Foto-foto Bandung Tempo Doeloe

Bulan Oktober dan November yang lalu di Bandung diadakan festival komunitas kreatif yang bernama Helarfest (baca kegiatan ini di sini). Nah, panitia Helarfest memajang foto-foto Bandung tempo doeloe seukuran papan billboard. Foto-foto itu dipajang pada tiang penyangga jalan layang Pasupati di sepanjang jalan Cikapayang. Pengendara yang melewati jalan di bawah jembatan layang ini tentu dapat menikmati forto-foto besar yang menampilkan kota Bandung pada awal abad 20. Hingga sekarang foto-foto besar itu masih dipajang.

Kemarin saya menyempatkan diri turun dari kendaraan dan memfoto foto-foto yang menarik itu sepanjang jalan Cikapayang. Sebagai penggemar foto, saya sangat suka mengabadikan hal-hal menarik yang saya lihat sepanjang perjalanan. Berikut hasil jepretan saya (dengan kamera ponsel). Klik foto untuk melihat lebih besar.

1. Foto perempatan jalan A.Yani dan Jalan Riau (Martadinata) pada tahun 1920.

2. Jalan Riau pada tahun 1917.

3. Alun-alun Bandung pada tahun 1938.

4. Jalan Asia Afrika pada tahun 1920

5. Jalan Braga pada tahun 1911

6. Kampus ITB pada tahun 1920

7. Kologdom (markas militer) pada tahun 1923

8. Jalan antara Kopo dan Ciwidey pada tahun 1880

9. Masjid Agung dan alun-alun Bandung pada tahun 1890

10. Seputar GOR Saparua pada tahun 1930

11. Taman Balaikota pada tahun 1920

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

132 Balasan ke Foto-foto Bandung Tempo Doeloe

  1. erwan29680 berkata:

    Wararaas Bandoeng Jaman Baheula Mahhh!!!!!

  2. Willy Permana berkata:

    Foto yang sekarang juga dong, Pak, untuk pembanding :D

  3. Nur Ali Muchtar berkata:

    waduhhh
    yang foto tahun 1880 itu jepretnya pake apa ya pak?
    kamera (alat) apa yang udah ada dan bisa jepret gambar pada tahun segituan ya pak?
    saya gak tau cz saya masih belom lahir. ibu dan bapak saya juga belum lahir de pak.

  4. Nur Ali Muchtar berkata:

    oooooohhh
    jadi udah ada ya sejak abad 19
    ho’oh ho’oh
    makasih de pak tuk infonya!!

  5. rosa berkata:

    Wah kayaknya Bandung terlihat masih super sejuk. Sekarang kan mulai agak panas (tapi masih jauh lebih panas Sidoarjo :D). Karena banyak orang-orang yang “kecantol” di Bandung kayak saya dan Pak Rin, jadi Madat-madatin Bandung karena kami tidak mau kembali ke daerah asal, he…he…he…

    Maaf Pak kalau-kalau ada komentar saya yang kurang sopan sebelumnya.

  6. Iin Rafiin berkata:

    pami aya tambihan atuh potona kirang seueur, waas kacida ningal Bandung jaman baheula

  7. yana royana berkata:

    2 thumbs up for photos !!!
    rosa : urang bandung wellcome aja sih tuk para pendatang, yang penting turut serta menjaga supaya bandung tetap bersih dan hijau siga jaman baheula,
    nuhun fotona pak Rin

  8. Bambang berkata:

    ya kang… tambihan dong foto2na,, terutami daerah baleendah, soreang, tegalega dll.

    hatur nuhun..

    • Dejan berkata:

      Bandung Uitara jg punya cerita historis kok tdk dicantumkan, misalnya gedung Bumi siliwang ( UPI) atau Masjid Cipaganti.

  9. Suno berkata:

    Sebagai salah satu kota bentukan pemerintah Hindia Belanda, Bandung memiliki banyak gedung bersejarah yang sangat Indah dan kokoh. Site Plan kota dibuat dengan perencanaan matang dengan aspek2 lingkungan dan perkiraan pertumbuhan di masa yang akan datang. Ini harus dilestarikan agar anak cucu memahami sepotong sejarah republik ini.mobil bekas

  10. abimanyu berkata:

    bangunan jaman belanda dibandung nyatanya satu persatu mulai dirobohkan oleh investor2 yang tidak memiliki rasa cinta terhadap seni/cagar budaya, pemerintah kodya sendiri seolah2 tidak berkutik oleh permasalahan ini, padahal bandung berpotensi tinggi memiliki wisata heritage dari bangunan2 berarsitektur tinggi, potensi wisata belanja atau kuliner yang ada sebenarnya dapat disinergikan dengan aspek heritage yg ada,…bagaimana nih UU Heritage-nya melempemm…peuyeummm

  11. deni Asep Rahmat berkata:

    pengen…hidup…..pada zaman itu……segar…..lenglang euy…..genah…merenah…jeung tumaninah

  12. dicky ramdan berkata:

    punya foto daerah pajajaran/husein sastranegara tempo dulu? hidup bandung beatiful euy…. nuhun ah

  13. lucas dsh berkata:

    i’m so very impresiv with your fotos,did yuo have another.thank

  14. abie berkata:

    tapi lebih bagus tempo dulu, , ,dari pada sekarang kota dan rumah tempat tinggal penduduk tuch pada acak”an. . .

  15. bambang prawoto berkata:

    Bangunan2 indah Bandung akan segera punah setelah dipakai untuk FO yang hanya mementingkan kehidupan jangka pendek. Bandung art-deco akan tinggal kenangan karena warga Bandung lebih bernapsu ber FO ria.Godd Bye bandung art-deco.

  16. bambang prawoto berkata:

    Paris van java masih bisa ditongolin lagi kalau niatnya ada. Tapi sekarang nampaknya Paris Van Java sudah diganti dengan FO Van Java malahan menuju ke Sampah Van Java………….

  17. fahmi berkata:

    kabayangnya”””” karare’e’ng tapi seger

  18. Agung Junianto Prasetyawan berkata:

    Walaupun saya bukan ‘urang Bandung asli’…tapi saya merasa lebih memiliki kota Bandung sebagai kota kelahiran saya, saya suka dengan karya2 fotografi yang menampilkan potret-potret Bandung ‘Jaman Kiwari’…dan terbawa suasana, seakan-akan saya ada dalam foto tersebut.

    ‘Bandung nu dipikacinta…kadeudeuh’

  19. agung junianto berkata:

    bandung is the best, but makassar lebih is the best.,ahahahahahahaha

    • Yudhi Fambudhi berkata:

      Semua kota juga bagus, yang penting Bhineka Tunggal Ika. Indonesia Satu dan Satu untuk INDONESIA

  20. hadian berkata:

    Waduh bandung bikin kagum….semoga orang orang tempo dulu di jadikan ahli surga….karena mereka lah orang orang yang berjasa membangun Bandung tercinta..

  21. ajat berkata:

    lebih indah jaman dulu dari pada sekarang.

  22. LALANG berkata:

    Bandung zaman baheula sama bandung sekarang memang banyak sekali berubah tetapi semoga saja pemerintah sekarang tetap menjaga kelestarian bangunan-bangunan yang masih ada agar tetap lestari dan menjadi warisan untuk anak cucu kita. Buat para pendatang dan pribumi jagalah kota Bandung agar tetap mejadi Paris von java nya indonesia.Hidup Kota Bandung

  23. Riky Bernardo berkata:

    Menurut banyak pihak Bandung adalah salah satu kota paling indah dan bersejarah di wilayah Asia. Kalau cuma untuk ukuran Indonesia, saya yakin masih nomor satu.

    Betul sekali pendapat dari rekan-rekan sekalian, bahwa Bandung jaman dulu (sebelum tahun 1980) jauh lebih bagus, bersih, indah, dan romantis dibandingkan setelahnya. Apalagi di setelah pertengahan 90-an dimana pebongkaran, alih fungsi, pembangunan berlangsung dengan semena-mena!

    Sudah hampir 12 tahun ini saya tidak lagi berdomisili di Bandung karena tugas-tugas dan kewajiban saya sebagai pekerja.
    Saat ini meskipun saya berada ribuan kilometer nun jauh dari tempat kelahiran saya, hati saya masih terpaut dan terikat erat dengan kota ini…..

    Hmmmm,
    Kampus negeri dan swasta terbaik di Indonesia bahkan masih disegani di tingkat Asia Tenggara,
    Keindahan alam yang sangat eksotis di bagian Selatan maupun Utara,
    Pusat kuliner legendaris sejak jaman baheula,
    Gedung-gedung tuanya yang sebagian besar kini telah tiada….
    Tempat-tempat hiburan dan wisata yang berlimpah….
    Ingin rasanya kembali ke masa lampau…..

  24. Ardanari berkata:

    Jalan di bandung, bo.. gile.. ancur.. gak malu apa pak wali n apk guber..
    keindahan yang dibiarkan hancur begitu saja.. Sayang..

  25. Denistatarsunda berkata:

    sampurasun. aduh, meuni waas nya Bandung jaman kapungkur mah. teu siga ayeuna. hayu atoh nonoman-nonoman sunda teh urang ngariung mungpulung ngajaga, ngariksa, tanah, jeung budaya Sunda. salian ti taneuhna anu beunghar, budayana oge. ari geus saradar mah pan genah, urang teh bangga jadi urang Bandung, kedah pisan eta mah. ulah sakur bangga ku ka-modernana hungkul, tradisi, budaya na oge kedah dipibangga ku urang salarea, ku nonoman-nonoman Sunda panuluy perjoangan karuhun.

  26. Kian To berkata:

    Bagus2 fotonya, thanks berat atas perhatiannya sama kota Bandung tercinta, tapi sepertinya jaman dulu lebih indah ya.

  27. laras berkata:

    Pelihara kota bdg,jaga kebersihannya.Penuhi dg pohon-pohon,nikmati kulinernya….ach bandung memang selalu membuat aku rindu utk datang dan datang lg…

  28. anis berkata:

    Saat ini ku harus meninggalkan mu, ‘bandungku’.Demi mencari rjeki yg tak kudapat di kota ini.Namun satu hari nanti,ku kan kembali,menghabiskan masa tua utk mengenang masa lalu yg terasa bgt indah di kota ini…hik hik…

  29. Fahmi berkata:

    wah,,jadi kangen Bandoeng,,kangen batagor,,,

  30. rahmay bram berkata:

    Sayang bandung yg asri rusak oleh keserakahan pemimpin di masa sekarang, dan banyak pendatang

  31. agung wahyudin berkata:

    rindu bandung dgn web ini bisa terobati, makasih.
    smoga sukses.

  32. opa sopandi berkata:

    abdi bagja jadi urang bandung bagja pisan ayeuna kumaha carana urang ngajaga kota bandung ieu sangkan tetep seger udarana endah tur bersih kotana bangunan arsitek art decona omat ulah dipalugar tah kukituna mangga urang salaku urang bandung urang ngajagana sangkan kota bandung bisa jaya saperti jaman baheula jadi bandung varis van java naha tiasa kitu ? pr kanggo para pamimpin kota bandung jeung warga bandung hatur nuhun .foto fotona tambih deui pami tiasamah kang rin.

    • Yudhi Fambudhi berkata:

      Sampurasuunnn……. Abdi Satuju sareng Pangersa Opa Sopandi, ngajaga teh hese pisan komo ngarawatna, mung nyaeta bebenah kota teh keudah aya program dari walikota atawa gubernur anu bade dipublikasi setiap tahun terutami penghijauan sareng sarana kebersihan, kedah na mah di umumkeun dikoran satempat. Tah mikiran miceun sampah na oge hese… ngadamel daur ulang sampah oge geuning di tolak ku masyarakat, alesanna mah Polusi udara.
      Kumaha bade bersih, pami sagalana di tolak kumasyarakat…?
      Janten Bingung pangersaaa…. ha..ha…
      Nuhuuun

  33. Ridwan Martia Yos berkata:

    Sampurasun…
    kadang saya suka rindu akan situasi Bandung baheula, meskipun saya lahir tahun mendekati tahun 1970. saya membayangkan dari foto2nya..begitu nyeblak….dibandingkan situsi sekarang…jalan2 semakin padat semerawut..iyy suganmah………ditambah sampah sana-sini.

    salam,

  34. rika berkata:

    saya suka yg jadul-jadul. keren euy…

  35. laura berkata:

    keren jg ya bndung jman dulu

  36. tedy berkata:

    sampurasun,
    kalo denger cerita bapa waktu muda yang kebetulan lahir dan tumbuh di daerah jl. supratman dan di masa muda nya beliau tukang nganclong ingin rasanya uing kembali kemasa itu,dimana bandung adalah real paris van java ah pokonamah kitu we lahhh nuhunnnnnnn

  37. dwi purnomo berkata:

    asa jadi kangen pulang kampung tehhh, Bandung . . . . . . . aku akan datang menjelang lebaran, aku akan kunjungi semua yang ada di sini he he he he

  38. thomas surya berkata:

    teknologi bikin jalan jaman dulu sederhana dibanding sekarang cuma jaman deutch disiplin perawatan yg oke ,belobang sedikit tambal ga nunggu jd kubangan dan biaya jd besar.tiap hari inspektuur jalan keliling cari lobang itu kata kakekku.tapi ga ditiru ya gengse kale..

  39. iyehsolichin berkata:

    Baguuuuuuuuuuuuuus bangeeeeeeeeeeet, saya mungkin seorang utopis ….. saya sangat merindukan suasana Bandung yg ASRI, NYAMAN DAN INDAH kayak di foto2 itu, tapi kayaknya IMPOSSIBLE YA? …………. MAKASIH FOTO2 NYA,

  40. dede herawati berkata:

    araheng bandung zaman baheula,karunya ayeuna dirusak ku jalma modern! hoyong pisan atuh kaendahana tur kaasrian jiga kapungkur, tiasa moalnya? kmh pamarentah sareng warga bdg sadayana…?atuh nu babarina wae “buang sampah pada tempatnya” tiasa teu nyumponanana. ti simkuring nu micinta bandung+sabuderena!!!

  41. Dodi Firmansyah berkata:

    Ingin hidup seperti dulu….

  42. bolehngeblog berkata:

    yang paling mengerikan adalah melihat jalan riau dan gasibu…penuh sampah kalau minggu

    Bolehngeblog

  43. eko berkata:

    wah, bandung kliatan banget ya sejuknya jaman dulu. kalo sekarang harus naek dulu ke lembang kalo mau dapet udara yang asli sejuk

  44. mbah jambrong berkata:

    ningal bandung ayeuna asa hyong ceurikk,… runtah dimana-mana jauh tina kabersihan,…
    uwih keun deui, nagara pasundan siga jaman walanda deui, meni endah katingalna,…
    ka warga bandung sadaya, hayu atuh dina raraga niiskeun ceuli jeung maneh jantenkeun nagara ieu janteun hirup deui….

    “back our life & forward to future”

  45. Heru berkata:

    Pami, dipiwarang milih mending hirup di Bandung Jaman ayeuna, atanapi jaman kapungkur 1890-1970. Sim kuring hoyong aya di tahun 1920-an, naon margina…….Bandung tacan hareurin jiga ayeuna, pergaulanna elit, tapi meureun kuring jadi warga kelas 3, pan No1, 2, na mah Walan da sareng China………., pami aya mesin waktu mah hotong ningal Pa karno biantara Indonesia menggugat”. Nuhun.

  46. selalu optimis berkata:

    benar2 subhanalloh…edan qtu bandung baheula..pantes apabila ada yang datang kebandung pasti dia ogah ke kampung halamannya,soale bandung FRESH….akhirnya bandung kotor..tor..tor..

  47. Galuh berkata:

    kabita kajaman kapungkur !!!

  48. ali topan berkata:

    mantaaaaaaaaaaaaaaaaap

  49. yudi berkata:

    aya poto sekeawi jaman baheula teu????????
    nuhun lur…

  50. sofyan berkata:

    kapan ya bandung seperti dulu.

  51. angga berkata:

    waahhh pokoknya bandung bangetlah satu kata bandung it the best,,,,,

  52. roni darmawan berkata:

    foto jaman baheula kota lembang aya teu pak ???

  53. W.Rahaytu Danamihardja berkata:

    Sim kuring lahir th 1947 ti taun 1950 dugi ka taun 1965 netep di Bandung
    eta mani kaget ningal kota Bandung tisateuacan Mardeka th 1945 mani sakitu tos katingali bakal pikotaeunana, mani hebat Bandung teh euy
    heuheuy deuh

  54. asep muhammad sulaeman berkata:

    meuning bandung anu bareto tibatan bandung anu ayeuna
    cigana teh liuh adeum ayeum pikabetaheun loba tatangkalan ti sisi ti gigir
    jauh tinu polusi.
    polusina oge ngan ukur hitut kuda
    eumh bagja pisan ka karuhun urang anu tos ngararantun keun alam dunia
    nu ngajamanan bandung baheula. ayeunamah kari urang anu masih harirup cing salaladar weh tinu ati anu sehat
    kudu bisa ngajaga,
    ngariksa,
    ngahejokeun deui bandung
    pesan ka pemkot bandung
    ulah dituaran deui tatangkalan teh
    ulah di legaan terus jalan teh
    da di legaan ge anggeur macet
    lain jalan anu kudu di legaan
    tapi motor anu kudu di euruen keun
    produksina
    ulah ngaruksak lapisan ozon
    geus mah bolong beuki tambah dobol
    punten bilih aya anu ka singgung
    da abi mah ngan saukur ngelingan
    jalma anu hilap
    ngarah eling deui supados
    bandung teh hegar deui
    assalaamualaikum wr.wb

  55. Ano berkata:

    Sepi keneh taun baheula ,tapi resep jigana,hayang asup kana mesin waktu taun 1900 rek kadinya ka jl.Cikawao, ningali Aki keur budak.

  56. B PANCA PUTRA berkata:

    upami aya/gaduh potoJl Jamika & Jl Jend Sudrman thn 1950 an.

  57. lulu berkata:

    alhamdullilah..masih ada photo yg membuat aku terkagum-kagum… jadi kita tau asal muasal..kota bandung.
    yg sekarang rudet karena imigran…(lestarikeun atuh euy)

  58. vini berkata:

    melihat indahnya kota bandung tempo dulu, kalau bisa memutar waktu saya ingin ada di zaman itu, sejuuuukkk

  59. Patrick Eciw berkata:

    lain dulu lain sekarang dulu sejuk sekarang panas……………..kunaon bangunnan jaman baheula di raruntuhkeun.

  60. Rasanya Enak bandung jaman dulu ya ?? kalo aja ada mesin pemutar waktu balik lagi ke 1917…owowkokwokwo ngehayal

  61. Kagum lihat foto2nya..:)

  62. vena berkata:

    jadi pengen balik ke masa-masa lampau jdnya…..masih asri bgt….

  63. aditoc berkata:

    beda banget ama bandung sekarang ya pak.udah overcrowded,hehe

  64. Warsa Soeparna berkata:

    Aduh baraliki deui panineungan

  65. esge manap berkata:

    duh aya ku endah aya ku waas…. bandung nu urang teh gning nya….. kaayaan nu moal baris kasorang deui.. hatur nuhun kang tamihan deui potona ahhhh…

  66. Yoga Wsb Prayoga berkata:

    sekalian dgn poto jaman kiwari pak, biar kita bisa bandingkan…

  67. Hardi berkata:

    Pak… Tolong Barangkali ada gambar Situaksan… Khan itu danau purba terakhir yang ada di bandung… dan kebetulan sya orang situaksan

  68. JOKO PS,MINGGU berkata:

    KANGEN NIH SAMA BANDUNG,DULU SIH JAMAN BUJANGAN SERING BIKIN KAOS AND JALAN2 AMA DOI,UDAH HAMPIR 7 TAHUN,RUMAH MAKAN AMPERA DI KEBON KLAPA TEMPAT FAVORIT….SAMBEL MUANTAPPPPPPPP

  69. topo kusdayat berkata:

    ningal foto bandung heubeul,, upami aya mesin waktu pindah jaman mah sim kuring hoyong nyorang bandung heubeul!

  70. Iman C berkata:

    Waas pisan…euy…hoyong nyaba ka alam katukang…bandung nu URANG SUNDA…

  71. putri berkata:

    Walau pun bukan asli bandung saya merasa sedih liat Bandung sekarang, apalagi kalo dengering cerita Bapak, Abah dan Nenek saya, katanya dulu mah bapak saya suka renang di sungai cikapundung dekan pemandian cihampelas (yg sekarang udah rata ama tanah)……

    KAMARANA URANG SUNDA……….. Sedia Saya mah dengernya……

  72. Dadang berkata:

    Bapa abdi ti Bandung, Ema abdi ti Bandung, Abdi lahir di Bandung…Jadi Abdi teh Urang Bandung sanajan abdi tos kirang langkung 20 taun ngumbara. Jalan di bandung jadi lalieur seur anu jadi sajulur, macet…. jadi teu mrenah we ayena mah, tempat sakola smp (muslimin 4) abdi duka kamana ayeuna.

  73. dewatashteggo berkata:

    aduh…ayena mah bandung teh pinuh pisan ku PKL sareng Angkot…tp seuseurna mah gening sanes urg bandung?..poko na mah ka pendatang sing tiasa ngiring ngajaga bandung nu baheula bersih tur tertib weh…

  74. Dicky Mahendra berkata:

    Bandung jaman bareto, matak mikasono.. melihat wajah bandung tempoe doeloe, seolah membawa kita bernostalgia dgn kenangan yg sngat mahal dan tdk akan prnah kita rasakan lagi pd wajah Bandung skrg ini. Bandung jaman bareto, siga rupa mojang priangan anu lenjang tur mararencrang.. hatur nuhun..

  75. jerietea berkata:

    Bandung..bandung..bandung..kamarana bujang jeung mojang asli maneh,,ayeunamah loba penduduk pendatang

  76. megin andani berkata:

    “YA ALLOH BERIKAN LAH KEBAIKAN DI DUNIA DAN KEBAIKAN DI AKHERAT NANTI JAUKAN LAH DARI SIKSA API NERAKAMU”

    Bandung tempo dulu adalah ispirasi kita untuk menuju ke masadepan yang lebih baik lagi

  77. Dani Mulyana berkata:

    Jagalah Bandung agar tetap nyaman!!!!

  78. Wiwik Hidayati berkata:

    Makin lama, makin yakin aja klo lingkungan jaman dulu lebih mengasyikkan daripada sekarang:(

  79. Terbayang gimana sejuknya Bandung baheula pohon” masih rindang yang jelas gada asap knalpot kaya sekarang.

  80. Mas Bas berkata:

    Hmmm…… naon nyaa….. , skarang mah bandung teh pabeulit….

  81. Ping-balik: Menanti Kunjungan ke-1.000.000 | Catatanku

  82. yudi yudantara berkata:

    Sy sgt mencintai bdg aplg bangunan tua nya sy sangat mengagumi bgt ,,,,alasan sy karena nenek moyang sy berasal dr palembang,,yg hijrah ke bdg pd taun 1800an tp sy bersyukur lhr d kota yg sgt damai sejuk banyak nilai history nya,,hatur nuhun fhotona sarae pisan

  83. Rizky Putra berkata:

    jauh beda banget ma sekarang,…
    like lah tempo doeloe…

  84. sunda pituin berkata:

    pernah tinggal di sekitar balaikota tahun 1970an…..waktu itu suasana belandanya masih kerasa, banyak pohon-pohon terutama pohon kenari & pagi pagi kalau olah raga suka mencium wangi bunga tanjung, pokokna betah pisan di Bandung!!!!!

  85. BOBOTOH berkata:

    MATAK LOBA ORANG WALANDA ANU BAHEULANA CICING DI BANDUNG NAPAK TILAS KA BANDUNG KU LANTARAN NGARASA REUEUS KU KAYAAN BANDUNG BAHEULA, MALAHAN MAH PERNAH FOTO2 BANDUNG BAHEULA NU JUMLAHNA LEUWIH LOBA PERNAH DIPAMERKEUN DI NAGRI WALANDA KU KUMPULAN ORANG WALANDA KENEH NU MAKSUDNA MINTONKEUN YEN BAHEULA DI INDONESIA AYA HIJI DAERAH (BANDUNG) NU BENER BENER ENDAH SIGA SORGANA PARA DEWA NU KATELAH PARAHYANGAN TEU AYA DEUI BANDUNG NU KU URANG DI PIKACINTA AYEUNA…. CAG.

  86. Edy Cisitu berkata:

    GIMANA CARA MENDAPATKAN FOTO2 BANUNG JAMAN DULU?

  87. Bp. Hasyim berkata:

    masjid yang bagus ya

  88. Waas pisan Bandung…

  89. NENENG MULYATI berkata:

    LIHAT BANDUNG TEMPO DULU, RASANYA PENGEN KEMBALI HIDUP DI SERATUS TAHUN YANG LALU, NYAMAN, AMAN, TIIS CEULI HERANG PANON… POKOKNYA DAMAI.

  90. Zecky Candradipura berkata:

    pami aya pengembang nu ngadameul replika Bandoeng Tempo Doeloe, Waah muantap pisan…

  91. J_Loman berkata:

    bener2 indah kota bandung baheula th…

    Punteun akang2, ayanu gaduh foto-foto bandung taun 1980-1990??

    di share ath, cz hoyonh terang nu namina palaguna pas jaman keur jayana.

  92. binatalenta45 berkata:

    kalau sekarang bandung banyak pohon kayak dulu. pasti sejukk :D :D

  93. dywika berkata:

    muantabs … lah!

  94. Detty berkata:

    gimana caranya saya bisa dapetin foto2 bandung tempo doeloe ini ya pak. mhn info ke email saya. Hunun sateu acanna… :D

  95. udin jagal berkata:

    ngaing hayang foto tahun 1925 – 1970 nunyata jeung nu sok dicaritakeu kukot aya gambaran keur ngaing nulaina teu kadeueng ku ngaing , , , kiti we salam ti ngaing urang dayeuh

  96. muslimaf berkata:

    Wah, keren nih. Kebetulan, saya lagi mencari foto – foto kota – kota di Indonesia tempo dulu. Saya pengen pakai foto – foto tersebut buat referensi game yang sedang saya buat.

  97. dede setiawan berkata:

    mantap pisan euy…..beda jeung kiwari sembraut pisan,simkuring selaku urang bandung ngarasa miris ningalina

  98. oemar berkata:

    upami tiasa kalayan aya dokumentasina foto tempat nu janten pusat karamean ayeuna, kapungkurna jiga kumaha. sapertos terminal leuwi panjang, kapungkurna teh naon…..sawah atanapi leuwi ??haturnuhun.

  99. Ari berkata:

    Aslii wa’as ningalina.. baheula mahh mani tentrem jeng aman jigana meski msh dijajah ku belanda oge… trus tata kotana rapih teu kawas ayeuna ,, mani ripuhh…

  100. Ping-balik: Foto Bandoeng Tempoe Doeloe (dari Helarfest) - Ceriwis - Indonesian Community

  101. ojat berkata:

    bandung heurih ku kandaraan, jalan jadi susukan pinuh ku cileuncang, bangunan antik lalengitan, tatangkalan corencangggggg…..ayeunamah geuning..beuuuuuu

  102. asa beda jeng ayena ,,,,ayena mah loba prema laah

  103. Dini berkata:

    benten pisan sareng bdg ayeuna, ayeuna mah seueur mobil motor dijalan teh pasulibreng panas deuih ayeuna mah benten pisan sareng baheula, halegar keneh..

  104. warnet berkata:

    Asa waraas,katingal asri pisan
    matak pikabeutaheun
    Bentenna tebih pisan sareng jaman kiwari.

  105. Andrian berkata:

    Nya g hirup t beunghar,,,
    Tpi waktu haritamh asa snang nyaman gnah tumaninah,,,
    Ngan hanjkal aynamh tinggal wawaasna,,,jeung sok sdih mun ningali kayaaan kota bdg aynamh,,,

  106. armadbbaus berkata:

    bagus2,lestarikan dan jaga baik2 ,,, jaga alam negri ini juga keimanan budi pekerti anak incu jgn sampai-bejat rusak moral dgn perobahan zaman…alangkah indahnya damainya negri ini kala itu,,,,,meskipun tanpa internet tv dan cafe2……YG ADA HANYA mushallah2dgn dzikir yg tak putus2. zaman boleh maju maju terus tapi alam dan moral baik tetap kita pertahankan……sampai akhir dunia ,,,,,dan masing2 akan diminta pertanggungan jawabnya dihadapan illahi rabbi ….apa yg kita perbuat selagi kita hidup untuk DUNIA ini untuk negeri /bangsa ini BERSYUKURLAH TUHAN TELAH MEMBERIKAN KITA NEGRI YG INDAH DAN KAYA INI,,,,juga sangat luas,,,,,,renungkanlah…..dalam2 dihati sanubari kita…..BANDUNG bagian dari tanah air ki ta yg indah……..dimana ninik aki kita memadu cinta suci menjaga budaya kehormatan diri dan berkorban nyawa dizaman kolonial demi untuk kita buah cinta keturunannya mereka senang

  107. ace berkata:

    meuni waas pisan kota bandung zaman harita mah emhhh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s