Kesaksian: TKW Asal Indonesia di Arab Saudi Banyak yang Berperilaku Buruk

Selama ini kita mendengar kisah-kisah penderitaan TKW Indonesia yang bekerja di Arab Saudi hanya dari satu pihak saja, yaitu dari para korban dan dari media. Pada akhirnya kisah-kisah tragis tersebut melahirkan kebencian kepada etnis Arab dan menyerempet juga kepada agama Islam. Hal ini tercermin pada komentar-komentar pembaca di media daring yang bernada hujatan dan kebencian kepada bangsa Arab (dan juga dikait-kaitkan dengan Islam).

Agar lebih obyektif dan berimbang, di bawah ini ada kesaksian berbeda dari WNI yang menetap di Arab Saudi — dan bersuamikan orang Arab — yang menceritakan perilaku TKW di Arab Saudi yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Ternyata sebagian TKW itu memang sudah bermasalah dari tanah air, dan sebagian lagi memiliki niat yang tidak baik menjadi TKW ke Arab. Maka kalau sebagian majikan Arab Saudi ada yang melakukan kekerasan kepada para TKW tersebut, kita jadi tahu apa penyebabnya.

Kesaksian ini dikutip seluruhnya dari blog di Kompasiana yang berjudul Sisi Lain Cerita TKW di Saudi Arabia (bagian 1 dan 2) :

http://luar-negeri.kompasiana.com/2010/07/01/sisi-lain-cerita-tkw-di-saudi-arabia-bagian-1
http://luar-negeri.kompasiana.com/2010/07/02/sisi-lain-cerita-tkw-di-saudi-arabia-bagian-2

Selamat membaca.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sisi Lain Cerita TKW di Saudi Arabia (bagian 1 dan 2)

Seringkali saya membaca postingan rekan-rekan di Kompasiana, tentang kisah-kisah pilu dan menyedihkan para TKW yang bekerja di Saudi Arabia. Kisah-kisah itu diangkat berdasarkan cerita para TKW ataupun hanya sebatas pengamatan selintas tentang keadaan para TKW saat mereka bertemu di mall-mall, restaurant ataupun di Rumah Sakit.Sebetulnya kalau kita mau jujur terhadap diri kita sendiri, para TKW/PRT itupun sudah diperlakukan tidak layak dan tidak manusiawi sejak sebelum keberangkatan mereka ke Saudi. Pernahkah teman-teman melihat pemandangan di bandara Soeta (Soekarno-Hatta), bagaimana para petugas, baik petugas dari PJTKI-nya atau petugas bandara memperlakukan para ‘pahlawan devisa’ itu yang akan diberangkatkan ke Saudi Arabia khususnya..??

Mereka digiring-giring seperti ternak. Seringkali mereka dibentak-bentak bahkan dicaci maki. Saya sering melihat pemandangan seperti itu, karena setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali saya pulang pergi Riyadh- jakarta, Jakarta-Riyadh. Pemandangan seperti itu, bukan pemandangan yang langka. Para TKW-TKW itu setelah digiring-giring seperti bebek, mereka biasanya duduk bergerombol di lantai. Ada pemandangan yang berbeda tentang kelakuan dan tingkah para TKW itu, dari mereka yang akan berangkat ke Saudi dengan tingkahnya mereka yang akan pulang ke Indonesia.

Para TKW yang bergerombol di bandara Soeta, kebanyakan mereka diam dan tidak banyak omong. Tapi coba perhatikan para TKW di bandara KKIA Riyadh yg mau pulang ke Jakarta. Berisiknya minta ampun! Kalau ngomong saja sampai teriak-teriak, bahkan pernah saya lihat ada yang joget-joget segala, sampai-sampai ditegur oleh satpam bandara KKIA.Back to topic. Di bandara Soeta, dokumen-dokumen keberangkatan para TKW saya perhatikan semuanya sudah diurus oleh petugas dari PJTKI masing-masing.

Setelah masuk ruang tunggu pesawat dan terbang ke Saudi, barulah para TKW itu bertanggung jawab atas dirinya masing-masing. Ketika mereka sudah ada dalam pesawat Saudia/GIA. Mulailah para pramugari yang di uji kesabarannya oleh para TKW. Saya memperhatikan, betapa seringnya para pramugari yang cantik-cantik itu membersihkan lavatory/wc. Sambil tidak henti-henti memberikan pengarahan kepada para TKW yang menggunakan lavatory. Coba lihat lantai lavatory yang menjadi penuh air, karena para TKW tidak tahu caranya cebok, tidak tahu caranya membuang tissue-tissue. Semuanya berceceran di lantai. Bahkan cara mengunci wc pun mereka tidak tahu..

Kalau kebetulan saya ingin menggunakan wc, tak jarang saya pun ikut-ikutan memberi tahu mereka. Bahkan setiap saya pulang atau pergi Riyadh – Jakarta, saya pasti dan selalu menjadi sekretaris dadakan para TKW untuk mengisi kartu-kartu kedatangan mereka.
Tahukah teman …? kalau banyak para TKW yang buta huruf…?
Bahkan banyak dari mereka itu yang tidak bisa berbahasa Indonesia …??!
Mereka hanya bisa bahasa dari daerahnya sendiri.
Jangankan bisa bahasa Arab untuk berkomunikasi dengan majikan, bahasa Indonesia pun mereka banyak yang tidak tahu…? Apalagi bahasa Inggris…? Itu sih bisa dihitung dengan jari kelingking.
Mungkin dari 1 juta TKW yang ke Saudi, cuma 1 yang bisa sedikit ngerti english … Itu kenyataan teman-teman..
Menyedihkan bukan..??
Terus apa yang mereka lakukan selama mereka ada di penampungan..????
Ternyata adanya balai latihan kerja itu sepertinya hanya formalitas saja. Kadang-kadang tidak ikut latihan kerja pun mereka sudah bisa punya sertifikatnya. Halahhhh …. tahu sendiri lah, di negara tercinta kita ini apapun bisa dibeli asal ada uang!
Level korupsinya sudah dari level paling rendah sampai level paling tinggi.
Berdasarkan sumber yang bisa dipercaya (para TKW-TKW khususnya yang ke Saudi) selama mereka berada di penampungan itu untuk mengurus dokumen-dokumen sambil menunggu datangnya visa, para TKW-TKW itu tidak belajar apa-apa.
Mereka hanya tidur-tiduran, makan, minum, ngobrol-ngobrol sampai malam, merokok (tentu saja tidak ketahuan para pengawas penampungan). Apalagi konon katanya, para TKW yang mau berangkat ke Saudi itu, diberi uang saku sekitar 1,5 jt-2 jt dari PJTKI. Banyak dari mereka itu yang menghabiskan uangnya untuk jajan, makan-makan dan merokok.

Setelah mereka sampai di bandara King Khalid Riyadh. Karena tidak ada petugas dari PJTKI yang mengarahkan mereka, jadilah gerombolan para ‘pahlawan devisa’ itu seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Bagaimana tidak dibentak-bentak oleh petugas orang Saudi, kalau mereka disuruh berbaris di sebelah kanan, para TKW masih tetap bergerombol di sebelah kiri. Disuruh mengantri satu-satu, malah mereka saling berebut. Disuruh memperlihatkan paspor dan kartu kedatangan, mereka malah melongo bego. Ya iyalahhhh …. petugas mana yang tahann….?! Apalagi orang Saudi kebanyakan tidak sabaran, dan suaranya yang kenceng-kenceng. Habislah para TKW itu dibentak-bentak.

Jangankan oleh petugas orang Saudi yang tidak bisa berbahasa Indonesia, wong oleh petugas orang Indonesia yang sebangsa saja, para TKW itu sering dibentak-bentak koq.
Setelah mereka selesai diproses di imigrasi dan selesai mengambil bagasi. Mereka semua dikumpulkan dan di data. Sementara paspor para TKW itu akan dipegang oleh petugas imigrasi. Setelah itu mereka akan dibawa ke ruangan tunggu khusus TKW,
sambil menunggu dijemput oleh majikan masing-masing.Para TKW-TKW itu tidak akan dikeluarkan dari ruangan tersebut, kecuali dijemput oleh majikannya yang nama majikannya tertera di paspor mereka. Bahkan kalau nama penjemput mereka itu tidak sesuai dengan nama yang ada dalam paspor TKW, penjemput tersebut harus memperlihatkan surat kuasa penjemputan dari calon majikan asli TKW itu. Itulah alasannya mengapa para TKW di bandara King Khalid dikumpulkan sebelum mereka dimasukkan ke ruang tunggu.

Calon majikan berada di luar sambil memelototi screen tv monitor. Di sana akan disebutkan nama TKW lengkap nama majikan dan nomor urut TKW. Kalau nama-nama sudah cocok, para majikan akan lapor ke meja petugas sambil memperlihatkan kartu ID asli. Setelah itu mereka akan memanggil TKW yang bersangkutan dan memberikan paspornya.
Setelah TKW dan majikannya menandatangani surat-suratan, barulah TKW itu bisa keluar mengikuti majikannya. Itu prosedur yang masih saya ingat. Kenapa saya tahu tentang prosedur tersebut..? Karena saya pernah satu kali mengambil pembantu dari PJTKI Jakarta. Biaya yang dikeluarkan majikan untuk mengambil TKW, kurang lebih 28 jt. Bahkan ada yang membayar lebih dari itu..

Untuk teman-teman yang berada di Indonesia khususnya, ini sekedar informasi saja. Tidak semua TKW yang datang dan bekerja di Saudi Arabia itu semuanya mempunyai majikan WN Saudi.
Di Arab Saudi ini semua warga negara tersedia di sini. Jadi para TKW itu ada yang punya majikan yang memang WN asli Saudi, tapi tidak sedikit majikan-majikan mereka itu warga negara lain yang mukim dan tinggal di Saudi Arabia. Soalnya masyarakat kita yang ada di Indonesia kan tahunya, kalau TKW bekerja di Saudi Arabia sudah pasti saja majikannya warga negara Saudi. Padahal tidak begitu… lho…!! Ada yang majikannya WN Turky, Mesir, Siria, Lebanon, Palestina, Jordan, USA, Pakistan, India dan lain-lain sebagainya… (capek kalau harus nyebutin satu satu mah … hehehe..).

Sudah hampir 10 tahun saya menetap di Saudi Arabia, mengikuti suami yang WN Saudi. Karena menetap di sini, tentu saja saya sering sekali menjumpai para TKW di luar rumah, baik di rumah-rumah para kerabat suami saya, ataupun di rumah-rumah teman saya yang orang Saudi, berjumpa di pesta-pestanya orang Saudi, bertemu di mall-mall, di rumah sakit (mengantar majikan-ajikannya yang sakit), di restaurant, juga di tempat bermain anak-anak. Seringkali saya menjadi penerjemah dadakan karena para TKW tidak mengerti sama sekali perintah-perintah majikannya.

Kalau anda sudah lama tinggal di Saudi dan anda sering belanja di toko-toko Indonesia, seringkali kita akan melihat ada TKW-TKW yang memang sedang berbelanja atau TKW-TKW kaburan (melarikan diri dari majikan) yang menunggu dijemput seseorang.
Tahukah anda …?? Kalau para TKW ilegal di sini jumlahnya hampir sama banyaknya atau mungkin lebih banyak jumlahnya daripada TKW yang legal. Para TKW kaburan kebanyakannya bukan karena disiksa majikan atau karena tidak digaji majikan. Tapi banyak dari mereka yang kabur itu karena keinginannya sendiri. Ada yang alasannya karena mereka ingin mendapatkan gaji yang lebih besar dari gaji yang didapat dari majikan asli. Bahkan banyak yang jadi TKW kaburan karena mereka ingin bebas hidup bersama pacar-pacarnya (para sopir-sopir Indonesia, atau pekerja asing lainnya seperti Pakistan, Bangladesh, India). Dan
bukan rahasia lagi kalau di sini ada sindikat/mafia yang akan menampung para TKW kaburan.

Seringkali saya membaca di surat kabar lokal, kalau polisi telah merazia beberapa apartemen/rumah-rumah kontrakan yang penghuninya hampir 99% TKW ilegal asal Indonesia. Dan ternyata mereka melakukan praktek pelacuran! Tarifnya cuma 50 sr (120 rb) sekali pakai. Germo wanitanya kebanyakan orang Indonesia asli, pasangan germo yang laki-laki seringkali orang Pakistan atau Bangladesh. Menurut pengakuan mereka, kostumernya kebanyakan sopir-sopir taxi orang Pakistan atau
pekerja kasar orang Bangladesh dan India. Bahkan terkadang ada juga sopir-sopir orang kita sendiri.

Konon katanya di Jeddah, banyak TKW ilegal asal Indonesia yang diam-diam membuka praktek pelacuran. Para PSK asal negara kita itu bukan hanya TKW kaburan saja, bahkan banyak yang datang menggunakan visa umrah. Begitu sampai di Jeddah mereka tidak pulang lagi ke Indonesia, tapi mereka memilih menjadi TKW ilegal. Itu bukan menjadi rahasia umum lagi di sini… Sepertinya setiap orang yang sudah lama mukim di sini pasti sudah pada tahu soal itu.

Pemerintah Saudi Arabia sebetulnya terlalu baik terhadap para TKW ilegal tersebut. Kenapa ….?? Karena menurut pengakuan para TKW-TKW ilegal itu, kalau mereka sudah ingin menghentikan petualangannya sebagai TKW ilegal dan ingin secepatnya pulang ke Indonesia, maka mereka akan menyerahkan dirinya sendiri ke kantor polisi (jadi bukan polisi yang menangkap mereka, tapi seringkali TKW-TKW ilegal itu yang datang ke kantor polisi menyerahkan diri minta ditangkap). Karena dengan cara itulah para TKW akan dideportasi ke Indonesia dengan gratis (biaya tiket ditanggung oleh pemerintah Saudi Arabia).
Oleh polisi, para TKW itu akan dijebloskan dulu ke penampungan-penampungan khusus bagi TKW yang bermasalah atau bahkan banyak juga para TKW ilegal itu ditampung di penjara-penjara wanita, sebelum menunggu proses dipulangkan.

Kalau mereka di interogasi, mereka akan memberi alasan kabur dari majikan karena dipukuli dan lain-lain sebagainya.., dan mereka memberi alasan tidak tahu alamat lengkap majikannya. Bagaimana polisi mau mencari majikan para TKW tersebut kalau
si TKW memberi alasan tidak tahu alamat majikannya ….?? Akhirnya TKW-TKW itu ditempatkan di penampungan-penampungan dan sudah pasti akan dipulangkan ke Indonesia.

Wahhhh … teman-teman jangan berfikiran bahwa penampungan/penjara wanita di Saudi menakutkan…. Menurut sumber yang bisa dipercaya kebenarannya, penampungan/penjara wanita di Saudi Arabia itu tempatnya sangat bagus. Makanan berlimpah ruah, malah konon katanya mereka mendapat jatah uang bulanan untuk membeli perlengkapan mandi sekitar 60 sr (kurang lebih 140 rb) per bulannya. Sementara mereka cuma tidur, duduk-duduk, nyanyi-nyanyi dan menikmati hari-harinya sambil menunggu waktu mereka di deportasi ke Indonesia.

Kenapa saya tahu banyak tentang keadaan penampungan/penjara wanita itu? Karena saya pernah punya TKW yang menurut pengakuannya, ternyata dia sudah 7 kali bekerja di Saudi Arabia, dan dia pernah 3 kali menjadi TKW kaburan, dan 4 kali menjadi TKW sukses. Untungnya dia termasuk TKW kaburan yang baik, yang tidak pernah menjadi PSK, dan saya percaya itu. Selama bekerja pada saya selama 3 tahun, si mbak sebut saja namanya Sumi, dia sering menceritakan kisah-kisah petualangannya selama menjadi TKW kaburan, termasuk selama dia berada di penjara wanita.

Dia juga menceritakan kisah teman-temannya sesama TKW ilegal yang sama-sama di penampungan. Jadi kalau ada TKW yang pulang ke Indonesia dalam keadaan hamil, terus mengaku diperkosa oleh majikan laki-laki/anak majikan laki-laki. Kita tidak harus begitu saja mempercayai omongan TKW-TKW itu. Karena kenyataannya di sini, banyak sekali para TKW yang dihamili oleh pacar-pacarnya. Bukan diperkosa, tapi suka sama suka.

TKW yang hamil karena diperkosa memang ada, tapi mereka yang hamil karena suka sama suka atau akibat karena melacurkan diri juga banyak. Itu sudah bukan rahasia lagi di sini.. Sebagai seorang WNI, terus terang saya malu juga dengan kelakuan sebagian mereka yang tidak bertanggung jawab itu.Belum lagi di Saudi ini, para TKW dari Indonesia itu terkenal sekali dengan sihirnya. Sementara di negara Saudi hukuman untuk yang melakukan sihir sangat berat sekali. Jadi kalaupun ada TKW yang tidak pernah menyantet majikannya, tetep aja kadang-kadang jadi kena getahnya. Cerita ini bukan omong kosong belaka. Saya punya banyak rekan kerja orang Saudi. Hampir semua pembantu mereka pasti orang Indonesia.

Pernah ada keluarga pamannya teman sekantor saya yang menjebloskan pembantunya yang orang Indonesia ke penjara, karena ketahuan TKW itu memasukkan air kencing ke dalam minuman majikan laki-lakinya. Bodohnya TKW tersebut, dia memasukkan air kencingnya ke dalam air putih, bukan ke dalam air teh/kopi. Terang saja majikannya itu curiga, kenapa air minumnya berwarna kekuning-kuningan. Karena disangka majikannya air itu mengandung racun, akhirnya air itu dibawa ke laboratorium. Hasilnya ketahuan, kalau air putih itu mengandung air kencing. Setelah di interogasi, TKW itu mengaku kalau dia memang sengaja memasukkan air kencing kedalam minuman majikannya, supaya majikannya tunduk atau menyayangi TKW itu. Bahkan katanya lagi dia pernah memasukkan darah menstruasi dia ke dalam masakan-masakan untuk disantap majikannya. Menurut keterangannya, dia tidak sendirian melakukan hal-hal menjijikan tersebut, tapi hampir sebagian TKW yg datang ke Saudi melakukan hal seperti itu, karena mendengar cerita dari senior-seniornya yang eks Saudi selama di penampungan di Jakarta. Terus mempraktekannya.

Akhirnya ketahuan dan dijebloskan ke penjara.
Teman saya yang orang Saudi itu, sampai khusus datang kepada saya dan bertanya, kenapa banyak TKW yang melakukan perbuatan seperti itu..??
Bukankah dalam Islam itu merupakan dosa besar..??
Dan TKW-TKW itu beragama Islam..??
Saya sendiri bingung harus menjawab apa..??
Kenapa para TKW itu berbuat hal-hal menjijikan seperti itu, saya sendiri tidak tahu..??
Karena saya kan bukan TKW…. hahahahahahaha…

Karena cerita itu berkembang dari mulut ke mulut, akhirnya saya dengar, banyak rekan-rekan orang Saudi yang punya pembantu orang Indonesia memulangkan pembantunya. Alasannya, mereka takut makanan mereka dicampur oleh air kencing atau dicampur darah menstruasi. Dan sekarang ini banyak orang Saudi yang mengambil pembantu dari Vietnam.

Pernah saya mendapat pertanyaan konyol dari seorang Saudi, “Di Indonesia ada listrik gak…?? Ada telpon gak..?? Ada Mac Donald gak…??” Saya jawab saja: ”Tidak ada….!!! Kami orang Indonesia masih hidup di gua-gua…!!” hahahahahahaha..
Ternyata orang itu punya alasan sendiri, kenapa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Karena dia punya pembantu dari Indonesia yang tidak tahu caranya menggunakan setrika, mesin cuci atau alat-alat lainnya yang menggunakan listrik.. Mereka membandingkan dengan keadaan di sini. Semiskin-miskinnya orang Saudi, semua alat-alat rumah tangganya kan sudah modern dan menggunakan listrik. Dassarrrr… katro…!! Hahahahaha…

Sekitar 3 tahun yang lalu, ketika saya berkunjung ke rumah mertua di luar kota Riyadh. Saya diperkenalkan dengan pembantunya tetangga dari mertua saya. Sebut saja namanya Yuyun. Baru kenal saya satu hari, Yuyun sudah menceritakan kalau dia punya pacar orang Yaman yang berjanji akan menikahinya kalau Yuyun pulang cuti nanti (kebetulan, Yuyun janda dengan anak dua). Yuyun menceritakan betapa baik si Yaman pacarnya itu. Suka memberinya Indomie, pulsa, dan uang jajan.

Oia, Yuyun juga menceritakan kalau si Yaman itu suka masuk diam-diam ke kamar Yuyun, kalau majikan-majikannya sudah tidur (majikan Yuyun cuma berdua, sepasang suami isteri yang sudah tua).
Wahhhh…. ternyata si Yuyun ini nekat juga. Ngapain aja hayohh…??
Kalau sudah berduaan di dalam kamar..?? Tidak mungkin kan cuma maen pasir… hehehehehe.
Saya sudah wanti-wanti sama si Yuyun, supaya tidak melakukan hal-hal bodoh seperti itu. Di Saudi ini kan yang namanya pacaran tidak diperbolehkan. Kalau ketahuan bisa dihukum karena ada aturannya. Ternyata Yuyun mungkin sudah tak tahan juga. Setiap hari memasukkan si Yaman, lama-lama masuk angin… Ketika kandungannya menginjak 4 bulan, si Yamani kabur entah kemana.

Tinggallah Yuyun dengan perut buncitnya.
Untung majikan Yuyun baik hati. Yuyun cepat-cepat dipulangkan ke Indonesia.
Karena kalau sampai melahirkan di sini tanpa ada surat nikah resmi, Yuyun bersama bayinya bisa dijebloskan ke penjara. Selamatlah Yuyun dari hukuman cambuk karena kebaikan hati majikannya. Itu kalau pas kebetulan majikannya baik hati, pembantunya hamil cepat-cepat dipulangkan untuk menyelamatkan pembantunya.
Coba kalau majikannya yang tidak mau mengerti. Mengetahui perut pembantunya yang tiba-tiba melendung tanpa ketahuan tukang pompanya, boro-boro dipulangkan, malah kalau gak diserahkan ke kantor polisi, bisa-bisa malah langsung dibuang di
kolong jembatan layang.

Dan waktu pulang ke Indonesia dengan membawa orok, untuk menutup malu biasanya para TKW itu akan mengarang cerita kalau oroknya itu hasil diperkosa atau hasil dipaksa.. Padahal setelah beberapa lama kemudian, TKW itu akan kembali daftar ke
PJTKI untuk kembali bekerja sebagai TKW di Saudi Arabia. Itulah sebabnya, walaupun Saudi Arabia banyak dicaci maki di Indonesia oleh orang-orang yang tidak tahu kejadian sebenarnya, tapi tetap saja PJTKI selalu kebanjiran calon-calon TKW untuk minta diberangkatkan ke Saudi Arabia. Kalau teman-teman tidak percaya, coba temen-temen cek dan ricek ke PJTKI-PJTKI di Jakarta.

Teman-teman akan mengetahui.. ada berapa ribu TKW-TKW yang sedang menunggu mendapatkan visa untuk bekerja di Saudi Arabia. Dan saya yakin sekali kalau di Saudi Arabia, banyak sekali para TKW yang semodel dengan si Yuyun..
Pemerintah Saudi bukan tidak berusaha menekan serbuan datangnya para TKW ilegal.
Khususnya yang datang dari Indonesia. Mulai dari 2 tahun yang lalu. Semua warga asing yang tinggal di Saudi Arabia, harus disidik jari lagi, diphoto lagi di imigrasi untuk disimpan di database mereka. Konon katanya untuk mencegah masuknya kembali TKW ilegal yang pernah dideportasi ke luar dari Saudi Arabia.

Jadi para tenaga kerja asing yang pernah bermasalah di Saudi Arabia, tidak akan bisa mudah masuk begitu saja, walaupun mereka sudah mengganti paspor bahkan mengganti namanya.

Saya masih ingat pesan si mbak Sumi, bekas pembantu saya dulu, ”Ibu, kalau nanti saya sudah pulang, dan ibu mau mengambil TKW dari Jakarta lagi. Ibu harus hati-hati. Jangan mengambil TKW yang asalnya dari T, P, B, L, S, C, M… karena banyak TKW-TKW dari sana yang jahat-jahat. Saya kasihan sama ibu kalau ibu mendapatkan TKW yang jahat. Karena ibu orangnya baik … (hehehehe saya disebut baik, padahal saya bawel sekali.. hahahaha ). Saya kasihan sama si putri kalau diasuh oleh TKW yang tidak baik. Kalau saja saya tidak akan menikah lagi, saya mau selamanya bekerja di rumah ibu. Ibu harus tahu, tidak semua TKW itu datang ke sini karena mereka mau menjadi TKW.

Banyak lokalisasi pelacuran di Jawa Tengah dan di Jawa Timur yang di gerebek polisi, terus para bekas PSK-PSK itu larinya ke PT, melamar untuk menjadi TKW. Dan kebanyakan mereka milihnya menjadi TKW di Saudi Arabia. Ya … ibu bisa bayangkan, mereka tidak akan menjadi TKW yang baik karena menjadi pembantu itu susah, paling-paling begitu sampai di sini juga para bekas PSK itu akan kembali menjual diri. Jadi ibu harus hati-hati ya bu….!!” Itu pesan si mbak Sumi tercinta (hallo… mbak Sumi sayang…?? Sehatkah mbak…??).
Akhir bulan Mei kemarin, ketika saya sedang di ruang tunggu seorang dokter mengantar kakak saya yang sakit. Kebetulan bertemu dengan seorang TKW yang juga sedang mengantar majikannya berobat.
Saya perhatikan majikannya, seorang perempuan Saudi yang sudah tua. Si majikan itu minta diambilkan air minum dari tas yang dibawa TKW itu. Saya mendengar jelas TKW itu ngomel-ngomel terus dalam bahasa Indonesia. ”Dasar babi, tadi ditawarin tidak mau, sekarang minta …!!” Saya yang mendengar omelan TKW itu, jadi gatal juga. ”Emang di mana ada babi mbak..??!!” Si TKW itu tampak terkejut melihat saya. ”Eh… ibu orang Indonesia..?!” tanyanya.. sambil lalu. Saya sedikit menasehati TKW tersebut untuk sekedar menjaga bahasanya.

Ngomel sih ngomel, tapi masa babi sampai dibawa-bawa…. hahahaha. Kalau majikannya ngerti itu kata babi. Saya yakin tuh TKW sudah ditendang 10 kilometer oleh majikannya… hahahahaha…

Sekelumit kisah2 di atas itu murni berdasarkan pengalaman saya pribadi. Dengan tidak bermaksud mengambil kesimpulan bahwa para TKW/PRT dari Indonesia itu semuanya jahat-jahat. Orang-orang jahat itu ada di mana-mana. Tidak di Saudi Arabia, tidak di Indonesia, tidak di Amerika, tidak di Eropa, tidak di Afrika.
Di semua tempat di belahan dunia ini, orang-orang jahat itu ada.
Dan orang-orang yang baik pun ada. Tidak semua majikan-majikan orang-orang Saudi (khususnya) itu jahat. Yang baiknya juga banyak sekali (makanya banyak sekali para TKW yang betah bertahun-tahun kerja di Saudi Arabia). Majikan yang jahat pun banyak, itu bisa kita lihat dari banyaknya TKW-TKW yang pulang ke Indonesia dengan keadaan babak belur. Bahkan seringkali pulang hanya tinggal nama saja.

Para TKW itu juga tidak semuanya orang-orang baik dan jujur. Banyak sekali mereka yang jahat yang penuh tipu muslihat. Makanya sering diberitakan di koran-koran lokal di sini, kejahatan-kejahatan yang pelakunya TKW/tenaga kerja Indonesia. Baik dan buruknya pengalaman seseorang, tidak menjadi tolok ukur baik dan buruknya satu bangsa/ras tertentu.
Marilah kita sama-sama dewasa dalam menyikapi permasalahan masalah para TKW ini (khususnya para TKW di Saudi Arabia), yang kadang-kadang tampaknya seringkali di dramatisir oleh pihak-pihak tertentu (khususnya orang-orang yang tidak suka dengan Islam/tidak suka bangsa Arab).
Kalau kita mau jujur, negara kita punya andil besar dalam semua permasalahan TKW-TKW yang bermasalah ini. Negara Indonesia yang konon katanya dulu, gemah ripah loh jinawi, ternyata sampai sekarang tidak bisa menyejahterakan rakyatnya.
UUD 45 pasal 34 ayat 1, ”Fakir miskin dan anak anak terlantar dipelihara oleh negara,“ hanyalah kata-kata keramat yang tertera di atas kertas belaka. Pada kenyataannya para penguasa-penguasa di negara kita sampai saat ini belum ada yang berpihak kepada rakyat miskin. Selama angka kemiskinan dan angka pengangguran semakin meningkat, selama itu pula keberadaan para TKW yang tidak
berpendidikan pun tidak akan punah, malah akan semakin banyak dan meningkat. Dan selama itu pula, kita pun akan selalu mendapat suguhan berita, tentang nasib-nasib para TKW yang memilukan. Dan itu merupakan pekerjaan rumah untuk para pejabat penguasa negara Indonesia. Cq terutama bapak menteri tenaga kerja yang sejak tahun jebot sampai tahun 2010 mau segera berakhirpun, belum ada tanda-tanda kapan Pekerjaan Rumah yang satu ini akan segera bisa diselesaikan dengan baik.
Cag dulu ahhhhhhh…..!!

Ditulis oleh: Nining

Tulisan ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

137 Balasan ke Kesaksian: TKW Asal Indonesia di Arab Saudi Banyak yang Berperilaku Buruk

  1. hamka berkata:

    sedih sekaligus malu, seharusnya pemerintah dan PJTKI lebih selektif dalam memilih tenaga kerja dan Indonesia tidak melulu mengirimkan PRT sebagai TKI ke luar negeri

    • leogarut berkata:

      ya btl saya jg malu ulah prilaku para tkw sangat memalukan emang betul sekali tkw yg kelaparan laki2 saya juga tau sendiri.saya minta pengiman tkw di tutup selama nya saya setuju sekali klu di tutup selamanya kasihan sama tkw yg bener padahal tdk semuanya tkw klakuannya begitu banyak yg bener banyak yang ga bener?

    • darmod berkata:

      itulah imbas dari kebodohan dan kemiskinan,2 hal
      itu sebenarnya adalah tanggung jwb pemerintah,
      dan menurut saya,dihargai atau enggaknya suatu negara kita,itu tergantung dari kebijakan pemerintah kita sendiri,jd bkn semata2 kesalahan tkw,
      maka dari itu saudara sekalian,berpikirlah yang obyektif,jgn seperti katak dalam tempurung

  2. regi sanda berkata:

    izin share ya pak.

  3. rosa berkata:

    Izin share juga Pak :D. Di Singapura malah lebih disukai TKI Filipina karena kelakukan orang Indonesia sering tidak disukai. Lalu pernah ada teman saya ke Filipina, trus ada orang gak mau antri langsung ditanya “are you Indonesian?” :( (sudah terkenal tidak mau antrinya)

  4. aliflaammim berkata:

    Nining? Boleh tau identitas aslinya. Supaya saya bisa kroscek ke sang penulis langsung. Apa betul ada TKW bernama nining yang mempunyai pengalaman seperti yang di tuliskan. kalau perlu nanti bisa di ajak duduk bareng dengan TKW-TKW lainnya, demi mencari kebenaran berita.

  5. ady wicaksono berkata:

    itulah penyakit generalisasi, hehehehe, saya setuju point “negara kita punya andil besar dalam semua permasalahan TKW-TKW yang bermasalah ini” ==> sangat besar sekali :)

  6. farasiswondo berkata:

    memang benar apa yang di katakan oleh ibu Nining, saya pribadi sependapat dengan apa yang di tulis oleh ibu…. berkali kali saya telah menulis seperti apa yang ibu tulis tetapi , situasi dan kondisi saya di sini yang tidak memungkinkan, saya selalu berharap suatu hari nanti ada seseorang yang mengetahui sisi lain TKI/TKW di arab saudi, pernah saya mencoba masuk ke FB mbak rieke diyah pitaloka agar bisa memberi tahukan yang sebenarnya terjadi di arab saudi ini, bukan semua kesalahan pihak arab saudi, akan tetapi dengan di tutupnya lowongan kerja ke arab saudi saya bersyukur dan berterima kasih, andai kata suatu saat di buka kembali pemerintah dan PJTKI harus bisa selektif, dan terima kasih banyak buat ibu Nining yang sudah meluangkan waktunya untuk menulis…karena itu juga termasuk uneg uneg yang ada di benaku selama ini,

  7. Kang Jodhi berkata:

    soal buta huruf saya bisa mengkonfirmasi
    soalnya dulu bikin paspor ditengah seruangan penuh TKI
    mereka itu mengaku tamatan kelas empat atau kelas lima SD tapi bahkan ga bisa membaca namanya sendiri

    • leogarut berkata:

      ya btl banyak saya jg liat sendiri yg ga bisa baca dan tulis tapi knp ya dr pihak pt bisa menerbangkan orang tersebut yang ga bisa baca dan tulis.ya ga pa2 yg penting bisa cuci wc sama membersikan rumah hahaha.saya juga klu di suruh belanja susah baca tulisan arab gundul padahal saya bisa baca kuran sering saya juga salah?

      • saya berkata:

        org yg dibutuhkn bkn brpndidikn,pmbantu dipanggl bkn unk ngjr nulis baca,tp untuk gesek wc n brsih2,lgian kalo brpnddikan gk bkalan nympe saudi skrg pluang krja indo bnyk lulusan ama,

  8. arif3bpunyablogs berkata:

    Koq linkv G ditemukan??? (not found!)

  9. endri may vise berkata:

    terima kasih buat ibu nining yg telah meluangkan waktunya untuk menulis cerita2 soal tkw asal indonesia…. apa yang ibu tulis saya pribadi percaya kalau kelakuan2 tkw itu memang benar adanya.. dan yg yg paling penting PJTKI bersama mentri tenaga kerjalah yg harus bertanggung jawab ats kejadian2 yg prnh kt dngr di media2 soal tkw indonesia yang selalu ada masalah. PJTKI haruslah konsisten dan benar2 menseleksi para calon TKW kita untuk di kerjakan di luar negri karna kebanyakan TKW indonesia tidak di bekali dngn pendidikan dan ketrampilan.. PJTKI janganlah hanya memikirkan pemasukan saja……

  10. juleh berkata:

    ya bgtlah indonesia pemimpin2 kita aja pada norak apalagi sekelas tkw, wong yang disekolahkan dgn biaya mahal aja bisa bego apalagi yang sekolah gratis spt jaman skrng tambah spt orang gua. serba ter yang ada di Indonesia

  11. Kania berkata:

    Wah tulisan bagus sekali … Enak untuk dibaca sampai akhir … Terima kasih untuk pencerahannya.

    Saya dan keluarga pernah sekali terpaksa naik Emirat, Singapura – Jakarta th 2005. Dan pesawat itu penuh dengan TKW. Mereka ribut sekali. Dan pengalaman yang tak akan terlupakan sewaktu boarding. Pertama antri masuk ruang boarding, lalu sesudah duduk di ruang tunggu, antri masuk pesawat. Ketika ipar saya kesal dengan salah seorang TKW yang menyerobot antrian ipar saya pun berkata,”antri dong” lalu TKW tersebut dengan santainya menjawab,”udah tadi” hahaha …

  12. nurma berkata:

    saya setuju dengan kata ibu nining,saya sendiri seorang kaburan,saya sudah pernah jadi tkw di beberapa negara,singapura,malaysia & hongkong,dan ini pengalaman jelek saya di saudi,klu pengalaman saya lain majikan sayakan orang saudi kebetulan guru bhs ingris,sering majikan marah2 pakai bhs ingris
    karna engak tahannya hati saya dengar hinaan dari majikan ya saya jawap lagi,emang enak opo ngehina orang indo yg katanya indonesia semua pelacur,di tambah lagi dg anaknya yang kayak bombom sering sekali pukuli saya sampai sekarang saya masih ingat waktu kepalaku di lempar gelas darah mengucur dari kepalaku tapi majikan dak ada reaksinya boro2 mau di bawa ke hospital,sampai2 saya kaih aja gahwa di kepala saya yang bocor,setelah 7 bulan aku bertahan serta mencari jalan bagai mana biar bisa di urus saya coba hubungi kjri di jedah saya ngomong sudah 7 bln gajih saya tidak di bayar majikan jg sangat jahat tapi dak ada juga tijawan dari kjri,krn sudah tidak tahan lagi saya ngambil keputusan kabur,
    kesapara sesampainya saya di sapara juga dak di urus malah pegawai sapara menawarkan kerja lagi tapi gaji harus di bagi 2,kjri/sapara di saudi sangat berbeda dg hongkong kalau di hongkong begitu lapor langsung di urus klu di sini ada uang baru di wawancarai,sampai saat ini saya suda hampir 10th di saudi alhamdulilah saya kerja dpt majikan baik gajih lancar dari tahun 2004 saya sama majikan ini sejak itu pula saya timgal kan penampungan,seperti yg ibu nining bilang memang banyak tkw yang gimanalah…..??? yang membuat indonesia di cap sebagai sormut sama orang saudi la wong banyak tkw yang gengsi kerja jadi pembantu dg mengandalkan kemolekan tubuh!setiap hari cuma tunggu henpon berdering untuk terima orderan.tapi saya sangat bersyukur do,a saya dikabulkan oleh alloh swt saya dapat majikan baik sayang sering di bawa ke mekah,di bet alloh,ke madinah ke masjid nabawi alhamdulilah,engak semua kaburan jelek kelakuanya malah banyak yang dulunya kaburan sekarang jadi isti orang saudi dg sah contohnya adek dari majikanku istrinya orang kaburan dulunya,namanya sarah dia itu cantik juga baik hati karna dia orangnya rajin puasa solat dan berdoa di uruslah kepulanganya sama orang saudi itu,setelah pulang & ada 1 bulan di indonesia dia kaget tiba2 majikanya itu nlp kalau dia ada di indonesia nasipsara baik sekali ternyata sang majikan menyukai sarah secara diam2 kebetulan majikan sara itu duda punya anak 1 yang sarah jga waktu bekerja,ahirnya majikan menikahi sara dg resmi & dan sara juga sekarang ada di saudi tepatnya di kota jedah haya safa kenapa saya tau karna sara sering ke rumah ibu mertua yang itu nenen yang saya urusin,dan sara juga sama asalnya kayak saya sm2 porang jawa timur tapi tranmigasi ke lampung selatan tepatnya bandar lampuna waylima it saja pengalaman saya salam manis buat temen2 sebangsa & se negara insaalloh kita semua di lindungi oleh yang maha kuasa kenalin nama saya nurma ini alamat saya noraindo@hotmail.com

  13. umar berkata:

    bagus……tapi yang saya thu sebagai aminussunduk atao kashir di isitikdam pengmbiln tki tkw hanya sekitar 9 sampi 10 rbu…..(resmi) klo melalui calon ga thu juga…..dan saya setuju banyak tkw kita yang tidak bisa berbahasa indonesia….bahasa sendiri blepotan pa lagi bahasa asing….dan untuk tkw yang resmi yng saya thu ketika mereka ingn menympikn masalhnya di istikdam yang ada merka di perlakukan tidak manusiawi…..

  14. natos berkata:

    apapun kelakuan buruk orang ARAB akan dianggap baik… apapun kebaikan orang BARAT akan dianggap buruk…….tau mengapa?

  15. Bim bim berkata:

    @Natos : barat gak usah di jelek2in emang dari dulu dah jelek gan … wkwkwkwkwk

    jadi inget sekolah seks di australia yang barusan :ngakak

  16. pharmaboy berkata:

    ijin share ya kak

  17. kurnia erviani berkata:

    ijin share ya pak ?

  18. ahmadi Lwan berkata:

    sah sah pengalaman sy setau sy nm bngsa indonesia trcemar sering kali saya adu mulut sma aji nabi yg diper masalah kn seorang prempuan sy peribadi mrasa trsinggung karna prempuan indo sangat murah jg mantap.itu ujar nya hingga saya muka merah dada gondok pd kengatan nya benar ttpi tdk semuah ada jga yg brnasib baik

  19. Mia yuliana berkata:

    Knpa ko banyak para tkw d Saudi berkelakuan buruk!!!mereka menari goyang ngebor Dan tersebar d you tube,,,,apakah tidak membawa dampak buruk Nama negara

    • ...ecy... berkata:

      ya jelas,,orang saudi bhkan nganggap seeeemua org indon kyak sarmut,kasian org indon disini gk punx moral banget,,,duh

  20. Ping balik: Mantan TKW Bercerita Tentang TKI : Ketika Saudi Dihujat Karena TKI « Aboe Shafiyyah Poenya Blog

  21. angsaputih berkata:

    untuk pertama kalinya saya mendengar cerita tentang TKW,, apa di setiap negara yang didatangi oleh para TKW memiliki kisah yang sama dengan arab saudi??? apakah setiap TKW hanya disalurkan menjadi pembantu rumah tangga?? ato ada sektor lain yang di tuju???? mohon balasannya :)
    trimakasih

  22. Mick berkata:

    Saya pribadi gk percaya apa yang anda tulis. Karna istri saya sendiri jadi TKW, kenapa anda begitu merendahkan pahlawan devisa, bukankah lebih mulia mereka dari pada anda

    • Ntb berkata:

      Betul ktx mas,nining ntu brskap madame,,,okb bnyk madame yg nkh ama org saudie tp gk ngangkt kpala,,,,,kyek diex udah kenyang sih ama org sene coba masih lapar gk bkal ngmng yak gtu,,ane jg suami saudie tp gk smbng bhkn aku trjemahkn suamiku postinganx die,,tau gk apa kte suami ane syarif,,,ktax ningning ntu sok sokan,,alias mlut osokan n yuyun gk mungkn n mustahil crita aib sndri ama org yg bru di kenal shari lg,,,lgean dia ntu mw jnguk mrtua ape yuyun,,,,,cb pikir tmen2 apakalian akan crita lngsung ama org bru dikenal ttg kalo kalian tdur breng cowok,,,gk mungkn kan,,,,,smua ntu cma rekayasax aja ngmbil impati pmbaca,,,,madame saudi tau ttg penjara sgala mungkn dia dulu pnah masuk kesana,,,n mslah pt dia tau sgala masya allah,,,,,brpengalaman bngt

      • banna berkata:

        he he he…..memang enak ngomong kalo cuma persangkaan.mau tau cerita saya dari temen (cowok) yang pernah di saudi? ada 2 cerita.yang satu sopir.setiap ada waktu kosong dia berkeliling mencari rumah kosong yang ada tkw nya.aje gile…!!ternyata dapetnya banyak (yang mau).jadi hampir tiap hari dia ngent## (maaf) dimana-mana.
        yang kedua bukan sopir (saya lupa apa).kalo waktu kosong dia keliling komplek dan ngomong keras-keras (setengah teriak) : “kont##########l” berkali-kali.gile juga!!sama saja dengan yang tadi,dia banyak menerima ‘order” dari para tkw.
        ini nyata asli cerita temen2 saya.

      • neni berkata:

        Untuk banna ne crita temen ato pngalaman pribadi,???????hehehehihihihi,,xixixixi,,,,emg saudi kyak indonesia apa,masak kon#######l dipamerin bahkn diobral lg,gk usah blng gtu mungkn spa tau saudara km ato ibu km yg jdi tkw gk bkal km blng gtu,,,,,

  23. Anty berkata:

    G semua begitu, kita mesti berpikir yg relevan.
    Sy jg TKW, dan memang sy jg sering prihatin dg kelakuan norak teman2. Tp tlg jangan terlalu memojokkan, msh byk dari kami yg baik bahkan memiliki prestasi yg patut dibanggakan.
    Kalo mau melihat dr segi negative byk kok majikan di Arab yg berkelakuan tdk manusiawi.
    Pembantu dimata mereka ibarat budak yg sdh dibeli.

  24. ROHATA junior berkata:

    Sebenarnya TKW saudi banyak yang baiknya kok daripada yang kelalkuannya ngga karuan seperti di terangkan di atas,dan yang berkelakuan buruk adalah EFEK dr laki2 INDONESIA nya jg yang kadang tega sama bangsanya sendiri(TKW),seperti SUPIR,PEGAWAI KBRI Dll,Bukannya menolong malah kadang menjerumuskan atau memeras TKW tsbt,..sifat Seorang WANITA itu kadang gimana seorang laki2 dapat membimbingnya apalagi TKW Saudi itu kebanyakan polos dan maaf(kurang berpendidikan),maka dengan mudah TKW itu terpengaruh dan terjerumus oleh LAKI2 yg tidak bertanggung jawab,saya sendiri seorang SUPIR,betapa teman2 supir begitu senangnya dan jd baham candaan,membawa/menampung TKW dengan dalih penghasilan sampingan dan kepuasan SEX,Jadi kesimpulannya KEBIASAAN DAN ADAT ORANG INDONESIA itulah yg membuat INDONESIA di mata dunia rendah,..dan kadang ORANG arab sbg patokan/comtoh hanya karena dia seagama dan tempat lahirnya islam,padahal kebanyakan PRILAKU DAN KEBIASAAN orang arab tidak patut di jadikan contoh.hukum dan tata cara sangat membedakan antara pribumi dan pendatang terutama PEKERJA apalg TKW

  25. Dyan Dhanisworo berkata:

    apakah content nya ini bisa dipercaya ? kalo sumbernya Kompasiana, Kompasiana juga pernah memuat artikel yg bilang bahwa Pemerintah Saudi membayar Dam karena salah menetapkan tanggal 1 Syawal.

  26. Amatullaah berkata:

    Yang ditulis di atas itu benar adanya….saya sendiri mengalaminya, dan ada beberapa lagi keluarga pelajar Indo yang mengambil visa TKW padahal di sini tidak bekerja sebagai TKW. Saya datang ke Saudi untuk mendampingi suami saya yang belajar dan bekerja di Saudi, saya sendiri pun kini akan mendaftar di sebuah PT Islam di Saudi Insya Allah. Awalnya, suami saya bekerja terlebih dahulu baru kemudian belajar di sebuah Universitas Islam di negeri ini [karena tujuan kami berdua ke sini dan meninggalkan kuliah jurusan umum yang kami ambil di Indo dahulu, adalah untuk belajar di kuliah syariah. Kami ingin langsung belajar kepada para syaikh besar ternama yang kualitas ilmunya tidak diragukan lagi]. Jadi, visanya itu memang visa buat TKI, bukan buat tugas belajar. Nah, karena suami saya bekerja di sektor rumah tangga, jadi visa istri yang akan dibawanya itu mau tidak mau cuma lewat jalur visa TKW alias pembantu. Visa muraafiqah (pendamping) yang ditujukan bagi TKI sektor rumah tangga sekarang sudah tidak ada lagi (saya tidak tahu dahulu memang ada, atau memang tidak pernah ada, karena seorang pegawai sektor rumah tangga dari India, dahulu bisa membawa istrinya dengan visa muraafiqah. Padahal kerjanya sama dengan suami saya)…yang ada hanya muraafiqah bagi mahasiswa yang memang kuliah di Saudi atau untuk pegawai yang bukan di sektor rumah tangga.

    Akibatnya, saya masuk ke Saudi ini menggunakan visa TKW, yang artinya saya juga harus menjalani proses di PJTKI sama seperti TKW yang lainnya, minus saya tidak tinggal di penampungan karena banyak alasan. Iya, rugi ya rugi sebetulnya…tapi berdasarkan mashlahat buat diri saya sendiri dan suami, saya tidak tinggal di penampungan….saya tinggal di rumah saya di Jawa tengah. Jadi, kalau ada proses apa-apa, kami baru dipanggil ke Jakarta.

    Jujur saja, banyak sekali yang hendak saya kritisi terhadap kebijakan seputar TKI ini…dan lagi-lagi saya bilang, ucapan Bu Nining di atas itu semuanya benar…saya salah satu saksinya…

    Saya pribadi nyantri ketika SMA, dan ketika saya dahulu kuliah di sebuah PT di Indo, saya memasuki sebuah ma’had (lembaga begitu…) yang mirip seperti ponpes khusus untuk mahasiswa…di sana saya belajar bahasa arab percakapan maupun tata bahasanya. Dengan bekal latar belakang saya ini, berbahasa arab bukan hal yang begitu sulit bagi saya, meskipun pertama kali saya ke sini, saya hanya bisa berbahasa fashih…dan sedikit bahasa ‘aammiyyah (pasaran) saja.

    Saya ingat sekali di bandara Riyadh, pakaian saya itu “unik” sendiri dibanding TKW pada umumnya…apa sebab?karena saya adalah wanita yang bercadar hitam, dan tidak secuilpun anggota tubuh saya kelihatan (karena saya menggunakan kaos tangan lengkap dengan burqu’/penutup mata==> pakaian seperti ini memang sudah bertahun-tahun lamanya saya gunakan sebelum saya menginjakkan kaki ke Saudi)..but saya bukan teroris loh ya…saya berlepas diri dari orang2x semacam Usamah bin Ladin, Abu Bakar Ba’asyir, Amrozi atau kroni2x nya yang doyan ngebom itu….

    Ketika itu, saya dipanggil oleh petugas Bandara yang cukup aneh memandang saya, “ini TKW kok pakaiannya kayak wanita saudi yah…” begitu mungkin yang dia pikirkan. Dia panggil nama saya, menyuruh saya berbaris…dia bertanya sesuatu ke saya yang saya lupa apa itu, dan saya pun menjawabnya dengan bahasa yang faashih ==> ohh tambah kaget dia. Oke, saya pahami perintahnya…tapi yah lagi2x saya saksikan sendiri ada banyak TKW yang tidak paham perkataan petugas di Bandara itu…khususnya yang TKW non (baru), kalau yang eks sih rata2x sudah paham lah. Bisa dibayangkan kan, kalau majikannya bilang A..karena si TKW ini gak paham, jadi dia malah melakukan yang bertolak belakang sekali. Iya kalau majikannya sabar…nah kalau enggak??

    Dengan pakaian yang saya kenakan itu, Masya Allah..saya merasakan menjadi “muhtaramah”, wanita yang dihormati dan dihargai sekali…meskipun yang tertulis di visa saya adalah عاملة منزلية alias PRT. Ketika pemeriksaan visa, petugasnya itu ngeh…saya tidak dicampur dengan laki2x, saya tidak ditaruh agar berdesak-desakan dan lain sebagainya. Walhamdulillaah…

    Sebetulnya banyak yang ingin saya ceritakan lagi, tentang Abu Khamsiin dan TKW yang -wal’iyaadzubillaah- melacurkan dirinya…TKW kaburan dll…bahkan pas di Makkah pun saya beli bakso yang dijual oleh para TKW kaburan itu di gedung Waqaf Malik ‘Abdul Aziz bagian mall nya. Akan tetapi, yah mungkin sekian saja komentar dari saya…Intinya, ucapan Bu Nining itu memang betul adanya…

  27. Amatullaah berkata:

    Intinya lagi apa? intinya…
    - Gak namanya di saudi, di manapun itu berada…yang namanya orang jahat dan baik itu pasti ada…memang sunnatullah begitu. Jadi, tidak bisa kita bertindak mengeneralisir bahwa orang Saudi itu semuanya jelek. Begitupula dengan TKI dan TKW, tidak semua dari mereka itu jelek2x, banyak kok yang baik-baik dan “lurus-lurus saja dalam bekerja”. Berpikirlah dengan bijak, arif dan objektif…

    - Bertolak dari hukum alam, ada aksi…ada reaksi…kalau kita telusuri seksama, kita pun akan paham bagaimana benang merah kenapa kok banyak sekali tragedi TKW kabur; TKW terjerat hukum pancung dan kejadian2x yang sering diberitakan di media itu. Anda bisa jadi hanya melihat satu keping mata uang saja tentang fenomena TKW atau orang Saudi. Anda tidak terjun langsung ke dalamnya sebagaimana kami. Alhamdulillaah, saya dan suami bisa berbahasa arab…jadi kami sering mendengar banyak kisah yang dilontarkan oleh orang-orang sini terhadap orang Indo. Lihat juga bagaimana peran pemerintah Saudi dalam menggalakkan kehidupan beragama bagi para TKW. Coba lihat saja di beberapa islamic center, ada kok pelatihan semacam daurah wanita begitu bagi TKW. Ada positif dan ada negatif…yah lumrah lah..namanya juga manusia, ada yang jahat dan ada pula yang baik.

    - Bagaimana dengan prosesi hukum ala hukum pancung yang diterapkan di Saudi?…wahh kalau ini, harus baca atau bikin artikel dulu ya dengan seksama, khusus tentang hukum qishaash. Singkatnya, dalam hukum qishaash itu banyak sekali hikmah;kebaikan yang tidak disadari manusia, dan betapa agama islam itu sangat menghargai “nyawa” manusia. Tidak main-main hukumnya…nyawa, dibayar nyawa

  28. Hibatulloh berkata:

    Memang bener adanya yg disampaikan oleh B.Nining,saya melihat faktanya,walaupun saya bukanlah seorang TKW,tapi setiap satu bulan sekali saya berkunjung ke kota Mekkah,Madinah n jeddah untuk Umrah,serta setiap bulan Dzulqo’dah sampai Dzulhijah saya selalu berada di tiga kota tsb untuk Haji,karena saya seorang penyelenggara Ibadah Umrah n Haji Plus,jadi insyaALLOH saya banyak tahu kehidupan para TKW. Setiap saya berada di Masjid Nabawi Madinah n Masjidil Haram Mekkah saya sering bertemu dg TKW n mereka menceritakan semua kisahnya,ada yg memang sengaja menggoda majikan n anak2nya,untuk semata2 mencari kepuasan n juga dapat imbalan,masyaALLOH….spt inikah mental TKW. Kalau para TKW ini mempunyai mental n keimanan yg bagus,insyaALLOH banyak majikan di Saudi yg baik hati juga. kita pernah melihat tayangan di TV para TKW n anak2nya yg berada dibawah jembatan di kota Mekkah,sebenarnya itu bukan kesalahan Pemerintah Saudi n Pemerintah Indonesia,tp memang mereka rata2 TKW kaburan yg mau mencari sebuah kebebasan. Menurut hemat saya,alangkah baik n mulia kalau para PJTKI selalu memberikan bimbingan n pengarahan bagi para TKW untuk berakhlak mulia,agar dihargai orang lain n bisa membawa nama harum bangsa Indonesia,ayo perbaiki mental para pahlawan devisa negara

    • darmod berkata:

      mas hibatulloh,alangkah baiknya bila membuat pernyataan itu berdasarkan bukti2 ygt ilmiah,jangan asal corat coret seperti anak kecil
      ingat ya brow,justru org2 islamlah yg menjerumuskan para tkw,dan mungkin anda sendiri juga termasuk didalamnya.

  29. herna berkata:

    aq seorang tkw…dan masih sampai sekarang jd tkw …berapa hari ini aq baru buka internet trus baca kesaksian ibu nining tentang tkw..pertanyaan saya sebelum ibu nining menjadi madam dan istri orang arab ibu nining kerja apa di saudi dan kalau ibu nining bukan jadi TKW kenapa bisa menikah ama org arab.

    • Ntb berkata:

      Mungkn knal dia di puncak bogor kalo gk pnah jd tkw,,,di puncak kan bnyk oprasi madam madaman smentara,,,kalo cocok di bawa ke saudi jd madam kolot,tp kalo gk cocok lanjutin lg oprasi puncakx,,

  30. herna ksdplsd berkata:

    saya mau tau ibu nining itu sebelum jd madam dan bersuami kan org arab.apa kerjaan ibu nining…?

    • nuroh berkata:

      Dulu nining mantan tkw,trus dijodohin oleh temannya sesama tkw nmanya atun sopiatun,dijodohin sma majikannya atun,trus krna si arab punya bini makanya nining dinikah siri trus dipulangin ke indo,smentara si arab ngurus surat2,ktanya ngurus surat nikah berkali2 tapi ditolak bahkn mpe setahun,pdahal suamiku dulu ngurus surat cuma nunggu 2 blan lngsung disetujui,nah itulah si nining dulunya bekas tkw tp bilangnya kenal ama si arab di airport,apa masuk akal smentara siarabnya rumah diriyad kalo rumah siarab dimekah kan masuk akal bilang ktemu di matar,

      • Nining berkata:

        Ente2 sok tahu banget sih.
        memangnya kalau punya suami wn saudi, bertemunya harus selalu di puncak dulu? Atau harus jadi tkw di arab dlu baru bisa dpt jodoh laki2 saudi?
        Come on guys, open your mind…
        Maaf klo saya mengecewakan anda2 yg tidak suka dgn kisah nyata saya. Jujur saya bukan bekas tkw. Saya mantan PNS di kota bandung.
        Anda mau percaya atau tidak, itu bukan urusan saya.

  31. herna ksdplsd berkata:

    (NTB) qm juga td bekas tkw trus nikah ama org saudi….???aq juga td nya pernah menikah ama org saudi,jd kaburan,dan juga pernah dipenjara di saudi…??tp yg saya bahas cerita ibu nining itu ada benar nya tp g’semua cerita itu benar dan terlalu berlebihan.

    • Ntb berkata:

      Aku dulu tkw,,tp kburan krja di kluarga suami cma stu blan trus di bikinin visa istri pulang ke indo trus balek lg alhmdllah 9 taun dah jalan,,hmdllah udh jadi warga saudi,,,kalo nurut aku mah itu cerita mungkn pnglmanx dia pribadi,,,krna bnxk ceritax yg gk masuk di akal,,n kterlaluan bnget bencix ama warga indo khus tkw

    • Ntb berkata:

      Tp aku gk tau itu pnjara atau tarhil krna dulu aku pulang suamiku belikn tiket sndiri,,,krna mertuaku dulu pensiunan dari jawazat,,,mkax banyak wastax

    • Ntb berkata:

      Tp aku gk tau itu pnjara atau tarhil krna dulu aku pulang suamiku belikn tiket sndiri,,,krna mertuaku dulu pensiunan dari jawazat,,,mkax banyak wastax,,,

  32. herna ksdplsd berkata:

    oh…geto yach skrg (mba )dimana.,.?klu aq pengalaman jd tkw udah aq rasakan semua tp (klu jd sarmut)alhmdllh ngga smpai niatan/pikiran mencari uang haram..tp mslh di penjara udah aq rasakan selama 1 thn dan merasakan cambukan di penjara saudi…keslahan dan perbuatan yg g’pernah aq buat..?alif mabruk buat keawetan pernikahan nya..udah punya anak apa blm?

    • ntb berkata:

      aku blom puny anak blom untung,tp aku angkat anakx iparku saudarax suamiku n mpe skrg masih sm aku umurx 7taun,,,dia syng ama aku meski udah kenal ibux malah ibux di panggil ammati,,aku skrg di saudi gk ambil libur keluar coz kluargax anakku datang liburan dari pilipina,krjax di kedutaan,,ktax pngen bareng saa anakku n aku jg gk mau ninggln anakku,,,alhmdllahsalamah kalo udh dipnjara kalo sesuatu yg gk prnah kt krjakan insya allah imbalanx pahala mbak,,blang hasbiallah wanikmalwakil aja,allah s.w.t balas smuax…makasih atas ucpn slamatx kak dimana sekarang?kalo aku disaudi n aku kerja di sekolah orang saudi krna sku alhmdllah bsa english n kompter krn 9 taun gk kusia2 kan suamiku masukin aku maahat kmpu n englis,,tp alhmdllah suami n aku gk smbong bhkn aku sring ktemu org indo kalo lagi dijlan bhkn suamiku nawarin maen kerumah,,,aku jg pengalamn tentang tkw bhkn banxk yg gk baek tp gk semua,,jangan sma ratakan,,,saudi ada yg kejam bhkn sbalikx bgitupun indonesia,,itu trgntung majikanx aja kalo baek orangx baek,,,itu ceritax nining 100% gk benar n direkayasa spt ceritax yuyun,n penjara,,pt,,

      • Nining berkata:

        @ mbak ntb
        Cerita ttg yuyun benar adanya. Saksi2nya juga masih pada hidup.
        Klo mbk ntb tdk suka dgn kisah nyata in. Itu bukan urusan saya.
        Apa untungnya saya mengarang cerita bohong?
        Setiap orang mempunyai pengalaman yg berbeda2.
        Mungkin anda tidak akan percaya kalau saya menceritakan kisah yg lain. Ada seorang tkw kaburan yg baru beberapa jam saya kenal, dia tanpa risih menceritakan kisah kumpul kebonya dia dgn laki2 pakistan.
        Saya saja yg mendengarnya merasa jengah koq.
        Tkw2 juga manusia biasa. Dan mereka tidak semuanya manusia baik2..Yang jahat dan punya mental psk juga banyak banget tuh

  33. herna ksdplsd berkata:

    aq sekarang lg di negri syria tinggal 8bulan lg aq pulang…ke indo….!!!masalah nya skrg di sini lg ada masalah(kerusuhan)…dgar/liat sendiri di tv mslh di sini….???skrg KBRI lg nyari TKW 2 yang hilang blm di temuakan disini.alhamdulilah disini g’kaya disaudi bnyak kaburan….!!alhamdulilah aq dapat majikan baek di sini bebas mau jalan kemana aja di bolehen…yg bebas nya di sini aq bisa gunakan INTERNET dirmh…dan pakai tlpn rmh klu mau tlpn teman teman aq di sini…(gimana skrg kbrnya saudi)soal nya aq mau brgkat lg inyallah ke saudi tp rada rada takut karna aq buka NET byk yang hamil,dianiaya ama mjkan,d hukum mati..walau pun itu nasib nasiban…

    • ntb berkata:

      suria masih gawatbkok km bs msih di surya,,smingg yg lalu ttanggaku org suria suami saudi ngajak saudarax brttamu kerumahku,,,si cewekx nangis2 ktax carikn org mau minta sdekah,,smua barang2x dijual smpe mobil untuk makan,,,kasian suria emg skrg masih berani keluar???ku liat di tv tubuh org disiksa n ancur2,,,smpe suamiku nangs n ngutuk bassar,,,,ktax ttanggaku sih irhabi tp suamiku yakinx itu pmberontak gimana yg benar ya,,,,n berita di tv arab smua blng pmberontak assad tp tv addonia blng irhabi,,,kalo saudi skrg pihak saudi blom tau presiden kita ngajukan sarat gaji 1200 n libur sekali sbulan,,tp saudi nrima syarat tp libur gak mau,,,org jahat di mana2 neng,,di indonesia jg banxk yang nyiksa n hamili pmbantu,,bkan cma di saudi aja,,,saudi ada baik n jahat untng2 an,,,pmbantu mertuaku blum 10 hari pulang kluargaku smua baik,,,bahkn mertuaku ngasih hadiahx bnyak aku sma suamiku blanjain dia n ipar2 ku rata2 ngasih uang bhkn ibux anakku yg suamix krja pilipin ngasih dia tagum emas,,,,kalo mau ke saudi lewat pt resmi aja,,,jngan pt yg gelap,,,,tp orang sini mah kalo dikerasin bkal ngalah jngn tunduk n lemah,,,org keras dilawan keras

  34. herna ksdplsd berkata:

    aq ngabisin kontrak 3 tahun skrg udah 2 tahun 4 bulan.ya bnyak bersabr dan berdoa aja.aq masih bisa keluar rmh dan jalan2 kalau hari biasa.yg g’boleh keluar hari kamis ama jumat…walaupun di tmpt aq tiap malam hari bom beraksi sampai pagi.karna rmh majikan aq dkt perumahan org rusia.di sam-damascus masih lumayan g’terlalu menghawatir kan jtp kalau di luar kota( homs,)

  35. herna ksdplsd berkata:

    diluar kota sprti di homs,lattakia,tartos,halb,banias,ini sangat menghawatirkan dan sgat berbahaya krn bom disana semakin menjadi.apalagi disana byak bgt TKW indonesia….sbln yg lalu aq tlpn KBRI brg kali aq bisa pulang kata ku katanya org KBRI nanti dia tlpn majikn ku tapi smpai skrg blm ada jwbn dari KBRI..mslh di suriah adalah org2 di luar mau bassar al assad menurunkan jbtn nya..g’tau knp.setau aq org2 suriah bangga bgt ama presiden nya,,krn baek,bijaksana katanya.yang dipermasalahkan skrng adalah suriah g’mau kasih salam ma org2 israel.krn orag israel mengambil perbatasan gunung(jabal) suriah ma pelestin.waktu dulu rais bassar al assad meminta kembalikan (jabal)dgn menebus dgn uang.(uang udah bayar tapi jabal(gunung)blm dikembalikan.karna itu suriah g’mau jabat tangan ma orag israel…g’sepertisaudi arabia,amerika,turky,jordan dll pada berjabat tangan ma israel..makanya skrg terjadi lah perang bom di suriah”..kecewanya aq knp org suria sendiri ada yang ikut2an ngebom negara sendiri .(jwb org itu di kasih uang,klau g’mau mengikuti perintahnya org itu akan di bunuh herannya lagi orang itu di suruh ngebom (jamme-mesjid) tau taunya org itu masuk mesjid lalu buka tas nya lalu naruh bom di badan nya terjadilah(bom bunuh diri).udah dulu cerita sakarang aq mau liat org bom b6an ma tembak tembakan dijalan raya.

  36. Sasa123456 berkata:

    Ntb lam Kenal saya mau Tanya Dan mohon dijawab saya seorang kaburan sdh 7tahun selma kbur saya menetap di satu majikan setahun lalu saya nikah sama laki Saudi alhamdulilah baik tapi yang saya tkutkan dengan status ku sbgay illegal kaburan suami ku sudah beberapa Kali mau mulangin aku lewat erpot karena mau dibikinin paspor Saudi tapi Blum Ada Jlan kluarnya jlaslah buat saya susah mau ninggalin dia untuk pulang tapi gaada pilihan buat saya kecuali menetap disaudi tapi saya kangen sama keluarga sdah hmpir tjuh thun sekiranya siapa saja yang bisa menolong aku menemukan solusi Jlan kluarnya mohon balasannya

  37. ntb berkata:

    Suruh suaminya bkin amar dulu mint izin nikah sma ajnabe,tp hrus umur di atas 35 taun n status dud ato beristri,,kalo punya istri gk bisa kecuali ada surat dari dokter rumah skit napsiah{tagrir tabbi}kalo ada surat printah nikah pergi aja ke jawazat biar dibikin khatab untuk disodorin ke sapara biar dibuatkan pengganti paspor,,biarpun di sidik jari gk apa2,aku dulu pulang 1 pesawat sma suamiku,,,yg pentingnya ada amar jowaz aja,,,dan kalo punya wasta lebih gampang,,,umur suamix berapa.?

  38. Sasa123456 berkata:

    Umur suami aku udah tua 50 tapi beristeri yah aku usahain emang kalow tahun 2012 masih bisa aku takut peraturan Nya gaseperti dulu tapi mudah2Han dengan Saran mu aku bisa mendapatkan paspor karena itu mimpi ku karena aku takut pulang tarhil gabisa balik lagi ngomong 2 kamu thun berapa wktu dibuatin paspor ma suami kamu kamu tgl Dimana aku diriad terimkasih banyak buat Ntb mhn dibls

  39. nelsonganteng berkata:

    kalau kita ringan tangan terhadap sesama maka orang lain juga akan berbuat yg sama terhadap kita ,terima kasih atas perhatiannya buat para pahlawan devisa negara kita

  40. ntb berkata:

    Mbk sasa,dulu aku punya teman diax kbur jg pas mw plang pke paspor org jg kyak aku,,,critax kyak mbak suamix org saudi jg bristri saudi,,brubung siistrix sakit2an dan mandul,,trus dibuatkn surat oleh dokter{tagrir tabbi}kalo istrix itu punya pnyakit,,,trus dngn surat itu dia bisa memiliki{amar jowaz}surat printah untk kawin luar saudi,tnpa menceraikan istrix saudi,,kalo memang sayang suamix jngn pulang krna gk bisa masuk lg 5taun,,kalo bisa n kalo ada kerabat suamix krja dirmah skit jiwa suruh aja bkin surat krna dngn surat itu akan gmpang dapat keputusan dari wazir dahlia,,,,,,carax smua surat2 suamix spt,,,,,fotocop kk,,batagah suamix,,surat dokter,,print dari hawol madaniah,,,surat kterangan gaji,,,surat kterangan alamat rumah,,,ada tanda tngan dari omdah,,,trus disodorin ke emarah kota dimna suamix tnggal,,,,,

  41. ntb berkata:

    Eh lupa jngan lupa jg mbak pelengkap surat2 jg harus ada surat tentang suamix jg yg dicek sama dokter kta suamiku dulu di rumah sakit melahirkan,,,apa suamix ada penyakit apa gk,,,,ini jg sbagian dari syarat2 nya,,,kyak kita di indonesi jg sbelum nikah hrus kedokter dulu kan siapa tau si lakix ada penyakit menular,,,,trus disatukn sma waragah yg mw disodor ke emarah,,,aku di mekah skarang mbak

  42. Sasa123456 berkata:

    Terimkasih atas Saran kamu Ntb insaalooh aku usahain sama suami ku Dan mudah mudahan berhasil aku didamam

  43. sumiati berkata:

    as itu pun nyata di saudih aq jg percya apa yg km blg,aq jg udh 3 x kluar ngri pertama aq krja di malaysia udh 3 thn mjikn ku sangat baik,mlhn aq di sruh nambah,tp aq gk kuat krj krn cuci mobil 3 trus nyurus anjin,soalx mjkn ku asli cina stiap hri mkn baby,klu aq nanx ini daging apa,ktx daging kambing trs aq mkn enak trus ambil lg mkn lain hrix aq muntah2 sampai badan ku berdarah trus mjk ku curiga dia blg aq hamil,trus aq brsumpah sbut nm allh di depan mjikn,ttp gk prcy trus aq mint prgi ke dokter,udh di priksa sri gk hamil eveksi dging baby,trus mjkn ku diam,lain hrix aq mnta lg keindo/ntb bima,udh 2 minggu di kampung lht anak prgi lg d saodi jeddah trus aq di jemput sm mjkn laki sm istri mau pun ank,udh nyampeh di rmh di krain aq ank mjikn 3 org ternxata anak mjikn 10 org aq langsun kget,aq bertahn slma 6 bln,trus aq mint gji mau di krm keindo malahan dia mrh sy trus bwh kekantor polisih soalx mjikn ku seorang polis,mjkn ku blg km pilih pejara atau km kembalih krmh aq,trs aq plih krmh mjk aq slalu brdoa kpd allh,trus mjkn prgi ketaif antr ibux trus mlam aq nyuri kunci spy aq kbur jam 2 mlm aq kluar sambil nangis ya allh aq mau mnt sm siapa ya allah, tlg jgn brikn percobaan ini ya allh aq slh apa ya allh,hbs itu aq ktmu sm sopir indo d depan apotik jeddah smbil na ngis,tpi dia baik trs dia antr sy kepenampux haya sami 6 jeddah ,trus aq istrahat slm 2 minggu br bsh krj,trs ada krj mjlkn ku asli dr lebnan dia sngat baik aq krj sm dia hampir 2 1/2 thn gjix lancar,hbis itu,aq prgi kepasar blih barang udh hbs blih brng di thn sm plis nax mn ktp mu mn paspor mu,aq blg gk ada trus bwh di kantor polis udh hbis proses trs nginap 1 mlm bru blh di bwh suatu tempat fto cek jari dn cek mata,ktx gk bsh dtng lg di saodih slm 5 thn,hbs proses bru bwh ke tarhil/penjara slm 15 hri sambil nungguh paspor aq cm menangis lht tmn bwh bayi mau pun ank kcil tampa gk punx bpk aq mrsh sedih kbaxkn dri jwb brat,trus ada plihpin bwh bayi kembar ksihn btul mau hrs bgi mn,lain hrix aq plg keindo,udh 1 minggu di kampung brangkt lgi di suria tp alhamdulillah mjikn ku sangat baik aq cm jg nenek smpai skrg aq krj udh 3 thn,tpi mjkn blum sruh plg aq sbb aq bsh msk dn bsh bkin kue /kek insa allh mngkn bln 12 aq pasti plg sbb aq gk tenang di suriah sbb tiap hri bom dn bunyi tembakan,klu udh plg nanti insa allak sri akn prgi lg di saodih smgah allh membrkn jln trbaik atau mjikm yg baik utk sri insa allh yg pnting kt jgn pts asa kt serahkn pd allah sy berasa dri ntb bima wslm sri mhn di bls

    • sri berkata:

      sampai skrg aq alhamdulillah bsh kluar rmh bsh jln tampa ada mjkn di samping aq,bsh ngobrol sm tetangga mau pun sm org sini,sampai skrg aq janda 1 anak, cm ngari msa depan anak spy anak ku jd ank yg baik dn sopan?

  44. sri berkata:

    klu mau jdi tkw hrus siap mental dan sabar,soalx perlakuan org saodi sprti hwan,mental2 kt di gaji apa yg di sruh sm mjkn kt hrs nruti aja itu kuncix,klu mslh hamil bkn di pks mau pun di petkosa sm orang arab,aq sbgai kburan di saodi perempuan yg pergi ketempat sopir indo,pakistan,bagali dn sebagaix,bkn lki2 yg prgi d tmpat prmpuan itu slh bsr aq tau smua,cm smbungi pribadi sndr alasn di perkosah sm org arab tkut sm kluarga mau pun sm suami dsr gk tau malu emang enak bwh ole2 ke indo,emang itu buah2an bsh di mkn?

  45. sri berkata:

    as mbak nining aq mau nanx mngkin mbak nining lbih tau kpng buka saodih dn brpa gji saodih skrg aq ingin tau,insa allah smoga allh ngijinkn aq utk prgi kesaodi lg,soalx aq blum tau aq msih krj di suriah mhn di blz

  46. WONG KAMPUNX berkata:

    gw anti org arab biadab! suka menyiksa TKW! bkin malu gw yg msh ket urunan arab! meski gw org islam!
    di alquran juga ada ayat yg berbunyi.. SEKEJAM KEJAM NYA ORG ADALAH ORG ARAB!

    • Gus Dul berkata:

      Al Qur’an surat apa, ayat berapa?
      Kata siapa?

    • justnimbrung berkata:

      kalimat terakhir bikin ngakak WKWKWK…
      jangan dipamerin gitu ah begonya! malu taaauuuuu………
      wkwkwk :D

    • asma berkata:

      orang ini ngaku keturunan arab, tapi arab mana???
      adik saya dpt beasiswa sekolah di arab karena hafiz, diperlakuakan dgn baik disana, dia bilang orang arab adalah orang2 dermawan dan penyayang.
      tentang tkw MEMANG BENAR adanya, walaupun tidak semuanya begitu, dia sebagai pelajar disana pun kadang malu dengan saudara2 tkw yang kelakuannya buruk.

  47. Sasa123456 berkata:

    Jangan gitu engga semua orang arb kejam dn biadab klo,yang nmnya penyiksaan pembantu bkn disaudi aja,to dinegara kita Aja Ada penyiksaan pembantu pling kamu gasuka Arab wlwpn msh kturunannya pling kamu hadromut

    • sri ntb dompu berkata:

      memang btul tdk smua org jahat,klu jahat smua mngkin kiamat,itu pun tergantung nasib,klu perlakuan kt baik atau sopan psti mjkn lebih baik,di indo jg ada perlakuan lebih parah di indo dri pd saodih di mn2 psti ada penjahat tetap penjahat?

  48. darmod berkata:

    gausah saling menyalahkan,1 bangsa itu sama hal nya 1anggota tubuh,jika jari kita lecet dan berdarah,maka seluruh tubuh kita jg akan merasa sakit.
    sangat disesalkan,org indonesia itu bisanya hanya saling menyalahkan dan mencari kambing hitam,
    dan org2 indonesia itu lebih menonjolkan rasa kesukuan di banding rasa nasionalisme.
    jadi seharusnya sejelek apapun indonesia,kita harus bersama2 memperbaikinya,karna ga bakalan mungkin negara lain mau memikirkan nasib org2 indonesia sendiri
    jadi,berhentilah kalian saling menghujat,

  49. sri ntb dompu berkata:

    aq minta m,f bkn maksud aq mau menjelengkn indo,aq jg ngerti klu memang tkw indo msh menghargai satu sm lain terutama ngra kita,tpi tkw indo cm kepentingan dri sendri tpi gk mkir ms depan,aq jg udh 4 x jd tkw sampai skrg msh krj di ngr suriah alhamdulillah aq msh sht klu kt niat krj di depan keluarga kt psti allah akn membrikn jln terbaik buat kita smua insa allah kt jgn pts asa dn jgn pantang menyerah sklih lg aq mhn m,f,menjadi tamu di hri raya pengana sura rsx tawat,hendak bertemu apakah dayad hanya suara menjadi penawar?

  50. dolphen pink berkata:

    marhaba..,salam kenal semua……setelah saya pahami semua yang tertulis di blog ini saya pikir2 ada benar dan ada salahnya knp kalian saling menghujat itu bukan jalan keluarnya bagi anda semua jgn lah pd sakit hati saling lah memaafkan salinglah bermusyawarah saling bertukar pikiran…saya tau apa yang anda rasakan semua dan jgn pikir saya tdk tau masalah kalian semua,,,karna saya salah satu dari puluhan ribu tkw indonesia yang merasakan pahit,,manis nya bekerja di luar negri…maka saya sarankan dari kalian jgn lah saling menghujat…?

  51. widia berkata:

    aku salut dgn cerita ini,aku 100% prcya dgn crita ini,,sya sdh 15thn bkrja di keluarga AL-GHAMDI,mereke kluarg baik skali,memang hrs diakui,tdk smua org arab jht,dn tdk pula tkw indo smua baik.salam knal dri sya org Cianjur Selatan.

    • sri sulasni ntb kilo dompu berkata:

      iya itu pun benar buka mau belah org saodih itu pun udh jdi kenyataan,utk apa belah saodih gk ada untungnya,tpi krn dari sikap org tkw kita gk ada moralnx,knp gk mkir ms depan cm mkr ke enakn sendri pd hal kluarga kita nungguh uang dri kita,klu udh nikah sm org di saodih mau pun pakistan,banggali udh mulai lupa mat kluarga mau pun anak2 di indo kasihankan emang itu gk haram bgi kita muslim,slm jauh smuax teman2 indo yg berada di luar ngri?

  52. Santi berkata:

    Bu nining di Riyadh bukan tinggalnya..? bisa minta tolong ga buat bantuin kasih tahu keadaan kk saya di riyadh, klo boleh nanti di inbokin namanya..kk aq kerja di riyadh.

  53. Mf ku jg tkw nmaku lovia/ neng.
    .kpd bp KBRI RYADH sya mnta tlong
    klo tkw kburan yg ta brmsalah bs pulang dngan cpat ga?soalx sya kburan jg,
    sya trpksa kbur krn gjih ga di byar trs komunikasi ke indo di larangx.+si anjing
    mjikan laki sring msuk kmar di wktu sya
    tdur.dn krna ktakutan akhrx sya kbur smpa skrang..mhon blsannya…trm ksih

  54. Memang benar negara kita kaya kalau hasil bumi tidak di gerogoti oleh para tikus berdasih gak bakalan kaum wanita merangkak ke saudi . Pemerintahan kita memang picik gak tau malu sampai2 warganya sendiri di jual ke negara luar untuk di jadikan bisnis visa . Malu dong gak ada artinya menyandang pahlawan devisa kalau ceritanya gak sama

  55. udahlah kalau memang para tkw kita bodoh dan gak bisa apa2 kenapa di berangkatkan ke luar negeri itu yg ngeberangkatin juga tolol cuma mikir perut nya sendiri aja ,gak mikir keselamatan orang lain . Dan akhirnya kalau ada masalah paling saling tuduh .pokoknya kalau pengin negara kita tidak tercemar hentikan bisnis babu yg memalukan ini . Makan gak makan di negaranya sendiri gak usah berharap sama negara lain . Dari pada ngebersihin rumah orang lain mendingan bersihin diri kita dan rumah kita sendiri gak usah repot 2 . Ini juga kesalahan pemerintah bukan tkw yg kaya bebek . Kalau gak ada ekspor gak bakalan begini jadinya

  56. GMar berkata:

    Di awal membaca judul, saya sudah berburuk sangka: jangan sampai ini satu dari pembela orang arab. Tapi setelah membaca semuanya, ternyata saya salah. Memang kita harus bisa menilai orang secara obyektif dan tidak maen pukul rata. Trims atas informasinya.

  57. edy cassanova berkata:

    q turut prihatin bca kisah ini…
    q juga kasihan dgn TKW. jadilah tkw dg niat baik dan tulus mencari rizqi halal.
    buat menakertans. muhaimin jgn cma ngomong.
    buat pak men lu…. kuk g malu rakyatnya d jadikan buruh kasar
    trus buat pak sby.,,, buatlah lapangan kerja pak pak..
    jo korupsi malah d budayakan
    dq slogan LANJUTKAN
    wes koplak presiden iki

  58. Dibutuhkan segera tenaga kerja wanita untuk :
    1.House Maid
    2.Pengasuh Bayi
    Dengan Kreteria :
    1.Mempunyai paspor 48 yang masih hidup
    2.Bisa Bahasa inggris / mandarin / kantonis
    3.bersedia kontrak selama 2-4 th
    4.bersedia proses di jawa timur
    Fasilitas :
    1.Gratis ( tanpa biaya )
    2.Bisa tunggu dirumah
    3.Medical Check up tidak diutamakan
    4.usia maximal 45 th
    5.Gaji 3000-3200yuan/bulan ( kurs rupiah Rp.1500 )
    6.pemberangkatan cepat Tgl 10 Januari 2013
    Jika anda merasa memenuhi kreteria di atas bisa langsung kirim scan Paspor,kk,ktp dan foto terbaru baground putih.ke email kami vio_corporation@yahoo.com
    info lebih lengkap 081515402099 / 085335902099
    hanya yang terpilih dalam interview oleh pihak china yang kita proses.

  59. nuroh berkata:

    ‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏​‏‏​‏​‏​‏​
    ˇ↓↓↓ˇ ↓☇
    خبرعاجل في المنطقه الرياض إسكان الحرس الوطني
    من ضحايا الاختطاف على يد بنغالي
    يقال ان رجال الامن السعودي عندما رأوا جثة البنت قاموا مباشره بإطلاق وابل من الرصاص على البنغالي إبن الكلب وقتلووووه .. تنبيه ،،،،
    الصور لا يشاهدها ضغاف القلوب
    صورة الطفله قبل الاختطاف

    صور الطفله بعد الجريمه

    <http://upload.traidnt.net/upfiles/UEI54494.jpg

    اي حيوان يسوي ف بنت كذه :& :'( :&
    آي بنقالي تواجهونه انتبهوا منه تكفون عيالكم امانه من الله فحافظوا عليهم

  60. Retno palupi berkata:

    Benarkah keadaannya seperti itu d saudi??

  61. Retno palupi berkata:

    Seperti inikah kenyataannya d saudi?? Adakah badan/lembaga sosial yg menjamin ham di sana??

  62. Dibutuhkan Segera Untuk House Maid
    Di Fujian Fuzhou China Dengan Syarat :

    1.Bersedia kontrak selama 2 tahun
    2.Bisa bahasa inggris/mandarin/kantonis
    3.Umur 21-45 Tahun

    Fasilitas :

    1.Uang Saku 2 Jt
    2.Gaji 3500 yuan pot 2500 yuan selama 6 bulan
    3.Bisa tunggu proses dirumah
    4.Pemberangkatan Cepat Hanya 10 hari proses
    5.Tidak dipungut biaya ( gratis )
    6.Jaminan Keamanan Selama Bekerja
    7.Tiket pulang bagi yang habis kontrak

    Bagi yang merasa memiliki kreteria diatas bisa
    langsung kirim lamaran + foto terbaru ke email kami :
    vio_corporation@yahoo.com

    hanya yang benar2 lulus interview yang kami proses

  63. EDI berkata:

    MALAH BUKA LOWONGAN LAGI?
    Ga cukup menejerumuskan orang, mendingan posting lowongan yg ada dinegara sendiri.

  64. peduli tkw berkata:

    ibu nining bisa tau banyak ttg tkw sedetail itu apa ibu sendiri telah melakukan riset ttg seluk beluk yg sebenarnya terjadi?
    kenapa ibu menggunakan kata “KONON KATANYA” dalam tulisan ibu?
    kata konon banyak di pakai dlm cerita dongeng!!
    konon berarti kemungkinan kebenarannya diragukan!
    ibu hanya mendengar informasi ini dan itu dari orang lain, tidak melalui tahapan penelitian yg rinci di lapangan!
    mengenai penjara wanita di arab saudi yg dlm tulisan ibu bagus dan banyak makanan sungguh absurd/tidak masuk akal!!!

  65. Gus Dul berkata:

    Semoga cerita Bu Nining bisa diambil pelajaran bagi semua pihak, khususnya para PJTKI, agar tidak mengirim TKI asal-asalan.

  66. ijin kopas untus status facebook..
    makasih

  67. fares berkata:

    hanya satu yg ane ingin ungkapkan.
    apakah keputusan MUI sebagai kumpulan ulama indonesia yg mengharamkan TKW non mahrom masih di anggap diindonesia??
    maka jgn salahkan TKW dan orang arab bila maslah demi masalah datang silih berganti.
    tapi itu semua bisa kita slahkan sepenuhnya pemerintah kita dan para pemilik PJTKI yg notabene kebanyakan orang yaman (hadromi) yg telah menjual perempuan2 kita.
    karna apapun yg dilakukan oleh para TKW dan para mjkn itu,bukan hanya karna ada niat tapi kesempatan yg lebar.
    salam TKI

  68. tirto sugeng berkata:

    ada benarnya tp juga jangan berlebih2an orang yg kabur tentu jelas pnya masalah ma majikan jadi nenurut q mbk nining terlalu menjelekan tkw aja habis gemn lg majikan berengsek,coba bayangin klo mbk nining punya majikan berengsek mau ngadu kemn hidup tertutup hp gk boleh pegang,yang salah sistemnya ya mbk bukan tkwnya

  69. Ping balik: Dunia Blog Indonesia – Bacaan Minggu Ini | My Digital Life Arena

  70. bhudak bhaonk berkata:

    sebenar nya menurut saya ada 3 (tiga) factor yang membuat para tki di arab saudi kabur dr majikan nya
    1.pertama karena tidak kuat bekerja karena kebayakan atau tdk thn dengan omelan,disini saya melihat ada suatu perbedaan sifat kl adat dah tentu ya,kalau orang saudi sebesar apapun marah nya 10 menit dah biasa lg,tapi bg orang indonsia yg menerima nya 3 bln blm sirna itu satu
    2.mslh dr tki nya sendiri cnth ingin bebas dll
    3.terbawa arus atau rayuan dr temen2 nya atau biasa nya pacar (kekasih)
    nah kalau masalah perilaku para tki di saudi itu akibat atau dampak dari tiga poin di atas,memang gak sedikit yang di paksa tuk melayani sex majikan nya banyak,inti nya setiap negara ada yg baik ada juga yg jahat itu mmg dah kodrat ilahi tergantung kita nya aja mau pilih yg mana saya bekerja di saudi dah 15 tahun msh resmi (legal)dan perbedaan dr tahun ke thn jelas ada makin baik,10 thn lalu apabila ada tki yg ngadu ke kedutaan yg di dapat hy cacian dan kata sabar 3xmaka nya sampai saat ini kata2 sabar dan cacian itu jadi trauma bg para tki sehingga setiap ada tki yg bermasalah menjadi jera at takut utk dtg ke kedutaah,karena di anggap percuma,padahal mungkin kata2 sabar at cacian udah gak ada lagi,

    • nadia berkata:

      klau menurut saya udah jadi reseko baik buruk nya ..kalau gak mau menanggu reseko ya jangan jadi tkw wong di jakarta aja yang negara sendiri sampai disksa apalagi dinegara orang

  71. bhudak bhaonk berkata:

    dan perlu saya tambah kan lagi sebenar nya tidak ada satu pun manusia hidup yg punya cita2 jelek apalagi jadi pemuas sex gak ada..?

    • nadia berkata:

      iya memang tetapi harus inggat bahwa alloh maha segala galanya apa gak takut dosa cuman demi uang atau demi hawa nafsu

  72. vtunnel berkata:

    Yang gue heranin, bagiaman cara menyikapi majikan yang agak mesum dikit gitu di arab, seandainya gua jadi TKW disana. Mesti adalah majikan yang kek gitu, apalagi kalau pegawainya punya wajah yang agak seger dan buger…whhwhwhhehhe

  73. Fariz berkata:

    Setuju banget dengan crita diatas cocok markocok….
    Untuk semua pihak yang meragukan cerita diatas silahkan saja daftar jadi TKI di saudi untuk melakukan riset.

  74. nuna berkata:

    sayang sekali gaya bertuturnya (menulis) seperti bergosip atau mirip dengan gaya bahasa acara gosip di tipi-tipi (konon kabarnya blablabla…)

  75. .sapala berkata:

    Yg jelas budaya Indonesia tidak akan bisa disamakan dg yg lain,artinya sekalipun TKW/TKI mau beradaptasi bagaimanapun dg orang Arab tidak akan bisa,soalanya adat istiadat mereka lain dg kita.Terkecuali punya mental batu dan baja baru lulus dan bisa tinggal bekerja sama mereka.Adapun kejadian2 yg mengerikan,akibat tidak ada ketegasan dari pihak pemerintah.Sehingga semuanya karna terpaksa dan biasa.Sehingga mau mempunyai suami orang Arab orang Ajnabi lainnya,itulah orang2 yg ga bener yg suka mengecer diri.Makanya perempuan jangan dijadikan TKW ke Arab Saudi.Sudah terlalu banyak yg jadi korban,baik korban nyawa korban rumah tangga.Bila ingin jelas silahkan datang kelapangan untuk melak sanakan obserpasi yang sebenarnya.

  76. Ferry Sutarto berkata:

    Informasinya luar biasa

  77. Ferry Sutarto berkata:

    Informasinya luar biasa….
    Semoga Tulisan ini bisa membuka Mata para Pejabat dan pengelola PJTKI

  78. Naga Bonar berkata:

    Dia cerita begini karena suaminya orang arab, dan dia jg sudah ketagihan dgn kontoll arab. Makanya dibelain mati2an tuh arab. Atau jangan2 dia bercerita begini dibawah ancaman suaminya yg org arab itu, agar persepsi ttg org2 arab berubah dan persepsi jelek berbalik melekat pada para TKW kita? Saya yakin cerita ini bohong besar…

  79. ahmet berkata:

    kamu ini laut lupa daratan. anjing lupa gonggongannya

  80. iji share di blog saya yah, informasi menarik ini perlu banyak diketahui

  81. KyD berkata:

    Well, aku pernah dekat dulu dengan pria arab, kenal bukan dr lokasi pelacuran or lainnya karena aku bukan psk, kita sahabatan lama dr inet, dia banyak cerita soal kehidupan arab yg kolot, kalo soal tki, aku sih nyaksiin sendiri tenen dia mpe beliin tiket pulang dan saat liburan ke indo temen dia mampir ke rumah pembantunya beliin hadiah utk keluarga pembantunya, makanya pembantunya betah kerja disana, pembantunya itu urusannya kerja disana untuj ngurusin istri yg lagi hamil dan anaknya yg msh kecil2, nah tapi klo kelakuan mereka soal sex, aku denger dr teman aku, kalo mereka tidur dengan cewe yg ga perawan dan bayar mereka , mereka ga dosa besar, astghfirullah, aku dengernya mpe nyolot waktu itu, dan temanku cerita pertama kali dia kenal sex waktu usia 15 tahun diajarin oleh pembantunya yg asli dr surabaya, dia blg sih pembantunya itu yg ngajak, dan dia ga pernah ngelakuin itu lg hingga usia 20an dengan temen kuliahnya, tp ga pernah sampe “masuk”, mereka lbh milih liburan ke indo, malay , phily or bangkok kalo mau “masuk” krn banyak tempat pijit plus2 di situ, welk believe it or not aja deh klo itu. Tapi so far, maybe ada benernya juga ga smua arab jahat or indo jahat, sm seperti sunda or manado yg kt org cewenya gampangan, maybe itu cmn “terkenal”nya, sama seperti padang pelit. Krn waktu aku “deket” dgn pria arab ini, so far dia sopan bgt ga macem2in aku, padahal aku termasuk anak gaul yg pakaiannya msh up to date bgt, yg kata dia bikin dia pusing, alhamdulillah dia msh jaga kelakuan, maybe itu semua tergantung orgnya, ga mungkin jg ada kejadian kalo ga ada asap, krn maybe kelemahan cewe indo adalah ga bisa liat cowo ganteng apalagi banyak duit, maybe krn inilah yg bikin tkw2 silau dan rela jual.diri dan pria arab sgt suka cewe lembut dan mungil2 , maybe krn beda dgn cewe arab x yah, org arab kan ngomongnya keras2 dan galak2, ampun deh klo ngeliat org arab berantem, temenku pernah berantem ama bokapnya saat aku lg video call, busettt serem boo, org arab galak2 ternyata, thats why gue mundur teratur deh, hahaha, maybe krn doyan makan kambing kali yah, makanya hawanya panas lol, tp tergantung org nya juga sih, so pointnya, dont judge book by its cover, pemerintahan yg ga korup sumber rakyat sejahtera. Semoga indonesia bs seperti itu. Amin amin yra.

    • nadia berkata:

      kepada yang terhormat buat penulis seperti yang sudah saya baca .semua nya benar 45 persen indonisia telah menjual harga dirinya demi ujang . …………….. bah kan 35 persen indonisia telah mempermainkan pernikahan ,.disini dia menikah lagi padahan di indonisia masih bersuami, tetapi demi. uang merika tidak takut dosa, ……………….. soal jodoh dan rejeki dari alloh swt tapi klau dia tidak bersuami ,saya buktikan sendiri seorang wanita beranak 3 dia menikah dengan orang banggali ngakunya suaminya mati padahal masih hidup ,tapi setelah dia nikah 4 bulan akhirnya dia dengar kabar dari indok bahwa suami nya meningal di makan buaya………….ya alloh tega nya perempuan penghianat,,,,,,,,,, bahkan juga ada yang melacur dan juga menikah demi mas kawin ………….. alloh wuakbar insa alloh ,alloh mengapuni dosa mereka………………bahkan ada juga yang nikah atau berjinah dengan majikan nya sendiri ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,jadi buka orang saudia yang bejat warga indonisia sendirilah yang bejat………….. mereka demi uang lupa sama dosa……. tapi semua perbuatan manusia pasti ada balasanya ,,,,,,,,,,,semoga alloh swt mengapuni merika dan menyadarkan merika sebelum terlam bat aminnnnnnnnnnnnnnnnn

  82. Sigis berkata:

    Saya punya pengalaman yang mendukung artikel diatas. Saya punya tetangga yang beberapa kali jadi TKW dan pulang dalam kondisi baik-baik. Dia bercerita bahwa kebanyakan TKW disana sering dimarahi majikan karena mereka tidak bisa berbahasa arab, lalu pas di penampungan mereka diajarin apa ya?

    Terkait pemberitaan negatif soal perlakuan majikan di Arab, saya agak skeptis dengan media, karena sudah menjadi ciri mereka akan memblow-up berita yang menjelekkan Islam (arab saudi dinilai manifestasi islam) tapi menutupi yang sebaliknya. Kita sering dengar berita heboh tentang majikan nyiksa pembantu atau pembantu mau digantung, tapi pernahkah mereka memberitakan saat ada pembantu TKW yang membunuh anak majikannya?

  83. GOZAN berkata:

    ANEH SEMUA LAH….

  84. erny herliana d berkata:

    intinya pemerintah jangan sembarangan meloloskan para tki, harus lebih selektif dan ketat dalam pembekalannnya.

  85. goku berkata:

    Arikel ini juga menggambarkan realiti sebenar yang biasa dihadapi oleh majikan di Malaysia.

  86. Bunbun Batistuta berkata:

    Paparan yang di sampaikan dan gaya bercerita Anda sangat bagus dan mengasyikan, Bu Nining.
    Salut dan sukses selalu….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s