Menanti Kunjungan ke-1.000.000

Pagi ini saya membuka blog saya di WordPress. Ternyata statistik di WordPress memperlihatkan angka kunjungan ke blog ini sudah mencapai hampir satu juta (tepatnya 999.688). Mungkin dalam waktu beberapa jam lagi angka statistik ini akan genap 1.000.000 kunjungan.

Bagaimana perasaan saya? Tentu saja surprise dan senang campur aduk. Blog yang mulanya hanya tulisan iseng-iseng saja di website pribadi saya (http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir) — sebelum akhirnya saya pindahkan ke WordPress — ternyata tumbuh menjadi blog yang ramai dikunjungi orang. Benar-benar tidak saya sangka.

Saya memang senang menulis tentang kehidupan, makanya blog ini saya beri judul “Catatanku”, yang merekam apa saja yang saya lihat, saya dengar, saya baca, dan saya rasakan. Sedapat mungkin saya menghindari tulisan tentang aspek teknis terkait bidang saya di Informatika. This is another side of me. Untuk tulisan yang berhubungan dengan bidang yang saya tekuni di Informatika ITB, saya sudah punya rencana membuat blog baru di WordPress (lagi) tentang beberapa bidang ilmu yang menjadi passion saya. Insya Allah, mohon doanya.

Dari ratusan tulisan yang pernah saya posting, tidak semuanya tulisan saya sendiri. Sebagian kecil merupakan tulisan yang diambil dari berita dan foto di media daring, tulisan inspiratif dari milis dan jejaring sosial, dan tulisan bagus dari blog orang lain (reblogging). Sebagaimana kode etik dalam publikasi ilmiah, penyebutan sumber data, foto, tulisan, dan lain-lain tetap konsisten saya tuliskan pada setiap tulisan yang saya posting. Meskipun hampir semua informasi di internet bersifat open dan free, namun di dunia maya tetap berlaku kode etik yang harus dipatuhi setiap orang, yaitu harus menyebutkan sumber tulisan, kutipan, dan informasi darimana mereka diambil.

Dari 682 tulisan yang saya posting, terdapat sepuluh tulisan yang memiliki statistik akses tertinggi, yaitu:
1. Bapak Tua Penjual Amplop Itu (37.236 kali dibaca)
2. Ustad Yusuf Mansur dan Matematika Sedekah (25.213)
3. Andai Perang Lawan Malaysia Terjadi (21.391)
4. Foto-Foto Bandung Tempo Doeloe (18.247)
5. Ajaib, Kaki Bayi Bertuliskan Al-Quran (14.059)
6. Pohon Nabi (11.518)
7. Prediksi Hasil pemilu 2009 (11.324)
8. Perihalku (11.179)
9. Masih Ada Kapal ke Padang (9.952)
10. Serial Animasi “Upin dan Ipin” Mencuri Perhatian (9.778)

Pembaca blog saya ini, selain orang Indonesia, banyak juga dari Malaysia. Orang Malaysia suka mencari tulisan dari blog orang Indonesia yang menulis segala sesuatu terkait negaranya, misalnya posting tentang Upin dan Ipin, Bahasa Melayu (Malaysia), dan yang paling banyak adalah tentang perang antara Malaysia dan Indonesia. Setiap kali timbul letupan hubungan antara Indonesia dan Malaysia, maka tulisan yang berhubungan dengan sengketa itu paling banyak dicari oleh orang Malaysia. Maka, tidak heran tulisan yang berjudul Andai Perang Lawan Malaysia Terjadi dan Merah Hitam Hubungan Indonesia dan Malaysia banyak dikomentari warga Malaysia dan juga warga Indonesia. Komentar dari warga Indonesia lebih banyak berupa umpatan dan kemarahan kepada Malaysia, sedangkan komentar dari warga Malaysia lebih banyak menekankan pada bangsa serumpun sehingga tidak perlu kedua negara ini berperang. Semua komentar itu bebas-bebas saja saya persilakan ditulis di blog saya, selama tidak mengandung kata-kata yang menghina, merendahkan, dan SARA.

Akhir kata, apa komentar saya terhadap hasil statistik itu? Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT semata. Saya hanyalah seorang hamba-Nya yang ingin mengisi hidup ini dengan sesuatu yang berguna bagi orang lain, salah satunya melalui tulisan. Insya Allah saya akan terus menulis dan menulis selama hayat masih dikandung badan.

Tulisan ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

6 Balasan ke Menanti Kunjungan ke-1.000.000

  1. honeylizious berkata:

    wah kapan ya blog saya bisa dikunjungin 1 juta pengunjung :D

  2. Hima berkata:

    Alhamdulillah pak.. benar-benar sudah sejuta :D :D keep blogging pak. Insya Allah bermanfaat sekali tulisan2nya :)

  3. qnoi berkata:

    oohh, ternyata tulisan “bapak tua penjual amplop itu” itu aslinya dari sini hehe.. paling tinggi gara2 went viral kali pak :D. kayanya bentar lagi tulisan bapak tentang syarat kelulusan itu bakal mengikuti jejaknya deehh.. oia, salam kenal pak.

  4. Ihsan BR berkata:

    wah,… saya juga penggemar blog bapak ni. kapan ada kumpul n gathering fans blog bapak ini ya,… he2,…

  5. wulan berkata:

    subhanallah keren,,saya juga pengunjung setia blog Bapak,,salam kenal Pak :-)

  6. Ping-balik: Menanti Kunjungan ke-2.000.000 | Catatanku

Tinggalkan Balasan

