Kebenaran Surat Ar-Rahman 19-20: Dua Laut yang Tidak Pernah Bercampur

Beberapa hari yang lalu saya baru saja usai menuntaskan mengaji Surat Ar-Rahman. Setiap selesai shalat Maghrib saya punya kebiasaan mengaji Al-Quran. Surat Ar-Rahman adalah surat yang “ajaib” menurut saya, karena di dalamnya Tuhan berulangkali menjelaskan “Maka, nikmat Tuhanmu mana lagi yang kamu dustakan?”. Saya ingin mengulas posting tentang surat ini pada lain waktu, insya Allah.

Tadi pagi saya menerima kiriman foto dari rekan dosen ITB melalui milis. Ini foto yang mengagumkan, sebab foto ini membuktikan kebenaran Surat Ar-Rahman ayat 19 dan 20 yang berbunyi:

Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” (Q.S. Ar-Rahman:19-20)

Inilah foto tersebut, yang memperlihatkan aliran dua lautan yang tidak pernah bercampur, seolah-olah ada sekat atau dinding yang memisahkannya.

Subhanallah, Maha Besar Allah Yang Maha Agung. Ternyata air laut yang tidak bercampur itu benar-benar ada. Saya sudah sering membaca ayat tersebut, tapi masih belum tahu di mana gerangan air laut yang tidak pernah bercampur itu. Ayat lain yang menceritakan fenomena yang sama terdapat pada Surat Al-Furqan ayat 53 yang berbunyi:

“Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (Q.S. Al-Furqaan:53)

Dua lautan yang tidak bercampur itu terletak di Selat Gibraltar, selat yang memisahkan benua Afrika dan Eropa, tepatnya antara negera Maroko dan Spanyol (Sumber foto dari sini dan sini).

Selat Gibraltar (Jabal Tariq)

Selat Gibraltar dari satelit

Dari hasil googling saya di internet, saya menemukan penjelasan ilmiah tentang laut tersebut. Berikut hasil kutipan saya saya dari berbagai sumber di internet:

Arus Selat Gibraltar memang sangat besar di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan air (density)nya. Air laut di Laut Tengah (Mediterania) memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih tinggi dari air laut yang ada di Samudera Atlantik. Menurut sifatnya, air akan bergerak dari kerapatan tinggi ke daerah dengan kerapatan air yang lebih rendah. Sehingga arus di selat Gibraltar bergerak ke barat, menuju Samudera Atlantik. Lalu apakah air ini akan bercampur dengan air di Samudera Atlantik?

TIDAK!. Lho?? Ternyata ketika air laut dari Laut Tengah menuju Samudera Atlantik, mereka tidak mencampur. Seakan ada sekat yang memisahkan kedua jenis air ini. Bahkan batas antara kedua air dari dua buah laut ini sangat jelas. Air laut dari Samudera Atlantik berwarna biru lebih cerah. Sedangkan air laut dari Laut Tengah berwarna lebih gelap. Inilah keajaiban alam. Tidak hanya itu yang aneh dari perilaku dari kedua air laut ini. Ternyarta, air laut dari laut Tengah yang tidak mau bercampur dengan air laut dari Samudera Atlantik ini menyusup dibawah air laut yang berasal dari Samudera Atlantik. Air dari Laut Tengah ini menyusup di bawah air dari Samudera Atlantik di bawah kedalaman 1000 meter dari permukaan Samudera Atlantik.

Sumber: http://archive.kaskus.us/thread/3726437

Penjelasan lain secara ilmiah dikutip dari blog ini.

Bagaimana bisa terjadi?

Ceriteranya begini. Air laut dari Lautan Atlantik memasuki Laut Mediterania atau laut Tengah melalui Selat Gibraltar. Keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda. Suhu air berbeda. Kadar garam nya berbeda. Kerapatan air (density) airpun berbeda. Waktu kedua air itu bertemu di Selat Gibraltar, karakter air dari masing-masing laut tidak berubah. Dari atas ferry yang kami naiki, masih bisa terlihat dengan jelas mana air yang berasal dari Lautan Atlantik, dan mana air yang berasal dari laut tengah atau laut Mediterania. Kalau dipikir secara logika, pasti bercampur, nyatanya tidak bercampur. Kedua air laut itu membutuhkan waktu lama untuk bercampur, agar karakteristik air melebur. Penguapan air yang di Laut Mediterania sangat besar, sedang air dari sungai yang bermuara di Laut Mediterania berkurang sekali. Itulah sebabnya air Lautan Atlantik mengalir deras ke Laut Mediterania.

Arus air alut di Selat Gibraltar

Sifat lautan ketika bertemu, menurut modern science, tidak bisa bercampur satu sama lain. Hal ini telah dijelaskan oleh para ahli kelautan. Dikarenakan adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah kedua air dari lautan tidak becampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka.

Air laut Mediteranian, yang berwarna biru tua, menyusup sampai kedalaman 1000 m dari permukaan laut, di lautan Atlantik, dan terus masuk sejauh ratusan km di lautan Atlantik dan tetap tidak berubah karakteristiknya. Subhannallah.

Sumber: http://gsumariyono.wordpress.com/2009/05/22/selat-gibraltar-1-pertemuan-dua-jenis-air-laut-yang-berbeda/

Saya terkagum-kagum dengan fenomena alam ciptaan Allah SWT. Al-Quran sudah menyebutkan fenomena ini 15 abad yang lalu, dan ilmu pengetahuan modern mengungkapkannya pada abad 20.

Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan? Maha benar Allah Yang Maha Agung.

Tulisan ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

134 Balasan ke Kebenaran Surat Ar-Rahman 19-20: Dua Laut yang Tidak Pernah Bercampur

  1. jika rijeka berkata:

    subhanalloh,,,
    memang dilaut penuh dengan keagungan tuhan
    air saja yg mengandung H20 bila waktunya tiba…..bisa berpisah mebuat jadi lautan api

  2. Arif Setiawan berkata:

    Reblogged this on a train of thought and commented:
    “Maka, nikmat Tuhanmu mana lagi yang kamu dustakan?” :)

  3. nuen berkata:

    Dan fakta inilah yang membawa Jacques Yves Costeau , seorang ahli oceanografer dari Perancis yang sering muncul di channel Discovery beberapa tahun lalu, masuk Islam. Subhanallah… :)

  4. kurnia erviani berkata:

    subhanallah…allahu akbar , membuat sy semakin mencintai islam

  5. Budi K Yunis berkata:

    keren kk posting postingannya

  6. alrisblog berkata:

    Subhanallah. Allah Maha segalanya. Nambah lagi pengetahuan kita.

  7. Asop berkata:

    Subhanallah… Nikmat Tuhan yang mana lagi yang kita dustakan? :cry:

  8. Yue Wonk berkata:

    subhanallah, maha besar alloh dengan segala firmannya…..

  9. fabiaialaairabbikumatukazziban ..

  10. mujibah berkata:

    Subhanallah…Allahu Akbar….maha benar Allah dengan segala firman NYA

  11. dutch lady berkata:

    Alhamdulillah saya sudah pernah melintasi selat Gibraltar dari Algeciras (Spanyol) ke Tangier (Maroko) dan sudah menyaksikan juga. Sangat berkesan sekali menyaksikan kebenaran Al Quran di alam nyata :)

  12. kulsum az zuhra berkata:

    subhanallah…..

  13. ratihazzahra2011 berkata:

    SubhanALLAH …. inilah bukti kebesaran ALLAH dan bukti kebenaran Al-Qur’an…Maha benar ALLAH dg segala firmanNya

  14. ratihazzahra2011 berkata:

    SubhanALLAH …. inilah bukti kebesaran ALLAH dan bukti kebenaran Al-Qur’an…Maha benar ALLAH dg segala firmanNya

  15. Mohamad Toif berkata:

    Subhanallah…Allahu akbar

  16. Harto Black berkata:

    SUBHANAALLAAH ALLAH MAHA SEGALA GALANYA …

  17. Harto Black berkata:

    subhanallah allah ….maha segala galanya …….

  18. Endah Wahyuningtyas berkata:

    subhanallah

  19. syafril wahab berkata:

    Itu membuktikan bahwa isi al quran itu semua bukan karangan nabi Muhammad, yang 14 abad yg lalu di terima beliua ,melalui perantara malaikat jibril .yang di firmankan Allah swt . dan ingat nabi muhammad orang yang jujur,buta huruf dapat dipercaya . banyak lagi isi al quran yang di zaman sekarang orang orang menemukan sesuatu ilmu pengetahuan, sedang al quran 14 abad yg lalu sudah berbicara. apakah anda masi ragu dengan nya, kalau itu kalam Illahi

  20. tino moslem berkata:

    Maha benar Allah dengan segala firman nya………

  21. tino moslem berkata:

    Maha benar ALLAH dengan segala firmannya……..

  22. syahriani berkata:

    subhanalloh…………..
    smw isi kandungan alqur’an itu da kaitannya dgn apa yg kita pelajari hanya saja blm dperhatikan scara teliti.

  23. Wulan Dayu berkata:

    SUBHANALLAH…..
    MAHA BESAR ENGKAU YA RABB….

  24. Selviana berkata:

    Subhanallah…Allahuakbar,trima ksih tlah menanbah ilmu pengetahuan…I LOVE ALLAH..I LOVE ISLAM

  25. pujicaremu berkata:

    subhanallah…
    allahuakbar

  26. mukhammad irfan berkata:

    subhanallah

  27. Nurhasanah berkata:

    SubhanAllah…

  28. I Komang Agus Sumantri berkata:

    Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘Fabiayyi âlâi Rabbikumâ tukadzdzibân’, ia mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan)

  29. Eko Nur Widianto berkata:

    Jikalau zaman Nabi kebenaran Islam dikuatkan dengan adanya mukjizat, maka pada era modern ini kebenaran islam dikuatkan dengan berbagai macam penemuan ilmiyah yang mencocoki Al Qur’an. Dan hanya Al Qu’an satu-satunya kitab samawi yang selaras dengan ilmu pengetahuan dan teknologi…..

  30. Lies Rany Berliana, S.Si berkata:

    Subhanallah..

    الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
    Spechless sungguh kalau melihat fenomena alam, apalagi yg sesungguhnya telah Allah wahyukan ribuan thn yg lalu,
    Meski dikembangkan dgn teknologi maju setelahnya..
    Îτϋ ßã®ü 1 fenomena ♈αα Pak..pastinya ribuan fenomena lain (atau bahakan tak terhitung) untuk yg belum terurai oleh sains..
    Anyway ·♡·♥τнänκчöü♥·♡·° ({}) a lot krn sudah mengingatkan kembali kita utk selalu bersyukur ϑäπ tidak menyangkal lagi nikmat Allah..
    Smoga penulis selalu dirahmati ϑäπ diberkahi Allah, آَمِيّـٍـِـنْ… آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن
    Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

  31. happenfuture berkata:

    pertanyaanku, apa penemuan air laut tak tercampur itu lebih dulu terjadi, ato alquran mengatakannya yang duluan terjadi, apalagi kejadian itu katanya bisa dilihat dari permukaan laut, dan letaknya di selat, tidak terlalu jauh dari daratan.
    tadi yang dikatakan di alquran adalah : “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.”
    di atas tidak disebutkan alquran pada ayat itu meramalkan hal yang akan terjadi dan belum terjadi saat alquran muncul atau hal yang sudah ada dizamannya alquran muncul. lagipula kata di ayat itu tidak sangat menimbulkan perdebatan di zaman dulu menurutku, karena seolah-olah hanya mengatakan : ‘lihat dua arus laut yang tidak menyatu itu adalah buatan allah SWT, dan berikut penjelasan fisiknya’, tidak mengatakan : ‘lihat di masa depan akan terjadi hal yang tidak pernah ditemui, yaitu dua arus air laut yang tidak menyatu’

    • hasanul ansari berkata:

      ilmu kelautan di mulai abad ke 16, sedangkan ayat tersebut di turunkan semenjak 14 abad yang lalu.

    • merpatiputih berkata:

      happenfuture
      ——————

      pertanyaannya sejak kapan Rasulullah Saw berdakwa sampai di teluk zibran sana, dari hadis hadis Rasul perjalanan Rasulullah paling jauh cuma ke madina dan sekitarnya waktu kecil beliau berdagang ke surya, dan beliau buta hurup, tentu ilmu pengatahuannya akan kalah sama org yg sekolah…tapi Allah memberikan MUHJIJAT kepada beliau yaitu Al-Qur’an, yg dapat mengalakan gelar doktor insinyur dan Anda juga….

  32. Al Madina Kkmb berkata:

    Tx … Ijin share di fb ya .

  33. jaka berkata:

    subhanallah,,,,

  34. Rosy Aza berkata:

    Maha benar Allah SWT dengan segala firman-Nya

  35. vinyun berkata:

    subhanallah . .
    maha suci allah yang telah memperlihatkan kita semua ini .

  36. mazthoha berkata:

    #happenfuture; aq mo nanggapi pertanyaanmu. Pertanyaan itu berkaitan dg kronologis sejarah. Pertanyaannya adakah data sejarah yg menyatakan bahwa fenomena di selat Gibraltar tsb sudah diketahui oleh khalayak manusia pd masa atau sblm masa kenabian Muhammad SAW? Ato Rasulullah SAW pernah berlayar melewati selat itu dan melihat lalu mengarang ayat2nya? Ato fenomena itu belum pernah terungkap dan baru skrg hal itu disaksikan orang banyak?

    Ada baiknya memperhatikan bukti2 lainnya, spt misalnya penemuan mummi di Mesir. Dalam Qur’an (QS. 10:92) dinyatakan ttg akan diketemukannya Jasad Fir’aun. Pd masa kenabian Muhammad SAW tdk ada penemuan mummi di Mesir. Baru di abad ke-19 penemuan2 mummi itu terjadi. Dan setelah diteliti pd jaman sekarang memang dari sekian mummi itu ada satu mummi yg ada bukti2 bahwa dia mati tenggelam di laut. Baca lebih lengkap disini aja ya….._http://kisahislami.com/professor-ini-masuk-islam-karena-jasad-firaun/

    “Al Haqqu min Robbika, falaa takunnana minal mumtarin.”

    • yanti berkata:

      Sepakatttttt…….

    • happenfuture berkata:

      apa bukti fenomena itu baru ada sesudah alquran mengatakannya? aku sudah bilang bahwa menurutku tidak banyak menimbulkan kontroversi yang alasannya sudah aku tulis, jadi apakah keanehan pernyataan itu tidak dianggap seperti angin lalu?
      aku tak percaya ada bukti bahwa dia mati tenggelam di laut, apa bukti bahwa itu adalah mayat firaun dilawan musa, diantara (menurut sumber) firaun yang banyak?

      • anthony berkata:

        buat future..kalau anda pintar dan benar2 ingin tahu..sebenarnya 2 laut yang bertemu tidak hanya ada di gibraltar aja..ada di amerika latin,ada di eropa,ada di asia tengah juga…
        Silahkan googling.’2 waters meet that doesnt mix’
        nanti akan banyak keterangannya…

      • yoedha berkata:

        http://zefanzdownloa.blogspot.com/2013/03/fenomena-sungai-di-bawah-laut.html.

        Fenomena ganjil 14 abad yang silam akhirnya terbukti pada abd 20. Mr.Costeau pun berkata bahwa Al Qur’an memang sesungguhnya kitab suci yang berisi firman Alla, yang seluruh kandunganya mutlak benar.Dengan seketika dia pun memeluk Islam.
        Ahlinya saja sudah bilang begitu pastinya ada Penelitian yang serius sampai dia bisa berkata seperti itu , pasti ngk ada kontroversi karna sudah terbukti ,dan masih bnyak lagi kebnaran Al-qur’an

      • gaga berkata:

        adduh ini komen si happenfuture mengganggu saja. bodoh banget sih anda, malu lah jangan memperlihatkan kebodohan anda di publik.. hha

      • made berkata:

        kalau ada sebelum Al-qur’an juga kenapa? emang semenjak dakwa Rasul perna kesana? lho mimpi kaleee! bukti firaun mati keasinan di laut ente bisa tanya pakar mumi yg sekarg da masuk islam di francis sana…

  37. indri berkata:

    Allahuakbar.

  38. Lucky Octofian berkata:

    Alhamdulillahirabbil ‘alamiiin, segala puji hanya milik Allah SWT.

  39. nana berkata:

    Allahuakbar. Maha besar ciptaan Allah.

  40. Alwis berkata:

    Subhanallah….maha benar allah dgn sgl firmannya

  41. fahmi berkata:

    kitabmu tidak membuktikan apapun………………

  42. fahmi berkata:

    Allahu akbar.allahu akbar…hanya Alqur”an yang bs membuktikannya sepanjang jaman……( buat happenfuture )

  43. mardliyah berkata:

    subhanallah,,,allahu akbbar.. :)

  44. HJ. RITA DULONG berkata:

    SUBHANALLAH …

  45. Jefry berkata:

    Subhanallah
    Sungguh luar biasa keajaiban ciptaan Allah SWT, semua yang ada di dunia baik di langit dan di bumi diperuntukkan bagi kita yang mensyukuri nikmat dan rahmat dari Allah SWT..

  46. magnatis chaidir berkata:

    Subhanawloh

  47. UDIN berkata:

    SUBHANALLAH TIADA TUHAN SELAIN ALLAH

  48. Via berkata:

    subhanallah..
    apakah kamu masih gak brsyukur

  49. miyatiningsih berkata:

    lahaulawalwkuataillabillahilngaliyilngadzim

  50. fae berkata:

    Reblogged this on algoritma kehidupan emotz and commented:
    subnahallah…
    fabiayyiala irabbikuma tukazziban…

  51. Enny berkata:

    Ya Allah jadikan kami dan anak keturunan kami men jadi orang yang pantai bersyukur padamu ya Allah

  52. Haqqi_Nasution berkata:

    Subhanallah…

    Ar Rahman 55:55

  53. abduk khaliq berkata:

    Subhanallah Allahu Akbar La ilaaha illallah !

  54. Alfan Nasrulloh berkata:

    Reblogged this on Alfan Nasrulloh and commented:
    Salah satu bukti bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci sebagai pedoman hidup. Fenomena ini telah disebut dalam Al-Qur’an 15 abad yang lalu, sementara ilmu pengetahuan modern baru mengungkapnya secara ilmiah pada abad ke-20. Berikut sebuah tulisan tentang fenomena alam yang telah disebut dalam Al-Qur’an. Semoga bisa menambah kepercayaan kita kepada Al-Qur’an (Rukun iman ke-3, Iman kepada kitab suci Al-Qur’an).

  55. mazrayasir@gmail.com berkata:

    Subhanallah trimakasih ya Akhi atas artikel indah ini, ijin share foto…

  56. ferry berkata:

    orang pintar,, memaknai air laut yg disebut air laut dalam al quran sebagai air laut,,,, sangat harfiah sekali…
    Sementara orang bijak memaknai dgn 7 makna yang berbeda…

  57. Salim Abdullah berkata:

    SubhanAllah.
    Dari penelusuran saya mengenai photo tersebut, saya dapati sumbernya dari ‘Flickr.com’. Photo tersebut asli bukan rekayasa, namun lokasinya bukan seperti yang anda sebutkan, melainkan di lautan ALASKA, ( In the middle of the gulf of Alaska ). Photo tersebut bisa kita lihat melalui jejaring flicker.com ( merging Oceans). Penjelasan mengenai kebenaran fenomena ini dapat pula dilihat di http://www.hoaxorfact.com.
    Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kita, dan dapat lebih meng imani dan menghayati surat2 NYA.

    Salim Abdullah.

  58. denmar berkata:

    Itulah bukti bagi org kafir.. Bahwa al qur’an adalah mukjizat… Mana ada kitab yg menjelaskan ini semua di abad rosululloh..?
    Maka jangan lah sekali kali meragukan kehendak اَللّهُ ta’ala…

  59. mayuymayuy berkata:

    Reblogged this on welcome to mayuy's page and commented:
    Subhanallah..

  60. ambir berkata:

    Kepunyaan Allah kerajaan langit dan bumi dan segala apa yang ada di dalamnya,dan DIA Maha kuasa atas segala sesuatu (QS: Al-Ma’idah 120 ).
    Maha benar Allah dengan segala firmannya.
    I LOVE U………ALLAH

  61. Mustamar.Sutan berkata:

    Sayang semakin banyak ditemui bukti ilmiah tentang kebenaran ayat-ayat semakin gencar terutama nasrani dan yahudi menuduh Nabi Muhammad S.A.W pembohong dan alqur’an bukanlah wahyu, baca di situs dialig isa &islam, hati-hatilah wahai pemuda dan pemudi sebagai pewaris islam dengan kitab sucinya al-Qur’an, terhadap fitnahan dan jangan mau diprovokasi oleh mereka, musuh-musuh Islam.

    • andika berkata:

      Itu lah bro bedanya kita ummat Islam dgn ummat non-Islam, mereka gencar dengan berbagai cara/pola; halus iming2 indomie hipnotis magic mendiskreditkan gender terrorist novel cartoon comic dll, bahkan dgn cara2 yg kotor sekalipun, buat giring kita ke lembah dosa dan lembah murtad.
      Karena dikisahkan Paulus pernah berkata “Kenapa aku dipersalahkan jika apa yg kulakukan itu adalah untuk kerajaan-Mu” (kurang lebih seperti itu lah kutipan dlm Perjanjian Baru).
      Sedangkan kita tdk pernah bahkan tdk terlintas dlm pikiran kita utk meng-usik2 mereka.
      Semoga Allah menjaga dan melindungi kita dari segala tipu daya org2 kafir dan musyrik.
      Mari, sy dan kita semua, sering2 membaca Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas, dan amalan2 baik lainnya.
      Kuatkan iman Islam, kuatkan diri dan rapatkan barisan…

  62. anissa berkata:

    Maha Besar…
    Maha Kuasa Allah..
    ijin share di FB??berbagi ilmu yg bermanfaat?

  63. andika berkata:

    Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin
    Ini adalah salah satu bukti kebenaran Al-Qur’an, dan banyak lagi bukti2 lainnya yang telah terungkap sampai saat ini dan dapat kita saksikan. Mengubah tongkat menjadi ular besar dan menghidupkan orang mati oleh Musa Alaihissalam tidak bisa lagi kita saksikan saat ini. Menyembuhkan kusta dan menghidupkan orang mati oleh Isa Alaihissalam juga tidak bisa lagi kita saksikan saat ini. Memberi minum para sahabat dengan mengeluarkan air bersih dari jari jemari Muhammad SAW juga tidak bisa lagi kita saksikan saat ini. Kemungkinan mu’jizat Muhammad SAW membelah bulan menjadi dua akan terbukti pada saatnya nanti, karena bulannya masih ada. Al-Qur’an adalah mu’jizat terbesar di antara mu’jizat nabi2 dan rasul2. Al-Qur’an dan Al-Hikmah (Al-Hadits) adalah pedoman hidup manusia sampai akhir zaman, sehingga pembuktian kebenarannya pun akan terungkap bertahap sampai akhir zaman tiba, atau up to date. Akan sangat banyak lagi bukti2 yang akan terungkap pada masanya nanti sesuai kemampuan kecerdasan manusia pada setiap masa. Kecerdasan manusia saat ini belum ada apa2nya dibanding kecerdasan manusia pada masa2 yang akan datang. Jadi kuatkanlah peliharalah dan pupuklah iman Islam kita, dan semoga kita mati dalam iman Islam dan dalam keadaan husnul khatimah. Aamiin yaa rabbal ‘alamiin…

  64. Soe Seno berkata:

    Maha benar Allah dengan segala firman nya………
    terima kasih ya gan… semoga dengan tulisan ini dapat mempertebal iman smua pembaca…amin

  65. Nok Ovah Cayang berkata:

    ketika allah mengatakan
    kunfayakun maka terjadilah ya tak mungkin menjadi mungkin…sungguh agung kuasaNYa…

  66. syahrizal berkata:

    Subahanallah. Smga اللّهُ swt melimpahkan hidayahny kpd seluruh umat nabi Muhammad SAW. Amin

  67. yangbaru berkata:

    #Happenfuture# Saya sedikit terusik ketika membaca komen mu,sebenarnya kmu ngak perlu mempertanyakan hal itu.Ngak penting banget ,Tapi klu kmu seorang muslim pasti kamu sudah tahu jawabannya,tapi jika kamu seorang non muslim maka mustahil buat kamu menerimanya dengan logika terkecuali jika kamu sudah membaca Al Quran dan kamu seorang yang mampu membuktikan dengan mata kepala kamu sendiri dengan eksperimen2 mu seperti yg dilakukan oleh para ahli.Setelah mereka menemukan kebenaran yang ada dalam Al Quran Alhamdulillah mereka Memeluk/ Menjadi Seorang Muslim.Mudah2an kamu pun kelak mendapat hidayah dari-NYA…Amin….

  68. Jasiman berkata:

    Maha Benar Allah Dengan Segala Firman-Nya

  69. 3WD berkata:

    Subhanallah.. Makasih.. Ulasan yg sgt bermanfaat..

  70. tanty berkata:

    keren bangett infonya.. subhanallah. jadi pengen menyusuri jejak nabi. dalam surat 18 dijelaskan..nabi musa bertemu nabi khidir dalam pertemuan dua laut itu. nabi musa itu tinggal di mesir. setelah tau petanya, ternyata memang dkt benua afrika. ya pantas…ah subhanallah bgt. so sweet banget..sejarah dlm Al Quran. I love it much :)

  71. dylla berkata:

    subhanallah
    izin copas yah

  72. qie berkata:

    saudara seiman sekalian,saya ingin bertanya,apakah menurut saudara pluralisme itu bagian dari injeksi terhadap pemikiran anti al-quran atau memang pluralisme itu sesuatu yang agama islam agung ( Al-Kafiruun ayat 6 ) tapi dipelintir sebagai anti thesis terhadapa islam….saya bimbingan mengenai pluralisme,terima kasih

  73. carima berkata:

    Izin share :)

  74. oyot berkata:

    Maha Suci ALLAH Dari Segala FirmanNYA.

  75. Ady Smile berkata:

    #ALLAHU AKBAR

  76. muehehehe berkata:

    assalamualaikum
    maaf sebelumnya kalo ane komen. ane komen sebagai org yang masih minim pengetahuan ttg islam jadi cmiiw kalo ane ada salah hihi

    agama sbenernya agak susah kalo di gabung dengan logika. misal dalam solat berjamaah, hitungan manusia 1+1 = 2, namun hitungan Allah 1+1 = 27 ( pahala dalam solat berjamaah )
    jadi ya percuma kalo agama ini di pikir pakai logika karena logika kita ga akan sampe hehehe

    sekian komen dr saya. maaf kalo ada salah salah kata.
    dan Subhanallah bagi nikmat Allah.
    wassalamualaikum.

  77. I’m really impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the excellent quality writing, it is rare to see a nice blog like this one today.

  78. After exploring a number of the blog posts on your web page, I honestly like your way of
    writing a blog. I saved it to my bookmark website list and will be checking back soon.
    Please check out my web site too and let me know how you
    feel.

  79. fjr berkata:

    Komentar sebagai orang awam,
    Apa yg tertulis dalam Al-Quran mungkin saja hanya sebagian kecil rencana Allah SWT sekaligus rahasia besar bagi umat manusia.karena kalau semua dituliskan didalam Al-Quran justru akan membuat firmanNYA tidak datang,karena jikalau demikian pasti tidak akan ada neraaka karena semua orang didunia akan masuk islam, orang israel sekalipun.

  80. Melisha angelina berkata:

    Di tempatku juga ada 2laut yg gx bertemu. Air asinnya berwarna ijo air tawarnya berwarna kecoklatan. Perbatasan itu disebut PERARUSAN

  81. Nice post. I learfn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.
    It’s always useful to read through articles from other authors and use a little
    something from other sites.

  82. ediputra99 berkata:

    Maha besar allah dengan segala firmanya,subhanaallah.izin copas ngge

  83. Itulah sebabnya Al Qur-an sebagai pedoman. karena didalamnya tidak ada keraguan, yang ada hanya kepastian dan kepastian hanya milik Allah.

  84. Ping balik: Kebenaran Surat Ar-Rahman 19-20: Dua Laut yang Tidak Pernah Bercampur | risyadfatkhurrohman

  85. galihyudhi berkata:

    Saya baru saja membaca artikel ini dan baru tau bagaimana kedua laut ini terpisah. padahal saya sempat menemukan tulisan lain dan saya muat di blog saya.

    http://galihyudhi.wordpress.com/wp-admin/post.php?post=82&action=edit

    dan baru sekarang saya mengerti cara kerja dua laut ini,,
    terima kasih atas infonya..

  86. Ping balik: Dua Laut | Galih's Personal Blog

  87. Ina berkata:

    It’s hard to find experienced people in this particular topic, but you seem like you know what you’re talking about!

    Thanks

  88. achmadrivai berkata:

    Subhanowohwalhamdulillawallaillahaillawohwowohuuakkbar

  89. Howdy! I could have sworn I’ve visited this website before but after looking at
    many of the articles I realized it’s new to me.

    Nonetheless, I’m definitely pleased I stumbled upon it and I’ll be bookmarking it
    and checking back frequently!

  90. Shaafa WilliamDunbar berkata:

    SubhanALLAH

  91. poetrie berkata:

    Subhanallah,sungguh besar kuasa Allah……

  92. Subhanallah…maka kebenaran apalagi yang akan didustakan oleh manusia yang tidak beriman akan Allah SWT. bahkan dalam diri kita pun banyak sekali keajaiban dan kebesarannya belum lagi ciptaan Allah SWT yang membentang di depan kita. Sungguh Hidayah itu akan diberikan kepada orang-orang yang berpikir akan kebesaran penciptanya.

  93. ninitnot berkata:

    SubkhanAlloh…
    Trus batasannya yg tawar dr laut atlantik bgmn sebatas mana? coz blom prnh denger ada pantai yg aer nya tawar.. ?
    Oya sodara2ku klo ada yg kritis ttg AlQuran sebaiknya qt memberikan jwbn atas pertanyaannya bukan hanya menimpali tp tdk menjawab itu tdk menunjukkan pengetahuan qt atas AlQuran, klo tdk tau jwbnya ya sudah tdk perlu menimpali. Kritis is fine, bila qt bisa memberi penjelasan yg menjawab pertanyaannya maka akan slesai dan itu bisa jd jln hidayah baginya

  94. Mohamad vToha berkata:

    Subhanallah. Allahu Akbar.

  95. Lilik Tri Winarti berkata:

    Subhanallah…nikmat Tuhan mana lagi yg kamu dustakan…
    Cukuplah ini menjadi petunjuk bagi kaum yg berpikir….
    Ijin share artikel ini…

  96. dudi berkata:

    ALLAHU AKBAR …….

  97. Anniza berkata:

    Subhanallah… Maha Suci Allah

  98. salsa berkata:

    Subhanallah, Allahu Akbar

  99. Rena PiLiang II berkata:

    Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan? Maha benar dan segala firmanNya.

  100. Mauli berkata:

    Maha Besar Allah :)

  101. Devi berkata:

    Sebenarnya ini Ilmu dari Allah SWT. seperti tentang gunung yang bergeser dan sebagai pasak bumi ; “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan.” [QS 27:88].. Kemudian dari daun berguguran kemudian kembali hijau sebagai bukti kekuasaan Allah untuk menghidupkan ciptaanNya , kayu yang bisa membuat api dll. Sedangkan manusia cenderung akan mengerti dengan ilmu manusia atau pun ahli kitab kemudian sebagai pembuktian sejelas jelasnya di mata manusia yang dibutakan.

  102. atty berkata:

    Subhannallah maha sempurna Rabb, baru melihat diblog ini sy sudah speechless !alhamdullilah sy diberi kemudahan membuka blog ini ya Rabb berilah petunjuk,kemudahan kebaikan utk lebih deket kepadaMu Amin

  103. harisahyuliantii berkata:

    Reblogged this on Let's Talk about Technology and commented:
    Ngga heran, dunia Islam memang benar2 menakjubkan.

  104. dudi berkata:

    SUBHANALLAOH WALHAMDULILLAH WALA ILAHA ILAALLOH WALLAHU AKBAAAR ………….

  105. xamthone plus berkata:

    subhanallah Maha Besr Allah dengan segala firmannyaa..
    Sungguh apa yang di tulis dalam Al-Quran itu semua nyata adanya..
    saya semakin cinta terhadap agama saya sendiri ;)
    terimaksih atas postingannya ;)
    alhamdulillah

  106. Nadia Nurafifah berkata:

    semoga allah melimpahkn rahmatnya pada kita semua,, Aminnn,,,,

  107. andri lubis berkata:

    dan masih banyak keajaiban alquran yang terbukti dan terus akan digali. teori big bang telah ada di alquran dan telah dibuktikan oleh nasa. jadi bukti tu apakah quran tu ciptaan muhammad ato penciptanyah

  108. bellatrix berkata:

    Jika manusia mempelajari ilmu dari Ku (Allah). Air laut jadi tinta pun,tak akan cukup.. maha besar Allah.. eh begini ya??kalo salah maaf ya,maklum mualaf..

  109. Ulfah Wulandari berkata:

    HIs (Allah) great creation in the world,, Subhanlloh!

  110. Aldita berkata:

    Ijin sharing akhi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s