Bagi PIN BB-nya, dong? Maaf……

Ketika chatting dengan teman yang sudah lama tidak bersua, ia meminta nomor PIN BB saya. “Bagi PIN nya dong, biar kita bisa BBM-an”, begitu katanya. Saya hanya bisa tersenyum (tentu dia tidak melihat). Dia chatting melalui BlackBerry (BB) rupanya. “Maaf, saya tidak punya BB”, jawab saya. “Kenapa?”, tanyanya, dikiranya saya ini jamak seperti orang gaul zaman kini yang sudah memainkan BB di mana-mana.

Ya nggak kenapa-kenapa, memang saya tidak memiliki gadget BlackBerry alias BB. Bukan tidak mau atau tidak mampu membelinya. Bukan itu. Saya termasuk orang yang tidak mudah terpengaruh ikut-ikutan trend. Tidak seperti orang lain yang tiap sebentar beli gadget model baru, saya tidak termasuk tipe orang demikian. Beberapa orang yang kenal atau baru kenal dengan saya sering meminta PIN BB saya. Jawaban saya adalah geleng-geleng. Jadi, kalau anda meminta PIN saya (he..he, PIN kok minta dibagi, rahasia dong), harap jangan kecewa dengan jawaban saya di atas.

Dulu ponsel menjadi gaya hidup, sekarang BB gantinya. Sebagian orang merasa gaya bener kalau sudah punya BB. Saya lihat di mal BEC Bandung banyak orang antri di gerai BB untuk membeli BB model baru. Harga BB makin terjangkau saja, ada yang hanya 2 jutaan. Kuis-kuis di TV atau program undian pembelian produk banyak yang hadiahnya berupa BB.

Pantesan saja pihak RIM (perusahaan BB di Kanada) tersenyum puas produknya laris manis di Indonesia. Dengan penduduk Indonesia 240 juta orang merupakan pangsa pasar yang menggiurkan bagi RIM. Mereka tahu orang Indonesia tergila-gila BB, maka ketika mereka memutuskan membangun pabrik BB di Malaysia, otoritas pejabat di Indonesia geram bukan kepalang: kenapa tidak di Indonesia, kenapa di Malaysia? Tapi ya mau gimana lagi, mereka (RIM) sedang berada “di atas angin”, mereka tahu benar kalau produk mereka diburu orang Indonesia. Jadi, mereka merasa punya kuasa untuk mendirikan pabrik dekat-dekat Indonesia. Salah bangsa kita terus menjadi bangsa consumer, bukan bangsa producer. Kita hanya mampu menjadi pengguna akhir (end user) dari produk-produk itu. Ibaratnya bangsa kita menjadi tempat penimbunan produk-produk impor dari luar.

BB bagi saya belum menjadi kebutuhan. Kalau belum menjadi kebutuhan berarti saya belum berniat membelinya. Daripada BB mendingan saya beli iPhone saja deh. Saya ini tipe orang yang jarang (baca: agak malas) berkomunikasi melalui ponsel atau semacamnya, apalagi chatting-an atau BBM-an. Ponsel yang sudah ada saja sudah cukup bagi saya untuk kirim SMS atau menelpon jika perlu.

Kalau saya perhatikan orang yang memiliki BB, setiap sebentar dia pasti menengok ke BB-nya untuk melihat pesan yang masuk dari aktivitas BBM-an. Kalau nggak BBM-an ya berjejaring sosial (fesbukan atau twitteran). Sayang sekali waktu yang berharga habis untuk bercengkerama atau bergosip. Kenapa tidak menggunakan waktu untuk banyak membaca ketimbang chatting, BBM-an, atau berjejaring sosial?

Tulisan ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

39 Balasan ke Bagi PIN BB-nya, dong? Maaf……

  1. Jupri R berkata:

    Setuju Pak, lebih baik membaca daripada bergeje ria di sosnet.

  2. aespe berkata:

    masalah produsen dan konsumen, tercermin dari bandwidth internet juga pak, langganan broadband download bisa 180 kBps eh uploadnya cuma 12kBps max, kliatan banget disuru cuman jadi konsumen, payah nih :D

  3. Zulfikar Hakim berkata:

    Saya dulu pernah memutuskan untuk meninggalkan BB dan beralih ke android. Tapi sayang, beberapa hubungan ke rekan2 kerja (dan bisnis) terhambat gara2nya.

    Balik lagi deh ~.~”

  4. putri berkata:

    60B04173

  5. hikmayudin iiek berkata:

    27293ca7

  6. GILANG berkata:

    239868F9

  7. ari berkata:

    Gokil bgt lo sob………
    Gw jdi nysel gnti²  mulu
    siip
    ┏̲M̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲K̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲ ┏̲S̶̲̥̅̊┓̲┏̲i̶̲̥̅̊┓̲┏̲H̶̲̥̅̊.
    Pencerahan lo

  8. sinyo andi berkata:

    add pin aku ya 22a2050a aku menjual pernak pernik unik dan lainya

  9. andri berkata:

    25dedabd

  10. rizka berkata:

    26F08B6B rizka female

  11. Strez Za berkata:

    khusus cowok 28f542d6

  12. milaa berkata:

    293b4ce9 => mila :) makasi :D

  13. lexpray berkata:

    Supplier baju grosir fashion korea tangan pertama harga murah
    harga 30rb – 80rb, Reseller welcome.. di butuhkan reseller yang serius

    Contact info :
    PIN BBM : 271023C4

  14. Widya Sheshe berkata:

    Reseller, grosir, ecer, n dropship.. Bsa kok.. Tinggal ambil bb klian and add my pin 288e0f66.. Emon shop menjual berbagai Baju dgn berbagai bahan..^^

  15. divannysalsa berkata:

    all add pin ku ya 227C81C0

  16. bastian steel cjr berkata:

    all add pin ku pin;313d87AF

  17. andrew berkata:

    invite pin ku 258c050d

  18. yudi berkata:

    invite ya pin 2284f589

  19. rudy berkata:

    ad pin bb kuw ea 329BC1BF

    Rude “don’t worry”

  20. fauzi berkata:

    Add pin akyu ya 21e0c4d3
    Aku jual obat peninggi bafan, obat pengen gemuk, dan diet semua obat herbal tanpa efek samping lhoo…….. Bisa d konsumsi semua umur

  21. fauzi berkata:

    Add pin akyu ya 21e0c4d3
    Aku jual obat peninggi badan, obat pengen gemuk, dan diet semua obat herbal tanpa efek samping lhoo…….. Bisa d konsumsi semua umur

  22. mudita berkata:

    2A022AD5 mudita font shop

  23. muhamad noval setia nurali berkata:

    intive…
    236a5859

  24. darto berkata:

    085255856060, pin 281d023d

  25. temelky berkata:

    Pin gua 20c38502

  26. maria berkata:

    add ya pin ku 22939e0a aku jual marmer ujung pandang ^^

  27. 02197072860 berkata:

    23482c37 saya jual obat diet wilayah jakarta

  28. vania berkata:

    invite aq ya 263C2F74
    aq jual koyo kaki,masker,dan pembalut feminine comfort murah

  29. Rizky berkata:

    24e8aa3f

  30. daniel berkata:

    24C10E64, butuh mobil toyota. daniel toyota ambassador.

  31. sarwanto berkata:

    741C08A3 add ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s