Ajaib, Kaki Bayi Bertuliskan Ayat Al-Quran

bayi-Alquran1Wallahu alam, hanya Dia yang tahu pesan apa yang hendak Dia sampaikan kepada ummat manusia di dunia ini. Dunia sudah tua ataukah kiamat sudah dekat? Seorang bayi yang berusia 9 bulan di negara bagian Dagestan, Rusia, menunjukkan fenomena aneh. Di kaki bayi yang bernama Ali Yakubova itu terdapat tulisan ayat Al-Quran. Seperti yang ditulis di situs TempoInteraktif.com, harian Inggris The Sun menyebutkan bahwa sebelum muncul di kaki kalimat itu muncul pada pergelangan tangan, kaki, dan perut Ali. Kedua orang tua Ali pertama kali dibuat kaget ketika lafal Allah muncul pada dagu anaknya tak lama setelah lahir. Setelah itu beragam kalimat bertuliskan arab memenuhi seluruh anggota tubuh anak tersebut. (Berita tentang hal ini di media lainnya juga bisa dibaca di situs Hidayatullah, di situs Okezone.com, atau di situs Detik.com)

Video di YouTube tentang berita heboh ini bisa diklik di bawah ini:

Ali juga membuat kalangan dokter di Rusia pusing tujuh keliling. Seperti dilansir dari The Sun, tim medis mengatakan, pihaknya tidak bisa menjelaskan kondisi misterius Ali Yakubov, tapi mereka membantah, tanda ini ditulis oleh seseorang pada kulit bayi ini. Madina Yakubova, ibu sang bayi mengatakan ia dan suaminya tidak begitu taat dalam melaksanakan agama Islam sebelum kalimat tersebut muncul pada kulit anaknya.

bayi-Alquran2 Tulisan arab di kaki bayi itu begitu jelas dibaca. Coba lihat foto di kanan ini, di situ tertulis falanaqusshanna ‘alaihim dan seterusnya. Ada yang tahu artinya? Pada surat apa dan ayat berapa? Anehnya, tulisan di kaki itu selalu berganti. Menurut Madina kalimat berlafalkan Al-Qur’an itu muncul setiap dua pekan sekali. “Biasanya muncul pada malam antara hari Kamis dan Jumat,” akunya.

Sang ibu, mengatakan bahwa anak laki-lakinya dilahirkan dengan hematoma di dagunya, dan ketika memar pulih, kata ‘Allah’ tulisan Arab muncul. Dalam dunia medis, Hematoma adalah penampakan biru (keunguan) pada kulit, yang dapat terjadi karena benturan atau sebab lain.

Di balik kulit yang membiru itu, terdapat pembuluh darah yang pecah dan darahnya keluar, serta kemudian membeku (menjendal) di luar pembuluh darah itu. Jika letaknya cukup dekat dengan permukaan kulit, maka akan terlihat seperti warna biru/ungu. Umumnya terasa nyeri, terutama jika ditekan, dan kadang juga disertai pembengkakan.

bayi-Alquran4Masalahnya, semenjak muncul tulisan yang dipercaya “ayat-ayat Allah” pertama kali, sejak itu pula, munculnya tulisan-tulisan bernuansa Arab lain bertebaran di punggung, lengan, kaki, dan perutnya. Menariknya, keluarganya mengklaim, selalu ada tanda-tanda sebelum ayat-ayat baru muncul, dua kali dalam sepekan.

Paramedis tentu saja tidak percaya bahwa itu adalah mukjizat agama. Ludmila Luss, seorang dokter setempat, percaya bahwa cerita dengan tanda-tanda seperti itu, hanya didalangi oleh orangtua sang anak.

Menurut Ludmila Luss, kemungkinan besar tulisan itu adalah akibat efek iritasi, seperti lada dan garam, atau obat-obatan, yang memicu peradangan kulit dan meninggalkan jejak merah berbentuk huruf Arab,” katanya.

“Beberapa orang yang menderita patologi lambung memiliki kulit yang sangat sensitif. Jika Anda menggambar sesuatu pada kulit mereka dengan tongkat kecil, misalnya, gambar akan kemudian muncul,” kata Ludmila Luss.

bayi-Alquran3 Bayi bermata biru yang lucu, wajahnya benar-benar menggemaskan (lihat foto). “Anak ini adalah murni tanda dari Tuhan. Allah mengirimkannya ke Dagestan dalam rangka menghentikan perang dan ketegangan di republik ini,” kata Akhmedpasha Amiralaev, salah seorang pemuka agama di Dagestan, Rabu (21/10). Bila betul ini kebesaran Allah SWT, jangan sampai fenomena ini dijadikan klenik atau tahayul seperti yang sering terjadi di Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

134 Balasan ke Ajaib, Kaki Bayi Bertuliskan Ayat Al-Quran

  1. ibnu hadi berkata:

    Allahu akbar

  2. someone berkata:

    itu bukan mukjizat, mukjizat itu untuk nabi dan rasul

  3. mega berkata:

    Subhanallah…..
    masihkah kita merasa “cukup”?

  4. Velarde Anindya berkata:

    Allaahu Akbar,Sesungguhnya hanya Allaahlah yg Maha Tahu apa yg ada didalam hati dan pikiran manusia.

  5. Zulfiqar berkata:

    Hanya Allah SWT yang tahu keaslian dan kebenarannya. Namun tidak ada yang mustahil bagi Allah bila Allah menghendakinya. “Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “jadilah” maka terjadilah ia.”(yaa Siin:82). Tulisan ” falanaqusshanna ‘alaihim” terdapat dalam surat Al-A’raaf ayat 7

  6. freeline berkata:

    subhanallah….Allahuakbar

  7. nurrahman18 berkata:

    memang masih penuh misteri yah

  8. samsulbloger berkata:

    Subhanallah…. smg ini bisa membuat kita lebih dekat kpdnya…. amin

  9. Santi berkata:

    Subhanallah, maha kuasa Allah, apaun yang dikehendaki Allah, Dia hanya berfirman “KUN FAYAKUN”

  10. mamad berkata:

    keajaiban atau teguran kita harus introsfeksi diri

  11. mury berkata:

    Surat Al-A’raf ayat 7

  12. Joeanda Kiyoshi Al-bachry berkata:

    ini adalah petunjuk dari Allah S.W.T bagi kita semua…Allah ingin kita mengingat bahwa DIA masih ada….hanya DIA yang Maha hidup…DIA yang maha mengatur..jdi jangan merasa tinggi hati dan merasa diri punya kuasa di dunia ini…jgn seperti Firaun,dan namrudz…dan para musuh2 Allah yang tlah diberi Azab teramat pedih…..

  13. r1j4l berkata:

    Apakah ini tanda kalo KIAMAT sudah dekat…????

  14. noni berkata:

    MAHA SUCI ALLAH,
    SESUNGGUHNYA ALLAH MENGUASAI LANGIT & BUMI,
    YANG MEMILIKI ARASY YANG AGUNG, TUHAN SERU SEKELIAN ALAM…..

  15. shilvie berkata:

    allahu a’lam……

  16. shilvie berkata:

    allahua’lam…

  17. Ewien Tachibana berkata:

    Subhanallah, segala sesuatu tidak ada yang kebetulan, semua adalah kehendakNya. hanya Kepada Allahlah segala sesuatu kita kembalikan. dan jangan sampai kita menjadi syirik dan lalai.

  18. ITzul berkata:

    Subhanallah,…
    Ya Allah Ampunilah Dosa-Dosa Hamba Mu Ini, yg selama ini berbuat dosa…
    Amin…

  19. sitiastutik berkata:

    Allah maha mengetahui…

  20. pembacadunia berkata:

    Subhanallah Allah memang maha besar !
    salam kenal..kungjungi blogku ya…

  21. Ph!duT berkata:

    udah pernah baca yah…

  22. hasruL berkata:

    Subhanallah….

  23. gwgw berkata:

    mukjizat emang hanya untuk para nabi dan rasul, tapi Al Qur’an…adalah mukjizat untuk semua umat manusia….Allahuakbar !!!

  24. amaliautami berkata:

    subhanallah……..

  25. ehar10 berkata:

    Subhanallah….Allahu Akbar….

  26. kalopun emang bener, arti dari tulisannya apa, ya?

  27. yosbeda berkata:

    moga saja ini semua bukan hoax..
    aminnn…

  28. maseka berkata:

    Mukjizat hanya untuk nabi & rosul saja.Tanda itu adalah bukti kebesaran ALLAH swt. Taat & bertakwalah kepada ALLAH.

  29. Misro Tech berkata:

    kita tak pernah tahu apa maksud dan tujuannya, tapi semoga kita masih bisa tetap di jalan ALLAH SWT……

  30. kabariberita berkata:

    sebuah tanda akan kebesaran Tuhan

  31. Mahavatar berkata:

    subhanallah.

  32. Fir berkata:

    subhanallah atas kebesaran Mu,

  33. Ban'z berkata:

    AllahuAkbar. . . . . .
    laailahaillalaah. . . .

  34. Dhito berkata:

    falanaqusshanna ‘alaihim = “maka sesungguhnya akan Kami kabarkan kepada mereka”

    inilah kabar dari qjji SWT…

    tanda-tanda kebenaran Islam semakin nyata,
    masihkah kita menerapkan sistem yang bukan bersumber dari sang pencipta qjji SWT

    mari bersama-sama kita kembalikan kehidupan Islam ke kehidupan kita..

    wallahua’lam

  35. Ahmad rifai berkata:

    Allahuakbar… Seperti y DIA mengingat kan semua umat manusia tuk selalu ingat kepada NYA…

  36. Miiyaa berkata:

    ” tunjukkan pada dunia,,akan adanya tulisan tersebut…”
    maka akn terbukti pada semua orang,,bahwa ALLAH itu ada,,nyata,,Maha Besar dan Maha Pencipta segala,,
    Hanya Allah……
    Hanya Allah………..

  37. herdiest berkata:

    apakah ini sbuah pertanda bg org2 kafir……untk mlht keajibn ALLAH……

  38. Fajar maulana berkata:

    Ini adalah sebuah pesan dari sang KHALIK…agar kita kembali ke jalan nya…. SUBHANAALLAH,.. WALHAMDULILLAH…WALA ILAHA ILLAALLAH… WAALLAHU AKBAR.

  39. sangpelembuthati berkata:

    Sang kuasa sedang memperlihatkan kuasanya. begitulah Allah, Ia menampakan kekuasaanya bagi orang2 yang ingkar padaNya.
    salam pelembut hati…

  40. said berkata:

    Subhanallah AllahuAkbar maha suci Allah yang tidak beranak dan diperanakan

  41. bhewoeq berkata:

    subhanallah allahu akbar…allahu akbar… semoga ini adalah suatu pesan yang bisa membuat kita bercermin diri, bahwa IA lah maha besar dan maha penguasa…. IA lah sang KHALIK….

  42. udinrosa berkata:

    Fiuh begitu bebalnya manusia sekarang bertindak sembarangan (freesex, korupsi, manipulasi, dkk) sampai harus ditunjukkan bukti seperti ini

  43. anton berkata:

    saya takutnya itu manipulasi belaka, sebenarnya perlu pembuktian yang kuat

  44. rafael berkata:

    subhanallah..
    apakah kita masih jua ingkar atas kbesaranya.
    riana.

  45. riz berkata:

    sesungguh na kiamat itu sudah dekat, kemakmuran islam akan bangkit, marilah kita mendekat kepada allah swt, karena dialah yang memiliki langit dan bumi, serta jiwa kita.

  46. Mohd Faizol Abdul Rashid berkata:

    Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad Utusan Allah. Tuhan Semester Alam. Pencipta Yang Maha Agung. Maha Suci Allah, Maha Mulia Allah, Maha Agung Allah. . Segala pujian hanya layak bagi Allah. Kemuliaan dan Keagungan Allah Maha Tinggi dari segala pujian makhluk-Nya.

    Wahai Ummat Islam sekalian, sudah tiba masanya kita bangun dari kelenaan dunia. Zaman kebangkitan Islam sudah hampir tiba. Mari bersama kita bersatu membela agama kita yang tercinta, menegakkan Kalimah Syahadah di atas muka bumi Allah ini. Takutlah kepada Allah Yang Maha Perkasa, nescaya hanya takwalah kunci kemenangan kita ke atas kafirun. Mari bersama kita tegakkan panji Islam berpandukan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah.

  47. agus supriono berkata:

    Allahu Akbar. Allah Kuasa Makhluk tak Kuassa
    Allah Maha dari segala Maha.

  48. yuswantoro berkata:

    subhanalloh,.Allohu akbar,.Ampuni kami ya Robb,.La haula walaa kuwwata illa billahil ‘aliyil adzim

  49. dtee berkata:

    kehancuran kaum kafir sudah di depan mata…tapi mereka tetap sombong!!!!!!! than ISLAM WILL ANSWER THAT!!!!

  50. Ocly berkata:

    Subahanallah..Tak ad yg mstahil bagi allah..
    Mdh2an hal ini dpt m’buat kta lbh dkt dgnNYA..
    Jgn pesimis dlu klo hal ini m’rpkan tnda kiamat.. Krn tnda2 ini hx m’rpa kan tanda2 kekuasaanNYA agr kta lbh dkt dgnNYA..
    Allahuakbar..!!?

  51. diemas berkata:

    maha besar DIA dengan segala keagunganya

  52. Rafika Muslimah berkata:

    Subhanallah…Betapa Maha Besarnya Dirimu Ya ALLAH….

  53. rulyy berkata:

    ya Allah jika ini adalah tanda2 akan kebesaranmu, maka ampunulah kami orang2 muslim dan tempatkanlah kami pada tempat yang telah engkau janjikan pada kami, maha benar engkau ya allah segala puji padamu…..

  54. mimie berkata:

    masha allah..besarnya mukjizat allah

  55. e_soesilo berkata:

    Allahhuakbar!! Subhanallah . . .

  56. Satria jaya berkata:

    Ini mungkin bayi dajal.

    • Arsya berkata:

      Hmmmmmm….

    • dfaent berkata:

      kalo koment jangan ngawur mas…!!!!!

    • eka berkata:

      kalo dajal itu di khurasan bukan di rusia bang….

    • atinatin berkata:

      Menurut riwayat yg sahih yg disebutkan dlm kitab “Shahih Muslim”, bahwa Dajjal itu sudah wujud sejak beberapa lama. Ia dirantai di sebuah pulau dan ditunggu oleh seekor binatang yg bernama “Al-Jassasah”. Terdapat hadis mengenainya. Daripada Hadis ini jelaslah bagi kita bahwa Dajjal itu telah ada dan ia menunggu masa yg diizinkan oleh Allah swt untuk keluar menjelajah permukaan bumi ini dan tempat “transitnya” itu ialah disebelah Timur bukan di Barat.

    • Poetry berkata:

      Congek ni orang

  57. Andi Setyadi berkata:

    subhanallah

  58. jc pilot berkata:

    rapatkan diri dengan allah,tidak akan sesat kamu dgn ayat allah,kerana ayatnya tidak berubah ubah dan tiada siapa yg mampu merubahnya kecuali dia,wallalahhualam.

  59. Moch Ali AM berkata:

    Subhanallaah……….

  60. rully berkata:

    SUBHANALLAH… ALLAHU AKBAR..

  61. subhan berkata:

    subhanallah!!!!!!!
    mungkin itu saran kepada manusia untuk beribadah kpada Allah SWT

  62. FACHRUL berkata:

    subhannallah,, sungguh besar kekuasaan-Nya, kita sebagai umat manusia tidak tahu apa maksud itu,, hanya dia lah yang tahu.

    • cew_ingusan berkata:

      penyakitnya cool bgt,,bsa di bikin kaligrafi gtu,,,,hidayah hanya dtg bagi org yg berpikir,,,maybe is not u,,,

  63. mphot berkata:

    Wewh apaan itu??? subhanallah,, kaya Tato..

  64. dafit berkata:

    no comment. bisa saja ini benar, bisa saja ini hoax

  65. fadhilah wdng berkata:

    subhanallah……………
    allahu akbar…………..
    Dia maha tau atas segala yg ada di muka bumi ini.

  66. sunni berkata:

    entah benar, entah hoax, yang penting tetep nambah iman kita saja dengan benar,

    takutnya, si bayi jadi semacam ponari……

  67. rahmi berkata:

    subhanallah
    sudah ada yang seperti itu

  68. nova berkata:

    subhanallah,,,,,

  69. Dodi Birink berkata:

    Aku Bersyukur Kepada Allah Swt karna telah Memberikan Suatu Pertanda2 yg Baik Terhadap Dunia serta kita terutama Umat Muslim harus Melindungi Anak tersebut dari Godaan SetaN..

  70. Joker The Great berkata:

    All Hail Universal God!
    Tuhan untuk seluruh makhluk hidup, bukan hanya untuk penganut Islam!

  71. Erna Wati berkata:

    Sedikit tambahan (atau koreksi ya?)… dalam wawancara oleh media setempat, orang tua bayi tersebut dulu bukanlah orang Muslim. Pada saat tulisan2 itu muncul di tubuh anaknya, mereka mengetahui itu huruf Arab, tapi karena mereka tidak bisa membaca apalagi mengartikannya, mereka minta tolong tetangga yang mengerti bahasa Arab. Setelah diberitahu bacaan tulisan itu dan artinya, mereka lalu masuk Islam. Disana tidak ada dukun2an atau jimat2an, jadi dia nggak jadi “Ponari Rusia”, tapi yang ada adalah tuduhan2 yang mengatakan bahwa si orang tua menuliskan kata-kata itu dan menyebut mereka sebagai penyiksa anak. Ini membuat sang ibu bersedih dan bingung mengapa orang-orang berpikir demikian, sedangkan dia dulu bukan orang Muslim.

  72. nopri yuansyah berkata:

    subhanallah!!!!!!!!!!!!! inilah mukjizat allah,sebentar lagi mw kiamat…………..

  73. Ping balik: makan menyehatkan « Fafadieva's Blog

  74. guntur berkata:

    Subhanalah, semoga kita yang beriman diberikan kebaikan dunia & akhirat… Amin

  75. roni berkata:

    subhanaallah . . .

  76. Anti berkata:

    Alhamdullilah atas kelebihan yang diberikan pada hambahnya yang terpilih.

  77. Nita Ishak berkata:

    Subhanallah ,,,,

    Allah Maha besar….

  78. chikosky berkata:

    allah huakbar benar2 tabjub atas apapun ciptaan allahswt.

  79. chikosky berkata:

    semoga anak bayi tsbt jadi penuntun umat islam kejalan yg bnr kejalan yg d ridoi allah swt

  80. rien win berkata:

    MAHA SUCI ALLAH…

  81. R.07 Agus Berlian / APRY berkata:

    Astaghfirllah

    adalah bayi pilihan dari sang “Khalik” yang diturunkan ke dunia

    ada kemungkinan

    karna orang yg beragama islam jarang atau tidak sama sekali membaca kitabnya “Alquran” saking sibuknya dengan kemaksiatan dunia sehingga Tuhan YME memberikan kemudahan untuk membaca lafal alquran melalui bayi yg terlahir ajaib itu

    karna banyak orang yang mengaku ber agama tetapi tidak melakukan ajaran agamanya

  82. gathotsutedjo berkata:

    aja kagetan, gumunan, aja dumeh

  83. safei ali mukti berkata:

    Subhanallah semua itu adalah rahasia NYA apa pun jua tidak ada yang mungkin bagi NYA, Kun Fayakun maka jadi la ia

  84. tami berkata:

    masya allah
    allah maha besar dngn sgala kuasanya

  85. ruhandani berkata:

    Ini adalah pertanda peringatan bagi manusia untuk lebih mengingat allah…
    manusia sudah lupa dengan tugasnya di dunia, manusia hanya memikirkan makan dan makan,

    kita bisa lihat tanda2 kiamat : perzinahan, pembunuhan, durhaka kpd orang tua, minuman keras, lapindo, angin besar, gunugn meletus,

  86. mabeba amirulhaq berkata:

    subhanallah allahu akbar, marilah kita tapakuri penomena alam ini,bagi negara muslim maupun non muslim

  87. slams berkata:

    subhanallah………

  88. nirmala berkata:

    ALLAHU AKBAR…KUN FAYAKUN…KLO ALLAH SUDAH BERKEHENDAK TIDAK DA YG TDK MNGKN DI DUNIA INI…

  89. sugiarto berkata:

    Allahu akbar ,segala sesuatu kehendak ALLAh
    semoga rahmat dan hidayahnya tercurah kepada kita
    amin.

  90. joko su berkata:

    Alloh Maha Besar, semoga kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari fenomena ini dalam meningkatkan keimanan dan ketagwaan kita, amin

  91. Abi berkata:

    Untung, terjadi di luar Indonesia..coba kalo si Anak ada di Indonesia..halah, pada Syirik deh tuh warga..pada minta berkahlah, minta ini, minta itu..

  92. tri sulistianti berkata:

    subhanallah
    maha besar allah yang telah mengetahui segalax

  93. eko y berkata:

    wayahe iling marang gusti ALLAH

  94. ezha berkata:

    Subhanallah…
    Maha Besar Allah dengan segala ciptaanNya

  95. Ikhwan berkata:

    Kalo itu benar brrti itu isyarat…!
    Bs jg anak itu akan mnjd seorang waliyullah…!

    D antara belikat/punggung rasulullah ad isyarat tertulis “khatamun nubuuwah” artinya penutup segla nbi, nbi akhir jaman..

    Sdgkn anak itu isyaratx utk mengkhobarkn kbnrn al-quran…!

    Bnyk kekuasaan allah yg nampak d langit dan d bumi…
    Hanya org kafir yg ingkar dgn kekuasaanx…

    Allah swt maha kuasa..
    Yg firmax “KUN FAYAKUN” dan ” WALLAHA ‘ALAA KULLI SYAIIN QHADIR”

    _______
    Nama2 Perkara yg ajaib/sprti keajiban, utk masing tingkatanx

    1.Utk nabi= Mu’jizat
    2.Utk Waliyullah= Karamat/Karamah
    3.Utk org biasa= Ma’unah…
    Ini yg 3 adlh kelebihan hamba allah…

    Kalau seperti DUKUN/Tukang sihir namanya= Istidrat(mnt bantuan jin)
    ini namanya musyrik…

    Sdgkn masalah berkah itu tdk ap2 malah d anjurkan…
    Misalkan kita ziarah ke makam para waliyullah kita boleh mnt berkah..
    Tp dsni hrus pke hakikat dlm hati bhwsx allah ta’ala jualah yg mmbrikan/mnjdkn berkah itu, bkn si pemilik makam trsbt…

    Barangsiapa tdk percaya dgn berkah sama dgn tdk percya dgn karamah, dan siapa yg tdk prcya karamah sama tdk prcya dgn mu’jizat…

    Jd intinya semuanx itu kembalikan kpd allah, allah swt lah yg mnjdkn smuax itu…

    ‘PERINGATAN’
    kaum mu’tazilah tdk percaya dgn karamah para waliyullah…
    Dan kaum mu’tazilah tdk percya dgn adnya waliyullah…
    Padhal dlm al’quran sdh ad keterangan waliyullah..
    Firman allah swt ” ALAAA INNA AULIYAAL LAHHU LAA KHAUFUN ‘ALAIHIM WA LAA HUM YAHZANUN”

  96. NENDEN berkata:

    subhannallah,,,,,,,,,,
    sungguh kau telah memberikan peringatan kpd umat2 di muka bumi ini…
    semoga dg adanya peristiwa tsb,,manusia dapat berfikirrrr

  97. ifa dina Constan berkata:

    _Wallahu A’lam_

    _bishowaab,,^^

  98. hatuala berkata:

    itu lah kebesaran ALLAH ..

  99. heri kustino berkata:

    Allahhu Akbar….

  100. Day Wolker berkata:

    Allah maha besar

  101. Putra berkata:

    AllahuAkbar. .

  102. Aslim Lubis berkata:

    Subhanalloh……

  103. muhammad zein berkata:

    allah maha kuasa atas apa yg di kehendakinya….mari kita bertaubat kepada allah

  104. agielblue berkata:

    subhanallah…
    allah menunjukkan kebesaranNya di mana-mana

  105. tiada yang sulit bagi ALLAH swt bila dia mnghendakinya…………..
    itu lah tanda2 kebesaran ALLAH swt, maka perbanyak lah ibadah…………dan menjalani segala perintah2 nya dan mnjauhi segala larangan2 ny!!!!!!

    ALLAHU AKBAR3x!!!!!………………….

  106. Ping balik: Menanti Kunjungan ke-1.000.000 | Catatanku

  107. Menuju Mati berkata:

    ALLAH MAHA BESAR….

  108. hidayat berkata:

    Allah telah menunjukan kebesaranya dari segala bentuk….

  109. Alim musyafak berkata:

    Ak nyakin itu peringatan ALLAH.

  110. DNA berkata:

    ada yang tau surat apa aja yg turun?? itu adalah obat dlm sains ilmu pengetahuan

  111. Siti Zulfa berkata:

    maka sesungguhnya akan Kami kabarkan kepada mereka(apa-apa yang telah mereka perbuat),sedang (Kami)mengetahui(keadaan mereka),dan Kami sekali-kali tidak jauh(dari mereka).QS Al-A’raf ayat 7

  112. jj lin berkata:

    ternyata baby nya penderita dermatographic urticaria bukannya dirawat baik” babynya ,malah tubuhnya dicoret” … jahat banget semoga yang melakukan kebohongan itu semua dlaknat oleh allah swt aminn …

  113. Hello! I could have sworn I’ve been to this site before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking and checking
    back often!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s