Nama-nama yang Indah dan Nama Terpendek

Ketika iseng-iseng membaca daftar nama murid baru yang diterima di SD tempat anak saya sekolah, saya menemukan fenomena yang menarik. Orangtua zaman sekarang memberi nama anaknya dengan nama-nama yang bagus, minimal 3 kata. Coba perhatikan nama-nama berikut:
1. Fathia Zakhlativa Ayunnisa
2. Muhammad Daffa Habiburrahman
3. Rayhan Fathurrohman Kautsar
4. Nabila Khairunnisa Nur Hasanah

Wah.. wah, sungguh kreatif para orangtua memberi nama anaknya. Bagi orangtua muslim ada kesadaran untuk memberi nama anak dengan nama yang islami. Nama pada hakekatnya adalah doa atau harapan yang didambakan orangtua terhadap anaknya. Memberi anak dengan nama yang baik diharapkan anak tersebut menjadi anak yang shaleh. Apakah harta yang paling berharga di dalam hidup ini selain memiliki anak yang shaleh? Dalam sebuah hadis Nabi disebutkan bahwa bila seseorang sudah meninggal, maka terputuslah amalannya kecuali tiga hal: (1) Ilmu yang bermanfaat, (2) sedekah jariyah, dan (3) anak shaleh yang mendoakan ibu bapaknya.

Memberi nama pada anak memiliki masa pasang surut. Orangtua zaman dahulu sering memberi nama anak dengan nama yang pendek dan umum seperti Suparni, Hartini, Saifuddin, Sugeng, Urip, Harsono, dan sebagainya. Tetapi, dengan semakin majunya tingkat pendidikan dan adanya kesadaran bergama banyak orangtua memberi nama anak dengan nama yang lebih panjang dan dikaitkan dengan nilai-nilai agama seperti nama-nama yang saya sebutkan di atas.

Memberi nama pada anak juga dikaitkan dengan nama populer saat itu. Ketika grup nasyid Rayhan dari Malaysia sedang naik daun, banyak orangtua memberi nama anaknya dengan Rayhan dan dipadukan dengan beberapa kata seperti Muhammad dan beberapa kata yang lain. Ingat Teuku Rafli, mantan suami dari Tamara Bleszinsky? Ketampanan Rafli dan keharmonisan Rafli – Tamara (dulu) membuat banyak orangtua kepincut sehingga memberi memberi nama anaknya juga Rafli. Selain Rafli ada juga nama Farhan yang diambil dari presenter terkenal, atau nama Tasya yang diambil dari nama penyanyi cilik Tasya, atau nama Amanda yang diambil dari nama pemain di sebuah film serial. Tidak terhitung orangtua memberi anak dengan nama Daffa, Nabila, Salsabila, Annisa, Tasya, Amanda, dan sebagainya. Di sekolah anak saya menemukan banyak sekali anak yang memiliki nama Daffa, Rayhan, Farhan, atau Nabila.

Ketika anak saya lahir, saya juga hunting mencari nama. Kadang-kadang nama-nama mahasiswa saya di dalam daftar absensi juga menjadi sumber inspirasi karena nama-nama mahasiswa saya juga banyak yang bagus-bagus, he..he… (buka rahasia nih)

Nama ada yang pendek dan ada yang panjang. Nama terpanjang di dunia adalah dari Inggris yaitu Autumn Sullivan Corbett Fitzsimmons Jeffries Hart Burns Johnson Willard Dempsey Tunney Schme ling Sharkey Carnera Baer Braddock Louis Charles Walcott Marciano Patterson Johansson Liston Clay Frazier Foreman Brown.

Lalu siapa yang memiliki nama terpendek di dunia? Itulah nama dua orang anak di ranah minang di Sumatera Barat, tepatnya di Jorong Kubu Gadang, Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, sekitar 150 Km dari Padang. Nama orang itu hanya satu huruf saja, yaitu “O”. Adiknya yang laki-laki bernama “Z”, tetapi Z masih bisa dieja dengan tiga huruf yaitu “Zet”. Baca beritanya di koran lokal Singgalang, Padang. Unik dan langka. Saya bisa membayangkan di ijazah anak itu hanya tertulis O saja di kolom nama. Satu bulatan besar nama O dalam sebuah jazah yang berbunyi begini: Kepala Sekolah SD Negeri xxx menyatakan bahwa O telah menyelesaikan …. (bla.. bla..bla). Unik dan langka. Adakah itu masuk guiness book of record?

Tulisan ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

25 Balasan ke Nama-nama yang Indah dan Nama Terpendek

  1. Reisha berkata:

    Membahas soal nama selalu mengingatkan saya pada sepupu saya yang namanya Gibraltar Qawiyyul Mumtaz Abitovic dan Ghassani Keeneta Saloumavevic :P Terakhir ada sepupu baru, Keymita Ursiya Saloumi Aliva :P

  2. ismailsunni berkata:

    hahahaha….
    info : FB juga menambah kreativitas manusia untuk memperpanjang nama mereka… yang mungkin salah satu cabang dari paham alayisme…

    kalo saya sudah cukup bangga sama nama sendiri… walau pernah bikin heboh…

  3. Zulfikar berkata:

    Kalo misalnya saya memberi nama di akte dengan huruf ‘`’ (kutip) manggilnya bagaimana ya pak? hahaha, pertanyaan usil sahaja

  4. imah berkata:

    apa arti sebuah nama??????

  5. usil berkata:

    bikin aja namanya “TANPA NAMA” atau “REKOR NAMA TERPENDEK DI DUNIA’. mudah diingat kan?

  6. agnesya berkata:

    dulu,siswa ny mama kau di painan sumatera barat,,juga ada namanya “O”

    hahhaha,,,jd ingeett

  7. melany putri ayu berkata:

    Yang dri inggris itu puanjang bgt nma’y
    elah dalah

  8. Yoga Surya Bintara berkata:

    Keren! :’D

  9. Yoga Surya Bintara berkata:

    Keren! :)

  10. dimbi dahlia berkata:

    keren

  11. dimbi dahlia berkata:

    arti nama dimbi apa

  12. dhiaulrizqi berkata:

    arti nama DHIAULRIZQI apa ya??????????

  13. zhifi141112 berkata:

    Panjang Bngt

  14. Echkho berkata:

    Paling pendk yg bagus siyapa yaa!?? Ada yg tau gx yaa

  15. Sultan berkata:

    Namo Urang minang nan rancank cek eh

  16. Zainur romli berkata:

    nama saya (ZAINUR ROMLI) n adek saya (NUR HALIMA)
    Nama sepupu saya pendek2
    1.Mahfud
    2.Hadari
    Yg plng pnjng adlh kakak ipar saya
    BILQIS YASMIN AULIA YUSUF FERNANDES
    MUHAMMAD DIMAS RAHMAN ALI DRIYANTAMA ADI BAGUS ENDARSO

  17. Desi juliati risma berkata:

    Saya belum sangat paham dengan semua ini…

  18. Ado yang tau idak arti Kamasean Radit Punjabi Idak tau jugo dak apo2

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s