Do’a Khatam Quran (Terkenang Masa Belajar Mengaji)

Lamat-lamat dari pengeras suara di masjid terdengar suara anak-anak melantunkan doa khatam Quran (doa sesudah selesai membaca Al-Quran). Doa itu terdengar begitu syahdu, membuat kalbu bergetar. Inilah doa khatam Quran itu:

Allahummar hamna bil Quran
waj’alhu lana imaamau wa nuurau wa hudaw wa rahmah
Allahumma dzakkirna minhu maa nasiina
wa ’allimna minhumaa jahiilna
warzuqna tilaawatahu
aana al laili wa athrofannahar
waj’alhu lana hujjatan
Yaaa rabbal ‘alamiin

Artinya kira-kira begini:

Ya Allah kasih sayangilah daku
dengan sebab AlQuran ini
Dan jadikanlah AlQuran ini
sebagai pemimpin
sebagai cahaya
sebagai petunjuk
dan sebagai rahmat bagiku
Ya Allah ingatkanlah daku
apa-apa yang aku lupa dalam AlQuran
yang telah Kau jelaskan
dan ajarilah apa-apa yang aku belum mengetahui
Dan kurniakanlah daku
selalu sempat membaca AlQuran
pada malam dan siang hari
Dan jadikanlah AlQuran ini
sebagai hujjah bagiku

**********

Bagi anda yang pernah dididik di pesantren atau di Taman Pendidikan Alquran semasa kecil, tentu anda pernah melafalkan doa ini bersama-sama. Pengalaman masa kecil belajar agama menjadi terkenang-kenang.

Kemarin sore — ketika di kantor — saya mendengarkan siaran MQ FM dari radio kecil di atas meja saya. Sesudah pembacaan sebuah surat dalam Al-Quran, penyiarnya memutar sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Haddad Alwi dan Shila. Judul lagunya Rahmat Quran. Setelah saya simak ternyata bait-bait lagunya berisi doa khatam Quran itu dalam tiga bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia). Penasaran, saya cari-cari di Youtube video lagu ini, eh…ketemu. Klik video di Youtube di bawah ini yang menayangkan video lagu Rahmat Quran yang tidak lain berisi doa khatam Quran.

Berikut bait-bait lagu Rahmat Quran itu:

Rahmat Qur’an
( Haddad Alwi dan Shila )

Allah turunkan rahmat qur’an
jadikan Qur’an cahaya petunjuk kebenaran
Allah ingatkan kami
semua yang kami lalai, berikan ilmu yang bermanfaat
jadikan qur’an bacaan yang kami cinta
di malam dan siang
jadikan Qur’an penerang
Ya Robbal ‘alamin

Versi B. Inggris

Oh Allah bless us with al Qur’an
Make it our leader our light our guide and blessing
Allah remind us of what we forget and teach us what we don’t know
Oh my beloved Allah
Do al Qur’an as our reading all night and all day,
All night and all day
Make al Qur’an our foundation
Ya Robbal Alamin

Versi B. Arab

Allahummarhamna bil Qur’an
Waj’alhulana imamaw wa nurrow wahudaw wa rohmah
Allahumma dzakkirna min huma nasiina wa a’limna minhuma jahilna
Warzuqna tilawatahu aana
Allaili wa athrofannahar
Waj’alhu lana hujjatan
Ya Robbal ‘Alamin

Tulisan ini dipublikasikan di Agama, Lagu yang berkesan. Tandai permalink.

85 Balasan ke Do’a Khatam Quran (Terkenang Masa Belajar Mengaji)

  1. abusyafiq berkata:

    Allohummar hamna…

  2. dhimasln berkata:

    wew,, jadi inget jaman TPA dulu :)

  3. otidh berkata:

    subhanallah…
    jadi inget masa2 kecil sampai remaja dulu
    bersyukur saya dulu ikut TPA & mengenyam pendidikan di tsanawiyah

    kapan lagi ya bisa melantunkan bait tsb rame2 ma tmn2..>.<

  4. otidh berkata:

    subhanallah…
    jadi inget masa2 dulu
    saya sangat bersyukur dulu pernah mengikuti TPA & mengenyam pendidikan di tsanawiyah

    kapan lagi ya bisa melantunkan bait tsb ramai2 ma tmn2 seperti dulu..>.<

  5. reiSHA berkata:

    Kalau saya dulu di MDA pak. Huaa.. Jadi kangen masa kanak2 yang bahagia..

  6. anis fauziyah berkata:

    subhanallah betapa indahnya lantunan ayat 2 alqur’an dan aku sanagat senang bisa belajar di matholiul falah ini

  7. anis fauziyah berkata:

    alhamdulilah saya dapat sekolah di matholiul falah dan beljar lebih banyak lagi tenyang agama

  8. pater berkata:

    subnahallah ini ayat seneng banget ane, inget jaman tpa

  9. Alpa berkata:

    Ane bukan inget jaman dulu. tapi ane inget mati. apa kalian sudah inget mati……..
    bukan inget sembarang inget. artinya sudah hidup bener? tidak main sex bebas, tidak bocor puasa, solat berjamaah, tidak korupsi dan sudah berbakti pada orang tua ente?

  10. Yasmine berkata:

    wah akhirnya dapat juga teks resmi doa ini
    boleh ga saya bagi2 kan ke tmen
    biar yang lainnya juga hafal nih

  11. Uly berkata:

    Alhamduliillah ketemu jg. . permisi copy liriknya ia. .utk diajarkan kpd anak”TPA di unit KKN saya. . terima kasih. . ^^

  12. Hanafi berkata:

    Subhanallah, sangat terharu dengan do’a ini, permisi untuk mengkopinya nya

  13. muhadis berkata:

    ingett subuhh-subuhh….

  14. rinta berkata:

    minta ijin share ya…

  15. satrio berkata:

    izin copy ya..

  16. FITRIA ADITAMA berkata:

    ALHAMDULILAH SAYA INGIN SEKALI BELAJAR LAGU INI DAN TAU ARTINYA..

  17. lala ndud berkata:

    inget masa TPA di masjid agung n di musholah..

  18. ahmad ali akbar berkata:

    jangan cume di inget sodare2ku….,baca dan amalkan maknanya. INGAT!!!! Dunia udeh Gila…..

  19. kartini berkata:

    Pengen donLwd syairx

  20. indra berkata:

    syair ini mengingatkan saya waktu kecil dulu. belajar mengaji bersama kawan2 di surau.
    Makasih atas postingannya, ingin sya hafalkan kembali.

    Kalo berkenan, kunjungi juga blog sya. Trma kasih :)

  21. Reez berkata:

    sekian tahun nyari Alhamdulillah dapet jg, pertama kli dapet do’a ini saat masih SD di Al Azhar jakarta (sekitar taun 86) =D

    شكرا

  22. Alahamdulillah… ternyata msh bnyk org yg masih ingat dgn do’a ini….Saya jd terharu,

  23. شكرا…شكرا…شكرا ya buat mu’alim/ah, yg telah mengajari saya do’a ini ………..

  24. Randhie hanna putra berkata:

    Alhamdulillah…terimakasih telah share do’a hataman Qur’an…insya Allah saya bisa jadikan bahan untuk anak anak dinniyyah talkmiliyyah

  25. ruhiyat pradifta berkata:

    jadi ingat ngaji sama ust.muhaimin…..ayo mengaji..

  26. Randhie Hanna Putra berkata:

    :) ayo kita mengaji…

  27. ferry ASWAJA berkata:

    izin copynya mas???

  28. very nice…. like this…

  29. afif berkata:

    masa allah jd inget pas tpq dulu setiap hari melantunkan lagu dengan semangat karna doa tsb di baca pas mau pulang haha

  30. Ya Alloh Ya Robbi, jadikanlah Al-Qur’an selalu menerangi hatiku… amiiin.
    Aisyah r.a. pernah ditanya oleh seorang sahabat, seperti apakah akhlaq rosululloh wahai ummul mukmminin?. Aisya menjawab “Akhlaq Rosululloh adalah Al-Qur’an”

  31. kries berkata:

    SYA JUGA TERINGAT LAGI WAKTU KECIL SUKA MENGAJI

  32. masruri berkata:

    alhamdulillah…semoa dikabulkan Allah..aamiin

  33. masruri berkata:

    oia…karena makenya “na” (misalnya pada “waj’alhu lana”) jdi arti yg tpat “kami”

  34. ye en berkata:

    syair yg sllu merindukan tuk sllu baca alqur’an…

  35. hira berkata:

    Sedih klo denger ini, jd inget ayahq T_T
    belio suka mlantunkn doa ini d msjid.
    suarany indah sekalii… bikin makin nyesek
    :’)
    Subhanallah…

  36. Subhanallah stelah dicari2 ketemu jga akhirnya, waktu kecil saya sering ini dilantunkan di mesjid. Rasanya damai banget, dn selalu sya nyanyiin kalau habis baca Qur’an.

  37. yovis berkata:

    ya Allah setiap saya mendengar do’a khatam Qur’an hati terasa bergetar gemuruh, serasa haru sejuk sahdu dan air matapun menetes dengan derasnya terharu campur rasa bahagia dengan harapan insya Allah kami bisa cepat khatam Al Qur’an, selamat agamanya, dunianya dan akheratnya, dan diberi-Nya kesempatan buat mendidik anak-anak dan istri dan saudaraku semuanya. amiiin.

  38. abenk berkata:

    alhamdulilah, mushola & masjid di sekitar rumah suka melantunkan doa ini sesudah adzan maghrib sambil menunggu komat

  39. Achirul berkata:

    Amiiin.. Amiin.. Amiin Ya rabbal’alamiin

  40. hendri pitoyo berkata:

    terimakasih rinaldimunir.. ^^
    sangat mengingatkan kembali..
    mohon izinnya dicopy…

  41. Subahanallah… Amin2 ya Rab… what a good reminder!

  42. Dwi Raharjo berkata:

    Nah, ini nih…. keliatan sekali kalau isi Al-Qur’an itu jarang sekali dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak komentar yang didahului dengan kata-kata: “Wah, jadi inget JAMAN DULU”, jadi kalian ini mengkhatamkan Qur’an hanya sekedar tammat membaca saja, itupun jaman duluuuuu…waktu masih kecil.

    Wah wah waaahh… camkan ini baik-baik:
    Memahami makna satu ayat sampai sangat mendalam dan membawanya dalam kehidupan sehari-hari, jauh lebih berharga daripada membaca Qur’an secara keseluruhan, tetapi tidak ada yang dipahami dan diselidiki hikmah yang terkandung di dalamnya, apalagi mengamalkannya.

    -Satria Piningit-

    • jovie berkata:

      tidak lah seperti itu dalam memberi nasehat wahai saudaraku.. sungguh di Zaman ini kita kesulitan sekali dalam berkomunikasi memberikan atau berbagi ilmu tanpa harus menggurui seseorang.. “seperti sebuah mesjid yg sedang melaksanakan shalat jum’at.. dimana anak2 yg masih sangat labil dan belum mengerti hanya datang kemesjid dan bercanda.. lalu kita marahi mereka bahkan ada yg menggertak seperti memukuli hati mereka, sehingga esok hari mereka tak pernah mau kembali lagi menginjakan kakinya di Masjid..” dan (maaf) “seperti seorang pelacur melihat orang yg sholat dimasjid dan hatinya berkata “Ya Allah, kapan aku bisa seperti dia…”. dan orang yg sholat melihat sipelacur hatinya berkata “YA ALLAH, AKU LEBIH BAIK DARI DIA..”….

  43. ellynepain berkata:

    syukron postingannya.. disini ada sholawat seperti shalawat tarhim ini ga? yang murni qori, ga pake music. sholawat apa kah itu?

  44. muchsin berkata:

    inget waktu kecil

  45. chodirin berkata:

    Setahu saya kalo alhhummarhamna= kami
    Allahummarhamny= aku

  46. iqbal nugraha berkata:

    hati saya lega sesudah memmbaca lantunnaan itu :) :D

  47. iqbal nugraha berkata:

    allahhumarhmana bil qur’an

  48. annia berkata:

    mengingatkanku pada masa-masa TPA

  49. Tandy berkata:

    jadi terkenang masa” dulu..
    dimana tiap habis pulang sekolah sorenya ngaji…
    banyak temen” dan selalu melantunkan syair yang indah ini :’) kangen banget…
    memang indah dimasa itu pada saat gesit”nya belajar ngaji……….

  50. anie berkata:

    izin sahare ya

  51. esti sugiyani berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb. mohon ijin untuk share mas, terimakasih sebelumnya
    Wassalam

  52. spirit berkata:

    tiba2 ingat dulu masa kecil ngaji bareng…adem dengernya.mengobati kangen

  53. wirna berkata:

    alhamdulillah dapet liriknya, thanks dan ijin copy

  54. lili berkata:

    ijin share ya sist…

  55. jovie berkata:

    Subhanallah.. aku sekarang tlah berumur 30 dan memiliki istri dan 2 orang anak.. dan ketika mendengar lantunan ini,.. subhanallah.. aku kembali mengingat masa silam ketika aku duduk disebuah masjid menunggu ba’da Zhuhur dan Azhar guruku melantunkan do’a ini bersama2.. yg kuingat saat itu aku berumur 8-9 tahun.. “Ya Allah izinkanlah aku menangis karena Rindu masa silam dan masa dimana aku bersholawat merindukan Rasul dengan hati yang lugu.. dan biarkan hari ini aku sujud terpaku sebab karena-Mu ya Allah…”…

  56. ita berkata:

    Subhanallah, lama g’ dengar lagu ini, seneng sama lagu ini. Ijin copas yaa, makasihh.:)

  57. betty berkata:

    jadi pengen nagis,inget masa kecil dl dikampung halaman..waktu mama dan mnenek masih ada..subhanallah…kan beneran nangis..:(

  58. ahmad berkata:

    Amin..

  59. jo berkata:

    Ane g ntau

  60. Lestari Widodo berkata:

    SubhanAllah…Maha Benar Allah Dengan Segala Firman’NYA…Barokallahu fiikum…’SUS’…SalamUkhuwahSesama..:)

  61. mega berkata:

    Alhamdulillah ketemu jg artikel yg saya cari. Terima kasih atas info yg sangat bermanfaat ini.

  62. widia berkata:

    dapet juga akhirnya… dulu taunya cuma bacaan arabnya, pas baca artinya di sini bulu kuduk jadi berdiri. Subhanallah, alhamdulillah…

  63. rita mufitah sari berkata:

    Assalamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh…Subhanallah… Insyallah dengan kita memahami arti dari Al Qur’anul Kariim hati kita menjadi luluh,tenang..
    Semoga kita semua dapat mengingatNya selalu dikala susah maupun senang,
    Ajarilah yg belum tau… Summa Tawassau Bil Haq
    Dari Kesesi

  64. Uli Rif'atil Aliyah berkata:

    ..terimakasih yya..
    atas lirik diatas saya merasa terbantu :)

  65. intan berkata:

    subhanallah :)

  66. Meita berkata:

    Hampir setiap pagi, saya mendengarkan lagu ini di radio
    SUBHANALLAH… lantunan yang menyejukkan hati ^_^

  67. Ping balik: Februari itu, special :) [part 2] | My Little Scrapbook

  68. ermina berkata:

    q share k tmen2 y…

  69. amhar.fm berkata:

    Reblogged this on {'b l o g e d u a r d o'} and commented:
    “Ya Allah kasih sayangi kami dengan Quran…” hiks, hiks :’-(

  70. Salbiah Hj Seman berkata:

    doa yg sungguh merdu………..

  71. Trivaldi berkata:

    terima kasih, sangat bermanfaat :)

  72. ikhsan berkata:

    SubhanaAllah.. ini sangat bermanfaat sekali bagi kita semua, semoga yg punya BLOG ini diberkahi ;-) Aminnn. sebelumnya salam kenal :-D ??

  73. angkisland berkata:

    alhamdulillah keinghet masa tpa lagi jadi pengen rajin baca quran lagi makasih mas rinaldi munir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s