Foto-Foto SMA 1 Padang Setelah Gempa Besar

Masih dalam rangkaian kunjungan pulang kampung ke Padang, saya sempatkan menjenguk bekas sekolah SMA saya dulu, SMA Negeri 1 Padang. SMAN 1 Padang termasuk salah satu dari ratusan sekolah yang hancur atau rusak berat karena diayun-ayun oleh gempa tanggal 30 September yang lalu. Awal tahun lalu saya juga mengunjungi sekolah ini, cerita dan foto-fotonya dapat dibaca di sini. Sekarang, bandingkan kondisi sekolah ini dengan 9 bulan yang lalu, jauh sekali bedanya.

Memasuki halaman sekolah, saya tidak mengenal siapapun lagi di sana, baik guru-guru maupun karyawannya. Maklum sudah 24 tahun saya tinggalkan, para gurunya sudah pensiun atau sudah dipanggil oleh Allah Yang Maha Kuasa. Saya berkeliling sekolah dan memotret bangunan-bangunan yang rusak. Dari luar sekilas sekolah ini aman-aman saja saja, seolah-olah tidak terkena gempa, tetapi jika melongok ke dalam barulah terlihat kerusakan parah akibat gempa. Secara umum gedung yang rusak adalah gedung peninggalan Belanda yang terrletak di sebelah kanan sehingga ruang-ruang kelasnya tidak bisa dipakai lagi, sementara gedung sebelah kiri yang terletak tidak mengalami kerusakan dan aman dipakai. Waktu itu saya lihat siswa-siswa sibuk mengerjakan soal UTS. Gedung lain yang rusak adalah gedung baru berlantai tiga yang bertetangga dengan SMA PGRI.

Berikut foto-fotonya:

1. Ruang kelas yang rusak parah

DSC00761

2. Lorong sekolah di gedung lama. Kesan dari luar tidak terlihat ada kerusakan, tapi jika kita menengok ke dalam ruangan kelas, alamaakk… pemandangan yang menyedihkan seperti gambar 1 di atas.

DSC00768

3. Bangunan baru berlantai tiga yang juga rusak parah

DSC00766

DSC00762

4. Karena banyak ruang kelas yang berbahaya jika digunakan kembali, maka siswa terpaksa belajar di dalam tenda-tenda bantuan UNICEF. Tenda-tenda itu didirikan di halaman sekolah dan di lapangan upacara. Gerah memang belajar di dalamnya, tapi mau bagaimana lagi. Perlu waktu lama untuk memperbaiki kembali sekolah yang rusak tanpa harus menghancurkan seluruhnya, karena bangunan sekolah ini cagar budaya yang dilindungi.

DSC00765

DSC00764

Sedih memang melihat sekolah kebanggaan saya dulu rusak parah oleh gempa, lebih sedih lagi menyakisikan kondisi siswanya yang belajar di bawah tenda. Mudah-mudahan para alumninya yang tersebar di seluruh dunia tergerak membantu setelah membaca tulisan ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Cerita Ranah Minang. Tandai permalink.

14 Balasan ke Foto-Foto SMA 1 Padang Setelah Gempa Besar

  1. Iman berkata:

    Itu unicef tanggap sekali ya Pak, salut :-)

  2. indri berkata:

    sedih Pak, ngeliat kondisi SMANSA sekarang. Semoga cepat pulih. Banyak kenangan dibangunan peninggalan Belanda itu. ^_^
    Terima kasih atas foto2 dan infonya Pak.

  3. Irma Muliani Bakar berkata:

    Aslmkum.. Da.. Slm kenal, saya jg pernah pny pngalaman g tlupakan d gedung sekolah itu.. Gmana g, 7-8 jam mata pelajaran, slm 6hr smgu, 3th.. . O y, saya lulusan 96 Fis 1. Brarti sdh lbh 13th g msk SMANSA lg..
    Skrg….( ) menyesal rasanya g s4 mampir k SMANSA wkt plg Lebaran kmrn pdhl pgn skali.

  4. Edo Yuliando berkata:

    sedih nih, kalau melihat sekolah kena gempa kayak gini, semoga cepat pulih

  5. harmanza berkata:

    kabarnya SMA 1 padang mw dipindahkan.Gedung sekarang rencananya mw dijadikan mall oleh pak wali kota.
    wajar saja klw renovasi sekarang tidak jelas perkembangannya.Sudah setahun sejak gempa 2009 masih banyak siswa yg blajar di luar

  6. intan berkata:

    kasihan, semoga tambah jaya

  7. intan berkata:

    intan pengen msk sma 1 pdg :)
    tunggu intan yaa :)
    semoga bisaaa
    amiiiin

  8. INOOP berkata:

    smg bs!!
    saya doain

  9. INOOP berkata:

    maleeh ma ntaan ndak jadi doo

  10. Ping-balik: Berkunjung ke Sekolah SMA 1 Padang yang Baru | Catatanku

  11. john berkata:

    Ass. Saya tidak mengenal istilah Smansa, maklum sudah kelewat zamannya. Terima kasih sekali buat bung rinaldi atas konten di blognya.Sangat berarti foto2 tersebut rasanya.buat mengenang-2.terima kasih sobatku rinaldi.John alumni angkt 1976.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s