Asam Urat, Gula Darah, dan Kolesterol. Alhamdulillah, Normal

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke labororium klinik untuk memeriksa tiga measure penting di dalam tubuh saya, yaitu asam urat, gula darah, dan kolesterol. Kenapa saya perlu medical checkup segala? Umur saya sudah di atas kepala empat, saya merasa perlu memeriksa kondisi kesehatan. Selama ini saya merasa tubuh baik-baik saja, tidak menderita suatu penyakit atau keluhan suatu apa, karena itu saya pikir tidak perlu ikutan medical checkup. Tetapi, dengan umur yang sudah tidak muda lagi itu, kayaknya perlu juga sekali-sekali memeriksa kondisi kesehatan. Yah, supaya lebih yakin saja memang benar-benar sehat daripada hanya feeling yang belum tentu benar.

Usia di atas kepala empat memang usia yang rawan terkena penyakit degeneratif seperti kanker, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, asam urat, penyakit jantung, dan sebagainya. Beberapa teman seangkatan saya sudah mendahului menghadap Yang Maha Kuasa karena “penyakit modern” tersebut. Bahkan, orang usia yang lebih muda (di bawah empat puluh tahun) cukup banyak yang terkena stroke, penyakit asam urat, diabetes, kanker, dan sebagainya. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak seimbang ikut memicu faktor yang menimbulkan penyakit-penyakit degeneratif tersebut. Benar kata orang-orang tua, penyakit itu timbul dari makanan yang kita makan. Terlalu berlebihan tidak baik, justru yang berlebihan itulah yang menimbulkan penyakit. Yang terbaik tentu secukupnya saja.

Saya memilih memeriksakan asam urat, gula darah, dan kolesterol karena ketiga ukuran ini mengindikasikan kita kemungkinan sakit apa. Asam urat untuk inidikasi penyakit nyeri asam urat (yang katanya sangat menyakitkan itu), gula darah untuk indikasi sakit diabetes, kolesterol untuk indikasi penyakit stroke, jantung, dan darah tinggi.

Ongkos medical checkup untuk ketiga ukuran tadi tidak mahal, cuma Rp 75.000 saja. Kalau mau lengkap kita melakukan full medical checkup yang meliputi pemeriksaan jantung, paru-paru, ginjal, empedu dan sebagainya, selain darah. Tapi, untuk saat ini cukup ketiga ukuran tadi saja (yang berkaitan dengan darah). Oh ya, sebelum diambil sampel darah saya harus puasa dulu dari jam 8 malam hingga jam 8 pagi. Darah saya diambil sebanyak 100 cc (uff.. sakit juga ditusuk jarum). Petugas mengatakan hasil pemeriksaan lab bisa diambil satu jam kemudian.

Satu jam kemudian saya datang mengambil hasilnya. Deg-degan saya membuka amplop yang berisi lembar hasil pemeriksaan. Setelah dibaca….alhamdulillah semuanya baik, masih berada dalam ambang normal. Asam urat saya misalnya, hanya 4,8 mg/dl (ukuran normal untuk laki-laki adalah kurang dari 7 mg/dL, kalau untuk perempuan kurang dari 5 mg/dL).

Alhamdulillahirabbil alamin, terima kasih Ya Allah, saya masih diberi anugerah kesehatan yang baik. Sehat itu mahal harganya. Kalau sudah sakit kita baru sadar betapa sehat itu sangat bernilai. Buat apa punya uang banyak dan harta melimpah tetapi tidak bisa dinikmati karena diri kita menderita suatu penyakit.

Sedikit berbagi, saya alhamdulillah jarang sakit. Resepnya sederhana saja: setiap hari saya selalu makan buah-buahan, buah apa saja saya suka. Yang paling saya suka adalah buah nanas, mangga, semangka, dan sawo. Kalau lihat pedagang buah potong di jalan saya pasti berhenti untuk membeli nanas, semangka, dan mangga. Buah segar seperti itu kaya vitamin C. Buah-buahan mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai detoksinasi (membuang racun di dalam darah). Selain sering makan buah, saya jarang makan daging merah. Saya lebih suka makan ikan ketimbang daging. Makan daging sekali-sekali saja. Selain itu saya setiap hari minum madu seperti anjuran Rasulullah. Dan yang tidak boleh lupa saya lakukan adalah olahraga sepeda dan lari keliling dua kali seminggu.

Sehat adalah karunia Allah SWT yang harus kita syukuri. Mari kita syukuri kesehatan yang diberikan Allah kepada kita. Mari kita lakukan pola hidup sehat. Mari kita banyak makan buah-buahan. Insya Allah kita masih bisa menikmati hidup yang diberikan Ilahi.

Tulisan ini dipublikasikan di Pengalamanku. Tandai permalink.

5 Balasan ke Asam Urat, Gula Darah, dan Kolesterol. Alhamdulillah, Normal

  1. Ozylog berkata:

    wah terima kasih resepnya pak

  2. amir berkata:

    nice info tapi koq cuma asam urat saja yg di tulis hasilnya normal, gula n kolesterolnya koq gak ada, bapak katakan normal…kan tidak semua orang tau normalnya berapa

  3. guntur berkata:

    mohon info minum apa obatnya

  4. Ping balik: Medical Chek-up (lagi) | Catatanku

Tinggalkan Balasan

