Terkenang Lagu Anak “Belaian Sayang”

Kemarin hujan turun sore hari. Sebelumnya langit memang terlihat gelap pertanda sebentar lagi hujan akan turun. Benar saja, tidak lama kemudian hujan turun dengan derasnya. Saya melihat ke arah jendela, air hujan serasa ditumpahkan begitu saja dari langit. tiga orang anak saya sedang tidur dengan nyenyaknya dalam satu ranjang, bersusun-susun antara adik dan kakak.

Saya pandang wajah anak-anak itu, ingatan saya kembali melayamg pada tahun-tahun yang silam ketika mereka masih bayi atau balita. Setiap kali hujan saya terkenang dengan lagu dendang pengantar tidur yang saya nyanyikan ketika mereka akan tidur. Seperti yang pernah saya ceritakan pada tulisan terdahulu, lagu Timang-timang adalah favorit saya untuk didendangkan. Sambil mendekap anak dalam pelukan, saya timang-timang dia dan saya mulai menyanyikan lagu itu hingga dia tertidur lelap. Bahkan, ketika anak saya sedang sakit panas dan dia selalu menangis tidak bisa tidur, dendang lagu semacam itu tidak lupa saya nyanyikan dengan mata yang basah. Sungguh berat hidup ini, Nak.

Nah, selain lagu Timang-timang, saya juga sering mendendangkan lagu Belaian Sayang yang ditulis oleh almarhum Bing Slamet. Lagu melankolis ini pas benar dinyanyikan ketika hujan turun. Sunggu menyentuh bait-bait dan irama lagunya. Begini syairnya:

Waktu hujan turun
rintik perlahan
bintangpun menyepi
awan menebal

Kutimang si buyung
belaian sayang
anakku seorang
tidurlah tidur

Ibu mendoa
ayah menjaga
agar kau kelak
jujur melangkah

Jangan sampai lupa
tanah pusaka
tanah air kita
Indonesia

Saya cari-cari lagu tersebut di Youtube, ketemu ini yang dinyanyikan oleh grup Elfa Secoria. Sangat pas dinyanyikan oleh penyanyi itu, sangat menyentuh rasanya. Tak terasa mata saya basah menahan keharuan.

Satu klip video lagi dengan lagu yang sama di bawah ini, mengingatkan pada kita betapa anak-anak itu adalah amanah titipan Ilahi yang perlu kita jaga. Masa kecil anak adalah usia emas yang menjadi kenang-kenangan indah bagi ayah dan ibu.

Tulisan ini dipublikasikan di Lagu yang berkesan, Pengalamanku. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s