Gehu Pedas “Hot Jeletot”, Buruan Orang Untuk Berbuka Puasa

Pada bulan puasa ini, saat-saat yang mengasikkan adalah berburu makanan untuk berbuka puasa. Berbuka puasa dengan kolak atau kurma itu sudah biasa, tetapi dengan gorengan tahu pedas, maka itu baru tidak biasa.

Di Bandung, gorengan semacam bala-bala dan gehu (singkatan dari “toge di dalam tahu”) sudah menjadi makanan pengganjal perut kala sore atau malam hari. Nah, gorengan yang terakhir, gehu, tiba-tiba menjadi buruan orang ketika berbuka puasa. Gehu adalah tahu goreng yang di dalamnya diisi dengan sayuran toge (tauge) dan wortel. Sebelum digoreng, gehu ini dimasukkan ke dalam adonan tepung, lalu digoreng hingga garing. Dimakannya dalam keadaan panas dengan cabe rawit.

Biasa saja sih sebenarnya gehu ini, kita sering menemukan gorengan tersebut pada penjual gorengan yang banyak berjualan di pinggir jalan. Namun, entah siapa yang memulai, gehu ini dimodifikasi menjadi gehu pedas, sehingga memakannya tidak perlu lagi sambal atau cabe rawit. Rasa pedas ditimbulkan oleh sayuran di dalamnya yang sudah dicampur dengan sambal cabe rawit. Orang Indonesia mana yang tidak doyan pedas, sekali makan akan ketagihan. Akhirnya, gehu pedas dicari banyak orang untuk berbuka puasa.

Selama bulan puasa ini saya melihat banyak sekali muncul pedagang gehu pedas bagai jamur dimusim hujan (emang lagi hujan nih Bandung setiap hari). Berjejeran sepanjang jalan. Biasalah orang Indonesia, cepat sekali meniru jika ada yang jualannya laris. Pada gerobaknya ditambahkan kata “pedas” untuk menarik pembeli. Jika hanya gehu biasa saja, kurang laku, tetapi kalau gehu pedas, maka banyak orang yang antri untuk membelinya.

Seperti penjual gehu pedas yang menamakan gehu pedasnya hot jeletot. Apa ya artinya? Campuran bahasa Inggris dan bahasa Sunda, Hot = panas, jeletot = sensasi yang ditimbulkan oleh rasa pedas. Pedagang gehu ini sehari bisa menjual sampai 600 buah gehu, itu pun masih kurang karena banyak pembeli yang tidak kebagian. Gehunya menjadi istimewa karena di dalam campuran sayur toge dia tambahkan irisan daging sapi kecil-kecil. Satu buah gehu pedas dijual Rp2000. Yang beli terpaksa harus antri panjang di belakang gerobaknya.

Kerennya lagi, si pedagang punya situs web, http://www.hotjeletot.com seperti yang tertulis di gerobaknya. Tetapi, ketika saya klik tidak bisa diakses. Sambil antri di belakang gerobak, saya memotret gehu yang sedang digoreng. Oh ya, pedagang gehu pedas hot jeletot ini mangkal di depan Alf*m*art di Jalan Indramayu, Antapani.

Akhirnya tiba giliran saya, kebagian juga akhirnya setelah kemarin gagal membelinya karena sudah habis. Ini dia setelah empat gehu pedas ditaruh di dalam piring.

Hmm… minyaknya masih banyak yang nempel, seharusnya setelah digoreng ditiriskan dulu, tetapi karena pembeli tidak sabar, baru keluar dari wajan langsung diminta.

Allahu akbar allahu akbar… Oh, sudah adzan maghrib, tanda waktu untuk berbuka puasa. Langsung deh gehu pedas hot jeletot ini disambar. Memang rasanya hot dan jeletot. Hemmm….

Tulisan ini dipublikasikan di Makanan enak, Seputar Bandung. Tandai permalink.

49 Balasan ke Gehu Pedas “Hot Jeletot”, Buruan Orang Untuk Berbuka Puasa

  1. Annis berkata:

    MasyaAllah…
    Bang R mah ngabibita yang lagi puasa…
    mana lagi ujan begini… Kan jadi kebayang-bayang gehu & teh manis anget…. hiks…:(

  2. otidh berkata:

    Haha.. ada-ada saja… orang Bandung memang kreatif kalo bikin singkatan… :)

    Kalo di daerah saya namanya “tahu isi” atau “tahu berontak”. Tapi ini terobosan baru nih, rasa pedasnya langsung di dalam tahunya. Jadi pingin…

  3. ray rizaldy berkata:

    hahaha, daku baru tau Pak. kalo gehu itu toge tahu. :)

  4. syaiful berkata:

    Jadi kabita euy…

  5. iman berkata:

    wah, pak rinaldi beli hot jeletot di jl. indramayu antapani juga ya? sempet jengkel nggak pak karena banyak yang motong antrean? hehehe :D

  6. kiki gustryanti berkata:

    baru tahuuu ada tahuuu ituuu.
    ayeuna aya teu nyaaa…

  7. rinaldimunir berkata:

    Aya keneh. Datang wae sorangan ka Jalan Indramayu No 2 Antapani dipayun gerai Alfamart. Agak sorean ngajualna.

  8. bungsu pedas berkata:

    ah ntu cieh mch krang *d jakarta timur tepat y d dpan TAMINI SQUER udh lbh dari 1000 gehu terjual stiap hri y.cba deh gehu buatan mg ajib ____MANTAP___

  9. xi berkata:

    eh ini kan hot jeletot yang di deket rumah saya..
    sampe di fotonya ada temen saya lagi beli ..
    hahaha

  10. ian berkata:

    btw ada yg tau klo pgn ikut jualan tahu hot jeletot hrs kemana yah? berminat nih..
    klo ada yg tau mohon infonya ke : ianhade@yahoo.com

    thx

  11. aWi berkata:

    bisa dilihat di alamat ini:

    http://hotjeletot.webs.com

  12. kota berkata:

    untuk mencoba gehu pedas yang lain lagi rasanya coba datang ke daerah cibadak bandung di situ ada yg jualan gehu pedas dan bala bala pedas yang gak kalah enak rasanya nama nya gehu pedas cibadak deket soto ojolali..buat para penggila gehu ayo cobain gehu pedas cibadak…

  13. Rostini Qyie berkata:

    Sayamah beli “GP” singkatan tina Gehu Pedas Hot jeletot teh di daerah ciwidey, ketika mo liburan ke taman wisata walini tepatna di depan toko aneka sebrang mesjid agung ciwidey, eta sensasinya memang jeletot pisan euy, apalagi daerah ciwidey yang terkenal dingin dimakan dalam keadaan panas-panas, lebih mantap lagi, jadi ketagihan terus……. he…he…he…. nyobaan deui ach……..bawa rombongan.

  14. chandra berkata:

    gmn mau ikutan waralaba tahu jeletot?
    thanks..

  15. dicki berkata:

    saya pengen banget berminat gimana caranya ya mau daftar

  16. mang ucup berkata:

    klo pesan tahunya aja bisa ga ya dan klo mau gabung kumaha atug kang?

  17. mang ucup berkata:

    klo pesan tahunya aja bisa ga ya dan klo mau gabung kumaha atuh kang?

  18. HosTour berkata:

    kira2 memulai usaha tahu jeletot ini keluar modal brp y untuk awal2nya????

  19. diana berkata:

    Saya jadi kepingin menjalani usaha gehu pedas,, gimana caranya? Kira kira butuh modal berapa ya,,,

  20. andhika berkata:

    Kang.. Caranya jd mitra gimana?

  21. iman setiawan berkata:

    asalamualaiku bapak muhammat tryadi saya ingin bergabung jualan juga buat pemula di perlukan modal berapa. atas jawaban dan balasan nya saya ucapkan terima kasih wasalamualaikum

  22. ardi berkata:

    BanyaK yg minat usaha waralaba gehu jelotot..soalnya saya juga..tapi blm adA yg tau kmn menghubunginya!!!

  23. suryana berkata:

    pernah si nyoba..unik juga..sensasi baru rasa tahu pedas..klu mau ikutan jualan gmn crnya ya..lokasi depok

  24. rosid berkata:

    asalamualaiku bapak muhammat tryadi saya ingin bergabung jualan juga buat pemula di perlukan modal berapa. atas jawaban dan balasan nya saya ucapkan terima kasih wasalamualaikum

  25. Karman berkata:

    Ass Wr wb,
    Langsung aja, saya tinggal di Cikarang dan saya berminat untuk menjadi pedagang gehu pedas di cikarang, bagaiman caranya dan bagaimana juga nanti systemnya.

    Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.

    Wassalam,

    Karman

  26. shanti berkata:

    saya juga mau jadi reseller dong.gimana caranya..

  27. nuryani berkata:

    saya ingin berjualan gehu pedas ini berapa modal dibutuhkan ? terimakasih

  28. salsri berkata:

    Kayaknya asyik bt usaha. Trus nek jd member apa syaratnya

  29. salsri berkata:

    Oia saya dari jogja mau banget usaha gehu pedas hot jeletot. Bisa ga? Modal berapa?

  30. salsri berkata:

    Untuk usaha ghu pdas systm gmn?

  31. syamsulsucces berkata:

    sekarang masih jualan gk tuh

  32. adhitia berkata:

    pk klw saya mau jualan hot jeletot brp modal pertama kali yang harus saya keluarkan?

  33. to berkata:

    almtnya dimana ya………..

    dan tlpnya berapa………..

  34. mang ajib berkata:

    hubungi di no 02195948910

  35. mang ajib berkata:

    tahu pedas sing sehah mang ajib di samping tamini square sekarang buka prencais.tahu pedas asli bandung yg udah 3 tahun jualannya,silahkan hubungi aja no 02195948910

  36. mang ajib berkata:

    silahkan

  37. Ulies S Ulis berkata:

    saya berminat jual tahu HOT JELOTOT, alamat Cibubur JKT

  38. yunda yusnita berkata:

    Sy minta informasi mengenai frenchise nya, bisa di email ke sy, sy tunggu email nya.

    Trims

  39. Siti Fatimah berkata:

    Kl mau jd mitra brapa modal awalnya? Dan dpt fasilitas apa aja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s