Ketika Makalah Mahasiswaku “Nyangkut” di Situs Jasa Pembuatan Skripsi

Seorang mahasiswa saya — yang sudah menjadi alumni — melaporkan bahwasanya makalah teman seangkatannya yang mengambil kuliah Matematika Diskrit yang saya ampu tertera di dalam situs jasa pembuatan skripsi yang tautannya dapat diklik di sini. Makalah-makalah tersebut diambil dari situs saya yang laman webnya ini.

FYI, pada setiap kuliah yang saya ampu di ITB ada tugas membuat makalah pada akhir semester. Jika Dikti baru-baru ini mewajibkan mahasiswa S1 menulis makalah sebagai syarat kelulusan sarjana, maka mahasiswa-mahasiswa saya sudah lama membuat makalah yaitu sejak tahun kedua kuliahnya. Menulis makalah sudah saya biasakan sejak dini agar mereka trampil mengkomunikasikan pengetahuan yang diperolehnya kepada orang lain. Bentuk komunikasi pengetahuan yang tertulis adalah melalui penulisan makalah.

Agar makalah yang mereka buat bermanfaat bagi orang lain — jadi tidak hanya sekedar makalah yang setelah saya baca dan saya nilai dibuang atau ditumpuk di gudang — maka semua makalah itu saya publikasikan secara daring di internet melalui situs web saya. Istilahnya berbagai (sharing) ilmu kepada orang lain. Nah, makalah-makalah yang anda lihat di dalam situs jasa pembuatan skripsi di atas berasal dari situs web saya tersebut.

Bagi saya tidak masalah makalah-makalah itu diunduh oleh siapapun lalu dikoleksi ke dalam situs web lain asalkan sumbernya disebutkan. Kita pun kaum akademisi melakukan hal serupa, yaitu mencari makalah-makalah yang kita inginkan melalui mesin pencari, kemudian mengunduhnya untuk kebutuhan pembuatan skripsi, tesis, disertasi, atau makalah ilmiah. Hal yang harus kita pegang teguh adalah menuliskan semua referensi makalah yang kita gunakan sebagai bahan kutipan di dalam daftar pustaka. Begitulah cara kita menghargai karya orang lain, sehingga apa yang kita tulis memiliki keterkaitan dengan karya kecendekiaan orang-orang sebelumnya.

Jika makalah mahasiswa yang saya unggah ke Internet digunakan sebagai referensi saya pikir tidak apa-apa. Tetapi, jika disalahgunakan pihak lain, misalnya untuk plagiasi, disitulah masalahnya. Ada pelanggaran etika dan hukum di situ. Namun demikian, saya tetap merasa kurang nyaman kumpulan makalah mahasiswa tersebut nyangkut di situs jasa pembuatan skripsi, apalagi tidak menyebutkan sumbernya dari mana. Membaca nama situsnya saja saya sudah enek, apalagi melihat daftar makalah para mahasiswa saya ada di sana, tambah enek lagi. Namun saya juga tidak bisa mencegah siapapun mengunduh makalah tersebut, itu sudah resiko mempublikasikan makalah secara daring. Tanpa makalah para mahasiswa saya pun mereka bisa mengunduh makalah di situs lain lain yang jumlahnya ratusan ribu buah di Internet. Bedanya makalah para mahasiswa saya itu berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah dipahami bagi mahasiswa yang kurang suka membaca tulian dalam Bahasa Inggris. Yang perlu diedukasi kepada kaum akademisi (mahasiswa, dosen, peneliti) adalah bagaimana menegakkan etika dalam penulisan karya ilmiah. Silakan unduh, baca, dan pelajari, taetapi jangan melakukan plagiasi.

Saya tidak bisa menghentikan proses publikasi makalah para mahasiswa saya ke Internet. Kegiatan publikasi ini sudah berlangsung hampir selama sepuluh tahun. Dengan cara mempublikasikan makalah secara daring di Interner, ada manfaat lain yang diperoleh. Plagiasi dapat dilacak dengan mudah, sebab dengan menggunakan mesin pencari maka seorang dosen atau reviewer dapat mendeteksi apakah makalah atau karya skripsi tersebut merupakan jiplakan dari karya orang lain.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Ketika Makalah Mahasiswaku “Nyangkut” di Situs Jasa Pembuatan Skripsi

  1. Muliawan Johor berkata:

    Setelah membaca tulisan tentang ini (di surel saya 15 April). Saya juga “enek” tindakan tidak terpuji yang dilakukan orang/kelompok yang melampaui batas ini. Semoga Bapak sabar dan bertindak untuk mencegah hal ini tidak terulang lagi. Saya hanya dapat membantu dengan mencantumkan tautan laman Bapak di laman mereka.

  2. petra berkata:

    setuju, pak.
    temen2 juga ada yg komplain serupa. tapi saya kira juga gak terlalu masalah. kalau emang niatnya sudah plagiat, mau ngepublish makalah pakai sistem webnya IEEExplore pun tetap aja bisa diplagiat.

  3. Albadr Nasution berkata:

    Wah baru tahu saya ada yang separah ini. Makalah 2008 belum ada tapi ya, hehe…
    Oh iya pak, di situs itu gak bisa diunduh pak makalahnya. Cuma ada daftarnya saja yang dicomot dari situs bapak, tanpa sumber tentunya. Entah apa maksudnya, (suudzonnya) kemungkinan cuma untuk pamer seolah-olah itu daftar judul skripsi IF yang udah berhasil mereka bina. Kok bisa-bisanya…

  4. Ping balik: Sesuatu yang Sepertinya Menarik | Blog Kemaren Siang

  5. sunaryoo berkata:

    Mantaap postingannya :)
    Referensi algoritma dan judul skripsi gratis: http://sunaryoo.wordpress.com/unduhan/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s