomba fisika dan matematika, lomba robot juga no 1. trus apa lagi.. para mentri dan pemimpin beri kami kesempatan untuk mengembangkan teknologi secara profesional yang di ayomi oleh negara. sudah saatnya kita bangkit.

    • swanto berkata:

      bkn gak mau mulai..
      tapi gak masalah dana (itu katanya si) hahaha
      kemana ya duitnya…(bersiur)

    • am......??? berkata:

      kamu mahu bangkit ko mahu tido ko itu kamu pya pasal aku sebagai para mentri mahu guna duit utuk pergi dangdut ,…………………..hehehehehhehehehhhehehhe

  33. frank berkata:

    ah… semua tergantung pemimpin negaranya. kalo gak tegas ya belum apa-apa udah kalah duluan.. jaman sekarang yang masih punya nyali dan percaya diri kuat dia akan jadi pemenangnya. bahkan belum terjadi kontak senjatapun bisa jadi pemenangnya.

  34. love indonesia berkata:

    walaupun banyak kendala yang menerpa terhadap alutista TNI kita, tp saya yakin dengan semangat seluruh rakyat indonesia dalam menjaga keutuhan bangsa ini dari tangan2 kotor Malingsia, kita pasti mampu menghadapi negara pengecut tersebut yang hanya bisa berlindung dibalik antek2 sekutu..
    belajar dari pengalaman yang akan membangkitkan semangat persatuan bangsa kita!!! bukan hanya materi, jiwa dan raga pun siap dikorbankan jika memang diprlukan untuk menjaga keutuhan bangsa ini. bagaimana klau kita kerahkan saja ilmu2 santet yang banyak dimiliki oleh masyarakat tradisional kita… saya yakin malaysia bukan tandingan kita…!!!
    “majulah bangsaku, kobarkan semangatmu..!!

    • am......??? berkata:

      ini bukan zaman serivija nk pakai santet buluh rucing …………..hehehehe ni zaman maju laaaaaaaaaaaaaa…….jangan duduk dalam tempurung la……….

  35. dino berkata:

    saya percaya indonesia pasti bisa menang…walaupun alat”canggih kita klah ma mereka..tp dalam skill menggunakan alat indonesia lbh jago..

    indonesia hanya menunggu kpn waktu yg tepat utk menyerang saja..krn harus mempunyai persiapan yg cukup

  36. hannan berkata:

    hanya orang picik yg memikirkan kalah menang kalau negara kita diganggu,siapapun harus kita lawan walaupun 1 banding 20 walau para picik-picikiawan apakah kalian tidak punya alat kelamin atau bencong. Hancurkan malaysia perang adalah kewajiban. Pemimpin yg kuat adalah pemimpin yg bisa mencetuskan perang demi harga diri bangsa. Itulah sosok pemimpin indonesia yg sebenarnya lihatlah ‘bung karno’ dikeroyokpun gakpapa indonesia adalah negara yg kuat.

  37. hasib berkata:

    hanya orang picik yg memikirkan kalah menang kalau negara kita diganggu,siapapun harus kita lawan walaupun 1 banding 20 walau para picik-picikiawan apakah kalian tidak punya alat kelamin atau bencong. Hancurkan malaysia perang adalah kewajiban. Pemimpin yg kuat adalah pemimpin yg bisa mencetuskan perang demi harga diri bangsa. Itulah sosok pemimpin indonesia yg sebenarnya lihatlah ‘bung karno’ dikeroyokpun gakpapa indonesia adalah negara yg kuat.

  38. hasib berkata:

    hanya orang picik yg memikirkan kalah menang kalau negara kita diganggu,siapapun harus kita lawan walaupun 1 banding 20 walau para picik-picikiawan apakah kalian tidak punya alat kelamin atau bencong. Hancurkan malaysia perang adalah kewajiban. Pemimpin yg kuat pimimpin yg bijak pemimpin yg benar adalah pemimpin yg bisa mencetuskan perang demi harga diri bangsa. Itulah sosok pemimpin indonesia yg sebenarnya lihatlah ‘bung karno’ dikeroyokpun gakpapa indonesia adalah negara yg kuat.

  39. Gobyos berkata:

    kenapa kebanyakan pada takut perang sih, untuk indonesia saya katakan “jauh lebih baik perang dari pada terlecehkan”, mungkin ada beberapa alasan lainnya:
    1. dengan perang semua rakyat jadi sibuk untuk mencari senjata, jadi ndak sempat sibuk cari uang mana yg bisa dikorupsi
    2. dengan perang orang kaya enggan pergi pake toyota alphard-nya, dan orang miskin jadi enggak terlalu sedih, karena melihatnya, karena semua orang jadi lebih baik ngumpet dan ngungsi bareng2
    3. dengan perang makan jadi apa adanya dan lebih enak, karena bisa makan saja udah syukur,(jaman dulu makan tiwul itu udah enak), engga’ usah milah milih.
    4.dengan perang, semua TNI dan POLRI jadi sibuk perang, engga hanya sibuk minta tunjangan kesejahteraan, sama mencari kesalahan pengguna sepedamotor
    5. dengan perang, pokoknya hidup peranglah…..

  40. TKI berkata:

    yang terpenting kapan kita memproduksi sendiri?
    sekarang sarana2 vital seperti transportasi saja kita import semua, padahal negara kita sangat berlimpah dengan sarjana2 khususnya teknik, kemana mereka? yg saya heran barang2 spt motor, mobil khan onderdilnya GEDE2 knapa kita belum bisa buat sendiri? lalu kapan? saya malu kerja di negeri orang terus

  41. andreas CAKUNG berkata:

    aku yakin 1000% kalau indonesia perang lawan malaysia pasti menang..ITU SEMUA tergantung siapnya anggaran kita untuk biaya buat perang dan beraninya pemerintah mengambil keputusan yang tepat.yang pastinya rakyat INDONESIA siap mendukung sepenuhnya pemerintah dalam memerangi MALINGSIA atau ANJINGSIA . dan aku bersumpah atas nama besar INDONESIAKU TERCINTA saya akan tanamkan prinsip pada anak cucuku untuk selalu memerangi malaysia. sampai malaysia sadar akan perbuatannya selama ini. MERDEKA

  42. iwan berkata:

    bela negara mah ga usah pikir-pikir lebay, ada yang ganggu negara kita..SIKAT. sekarang mati nanti juga mati.

  43. Fenrir Ein Windir berkata:

    Mas nya yg posting artikel ini kayakx takud banged ama yg namax mati dlm perang yak?!
    Maz..maz..
    Semua manusia d dunia ini ditakdirkan bakalan mati oleh Tuhan YME…
    Hanya waktunya aja yg beda…
    Pribadi saya.,saya lebih baik tewaz karena perang saat BERJUANG drpda lari & m’ti sbgai PENGECUT yg smbunyi dibalik selimut…mirip kayak KURA-KURA…
    Orang2 PENGECUT sperti ini mirip skali dgn sbagian org muslim pd ms nabi Muhammad SAW yg saat dipanggil utk menunaikan perang jihad…eh…malah kabur ky curut…
    Jgn salah lho maz…
    Mati krena perang saat membela negara (asalkan kita adlh pihak yg teraniaya/diserang dlm bentuk apapun) jg mrupakan mati scara Jihad…
    Coba deh di cek lgi ciri2 orang yg mati scara jihad…
    NOTE: jgn samakan dgn teroris bom ritz carlton yg ngaku2 m’ti scara jihad dmi mngislamkan rakyat indon…
    Nonsense…mreka pikir dosax bkal di’apuz n msuk sorga gra2 ky gtu…
    Tdk prnah ada kt pksaan dlm m’meluk agama islam kt nabi muhammad…

    • dayak borneo berkata:

      sangat setuju aku dgn fenrir, tanpa perangpun kita jg mati. jadi lebih baik ikut perang daripd mati kaget. takut mikir harta kalo2 tak ada yg ngurus…lbh baik buat kubur duluan dan sembunyi dengan harta dan ijazah didalamnya. siapa tau setelah perang bisa gantikan camat atau kades yg mati. hahaha… yg mana takut mati dlm perang pasti di matikan ALLAH dalam kehinaan. asalkan perang yg benar2 membela bangsa dan tanah air.

  44. Mama markonah berkata:

    Dah!jgn pd emosi.kl pndpt saya ada be2rapa alsn knp malaysia krjannya cm ngegertak mlulu :
    1.memang bnr malay persekutuan inggris,tp kyknya blm tnt inggris lgs trn tgn.pst mikir2!ingat!skrg lg resesi global!prekonomiannya lg morat marit,gmn mo ngurus perang kl duitnya aja seret?
    2.malay dah terbkt nglanggar ketentuan internasional soal bts2 kenegaraan.
    3.byk org luar (org asia lainnya ma benua lain)yg tau kl ntu budaya pny indonesia,brarti tmbh lg kesalahan malay yg bsnya ngaku2 budaya orang.
    4.kl smp perang terbk terjd,wah…bs2 tmbh mluas kenegara asia yg lain!lg2 ujung2nya perekonomian dunia tmbh morat-marit lg.memang ga bs dipungkiri,produk qt cm dibeli stgh jd,ksh merek,blk ke negara jd super mhl!tp justru itu yg buat negara qt da untungnya,mreka bergantung ma qt.kl qt perang,mo nyari bhn baku dr mana?
    5.negara2 yg lain insya Allah pst mau bnt qt.lah wong qt diakui sbg negara yg mayoritas islam tp tetap rukun dgn agama lain.
    Sbtlnya msh banyak yg lainnya,tp yg perlu diutamakan dinegra qt skrg tu jg byk!mlai dr keseimbangan ekonomi,tmbhin dong anggaran buat rakyat ma keamanan negara.gmn mo pintar ma kuat bela negara,kl anggaran pendi2kan ma kesejahteraan aja kecil mlulu?anggaran keamanan jg hrs diperbesar!brantas KKN!cr pemimpin yg arif,cerdas, dan bijak.patenkan dan lestarikan apa yg jadi warisan budaya qt,jgn smp qt gi2t jari kl tau2 budaya diembat org!dan trakhir perkuat batas2 negara,malu ah kl byk pulau yg jelas2 bag.negara tp yg pny orang luar!mg2 aja bangsa qt lebih mawas diri!

  45. aFa berkata:

    betul!!!mati dalam medan peperangan akan mati syahid dan bakalan masuk surga( asalkan kita sedang menegakkan agama Islam )

    • Malaysiaku berkata:

      Betul….tp kalo nak mati syahid pon, yang pertamanya solat jangan tinggal…….nah, kalian solat pon sehari sekali, itu pun mujur……..mcm mana mau syahid ni??? manusia aneh

      • garuda berkata:

        kayak lho rajin solat aja…… hey. bung lihat diri dulu baru lihat orang lain…? lho to yang manusia aneh bahkan lebih aneh dari manusia purba. lho klo mati entar langsung diceburin ke neraka yang paling bawah……….karna lho taunya liat kekurangan orang lain aja……….

  46. JAMSI berkata:

    sby.yg aku banggakan ,,,,knapa malaysia melecehkan kta sby diem ja,,,,,,,,,apakah mungkin bpa tkut prang dngan malaysia,,,pak sby,,,buktikan pada rakyat klau bpa asli orang indonesia,,,insya allah kta bsa menang,,,,,,buktikan pada rakyat mu,,bahwa negara ini pdulipada rakyat……………allah maha besar

    • dayak borneo berkata:

      Benar sekali itu, aku setuju. Tlg bpk Sby sedikit saja bertindak TEGAS. Pimpinlah kami…jangan biarkan harga diri bangsa ini selalu di jejak hentak. Seharusnya bpk bisa bercermin dari keteladanan bung karno….ALLAHUAKBAR…merdeka..

  47. cahya berkata:

    qt cr solusi yg terbaik
    menyusun rencana
    br qt sikat negara ‘MALAYSIA’
    pst qt bklan menang
    MERDEKA…..
    MERDEKA…..

  48. budi berkata:

    assalamualaikum
    HATI-HATI INDONESIA dan MALAYSIA saudara serumpun dan mayoritas sama-sama Islam .Dulu yang paling mendukung adanya gerakan ganyang Malaysia adalah Komunis.Jadi kalo sekarang ada yang mencoba membangkitkan lagi benih kebvencian antar saudara serumpun dan seagama saya berkeyakin ini adalah antek komunis dan antek antek kafir laknatulloh.

    • faz berkata:

      syabas. Say no to war. Kerjasama. Bina ekonomi, teknologi. BINA ISLAM.

    • entahlah berkata:

      ada juga bangsa indonesia yang berakal sehat kayak kamu………….aku setuju…

      • dayak borneo berkata:

        Saya dayak melayu…bukan komunis. saya islam sufi 100 persen. saya tidak suka perang. tp menyangkut harga diri bangsa kalo dipikirkan secara mendalam…rasanya sakit hati juga. kakekku bekas pejuang, dan aku dpt mengerti perasaan beliau. Perang memang menyakitkan. Tp lebih menyakitkan lg bila kita munafik sama bumi dan langit tempat kita hidup dan berkubur. Lebih pedih apabila kita hanya jadi penonton. Lebih memalukan utk dijadikan riwayat hidup apabila kita terlalu banyak “ALASAN” bahwa yg sebnrnya kita takut.

    • garuda berkata:

      bukan seperti itu saudara….. apa iya? kita hanya diam bila bangsa kita di injak2 oleh bangsa lain (malai yang malas). dimana rasa nasionalisme mu.?

  49. simon berkata:

    salam para blogger,,bgku indonesia ama malysia itu gk boleh dn pantes berperang..kerna peperangan itu hny pada kemusnahan. dan menyebabkn bangsa asing tersenyum akn kebodohan kita…liat aja dunia sekrang mereka saling maju memakmur dan melestarikn negara mereka..apakah kita tidak ingin seperti itu? bgku kita indonesia ini sering diperbodoh2kn oleh media2 yg memperbesarkn kasus2 itu..bagiku kita harus saling menghormati..semua permasalahan ini pasti ada penyelesaian…tidak ada kalah menang apa indonesia malysia..kta menginginkn satu negara yg aman …peace not war!!

    salamzz

  50. mr right berkata:

    wahai saudaraku di indonesia….kamu hanya dipermainkan oleh kabar-kabar kosong…di malaysia rakyatnya sibuk mencari rezeki not waste a time 4 war…

  51. shendy berkata:

    Memang benar kita sama2 moeslim dan bersaudara, tidak boleh perang ,tueetaapiiee! kalau ada saudara kita yang sering konyol,sokgaya, kurang rasa malu,mentang2 makmur,suka melecehkan, boleh dong sekali-sekali kita tabokin !? untung sy ga jadi komandan KRI patroli ambalat bisa saya kasih peringatan pertama malays ” hallo2 CINDAI boleh masuk ! disini ada laskar pelangi”

  52. okeu berkata:

    Kalau maleingsia diserang pesawat indons pasti malesia ga bakalan nembak, kenapa ? soalnya kemungkinan jatuh sendiri tanpa ditembak he-he-he ! mendingan ga usah perang nurhalisah aja bawa kesini kalo disono ada pangeran vesri manohara disini ada juragan versi seh puji

    • dayak borneo berkata:

      Tak malu muka mu melecehkan bangsa sendiri. asyik tertawa dengan canda an mu kawan. jangan begitu…kalo tak ada pejuang, muka mu tak mungkin ada.

  53. mr right berkata:

    cakap besar…

  54. Kvnto berkata:

    Ada beberapa poin yang saya kurang setuju:

    1. Kecanggihan teknologi perang belum tentu penentu kemenangan, sejarah memang membuktikan persenjataan yang superior memang salah satu penentu kemenangan, tapi tolong untuk dipikirkan kembali karena penggunaan teknologi canggih juga berarti penggunaan dana yang luar biasa besarnya juga.
    EKONOMI adalah penentu kemenangan paling besar.
    Apakah Malaysia sanggup mengeluarkan biaya untuk menaklukan wilayah Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau dan total luas wilayahnya 6 kali lipat luas Malaysia itu sendiri?

    2. Rakyat Indonesia yang banyak dianggap tidak berguna karena perang dengan kuantitas SDM dianggap kuno? Ini lebih tidak masuk akal lagi.
    Seperti yang dijelaskan di poin pertama, hanya satu syarat ekonomi bisa tetap berjalan dalam kondisi perang yaitu jumlah SDM yang memadai.
    Lagipula perang Korea juga telah membuktikan bahwa jumlah SDM sangat menentukan kemenangan Cina melawan Amerika dalam mempertahankan Korea Utara (dimana Cina baru merdeka, kekurangan senjata karena tidak mendapat bantuan dari Uni Soviet, dan kondisi politik Cina saat itu masih mengalami turmoil)
    Amerika sendiri dalam perang dunia kedua juga bukan negara yang memiliki peralatan canggih, Jerman serta Inggris memiliki teknologi yang jauh lebih superior tapi dengan kekayaan SDA & SDMnya Amerika sanggup menyuplai senjata bukan hanya untuk angkatan bersenjatanya sendiri tapi juga angkatan bersenjata Inggris, Rusia, Mesir, Yunani, dan Yugoslavia.
    Masih beranggapan SDM itu kuno?

    3. Mengenai TNI sudah tidak perlu disangsikan lagi, mereka serba kekurangan, belum lagi kendaraan perang yang sudah mulai uzur. Tapi dalam kondisi demikian pun prajurit TNI masih sanggup memberikan prestasi yang saat ini masih belum bisa ditandingi prajurit Malaysia. Kita punya pasukan komando yang disegani (ironisnya juga disegani oleh rakyatnya sendiri) belum lagi kita juga memiliki pasukan elit dengan jumlah terbesar didunia.

    Tapi apapun itu pada dasarnya PERANG ITU BURUK …

    • entahlah berkata:

      yang kuat mau perang ya indonesia…malysia sibuk dengan memajukan perekonomian,kita sibuk denga n celoteh2 yg tidak pernah terjadi…mentang2 bisa nulis disini udah merasa nasionalis sejati…bangun kan negeri bijakan bangsa.

  55. Kvnto berkata:

    Untuk Mr Right, yaa benar kalian di Malaysia memang sibuk mencari rezeki, yang jadi masalah anda mencari rezeki dengan azas ” Perkaya Dirimu dengan Uang Negara dan Perkaya Negaramu dengan Uang Negara Lain”
    No offense tapi memang seperti itu adanya, cuma itu alasan kenapa para tenaga kerja dai Indonesia atau Bangladesh dibayar murah.

  56. karuna berkata:

    Kalau orang Indonesia selalu berfikir 999 kali setiap saat, maka Indonesia selalu akan menjadi bangsa pengekor.
    Kalau pemuda Indonesia dahulu berfikir 999 kali untuk merebut kemerdekaan, maka saat ini Indonesia belum merdeka dari bangsa penjajah!
    Mengapa Indonesia punya kapal perang rapuh?? karena saat ini Indonesia masih berfikir 999 kali dan masih menunggu korban ke-999 untuk mengganti kapal perang tua itu.
    Mengapa sebagian besar pemuda Indonesia saat ini punya motto berfikir 999 kali (we just wait and see!)?? karena pemuda Indonesia berada ditengah krisis identitas bangsa.
    Mengapa motto berfikir 999 kali itu muncul pada sebagian besar pemuda Indonesia?? Karena kita kurang percaya diri dan mulai melupakan melupakan motto “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”!
    Tidak perlu berfikir 999 kali untuk berperang melawan Malaysia jikalau memang mereka sudah melanggar hak-hak asasi rakyat Indonesia!
    Dan tidak perlu berfikir 999 kali untuk TIDAK berperang melawan Malaysia, bukan karena kita punya kapal dan senjata perang usang!! Tapi karena Indonesia tau, perang bukan jalan keluar terbaik SAAT INI.

  57. mondo berkata:

    klu tau ckp wat pa, klu lu smua mau perang napa ngak p nyerang sendri2 doang.. x paya tngu pmerinta.. TAKUTTT . malukn negara

    • entahlah berkata:

      aku setuju semua yang pro perang disini bukan mencerminkan seluruh bangsa indonesia.harap maklum saja banyak yg lg stress pengen perang,tapi beraninya sama negara tetangga,tapi takut dan tak pernah terpikir menyerang negara amerika dan negara kafir lainnya…entah siapa dibelakang ini semua….?!

  58. denjaka berkata:

    yang pesimis akan kemenangan NKRI vs malingsial adalah pengecut…yg tdk pantas hidup di INDONESIA…….sy yakin kita pasti menang jika perang dgn malingsial…sdh terbukti kt bs merdeka dr belanda…tdk spt malingsial yg hingga kini msh di jajah british…..MERDEKA NKRI = harga mati.

  59. oky berkata:

    pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu dengan tegas mengatakan perang terhadap negara yg berani menginjak-injak negaranya, jangan cepat puas dengan permohonan maaf, tp terus mengulanginya.

    semiskin apapun kita, harga diri adalah yg utama.
    sadarkah kita ketika malaysia mencaplok trus daerah kita, maka smakin lebar pula daerah yg akan trus mereka klaim sbg daerah mereka.

    jalan pertama adalah persiapkan seluruh alat tempur militer kt, gandeng IRAN sebagai sekutu, MAHMOUD AHMADINEJAD adalah satu2′y pemimpin yg berani melawan negara barat.

  60. haizzz berkata:

    dari sibuk memikirkan pasal perang malaysia,kenapa tidak saja pikirkan perang terhadap korupsi,rasuah,kemiskinan…

    kerana maruah,negara tergadai,rakyat merempat dibumi sendiri…

    renung2 kan..

  61. indonsial berkata:

    ya betul haizzz

  62. mohamad berkata:

    WAHAI ORG MALAYSIA DAN INDONESIA, JGN LAH KITA BODOH NAK BERPERANG HANYA KERANA SILIH FAHAM TENTANG TARIAN PENYET….
    LAGIPUN SETAHU AKU .. KITA DI MIRI SARAWAK NIE MASIH MEMINATI DANGDUT GERUDI DAN ADA BAIK LAYAN DANGDUT BOLEH JUGAK TENANG2KAN FIKIRAN LEPAS KERJA ..
    AKU MASIH MELAWAT KELAB2 DANGDUT DI MIRI …
    NENGOK CEWEK2 INDON, NASIK LELAPAN DAN NASIK PENYET PUN SEDAP..
    AKU ORG MELAYU… TAPI AKU HERAN KENAPA KORANG NIE MACAM BUDAK2…!!!
    JANGAN JADI BODOH LER ….!!!! ARGGHHHH DUA2 BODOH… MALAYSIA DGN INDONESIA DUA2 BODOH..2 CAM BUDAK2

    YG SEPATUTNYA PERANG….. ANTARA IRAN DAN AMERIKA… ADA NAMPAK MCM NAK PERANG BETUL…
    YANG KITA (MALAYSIA + INDONESIA) MCM ORG NAK PEGI SABUNG AYAM… TAKTIK DAN CARA DEMONSTRASI TAK CANGGIH LANGSUNG MCM BUDAK2!

    BUDAK2 PON GELAKKAN KITA!!! MALU OII!!!! UMAT (MALAYSIA + INDONESIA). KENAPA KITA TERLALU BODOH!!! WAHAI ASIA TENGGARA…???

    AKU MALU DGN (MALAYSIA DAN INDONESIA)

    • entahlah berkata:

      aku heran ….sudah diterangkan bahwa yang memproduksi tarian pandet di iklan adalah discovery channel(asing),dan mereka(discovery)udah minta maaf sama pemerintah indonesia.tentang reog,asal tahu saja yang menggembangkan tarian “reog “disana adalah warga malaysia yang notabene orang jawa,apakah salah orang jawa(malaysia)menggembangkan adat leluhur mereka,karena mereka jawa atau cuba dilihat orang jawa di”SURINAME(mungkin kita berbalik bangga apabila stasiun tv menayangkan tarian,wayang kulit dari jawa..pasti kan bangga)tapi jika warga jawa (malaysia)yang berbuat…?
      tentang lagu rasa sayange…lagu itu telah populer dimalaysia jauh sebelum indonesia ini terbentuk,dan masih bernama NUSANTARA.asal kita tahu yang dimaksud nusantara,dari sumatera,semenanjung malaya(malaysia),irianjaya siam,borneo,jawa,sulawesi.dan kita pun tahu akibat keterikatan nusantara diwaktu itu..saling memiliki….sial penjajahan datang dan memisahkan kita nusantara tercabik2 dan dibagi2
      seenak mereka…!ada film produksi tahun 50′an yang memakailagu tersebut tak salah film “nasib si labu -labi yg dibintangi P.RAMLEE.bukan itu aja lagu “rasa sayange”sering aku dengar di radio2 malaysia sejak masih kecil lagi..tetapi yg aku herankan kenapa sekarang baru di perdebatkan..?tentang upah TKI kecil tapi cukup untuk membuat rumah dikampung halamanya..kebanyakan kecil karena kita bekerja disektor yg tidak membutuhkan keahlian khusus,seperti pertanian,perkebunan dan pembangunan.sama seperti kita disini..kalu pandai berhemat so pasti kita akan berhasil tetapi para tki kita disana kalau dapat uang suka berjudi,main perempuan dsb(sebab aku pernah menjadi TKI disana dan aku merasakan semua).jgn kita mendengar cerita TKI kita tertindas disana dengan sebelah pihak.tanyakan juga dengan yang lain.pernah aku di tangkap polisi (3x)allhamdulillah malahan di bebaskan,sebab mereka merasa iba dengan kita.tapi lain hal kalau kita dipukul,dipenjara pastikan ada sebab2 tertentu,entah mencuri,membunuh,memperkosa kepikir ngga kalau orang malaysia kerja dinegara kita berbuat seperti itu…?dan kita pun harus tahu jangan karena seorang TKI yg bersalah semua(-2000000 TKI )kena getah nya.jadi ini semua hanyalah sifat dengki dan irihati kita …jujurlah itupun bukan semua bangsa kita yang punya sifat sedemikian
      jadi sebelum kita menuduh mereka ,kita harus menyelidiki setiap isu tersebut benarkah atau salahkah….perang bukan suatu jawaban mutlak….BIJAKAN NEGERI BANGUNKAN BANGSA.

    • zaidi berkata:

      jika mahu jihad pergi lah berjihad dgn zionis…..bkn sesama islam……jika berperang sesama islam bukan jihad namanya…tapi dosa…(membunuh). saya dari malaysia dan bapa saya polis di malaysia…saya mempunyai ramai kawan yang datang dari indonesia…walaupun mereka tiada permit bapa saya tak pernah tangkap..malah dijemput bila menyambut aidilfitri dan majlis kenduri kami pergi bersama. orang yang paling teruk di dunia ini dan tidak layak hidup di bumi ciptaan ALLAH S.W.T adalah orang yang memusuhi bangsa SEAGAMA (islam). jangan jadi BODOH…….ALLAH akan menurunkan bala/balasan kepada umat yang berperang kerana hasad dengki dan iri hati kelebihan orang lain…..

  63. mnoo berkata:

    1) Di Malaysia nontom TV Indonesia akan faham bahasa yang di tuturkan..di Indonesia nonton TV Malaysia akan faham juga bahasa Malaysia dari nonton bahasa lain seperti Cina, India, Inggeris dan lain-lain bahasa .. jadi siapa kita.. SERUMPUN.. Berfikirlah..

    2) Perlu diingat ada rakyat Malaysia cari rezeki di Indonesia.. ada rakyat Indonesia cari rezeki di Malaysia .. balik boleh beli tanah/ladang luas.. beli rumah besar.. malah ada rakyat Indonesia membeli tanah/rumah di Malaysia..tidak ada masalah sebab kita saling tolong menolong.. jadi.. Berfikirlah..

    3) Teringat kembali kejadian Tsunami di Aceh.. ramai rakyat Malaysia memberi pertolongan.. menghantar pakaian, makanan.. kelengkapan tempat tinggal .. perubatan .. sanggup meninggalkan anak.. Isteri semata-mata pergi menolong menyumbangkan tenaga di sana begitulah juga sekarang terjadinya gempa bumi di Padang.. masing-masing berusaha memberi pertolongan.. apakah ini tidak di hargai.. malah mau berperang…Berfikirlah

    Tuhan telah memberi akal dan fikiran kepada Manusia supaya menggunakannya sebaik mungkin bukan untuk berperang.. memusnahkan.. membunun sesama insan di muka bumi ini. Jadi.. BERFIKIRLAH..

    • amru berkata:

      betul tu…. kami rakyat malaysia banyak membantu indonesia apabila indonesia ditimpa bencana seperti tsunami di acheh dan gempa bumi di padang . hidup Malaysia ,hidup Indonesia

    • aku berkata:

      bener sekali ,,,kita sama2 ialam jangan sampai kita saling membunuh..klo bner rakya kiat indonesia yg mau perang suruh aj pergi ke lebanon bunuh israel …itu kan musuh islam yg jelas telah membantai saudara kita yg palestina…kita jga harus ingat saudara2 kita yg di tahan terutam tki di malasia klo kita jadi perang pasti di bantai sama malasia…kasiahan kan…bukan sidit saudra kitadi malsia juta’an…perlu di ingat….

      • jong nusantara berkata:

        ya perang syaraf sebenarnya hanya ada di internet…di kampus kami mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia banyak melakukan kegiatan bersama seperti…
        1. Sholat berjamaah bersama
        2. Berbuka puasa bersama
        3. Sama-sama merayakan qurban bersama
        4. Sama-sama mencari dana untuk membangun Syuro atau Mushola
        5. Selalu berdiskusi untuk saling memajukan umat

  64. BANGUN SAPTO berkata:

    Kekalahan itu cuma ada di hati, kalau hati kita udah bilang kalah, ya kalah lah kita
    yang jadi masalah sekarang ada gak hati kita yang masih diselimuti rasa nasionalisme yang tinggi?, dulu juga kita serba kalah dari belanda dulu kita punya hati yang kuat serta rasa rendah hati serta kejujuran yang tinggi untuk negara

  65. cholok berkata:

    x nmpak ke kjadian terbaru yg berlaku d indonesia..
    so…wat pew nk berperang..bersyukur la dgn nikmat yg d.beri..

  66. saudaraku berkata:

    Salam saudaraku…

    Aku rasa masalah antara indon dgn malaysia nih buatan orang yahudi & barat..mereka nak pecah belah kan umat islam…cubala kita berfikir…sekarang nih..tinggal kita aje yang belum huru-hara…byk negara islam yang lain semua dah kena serang & berperang….

    Jadi this time yahudi & barat cuba pecah belahkan umat islam kat rantau ini…dgn isu-isu yang remeh temeh…

    Kita nikan 1 rumpun..sama bahasa…kalau kita tak bersatu, tolong sama2..niat jahat yahudi & barat tu dah berjaya skit…dan lepas nihh…skit lagi…akhirnya hancur….tiada lagi umat Islam yg bersatu…

    Jadi sebagai umat islam…kita kena tolong sesama kita…dan minta pertolongan Allah semoga kita tergolong dalam orang2 yang baik dan dilindungi….

    salam dari saya, malaysia.

    • Adi berkata:

      Semoga Allah SWT mengampuni kt semua dan memberikan jalan perdamaian keselamatan buat kt semua dan Melaknat bangsa Yahudi.Amien ..Wahai Saudara2x bkn kt ini bangsa penakut tetapi kt ini bangsa cinta damai bila kt dizolimi kt akan melawan,namun perang bkn jln terbaik akan menimbulkan masalah baru jgn kt mau diadu domba kaum yahudi coz mereka mau melihat kehancuran Islam,bulan ini bln Ramadhan yg penuh Rahmat,Ampunan,mari kt berdoa Semoga Allah memberikan jln terbaik bt bangsa ini.Minal Aidzin Walfaidzin jzkm,

  67. Andet berkata:

    Wadduuuh doank.
    Kanapa in bodoh asyik pikirin mau perang sesama bangsa serumpun.

    Yang menganyai dan menyeksa TKI bisa bukan orang Melayu tetapi orang Cina Malaysia.

    Aku lebih ketahuan kerana aku bisa bekerja di Malaysia.

    Moga Allah menyatukan kita di bawah satu rumpunan.

    • bjkbkl berkata:

      Devitev Et Impera politik adu domba sekarang lagi di terapkan antara Indonesia dan Malaysia….setelah para Kafirun menghina rosulullah dengan gambar kartunnya.

  68. Kedamaian berkata:

    Waduh. Kenapa mesti berperang. Cuba kita pikirin, kita kan bangsa serumpun. Lg pun bangsa Malaysia kan keturunan dan berasal dari kerajaan Majapahit suatu ketika dahulu.

  69. ??? berkata:

    Berperang atas nama bangsa tidak dikira syahid. Berperang kerana tarian pendet dan budaya tidak dikira syahid. Sekiranya mati dinamkan mati katak kerana berperang sesama umat Islam yang percaya kepada tuhan yang satu dan menyembah kepada tuhan yang satu. Insaflah wahai semua.

    Rakyat Malaysia tidak dibayar rendah. Malah terdapat bayaran yang lebih tinggi dari rakyat Malyasia sendiri. Pembantu rumah saya sendiri dibayar lebih kurang 2juta rupiah sebulan hanya untuk menjaga/mengemas rumah. Pilihan gaji yang banyak adalah bergantung kepada rakyat Indonesia sendiri. Sekiranya rasa Malaysia membayar rendah, anda boleh kenegara lain seperti Saudi. Tiada paksaan.

    Malaysia baru saja mengumumkan untuk memberi bantuan USD 1 juta untuk membangunkan Padang. Atas alasan apa ? Kemanusiaan ….walaupun terdapat segelintir rakyat Indonesia yang masih merasa mereka dianayai Malaysia walaupun tidak secara langsung disebabkan tarian pendet. Tak faham…sedangkan rakyat malaysia sendiri berasal dari rumpun Jawa/Minang/Bugis yang semstinya dari Indonesai.

    • Hayam Wuruk berkata:

      Hati-hati Para Kafirun Sedang Mengadu domba Negeri-negeri Muslim dengan politik Devite Et Imperanya….Malaysia tidak masalah menjadi propinsi ke – 27 Indonesia Raya secara sukarela… Toh dulu pernah menjadi bagian dari negara besar majapahit memisah dengan Indonesia karena Politik Devite Et Impera Kolonialisme

  70. hidup sementara berkata:

    Salam, izinkan saya mampir sebentar..sedih kenapa membakar semangat kebencian antara satu sama lain sampai harus berperang. Hanya yg emosi dan akal singkat aja yg mudah terpanggil utk berperang. Apakah untungnya? Yg pasti rugi adalah kedua2 negara dan yg trajis adalah rakyatnya. Sengsara, cacat anggota,hilang saudara/ahli keluarga,negara hancurr. Nyawa kita sendiri bukan milik kita, baik Malaysia/Indonesia x usah lah nak claim2 berkongsi itu lebih indah kan.

  71. fardi berkata:

    TIDAK SETUJU !!! analisis anda hny memandang dari 1 sisi saja, kecanggihan teknologi tdk dpt dijadikan sbg suatu ukuran utk memenangkan pertempuran. semangat nasionalisme, kebersamaan & keberanian mampu mengalahkan apapun juga meskipun negara indonesia memiliki persenjataan yg terbatas & sangat minim ! jika anda menganalisa seperti itu lantas mengapa ISRAEL VS PALESTINA tdk pernah dimenangkan oleh ISRAEL yg notabene memerangi palestina sejak thn 1948 hingga kini & msh banyak contoh lain yg sy sdh yakin anda memahamix seperti uni soviet vs afganistan, USA vs IRAK, dll !!! jangan takut & jangan pesimis !!! GARUDA DI DADAKU SINGA DI PANTATKU !!!

  72. Emma berkata:

    You all stupid muslim just bullshit.
    I’m so tired to wait.
    Please start your war immediately !!!!!!!!!
    Dont fight like BITCH !!!!!!
    Damn muslim.

  73. louis berkata:

    bukan nak sokong sesapa pun p kalau israel nak serang palestin tu, mereka boleh menang dlm msa sehari…p itu bkn tujuan mereka,mereka ingin menyeksa islam smata2…agar moral islam dseluruh dunia runtuh melihat palestin….mungkin bagi penduduk indonesia smangat nasionalisma mereka tinggi,,bagaimana rakyat malaysia?jgnlah ego sgt….ko tengok la komen emma tu…dia mmg tak sbr nak tengok kita bperang….fikirkanlah…

  74. SAYA berkata:

    rasanya yang nak sangat berperang ni org2 indonesia yang tak pernah datang bekerja di Malaysia.

    Kelakar..mudah sangat terpengaruh dgn media.

    • entahlah berkata:

      kami di sumatera,kalimantan,sulawesi tidak pernah ambisius bila dengar cerita malaysi ginilah,gitulah..cuma didaerah jawa saja..itupun dapat berita dari mulut2 provokator.(media massa,TV) yang pastinya menambah2 berita dan omset kekayaan perusuhaan serta membesar-besarkan masalah…….kayak ngga tau saja kerja jurnalis kita…

  75. SAYA berkata:

    kepada org Indonesia yang nak sangat berperang tu, saya nasihatkan mari datang melawat malaysia dulu. Kita sembahyang berjemaah dulu.

    Betulkah org2 Indonesia dilayan buruk di sini? Jangan tanya media Indonesia. sila tanya kepada mereka yang pernah bekerja di sini. Dan tanya pulak siapa yang selalu buat jenayah di sini? Yang ni malas saya nak jawab..

    Org2 Melayu biasanya menganggap orang indonesia yg bekerja dgn mereka mcm ahli keluarga. tp siapa yg selalu buat tahi? sendiri mahu pikir..lari, mencuri, tipu majikan, bawak lari anak majikan, pukul anak majikan. what the hell?

    Saya pun berketurunan dari Indonesia (moyang saya lahir di Indonesia). kami berketurunan kampar. Sudirman haji Arshad pun orang Kampar. Kita ni serumpun. Rumpun Melayu.
    memang tak masuk akal pasal tarian hindu tu dijadikan punca untuk berperang. sungguh kelakar.

    dah la Muslim sama Muslim. bodohnya la orang2 kita ni.Mudah sgt dilaga2 kan oleh org Yahudi.

    Tapi apapun kalau Malasyia diserang, I’m ready to fight. ..to secure peace is to prepare of war..

  76. matakhir berkata:

    Mungkin yang mau membangkitkan perang dan memanas manasi itu adalah KOMUNIS yang selalu melihat kehancuran . awas

  77. 45 berkata:

    merah putih di tiang teratas harga mati bos.

    • entahlah berkata:

      sok rambo kamu….pergi aja ke malaysia sendiri…serang ..serbu jangan banyak bicara…membunuh atau terbunuh terserah kamu…sok patriot tulen

    • mrxxx berkata:

      baru segitu dh ngajakin perang..
      mukul tai aja takut udah mau perangin negara orang…
      bancii luu

  78. utusan tuhan berkata:

    manpaatkan apa yang ada(PAL,PINDAT,DI,LAPAN)tak buat kapal seperti PAL.buat lalu pesenjatai dgn teknologi yg ada(missel lapan,canon pindat,radar,GPRS,kamputer aplikasi persenjataan) itu sudah cukup setandar untuk kapal perang(yg penting perajurit berani mati)

  79. utusan tuhan berkata:

    saya ada di malaisia sistim di msia macam pejajah(alasan kebebasan untuk FDI) manusia di gaji seenak otak nya(gaji kecil,untuk robot boleh lah)diperlakukan macam binatang pula(puki maknya,lancau bapaknya malaysia)potong makan,permit,tempat tinggal macam gembel,tinggal rame-rame macam tempat palacur,saya pun boleh kalau mau ngacuk nya)habis.harga mata uang terhadap barang tinggi)rm 500/bulan nasi mamak rm5+air minum rm1.20=6.20 satukali makan

  80. utusan tuhan berkata:

    kita indonesia-malaysia sama(sama-2 manusia)tetepi kebiasaan m’sia peninggalan inggris(ficik,munafik,apa yang dikata.lain yang dilakukan)

    • walah berkata:

      gak gitu kali.. setahu gua inggris menjajah itu juga membangun.. negara bekas jajahan inggris semua berkembangnya pesat.. liat india sekarang ini no… mantap kan

  81. zazzz berkata:

    salam dr malaysia,

    tiada siapa merendah-rendahkan bangsa indonesia.. tapi kalian sendiri yang menjadikan bangsa kalian lemah.. kenapa indonesia mengeksport unskilled labour ke seluruh dunia? fikir2 kan lah! it’s time for indonesia to change!

  82. pengecut berkata:

    kalau aku sih negara di hina rela berikan nyawa dan harta buat nasionalisme, pengecut2 itu mending jangan jadi WNI deh……

  83. darma berkata:

    kalo gw si punya usul mending malaysia gabung aja ma indonesia buat nguatin kedaulatan masing2 terus malaysia mengakui zona perbatasan indonesia. para pemimpin saling sadar dan mau memberikan hukuman bagi warga or tentara nya yg malanggar kode etik or hukum di negara tsb…
    udeh dah ga usah perang…. kasian rakyat tar jd korban.
    gw si ga mikir tni mati , ga peduli emang dia di bayar buat mati…ko
    tp sadar lah kita satu rupa satu warna .. kalo mu perang boleh lawan yahudi itu musuh kita… harga diri memenag perlu tp pikir kan dampak sesudah nya” nyesel ga da yg belakangan bo?

  84. darma berkata:

    kalo mau bangsa indonesia di hargaiii
    1 bunuh semua pengirim tki
    2 hentikan semua pengiriman tki di mana pun
    3 bunuh para koruptor
    4 indonesia harus mampu mengelolah hasil bumi sendiri jgn tau nya hanya menjual
    5 tinggal kan ham jika menghadapi ormas2 yg ingin membangkang kesatuan RI( ham buatan yahudi)
    6 budaya malu bagi para pejabat harus ada… jgn mempertahan kan kesalahan
    7 dlm kesatuan nkri tinggal kan budaya belanda (adu domba) dan budaya jawa( tau sama tau)
    8 tegakan uud 45 yg sejati…
    9 abis

  85. jc pilot berkata:

    hu hu hu,gunakan kekuatan yg ada utk membngunkan negara sendiri,mengaku islam tp sombong mcm kafir,mengaku kuat tp negara tk makmur tiada maknanya.insaflah.

  86. kapten grilya eretan berkata:

    mank ada bnr’y jga sich coba aj klo indonesia jga bsa memperbaiki ekonominya, trz masyaraktnya pinter pinter, pasti bisa buat persanjataan militer sendiri

    eh iya israel menang lawan liga arabtuh karena ada inggris and prancis cuy wajar aj kan klo menang uga!!!

  87. Louis berkata:

    Sebenarnya,kalau Indonesia lawan Malaysia,dari segi tentara Indonesia menang telak.jumlah pasukan kita aja berkali-kali lipat dari tentara mereka.tapi kalau dari segi senjata,ya gitu deh.
    mau terbang aja takut jatuh,gi mana kalau seandainya nant Indonesia perang ama Malaysia,waktu mau menurunkan tentara ke malaysia,belum nyampe pesawatnya malah udah jatuh.ya abis deh kita.jadi maunya kita jangan mau kalah donk.buat Pindad harus lebih sering lagi buat senjata baru berkualitas.Hidup Indonesia

  88. pakai otak berkata:

    maafkan aku..aku ter-emosi..aku juga manusia..asyik digasak perang oleh kalian(sejak sukarno) buat aku geram..so, aku pun luahkan apa yang terbuku di hati aku dalam komentar sebelum ni..

    KAMI RAKYAT MALAYSIA BENCIKAN PERANG!! perang menghilangkan kemanusiaan.
    Jadikan perang satu jenayah.

    Kami pun manusia..ada salah..kami bukan malaikat..so, apa salahnya kita saling memaafkan satu sama lain (kalau hal itu bisa diampun). Ingat, kami disini akan sentiasa menghulurkan tangan silaturrahim kepada kalian.

    Sekali lagi maaf dipinta di atas keterlanjuran.

    fakta: tki yang didera oleh majikan di Malaysia adalah tki yang bekerja di bawah majikan hindu/india dan cina..

  89. .azab dunia berkata:

    penjelasan buat orang indonesia sadar lah perang intinya sengsara……….bkn kita takut kita punya banyak pasukan elit intel tni juga dah masuk malaysia dari dulu lewat jadi tki..itu kalo mau tau
    jadi tenang aja
    kalo pun perang krkuatan malaysia sudah terbaca dan hasil terakhir blum ada apa2 nya
    banyak yang di besar2 kan
    indonesia frofil keliatan lemah tapi banyak juga senjata yang canggih di buat sendiri tp tidak di publikasikan nanti kalo perang baru di keluarkan
    anggaran sangat banyak lihat anggaran 2010 hampir 2000 T sekarang anggaran TNI -+ 40 T knp karena blom di butuhkan untuk perang tapi aklo sudah saat nya jgn kan peralatan canggi semua alt rusia pun bisa di beli ingat waktu merebut irian barat blnja habis2an jadi jgn kuatir uang indonesia banyak tp pura2 susah aj biar dpt bantuan trus pdhl mah tabungan banyak indonesi bkn lah bodoh malaysia blom sebanding perang mlwn indonesia malu lah kalo perang ma australia,belanda bolelah ……….kalo am malaysia ga usah nyerang tunggu aj pasukannya dateng mank sanggup nyamperin wilayah indo kalo keadaan sekarang setiap negara pasti mikir buat nyerang indo sekalipun amerika indon punya pasar punya kekeuatan ekonomi..indon perang lumpuh perekonomian dunia saya jamin …malaysia di bilang canggih yah karean pesawat nay cm buat jaga pulau sebesar pulau bali..bayangkan TNI indonesia kalo cm buat ngejaga ,jawa doank apa ga lebih dari cukup tuh pasukan ma alat tempur

    • imiaz berkata:

      Ada apa guna TNT beribu tong jika tak tau mau diletak dimana?
      Udah2 la tu nak berperangnye…tak samapai kemana pun….
      Kenapa mau dikabarkan di lama2 blog aja….jika benar semuanya berjiwa patriotik…yang bilang g bisa tewas, yang kebal, punya teknologi hebat, punya komando hebat…punya misil lagi…ya udah..shut down aja pc nya…tutup aja laman blog nya..pegi aje nyeberang….kalu benar la ape yang kamu bilang dalam blog ni…terserah…dibilang berdamai..masih mau berperang….dibilang serumpun….masih mau berperang….lagi isu gaji…kalu gajinya g memuaskan, g lumayan…g usah datang malaysia….duduk aja di sana……
      Jangan jadi seperti anak2 yang g bisa diterangkan kebenaran……lihat denagn benar, buang ego mu…dan kamu akan dapat jawapannya.

  90. prihadi berkata:

    perang dengan malaysia hanya Rugi 100%
    kalo perang to harga diri, kita dah kalah,….
    dulu ekspor dokter, dosen dan guru sekarang hanya ekspor pembantu,….dengan gelar “penyumbang devisa” harusnya sikap malaysia pada bangsa ini jadi koreksi begitu rendahnya kita dimata international, kalo bangsa ini punya prinsip kuat maka tidak mudah diatur bangsa lain, lihatlah iran…venezuela,…ga usah jauh” singapore sangat bermartabat dari budaya bangsa jauh dari korupsi……apalah arti 230 juta penduduk dan jumlah tentara banyak kalo dipandang sebelah mata bangsa lain????apa betul tentara kita tangguh???ingat musuh utama indonesia bkn malaysia yg menampung tenaga kerja Indonesia tapi korupsi yang merajai semua sendi kehidupan bangsa indonesia yg kita cintai ini

    • entahlah berkata:

      setuju..menyejukan

      • wow berkata:

        ANDAI PERANG ITU TERJADI,kita mo ngapain??? Diam,tidur,nontonin aja,mau demo desak kduanya agar damai,mo gerak..gerak ngapain..ngapain..ngapain…atow mo ikut perang….

        Untuk Om Prihadi:
        Saya setuju dgn pendapat om..tp maaf mnurut hemat saya mgkn blm mengena dgn tema di atas..’Andai Perang Lawan Malaysia TERJADI’..kata2 TERJADI..klo/andai PERANG ITU TERJADI kira2 masih sempet ngitung bakal rugi brapa %!!! yg namanya ekspor dokter,dosen,korupsi/tor dkk,ekonomi dll…msh adakah wacana itu dimeja makan dgn irama ledakan dan letusan pluru yg tak jauh dr telinga?? ^_^

        Untuk Om entahlah:
        Liat juga tuh TEMA di atas..setelah itu liat pertanyaannya: “siapa yang menang?”..Klo sudah muncul pertanyaan itu berarti yg bersifat rasis itu sudah di luar konteks..jd anda jgn terlalu mudah meng-klaim komentator yg lain “kris*en,antek yahud*,dll”, secara tdk lgsung anda sm saja menyulut api sesama komentator karena rasis/dll. jd..marilah kita sama2 dewasa.

        Untuk Penulis di Catatanku (dgn tema di atas) yg terhormat:
        Hemat saya,Anda mengandai sesuatu TERJADI hanya sebatas penglihatan/baca,kata/ucapan/pnjelasan,bahkan mgkn dgn ksimpulan, Tapi blum pd ANDAIAN dgn pikiran yg mndalam serta penghayatan untuk menyelami bahwa anda membayangkan anda yg lg perang,dlm perang itu anda mengetahui bgmn keadaan sluruh rakyat & militer Indonesia/malaysia saat perang!!!,apakah yg lain cm di rumah menunggu saudara mereka yg sdg brperang?. Maaf ini cuma mnurut hemat saya.. ,sehingga jika anda berandai smpe situ,anda tidak terlalu mudah untuk mnjawab prtanyaan anda sndiri “siapakah yg menang?”.Karena Ber-andai..tidak berarti bs menjamin ini ataupun itu yg bakal menang..apalagi cm brkaca pd satu kekurangan..^_^ Mbo ya klo nulis tema sperti itu isinya jgn pincang sebelah,yg lebih dilebihkan,yg kurang klebihannya gak dicari.

        Untuk teman2:
        Marilah kita sikapi/komentari tema tulisan di atas dgn kedewasaan kita, tema di atas cuma sekedar ANDAIAN/BERANDAI,boleh dikomentari tp untuk mana yg bakal menang tdk ada yg bs jamin/pastikan,klo ada yg bs jamin/pastikan si A atau B yg menang,mungkin tuh org ngayal punya ribuan/jutaan nyawa untuk bs ganti nyawa tentara2 yg bakal gugur..^_^LEBAYYY…
        Klo smua spakat perang itu jln buruk,klo smua ngrasa saudara..rame2 tuh tanya PENULIS tema di atas:
        1.Knp mengangkat tema sprti itu?
        2.Knp isi tema sprti memojokkan satu negara,knp ini dan knp itu? spertinya bakal bnyk pertanyaan dr kpala msing2..heehehe…

    • Abang Mai. berkata:

      Perang. Malaysia ke Indonesia ke dua -dua membawa kekalahan kepada umat dan agama Nabi Muhammad S.A.W. Yahudi sentiasa tersenyum setiap kali Umat Muhammad bertelagah dan berperang.Nak harapkan negara Arab mengembalikan kegemilangan Islam dah tak boleh harap tambah pulak kamu semua sisa-sisa umat Muhammad tunggu sajalah ketibaan Kiamat.

  91. lanange jagad berkata:

    Perang lawan Malayshit?!Gampang!! 1.Bentuk Pasukan Gabungan Pengawal Perbatasan/Garnisun yg diambil dari unsur2 Brimob,Tontaipur,Raiders&Pandu-Tempur Marinir. 2.Bentuk & bina masyarakat Dayak di-perbatasan dlm organisasi Linmas. 3.Tutup perbatasan darat di Entekong,Nunukan&P.Sebatik yg selama ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. 4.Pemerintah R.I. harus keluarkan peraturan mengenai pengiriman TKI harus lewat jalur udara Jkt-KL saja. 4.Kalau perlu minta bantuan PBB/ILO Uuntuk pulangkan TKI ilegal/korban traficking. 5.Pemerintah harus berani secara tegas melarang pengiriman TKI kemanapun setidaknya selama 5 thn. Saya yakin kalau semua point dilaksanakan,gak akan ada debat-kusir lagi,kenapa? Sebab dlm bbrp thn stlh dilaksanakan,ekonomi mereka(perkebunan&industri) pasti berantakan.Jadi gak perlu beli alutsista modern yg mahal,cukup perang urat-syaraf yg halus aja deh.Toh mereka gak berani nantangin perang darat di kalimantan!

  92. shamm berkata:

    assalamualaikum kepada saudara2 islam ku.. saya merupakan rakyat malaysia berasal dari sabah.. tiada guna kita memerangi sesama sendiri… mahukan kita berperang sesama saudara sendiri?? apa yang kita dapat hasil daripada peperangan?? malahan kita di ketawakan oleh negara2 yang bencikan perpaduan antara umat islam… kita tahu bahawa indonesia merupakan penduduk yang paling ramai umat islam di dunia, dan ini merupakan aset yang amat penting dalam memperkukuhkan kedudukan agama islam yang kita sayangi.. ada kata pepatah melayu mengatakan, BIAR MATI ANAK, JANGAN MATI ADAT.. tapi sedarkah kita ini merupakan kemusnahan yang membawa kehancuran kepada umat islam… Jangan disebabkan harta keduniaan dan kebudayaan yang hanya bersifat sementara menyebabkan hubungan sesama islam kita ampuh.. sedarkah kita, Yahudi dan nasrani itu menunggu saat2 kita menghancurkan sesama sendiri?? tidak kah kita diajar dengan tanda2 kiamat?? dimana orang islam dan bukan islam akan berperang di dunia yang fana ini pada hari mendatang kelak.. di manakah perpaduan orang islam jika kita saling berbunuhan diantara satu dengan yang lain?? siapakah yang akan membantu umat islam kalau bukan diri kita sendiri..?? biarkan Allah menghukum orang Malaysia atau indonesia yang membuat propaganda ini.. Yang pentingnya kita umat islam bersatu padu melawan musuh2 umat islam di masa akan datang.. Allahuakhbar… Semoga Allah menyatukan kita semua dan menghindari kita daripada peperangan saudara seagama… Ingat, adakah kita melakukan Jihad jika kita saling berbunuhan diantara satu sama yang lain disebabkan hanya benda duniawi???

    • Adi berkata:

      wa’alaikum salam,Alhamdulillah puasa sebentar lg meninggalkan kt Aidhul Fitri sebentar lg datang wahai bangsa islam mari kt Minal Aidzin Wal Faidzin,mohon maaf lahir & batin,wahai bangsa Islam sesunggunya janganlah terhasut godaan tipu daya orang kafir(yahudi)mereka berusaha menghancurkan kamu walau mereka seakan mau membantu sesunggunya mereka gembira takkala Islam hancur saling membunuh,menfitnah.kt negeri Umat Islam terbanyak justru kt saling menjaga bukankah Umat Islam bila bersatu sangat ditakuti oleh bangsa Yahudi.Wahai pemimpin 2 negeri bedamailah cari jalan solusi damai & terbaik.

  93. Ajeed berkata:

    As’kum..kepada semua pembaca terutama saudara seagamaku baik di Malaysia mahupun Indonesia dan saya adalah warga Malaysia.Apalah untungnya kita berperang sesama kita dimana kita adalah seagama dan juga sebahasa.Cuba fikirkan kiranya kita berperang, ada pihak yang suka dan senag hati melihat keadaan kita begini..iaitu Yahudi yang ditunjangi oleh AS.Mereka akan megambil kesempatan keatas apa yang berlaku terhadap umat Islam kerna pihak mereka sejak dari zaman dulu lagi suka mengambil kesempatan terhadap apa yang berlaku diatas negara orang yang bergolak.Lihat saja di Iraq, setelah mereka menjahanamkan Iraq, mereka lepas tangan diatas sebarang pentadbiran mahupun keselamatan negara tersebut, setelah apa yang mereka hajati telah dapat iaitu MINYAK.Ini juga yang akan berlaku kepada Malaysia dan Indonesia sekiranya perang benar-benar berlaku, dimana kedua-dua negara adalah kaya dengan bahan galian tersebut.Ingatlah, separuh negara didunia ini adalah sekutu AS ( YAHUDI ), dan sekiranya salah sebuah negara meminta bantuan mereka sekiranya perang benar-benar tercetus, samalah seperti meminta jasa baik orang YAHUDI LAKNATTULLAH campur tangan dalam perihal ini.Jadi saya seorang Muslim dan menghormati rakan seagama meminta saudaraku yang berada di Indonesia sama-samalah kita bermunajat kepada ALLAH S.W.T supaya keamanan kekal di Nusantara, dan kiranya kita benar-benar sayangkan agama kita, bantulah saudara kita yang menderita di Palestin dan biar kita mati semasa berperang ( MATI SYAHID ) menentang Yahudi Zionis dan bukannya sesama Muslim.Amin….

    • Adi berkata:

      Wa’Alaikum Salam Wr Wb,Saya dari Indonesia Samarinda,Benar Saudaraku SeIslam jgn terpengaruh panasnya isu perang Mari kt berdoa semoga Allah SWT memberikan jalan kedamaian 2 negeri ini.Amien

  94. Naim berkata:

    Kami di Malaysia mempunyai Sultan kami.. iaitu ketua agama Islam bg negeri2 masing2… ketua negara kami Yang Dipertuan Agong yg juga penjaga ketuanan bngsa kami dan agama ISLAM….. jadi kami tidak gentar mempertahankan bumi kami drpd ancaman2 luar… Agama dan bangsa tetap kami pertahankan.. Wallahualam..

  95. FARID Mas berkata:

    asalamualaikum,,,,,saya org malaysia,,malaysia tidak ingin berperang kerana malaysia dan indonesia adalah negara jiran lihat lah buktinya semasa gempa bumi di padang?siapa yg menghulurkan bantuan?itu di indonesia tapi kita lihatlah pula di malaysia ,,,orang yang datang dari indonesia yang bekerja sebagai orang gaji telah menjadi isu di malaysia……..pekerja indonesia ini telah melakukan pelbagai masaalah di malaysia tetapa adakah rakyat indonesia tahu…masaalah pertama ialah 1.pekerja indonesia mencuri barang kemas milik majikan 2.pekerja indonesia mengambil bayi majikan dan itu adalah kes yang porpular di malaysia tentang pekerja indonesia……..Tapi adakah ranyat malaysia marah sampai ingin membunuh rakyat indonesia yang berada dimalaysia…TIDAK….tetapi di indonesia ,rakyat indonesia mahu membunuh ranyat malaysia tentang kes tarian….jadi fikir-fikirkanlah………..harap hubungan rakyat malaysia dan indonesia akan bertambah stabil WASSALAM…

    • aryk berkata:

      tapi kami udah terlanjur benci ma malingsial bangsat.klau perang bener terjadi ngak akan aku sisain satu bangsat pun dari kau MALINGSIALLLLLLLLLLLL tunggu aja tanggal mainnya.lou jual kami beli. BANGSAT.

      • Cinta Damai berkata:

        ckckck.. amarahmu yg menunjukkan kerendahanmu. emang apa yg lho coba bukti in dgn kata2mu itu? apakah kami harus menanggung dosa org lain sehingga kami perlu dibunuh semua?

      • rajalaut berkata:

        YA ….ALLAH…..BERIKANLA PETUNJUK KEPADA MERIKA YANG SESAT ….AMIN

  96. chris berkata:

    Teori perang yang anda sampaikan sepertinya tidak dapat dipercaya. karena informasi yang disampaikan hanya berupa diskripsi saja masa perang anda jelaskan seperti 1 + 1 = 2. Kalau prediksi anda sama seperti cara prediksi orang malaysia maka bukan hanya ambalat tapi pasti pulau kalimantan yang akan dicaplok. Kemampuan indonesia telah diperhitungkan oleh malaysia sehingga negara malaysia tidak akan memperpanjang sengketa dengan indo, malaysia hanya berharap Indonesia mau ke jalan perundingan internasional. salam.

    • aryk berkata:

      NGAK ADA JLN PERUNDINGAN BONG YG ADA HANYA HARGA MATI YAITU KALIAN JUAL KAMI BELI.NGAK ADA TWAR MENAWAR DG INDONESIA.MALINGSIAL!INGAT TU

      • Andrekang berkata:

        tki yg datang ke malaysia sendiri nggak mau pulang ke indonesia, kerana sudah merasa mewah di sini.. jgn dengar hanya dari media indonesia, ty org indonesia sendiri yg pernah kerja di malaysia, tanya yang legal, bukan datang secara illegal,
        kalau ilegal semua negara tidak terima, tentu layanan pun lain, macam us sama illegal mexican

      • rajalaut berkata:

        LO………..KAMU INGAT MATI TU DI TANGAN KAMU KA? ALLAH MAHA KUASA……KEMBALI KEPANGKAL JALAN……….KAMU TU TELAH JAUH TERSESAT,!

  97. zazzz berkata:

    udah lah.
    mau tidak mau kita tetap bersaudara.
    punya nenek moyang yg sama.
    jgn mudah terprovokasi. mikir pake otak bukannya pake kepala lutut haha.
    jgn perang2 sesama kita. nanti diketawa sama S’pore.

    salam dr M’sia.

  98. andre berkata:

    INGET OI ORANG KITA ITU SAKTI – SAKTI DAN ITU HANYA DI INDONESIA NEGARA LAEN LEWAT…………..

  99. Truth berkata:

    Kekuatan Militer
    Indonesia-Malaysia= 50:50

    Kekuatan Darat
    Indonesia-Malaysia= 60:40

    Kekuatan Laut=40:60
    Ina-Mal

    Kekuatan Udara=40:60
    Ina-Mal

    Teknologi=40:60

    Manpower= 80:20

    Inilah kekuatan sebenarnya yang dimiliki antara Indonesia dan Malaysia.Jadi ada kemungkinan Indonesia menang karena rasio kekuatan antara kedua negara berimbang 50:50

    Hal ini sangat mirip dengan apa yang dialami oleh AS dan Uni Soviet semasa perang dingin dahulu.Dan jika terjadi perang kedua negara cenderung akan melaksanakan taktik perang konvensional secara frontal dan bukan melakukan perang gerilya karena kekuatan militernya sangat berimbang.

    Ada banyak opini yang mengatakan bahwa Malaysia memiliki kekuatan militer yang jauh lebih kuat dari Indonesia,Indonesia tidak akan mampu mengalahkan Malaysia.Saya lucu mendengar komentar2 seperti itu yang sangat tidak berdasar.

    • harris berkata:

      revisi mas kekuatan laut 60 : 40 buat indonesia silakah cek mas

    • rajalaut berkata:

      KAMU LUCU YA…………?
      ORANG KERISTIAN DAN YAHUDI LAGI LUCU SAUDARA SEAGAMA BERPERANG!!

      ” YA ALLLAH ” KENAPA SAUDARAKU SANGUP MEMERANGIKU ATAS DASAR KEBENDAAN DAN KENAPA PULA MEREKA HANYA MELIHAT APA BILA SAUDARA SEAGAMA HANCUR DAN AGAMA ISLAM DITINDAS, DIHINA,

      KENAPA? MUNGKIN HARTA ITU MEREKA MATI KE?

  100. Nur Ali Muchtar berkata:

    kalo Indonesia dipanggil Indon ma mereka, maka kita bisa memanggil mereka dengan sebutan Malingsia (ups,,kaburrrrrr)

    tapi kalo perang di dunia maya, kita gak kalah kan pak??

  101. metMetz berkata:

    sya bangga DenGAN INDONESIA , ., , .

  102. harris berkata:

    haha dah ngga usah pusing2 kita kirim kopasus aja 1 kompi dah habis malaysia, bandara akan dikuasai mau gimana pesawat bisa terbang selanjutnya.,….. terserah

    • entahlah berkata:

      cerita besar yang memalukan …aceh yg secuil itu saja tentara nya tidak bisa diatasi….akhirnya…ngajak damai dengan aceh…hmmmmm masih sempat juga nyombong…eh ada lagi nih …”PAPUA”udah lkir pa blom dengan pemberontak disana…?:-p

  103. entahlah berkata:

    menang jadi arang kalah jadi abu…..dua-duanya sama bodoh…. kayak pernah menggalami perang…seandai nya jdi perang dan salah satu atau semua keluarganya mati baru menjerit dan tahu apa itu perang.kalau pun mau betul kalian dengan perang pergi saja sendiri kesana perangi malaysia,jangan pandai bicara saja menghasut dan menggadu domba.kamu ingat perang itu mudah?…

  104. zazzz berkata:

    kami lebih mengenali org Indonesia.. dimana2 aja ada org Indonesia..mereka sebahagian dari hidup kami..

    tapi org Indonesia hanya mengenali org Malaysia dengan ambalat, manohara, klaim budaya,etc.

    ya udah terserah.. mau serang ya serang aja.. mungkin kalian memang suka berperang sesama saudara sendiri..

  105. suara rakyat indonesia berkata:

    aku kurang sependapat dengan kamu!!!!!!!
    banyak yg kutemukan link malonte seperti ini supaya rasa nasionalisme indonesia berkuran, persenjataan indonesia dengan malaysia masih berimbang tapi malaysia masih tergantung pada negara asing,tidak seperti indonesia sudah memiliki program jangka panjang alutsista,buatan anak bangsa oleh PT.PINDAD,dibantu PT.DI,PT.PAL.dan LAPAN,
    yg berarti jika indonesia perang dengan malonte malaysia harus beli dulu alutsista yg banyak yg mengeluarkan biaya besar,dan masih menunggu pembuatanya,
    JANGAN KITA MELIHAT DARI SEGI ALUTSISTANYA
    tidakkah kamu ketahui kita mampu mengganya malonte,dan sekutunya inggris,australia,salendia baru,portugal,usa,+belanda yg masih dendam kepada indonesia, kita mampu mengganyan mereka di kalantan,sarawak,sabah, padahal kekuatan militerkita cuman dengan senjata serbu… SAJA, dibandingkan dengan mereka pada waktu itu kekatan militernya sudah sangat moderen toh juga inggris minta bantuan kepada sekutunya supaya kekuatan miternya di kerahkan semua

  106. fafa berkata:

    Wah, kalo terjadi perang Indonesia VS Malaysia, kayaknya terjadinya saat Perang dunia ke-3.
    Siip. Pasti banyak perubahan terjadi.

  107. comel berkata:

    mintak ampun ya…harus diketahui bahawa pembantu rumah yang bekerja di malingsia bekerja dengan majiukan bukan islam dan bukan melayu…sila buat kajian terlebih dahulu sebelum membunuh saudara sesialam kamu ya…..terima kasihhh

    • wow berkata:

      @Comel:
      Tema bahasannya bukan “Pembantu cari kerja,bukan Siapa pembantu,siapa pekerja”..dan gak ada yg bunuh2an..tp tema bahasannya:
      Tuh..di atas liat aja sndiri..wkwkwkwkwkwk..

  108. kl drift berkata:

    USAHLA BERPERANG DENGAN MALAYSIA…..
    PERANG ADALAH MASALAH…..BENCANA KEPADA KEDUA-DUA NEGARA…
    RAKYAT YANG TIDAK BERSALAH MATI….ANAK-ANAK KECIL MATI…
    RAKYAT MALAYSIA SEMUANYA CERDIK PANDAI,
    GOLONGAN PROFESIONAL…….DIORANG XFIKIR PASAL BENDA-BENDA KECIL DAN MEMBUANG MASA NI…
    SEBABTU NEGARA MALAYSIA AMAN,DAMAI DAN BERADAB…….

    TAPI SEKARANG…..YANG BERFIKIRAN KOLOT,KUNO ADALAH RAKYAT INDONESIA……..FIKIRKANLA…

    IF PERANG YANG KAMU PILIH…..
    BODOHNYA KEPIMPINAN DAN RAKYAT INDONESIA…
    MENYERANG NEGARA ISLAM SERUMPUN….

    TETAPI….NEGARA BUKAN ISLAM YANG MENOLONG MALAYSIA….
    UK(BRITISH), AUSTRALIA……RUSSIA……N SELURUH NEGARA KOMANWELL…

    TERPULANG APA KAMU NAK CAKAPKAN TENGTANG MALAYSIA….
    TAPI KALIAN TETAP RUBISH!!!!
    KALAH!!!!!

  109. kl drift berkata:

    INGAT…SETIAP KALI NEGARA KAMU DITIMPA BENCANA….
    MALAYSIA TIDAK PERNAH KETINGGALAN MENYALURKAN BANTUAN MAKANAN,UBAT-UBATAN DAN DERMA BERJUTA RINGGIT!!!!!!!!!!!!!!!

    KAMU JUGAK KENA INGAT….
    ADA KEKUATAN RAHSIA YANG DISIMPAN MALAYSIA…..
    PANGKALAN TENTERA DI LUAR NEGARA DAN MACAM2…

    TAPI….MALYSIA TIDAK PERNAH CUBA MENINDAS NEGARA LAIN…
    COOLL…N STEADY……..

    KEPADA RAKYAT INDONESIA….BERSALAM SALAMAN LA….
    ERATKAN PERPADUAN ANTARA MALAYSIA DAN INDONESIA….

    JANGAN MENADAH BENCANA….

    • wow berkata:

      @kl drift
      Aku pikir u itu cerdas dan pintar..dari komentar u ternyata msih saja termakan emosi dalam menanggapi case seperti ini. chicken..
      cool n steady..keep smile..wkwkwkwkkk…
      KONKLUSiNYA:
      1.Baca dulu tema bahasannya
      2.Gak pakai sombong dengan amal..jadi Riya (bantuan gak ada nilai pahalanya kleee)
      3.Gak pakai emosi kleee…wkwkwkwkwk….(sambil ketawa dengan kepala geleng2)

  110. kl drift berkata:

    konklusinya………
    KALIAN SEMUA RAKUS INGIN BERPERANG…….
    DI ZAMAN MODEN INI,MASIH ADA RAKYAT INDONESIA BERFIKIRAN KOLOT,KUNO DIKALANGAN KAMU……

    BUKAN ADA SIFAT PERWIRA MENENTANG NEGARA BUKAN ISLAM DI TIMUR TENGAH…….
    TETAPI MNYERANG NEGARA SESAMA ISLAM…..JIRAN YANG SENTIASA MENGHULURKAN BANTUAN………

    PERMATA YANG DIBERI,NAJIS YANG KALIAN BALAS….

    TAPI TIDAK MENGAPA….
    SEJAUH MANA KALIAN BERFIKIRAN ,MNGATUR STRATEGI MNYERANG MALAYSIA……..
    DIMASA KAMU SUDAH MNYERANG MALAYSIA PUN, KAMI SEMUA MASIH TIDAK BERFIKIR UNTUK BERPERANG…………

    SEBAB…….KAMI SEMUA MENGEJAR ILMU…MNGEJAR PEMBANGUNAN…….MENGEJAR SEBUAH NEGARA YANG MAJU,BERDAYA SAING……….

    BUKANNYA NEGARA YANG MUNDUR DISEBABAKAN RAKYATNYA BERFIKIRAN KUNO……KAMPUNG…..

    TETAPI ANDAI MALAYSIA SUDAH DISERANG…..

    NANTILAH AMUKKAN MILITIAR MALYSIA DAN SEKUTUNYA…..
    TAK KIRALAH BANTUAN DARI NEGARA MANA SEKALIPUN…..
    ITU ADALAH STRATEGI……PERTAHANKAN KEDAULATAN ADALAH PERKARA UTAMA…………DARI MANA PUN BANTUAN KETENTERAAN,I dont care…….
    YANG PENTING….. ITULAH SAAT KAMI habiskan INI CERITA….

  111. kl drift berkata:

    As’kum..kepada semua pembaca terutama saudara seagamaku baik di Malaysia mahupun Indonesia dan saya adalah warga Malaysia.Apalah untungnya kita berperang sesama kita dimana kita adalah seagama dan juga sebahasa.Cuba fikirkan kiranya kita berperang, ada pihak yang suka dan senag hati melihat keadaan kita begini..iaitu Yahudi yang ditunjangi oleh AS.Mereka akan megambil kesempatan keatas apa yang berlaku terhadap umat Islam kerna pihak mereka sejak dari zaman dulu lagi suka mengambil kesempatan terhadap apa yang berlaku diatas negara orang yang bergolak.Lihat saja di Iraq, setelah mereka menjahanamkan Iraq, mereka lepas tangan diatas sebarang pentadbiran mahupun keselamatan negara tersebut, setelah apa yang mereka hajati telah dapat iaitu MINYAK.Ini juga yang akan berlaku kepada Malaysia dan Indonesia sekiranya perang benar-benar berlaku, dimana kedua-dua negara adalah kaya dengan bahan galian tersebut.Ingatlah, separuh negara didunia ini adalah sekutu AS ( YAHUDI ), dan sekiranya salah sebuah negara meminta bantuan mereka sekiranya perang benar-benar tercetus, samalah seperti meminta jasa baik orang YAHUDI LAKNATTULLAH campur tangan dalam perihal ini.Jadi saya seorang Muslim dan menghormati rakan seagama meminta saudaraku yang berada di Indonesia sama-samalah kita bermunajat kepada ALLAH S.W.T supaya keamanan kekal di Nusantara, dan kiranya kita benar-benar sayangkan agama kita, bantulah saudara kita yang menderita di Palestin dan biar kita mati semasa berperang ( MATI SYAHID ) menentang Yahudi Zionis dan bukannya sesama Muslim.Amin….

    • aphe berkata:

      kami tahu tidak semua orang malaysia jahat tp stidaknya jalin dan lindungilah saudara2 kami dri orang yang ingin kan qt perang dan jgn bersaing dengan kami maka bersamalah meraih…. kerana sesungguhnya qt negara serumpun atau saudara yang dipisahkan garis perbatasan.

  112. kl drift berkata:

    indonesia………..
    kami rakyat malysia tiada masa fikir perkara REMEH MACAMNI….

    LEBIH BAIK KAMI FIKIRKAN MACAMNA NAK MENJADI SEBUAH NEGARA YANG MAJU, BERDAYA SAING DALAM EKONOMI, BERILMU…….

    SUPAYA RAKYAT MALAYSIA TIDAK MENGEMIS DI NEGARA ORANG……
    SUPAYA RAKYAT MALAYSIA TIDAK MENJADI PEMBANTU RUMAH DI NEGARA ORANG…
    SUPAYA RAKYAT MALYSIA TIDAK MENJADI BURUH DI NEGARA ORANG
    SUPAYA RAKYAT MALYSIA TIDAK MEMBUAT JENAYAH DI NEGARA ORANG
    SUPAYA RAKYAT MALYSIA TIDAK MENAIKI TONGKANG(BOT) UNTUK PERGI KE NEGARA ORANG…..

    KERANA NEGARA SENDIRI(MALAYSIA) MAJU MENIGGALKAN NEGARA LAIN…DAN SETANDING NEGARA MAJU BARAT YANG LAIN…

    BUKAN MACAM KALIAN….SEMUANYA BERGANTUNG PADA NEGARA ORANG….
    MALUUUUUUUUUUUUUUU
    MALUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

  113. aphe berkata:

    kami siap jd alat perang negara melawan mesin2 perang malaysia….

  114. hary berkata:

    lebih baik kalah daripada di injak2 dan dihina, yg ndak brani perang sana pake rok aja.

  115. hary berkata:

    serahkan semua pada wiro sableng

  116. Agan Indonesia berkata:

    Wah Seru Nih…. Opini2 Perang nya.
    Indonesia sebetulnya tidak suka ribut dengan malaysia, Indonesia juga cinta damai, apalagi sesama muslim.
    Malaysia lah yang membuat panas suasana, dengan cara mengaku2 perbatasan Negara Orang.
    So, jagalah perdamaian…. PEACE

  117. mai la wei berkata:

    dari dulu dengar nak serang tp xserang2…setakat kecoh semangat kobar2 komen kat blog buat apa? buang karen..!!kalo la betol korang leh mati syahid sbb pertahan budaya serang malaysia mai jela.. lawan tetap lawan,nak damai kami damai..sembang macam nak rak tapi xserang pon,datang jugak keje kat sini..budak universiti aku dari indonesial ramai jerk yang kamcing sume cakap korang bodoh sibuk nak berperang..nak syahid pegila serang israel..guru agama mana yang korang belajar nih pertahan budaya mati syahid!!???kecik2 xnak mampos,da besar bodoh nak mampos!

  118. Iqbal berkata:

    Saya pernah denger joke tentang Indonesia lawan Malaysia. Katanya, kalau Indonesia mau ngalahin Malaysia sih gampang aja, semua laki-laki di Indonesia berdiri di perbatasan Indonesia-Malaysia. Lalu kencing bareng deh, nanti juga tenggelem tu Malay.

    Waktu denger joke tadi saya ngakak abis-abisan, karena bodohnya yang buat joke, dan ngebayangin kalau ternyata nanti kejadian Malay diterpa urin bah (bukan air bah).

  119. Khairil anam berkata:

    BERANTAS KORUPSI ! BIAR NEGARA KITA KAYA BISA BELI PERALATAN MILITER YANG CANGGIH.
    BERANTAS KORUPSI CARANYA JANGAN DIRIKAN KPK. CARANYA TANAMKAN KEPERCAYAAN KEPADA YANG GHAIB.

  120. monster berkata:

    dengan ini sy ingin menjelaskan kepade 1mue penduduk indonesia…name indonesia disingkat kan kepade indon ianya tidak membawa kepade ape2 maksud yang negatif sekire nye anda tidak percaye sila rujuk translate di google

  121. Avalezes berkata:

    Begini saja Pak,kalo ada negara yang ngajak kita perang ya harus dilawan.kenapa anda sebagai orang indonesia pesimis sekali dengan negara ini ?? ga usah pusing, lihat apa yang terjadi tahun 1945, pasukan NICA, gabungan Belanda dan Inggris kita usir daregeri ini dengan bambu runcing…anda ini orang Indonesia bukan sih..???

    • wow berkata:

      @Ava:
      Tuh orang bisa orang indonesia bisa bukan om..^_^ tp klo orang indonesia biasanya seh gagah berani om,nggak bikin orang psimis,pnuh smangat klo soal NKRI meski apa adanya. wong anak Pramuka dan bahkan yg msh TK (taman kanak2) saja semangat ngibarin bendera merah putih.. ciakakakakak…

      • andyk berkata:

        sy rasa si penulis waktu bikin artikel ini ga pakai otak…isinya malah ngompor2in n bikin emosi pembaca terutamanya yg dr indonesia….sekarang liat sendiri hasilnya…komen2 dr indonesia n malaysia malah komen yg ga membangun.
        lain kali pikir dulu dech sebelum bikin artikel

  122. khafidin berkata:

    kenapa jika indonesia perang melawan malaysia kita harus kalah..negara kita ini negara yang kuat,,contohnya masa penjajahan kita aja labih dari 3,5 abad.dan yang menjajah bukan hanya satu negara saja, melainkan lebih dari 3 negara. padahal pada masa itu perlengkapan kita masih sangat kurang mendukung dan masih sangat sederhana. apabila di bandingkan dengan sekarang, ya otomatis kita gak bisa saja di bilang kalah begitu saja dengan malaysia. BUKTIKAN MERAHMU!!! I LOVE YOU INDONESIA

    • Nowar berkata:

      Perang bermaksud bunuh membunuh, cuba kamu bayangkan anak kamu dibunuh dalam perang itu nanti… kami tidak mahu perang,, tetapi kami akan mempertahankan negara kami. jika ada yg mengancam..

      bunuh saja orang yg menganiaya orang kamu itu, dan bakar saja syarikat yg mempromosikan tarian kamu itu, haramkan saja penduduk indonesia datang ke malaysia, dan haramkan saja penduduk malaysia datang ke indonesia.. then Peace.. jangan melibatkan orang yg tidak berdosa..

  123. Nowar berkata:

    Wahai Indonesia yang Dahagakan peperangan,,

    Tentu kamu pernah melihat betapa kasihannya anak2 yang tidak bersalah terbunuh, keluarga yg tidak tahu menahu tentang peperangan, tidak tahu akan kesalahan.

    Sebelum kamu menghancurkan kebahagiaan keluarga yang tidak bersalah, cuba kamu bayangkan jika salah satu dari ahli keluarga kamu akan terkorban/terbunuh oleh peperangan itu nanti, cuba banyangkan …………… dan begitu la yg akan terjadi kepada jutaan manusia yg tidak bersalah nanti. Jika kamu menang nanti, apa yg kamu akan dapat, merasa puas kerana semua rakyat malaysia sudah terbunuh,, dan adakan kamu rasa kamu akan masuk ke syurga.. tidak semua rakyat malaysia seperti yg kamu sangkakan, kami disini cintakan keamanan. saya juga faham bahawa rakyat di indonesia juga tidak semua ingin berperang.. tetapi,, dalam web ini saja 90% suka akan peperangan. Berperang kerana apa,, kerana tarian, kerana tradisi, kerana bangsa..
    Melayu vs melayu..???
    Sedarlah wahai bangsa melayu, kamu sebenarnya bersaudara, cuma sempadan negara yg memisahkan kamu,, cuba kamu fikirkan dari mana asalnya melayu ini,, dari amerika ka.?
    hanya di malaysia dan indonesia, yg pada dulunya bersatu. Tradisi yang sama, tarian yg sama dan agama yg sama…

    kami juga ada undang2, yg menghukum org yang melakukan kesalahan,, seperti negara kamu juga, tidak semua rakyatnya baik,,, rambut sama hitam hati lain2,, kalau semuanya baik,, maka tidak perlulah adanya polis. mengenai dengan penganiayaan pembantu rumah, kes ini diambil serius oleh negara kami, dengan menhukum si pelaku dengan setimpal. semua orang malaysia mengutuk orang yang dimaksudkan ini, tetapi apa boleh buat,, setiap manusia ini tidak sama. demikian juga dengan orang2 indonesia yg datang berekerja di negara malaysia,, tidak semuanya datang dengan baik, kes bunuh, kes rogol, kes culik anak, kes rompak dan macam2 lagi yg kita dengar,, tetapi kami tidak memilih jalan peperangan sebagai penyelesaian.. kerana kami faham bahawa tidak semua rakyat indonesia sebegini… kamu harus faham seperti apa yg kami faham. Cadangan saya, haramkan saja penduduk indonesia datang ke malaysia, dan rakyat malaysia juga diharamkan untuk datang ke indonesia..

    Saya tidak kisah siapa negara yg lebih kuat, tetapi saya tidak mahu ada orang yg terbunuh. Sedarlah bahawa peperangan itu tidak semudah menonton filem perang, menonton perlawanan bola sepak indonesia vs malaysia. kemenangan yg akan diraih dimegah2kan. Tetapi .. Peperangan itu adalah kiamat yg disengajakan. bukan hanya melibatkan askar2 kedua2 negara, tetapi melibatkan semua penduduk. Sedarlah bahawa betapa kecilnya negara kita dalam dunia ini..

    Bayangkan orang yg amat kamu cintai akan terkorban dengan perang…… kerana tarian penyet

  124. Andrekang berkata:

    indonesia provoke malaysia seawal tahun 2007 lagi, melalui Media Massa, koran dan internet.. apa yang berlaku sekarang adalah respon dari org malaysia, lihat komen dari malaysian hanya selepas tahun 2009.
    untuk makluman indonesian, ratusan ribu rakyat nusantara dari wilayah acheh, sumatera, sulawesi even florest berpindah ke tanah melayu berapa ratus tahun dahulu( lihat di–> bangsa jawa di malaysia, atau bugis, banjar, mandeiling, jambi, ) mereka berpindah ke sini atas sebab politik, perang, meluaskan jajahan etc, setelah malaysia merdeka mereka masih mengamalkan budaya asal mereka dari wilayah yang sekarang berdiri sebagai RI..
    MR TODO Sibuea.. jemput saudara datang ke malaysia dan melihat sendiri budaya yang dikatakan dicuri oleh malaysia adalah diamalkan oleh suku masing yang juga berasal dari indonesia.. jgn hanya datang ke Kuala LUmpur sahaja, tetapi datang lah ke Batu pahat (jawa) kalau anda etnik jawa anda boleh menguji sendiri keaslian bahasa dan budaya di sana.. mereka tetap jawa tetapi tidak berarti mereka orang indonesia, atau datang ke Tawau Sabah, lihat bangsa Bugis, Banjar, Timor, Tidong, Bajau, smua adalah suku berasal dari RI awalnya tetapi memilih untuk tinggal dan menetap di MALAYSIA seblum wujudnya RI dan Msia ini..

  125. Andrekang berkata:

    Negeri sembilan asalnya dikuasai oleh orang minang,

    Tiada mana2 bangsa pun bangga mengamalkan budaya orang lain, masakan saya bugis tetapi mengamalkan budaya jawa.. tidak sekali2..
    Saya adalah etnik Bugis dari suku Kaeli, keturunan Raja Tinombo kerajaan lama Parigi Matuong SULTeng.. tetapi kerana kedatangan belanda kakek berhijrah ke Sabah awal kurun ke 19..
    Tetap mengamalkan budaya Bugis walaupun tidak pernah menginjak kaki ke Sulawesi (Insha Allah bila dipanjangkan umur).. bukan bermakna kami mencuri budaya bugis sulawesi sedangkan kami adalah pewaris bugis tidak kira dimana kami berada.. saya pasti kalau kakek saya tidak memilih sabah untuk merantau, keturunannya tetap mengamalkan budaya bugis ini walaupun mungkin sekarang berada di Australia, atau Filipina atau mana2 negara lain..

    Komuniti Bugis Tawau—-> Visit us on Facebook

  126. Andrekang berkata:

    jaga negara masing2, tidak timbul soal malaysia mencuri budaya
    indonesia, bangsa dan suku di malaysia sendiri berasal dr seluruh
    pelusuk nusantara termasuk indonesia, bugis,banjar,
    tidong,jawa,minang,jambi dan macam2 lagi..mereka cuma meneruskan
    survival budaya asal warisan nenek moyang mereka, aku sendiri bugis
    kaili dari sulteng.. kakek behijrah sekitar tahun 1960an, mmg aku
    bedarah bugis tapi tidak lagi Indonesian, tp masih terus terusan
    mengamal budaya asal ugik(bugis)…
    betul indonesia pintar, so keep it up.. majukan negara masing2
    wujudkan peluang kerja lebih ramai agar tenaga tki tidak terbuang sia2
    ke negara org

    lagi satu Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak sendiri org bugis
    !! BJ Habibi pun org bugis tapi tidak lama memegang jawatan Presiden,
    mungkin sbb dia org sulawesi bukan berdarah jawa

  127. wizznu cucunya ali buya berkata:

    saya sependapat,,
    tapi perlu di ingat,,, tentara malaysia minim pengalaman….
    dan tentara kita jauh lebih baik !!
    ingat,,indonesia bisa merdeka karena semangat,,bukan karena kendaraan perang yang canggih!!! MEEEEERRRDEKKAAA!!!!

  128. swanto berkata:

    maaf ni sebelumnya ni tidak memanas-manaskan suasana hanya berpendapat.
    perang lawan masalah2 yang di negara kita sendiri sekarang ini aja gak kelar2 alias menang..

    masih mau perang lawan negara lain..
    liat rakyat susah di negara kita, tidak di urus
    eh ngajak perang dengan negara lain.

    thanks

  129. swanto berkata:

    aneh ya setelah baca2 comment dari atas ke bawah..
    ujung2nya pasti ada SARA.. heran gua…

  130. kuraesin berkata:

    hey org indonesia jgn prnh takut dan ragu utk membela NKRI,gak ada pilihan lain kcuali perang klo NKRI kita trancam..

    • Nowar berkata:

      jangan banga dengan kekuatan mu,, patut kamu bersyukur dengan apa yg kamu ada sekarang ini, kami mau aman,, tetapi kami akan tetap mempertahankan negara kami jika negara kami diserang

  131. Daniel berkata:

    ngapain tkut………
    skrg mereka pd ngetawain kta……..
    liat aja ntar dimasa akan datang ……..!!!!!!
    waspadalah……..waspadalah ………hei kau malingsia!!!!!!!!

  132. fikri alfarizi berkata:

    untuk ommm jgan lengah bgtu keyy…
    indonesia nih skrang menempati urutan 14 militer terbaik di dunia bahkan indonesia di atas australia, iran ,swedia n indonesia jga mmiliki hubungan erat bahkan sangat erat denga AS yang menemati urutan 1 dunia…
    so optimis aja dengan hasil yang kn kita capai jangan jadikan diri kita rendah di mata malaysia …
    go my indonesiann…..

    • Nowar berkata:

      14 militer terbaik, ahahahaha,, jadi kamu mau perang,,?? dengan alasan apa,, kamu belum merasa sengasaranya perang,, lihat saja d kaca tv, betapa kasihannya anak2 yg tidak bersalah terbunuh dalam peperangan… Bayangkan keluarga kamu akan terbunuh dengan serangan udara nanti…

      • hohonever berkata:

        betul kata si nowar
        gw sependapat klo perang itu cuma menimbulkan dampak negatif saja,,
        dari pada kita cari ribut dengan negara lain,,,lebih baik kita perbaiki negara kita baik dr dlam dan luar negeri,,
        kita benahi ngr kita dr dalam dan kita perkuat silaturahmi dgn negara2 lain,,
        terlebih dengan malaysia yang merupakan negara jiran kita,,
        akan lebih baik jika kita bekerja sama,,
        krn kita memiliki kemiripan baik dr segi budaya atw apapun,,
        kita jgn sampai terprovokasi!berpikirlah dengan jernih,,,jangan termakan emosi yang membabi buta,,

        Love and Peace!!

  133. kbool berkata:

    mo perang kek,mo gak,
    buodo amatt laah..

  134. Budak_Banjar berkata:

    salam semua,,,

    saya x paham apa sbenarnya yang mmbuatkn Indonesia marah sangat-sangat dengan Malaysia.

    adakah Indonesia terlampau ‘bagus’, dan Malaysia pula sangat ‘teruk’.??

    adakah Indonesia mempunyai daulat yang ‘tinggi’ dan Malaysia pula tidak berdaulat yang boleh ‘diganyang’ bila-bila masa??

    adakah begitu??

  135. rahmad berkata:

    kami bangsa indonesia yang siap untuk menjunjung tinggi kedaulatan… harap harap … perang itu tak mungkin …. karena kita serumpun …. paling tidak dengan perundingan … masalah selesai ….. ada yang melanggar itu biasa…. harap harap mereka binasa… jangan sedih hai pemuda bangsaku …. aku siap berdiri di gardah depan …. jika perang itu terjadi …. jangan cengeng hai para tki karna kamu punya harga diri…. jangan mati di tangan majikan dengan pasrah tapi lawan lah dengan gerilya…. kita bangsa yang berani dan harus mati dengan berani………. anak bangsa

  136. Budak_Banjar berkata:

    Saya setuju dengan rahmad, perang tidak membawa banyak faedah kepada kedua-dua pihak.

    tetapi,,,

    Adakah kebudayaan orang indonesia itu tidak boleh samasekali diamalkan oleh orang malaysia sedangkan kita adalah serumpun??
    seperti saya sendiri, orang Malaysia berketurunan banjar, adakah saya salah mengamalkan budaya banjar yang juga diamalkan oleh orang banjar di Indonesia??
    Adakah disebabkan itulah negara kami dipanggil “malingsia”??

    Seperti kes majikan Malaysia yang mendera pembantu rumah Indonesia, adakah pekerja Indonesia di malaysia tidak pernah membuat sebarang kesalahan semasa berkerja di Malaysia???
    seperti contoh kes melarikan gadis Melayu Malaysia ke Lombok.
    adakah itu adalah tidak salah bagi mata orang indonesia??

    • rinaldimunir berkata:

      Pak Cik Budak Banjar,
      Tentu tidak masalah kebudayaan dari Indonesia dipakai oleh orang Malaysia. Indonesia malah senang karena budayanya diapresiasi oleh bangsa lain. Memang betul banyak penduduk Malaysia dulunya berasal dari Indonesia dan membaya kebiasaan serta budaya mereka ke sana.

      Yang menjadi masalah adalah ketika Pemerintah Malaysia mengklaim berbagai tarian dan makanan itu adalah budaya Malaysia, bahkan sampai mematenkannya. Inilah pangkal masalah sehingga banyak orang Indonesia berang dengan Malaysia karena dianggap tidak memiliki etika. Ditambah lagi banyak ilmuwan Malaysia datang ke Indonesia “mencuri” naskah-naskah kuno Melayu.

      • Cinta Damai berkata:

        kapan deh malaysia mematenkan tarian dan makanan Indonesia secara rasmi? plg cuma kebetulan makanan Indonesia ada di menu rumah mkn di Malaysia. udah dijelasin juga promosi tarian pendet itu bukan dibuat oleh org Malaysia. yg buatnya itu org Singapore. orangnya juga udah minta maaf. please deh.. open your mind. jgn buat tuduhan melulu.. hanya kebetulan ada di Malaysia, udah dibilang kami ini mematenkan budaya kamu.

    • dayak borneo berkata:

      Saya asli melayu banjar….dan saya malu sekali pada melayu malaysia yg rata2 sombong sangat terhadap para TKI. Melayu sebenarnya adalah yg santun dan belas kasih. Bukan seperti kebanyakan di malaysia. Selalu menghalalkan cara agar maksud tercapai. Insya ALLAH negara semacam itu akan mendapat balasan yg setimpal. Dan andai perang benar2 terjadi…pestilah malaysia akan hancur karena semua suku dikalimantan mulai tak senang dengan malaysia…negara kecil yg peraga kuat tapi tidak.

  137. hamba allah.. berkata:

    assalamualaikum dan selamat sejahtera……
    saya ingin menekankan tentang tarian itu….
    org indonesia kena paham di malaysia bukan satu sahaja budaya dan keturunan..banyak lagi….tentang tarian itu banyak berasal dri jawa indonesia….
    kamu semua tidak boleh menyalahkan malaysia…
    kerana di malaysia banyak keturunan jawa…
    sya sendiri keturunan jawa….
    saya harap perkara itu dapat diselesaikan secara aman…

  138. hamba allah.. berkata:

    kamu semua kena paham….
    kalau kamu baca sejarah antara malaysia dan indonesia….
    KEBANYAKAN rakyat malaysia dulunya dtg dri indonesia….
    so jgn lah nk menyalahkan malaysia….
    kita sama2 membangunkan negara….
    kawal emosi…

    • rahmad berkata:

      yach emang benar sejarah emang mengatakan seperti itu. kita adalah serumpun bisa dikata kita adalah saudara cuma kita beda negara untuk itu carilah persamaan saja jangan suka cari cari perbedaan

  139. tokejepang berkata:

    lu,lu pade bicara perang,apa enak nya perang bikin sengsara aja,sekarang malaysia menginjak2 kita,kalo mau perang dengan malaysia indonesia itu nga perlu senjata,kita kencingi aja malaysia sama penduduk indonesia banjir tu malaysia,menurutku kita nga perlu perang yg bikin sengsara,diplomasi aja yang bener,walaupun terkadang pejabat kita terlihat lembek menghadapi malaysia coba kalo tegas malaysia nga berani.

  140. rahmad berkata:

    Ya begitulah hidup “Budak Banjar” kita boleh aja menggunakan adat istiadat orang lain, suku lain, bahkan bangsa lain. akan tetapi kita harus tetap menjunjung tinggi milik siapa yang kita gunakan. kita harus tahu siapa pun penciptanya. walau kita gunakan ( tarian,angklung dll.. ) itu sih boleh boleh aja dan sama siapa aja. sebagai mana kita gunakan bahasa internasional semisal bahasa inggris tapi kita tidak pernah mengakui walau pintarnya setinggi langit bahwa kita asal dari inggris apa lagi orang inggris. jadi kesimpulanya ” siapa pun pengguna adat istiadat orang lain yang penting jangan mengakui kalau kita penciptanya” begitu budak banjar

    • zazzz berkata:

      kami tidak pernah menggunakan budaya orang lain…’melayu’ di malaysia itu maksudnya melayu, jawa, minang, bugis,banjar,etc…emangnya kami perlu meminta kebenaran orang di Indonesia untuk menggunakan budaya sendiri??

      • rahmad berkata:

        untuk apa di perdebatkan masalah pakai atau tidak pakai budaya toh kita sama sama tahu melalui media. yang jelas semua permasalah pasti ada penyelesaian, sebaik baik penyelesain adalah musyawarah untuk mengambil kesepakatan. untuk itu perlu diketahui budaya indonesia itu meluas dimana mana jadi sedikit banyak pasti di gunakan.

  141. andy berkata:

    INDONESIA,..sdh 65 tahun merdeka tp msh saja tertinggal, memang kalau diperhatikan ada elite2 politik yg jd antek2 Luar Negeri yg tidak mau NKRI menjadi kuat dan mereka itu dibayar, Coba pekuat industri pertahanan dlm negeri dan jgn malu2 minta teknologi Alusista kpd RUSSIA, CHINA, IRAN, KORUT, INDIA karena cuma merekalah yg bisa dan mau berbagi Teknologi dan selanjutnya kita pelajari dan kembangkan dalam negeri, dan yg pasti PEMERINTAH harus mau dan sanggup/komitmen BERINVESTASI terhadap proyek dan industri tersebut…dimulai tahun 2010 dan aku yakin tahun 2030 kita sdh bisa produksi semua ALUTSISTA secara mandiri.

  142. hery berkata:

    harus nya negara kita harus berpacu tuwh ………boro mikirin perang and techno masalah politik aja ga reda2 ………….yang pinter di negri ni……! udah jangan di tanya lagi……..,buktinya olimfiade kemren lu bawa emas,kenapa ga di pake sih tuwh

  143. Slvy berkata:

    Tidak perlu berperang sebenarnya, opsi itu jalan terakhir kalau ditingkat diplomasi n pemerintah kita udah mentok akan suatu hal spt pelanggaran wil ato yg lain2. Karena yg rugi kedua belah pihak pd khirnya, dan yg rugi toh kita2 juga rakyat Indo yg skrg aja susah apalagi klo perang – dijamin nambah melarat rakyat kita. AS aja walaupun superpower opsi perang ttp jdi pilihan terakhir mreka.
    Saran saya perkuat diplomasi, pertegas sikap kepada negara tukam claim itu, dan buat propaganda2 positif dari negara kita ke rakyat negara tukang claim itu biar mreka sadar klo dulu mreka itu di ajari dan di bantu Indo dan gak mungkin bsa kya skrg klo bkan krn abang Indonya ini.
    Jadi tlong kita smua berpikir jernih n cerdas, demi kemajuan negara kita ini…merdeka!

  144. Semar Inside berkata:

    Assalamu’allaikum

    Apakah anda-2 yg berkeinginan utk berperang tdk pernah sekolah,, apa sih untungnya perang ??
    Yang menang jadi arang dan kalah jadi abu… itu ya keinginannya ???

    Sudahlah jangan tong kosong nyaring bunyinya,,
    jadilah padi… semakin berisi semakin menunduk,,

    Saya yakin sekali,,
    jika suatu saat memang terjadi perang pasti ada dalang dibelakang semua ini yang tertawa lebar dan bertepuk tangan,, nauzubillahiminzalik

    • jika kita dihina dan gak dianggap???
      dianggap sebagai bangsa yang gak bisa menjaga wilayah sendiri???
      mengaku2 kebudayaan kita???
      kalo caranya seperti ini lalu bangsa tetangga akan buat ulah apa lagi??
      apa kita bakal diam terus?????????

  145. penegak Adil berkata:

    salam kepada semua rakyat indonesia…
    saya dari malaysia..
    kenapa kita mesti berperang..
    pada saya tak ada guna nye kita berperang…
    ini semua terjadi kerana salah pemimpin kita..
    biar lah mekera yang meyelesaikan..
    jika terjadi begini siapa yang akan menjadi mangsa..
    bukan kah kita..?rakya yang menjadi mangsa..
    padahal yang membuat angkara boleh melarikan diri ke luar negara jika berlaku peperangan..kerana mereka mempunyai wang yang ckup untuk melarikan diri..
    padahal kita tidak mencukupi wang untuk melarikan diri..
    tentang kalah ataupon menang x penting..
    berfikir la sebelum bertindak…
    yang menjadi mangsa nya kita juga nanti jika berlaku peperangan…
    renungkan lah……

  146. abdullah.satria berkata:

    bagaimana memecah belah islam?
    salah satunya mengadu domba indonesia dgn malaysia..

    hati hatilah saudara….ada siapa dibalik indonesia vs malaysia!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  147. cimut berkata:

    hati2 para pemimpin Ind…ke2 negara akan damai jika tidak mementingkan ego masing2..liat lah rakyat kecil yang bener “bersih” jadi kena dampak ny..Perang bukan jalan yang baik jangan sombong karena harta tidak di bawa mati…daripada buat KORUPSI mending buat ngurus negara, perbaiki peralatan negara.

  148. MUSLIM berkata:

    “sesungguh nya muslim satu dengan yang lainnya adalah saudara”
    haram hukum nya perang antara saudara seiman dan seagama !
    karena nyawa kalian akan hilang sia-sia !
    indonesia adalah negara islam yang memiliki beraneka ragam bahasa dan budaya.
    indonesia vs malaysia ?
    bagaimana kalau begini saja,
    indonesia+malaysia vs israel = ?

  149. IYAN berkata:

    Sy bkn provokator bung, dan sy jg benci peperangan, namun jika itu adalah satu2nya syarat agar tercipta perdamaian dan bangsa ini bisa bermartabat di mata bangsa2 lain maka bagi saya itulah yg terbaik, Malaysia gak usah mengelak lg dgn mengkambing hitamkan warga Cina dan India yg ada di negaranya krn selama ini yg mnjadi pemicu ketegangan kedua negara adalah aksi2 provokatif militer Malaysia yg sy yakin adalah WN Malaysia Etnis Melayu…. Sy brkeyakinan bhw yg menulis/menganggap bhw jika trjadi peperangan dgn Malaysia (dimanapun lokasinya) TNI akan kalah, jelas berarti dia buta tuli, sy bkn dari kalangan Militer tp sy tahu betul bagaimana rasa nasionalisme bangsa ini serta tahu betul dgn kemampuan dan sikap mental setiap prajurit kita, tanpa senjatapun saya yakin kita gak akan kalah dgn Tentara DM apalagi masih punya ALUTSISTA canggih spt skrg ini, kalau anda mau tahu menghadapi negara yg berkultur perang sekaliber Jepang sekalipun dlm kondisi kita yg sgt minim prsenjataan kita masih bisa memberikan perlawanan gigih di darat, laut dan udara, apalagi hanya dgn negara kecil lucu yg kemerdekaannya sendiri juga bknlah direbut dgn darah dan nyawa melainkan hanya hadiah dari Inggris, darimana bisa kita akan kalah????? You harus tahu ya, dalam kamus TNI apabila sudah bergerak maka opsinya hanya “MEMBUNUH ATAU DIBUNUH”, justru itu pemerintah gak akan segampang itu memberikan perintah perang apalagi kita semua tahu bhw Kepala Negara kita skrg ini adalah Purnawirawan Jenderal Penuh Bintang Empat TNI-AD yg pasti faham betul bhw perintah perang tidak akan diberikan kecuali beliau yakin kita akan menang dan seluruh tumpah darah Indonesia aman, bkn karna kalkulasi kalah-menang sperti ilustrasi di atas, terakhir… di mata dunia TNI memiliki status dan kedudukan yg sgt terhormat dari dulu, sekarang dan hingga kapanpun, anda tahu mengapa???? karena TNI dicintai oleh seluruh rakyat Indonesia, serta jgn lupa bhw dlm kondisi perang setiap WNI berhak untuk ikut membela tanah airnya dan pergi berperang brsama TNI termasuk sy, jd kalau Indonesia akan kalah di BLOK AMBALAT berarti Malaysia harus sanggup membantai seluruh rakyat Indonesia disitu, dan itulah alasan mengapa kita gak mungkin akan kalah….

  150. Hoi berkata:

    SETUJU…!!! TENTARA DAN POLISI MALINGSIA DI LATIH UNTUK MEMBENCI INDONESIA..!! GANYANG MALAYSIA..!!! JANGAN BAWA2 AGAMA..! INI NASIONALISME..! MUMPUNG RUSIA DAN AMERIKA LEBIH MENDUKUNG KITA DARIPADA MALINGSIA YG CUMA DI DUKUNG INGGRIS..!

  151. slamet berkata:

    Dari segi peralatan perang memang kalah dengan malaysia, namun kita masih mempunyai pasukan elit TNI dari KOPASUS dulu RPKD, yang punya prestasi segudang, jangan salah pasukan elit indonesia no 3 di dunia, la wong Australi sama Amerika saja takut koq, apalagi pasukan Malaysia.

  152. wisnu berkata:

    kalauw Ind0nesia vs malaysia, malaysia dak kalah liat aja berapa jumlah warga megara Ind0nesia yang ada di malaysia.

  153. NO UMNO berkata:

    my Muslim Indon friends(yes to Muslim only)
    kami org2 malaysia never treat Indon as our enemy
    in fact i have several good Indon(& also know several Indon maid whis is hardworking)
    perhaps several hundreds Jawa people are creating havoc(yes i think thiose Bendera are Jawa)
    Sumatera,Kalimantan,Riau(other than Jawa)…are they like those Bendera?i hope not since I had been to Aceh, Medan & Bandung & I feel I part of them

    Malaysia & Indon need each other..why want war?

    u guys should know israel had their proxy here which is Singapore
    thats more dangerous

  154. rahmad berkata:

    yach boleh aja malaysia menganggap kita serumpun dan bisa di kata saudara tapi, buktikan dengan jangan menghukum warga negara indonesia sampai hukuman mati kalau hanya membawa benda haram sedikit aja. apa lagi itu hanya di jebak oleh istri yang kewarga negaraan malaysia…. mana hati nuranimu … lepaskan ia dari pada mendapat musibah besar.. hidup TKI….. engkau devisa bangsa ini..

    • Janganlah kamu bergaduh berkata:

      rakyat malaysia pon dapt balasan yg sama..kami tidak berat sebelah..daripada kamu semua bergaduh pasal kebudayaan masing2..baik kamu berperang dengan wanita berbangsa indonesia ini..yang memburuk2kan agama islam..silakan bunuh dia..–>>>>Muhammad utusan setan Lucifer ATAU utusan Tuhan JHVH Jireh …
      INILAH 10 KeASLIan TerBESAR & TerBUKTI dari KeNABIan Muhammad Utusan setan Lucifer : Muhammad adalah seorang Nabi PALSU yang DISURUH oleh Tuhan Ehhhhh sorry oleh …
      teswordpress.wordpress.com/2008/12/10/muhammad-utusan-setan…

  155. Not UMNO supporter berkata:

    “buktikan dengan jangan menghukum warga negara indonesia sampai hukuman mati”
    itu kerna mereka membuat perkara seperti merompak & membunuh…kalian tidak tahukan apa yg mereka buat?rakyat malaysia juga dihukum sama speerti mereka jika membuat perkara yg sama

  156. @buat bung Zaidi bin Mohammed..
    keliatannya uraian anda belum mewakili rakyat malay..
    kenyataan yg terjadi dr contoh kecil aja kasus ambalat…apakah tentara2 anda org india & bangla??? sy yakin tentara2 anda org2 melayu yg nota bene sdh digembeleng dg doktrin hajar indonesia..apakah malay merasa benar dg perbatasannya…google earth saja msh mengakui klo wilayah ambalat masuk indonesia,,tp yaaaaitulah rasa serakah masih menjadi bagian kebanggaan negaramu…
    klo ditanya satu2 rakyat malay yg anda sampaikan bs benar bs jug tdk..rasa congkak yg ada pada hati org2 malay krn merasa telah makmur itulah yg akhirnya merendahkan indonesia,…anda sdh dibantu membangun gedung2 beringkat dg kuli dr org2 indonesia apakah ada rasa bersyukurnya?
    waktu negara anda ditinggal kuli2 dr indonesia bukankah bangunan anda terlantar??? trs negara anda memanggil kuli2 dr pakistan, india & bangla bukahkah tidak bisa jalan juga??? tidak ada kuli dr negara2 yg td sy sebutkan bisa bekerja dg baik..ujung2nya mencari lagi kuli dr indoneisa..dr situ apakah anda bersyukur dg indonesia?
    memang sdh banyak sekali warga indonesia yg sdh jd warga negara malay,,paling2 itu saja yg merasa & mencegah perang dg kata2 yg manis..kita ini satu rumpun,,,kita ini satu rumpun, kita ini satu rumpun???
    pekerja2 indonesia yg kerja di hutan2 sawit anda tahan paspornya,,,suatu saat pekrja td menanyakan gajihnya..katanya pekerja indosneia demo dan makar,,,trs pekerja indonesia anda lepas dg menginformasikan ke tentara RELA,,bahwa pekerja indonesia tidak punya paspor dan I L E G A L….kemudian diker-kejarlah pekerja indosneia terutama adik kandung saya…sdh cerita sendiri…memang bangsa anda tergolong umat Y A H U D I berkedok ISLAM……

  157. b sams berkata:

    rp 12.5 triliyun ? waduh pak, mengapa mau membazir perang sama malaysia, lebih baik kasi sama tki, biar ngak usah kerja di malaysia lagi..

  158. riyad berkata:

    saudara serumpun memang kata kata yang indah untuk didengar,tapi apa yang mereka perbuat disaat saudara serumpun mereka terkena krisis ekonomi apa yang mereka berikan bantuan,mereka hanya memanfaatkan keadaan kita mengambil ambalat ilegal loging banyak lagi pencurian baik budaya dan ekonomi.
    Nota protes sudah banyak kita sampaikan kepada pemerintah malaysia,apa mereka menanggapi tidak .
    Apa seperti itu negara serumpun.
    Saya tidak berharap perang karena itu hanya membawa kehancuran kedua belah pihak dan ada pihak yang akan diuntungkan.
    Cobalah malaysia intropeksi diri jangan terlalu merendahkan saudara serumpunnya.
    Karena negara indonesia ini negara besar baik penduduk kekayaan alam semua kami punya jelas kue ekonomi kita lebih besar dari malaysia.
    Ada pepatah yang mengatakan hati hati dengan macan yang sedang tidur tetap lebih berbahaya daripada kancil yang suka mencuri ketimun diladang.

  159. b sams berkata:

    malingsia……?…siapa yang jadi maling sbnarnya……? yang pasti rumah saya sudah 3 kali di masuki maling …ditempat saya sekarang sudah ngak aman gara2 ada perampok….

  160. budak_jawa berkata:

    salam…….
    saya orang malaysia dan saya suka indonesia.
    saya tak suka perang dan pasal mengambil budaya tu sebenarnya mmg tak salah sebab satu budaya memang boleh diamalkan oleh banyak negara kalau tak percaya boleh pergi ke mahkamah antarabangsa.

    • Roni berkata:

      mengambil loe bilang gag salah!!
      pernah sekolah gak Mu!!
      atau aja gak punya Agama kamu

      Agama j melarang yang namanya mengambil hak milik orang lain!!

      Bs dimengerti?

  161. agung berkata:

    mau perang?? dah kadaluwarsa om…orang indonesia bisanya bikin masjid dan siang malam berdoa agar cepat bisa kawin,kredit rumah,punya anak dan beli mobil!

  162. b sams berkata:

    Mr Agung kata2 anda betul. apa untungnya susah2 buat demo bawa taik…

  163. WAK berkata:

    70 tahun lalu kedua org tua saya datang ke malaysia, asli dari madiun jatim. saya ngak percaya malaysia sama indonesia mau perang..ngak ada umat yang tega mau perang sama bangsa sndiri…

  164. tabri berkata:

    Saya sebagai anak bangsa sangat marah bila negara saya di lecehkan negara lain..saya tau malaysia itu negara serumpun dgn Indonesia tetapi kenapa selalu mau mengambil yang bukan hak nya, saya juga tau perang itu tidak bagus untuk semuanya tapi apa boleh buat bila negara malaysia selalu mau coba-coba dgn Negara Indonesia >>> seperti pepatah betawi mengatakan lu..jual gue beli….

    • jap berkata:

      senjata…boleh kalah tp soal strategi indonesia terkenal dimata dunia,,jadi soal menang kalah nya kita gak tau.
      malaysia juga berpikir dua kali mau berperang sama indonesia.
      malaysia jgn sok hebat dech..ingat malaysia dulu pernah berguru sama indonesia.

      kita harus mendukung bangsa kita dan TNI…

      INDONESIA JANGAN MAU DIREMEHKAN SAMA MALAYSIA…

  165. roda berkata:

    selamat hari raya idul fitri maaf zahir batin

    • hohonever berkata:

      selamat hari raya idul fitri,,mohon maaf lahir batin,,,
      semoga hubungan indonesia dan malaysia menjadi lebih baik…Amin!

  166. catpunk berkata:

    lebih terhormat mati dimedan perang drpd mati kecelakaan, knp banyak masyarakat kita yg pesimis akan kekuatan TNI kita, dicoba aja blum udah pesimis….

    menang kalahnya perang bukan hanya ditentukan oleh peralatan militernya ttp ditentukan jg oleh strategi & keterampilan personilnya….

    jayalah “INDONESIA” ku
    “GANYANG MALINGSIA”

  167. rif berkata:

    yg setuju perang.. udah pernah hidup didaerah konflik blom..? aceh,poso,irian,timor dll, sedih om…. udah mikirin rakyat yg tinggal didaerah perbatasan blom? miris om.. mau makan aja susah.. andai diberlakukan wamil dah pd siap blom? gw sih ogah.. gw msh inget jaman reformasi 98” udah pernah ngerasain ditodong senapan blom? dah ngerasain btapa kita sangatlah dibutuhkan oleh negara atau kita hanya di sia siakan.. pengangguran meningkat pesat.. klo udah pd siap dan ingin kjadian dwikora terulang.. lanjutin dh ngobrolnya.. sori om bukannya takut perang, gw cm takut lapar (realistis)

  168. ebet berkata:

    daripada kita perang dengan malaysia lebih bagus kita bersatu perang dengan israel

    • art berkata:

      sokong…why do we need to quarrel between us..kt adalah serumpun & seagama..dunia sudah akhir zaman…kt kene bersatu menentang kafir yg terang terangan mengacau bilaukn kt…bukannya berperang mulut siapa yg hebat … negara luar sudah sampai ke angkasa kita masih lagi berperang mulut tentang perkara bodoh…

  169. wak berkata:

    biar bapak presiden sja yg urusin……..

  170. Jai berkata:

    Saya setuju perang terjadi
    malasia sudah keterlaluan
    jangan remehkan TNI, TNI tidak selemah itu
    dan saya yakin indonesia pasti menang, malasia patut di beri pelajaran atas tindakan2nya yang sudah keterlalua

    • Nowar berkata:

      kamu rasa, semua rakyat malaysia harus dibunuh, kamu rasa semua rakyat malaysia jahat…?? apa kata keluarga kamu mati dalam peperangan itu nanti,, ? mauuu… yg mati anak2 yg tidak bersalah.. a[a yg kamu dapat jika kamu memang nanti.. bodohh

  171. OMEN berkata:

    Perang di pikirin…sembako tuh pikirin mau lebaran pada naik…

  172. telsa street berkata:

    malaysia bajingan ayo perang aku gk takut sm bajingan2 sprtimu………….

  173. dji sam soe berkata:

    negara islam terbesar di dunia katanya indonesia. sebenarnya ngga. indonesia ini penganut fahaman nasionalis. agama di tempat kedua.

    kalo ngerti hitung-hitungan, bego dan bodoh amat kalo perang ama malaysia. malaysia negara commonwealth. bekas jajahan british. mereka punya penjanjian pertahanan sesama mereka. berperang ama malaysia berarti berperang melawan inggeris, australia, new zealand dan singapura juga. dan lagi satu, bila nyerang singapura berarti menyerang kepentingan amerika. amerika itu kepalanya pakatan NATO. pangkalan tentera amerika itu ada di singapura, filipina dan jepang.

    bego dan bodoh banget jenderal TNI yang mau perang. lagian ini hal sepele yang not worth untuk berperang. siapa2 yg muslim tapi nyokong perang ini saya sarankan murtad aza terang-terangan. kerna waktu ini agama kamu bukan islam melainkan assobiyah.

    kenapa kalian begitu bodoh. kamu bela-belian petugas perikanan itu. sebenarnya udah sering petugas perikanan kita memeras nelayan malaysia. cuman kali ini nasib mereka ga baik. mereka kepergok. kalian tahu ga apa alasan yang petugas perikanan kita berikan waktu mereka ketangkap ama polisi marin malaysia? alasan mereka ialah alat GPS mereka mati, baterainya habis. makanya mereka mungkin tersalah menangkap warga malaysia di perairan malaysia sendiri.

    memang ada kapal nelayan malaysia yang pada waktu itu telah memasuki perairan indonesia. tapi kita harus ingat, petugas perikanan kita telah lebih dulu memaksa kapal2 nelayan tersebut untuk dirampas.

    kalian sendiri tau gimana akhlaknya aparat2 kita itu. korupsi, pemerasan dan penggelapan merajalela. dari polisi, tni, jaksa, hakim, menteri dan siapa saja! bener amat parah!

    pikir pake otak yg jernih. kalian mau mati untuk membela sesuatu yg gak jelas kebenarannya? bodoh amat kalian. mana iman kalian?

    buat yang beragama islam, kalian memang bodoh! apa kalian ama peristiwa ambon, maluku? apa kalian ga pernah mendengar apa sebenarnya yg terjadi di sana? apa kamu tau TNI itu siapa? apa semua anggota TNI memihak kalian?

    maka atas kebodohan dan kezaliman itu maka negara yg paling ramai umat islam di muka bumi ini terus-terusan mendapat peringatan dari Allah berupa bermacam-macam bencana. tapi sayang, kesombongan membutakan hati2 mereka!

    apabila berlaku perang di rantau nusantara ini, percayalah bahwa kita akan dijajah kembali. apabila malaysia dan indonesia berperang… yang menangnya pbb = amerika + inggeris + israel

    kalian memang bodoh dan tolol!

    • Nowar berkata:

      Saya org malaysia, saya tidak perperangan terjadi,, antara kita,, tajuk artikel ini saja sudah cukup untuk mengapi2 kan dua negara ini, kepada pembaca2 sekalian, bacala dari atas ke bawah, semua komen dari malaysia memohon kemaafan dari kalian, memohon perdamaian. sebaliknya cuba baca komen2 dari rakyat indonesia sendiri,, semua mahukan peperangan.. fikir masak2 sebelum membuat keputusan ………. kamu semua sudah mengenal erti kehidupan..

    • salah34 berkata:

      saya amat bersetuju dengan kenyataan saudara.. peperangan sesama islam lansung x menguntungkan.. xkira indonesia atau malaysia yg menang tp yang pasti kalo peperangan berlaku sudah tentu berlaku pertumpahan darah dikalangan umat islam.. yang ruginya juga umat islam.. maksudnya siapa yang mahukan peperangan maka sifatnya sama seperti yahudi pentingkan diri sendiri.. sepatutnya kita bergabung menentang yahudi kerana yahudi telah membunuh berjuta2 umat islam. ini kita berperang sesama sendiri hanya kerana perkara yang amat kecil. mungkin yang menghasut supaya berperang ini ialah yahudi2 kecil.. salam..

  174. roda berkata:

    mr dji sam soe, negara indonesia sebenarnya membutuhkan warga saparti anda……

  175. ade berkata:

    udah lah…
    masak am malaysia aj takut..
    kita bumi hanyus kan aj tu malaysia,.kita bantai rakyat nya..
    jangan kasih ampun !!!!
    hidup indonesia..

  176. Malay Land berkata:

    Kalian mempunyai semangat berperang yg tinggi. Tp percayala, klau perang, malaysia akan menang. Malaysia jarang bercerita tentang army mereka. Jarang bercerita tentang equipment terbaru mereka. Pihak musuh tidak perlu tahu.
    Demo terbaru di kedutaan Malaysia di Jakarta and nk sweap rakyat Malaysia sungguh kecoh di Indonesia, tp di Malaysia kami hidup seperti biasa dan x kisah mengenainya walaupun kami tahu mengenainya. Impian kami ingin menjadikan Malaysia sebuah negara Islam pertama yg moden dan maju setanding amerika.
    Warga Indonesia, teruskan la teriakan anda… dendam anda… laungkan lah semangat nasionalisme anda.. dan akhirnya… Indonesia dulu, kini dan selamanya.. x pernah berubah dan masih berada di dunia kelas 3. Ayuh la warga Indonesia, binalah negara kamu.. Kamu yg memiliki tanah itu…”Allah tidak mengubah nasib seseorang itu melainkan org itu yg mengubahnya sendiri”.

    • Adi berkata:

      saya dari Samarinda Indonesia,Anda Salah tdk semuax mewakili suara indonesia..apabila Anda mau menghancurkan yahudi perbanyak Amal ibadah,sholat 5 waktu,sholat jum’at dipenuhi dimesjid, tahajud tengah malam..ingat apabila terjadi perang akan menimbulkan pertumpahan darah korban berhamburan,Anak2 kelaparan,umat Islam saling membunuh(naudzu min zholik) siapa yg berdosa kitalah semuanya berdosa utamanya pemimpin 2 negara..Ya Allah Ampunilah kami semua dr masalah ini.berikanlah jalan yg terbaik bagi 2 negara ini hindarkanlah dari fitnah damaikanlah ya ALLAH Ya RAbb .

  177. dealer pulsa berkata:

    perang-perangan saja biar piss damai

  178. zack berkata:

    merugikan dua2 pihak saja..truskan la..mari puasa ya umat Nabi Muhammad..Ibadah lbih penting dri bertekak yang tiada kesudahan..

  179. nIa...ya... berkata:

    miKir ga’ ceH?
    Qt NIch udaH pEranG MElAWan YAHuDI…!
    MAsA’ SEsAma muSlim hAruS saLIng peRang…?
    yA Allah… dImANa leTak kesaDarAN Qt seBagAI SESama MUSlim…..???
    AllahuAKbar!!!

  180. Nowar berkata:

    Selamat Hari Raya Aidilfitri, Maaf Zahir dan Batin semua.. yg beragama islam,, negara islam yg bukan islam , yg dahagakan peperangan…

    • Adi berkata:

      dari Indonesia mengucapkan”minal Aidzin walfaidzin,”semoga Amal Ibadah kt diterima di bln Ramadhan ini.Insya ALLAH 2negaria ini selalu tetap damai.Amien

  181. Nowar berkata:

    Kamu rasa kamu akan aman selepas menang nanti,, Allah Maha Adil, pasti kamu akan mati sebelum peperangan bermula, sebelum kamu membunun anak2 yg tidak bersalah di negara kami,,
    Perjuangan apa yg kamu lakukan ini, negara kamu juga aman seperti negara kami,, mungkin kamu sudah bosan dengan keamanan yg ada,, Neraka menanti kamu semua yg mahu berperang..

  182. hohonever berkata:

    Damai itu indah,,
    saya yakin pd hakikatnya kedua negara menginginkan hidup berdampingan dan damai…
    tapi ada diantara kita yg mudah dan sudah termakan provokasi,,
    saya harap perang itu tidak akan pernah terjadi…

  183. mereka bangang berkata:

    aku tengok rata rata kat sini indonesian memang semua bongkak nak berperang…rakyat malaysia diam bukan sebab takut..tapi sebab kami tak nak melayan benda yg tak bawak keuntungan…aku sumpah aku tak takut kalau indonesian bebetul nak berperang dengan negara aku ( walaupun aku mohon kepada Allah supaya itu adalah jalan terakhir )…tapi nasihat aku kepada yang indonesian yang hanya tahu bongkak nak sangat berperang…jangan tunggu dan banyak cakap sebab terbukti kamu ni tin kosong…cakapnye lebih tapi aksinya kurang…hanya seronok sendiri kononnya cintakan negara…kalau betul cintakan negara…bangunkan ekonomi negara…bekerjasama dengan orang lain..belajar merendah diri…..aku kagum dengan presiden SBY yang nyata presiden yang bijak bukan kerana dia nampak lemah ( dimata rakyatnya yang pro- perang )…tetapi aku nampak presiden SBY seorang yang pandang kehadapan dan bahawa hanya mereka yang bodoh saja yang sukakan perang…dan aku yakin…orang yang cakapnya banyak nak berperang..inilah pengkhianat pertama untuk negara kamu…terima kasih..

    • Islam Semua Bangsa berkata:

      pelik orang indonesia….sepatutnya bersatu tolong menolong sesama islam tapi diorang ni nak bergaduh sesama islam…..kalau mati, memang mati tiada iman……
      kalau aku, daripada berperang dengan indonesia, baik berperang di palestin, selatan thailand dan
      filipina.
      kembalilah kepada ajaran islam yang sebenar yang Nabi Muhammad…..islam tidak mementingkan diri sendiri dan satu2 kaum sahaja….even negro, orang putih, cina kalau masuk islam kita patutnya tolong menolong antara satu sama lain…..apa la ada dengan kemajuan yang kita nak dengkikan tu….bertolak ansur sesama islam jika perlu…..
      barulah orang kafir nak masuk islam….malulah aku dengan orang indonesia islam sekarang yang perangai macam tu
      syurga adalah tempat hakiki orang islam…bukan dunia ni……

      • rahmad berkata:

        tu… lah kamu tak patuk jadi panutan melihat aja kejelekan orang lain tapi gak liat…….. kejelekan sendiri………

  184. rahmad berkata:

    jangan bincang masalah ekonomi bangsa indonesia. indonesia ini bangsa makmur yang bisa berkembang dimana aja, untuk itu kamu bangsa malaysia kamu harus bersyukur karna kebanyakan bangsa kami di malaysialah negaramu bisa makmur seperti sekarang. jangan banyak komentar yang bukan bukan. apa lagi perang kamu nyatakan tidak takut padahal kamu punya kesalahan… kalo aku jujur malu ngatakan perang kalo aku itu salah dan mencari kebenaran yang tidak layak…. intropeksi diri ajalah aku mau perdamaian dan mau juga berperang kalo memang pimpinan kami memerintahkan

  185. Andri berkata:

    Aku Bangga Menjadi Bangsa Indonesia. Para blogger2 sejati aseli indonesia memang luar biasa. Memiliki pemikiran yang cerdas dan inisiatif yang mantap. Rela berkorban harta, jiwa, dan raga demi NKRI. Yawda, stop teori. Langsung beraksi saja. Sampai saat ini, ada banyak sekali koruptor yang mendekam di tahanan, ataupun berkeliaran bebas di bumi pertiwi ini. Ayo sikat mereka, keluarkan jurus ninja, hukum mati mereka. Gak perlu nunggu aparat yang melakukan, karena kalian semua sudah terbukti sebagai sang inisiatif sejati. Dijamin, jika tiap jam media televisi menyiarkan berita para koruptor yang mendekam di penjara berakhir dengan kepala pontong, mati keracunan, mati di SANTET. Jumlah koruptor akan menyusut drastis bahkan hilang. Bukan Seperti sekarang, koruptor malah membela diri dan masih ada saja pengacara yang mau membela para koruptor.

    Setelah hal ini sukses besar, barulah kita comment2 di blog ini lagi. Kita sharing n berbagi pengalaman bagaimana nikmatnya membumikan kepala2 koruptor itu (bukan kiasan).
    >>DAMPAKNYA APA?<<
    Malaysia (maap ga pake istilah “Malingsia” karena kita tetap harus menghormati) gak akan berani memprovokasi laut kita, bisa2 blogger2 sejati ini langsung merapat ke perut kapal perang malaysia lengkap dengan C4 di badan, jadi gak perlu mengorbankan 1 kapal frigat usang kita, dan gak perlu ada TNI yang mati.
    Mumpung2 dukun2 santet aseli Indonesia ada yang jadi blogger juga, jadi gak perlu pake C4, cukup baca mantra langsung muntah darah, nanah, paku, jarum n terakhir tewas tuh para kapten2 kapal perang DM (ini gak mengada-ada ya, karena mank banyak kejadian kayak gini di indonesia).
    So,,,malaysia gak akan punya pilihan lain selain menjaga wilayah perbatasan bersama-sama, tanpa ada claim2an.
    Kita akan kelihatan sangar, apabila kita sangar luar dalam. Kita jangan hanya sangar terhadap negara lain yang memprovokasi. Tapi, kita juga harus sangar terhadap bangsa sendiri yang memprovokasi dan merusak kestabilan NKRI (ex: koruptor, komunis, pemberontak yang ingin mendirikan negara sendiri). So, NKRI HARGA MATI. Maka ayo kita MATIkan para koruptor di bumi pertiwi ini. Salam perdamaian!!

    • mereka bangang berkata:

      ok la indon..aku tengok dari dulu korang show off je..sejak zaman sukarno lagi nak ganyang…cakapnye lebih dari zaman tu …hantar askar pun tewas jugak kena tembak kat johor…tak sempat masuk pun malaysia..tapi bile bercerita kemain gegar satu dunia…tin kosong…hantar la pasukan sukarelawan korang tu..yg bawak buluh runcing …memang kami 27 juta….jangan buang masa taip depan komputer cakap nak perang…tapi nyata diri sendiri penakut nak berperang..hanya tunggu TNI yg korbankan nyawa dulu…stupid

  186. salah34 berkata:

    yang berbicara disini rasanya semuanya muslim kan? maaf kerana mengganggu.. saya warga malaysia. peperangan bukan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah. kalo mati dalam perangan adakah mati syahid? cuba anda pikirkan mati peperangan antara muslim tu ditafsirkan sebagai mati syahid ke? bahkan kemungkinan kita mati sebagai kufur kalo berperang sesama muslim. kenapa kita nak sangat emosional tentang perkara2 yang melibatkan bangsa ini? bahkan kita sedikit pun xmarah atau mahu berperang dengan israel. rata2nya semua hanya pandai cakap saja walaupun tok imam dalam masjid, tapi tidak ada pun yang benar2 mahu berperang dengan israel. adakah kita nak berperang dengan mana2 hanya kerana beberapa orang diseksa? tapi kita xmahu berperang dengan israel yang membunuh, menyeksa berjuta2 masyarakat islam.. mana satu lebih utama bangsa atau agama? kalian yang benar2 mahu berperang sesama muslim ini saya syorkan tukarkan agama kamu dengan bangsa contohnya bagi melayu tukar agama dari islam jd agama melayu dan bagi indo tukar jadi agama indo!!

  187. maria kristiani berkata:

    para pemimpin negara indonesia dan malaysia harus tahu posisi masing-masing,koreksi masing-masing negara.

  188. Daeng.. berkata:

    Perang paling besar ialah perang hawa nafsu! Bebaskan diri kamu dari hasutan iblis, syaitan dan nafsu. Nak sangat mati? Sudah sempurna iman dan banyak amal solih?.. Berhentilah dari membincangkan perkara yang sia-sia ni.. Bukannya ditanya pun dalam kubur oleh malaikat..” kamu ni orang Indonesia ke Malaysia..

  189. salah34 berkata:

    sebenarnya pada awal lagi aku dah pelik kenapa aktivis bendera benar2 mahu berperang dengan malaysia walaupun kedua-duanya negara majoriti islam.. rupa2nya 3 org pemimpin utama kumpulan bendera adalah penganut kristian Mustar Bona Ventura, Adian Napitulupu dan Serdi Semaun. patutla nak perang sgt rupanya dalangnya adalah org kristian yang ingin memecahbelahkan umat islam.. tapi sayangnya pengikutnya yang islam sendiri terikut2 hasutan kristian untuk berperang sesama muslim..

    • blangkonisme berkata:

      bapak pinter sih… bapak bener banget itu analisisnya

      begini pak… di indonesia ini banyak warga muslim yg bodoh… udah bodoh, malah bego pula… mo gimana lagi, itu warisan turunan kok…

      itu masalah ambon – maluku itu mereka ga ngambil iktibar lho pak… siapa yang dibunuh, siapa nyerang, siapa itu tni, siapa itu mujahidin sejati… mereka ga ngambil pusing lho… taunya teriak2 doang!

      sebenarnya antara yang membunuh warga islam di ambon, maluku waktu konflik dulu ialah TNI sendiri! atasannya orang kafir! yang membela warga muslim ialah para mujahidin.

      kan udah ada yang bilang… umat islam indonesia emang bodoh… kalo udah bodoh terus sombong… ya mau diapain lagi… biarin ajah…

  190. G154na berkata:

    Saudara-saudaraku semua ..ambilah hikmah dalam Ramadhan ini… marilah kita Jaga Hati kita.. jangan saling memprovokasi, jangan saling menyakiti…
    jangan berikan kesempatan Pihak ke -3 bersorak dengan persengketaan antara saudara dekat…
    Bila kita hendak berperang… marilah dingingkan otak kita dengan menghadap kiblat… amatilah apakah berbeda yang kita sembah…apakah beda yang kita baca, apakah tanpa buka kamus anak – anak kita bisa komunikasi, bercanda….
    Ingatlah saudara ku Perang adalah sumber dari segala sumber Kejahatan, lihatlah contoh di negara – negara yang sedang dan selesai perang … Irak, Afganistan, Gaza…… Saudaraku lihatlah bagaimana anak kecil mengais reruntuhan mencari ibu mereka, bagaimana ibu menangis mengendong jenasah anaknya disamping jenasah suaminya …apakah cuma itu penderitaannya ..TIDAK…. siapakah yang berperang ??? siapakah yang selalu mengajak perang dan siapa pula yang selalu di Zolimi … marilah kita renungkan saudaraku di Indonesia maupun saudaraku di Malaysia…

  191. roda berkata:

    semua warga BENDERA.. sila tanya ama tki, mana lebih bagus perang ama malaysia atau kerja di malaysia….

  192. wak berkata:

    harap indonesia tidak jadi pilihan terakhir tempat utk libur warga malaysia…

  193. Nowar berkata:

    NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR NOWAR

  194. Adjie berkata:

    Bismillaah.

    Saya seorang muslim warga Indonesia… Semua perlu berkaca diri. Untuk Pemerintah malaysia kami berharap janganlah melakukan tindakan tindakan provokatif, sejak kasus sipadan ligitan itu terlihat kalian menjadi berlebihan. Demikian Indonesia tidak usah terpancing untuk perang. Seorang muslim tentu berharap terbentuknya satu pemimpin di bumi ini tetapi saat ini kita belum bisa..jadi harus bersabar dan saling menghormati wilayah masing-masing. Jangan mentang-mentang merasa lebih kaya terus berkelakuan sombong…. Bukankan kita diciptakan bersuku-suku dan berbangsa supaya saling mengenal?? Tidak perlu ungkit-ungkit sejarah masa lalu seperti penaklukan Majapahit, atau penaklukan Sriwijaya atau lain-lain. Itu menghabiskan energi umat muslim untuk membangun aqidahnya dan marwahnya saat ini.

    wassalamu’alaykum.

  195. JOe berkata:

    Hem.. asik ya di adu domba oleh amrika dan yahudi,
    kl bener2 terjadi perang yang mau boom duluan adalah freeport dan seluruh aset amerika, inggris, yahudi, bukannya malaysia.

  196. erwin berkata:

    klu mau perang pulangkan dulu para TKI kita,jangan2 yang kita lawan para TKI kita disana.kami mendukungmu dngn doa dan semagat yang membara.maju terus INDONESIAKU.

  197. andri berkata:

    apasih yg di perebutkan, apasih yg anda2 inginkan, lihatlah masing2 negara kalian, seperti malaysia negara anda sudah dikuasai china dan india,pribumipun nga berkutik tak mempunyai power,jadi benahilah negara kalian, begitu juga indonesia,negara yg amburadul mau membela sang koruptor, negara lucu, yg kalian bela itu hanyalah orang yg sengaja mencari duit memalak nelayan malaysia dan ketahuan sama polis marine malaysia, itu yg kalian bela, orang2 yg koruptor,saya prihatin sama bangsa sendiri yg sampai saat ini masih terjajah,entah dimana kemardekaan itu berada, TKI pulang dari negeri orang masih aja di palakin di bandara cengkareng,ngakunya sebagai bangsa yg besar, bangsa yg besar itu bangsa yg menghargai jasa para pahlawan,bukannya di tindas,persetan kalian semua

  198. blangkonisme berkata:

    biasa itu pak… rame orang sukanya piara goblok… mangkanya gobloknya jadi bertambah dan semakin bertambah… wong dipiara kok..

  199. sam berkata:

    Malaysia tidak dikuasai oleh cina/india,…kami ada DYMM Agong dan Sultan yg berkuasa mutlak, tidak boleh dicabar oleh mana2 pihak………org Melayu bertoleransi dgn kaum lain utk hidup harmoni…….1 Malaysia.

  200. Pendekar Kundur berkata:

    Semangat perjuangan itu bagus.. tapi jangan kita berjuang untuk untuk terkorban dan diketawakan oleh orang kafir.. mereka tidak mahu terkorban.. seluruh dunia umat islam berperang..indonesia jika mahu berperang melengkapkan lagi carta dunia..ramai yang terkorban..islam sama islam..

    lihat keliling kita dulu..banyak maksiat.. pelacuran..taukehnya siapa..wanita kita dijual tubuhnya kepada pelancong..wanita kita dibugilkan untuk wang..pria kita disogok dengan minuman keras..lalu bertepuk melihat wanita kita menari menyanyi dalam keadaan begitu..wangnya masuk ke poket mereka sikafir.. itu yang kita perlu perjuangkan.. mana pria handalan semua..

    jika kita handal..mantapkan ekonomi kita dulu..kumpul wang untuk makmurkan ekonomi orang islam…bina prasarana untuk pendidikan umah..bantu anak yatim dan ibu tunggal yang susah..agar mereka tidak menjadi mangsa di sarang maksiat..

    kita semua sudah senang? wang simpanan sudah banyak? anak-anak kita cukup wang untuk sekolah? keperluan kita sudah cukup?..kalau sudah cukup bolehlah kita menyumbang untuk peperangan..tapi pastikah wang itu diguna cara betul..cukai dan hasil yang ada ketika aman pun dimakan oleh pemimpin yang korup

    bariskan semua anak muda…pastinya yang berbaris nanti ramai anak muda islam..yang tidak tamak dengan kesenangan dunia..mana sikafir?..sudah lari mengira untung..hasil provokasi

    tak apa berperang..indonesia serang malaysia..orang kafir dimalaysia lari ke australia..yang tinggal untuk berperang islam sesama islam..senjata dibeli dari amerika..duit mengalir ke kafir juga…kita beli ubat untuk bantu yang cedera..duitnya ke orang kafir juga..

    bila dua negara sudah hancur berperang amerika pun masuk.. alasannya untuk memberi bantuan..tetapi menguasai wilayah nusantara sebenarnya..tanah-tanah kita diambil..wanita kita diperkosa..semua sudah hancur tidak ada pekerjaan..tidak ada sekolah..yang ada pendidikan cara kafir…wanita-wanita kita pun dijadikan pelacur..diratah amerika..waktu itu tidak ada azan tidak ada al quran…

    jika semua itu terjadi baru kita mahu berfikir tentang perjuangan sebenar..

  201. ajib berkata:

    salam buat indonesia dan malaysia..keep in peace.
    BENAR tuh semua provokasi asing terhadap MUSLIM..tapi tolong dong bangsa Malaysia yg Muslim bereskan segera pembuat onar di negaramu siapapun itu karena kami gak bisa juga tinggal diam dihina terus…

  202. imam ahmad berkata:

    nih kan lg dalam suasana lebaran (idul fitri)
    yuk Indonesia Malaysia saling maaf”an!
    bagaimanapun yg namanya perang itu merugikan!
    gak bakal ada untung”nya dah! suwer!!
    klo masalah budaya mo d’klaim kek ama malaysia, kek’nya buat apa kita indonesia masih mempermasalah’kan???
    toh saya rasa budaya indonesia sudah terlupakan!
    anak bangsa sekarang sudah lebih bangga dengan budaya impor!
    jangankan budaya, minum saja yg sangat sepele! apakah indonesia kekurangan air??? tidak toh?!??
    itu saja Aq** masih jd pilihan! apalagi budaya yg jauh lbih mendalam! jd klo emang gitu kenyataannya, ga usah sewot deh klo budaya kita d’serobot negara lain! daripada punah?? hahaha..

    maaf klo ada yg tersinggung, tp saya rasa itulah kenyataannya!
    dah ya, minal aidin wal fa’izin
    mohon maaf lahir dan batin

  203. Mas, kekuatan militer itu tidak hanya canggihnya peralatan militer saja. Indonesia itu terkenal karena kekuatan intelijen dan kemampuan menyusup ke negara lain tanpa diketahui.

    Jika perang melawan malaysia, negara malaysia pasti akan hancur dan kocar-kocir dengan kekuatan intelijen milter indonesia.

    Belum lagi pasukan katak indonesia yang mampu berenang mengarungi samudra dan bisa menyusup ke negara lain tanpa diketahui.

    Jika memang langkah terakhir perang dengan malaysia, ya jangan takut.

  204. melayu malaysia berkata:

    berkaitan isu budaya, tarian, makanan dan adat resam…soalan saya…saya orang malaysia.agama islam.tuhan saya Allah.Tuhan kalian pun Allah.adakah orang Malaysia mencuri@menclain@mempatenkan tuhan kamu????

  205. indonesiaboy berkata:

    heran, sebenarnya mau perang atau damai? masalahnya terletak pada perebutan wilayah negara, tapi ada komen komen yang masuk ke masalah agama. siapa sih sebenarnya yang memperkeruh keadaan. ada posting yang mengatakan tidak tega membunuh saudara seagama,(baik sekali bukan?). tapi kalau agama lain tega? (pendapat macam apa itu?). dan selalu aja mengkambing hitamkan orang lain untuk mencari perdamaian. misalnya ada intervensi dari amerika atau jahudi (walau mungkin saja itu ada kalau mau berfikir adil, tapi belum tentu juga).

    kalaupun mau berdamai, kenapa mesti ada unsur SARA didalamnya? kenapa karena satu agama yang sama, maka harus berdamai? artinya, kalau damai yang seperti itu yang dilakukan, maka kedua negara akan berdamai antar sesama agama yang sama, dan agama yang berbeda bakal di hajar dan dibunuh. berarti sudah timbul masalah baru lagi bukan diantara kedua negara? kalau timbul masalah baru itu, trus itu pengaruh siapa lagi? menurut saya itu murni pengaruh kita sendiri, yang berawal dari pendapat yg mengatakan, “membunuh saudara seagama tidak tega, tapi agama lain tega).

    ini murni masalah perebutan wilayah negara. selama masih bisa dirundingkan dengan baik, saya rasa itu harus dilakukan. tapi kalau memang sudah tidak ada kesepakatan, apa boleh buat? perang jadi pilihan. kedua negara merasa sama sama benar, dan sama sama merasa berhak atas wilayah yg diperebutkan.

    bangsa indonesia adalah bangsa yang cinta damai. dan saya yakin juga bangsa malaysia tidak menginginkan peperangan dan selalu cinta damai. namun secinta damai apapun suatu bangsa, kalau terus diusik akan merasa gerah. misalnya, apakah sakit rasanya kalau hanya dicolek? sama sekali tidak sakit dan hanya menimbulkan perasaan geli. tapi kalau terus menerus di colek, rasa geli berubah jadi rasa untuk melarang jangan mencolek terus. jika sudah dilarang mencolek, tapi yang dilarang tetep terus bercanda mencolek, itu bisa menimbulkan emosi sang pecinta damai tadi.

    sejujurnya, malaysia banyak membantu indonesia beberapa tahun terakhir. ada banyak TKI yg dipekerjakan di malaysia (terlepas dr kasus penyiksaan majikannya), tp intinya malaysia memberi lapangan pekerjaan buat beberapa bangsa indonesia. tp itu bukan berarti mereka bs semena mena terhadap indonesia. dengan mencuri budaya indonesia, flagiat lagu dari saykoji, dan sekarang mau merebut wilayah yang dahulunya sudah disepakati bersama oleh kedua negara. saya rasa wajar saja jika indonesia mulai gerah dengan perbuatan saudara saudara kita dari malaysia.

  206. saya nak berbaik berkata:

    saya rakyat malaysia, saya agak setuju berkenaan apa yang kamu katakan buat masa sekarang saya sedang menjalankan kajian mengenai kekuatan senjata, tapi belum pasti lagi apa-apapun saya tak setuju kalau kamu kata kita kena perang……………………………

  207. ratno berkata:

    sebagai bangsa yang berlandasankan islam harusnya malaysia tahu arti mengambil hak milik orang lain tu hukumnya ….jadi jangan mencolek kalau tak mau di colek .

  208. upin&ipin berkata:

    mengambil hak orang lain?? mahkamah pengadilan antarabangsa sudah membuat keputusan.Ligitan dan sipadan hak Malaysia.So mau apa ribut ribut???

  209. peterporn berkata:

    bilang aja kepergok ama polisi marinir malaysia ketika sedang memeras nelayan malaysia.
    lagian kalo alat GPS nya mati, trus napa nangkap nelayan malaysia di wilayah yang ga pasti di wilayahnya NKRI?

  210. cut tarian berkata:

    Kapal nelayan Thailand mencuri ikan sehingga ditembaki oleh AL, gk ada yg protes demo di dpn kedubes Thailand.Dimana BENDERA waktu itu?

  211. Iqqhuan berkata:

    Facebook ID: salamduanegara
    Assalamu’alaikum…
    Mari kita lihat sejarah 2 negara ini.Di perintah dan pecah oleh Inggris dan Belanda dari Perjanjian Inggeris -Belanda kalau tak silap tahun 1819. Dan tahun 1864 (kalau tak salah) di pecah lagi.Dari nenek moyang kita lagi tak wujud persengketaan.Namun setelah kedatangan 2 kolonial ini.Kita mengalami suasana 2 politik dan ekonomi yg berbeza.Perangai kita pun dah lain .Jd dlm hal ini ada yg ambil kesempatan laaa.
    Kepada yg setuju berperang: coba anda berikan manfaat kedua negara utk berperang. Kepada yg cintakan kedamaian.Syabas..!Tak kira apa suku atau agama.Anda adalah manusia yg sebetul-betul manusia.Kepada yg sakit hati krn ada TKI di zalimi.Maaf,kami pun geram dgn “anjing2″ itu. Dan berharap pihak hakim dapat menghukum seberat2nya.Jgn anggap semua org Malaysia zalim dan maling . Kami pun tdk anggap semua WNI pelacur, maling dan pembunuh . Hanya kerana beberapa org yg berkelakuan begitu.Secara sejarah ramai org Indonesia berhijrah dan membangunkan Malaysia.PM kita pun keturunan Bugis.Jd sebagai satu cara utk kita saling mengenal ,aku ada “set up” facebook utk kita bersilaturahmi.Jgn kita bersengketa , kelak ada yg akan ketawa.Kpd yg Islam.Hanya negara kita yg ( selain Iran) pd pandangan aku boleh di harap utk memperjuangkan dakwah Islamiah dan melindungi yg bukan Islam dari kejahatan. Sekian…

  212. azzzz berkata:

    tolong…jgan berperang……

  213. angga berkata:

    bikin kajian lain coba pak…

    “Andai warga dan pemerintah Indonesia maupun Malaysia saling menurunkan ego pribadi dan bergerak menuju visi pembangunan regional bersama”

    atau

    “Andai Indonesia dan Malaysia membentuk konfederasi kerjasama bilateral yang solid”

    barangkali bakal lebih adem dan “sehat” bagi orang yang membacanya… :D

  214. enden.arlong berkata:

    KALAU BICARA SOAL PERANG DENGAN MALAYSIA
    Saya siap membantu TNI perang,walaupun umur saya hanya 15 tahun,saya siap membela kedaulatan NKRI,saya rela mati demi mempertahankan kedaulatan NKRI,saya gak rela wilayah NKRI direbut negara lain,I LOVE YOU INDONESIA…

  215. Awang berkata:

    saya berasa hairan, ramai di antara kita asyik berbicara pasal perang antara satu sama lain. Tapi tidak seorang pun yang jelas punca sebenarnya berpunca dari mana. Segala permasalahan yang berlaku telah lama tersusun begitu rapi. Yang nyata ia bukannya datang dari Malaysia atau Indonesia. Tapi lebih bertujuan untuk melaga-lagakan kedua-dua negara ini.
    Tapi sayangnya kita agak terlambat untuk menyedarinya kerana kita berada di penghujung fasa ke4 kehidupan iaitu terlalu hampir dengan kedatangan dajjal.
    sila ke situs yang diberi dan baca satu persatu dengan sabar. Semoga segala permasalahan yang berlaku akan segera terjawab..
    http://dinar-emas.com/vatican.html#axzz136qySJy1

  216. wak berkata:

    1). dah ada iklan promosi ” visit indonesia”, kat tv malaysia, agaknya kenapa ya…… 2). aku dah tawar hati nak kesana lagi……….. 3). majikan2 malaysia sudah beralih guna maid dari kemboja. vietnam, thailand, filipina…ganti maid indon…..tak terliur ke maid2 dari indon ne…org lain dah ambik tempat mereka

    • rinaldimunir berkata:

      Please orang Malaysia, jangan panggil kami “indon”. Panggilan itu sangat merendahkan martabat bangsa kami. Sebut saja “Indonesia” lebih baik. Saya sudah sering menghapus komentar dari pembaca di Malaysia yang sering bernada merendahkan dengan menyebut “indon”.

  217. Penggunting Demokrasi berkata:

    NEGARA INDONESIA MAKIN MUNDUR KARENA KITA MEMAKAI SISTEM DEMOKRASI YANG DICIPTAKAN OLEH NEGARA-NEGARA BODOH DI EROPA……INGGRIS SAJA TIDAK MENERAPKAN DEMOKRASI KOK MAKSA NEGARA LAIN PAKE DEMOKRASI…..TUJUANNNYA APA???? JELAS MEREKA MAU MENGHANCURKAN NEGARA LAIN…..CAMKAN WAHAI PARA PEMIMPIN NEGARA

  218. Nowar berkata:

    Peace guys..

    Indon is a short term for Indonesia and Indonesian, similar to Brit for Briton or British and Jap for Japan or Japanese, that was used widely in Southeast Asia [1] to refer Indonesia or Indonesian for short.

    • Orang Indonesia berkata:

      Kalo anda punya niat baik untuk berdampingan hidup dengan Indonesia. Pertama-tama maukah anda mulai detik ini menyebut Indonesia dengan “Indonesia” bukan “Indon”. Sanggupkah anda??? Kalo itu saja gak sanggup, jangan salahkan kami Indonesia selalu mencurigai anda!!!

      • Nowar berkata:

        Peace.. tidak semua rakyat malaysia seperti apa yang kamu sangkakan,, seperti juga di negara Indonesia, tidak semua berhati tulus… so janganlan dengan perkara remeh ini membawa kepada peperangan.

        Semua orang pasti cintakan Keamanan..
        Jangan peduli cakap2 orang,, yang penting kita bahagia,, hehe

  219. irfan berkata:

    jika kita perang lawan malasyia 80%kita akan menang liad ja pasukan kita jauh lebih banyak &peralatan perang kita tidak jauh….. dgn malaysia mereka memang lebih cangih sdikit snjata tapi kita jumlah & pengalaman pasukan kita lebih banyak dan mereeka tidak berani berperang karna mereka takud … dan dengki blum tentu peralatan lebih canggih bisa menang kloq mereka gk pnde gunakanya utk pa …. dan liad saja peringkat tni kita dan kopasus…. saya yakin jika berperang indonesia akan menang mudah dalam waktu yg tidak lama…………….

    • Umat Rosul berkata:

      Kami memang tidak bangga jika berperang dan membunuh saudara satu umat dengan Rosulullah…mudah Kita tidak termakan politik pecah belah dari para Kafirun setelah kartun nabi yang mereka buat…..

  220. Abang Mai. berkata:

    Perang? Malaysia ke Indonesia ke dua-dua membawa kekalahan pada Umat Islam sejagat.Yahudi sedunia tersenyum melihat Umat Muhammad akhir zaman ini yang canggih kebodohannya.Sementara menunggu kiamat ni bangunkan kekuatan masing-masing jiwa dan rohani.Bangkitlah lah Umat-umat Muhammad jangan dibuai mimpi lagi.Si Yahudi sedang memerhati.

  221. ENDING berkata:

    THE END OF THE STORY

    NOTES: WAR NEVER LEFT A GOOD THING BUT BAD OMEN :)

  222. zahar berkata:

    Belum pun perang bermula Allah sudah tunjukan kusasanya, di hulu, di tengah di selatan Indonesia sudah di turunkan bala. Hanya orang yang insaf akan terima hakikat ini ingatan dari Allah, jangan berbuat jahat sesama umat.
    Kerana kecil hati kali ini orang2 Malaysia tidak mengirimkan bantuan.

  223. hebat berkata:

    gw liat rame indonesia yang bongkak..gw heran,kenapa indonesia mau berperang..loe pikir kita hebat..kita ga hebat kalo berperang ama negara islam..mending kita bersatu ama malaysia dan berperang dengan israel..itu di katakan hebat..jangan lah kita mengurangkan orang islam yang berada dibumi ini..tidakkah malu orang kafir liat kita orang islam berperang…gw malu…kita harus mikir gimana harus berbaik dengan malaysia..perang bukan kesudahnya…kita ga dapat pahala kalo kita perang dengan negara islam…kita sama-sama negara islam…cuma kita harus bersabar…dan kita juga harus hancurkan negara kafir yang menjajah negara islam..tidak fikirkah anda semua….gw malu punya bangsa yang bongkak..dan ga mau mikir gimana mau bersatu ma negara islam tuk berperang dengan israel….gw harap loe semua ngerti apa yang gw bilangin..

  224. handyawan berkata:

    Angger bisa aja perang, kang. Luwih apik dame bae. Angger ana masalah.. ya kudune diselesekena jagong bareng karo ngopi apa karo moci. Aja nganti ana masalah sing gede apa sing secuil, ngomonge perang. Kalah sepak bola, pada tawuran. Senggolan joget nang organ tunggal, gelut. Maksude kepriben?

  225. peace berkata:

    masih ada perbedaan..kebencian

  226. nibi berkata:

    perdebatan tidak mutu, sebelum berkomentar perbanyaklah wawasan, termasuk penulis artikel yang melihat dari segi negatifnya aja, saya sangat menyayangkan sekali penulisan artikel ini yang saya anggap pakai kaca mata kuda, dan menunjukan kurangnya wawasan. Lihatlah perkembangan kekuatan militer kita sekarang, ada kelemahan dan kekurangan itu pasti, Amrik ada banyak, dan saya sebagai salah anak bangsa yakin tidak 999% 1000% yakin Indonesia tercinta bakal menang.

  227. jong efendi berkata:

    Indonesia and Malaysia Be Good Moslem oke!!!! we are Melayu Big Family don’t wear thet all from Satanic

  228. 88mm AT gun berkata:

    datang la serang!!
    cakap banyak lak….
    omong kosong!!

  229. Nowar berkata:

    Saya mohon kepada admin supaya tutupkan saja artikel ini,,
    Langsung tidak berfaedah, hanya untuk melaga2 kan kedua2 negara..
    sekian……..

    • rinaldimunir berkata:

      Nowar, biarkan saja perdebatan yang ada, anggap saja hal ini romantika hubungan Indonesia dan Malaysia. Percayalah, semuanya akan baik-baik saja, tidak akan ada perang antara Malaysia dan Indonesia, saya kira belum sejauh itu. Di Indonesia orang bebas berbicara apa saja, mengkritik Pemerintah, Presiden, menteri, dan para pejabat, termasuk tulisan ini. Tidak perlu takut berbicara seperti halnya di Malaysia.

  230. BazookaPenaka berkata:

    Bagi persoalan tema “Andai Perang Lawan Malaysia Terjadi..” pada pendapat jujur saya ianya TIDAK MUNGKIN terjadi tetapi untuk lebih sporting, jika seandainya TERJADI… saya rasa..

    1) Ianya tidak berlaku pada waktu tahun2 terdekat (10-20 tahun).
    2) Ianya tidak berlarutan lama lebih dari 3 bulan.
    3) Mungkin 3-4 juta nyawa akan terkorban.
    4) Hubungan kedua2 negara dan rakyatnya tidak boleh diperbaiki lagi.
    5) Kedua2 negara akan ‘miskin’ semula dan mungkin juga tidak dapat membangun seperti pada ketika ini lagi.
    6) Dan kekal begitu sehinggalah kedaulatan Islam kembali diangkat di akhir zaman.
    7) Mungkin pada masa itu Malaysia dan Indonesia barulah benar2 ‘bersaudara’ bukan dari konteks kenegaraan atau rumpun tetapi hubungan ummah dan ukhwah.

    Untuk pendapat yang keluar dari tema, saya rasa antara faktor hubungan kedua negara kita menjadi seperti ini pada asalnya kerana adanya rasa dihati masing2 martabat ‘adik’ atau ‘abang’. Kerana itu maka pada setiap kejadian yg berlaku antara masing2 menjadi lebih terasa dan cubaan kedominasian . Saya fikir perasaan sebagai adik atau abang ini perlu kita buang dan gantikan dengan perasaan ‘sahabat’. Kerana itu setiap perbincangan atau penyelesaian bersandarkan persahabatan biasanya akan menghasilkan situasi menang-menang. Walau apapun, ini hanya pendapat saya sahaja.

  231. aLdy berkata:

    Kami Indonesian Sudah siap berperang dengan negara manapun yang ingin merusak kedaulatan RI

    salam
    Indonesian

  232. PERANG berkata:

    PERANG YUK…
    DAH GERAH LIAT TINGKAH MALAYSIA…
    KLO INDO CARI TENAGA SUKA RELA BUAT PERANG SAYA DAFTAR DENGAN SENANG HATI DAN IKHLAS…
    SAYA SIAP MATI DENGAN CARA APAPUN UNTUK MEMBELA ISI NEGARA INI… YANG TERSISA DARI NEGARA INI.. YANG BELUM DICURI OLEH MALAYSIA.. 10 POCONG MUKA ORANG MALAY SEMUA SAYA GK GENTAR,,, MAJU… SAYA TUJAH PALA KAMU ORANG!

  233. PERANG berkata:

    MAEN NGAKU2 AJA BISANYA… KAYA GT INDO GK BOLEH MARAH.. TERIMA2 AJA… SELESAIKAN DENGAN DAMAI… TAI KUCING…
    TAU ORNG MALAY TAI KUCING ITU APA? TAI KUCING ITU ARTINYA MUKA KAMU ORANG.. SEKARANG KLO ISTRI RAJA KAMU ORANG SAYA AKUIN SEBAGAI PEMBANTU SAYA GIMANA? MASIH BISA TERIMA2 AJA? MASI BISA GK MARAH? MASIH BISA SELESAIIN DAMAI?
    \APA SUDAH TERBIASA ORANG2 DI MALAY MIKIR PAKE PANTAT GK PKE OTAK?

  234. zimbo berkata:

    saya orang malaysia. mau perang? untuk apa perang? malaysia sangat jahat? indonesia sangat baik??

    apa perkara yang jahat yang malaysia lakukan sampai indonesia bencikan malaysia?

    apa perkara yang baik yang indonesia lakukan sampai malaysia tidak membenci indonesia?

  235. yuni berkata:

    asyik klau prang

  236. enzo berkata:

    beginilah kalau pemikiran di kuasai oleh amerika jahanam….indonesia akan sebaris dengan yahudi israel….

  237. bangga malaysia berkata:

    apa benda mat indon nie cakap…..hoi mat perang…cakap mcm orang pakai otak udang..baik ko keje cari duit…bodoh betul perang nie mcm keldai

  238. seruan keamanan berkata:

    apa perang2 nih ….
    dah la ,, lupekan je la smua ni ….. x der manfaatnye pon berperang ni ,, lagi2 yg nak diperangknnye saudara seagama …… cume mndtgkn rugi je lagipon ,, org kristian ngan yahudi senyum je tgk negara islam bperang sesama sndiri ,,
    KEPADA RAKYAT MALAYSIA : dah la ,, cukop2 la tu mengutuk sesama sndiri ,, dosa beb ingat agama ingat ALLAH …. k :)
    KEPADA RAKYAT INDONESIA : jgn nilai kelemahan MALAYSIA dari segi bil penduduk ,, walaupon bil rakyat MAS ckit x smestinye lemah ,,
    rujuk kpd zaman Rasulullah dulu k ,, :)

    akhir kate …. PEACE NO WAR

  239. JoeOtai berkata:

    camni naa..saya orang malaysia yup..sedara jauh saya seperti nenek2 moyang saya datang dari indonesia..arwah nenek saya pernah melawat sedara dekat indonesia..saya tak pernah jumpa mereka pun..KENAPA PERLU PERANG SESAMA BANGSA DAN AGAMA??agama islam tak suruh kita berperang membabi buta naa..’BERBINCANG’..banyak kawan2 saya dekat malaysia nie yang indonesia juga..tak pernah nak bergaduh pun..semua ni propaganda yang nak jatuhkan ISLAM yup..jangan jadi bodoh eaa..BERSATU KITA TEGUH,BERCERAI KITA ROBOH..yahudi dan pengikut2 dajal bertepuk tangan suruh kita seagama berpecah..fikirkanlah wahai saudaraku seislam..assalamualaikum..

  240. wak berkata:

    macan malaysia udah ganyang garuda

  241. JoeOtai berkata:

    JoeOtai is here..saya orang malaysia..camni naa..tak perlulah nak perang2,boikot2 sesama negara islam naa..kalo nak perang ker,boikot ker biar ler negara yang memperdajal ISLAM ok..tak semua orang2 malaysia JAHAT,dan tak semua juga orang indonesia baik eaa..sebaik2 umat disisiNYA adalah yang bertakwa:)..janganlah gaduh2 yup..saya pun ada geng2 dekat malaysia ni yang orang indonesia..elok jer saya berkawan dengan diorang daa..tak ada pulak yang nak bergaduh..siap geng saya namenya sijes(orang indonesia) tolong translatekan saya cerita indonesia ‘ada apa dengan cinta’ lagi tu..saya cakap dengan isteri sijes yang saya tak berapa faham bahasa indonesia..tu yang isterinya tolong translatekan lagi..HAPPY BERKAWAN daa..diorang dah berfamili..lagi pulak nenek moyang saya pun orang kampar indonesia laa..TIDAK ADA YANG MEMPERLEKEH BANGSA DAN SAUDARA SEAGAMANYA..kalopun ada,segelintir daa..BUKAN SEMUA ORANG MALAYSIA JAHAT,BUKAN SEMUA ORANG INDONESIA JAHAT..BUKAN PULA SEMUA ORANG MALAYSIA BAIK,DAN BUKAN PULA SEMUA ORANG INDONESIA BAIK..yang penting,agama islam tidak mengajar kita untuk berperang sesama agama..perang kiranya agama islam diperkotak katik..selalunya yang menginginkan perang nie orang yang tak mempunyai pertimbangan yang waras..seelok2nya kita bawak berbincang naa..buang2lah sifat hasad dengki tu naa..baik orang malaysia mahupun orang indonesia naa..janganlah RACIST..kita seagama tak payahlah berperang2 ngan gaduh2..buat apa??yang seronok puak2 dajjal dengan yahudi laa..diorang bertepuk sorak lagi seronok ISLAM diperlekeh dan kegiatan jahat semua datangnya dari ISLAM..SALAH!!!!!
    ISLAM AGAMA YANG TERBAIK..assalamualaikum..

  242. Redo Casey berkata:

    perang ya perang ga’ sah takut! mati itu takdir..

  243. siuman berkata:

    sila lihat paparan ini.

  244. Ibrahim berkata:

    Assalamualaikum..

    Buat saudaraku seMalaysia…ada baiknya kita jangan guna perkataan Indon untuk orang Indonesia. Walaupun kita justified penggunaan itu sebagai satu kebiasaan tetapi sekiranya ia mengecilkan hari orang, lebih baik dihentikan. Saya boleh faham kenapa orang boleh berkecil hati tentang term tersbut walaupun it is very trivial.

    Pasal perang tu..kalau anda seorang muslim mukmin…faham-faham sendirilah.

    Peace no war.

  245. satria cah bonek berkata:

    ingt lakh org” INDONESIA sring trjadi kributan atau twuran antr agma, klompok, suporter, yg sring trjadi..,
    jadi jka kta perang mlawa MLING sya gk ad tkut’y..,,
    kita ank” bone viking siap bntu wlaupun mati..,,
    tapi kami bngga krna brjuang utk negara..,,,,

  246. siapsiaga berkata:

    mana kopasus mahu lawan lanun somalia,cakap besar.hidup somalia

    • satria cah bonek berkata:

      kopasus sudah d kirim brsama pasukn trjun pyung ry tni au tau.,
      makn’y jng ktinggln brita ea…,,
      ap loe gk pny tv atau radio ea..?????
      KIZMINNN…!!!

  247. hafiz malindo berkata:

    kalau udah juga di takdirkan perang…terus maju merdeka indonersia sekali lagi,dibawah jajahan malaysia….dan diberi nama baru nya malindo…hehehe lucu kawan2x ku yg mintak perang…apa engak guna uwang mahu perang..tanyain sendiri pada bangsa indonesia yang kecewa bersama naugan indonesia…”apa katanya ..mahu cari kerja susah..negara miskin..pembangunan mundur..apa ajalah..”kayaknya udah bosan mahu hidup di indonesia…hehehehe…beneran ni,gue aja pernah nanyain kawan2x gue di indonesia..apa bilang nya ..kalau dulu indonesia dijajah ama ingeris..pasti udah kaya lagi dari malaysia…kesian donk..pada rakyat mu..sepatut perangi lah malaysia dgn ekonomi dan bangkit disegani dgn semangat untuk MAJU..kalau perang adalah satu jalan kehancuran..”jentleman saya bilang disini..kalau perang ama malaysia..pasti indonesia akan menghadapi kekalahan,dari tentangan yg datang dari banyak pihak…bukan malaysia shja malah dari singapore, new zealand,britain,brunei,india ,china,australia dan paling sukar di ramal adalah..USA .kerana pasti segala aset indonesia bernilai untuk dikuasai…dan diratah habisan oleh mereka…oleh itu malaysia tetap mengalah untuk menjaga kepentingan negara sahabat..biar pun di tuduh bermacam2x..dari rakyat indonesia sendiri…kerana kamu adalah adik beradik seislam..senabi dan yg penting kita adalah hamba allah…dan fikir2x kan lah..kerana perang adalah ditangan indonesia sendiri..kamu yg inginkan…malaysia adalah ditempat orang yg menunggu dan sabar menghadapi nya..rintangan nya..dari segala dugaan…amin

  248. hitler berkata:

    HAPUSKAN MALAYSIAL DARI PETA DUNIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  249. 99 berkata:

    MAJAPAHIT MEMANG PAHIT
    ITU PEPATAH ANDAIKAN PAHIT DAHULU
    INGAT!!!!!!
    DEMI BANGSA NEGARA – REPUBLIK INDONESIA – DEMI TANAH AIR TUMPAH DARAH DAN SANG SAKA MERAH PUTIH TAK AKAN GENTAR GOYAH SATUKAN NUSANTARA ( SUMPAH PALAPA )
    DULU BISA KENAPA SEKARANG TIDAK ( SAMPAI KE MALAKA DIBAWAH TANAH AIR )
    SENJATA HANYA TULISAN KERTAS KENYATAAN HANYA SANG KUASA
    KITA JIWA JIWA PENERUS JANGAN PATAH ARANG USANG
    PENDIRI / PENDAHULU BANGSA TIDAK MENGAJARKAN ITU
    HANYA BAMBU RUNCING ( AGAMA ) SEBAGAI PEGANGAN
    TAK ADA SENJATA, TAK ADA BEKAL, TAK ADA JALAN UNTUK TIDAK KITA LEWATI
    BANGSA BESAR BUKAN NILAI SENJATA ATAU HARTA TETAPI PERSATUAN

    INGAT!!!!!! RAWE RAWE RANTAS MALANG MALANG PUTUNG

    KENAPA TAKUT / GENTAR BILA KITA BENAR GAYANG SAJA

  250. hadi berkata:

    Agar lebih balance dalam menyajikan informasi membandingkan kekuatan ekonomi Indonesia Malaysia, saya refer ke link ini http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_future_GDP_%28nominal%29_estimates. Pertumbuhan GDP Indonesia diperkirakan sekitar 6% per tahun. Coba lihat di web ini siapa yang akan masuk dalam 20 besar kekuatan ekonomi di dunia dgn memperkirakan sustainable GDP Growth?

    Sesungguhnya GDP Indonesia 2011 jauh lebih besar dibanding Malaysia, sekitar 3x lipat. Kalau Per Capita memang Malaysia lebih besar dibanding Indonesia. Ibaratnya, Indonesia itu keluarga dengan penghasilan yang besar, tetapi anak yang diberi makan juga banyak. Sedangkan Malaysia itu seperti keluarga dengan penghasilan yang tidak sebesar Indonesia tetapi jumlah anaknya sedikit sehingga keluarga tsb lebih makmur.

    Kalau semua GDP dan asset dalam keadaan perang dibelikan senjata atau dipakai untuk memproduksi alat tempur, siapa yang akan memiliki persenjataan lebih banyak?

    Bukannya takut, tetapi sebagai warga muslim di Indonesia saya sangat tidak menginginkan perang dengan Malaysia yang banyak warga muslimnya juga, siapa yang paling diuntungkan jika kedua negara berperang? Lebih menguntungkan jika kedua negara sama-sama kuat dan makmur sehingga ras Asia dapat lebih berperan di ekonomi & politik dunia ditengah dominasi negara-negara barat.

  251. farel berkata:

    malaisia tai kebo lah

  252. taknakperang berkata:

    duduk diam di rumah aman damai tiada perang. bersyukurlah. tak perlu kecoh kecoh nak perang.

  253. ARIF berkata:

    semangat indonesia seperi api.
    miskipun di siram dengain air…… takkan padam!!!!

    seperti itulah pepatahnya….!!!!! MUNGKIN KALAIN BISA NGERTI……..

  254. iyah sya se7 dengan klian wahai saudarku sabangsa seagam dan setanah air,,,,,buad apa berperan jika dapat bersatu n buad apa saling mmanaskan jka dapat di atasi????

  255. Malsaysiapnuhlonte berkata:

    PENGECUT LO ALAYSIA
    make2 nama agama apanya ?? MAJU SINI TAKUT??? rakyat profesi penipu dan maling aj!!
    nyuri2 wilayah, SEENAKNYA MENGAMBIL HARTA KEKAYAAN INDONESIA KAYAK PUNYA KALIAN
    MENCURI KEBUDAYAAN YANGJELAS BUATAN RAKYAT KITA INDONESIA
    SEENAKNYA PROMOSI PAKE KEBUDAYAAN INDONESIA
    NYURI IDE2 ARTIS2 INDONESIA rakyat kalian bacottt atau TOLOL
    MALING ASIA BANGSAD

  256. imam berkata:

    Kalian Orang Yang Penakut Dan Juga Bodoh Tidak Tau Apa2′………..

  257. A.hadi berkata:

    MALAYSIA ngak pengecut ,jika in indon mahu menyerang kami, Amaran awal dari sempadan serawak sudah diterima,kami mempunyai ratusan UAV di sekeliling brunei jika ada pergerakan tentera lu ke arah serawak , MAMPUS aja TNI kena bom dengan JDAM senjata rahsia yang baru dibeli oleh MALAYSIA ,ini sebab loh punye peralatan sudah lama, sejak zaman perang dingin ,
    jika lu serang Malaysia negara luh pasti akan tumbang dalam masa 34jam sahaja ,seperti iraq kebanyakan senjata iraq sudah lama mcm lu punye ANJING2 indon disini ,TNI hanya mampu menyerang dengan mengunakan unit infantri dengan payung terjun sahaja ,ini keran lu mempunyai banyak kapal terbang kargo yg bisa mngngkat trup .. tapi ingat Malaysia mempunyai unit tentera wataniah yang bisa terlatih, gampang aja lu hancur n S,A,S dan VAT_69 akan menangkap kuncu2 pemimpin INDONESIA …. so lu hanya buang mase n lu orang jika mahu serang! negara lu bakal kecundang!

    • A.hadi berkata:

      GUE CADANGKAN !! KITA BERGABUNG MEMBENTUK REVOLUSI NEGARA2 ISLAM
      INDONESIA DAN MALAYSIA JIKA DIGABUNGKAN KITA BISA MEMBENTUK KERJAAN ISLAM SEPERTI UTHMANIYYAH ,AYUHLARH KITA SEBAGAI UMAT ISLAM HARUS BERSATU,GUA NGAK SUKA NGATAKAN YG MELAYU BOLEH, SEBAB SAYA MELAYU TETAPI TIDAK BERSIKAP ASSABIYAH YANG MELAMPAU ! SAYA NGAK SOKONG PERJUANGAN MELAYU(UMNO),TAPI SYA SOKONG PERJUANGAN AGAMA ISLAM (PAS) WARGA INDONESIA YANK DATANG DI MALAYSIA MENJADI PENGAMPU UMNO ,MEREKA MENYOKONG UMNO OLEH ITU JANGANLARH SALAHKAN NEGARA MALAYSIA ,SALAHKANLAH PARTI UMNO YG MEMERINTAH MALAYSIA SELAMA 60 TAHUN , SELAGI UMNO BERKUASA ORANG MELAYU SEMAKIN EGO DAN BONGKAK! SY NI ORG MELAYU TPI X SEPERTI MREKA IN!

  258. aminima berkata:

    Inilah kelemahan umat Islam, dengki busuk hati, irihati menjadi amalan sesama umat.Bagaimana kita hendak maju jika tahap pemikiran kita masih mundur di tahap dunia ketiga. Jika ada saja negara Islam maju cepat -cepat kita hendak hancurkan. Lihat pertubuhan Islam tidak bersepakat. Menentukan tarikh Hari Raya pun kita tidak boleh bersatu. Perkara seumpama ini tidak timbul dalam agama lain. Umat Islam tidak habis-habis berbalah soal yang remeh.Sekali ulama bertukar sekali pemahaman atau keputusan bertukar. Kita harus malu kepada bangsa lain, agama lain, agama yang kita kata paling suci ini dicemari oleh pemikiran cetek dan kebodohan umatnya sendiri. Wahai semua saudaraku, bukalah matahati anda, lihatlah negeri mana yang didalam dunia ini yang rakyatnya miskin, mundur,mengemis, berperang tak habis-habis. Tentunya negara Islam.

    Mengapa kita kita tidak bersatu, dari segi ilmu, ekonomi, perniagaan biar jadi maju dan hebat seperti negeri maju, supaya kita boleh bersaing dari segi tekonolgi dsbnya. Mengapa masih ada pemikiran mahu berperang sesama bangsa dan agama. Lihatlah negeri maju adakah mereka berperang? Mengapa tidak berperang dengan Singapura? zaman sekarang orang berperang dalam segi ilmu, perundingaan, ekonomi dsbnya.

  259. Mail Lambung berkata:

    sudah2 laa,hentikan..ni pa cita,sebut2 soal agama?,kita ni sama saja bha..tetap menyembah pd Yg stu,dan agama kita tidak pernah mengjar umat2 NY untuk menghina,mengutuk dan memperbndingkan agama lain..semua sama, TUHAN hnya stu. Soal perang,apa yg kmu akn dapt?,knpa tk habis2 topik sal tu?..cukup laa,kepada rakyat2 Melaya sekalian jika sudah tahu asal nenek-moyang dari Indonesia,hentikanlah kutukan sesama saudara mu..dan hentikan lah ayat2 dan slogan budoh orang2 Melaya,jangan terlalu berlagk dan menunjuk..korg nie suka sangat menimbulkan isu..semua masalah berpunca dari Melaya tak serik2 lagi ke buat masalah?,yang rakyat2 Indonesia nie pun satu,jangan di layan sangat benda2 macam tu..pa korg dapat jika mau perang?, adakah anda pasti bahawa anda akan menawan Malaysia?..cukup lah serik dah aku dengar isu2 macam nie. Lupakan lah persengktaan dan berbaik lah sesama diri..tapi kalu korg degil sangt,buat lah ikut suka korg..asalkan jangn sentuh Sabah dan Sarawak,kami sukakan kedamaian dan keamanan,perang lah korg ngan Melaya yang sekepala dengan korg tuu.. yg suka sngat menimbulkan kekecohan. Jika perang pun kami penduduk Borneo akan tengok dan dengar khabr berita korg je..dan tidak mungkin kami berperang dengan saudara kami di Kalimantan,sebab kami mementingakan hubungan persaudaraan dan tidak mungkin akan melupakan tali persaudaraan,dan tidak mungkin akan menjadi bangsa lain seperti di Melaya hilang Bangsa dan budaya,sanggup mengkorbankan Bngsa dan budaya untuk menempah nama.
    maaf ya,aku bukan memperbndingkan atau membezakan..tapi hayati dan teliti lah mksud ku.. menerima hakikat dan kebenaran memang menyakitkan, Salam saudara2 ku sekalian

  260. sialank berkata:

    jgn debatkan itu kalo sampe beperangkan negara kita ama negara malaisia sama sama rugi,dan kau yg membuat situs ini jgn kau sekali kali mengatakan bahwa militer malaysia lebih kuat dari militer indonesia,HEYYY bunk jgn kau remeh kan indonesia ,dari beratus ratus negara militer indonesia nomor 12 di dunia malaisia bisa apa ha a a a,end ingat juga kopasus terbaik didunia……………….HIDUP indonesia dan bambu runcing bunk,itu pernah mengusir belanda japan portugis inggris ingat itu..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :D

  261. din berkata:

    salam..ingat org2 melayu kt malaysia duk diam je ke kalau diserang?nak sama vietnam ngan amerika..mcm tu jgk la org2 melayu kt malaysia ni..tk kira siapa yg menyerang..

  262. andi subarjo berkata:

    hei kau malaysia jangan kau anggap remeh indonesia.suka ambil wilayah indonesia.enak aja ambil tanah milik R.I..belum perang enak enakan dapat tanah yang luas

  263. arung palakka berkata:

    1 serdadu malaysia menyerang indonesia
    100 serdadu indonesia yang menyerang malaysia
    100 serdadu malaysia yang menyerang indonesia
    1000 serdadu indonesia yang menyerang malaysia
    hey malaysia pengecut, yang hanya kau andalkan teknologi dan kecanggihan jika kau berani perang melawan TNI jangan lah kau gunakan pesawat,kapal,dan tank yang hanya kau gunakan yaitu senapan dan geranat.
    allahu akbar merdeka atau mati

  264. A.hadi berkata:

    KEPADA WARGA MALAYSIA ,CUBA ANDA BUKA YOUTUBE.COM KEMUDIAN TULIS PEMBELIAN 13BUAH TANK INDONESIA ,HAHAHA BODOHNYA ORANG INDONESIA , ITU (ARMOURED VEHICLE )BUKANNYA TANK ,SEKALI TEMBAK KAPUT MELETOP JADI MACAM MAT INDON KNE GORENG TEMPE ….HAHAHAA BODOH,MEDIA MASSA INDONESIA MACAM KHINZIR DAN TNI MACAM PELACUR TAKDEK MARUH! KWEK2! MAMPUS AJA INDONESIA ,,,,,

  265. arung palakka berkata:

    saya mengaku bahwa tank,kapal,dan pesawat malaysia canggih semua gaji prajuritnya pun cukup banyak perutnya gendut gendut.
    tapi prajuritnya semauanya banci,tembak mati pun tak pernah.malaysia hanya memperlihatkan kehebatannya di youtube hanya ingin supaya semua negara tau bahwa malaysia jago peran,ia hanya meperlihatkan kecanggihan militernya.tapi prajuritnya banci semua

  266. lapanguriseng berkata:

    malaysia tidak berani lawan indonesia perang melawan TNI AD dengan tentara malaysia.mereka hanya penakut

  267. beddu berkata:

    andai kata bettuanna ada rekko mammusu i indonesia sibawa malaysia pekala i indonesia

  268. dato'musakir berkata:

    malaysia tailaco

  269. achy berkata:

    pasuakn malaysia mamang banci bro

  270. Johan berkata:

    Ketika kamu siapin bala tentera, berlaku lagi gempa bumi, tsunami lagi berlaku. Karam pula kapal tentera kamu. Gimana?

  271. Johan berkata:

    Jika sedemikian kamu gak peduli, terus terus perang. Pedulikan anak bangsa merindih pilu, yang penting puaskan setan ego hati. Biar anak-anak menjadi merana dilambung ombak tsunami, biarin bandar bumi ibu diselaputi lanar lava merapi, biarkan anak-anak meraung minta di lihati namun itu semua bagi mu kecil berbanding dapat memuaskan nafsu. Usah guna akal kerana ia akan menggagalkan minda ganas. Gunakan firasat hati kerana ingin mati.

  272. din berkata:

    johan mmg bener..hehe

    • ngawi berkata:

      malingsia gatel,,,orang malingsia yang nulis komentar, kalo berani cari aq di johor,,,satu lawan satu gak mundur ( Indonesia ) iki lo wong jawa timur asli ( dikandangmu aja aq berani ayo kita coba )

  273. arif berkata:

    katanya orang malaysia konflik indonesia malaysia adalah buatan barat, tapi kenapa malaysia mau terpengaruh orang barat untuk mencaplok wilayah indonesia?
    saya setuju bahwa perang itu bukan jalan yang terbaik tapi klo malaysia terus2 seperti ini maka saya yakin perang adalah jalan satu2nya. kami cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan.

  274. usman balo'(pejuang yang ditakuti seluruh penjajah di seluruh dunia) berkata:

    betul kata arif di atas memang malingsa terpengaruh budaya barat.meraka ingin sekali mengambil wilayah indonesia.kok negara islam seperti itu.malingsa bukan negara islam yang mengambil milik orang.islam pun tak punya ajaran mengambil punya orang.malaysia bukan negara islam tapi negara bergambar islam.setuju kalau kita perang karna dalam AL QURAN mengatakan:di izinkanlah engkau berperang jika kau diperangi

  275. firman berkata:

    parahya malaysia gak punya kebudayaan ,tapi kok mau ngambil kebudayaan indonesia untuk di jadikan seni budaya leluhur mereka, kok gak malu

  276. la kaseng berkata:

    tai laco malysia eraki’ siggajang huuuu malysia panga panga tori nangalai anunna tauwe

  277. sundawesi berkata:

    kenappa sih awak2 ni ribut damailah malay-indonesia spy jadi negara makmur

  278. soekarno berkata:

    tidak kita harus berperang karna:
    1.malaysia mengambil wilayah indonesia
    2.malaysia sering melanggar batas wilayah perairang indonesia
    3.malaysia mengambil budaya dan tari asli indonesia
    4.dan melecehkan bangsa indonesi
    apakah itu tidak keterlaluan dasar malingsa brengsek

  279. aar berkata:

    merdeka atau mati

  280. ahmadsoffiangunawan berkata:

    boleh dikatakan semua orang Melayu di Malaysia adalah asal dari Indonesia…Cuma kami sampai awal di sini..Budaya Malaysia adalah budaya orang Melayu…apakah dikira kami disini mengamalkan budaya kami (orang melayu) dikira sebagai orang yang mencuri…sedangkan kami hanya bawa budaya kami dari tanah Indonesia tempat asal kami…Datuk saya orang sumatera…dia datang ke Malaysia pada tahun 1950..Datuk saya penentang penjajah Belanda di Indonesia dulu…kami juga sangat menyayangi Bung Karno…tetapi apabila konfrontasi Indonesia, kami merasakan Bung Karno mahu memutuskan perhubungan dengan kami..Lalu kami terus berada di sini dengan semangat nasionalisma baru sebagai orang Melayu Malaysia…

    saya sangat sayangkan Indonesia…tapi saya sangat Marah jika orang Indonesia menghina Malaysia..kerana kami dan kamu adalah sama…semasa perlawanan bola sepak baru2 ini, lagu negaraku yang dimainkan dihina oleh penyokong Indonesia..saya sangat marah!!!! sedangkan apabila lagu Indonesia dimainkan, kami diam dan berdiri untuk menghormati kamu!!!

    Kami sangat menghormati orang Indonesia…Walaupun ada masalah sedikit jangan dipanjangkan…Malaysia tidak mahu berperang dengan orang Indonesia…Kamu semua saudara kami…darah yang mengalir dalam badan kamu adalah darah yang mengalir dalam badan kami…

    Kalau Indonesia mahu berjaya, belajar dengan Malaysia…Belajar dengan Brunei…Kita bekerjasama..Walaupun Gagasan Melayu Raya sudah tidak wujud, tapi kita masih boleh bekerja sama…

    Sedarlah wahai Indonesia…Sedang dunia mentertawakan kamu,tapi kami di Malaysia sentiasa menyokong kamu…

    Tapi, jika kamu serang kami….kami akan lawan…kami akan tentang sehingga darah kami yang terakhir…bukan kerana kami benci akan kamu, tapi kerana kami perlu membela diri kami sendiri…

    Salam 1 Malaysia….

  281. lucas weidaw berkata:

    hai kau yang ada di atas(ahmadsoffiangunawan) jelas jelas telah mempermalukan indonesia malah kau sudah contohnya malingsa telah mencaplok wilayah indonesia,memberikan akta kelahiran kepada penduduk diperbatasan supaya mereka mau menjadi warga negara indonesia,menguasai wilayah kalimantan bagian selatan dan mengamambil lagu dan tari khas indonesia antara lain: terang bulan,rasa sayange,tari pendet,angklung dll.
    jelas jelas nenekku dulu selalu menyanyikan lagu rasa sayange sewaktu ia masih kanak kanak sampai kini dia masih hafal lagu rasa sayange itu lagu maluku tau eh malah ganti sairnya bikin marah nenekku.kami tau kau jago bicara tapi jika malingsa selalu melecehkan indonesia kami siap perang demi mempertahankan harga diri

  282. peace 4 supersic berkata:

    buat penulis :

    emank kita tertinggal sekarang dari malay, tapi ga sepatutnya mereka siksa rakyat kita disana, dulu mereka kita bantu buat berdiri, sekarang mereka berjaya diatas kita, tapi apa yg mereka beri?? hanya harga diri kita yg di injak2

    saya salah satu cracker situs2 malaysia, saya berbuat berdasarkan apa yg saya lihat, kita perang : hanya Tuhan yg tahu siapa yg menang , sejarah mencatat saat jaman Soekarno, hanya beberapa kopassus kita bisa kuasai kekuatan angkatan laut mereka, sampai mereka merengek kpd negara barat,

    bukan kemenangan yg kita cari di perseteruan di negara ini, coba anda tanya ke pejuang2 tempo dulu ( kemenangan bukan apa2 melainkan harga diri bangsa ) …. TKI kita disiksa, budaya dicuri gpp, sesama rakyat indonesia lihat saudara kita di pukuli,di perkosa,di hina, apa kita diam ?? saya org sukses skrg, ketika saya ke singapore, rasakan intimidasi,pembedaan antara malay dan indonesia, sangat menyakitkan.

    andai perang ini terjadi, dengan segala hormat saya pada pejuang kemerdakaan dulu, saya rela mati untuk indonesia. apalagi melawan malaysia, serumpun tapi tak mengenal rasa hormat ala melayu..

  283. indonesia berkata:

    juga ada orang indonesia(manohara) dikawin paksa oleh raja malaysia benar benar bejad sang raja pun menyiksa ia dan tak berperikemanusiaan.saya setuju kalau kita perang

  284. andi sessu (pejuang anti peluru dan bom asal sulsel) berkata:

    saya setuju ganyang(gajang) malaysia

  285. sultan hasanuddin berkata:

    kita tak boleh takut karna malaysia yang salah jika kita yang salah baru boleh takut walau pun mereka negara islam tapi jika mereka yang salah pasti karunia allah akan memenangkan kita berperang

  286. donkol berkata:

    ga bakalan ada perang diantara indo malay…..kita mau hidup damai…yg mo perang sonoh ke afganistan aja

    • andi berkata:

      saya sebagai angkatan copassus rela mati demi negara indonesia atas kedaulatan negara indonesia untuk melawan malaysia.

  287. ORANG WARAS berkata:

    oiiiiii…… gw ngakak2 baca ini semua… coba deh mikir… gara2 penulis yg “BEGO”…
    kita semua sbuk ga jlas… ga nambah pintar juga! kaya juga kaga…. mending mo berjuang giiiih…. tunjukin prestasi!!
    HAPUS AJA NIII TULISAN… HAYOO PARA HACKER TANAH AIR… HAPUS NIH BAHSAN GA PENTING!

  288. barakah hi berkata:

    walau orang malaysia dan minang mengaku bersaudara, tp sifat angkuh malaysia harus dibungkam!
    BTW kenapa bawa2 israel segala, penentu kemenangan bukan dari peralatan canggih perangnya. tapi dari kesabaran pertolongan Allah! lihat mujahiddin afghan yg dengan peralatan sederhana dapat menghancurkan unisoviet.sekrag USSR dah g ada!

    lihat amerika yg hampir bangkrut!

  289. gaban berkata:

    jangan piker pendek la wahal indonesian…… kalau perang berlaku juga antara malay dan indon.. mungkin kita akan hancur lulur, jadi amerika, israel akan tepuk tangan… jgan jadi bodoh…

  290. gaban berkata:

    indon sudah tidak tahu erti menghargai…

  291. anti malaysia berkata:

    negara kau yang tak tau erti:ngambil budaya dan lagu seenaknya.kurang ajar kau mencaplok wilayah NKRI dan menaruh beberapa unit pasukan.bilang aja kalau malaysia ngajak perang .kalau lagi perang ama indonesia pasti malingsa merengek minta bantuan kepada negara persemakmuran(inggiris).malaysia itu bagaikan orang yang mengejek tapi kalau dipukul pergi mengadu pada orang kuat.

  292. skuad harimau berkata:

    aku bangga lagu negaraku di dendangkan di bung karno…

  293. skuad harimau berkata:

    bukan ganyang malaysia tapi kenyang di malaysia…itu adalah kata2 TKI sendiri di malaysia…kenapa rakyat indonesia sendiri malu akan perkataan INDON? itu kan nama bangsa kamu sendiri…knapa kamu perlu berasa malu akan bangsa sendiri ? napa perlu bergaduh pasal budaya?budaya tak boleh di klaim coz budaya menunjukan bangsa,di mana saja bangsa tersebut berada dia tetap membawa budayanya…bangsa indon banyak menjadi warga di malaysia jd dorg tetap membawa budayanya bersama…jd napa perlu di salahkan malaysia?fikirkan yg matang….

  294. revolusi berkata:

    lagi mengelak kau jelas jelas negara malingsa berbuat kesalahan contohnya:
    1.mengadaikan penerbangan indonesia(menjajah penrbangan indonesia)
    2.menyiksa tki dengan rasa tidak berperikemanusian
    3.seorang menteri malaysia baru baru ini memperkosa(mencabuli) seorang tki
    4.mencaplok batas wilayah indonesia
    5.raja mengawini warga negara indonesia secara paksa yaitu manohara
    6.memberikan akta kelahiran kepada penduduk indonesia diperbatasan supaya mereka mau menjadi warga malaysia dan memperluas wilayahnya
    7.mengkelaim budaya,lagu dan tari indonesia
    8.yang satu lebih parah menciplak lagu terang bulan untuk dijadikan lagu kebangsaan malaysia padahal terang bulan jelas sudah populer di indonesia pada tahun 1940 lalu malaysia pada tahun 1957
    sungguh bejad malingsa tak tau diri dan tak tau malu

  295. soekarno berkata:

    Kalau kita lapar itu biasa
    Kalau kita malu itu juga biasa
    Namun kalau kita lapar atau malu itu karena Malaysia, kurang ajar! Kerahkan pasukan ke Kalimantan hajar cecunguk Malayan itu!
    Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita diinjak-injak oleh Malaysian keparat itu
    Doakan aku, aku kan berangkat ke medan juang sebagai patriot Bangsa,
    sebagai martir Bangsa dan sebagai peluru Bangsa yang tak mau diinjak-injak harga dirinya.
    Serukan serukan keseluruh pelosok negeri bahwa kita akan bersatu untuk melawan kehinaan ini
    kita akan membalas perlakuan ini dan kita tunjukkan bahwa kita masih memiliki Gigi yang kuat dan kita juga masih memiliki martabat.

    Yoo…ayoo… kita… Ganjang…
    Ganjang… Malaysia
    Ganjang… Malaysia
    Bulatkan tekad
    emangat kita badja
    Peluru kita banjak
    Njawa kita banjak
    Bila perlu satoe-satoe!
    Soekarno.

  296. hayati berkata:

    Assalamulaikum…… sahabatku di Indonesia… nama saya yati dari Malaysia, mungkin ramai yang bernama sama seperti saya di indonesia… jelas kerana kita serumpun sementelah seagama dan sebangsa…
    Saudaraku… kami tidak pernah menganggap Indonesia sebagai musuh atau seteru, kami sentiasa berusaha memperbaiki hubungan di antara kita.. kalau tuan mengatakan rakyat malaysia memandang rendah kepada rakyat Indonesia itu jelas tidak benar, mungkin hanya segelintir rakyat kami yang bersikap seperti itu, dan ia bukanlah mewakili seluruh rakyat malaysia….. kami mungkin memanggil bangsa saudara Indon, itu adalah sekadar memudahkan panggilan, tidak sedikit pun rasanya untuk merendah-rendahkan saudara…janganlah tersalah anggap… kami tetap tetangga yang baik untuk saudara dan harapan saya begitu juga sebaliknya….. salam saya dari Malaysia…..

  297. saja2 he2 berkata:

    nak perang,lawan israel dulu ya…

  298. marah berkata:

    serang sarawak adalah seperti serang negara sendiri lo…99% dayak sarawak=kalimantan indonesia asalnya..beygok..malaysia jauh modern class war..jgn dprangin,kompem kalah dong…wake up my soldiers

  299. andi ugi456 berkata:

    hai mau mati kau,menghina suku dayak,belum pernah kau rasakan keganasan suku dayak jika suku dayak mengetahuinya bisa bisa kepalakau dipotong lalu perutmu dibelah dua lalu diambil ususmu diberikan sama anjing lalu alat kemaluan kau di potong pula setelah itu di taruh dilubang anus mu

  300. si unyil berkata:

    walaupun malingsa senjatanya moderen tapi pasukan bernyali banci pasti kalah.kulihan di tv salah seorang marinir malaysia pingsan hahahah…….

  301. si unyil berkata:

    ia pingsan di waktu sedang upacara sungguh memalukan

  302. orang tak sabar berkata:

    “Rakyat Indonesia cinta damai, tapi kalau terus-terusan diusik dan dilecehkan kami juga bisa marah, sabar ada batasnya. Pulau Sipadan dan Ligitan sudah diambil, sekarang mau mencaplok blok Ambalat, Saudara Kami yang ada di sana Dengan Kejinya Kalian Siksa tanpa Rasa kemanusiaan..!! Ini adalah peringatan dari kami, Jika kalian terus mengusik kami, maka akan kami lanjutkan perjuangan ini dengan cara kami sendiri..!,”

  303. ardi berkata:

    innal lillahi wainnal lillahi raji”um kita warga indonesia berduka cita.baru baru ini seorang warga indonesia dihukum mati di malaysia

  304. Calon raja di raja dunia berkata:

    Ngomong podo waton njeplak…Dukung realisasi nuklir indonesia dikawasan utara jawa. kalau pabrik nuklir yang akan berdiri tahun 2015.ini sudah dapat persetujuan dari semua lapisan rakyat ..kita tinggal mau bikin persenjataan model apapun akan dengan mudah terealisasi..selama ini kita mengandalkan persenjataan dari pindad. senjata dari pindad ini sebenarnya kualitasnya nomor satu didunia….tarik semua insinyur yang berkeliaran di dunia, Ojo podo wedi karo reaktor nuklir. iki salah sijine sumber energi yang paling murah dan bisa bertahan jutaan tahun. sekali mengisi bahan bakarnya bisa bertahan sampai 25/30 tahun..selebihnya kita kembangkan sebagai persenjataan. dan ilmu pertahanan pangan kita.. setuju yes dukung nuklir indonesia 2015.

  305. ahmad fikhri amir berkata:

    komenya……korang ni xde kerja ker……..kalau ada anak-anak tgok muka anak-anak-kalau masih ada mak/bonda tgok muka mereka…….sanggup mereka semua jadi mangsa nafsu serakah dan kebencian……baik kita majukan negara masing2…..dan bantu membantu…….x sangka juga ada di kalangan kita sanggup hidup macam di afghanistan,bosnia,negara2 teluk….sebab kerakusan….aku menagis bila tgok video2 anak2 di sana…..tp x sanka ada yang nak negara kita malaysia dan indonesia jd seperti itu….pikirlah setelah apa yang kita kecapi sekarang….takkan kita nak tinggal sisa peperangan kepada warisan kita…..setelah apa yang nenek moyang kita perjuangkan dulu dapat…dengan mudah kita nak hancurkan…..nak ker satu masa nanti malaysia dan indonesia hanya jadi sejarah dan nama hancur kerana kerakusan dan kebencian rakyat sendiri……renung2kan dan selamat beramal…

  306. ahmad fikhri amir berkata:

    kalau nak berperang jugak….perangi setan/iblis/nafsu serakah dalam diri dulu……..x kiranya dr negara ku sendiri atau jiran tetangga……..lupakah kita jihad paling utama melawan nafsu….sedartak yang semngat nak berperang sgt di sini….korang dah merajakan nafsu…….sedangkan saidina ali sendiri berpeluang melibas kepala musuh…hanya beberapa inci pedangya nak memnggal kepala musuh….sempat ditahan kerana musuh meleudah mukanya…kerana jikalau dia membunuh musuh ketika itu bukan kerana allah tp kerana NAFSU dan KEMARAHAN…tetapi…kerana perbuatanya itu musuh masuk islam…tp kita sesama islam nak saling membanding senjata dan mengangkat senjata….ni ke namanya JIHAD………jihad atas nama sapa….bapak iblis……lepastu nak dijadikan perbandingan antara sapa menang……tahu pasal peperangan uhud…….islam kalah kerana strategi…..perang n kerana bongkak dan kealpaan tentera…….perang badar…….islam menang walau pun sikit bilangan tentera……tp menang kerana strategi…..dan yang paling penting menang kerana bantuaan allah kerana memperjuangkan agama…..tp di kalangan kamu semua yang berlagak hero/wira negara/pahlawan dan sebagainyalah…..xkiralah dari malaysia atau indonesia kerana apa…..kerana nak menjatuhkan agama ISLAM…….sekarang dah boleh nampak perbezaan perang sekarang dan perang dulu……..

  307. ahmad fikhri amir berkata:

    ya ALLH jauhkan saudara2 ku anak2 adam dr kemurkaan mu……sesungguhnya kami hamba yang lemah yang memerlukan petunjuk darimu……sesungguhnya hanya engkaulah yang maha mengetahui segalanya……amin.

  308. Onigus_Onig berkata:

    Musuh bangsa ini yang utama adalah para kuruptor, kalo malaysia terlalu kecil dibandingkan dengan bangsa Indonesia yang demikian “besar”. Kalo masalah perang kemenangannya bukan hanya ditentukan kecanggihan teknologinya saja ( Unisoviet sang adikuasa hancur dengan kegigihan para Pejuan Afgan yang kata para jendral hanya butuh waktu 3 jam saja). Menurut saya yang hanya rakyat biasa dan rendah pengetahuan Penyakit kronis bangsa ini bukan korengan yang luka nya akibat dari goresan orang lain tapi orang yang diberi amanah untuk mengelola negeri ini sudah pada sakit jiwa (serakah, Rakus, tamak, buta dan tuli), Basmi koruptor dan benahi negeri, lawan malaysia terlalu kecil. bangsa ini lebih pantas disejajarkanya Amerika dan Cina bukan dengan malingsia. Bangsa Indonesia terutama Rakyat begitu tinggi rasa Nasionalismenya tapi lihatlah para pemimpin negeri ini selalu membuat rakyatnya gemas dan malu (dipermalukan) bangsa yang sebenarnya tidak pantas untuk jadi lawan tanding kita. Ya Allah sampai kapan Negeri ini menjadi bagsa yang terhormat dan bermartabat. masihkan saya menyaksikan bangsa ini menjadi bangsa yang disegani bangsa lain. Apa para pemimpin negeri ini menunggu tangan Allah yang akan membasmi para perampok negeri ini (seperti kaum nabi Nuh dan nabi Luth) yang kerusakannya sudah sedemikian parah nauzubillah min dhalik

  309. la sakka berkata:

    saya tak takut walaupun apa saja bangsa malaysia katakan saya tak peduli
    enak aja sudah buat perbuatan yang besar,malah bicara begitu. malaysia mengatas namakan islam udah merebut tanah dan budaya indonesia kau masih bicara seperti uztas ,curang kau

  310. ahmad fikhri amir berkata:

    sapa suh takut…..kita takut hanya pada allah…….saya bukan di pihak mana2….seperti dalam comment saya….beberapa kali sy nyatakan baikpun malaysia atau indonesia….makananya sy x menyebelah mana2…..just sy x sukakan peperangan…….kalau betullah apa yg dikatakan mencuri tanah n budaya indonesia…..fikir dan kaji balik saudara…..generasi mana yang lakukan…..haruskah generasi sekarang yang menerima padah akibat generasi dahulu…..by the way sy baru 25 tahun….generasi sy dilahirkan dalam keadaan aman…..kalau saudara ada memiliki facebook jemput ker group ‘kami indonesia dan malaysia adalah sudara’ dan ‘damai malaysia indonesia’tetapi jangau wujudkan provokasi dan lihat di group tu bagaimana persaudaraan yang terjalin antara kami……..add saya….ahmad fikhri amir….assalamualaikum

  311. la sakka berkata:

    apa nabi muhammad menyuruh kita untuk terus diam jika kita selalu dihina,diganggu dan dilecehkan.malahan nabi muhammad tak mau jika ummat nya diganggu di lecehkan dan di ambil miliknya.sabar itu ada batas nya bro sudah diselesaikan masalahnya malahan malaysia buat ulah lagi.asal kau tau aja nabi muhammad pun pernah marah ketika tukang ambil kain kafan mayat pergi kerumah nya untuk bertaubat ketika nabi tau ia ingin bertaubat maka ia pun di maafkan.juga pada saat romawi ingin mekuasai arab nabi pun tak tinggal diam.kita harus melawan jika ia salah.di al quran pun ada ayat yang mengatakan perangilah orang yang memerangimu.jelas jelas malaysia ngajak perang buktinya mengklaim budaya dan lagu indonesia. yang buat kakek saya marah lagu kesukaannya(terang bulan) pun diambil sebagai lagu kebangsaan juga lagu rasa sayange ditampilkan di film kartun upin dan ipin.baru kali ini ada negara yang sudah sangat menghina.

  312. ahmad fikhri amir berkata:

    saya akui lagu negaraku diambil daril lagu terang bulan kerana saya mendengar lagu terang bulan di you tube…tetapai perkara itu semukan sudah lama.maknanya perkara yang lepas……yang memilih lagu itu pun bukanya dari semua rakyat malaysia…tetapi dari kalangan pemimpin terdahulu…masa tu bro tiada ada media massa,internet mahupun tv…rakyat hanya menerima dan tidak mengetahui asalnya lagu tu…..tetapi sekarang sudah berdekad lagu tu dirasmikan sebagai lagu kebanggsan malaysia…..terima lah dengan hati terbuka…..dari saya kecil sampai besar sy menyanyikan lagu itu di sekolah…pasal lagu rasa sayang-sayang hei…..itu kan lagu sekadar menghiburkan…..saya rasa enggak ada masaalah bila dinyanyikan kepada sesiapa sahaja….pokoknya x salahkan kalau kita berkongsi budaya dan persamaan…..saya mewakili ginerasi sekarang menghulurkan salam persahabatn dan kemaafan jikalau perbuatan generasi kita dahulu membuat kita sekarang yang bergaduh…anggaplah sy menghulurkan dahulu tangan bersalam….adakah sudara sambut…….

  313. ahmad fikhri amir berkata:

    untuk saudara,kalau ada kelapangan bukalah web ni….www.eramuslim.com,di situ ada tajuk ‘MENGAPA YAHUDI TIDAK SUKA MALAYSIA DAN INDONESIA BERSATU’…….

  314. jelina juri berkata:

    Perang, lho… di sini kan udah perang. Malaysia Indonesia ama udah sakit hati. 1) yg bener2 mahu perang – Indonesia yg menang! (malaysia tak mahu perang). 2) Perang Media – Ya Indonesia menang lagi! (media malaysia tidak suka besar2kan isu ini). 3) Blog antimalaysia antiindonesia, ya indonesia menang lagi! ( blog anti malaysia sgt byk). 4)Dendam.. Ya indonesia menang lagi! (kbanyakan org malaysia tidak mahu ambil kisah isu remeh malah selalu mengatakan indonesia malaysia serumpun). Banyak lagi yg Indonsia Menang, menang Indonesia! Okaylah serius ni, kalau yg belum pernah datang ke malaysia, ayo datanglah ke mari… yg anggap melayu itu musuh kamu, berkenalanlah lebih lama dengan melayu malaysia. Lihatlah nanti, adakah kamu akan dilayan spt musuh atau keluarga. Pastinya 99% akan dilayan spt keluarga. fahami siapa itu melayu malaysia (ada jawa, bugis, minang,dll suku nusantara). Saya juga org jawa yang dibesarkan dengan budaya jawa (yg bisa ngomong jowo, mangan tempe, makek batik nang umah dan lain2). Mana mungkin orang jawa dan budaya jawa datangnya dari amerika, tentu sekali datang dari tanah jawa indonesia. Kerna itu kebanyakan melayu malaysia merasa indonesia itu saudara, sekalipun kebanyakan indonesia tidak anggap begitu. Aku bangga kok jadi orang jawa sekalipun bukan warga indonesia. Wilayah2 boleh dibatasi dgn sempadan negara tapi budaya tidak ada sempadan. Aku bangga kalau budaya dan orang jawa dan melayu2 lain berkembang maju serata dunia tapi kenapa orang indonesia marah2. Isu ambalat itu biar aja pihak atasan urus. Setahu saya ICJ sudah memutuskan pulau sipadan dan ligitan malaysia yg punya, dan batu putih singapore yg punya. Lain2 yg terkait biar pihak atasan yg urus (pihak pemerintah). Bikin2 panas di internet tidak kemana2 malah jadi pancing rasa benci sesama kita.
    Pasal sebutan “indon” itu tidak ada rasa sekelumit langsung untuk merendah2kan indonesia. Memang lidah melayu sudah terbiasa menyebut beberapa perkataan dgn ringkas (cth; kereta = kete, macam mana = camne, dll). Indonesia juga menyebut malaysia dengan Ma+La+sia, tapi orang malaysia akan menyebut Me+Lay+Sia.Org malaysia tak marahpun sbb tahu lidah indonesia mudah meyebut begitu walaupun malaysia tidak suka kalau ada orang malaysia sendiri yg menyebut seperti sebutan orang indonesia. Orang indonesia juga menyebut Japan sebagai Jepang.

  315. jelina juri berkata:

    Isu lagu trang bulan. Kenapa indonesia hanya berani mengulas lama dan panjang di media indonesia. Tujuannya hanyalah panasin hati warga indonesia biar terus perang ama malaysia. Media malaysia tenang aja. Kenapa tidak ada tindakan susulan. Kerna pihak yg suka bikin panas tahu faktanya. Rujuklah di wikipedia. Faktanya trang bulan (1928) oleh Rudy itu diadaptasi dari mamula moon. Kenapa Indonesia tidak pernah mengatakan lagu negeri perak menjiplak lagu trang bulan yang terang-terang juga sama melodinya, kerna nanti bikin malu besar kerna lagu negeri perak tahun 1888, Melodi ini lah yg digunakan untuk lagu Negaraku (1957) . Asal lagu ini adalah dari lagu la rosalie (1947) oleh pierre jean de branger (perancis).

  316. wahyudi berkata:

    pasti pencipta lagu terang bulan akan sakit hati di akhirat

  317. wahyudi berkata:

    menciplak lagu itu ama aja kejahatan bro orang dulu sama orang sekarang sama saja orang dulu pasti juga merasakan sakit jangan bilang tak apa apa lagu itu di ciplak itu kan lagu lama.betul juga kata orang memang malas mala sia bikin lagu pun mala sia cuma mengganti sya irnya.

  318. wahyudi berkata:

    kalau orang malaysia tidak melecehkan indonesia jadi pejabat nya kali yang jahat,contohnya seorang mentri malaysia memperkosa tki,raja malaysia kawin paksa manohara(rakyat indonesia),kapal perang malaysia menembaki kapal perang indonesia tetapi wilayah perairan indonesia sehingga banyak nyawa melayang(sungguh terlalu)

  319. wahyudi berkata:

    tak apa apa budya indonesia dipakai tapi kalau budaya indonesia diakui sebagai budayanya dan menganggap itu budaya dari malaysia itu baru apa apa

  320. jelina juri berkata:

    Pembetulan: lagu La Rosalie (1780-1857), terang bulan (1928), mamula moon (1947). Boleh di baca sendiri di Wikipedia.

  321. jelina juri berkata:

    Di sini saya mahu menceritakan pengalaman saya mengapa saya akan tetap mengatakan indonesia itu saudaraku dan sama rumpun walau indonesia tidak mahu mengakui kita serumpun.
    Saya memang suka melihat2 negara org kerna itu merupakan investment pengalaman yg tidak dapat dinilai dgn wang. Dpt belajar banyak drp negara org dan menyukuri kebaikan yg ada di nergara sendiri. Di indonesia aja sudah byk tempat yang saya kunjungi dan berkali-kali seperti Bali, Jokjakarta, Solo, Jakarta, Bandong, Bogor, Medan, Bukit Tinggi, Padang dan Pekan Baru, insyallah akan ke Surabaya (Gunung Bromo).
    Di Bali saya dpt lihat masyarakat hindu sgt berbeza dgn hindu di Malaysia dan saya jadi terkenang waktu kecil2 dulu bersama nenek dan moyangku yg akan gemar dgn wangi2an pandan yg dibuat bunga manggar dan daun2 kelapa yg dibuat macam2 bila ada keramaian. ya… dulukan org jawa agamanya hindu jadi budaya tertentu masih terbawa2.
    Kemudian saya ke Jogakarta dan Solo yg ramai org Jawa. Di sana ada satu perasaan yg lain sekali yg menyentuh dibatinku. Saya dapat rasa yg saya ini sama mcm mereka yg saya ini memang benar2 org jawa. Terasa sekali jati diriku memang benar2 jawa. Saya menceritakan pada kawan saya yg bersuku minang. Dia juga merasakan perkara yg sama bila berkunjung di bukit tinggi. Kerna itulah kenapa org malaysia sentiasa mengatakan kita serumpun dan bila ada terjadi bencana di indonesia kami di malaysia memang merasa pilu dan ingin sekali membantu. Bukan itu aja, bila ada TKI yg diapa2in oleh majikan2 itu, kita melayu di sini juga merasa pedih dan rasa marah dgn pelakunya.
    Di medan, saya melihat sesuatu yg lain di mana kebykan kristian walaupun wajahnya seperti wajah melayu. Di malaysia hampir 100% melayu itu Islam.
    Tentunya byk conclision yg saya dpt sepanjang berkunjung di indonesia di banyak tempat.
    Sebelum berundur, saya juga mahu menyatakan bahawa selain kami memang selalu diajar untuk mengatakan indonesia dan malaysia serumpun kami juga tahu sangat2 budaya itu budaya ini memang asalnya dari indonesia.

  322. Ib Pertiwi berkata:

    Hemn ……
    Tak ada yang lebih baik kecuali kita hidup bermanfaat buat lingkungan kita.
    So, utk apa menjunjung tinggi kedaulatan “semu” dengan mengorbankan rakyat tak berdosa, sumberdaya alam dan segala isinya.
    Sementara disisi lain, pemegang amanat rakyat (pemimpin, pejabat dan elite negeri ini) perlahan lahan telah “memjajah” rakyatnya sendiri.
    Mau bukti?
    Import beras, import gula, import garam, import buah buahan, import baju kain dll, import ikan, dll
    sumberdaya energy lebih mahal utk rakyatnya dan murah utk negara lain
    pendidikan semakin mahal dan tak terjangkau
    sulitnya bercocok tanam, berkebun, menjadi nelayan,…. dll menjadikan generasi muda “terpaksa” hijrah ke kota menjadi buruh buruh yang murah.
    So, bila tidak mampu mensejahterakan rakyatnya, jangan salahkan bila sejengkal demi sejengkal mereka bergabung dengan “tetangga” yang lebih layak atau mengatur diri sendiri ……

  323. sultan hasanuddin berkata:

    saya setuju kalau impor sumber daya dihentikan.lebih baik tentara yang menjadi pemimpin karna tentara disiplin,jujur,dan berani jadi tak ada negara yang macam.buktinya sesudah indonesia merdeka semua pejabat adalah veteran baik kepala desa sampai presiden semua tentara/veteran semua.tapi sekarang indonesia tak lagi makmur dan julukan macan asia pun tidak dikatakan lagi.karna pejabatnya pintar pintar semua korupsi contohnya DPR ingin supaya KPK bubar supaya mereka bebas habiskan uang negara.seandainya dari dulu orang yang berani dan jujur yang menjadi pejabat indonesia sudah makmur tapi tidaklah bodoh hanya pintar pintar sedikit

  324. soekarno berkata:

    Kalau kita lapar itu biasa
    Kalau kita malu itu juga biasa
    Namun kalau kita lapar atau malu itu karena Malaysia, kurang ajar! Kerahkan pasukan ke Kalimantan hajar cecunguk Malayan itu!
    Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita diinjak-injak oleh Malaysian keparat itu
    Doakan aku, aku kan berangkat ke medan juang sebagai patriot Bangsa,
    sebagai martir Bangsa dan sebagai peluru Bangsa yang tak mau diinjak-injak harga dirinya.
    Serukan serukan keseluruh pelosok negeri bahwa kita akan bersatu untuk melawan kehinaan ini
    kita akan membalas perlakuan ini dan kita tunjukkan bahwa kita masih memiliki Gigi yang kuat dan kita juga masih memiliki martabat.

    Yoo…ayoo… kita… Ganyang…
    Ganyang… Malaysia
    Ganyang… Malaysia
    Bulatkan tekad
    semangat kita banyak
    Peluru kita banyak
    Nyawa kita banyak
    Bila perlu bersatu-bersatu!

  325. andi sessu berkata:

    saya dengar dengar malaysia mengincar minyak di ambalat.sungguh sumber daya alam indonesia kaya sehingga negara lain menginginkanya.bukan hanya wilayah tapi budaya dan lagu pun di incar malaysia.mentang mentang negara islam sangat keterlaluan.seandainya malaysia negara non muslim sudah lama kita serang malaysia tapi kami tak mau berperang dengan sesama muslim.indonesia tak berperang lawan malaysia bukan karena kami takut tapi karna malaysia negara islam

  326. andi sessu berkata:

    Maju Tak Gentar Membela yang Benar
    Maju Tak Gentar Hak kita Diserang
    Maju Serentak Mengusir Penyerang
    Maju Serentak Tentu kita Menang

    Bergerak bergerak Serentak Serentak
    Menerkam menerjang Terjang
    Tak gentar tak gentar Menyerang Menyerang
    Majulah Majulah Menang !!

  327. andi sessu berkata:

    jangan ada takut serang malaysia bunuh mereka,angkat senjata kalian.apa kalian tak tau dulu. nenek moyang kita mempunyai sejarah perang yang besar.darah nenek moyang kita mengalir kedarah kita.sedangkan malaysia tak mempunyai sejarah perang,malaysia hanya negara lemah.kita buktikan kepada dunia bahawa rakyat indonesia mempunyai keberanian bertempur.jangan ada yang takut kalau perlu kita serang singapura.nyawa kita banyak,senjata dan peluru kita banyak semangat kita berkobar.bersatu kita teguh bercerai kita berantakan.bersatu…bersatu…bersatu………….

  328. itul2 berkata:

    Sombong Bongkak Takaburrr

  329. malingsa goblok berkata:

    Diam-diam, sekularisme dan kebejadan moral tengah marak melanda muda-mudi Malaysia. Walau di dalam keseharian muda-mudi Malaysia tampak sebagai muda-mudi Islami, dengan tudung (jilbab) dan juga ciri khas Melayu lainnya, namun banyak dari mereka yang ternyata telah mencampakkan Islam dan bergaul sebagaimana orang-orang kafir Barat.

    “Muda-mudi Malaysia lebih parah pergaulannya ketimbang muda-mudi Indonesia. Mereka banyak yang pacaran sudah kelewat batas, kumpul kebo di mana-mana, walau tampak di luaran mereka seperti orang alim. Bahkan banyak perpusatakaan kampus yang besar-besar dan luas di Malaysia dijadikan tempat bermaksiat para mahasiswanya, ” ujar seorang warga Malaysia yang berprofesi sebagai pengusaha penerbitan kepada Eramuslim. Com, Selasa (9/10).

    Namun mengapa hal tersebut tidak tersiar ke luar? Inilah hebatnya Malaysia, lanjutnya, “Mereka sangat hebat di dalam bidang public relation, mereka menyatakan diri sebagai ‘A Trully Asia’, tetapi sesungguhnya bobrok di dalamnya. Malaysia tidak sebersih dan seindah yang dikesankan ke luar. Anda tentu tahu, pers dan media di Malaysia sekarang ini masih belum bebas, belum sedemokratis pers dan media di Indonesia. Kondisi kebebasan berbicara di Malaysia saat ini serupa dengan kondisi kebebasan berbicara saat Indonesia masih diperintah Orde Baru Suharto. ”

    Menanggapi aneka kasus yang sering diperbuat Malaysia terhadap Indonesia, yang terakhir tentang tindakan RELA (milisi sipil yang bertugas melakukan pengusiran para pendatang haram di Malaysia) yang bertindak kurang ajar bahkan hingga memperkosa sejumnlah perempuan Indonesia, pengusaha Malaysia yang sering berkunjung ke Jakarta ini menyatakan bahwa hal itu memang bagian dari keburukan sistem pemerintahan Baidawi yang merupakan warisan dari sistem pemerintahan Mahathir Muhammad.

    “Jika tidak ingin terus dilecehkan Malaysia, Indonesia harus punya harga diri dan tindakan yang tegas. Salah satunya adalah membangun angkatan persenjataan yang kuat. Selain itu, pemerintah SBY harus tegas, jangan seperti sekarang ini yang menurut kesan kami terlalu hati-hati, bahkan penakut. Itu diketahui oleh pemerintah Baidawi. Sebab itu mereka berani untuk terus melecehkan orang-orang Indonesia

  330. salim berkata:

    memang malaysia bergambar islam tapi hatinya bukan islam

  331. malingsial berkata:

    Kemerdekaan malaysia itu hasil jual diri mereka kepada kolonial ..
    Jadi tak heran jika malingsial itu laksana anjing munafik penjilat .
    Sudah di kasih hati dengan datangnya para TKI membantu pekerjaan mereka ,tapi apa imbalan mereka ?
    Dasar bangsa tak tahu malu,tak tahu bersyukur !
    DASAR MONYET MUNAFIK,PENJILAT,RENDAH DERAJAT KALIAN DI MATA KAMI

  332. amir berkata:

    dasar orang malaysia,,negara ga punya budaya,,,kenapa bisa ambil kebudayaan orang lain,,memangnya malaysia tidak punya kebudayaan,,tari pendet adalah tari asal bali,,agama asli indonesia adalah hindu dan budha,sama halnya malaysia,tentu beda dong antara kebudayaan india dan indonesia,,india mempunyai tari khasnya,kita indonesia juga punya….anjiiiiiiiiiiiing lo yg ga punya konsep,,lebih baik jilat pantat majikan iggris lo,,,,dasar babu inggris

  333. ??? berkata:

    Tak tahu nak cakap apa lagi dgn org indonesia ni, sudah byk kali diterangkan pasal tarian pendet tu kesilapan pihak discovery tapi tak faham2. Datanglah ke malaysia, tak ada satu kaum pun yg lakukan tarian pendet tu di malaysia apa lagi nak mengaku budaya sendiri. Hey… susah susah …. ! patutlah…..

  334. ngawi berkata:

    malingsia gatel

  335. hasan berkata:

    malaysia negara copy

  336. Setyo Wardoyo berkata:

    Saya teringat kejayaan maritim kita pada masa Sriwijaya, Singosari dan Majapahit. Seandainya saja ………….

  337. aar berkata:

    lihat saja di indonesia orang orang berani bakar bendera malaysia di malaysia orang orang nggak berani pasti orang malaysia bangsa penakut

  338. Adi berkata:

    DIbelakang kisruh-rusuhnya Indonesia-Malaysia psti ada dalangnya !

    “jawabannya tidak tertulis disana,tapi tersirat disana”
    Indonesia-Malaysia = Islam

    Yahudi-AS menginginkan Islam pecah belah,contoh nyata dan didepan mata kita,Yahudi meningjak” orang Islam di tanah air mereka sendiri (Palestine,Iran-Iraq,dll.)

    Malaysia memprovokasi ke tanah kita pasti ada komando dri seseorang,selain ingin incar minyak tapi juga ingin mancing” amarah org Indonesia agar tergerak utk nafsu berperang lawan Malaysia

    Malaysia & Indonesia salah paham,gk mnkin Malaysia nyelonong pura” tidak tahu batas wilayah utk kesekian kalinya,pasti ada dalang dan maksud tujuan

    kembali lagi ke Timur Tengah dimana Yahudi memecah belah Islam dengan berbagai cara !

  339. aal berkata:

    ya benar juga ,bisa juga di bilang banci,Malaysia negara pencuri,sarang kejahatan,munafik!Jgn b’lindung dg tabir negara … Malaysia adalah negara teroris, pembunuh, penganiaya dan perampok …
    TERLALU !!!!
    BANGSA MEMALUKAN !!!
    Bangsa RENDAH !!!
    MALAYSIA PENCURI IKAN INDONESIA!!!!
    mALASIA PENCURI KAYU INDONESIA !!!!
    Malaysia Pencuri Batu bara !!!
    Bangsa malaysia Pencuri Batik!!!
    Malaysia Pencuri lagu Indonesia !!!
    Bangsa Malaysia Pemerkosa !!!!
    PEmeras TKI !!!!

    Negara malaysia Kaya karena hasil mencuri di Indonesia !!!!
    TIDAK TAHU MALU NEEH !!!!

    Banci!!! Maen keroyokan di kampung sendiri. (Polisi lagi….)

    Kalau ente Melayu Asli( Trully ASIA )
    Lawan Kami Rakyat Indonesia !!!
    Ayo !!! Banci bisanya Maaf, Maaf Doank

  340. por berkata:

    belum kenal kopassus si kawan nih. Cukup kirim kopassus, malingsial pasti hancur berantakan

  341. aal berkata:

    Malaysia negara pencuri:
    *mencuri PERLIS dari THAILAND pada tahun 1959
    *mencuri serawak dan sabah dari INDONESIA PADA TAHUN 1957
    *MENCURI PULAU SIPADAN DAN LIGITAN dari indonesia
    *mencuri langkawi pada tahun 1961
    *mencuri kebudayaan INDONESIA
    *NEGARA PENGGANGGU kedaulatan WILAYAH INDONESIA,THAILAND DAN PHILIPINA
    *pencuri perairan PALAWAN SELATAN dari PHILIPINA
    *PNCURI LAUT BARAT DAYA PHLIPINA
    *PENCURI PULAU SEBATIK UTARA dari INDONESIA
    *PENCURI LAGU TERANG BULAN dan menjadikan lagu ini sebagai lagu kebangsaan MALAYSIA dari INDONESIA
    *PENCURI LAGU RASA SAYANG-SAYANGE DARI INDONESIA
    *PENCURI TARIAN REOG PNOROGO ASAL INDONESIA
    *PENCURI TARI PENDET ASAL INDONESIA
    *PENCURI ALAT MUSIK ANGKLUNG DARI INDONESIA
    *PENCURI KEBUDAYAAN PHILIPINA SELATAN
    *PENCURI KEBUDAYAAN MELAYU VIETNAM
    *PENCURI KEBUDAYAAN INDIA
    *PENCURI WAYANG KULIT ASAL INDONESIA
    *SULTAN MALAYSIA PENCURI WANITA-WANITA CANTIK contoh nya:
    -manohara asal indonesia
    -calvahneazer nahru asal india
    -puitu selawang asal thailand
    *negara yg berusaha menguasai AMBALAT dari INDONESIA tetapi TIDAK BERHASIL
    *NEGARA YG MASUK DAFTAR HITAM DUNIA SEBAGAI NEGARA PENJUAL MANUSIA
    *NEGARA TIDAK MEMBABASKAN PENDAPAT DARI RAKYATNYA
    *NEGARA SATU-SATUNYA DI ASIA TENGGARA YG PERNAH MELAKUKAN PEMBANTAIAN TERHADAP ETNIS TIONGHOA SAMPAI 4450 ETNIS TIONGHOA TEWAS DI TANGAN MILITER MALAYSIA
    *NEGARA YG MENDUKUNG KOMUNIS DI VIETNAME NEGARA YG PERNAH MENEMBAKAN PELURU KE KAPAL THAILAND (padahal kapal thailand yg menyelamatkan rakyat malaysia dari tsunami)
    *negara yg tidak mengakui suku LAOT BELUT (padhal suku inilah yg membunuh jendral inggris di sabah)
    *NEGARA yg membantai suku-suku ISLAM di tanah asli TIONGHOA yaitu SABAH
    *negara yg tidak pernah MENGAKUI ADANYA PALESTINA (baru pada tahun 2001)
    *negara satu-satunya di asia tenggara yg pernah MENDUKUNG ISRAEL (pada tahun 1957-2000)
    *kurangnya berpendapat di MALAYSIA
    *tidak adanya HUKUM ISLAM di NEGARA MALAYSIA
    *NEGARA PENCURI PULAU JEMUR INDONESIA (TIDAK BERHASIL)

  342. orang utan berkata:

    gak tau malu tuh si malon uahh hahahahahahaha hehe hihihihihih

  343. orang utan berkata:

    malaysia bangsa tak berperikehewanan mengapa orang utan di bantai dan di bunuh di kalimantan kan orang utan pun punya nyawa pasti merasakan sakit

  344. IKHSAN DWI CAHYO berkata:

    kalau malaysia benar2 bangsa yg cinta damai dan menjunjung kehormatan,,buktikan dong dengan perilaku,,,,malaysia sopan,indonesia juga segan,,,,,kalau mau,,indonesia kaya devisa,,andaikan benar 2,di perlukan,,,untuk berperang,,akan di keluarkan nanti,,pada saat nya,,,,pastinya alutsista dari rusia,,,,bila perlu beli senjata nuklir,,,,,kalau ter paksa,,,,,,jumlah besar penduduk yg berjumlah ratusan juta sangat ideal,,,untuk menentukan,,juga mendukung,,,jalan nya peperangan,,,,saya yaqin andai terjadi perang,,,,malaysia gak sanggup melawan indonesia,,,untuk urusan perang,,rakyat indonesia ber satu sampai titik darah penghabisan,,bisa2 malaysia bergabung dg nkri,,di akhir perang,,,,

  345. IKHSAN DWI CAHYO berkata:

    indonesia cuma adidaya(raksasa yg sedang tidur,,,akan bangun kalau kenyamanan nya di ganggu)indonesia bukan negara dg penduduk cengeng,,,,sekarang udah pada pinter,,banyak yg sekolah keluar negri,,secara potensi sumber daya alam,,dan sdm,,sebentar lagi bakal mengungguli malaysia,,,,tp ingat siapa yg ber main di balik,isu isu ini,,apakah fihak ketiga,,,yg mempunyai kepentingan,,sedang menjalankan,,strategi devide it empera,,,(politik adu domba=kita ber perang merek ter senyum senang,,karena rencana ber hasil,menjalankan taktik nya,,,)…peace aja deh,,indonesia =malaysia(saudara)

  346. reqi berkata:

    bro lebih baik kita adu perang nya lewat olahraga…,, kemarin kan kita kalah d AFF cup, sea games., kita bales lagi dong jgn d balas dengan kekerasan dan permusuhan wujudkanlah dunia yang damai sejahtera dan aman…,

  347. riyan berkata:

    kami menghormati malaysia sebagai saudara kami sendiri,tapi kami jg punya harga diri,kami orang Indonesia bersedia mati demi negara,saya siap angkat senjata jika di perlukan.
    pekerjaan yang paling menyenangkan adalah MEMBANTAI orang-orang yg songong,blagu…
    salam hormat saya orang indonesia….

    • ahmad fikhri amir berkata:

      assalamualaikum,lama sy x tinggalkan comment di sini…..wau makin panas….tp xpelah sejujurnya sy x berkecil hati kerana sy tahu…..bukan semua yang anti malaysia kan.kita sama2 punya harga diri……sama2 kita jaga harga diri masing2 diamping menghormati harga diri orang lain……kami di malaysia seboleh2nya…..cuba menamatkan apa yang tercetus di antara kita…..pedulikan provokasi yang x seberapa tu…..percayalah…..kami di sini…bersama2 dengan warga indonesia….mencari rezeki tampa menganggu periuk nasi masing2….sy bekerja catering….di tempat sy bekerja ada juga orang indonesia bekerja di bahagian dapur..tetapi saya bahagian operasi….tetapi kami masih boleh bergurau senda…..makan semeja…tampa ada masaalah….dunia ini milik tuhan..kita sama2 cari rezeki….tetapi kalau ada yang salah tetap dihukum oleh pentadbir…bukan warga indonesia sahaja tetapi malaysia juga…..tolong sama2 kita tamatkan persengketaan ini…salam damai dari malaysia.

  348. Ping balik: Menanti Kunjungan ke-1.000.000 | Catatanku

  349. andre berkata:

    betul sobbb….pralatan tempur indonesia masih kurang en bnyak yg sdah usang…mendingan kita asah otak yuk….gimana cara nya buat alat perrang sendiri dan canggih…..

  350. indon gila berkata:

    indon gila perang… bangsa cemburu dengki… tk jauh beda ama israel..

  351. pahrudin berkata:

    perang mati masuklah kau keneraka bareng2 didunia hanya sementara perang segala

  352. boyshah berkata:

    jika indonesia berencana berperang dengan malaysia, indonesia harus berhadapan dengan lima negara yaitu selandia barat, australia, inggris, singapore, singapore adlah anak emas amerika, jika singapore berperang amerika akan datang membantu dan jepang dan korea selatan pernah mengatakan mereka akan melindungi malaysia jika malaysia berperang karena faktor ekonomi yang didukung oleh malaysia.indonesia tidak akan berperang dengan lima negara saja sebaliknya, selandia barat, inggris, singapore, australia, malaysia, amerika, jepang, korea selatan.ini adalah negara yg menyatakan akan membantu malaysia dan singapore.dari faktor ekonomi pengiriman 3 juta tki ke indonesia cukup sudah membebankan ekonomi dan penarikan investor kelapa sawit indonesia kebanyakan nya didukung perlabur malaysia, cukup udah membuat ekonomi indonesia merudum belum investor malaysia yg membuka pabrik di indonesia dan perusahaan, masaalah perbatasan sudah banyak diselesaikan kok harus mau berperang, indonesia semakin banyak membeli peralatan perangnya disamping malaysia semakin banyak menghabiskan uwangnya untuk menarik investor luar malaysia akan bersaing dengan singapore dan indonesia, bagaimana bisa kah bersaing dengan philiphine, aku sebenarnya rakyat malaysia dan sangat perihatin dengan rumpun melayu ku yg berada di indonesia.jika indonesia membakar bendera malaysia, belum pernah terjadi di malaysia rakyat kami membakar bendera indonesia bukan karena takut tetapi memelihara hubungan islam.aku bilang ini untuk rakyat indonesia yg hanya tahu berperang bukan memelihara hubungan serumpun … akal vs emosi … http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=TV0XHFYfG7k

  353. rinto ermanda berkata:

    ganyang malaysia sepertinya awalnya dialamatkan kepada kolonial Inggris,bukan malaysia.dimata Sukarno malaysia akan dijadikan poskamlingnya Inggris,dg tujuan pasang kuda kuda untuk masuk ke Indonesia?apa keuntungan konfrontasi itu ya?apakah Inggris sdg mencari alasan menyerang Indonesia,berhubung sang bos genk amerika tentaranya sedang sibuk perang dg vietnam,lalu dicari akal,jgn sampai Indonesia menang,dg jalan sungkurkan Sukarno.entah bagaimana CIA kemudian bekerja?

  354. BANGSA INDONESIA berkata:

    TERIAK PERANG TERUS ,KALAU SENJATA MISKIN KAN TETAP KALAH,AYO PERBARUI SENJATANYA

  355. lebih baik ya kita pikirkan keselamatan rakyat.Boro2 y klo indonesia beli alat perang sama AS sama Russia Bnyak Koruptor ( korupsi ) yg di mana2 saja Kasus Nazarudin aja belum selesai apa lagi beli senjata bkn’a indonesia gk mampu.mampu saja tpi mau kalau uang rakyat bnyak diambil orang koruptor.saya kasih saran saja mending kalau gk ada koruptor di hukum mati aj pemerintah gk mau di tegaskan lihat negara arab kalau ada korup di hukum mati

  356. indonesia berkata:

    orang sabar itu ada batesnya begitu juga negara ini. kami bukan nabi yang selalu sabar manghadapi apapun.. malaysia sudah banyak buat masalah sama indonesia jadi sudah sepantesnya kita bertindak..

  357. Perang Melawan Malaysia Itu Paleng Tidak Lama Kok Bang….Kan Kita Menang Penduduk,Militer,Persenjataan,Malasya Kroncong gk ada apa” nya bang….Andae Sudah Terjadi Perang paling” cuma 5 bulan kita perang,udah selesai tu perang, yang menang jelaskita INDONESIA …
    Tapi Ngomng” Malasya itu sering buat ulah ia bangcontohny Setiap INDONESIA mau Ngerayaiin Kemerdekaan 17 agustus malasya sering ngecoh negara kita seperti pasukan malasya masuk ke wilayah Indonesia….Liat ajj bsok pas akan 17-an malasya pasti ngecoh lagi…d

  358. Kapan ia Indonesia Bebas Koruptoer KORUPSI ….
    Kapan Maju Nya Bangsa Indonesia

  359. Andy H berkata:

    bgini mas,qta ambil sjarah aja dlu indonesia lwan blanda pasca mempertahankan indonesia,indonesia bsa menang wlau blanda snjatanya sgt lengkap skali wktu itu…,dlam perang bkan snjata yg membuat kmenangan dlm prtmpuran,py skill dan smangat juang, pasukan rosulullah yg brjumlah 3000 orang melawan jumlah pasukan gabungan romawi dan yahudi yg brsnjata lngkap dan brjumlah 200.000 orang bsa menang ,hal itu d krenakan skill dan smangat juang…..,bgitu jga indonesia lwan blnda wktu itu….,maaf klo soal prsnjataan itu sya krang stuju,py klo soal diplomasi memang hrus pling d dahulukan,krena g smuanya rakyat indonesia dan malaysia brmusuhan,d tmbah gy indonesia dan malaysia kan brsaudara sma2 ras melayu dan orang asia jga slain itu jga rata2 1 akhidah jga… Jdi tetap jalur damai hrus tetap d tegakan:-)

  360. rifky berkata:

    Kalian tahu kenapa indonesia sering diejek?
    Kalian tahu kenapa indonesia selalu disepelekan?
    Dan apakah kalian tahu kenapa indonesia terlihat lemah dimata malaysia?

    Mungkin dari pertnyaan tersebut kalian bisa mngthui sndri dari pribadi kalian masing2.

    Saya amati dan cermati dari komentar2 yg mengtas namakan malaysia hnylah orang pribumi indomesia bodoh yg mnjlek2kan negrany sndri. Saya tahu yg mngtasnamakan orang malaysia dalam komntar2 trsebut adalah orang indonesia sendiri. Coba kalian prhatikan dari segi bahasanya,apa dalam bhs melayu kata “LOE-GUE” ada dlm kamus melayu? Kalian tahu sndri bahwa itu bhs betawi. Apa orang malaysia yang cinta mati negaranya bisa dngan baiknya mnulis kata demi kata dengan baiknya,coba anda cermati baik2.
    Kalian yg mngtsnamakan bangsa malaysia hanya orang indonesia yg bodoh,mncela negaranya sendiri,negara yg mmbsarkan dan mmprjuangkan anak cucunya untuk brksmptan hidup,sungguh sangat memalukan untuk seorang warga negar indonesia seperti anda.

    Yang perlu kalian kthui apa perlu pemerintah mngumbar2 brp banyak dan brp macam snjata yang indonesia miliki?. Pemerintah tidak bodoh,dengan mmpublikasikan kekuatan tempur senjata kita akan di manfaatkan pihak musuh,dengan berusaha mencari kelemahan2 snjata kita.
    Cukup senjata2 usang saja pemerintah mempublikasikan kpd media,dan itu merupakan sistim pertahanan dalam siasat perang. Jika semua senjata yg dimiliki indonesia dipublikasikan,bukan hal yg tidak mungkin negara2 rival kita akan brusaha mencari kelemahan kita.

    Jika saja di atas kertas malaysia benar2 lebih banyak mmliki senjata canggih,apakah senjata tersebut bisa maksimal dipakai?
    Dari jumlah pendudukny saja jauh lebih banyak indonesia,jika tentra2 malaysia habis siapa yang akan mnjlnkan/mmakai senjata super canggih tersebut? Jumlah tentara sangatlah diperhitungkan,karna jumlah tentara sangatlah berperan besar dalam perang.
    Dan perlu malaysia ketahui jika terjadi perang indonesia pasti mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti wajib militer. Apakah sanggup 250.000.000 melawan 17.000.000 saja? Kalian akan merasakan kemerindingan dan ketakutan terhadap semmangat juang bangsa kami,dan mungkin ktkutan yang belum pernah kalian rasakan sebelumny.
    Kami dilahirkan dari darah seorang pejuang,kami dilahirkan untuk mmprthnkan negara ini,kami akan mmprthnkan negara ini sampai titik darah penghabisan.
    Kalian lihat sja genk-genk motor yg tersebar di negara kami,berjuang mmprthnkan dan mngibarkan bndera almamater genk saja berani mati,apalagi untuk bendera terhormat merah putih negara kami.
    Dengan bambu runcing saja kami dapat mmprthnkan negara kami dari kebringasan belanda selama 350thn, anda bayangkan jika negara kami menggenggam AK-47 dan beberapa geranat. Selamat menikmati akhir hidup kalian…

    Indonesia tak pernah takut malingsia,malingsia hanya berani bersembunyi di ketiak inggris. Dasar banci

  361. Asraf berkata:

    Memang realitinya kkuatan tentera indonesia lbh bbanding malaysia.di piala AFC saja pasukan garuda kelihatan jauh lbh kuat dibanding harimau malaya.. Tp pndekatan ‘underestimate’ dan metaliti ‘kemenangan itu adalah sgalanya’ punca ttewasnya 2x garuda di tgn harimau malaya..yup,bg org y neutral spt saya,itu kejutan besar..
    Plawanan y harus bpihak pd garuda ttp brada di tgn harimau malaya.. Malah harimau malaya masih mggunakan ketua jurulatih warganegara malaysia..fikir2 kan lah

  362. Asraf berkata:

    Yg patut kamu perangi adlh diri kamu snd..kamu snd tahu Allah itu maha adil.. Bdoa dan bserah saja pd Allah utk mghukum pada yg bersalah..

  363. Asraf berkata:

    Setiap manusia ada api dlm diri..gunakan la api itu utk mnerangi diri snd shj jika tdk mmpu mnerangi org laen..

  364. imaz djosep berkata:

    saya senang dengan kata2 mu ,,,
    benar2 kreatip ,maju truz bagsa q
    pantang menyerah kobarkan semangat pancasila

  365. Ping balik: Kenapa Amerika Takut Perang Dengan Indonesia | humorisiora.com

  366. mvp berkata:

    Di zaman sekarang kita tidak harus berperang pisik tapi cobalah untukmelihat kebelakang pada masa soekarno,beliau mengalahkan penjajah tidak hanya dengan peang fisik tetapi juga dengan otak,kalau kita lemah dalam berfikir maka kita akan mudah dibodohi oleh oranglain,dulu para pejuangkita tidak gentar melawan penjajah.kenapa sekarang kita mengisi kemerdekan itu saja sulit,tunjukkanlah keberanian mu merahputih.

  367. RN berkata:

    pembenaran terus

  368. xxx berkata:

    indonesia miskin bodoh tidak maju

  369. Mr.Nunusaku berkata:

    Indonesia mau perang dengan Malaysia, wah kasihan banyak TKI di Malaysia mungkin diganyang dan perkosa habisan seperti apa sekarang terjadi di Surya pembantaian dan perkosaan Syiah dan Sunni…mungkin itu akan terjadi jika perang Indonesia Malaysia,
    Kalau tidak TKI yang ada di Malaysia akan jadi temeng untuk Malaysia untuk menghadapai Malaysia….segala kemungkin akan dapat dilakukan oleh Malaysia…..jadi kalau mau perang dengan Malaysia kasihan Indonesia akan tetap bertambah miskin kan sekarang banyak yang jadi perampok dimana-mana dan ada yang masih tidur dikongn jembatan.

    Lebih bagus Indonesia perang kemiskinan di Jawa untuk memperbaiki taraf kehidupan wong Jowo…kan banyak pengimes wong Jowo ditanah airnya…?

  370. malaysia anjing berkata:

    TKI di malaysia pulangin dulu bro, abis itu kirim para tentara kita ke negeri jiran.. tentara di negri jiran kerejanya nyambel doang http://www.youtube.com/watch?v=_UtQ5_sKdI0 ngakak

  371. df berkata:

    tapi kan indonesia telah bnyak membeli pesawat dan kapal contonh kapal perang feyeette rudal rx 550 su volcano dll

  372. df berkata:

    sabotase aja bro

  373. Sugik berkata:

    @Penulis.
    Assalamu ‘alaikum.

    Saya anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) kawan saya juga banyak dari TDM (Tentera Darat Malaysia) baik kawan melalui Facebook, Telepon dll.
    Kita Tahun sekarang ini TNI sedang meremajakan seluruh Alat Utama Sistem Senjata dengan peralatan canggih dan Modern. TNI AD akan segela memiliki Tank dan Heli terbaik di Dunia yaitu Leopard dan Apache….termasuk MLRS dan lain2. Peralatan tempur sangat canggih dan Modern tersebut tidak hanya memperkuat TNI AD namun juga TNI AU dan TNI AL., anggaran negara untuk pertahanan sangat besar. Namun perlu penulis ketahui, Peralatan militer tersebut bukan untuk berperang dengan Malaysia. Namun demi mempertahankan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan gangguan negara lain (bukan hanya Malaysia). Alangkah senangnya negara barat yang selama ini mengharapkan negara2 Islam terpecah apabila Indonesia berperag terbuka melawan Malaysia. Lebih baik mari kita bersama memajukan kawasan Asia Tenggara, meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan bersama. Wassalamu Alalikum

  374. Harimau Borneo berkata:

    Perang….. yg menang jadi arang yg kalah jadi abu. Iran vs Irak berperang selama 8 tahun dari tahun 1980 – 1988 tp apa yg mereka dapat – Hanya kemusnahan. Fikir2kanlah…..

  375. parkos berkata:

    msh ada org yg ngomongin perang ” memangnya bisa apa , dah pada jago ,,,,,,,,,!!!!!!!gx malaysia gx indonesia ribut mulu ” malaysia beraninya sama tki indonesia bisanya korupsi mikir dong,, pada goblok yh ,,,,

  376. norhadi berkata:

    lupakan perang..itu kerja bodoh

  377. norhadi berkata:

    saya setuju benar komentar saudara Sugi…sampai kapan kita bicara perang omong kosong ini..
    kenapa pula malaysia yg kita pilih..bukankah ini saudara seagama dan se mahzab

  378. Israil berkata:

    Perang!!!2,.bagus2 ind0n vs malaysia,.b0m,.hancurkan muka bumi,.gunung2 suma,bagi berlipat,.bergulung2,bagunan bagi jadi debu,.hutan bagi padang jarak padang terkukur,hancurkan rakyat2,bila rakyat ind0n&malaysia dah mati ramai,pangil israil perang bagi mati semua,lepas tu bina negara israil ke dua,bangunkan disko2,casino,pusat pelacuran,.hidup biar sedap. .

  379. Israil berkata:

    B0m!!! semua rakyat malaysia&ind0n,.sampai terkeluar urat per0t!!!

  380. widodo berkata:

    coba… seluruh rakyat indonesia dikasih senapan serbu.. apa aja.. pasti gw ikutberjuang… walau unur gue baru 12 tahun…

  381. widodo berkata:

    ayo indonesia ”GANYANG MALAYSIA”….!!!!!!!!!!

  382. anti malasyia berkata:

    begitu biadabnya malayshit ini , kita semua tahu betapa beraninya negara ini
    cukup liat contoh setiap ada pertandingan sepak bola indonesia melawan malaysia suporter indonesia tetap berani menginjak tanah babi malaysia tanpa takut sekalipun , tapi APAKAH MALAYSHIT BERANI ? bahahahhahahah bodohlah engkau malay babi sekalipun engkau tak pernah menginjakan kaki busukmu di stadion indonesia atau di tanah kebanggaanku . kalian pikir berani ? kalian begitu kagum dan merasa hebat kalau negara kalian pun perang masih di bantu negara lain ., berkacalah malayshit ? banyak hasil survei yang mebuktikan apabila hanya indonesia perang dengan malayshit yang tanpa bantuan dari negara lain tak akan sampai 1 atau 2 tahun pun sudah hancur lebur negaramu . kami negara yang berdiri sendiri tanpa ada naungan atau bantuan dari negara manapun inilah kami bangsat indonesia yang begitu di takuti dunia !

    MASIH BANGGAKAH KALIAN DENGAN NEGARA BUSUKMU MALAYSHIT ., HAHAHHA

    INDONESIA MENGGUGAT DUNIA BERKERINGAT !!!

  383. wak kontol berkata:

    dr dulu hingga sekarang aku sudah jemu menunggu ganyangan mu yg tak muncul2.waduh! rupanya indon hanya hebat sebagai keyboard warrior sj…hahaha

    • mahfud berkata:

      andaikan malayjing benar di ganyang? apa yg bisa kamu lakukan? berperan apa kamu di negara itu ? hanya sebagai pecundang kah? benalu kah? atau layak nya kotoran anjing ?? jaga bahasa mu jika kamu hanya seorang yg tidak mempunyai ideologi .

  384. wak kontol berkata:

    seluruh dunia menonton tentera paling pengecut d dunia,tni.menangis2 ketakutan d lubnan lalu menaiki teksi melarikan diri.ATM,hebat d teluk aden.penah menyelamatkan komando amerika sewaktu peristiwa black hawk down 1993.satu2 pasukan tempur bukan nato ketika konfik bosnia

  385. wak kontol berkata:

    jgnlah berfikir bahwa kejayaanmu mengusir belanda itu hebat sedangkan belanda menjajah indon 500 TAHUN LAMANYA!!!!!!!belanda adalah bangsa eropah yg bodoh.lihat sj pemain bolasepak keturnan belanda kamu.semuanya bekas pelakon porno yg dijangkiti hiv,aids.belanda hanya mampu bertahan di melaka kurang dr 50 tahun kami sudah usir mereka sedangkan kamu??500 TAHUN DIJAJAH BELANDA.hahaha…justeru,fikirlah dimana kehebatan kamu dijajah oleh bangsa yg bodoh selama 500 TAHUN.sudah tentu kamu jauhhhhhhhhh lebih bodoh,goblok,lemah dr bangsa bodoh penjajah kamu selama 500 TAHUNNNNNN…HAHA

  386. wak kontol berkata:

    sudah merdeka tp masih diperbodoh2kan belanda.lihatlah pemain bola sepak kamu yg berketurnan belanda.di sana,mereka tiada tempat.hanya sekadar pelakon porno yg sudah dijangkiti hiv.kamu kutip lalu dijadikan warga indon.hahha..dr dulu hingga sekarang indon ttp diperbodohkan belanda.perusahaan besar kamu,milik siapa???amerika,belanda.lihat sj lombong emas d wilayah papua.hasilnya milik amerika & koruptor2 indon yg menyimpan hasilnya d singapura…lg sekali kamu diperbodohkan.kali ini oleh singapura.mereka melindungi koruptor2 indon,harta & keluarga mereka sedangkan begitu ramai pengemis/org miskin yg menghuni jakarta.hidup merempat.tidur d tepi2 jalan(pemandangan yg tak ujud d KL)

  387. Akhmal Rizal berkata:

    comentnya cekudut semua…untul munyuk heheh

  388. Irvine berkata:

    Udahan Perang langusng ajah mas bro cap cuz ga sabar gua!
    100% INdonESIA. Kalo Perang ma ya jangan malaysia yang suruh maju melainkan Indonesia kalau yang maju mereka sama saja kita di jajah artinya oon!

  389. Mr.Nunusaku berkata:

    Seandainya perang dengan Malaysia terjadi dengan Indonesia…sudah pasti kematian banyak dialami oleh Indonesia…dan banyak RI Jawa akan tetap tidur dikolong jembatan.
    Lihat saat perang di Maluku 1999 laskar Jihad banyak dibantai dan banyak kuburan laskar Jihad tak bernama di Maluku dan beberapa kontainer laskar Jihad dibuang dilaut Maluku…itu baru di Maluku…..dan seandainya Indonesia jadi perang dengan Malaysia….banyak janda-janda nanti dipulau Jawa karena suaminya mati dibantai di Malaysia.

    Di Maluku aja mereka tak mampu melawan pasukan Merah….mau lawan Malaysia…?

  390. mahfud berkata:

    SILAHKAN coba aja Lepas pasukan malaysia dan indonesia . 99% saya pegang pasukan khusus negara republik indonesia, yg memang di didik jd pembela negara . bukan seperti pecundang !

  391. zuhri berkata:

    assalamu’alaikum pak….
    bukannya saya sok tau ya…
    asal bpak tau….
    di negara malaysia itu penduduk’y bukan asli malaysia. melainkan asli org jawa dan org luarjawa. kyak klimantan, sumatera. pokog’y di sini itu kbnyakan org indonesia dan org india, china.. pa lagi yg jdi raja disini asli org indonesi . tpi dari bpak’y.. cuman lhir’y ada di sini….pokog’y malaysiaitu bgian dari indonesia.. trmasuk org orang’y… klo gk percaya datang kesini dan ngobrol ngobrol ama org sini….

  392. agus berkata:

    2013 msih zaman perang kah???? udAhlah lupain aja,, yg lalu biar berlalu,,
    Peace malaysia,,
    assalamu’alaikum saudaraku malaysia

  393. Mnazaruddin berkata:

    Indonesia punya senjata pemusnah mass kok..itu tuh gas 3kg..ada juga senjata biologis yang dipake untuk perkosa anak sendiri..
    GOBLOG LU PADA!!!!! GINI HARI MAU PERANG!!!!!..APA KAGAK ADA KERJAAN LOE!!!!MENDINGAN CARI DUIT SONO..ISI PERUT ANAK ANAK AMA BINI LOE TUH..BIAR KAGAK PADA KELAPARAN..BIAR PINTER OTAKNYE GAK KAYAK LOE LOE PADE ANG OTAK ISINYA CUMAN TAIK DOANG!!!! MAKAN TIAP ARI AMA SEMUR JENGKOL DOANG UDAH NGAJAKIN ORANG PERANG!!! DASAR KEBO KEBO BELANDA YANG MAU DIADU DOMBA…MENDING LOE PERANGIN TU KORUPSI..LEMPAR TU MUKA SI NAJARUDIN PAKE GRANAT..ATO PERANGI KEMISKINAN LOE SENDIRI..BIAR BISA MAKAN TIGA KALI SEHARI PAKE DAGING…DASAR MANUSIA MANUSIA DONGOK…BRAPE HARGA DIRI LOE PADE..SINI GUA BELI…BANGSAT LOE SEMUA…

  394. Demy berkata:

    NKRI Harga Mati hanya selogan atau PILAR? kalo Pilar Perang Saja.! atau Beraninya perang dengan Rakyatnya Sendiri, Patok di Cabut, Batas Laut dilanggar kok Cuman Nonton, Berani Dong Lawan..! Fakta mengatakan Bahwa Kita Memang Kalah segalanya, Senjata, Rudal, Pesawat tempur kita sudah sangat Tua.. bayangkan, TNI perang Lawan Tentara Fretilin Timor Leste saja Kalah Telak, padahal fretilin timor leste waktu itu, hanya berjumlah ratusan, sedangkan TNI ribuan dengan Persenjataan dibilang Lengkap, fakta selanjudnya, perang dengan GAM Aceh banyak Tentara Gugur, waktu itu GAM kalah karena SUNAMI ACEH 2004 kalau tidak kota Serambih Mekah sudah Merdeka. dari fakta kecil ini; saya boleh Vonis KITA KALAH TELAK, yang MENANG adalah TKI (tenaga kerja Indonesia) Keberanian dan Pantang Menyerah tenaga Kerja Indonesia di Malaysia patut diberikan PENGHARGAAN sebagai PAHLAWAN NASIONAL, mereka disiksa majikan, dipenjara karena masuk ilegal, diperbudak, tetapi TKI tidak pernah takut pergi cari Uang dan Pekerjaan di Malaysia..! TKI membawa Nama Negara Untuk PEREKONOMIAN INDONESIA. pertanyaannya yang berani lawan Malaysia TNI atau TKI? (100% TKI) Merdeka…..Merdeka…..Merdeka….!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s