Institut Teknologi Sumatera (ITSum) Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ini

Ini kabar baik bagi anda yang tidak lolos SNMPTN tetapi ingin kuliah di PTN. Dua perguruan tinggi negeri baru telah dibentuk Pemerintah tahun ini dengan role model masing-masing dari dua institut teknologi terkemuka, ITB dan ITS. PTN pertama adalah Institut Teknologi Sumatera di Lampung, dan PTN kedua adalah Institut Teknologi Kalimantan di Balikpapan. Institut Teknologi Sumatera berafiliasi dengan ITB, sedangkan yang di Kalimantan berafiliasi dengan ITS.

Kampus Institut Teknologi Sumatera yang di Lampung (belum ada nama resminya) mulai dibangun tahun ini dan diperkirakan selesai ada tahun 2014 (baca beritanya di sini). IT Sumatera akan menjadi kembaran ITB, karena role model-nya seperti ITB. Saya mendapat info dari Pak Rektor ITB, di IT Sumatera akan dibuka Program Studi Fisika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Geodesi, Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi), dan Kewirausahaan (SBM?).

Meskipun kampus IT Sumatera belum ada, namun penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai tahun ini. Penerimaan mahasiswa barunya setelah pengumuman SNMPTN 2012 melalui seleksi khusus. Sambil menunggu kampus di Lampung selesai dibangun, mahasiswa baru akan kuliah di kampus ITB Jatinangor selama dua tahun, dan pada tahun 2014 mereka dipindahkan ke Bandar Lampung.

Saya mendengar ada beebrapa kandidat calon lokasi IT Sumatera (sebelum akhirnya diputuskan di Lampung), yaitu Batam, Pekanbaru, Jambi, dan Bengkulu. Namun, Kemendikbud memfokuskan pada Sumatera Bagian Selatan, sehingga mengerucut pada Bandar Lampung dan Palembang, dan akhirnya diputuskan di sekitar Bandar Lampung (kawasan Sukarame). Pemilihan kampus IT Sumatera di Lampung tentu dengan berbagai pertimbangan. Yang saya dengar salah satu pertimbangannya (CMIIW) karena Lampung adalah provinsi di Sumatera dengan penduduknya yang lebih heterogen, sebab di provinsi ini keragaman suku bangsa dan budaya lebih bervariasi. Mungkin juga karena kriteria lain seperti ketersediaan lahan, RTRW, PDRB, IPM, industri, kelengkapan infrastruktur, dan lain-lain. Yang lebih tahu alasannya tentu Dikti/Kemendikbud.

Kalau saya sih kepinginnya IT Sumatera itu lokasinya tepat di pertengahan Pulau Sumatera, yaitu antara Jambi dan Sumatera Barat, syukur-syukur di Bukittingggi supaya “B” nya tetap sama dengan ITB, yaitu Bukittinggi dan Bandung, selain itu udaranya sama-sama sejuk seperti di Bandung sehingga cocok untuk belajar. Tetapi, kayaknya Bukittinggi sulit untuk dipilih ya karena kawasan barat Sumatera adalah daerah rawan gempa.

(Update tanggal 7 Juli 2012: Pendaftaran Institut Teknologi Sumatera sudah dibuka, silakan baca tulisan saya ini: Info Pendaftaran Mahasiswa Baru “Institut Teknologi Sumatera” (ITERA) atau www.itera.itb.ac.id)

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

17 Balasan ke Institut Teknologi Sumatera (ITSum) Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ini

  1. nanan^^ berkata:

    pak mau nanya…
    ITSum ini ada jurusan apa saja?
    dan bagaimana persyaratan pendaftrannya???
    makasih pak…

    • Rinaldi Munir berkata:

      Baca lagi tulisan di atas, sudah saya jelaskan jurusannya apa saja. Kalau teknis pendaftarannya saya tidak tahu, mungkin nanti panitia ITSum yang akan mengumumkan,

      • nicko indo pratama berkata:

        yth. Bpk Rinaldi Munir
        saya ingin bertanya untuk jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) tahun ini menerima berapa murid.?? dan itu diploma atau sarjana??
        mohon jawabanya..

      • rinaldimunir berkata:

        Tahun lalu Program Studi PWK menerima mahasiswa sekitar 40-an orang, tahun ini mungkin sekitar segitu atau mungkin lebih. Semua program Studi di IT Sumatera adalah sarjana (S1).

  2. Ibrahim F Burhan berkata:

    Di kalimantan juga pak Rin baru dibuka ITK (Institut Teknologi Kalimantan) di Balikpapan, yang menyiapkannya adalah dari ITS

  3. ella_kudo berkata:

    Kalo di Bandar Lampung jg bisa jadi ITB kok pak.. sama2 diawali “B” :D

  4. Joni Gusmali berkata:

    Bisa juga di Baso 10 km dari Bukittinggi, dan hawa mirip Bandung

  5. Ping balik: Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi Sumatera (ITERA) | Catatanku

  6. frischa Sonawaty berkata:

    di It sum apa boleh menggunakan bidik misi? atau beasiswa lainnya. asal sma saya dari bandung

  7. Putra Frogger berkata:

    Sebenarnya yang lebih ‘mirip’ dengan Bandung itu daerah Sumberjaya di Kab.Lampung barat. Dengan suhu udara, penduduk sekitar yang bersuku sunda, kulinernya, adat istiadat, bahasa yang dipergunakan itu dominan Indonesia ama Sunda… wkwkw :D kalo enggak percaya datang aja..

  8. Albadr Nasution berkata:

    Reblogged this on Blog Kemaren Siang and commented:
    Mau ngerasain kuliah di ITB walaupun nggak masuk ITB? Ikuti (dan lulusi) ujian masuk Institut Teknologi Sumatera (ITERA). ITERA ini adalah universitas yang dibangun oleh dan berafiliasi dengan ITB. Letaknya di Lampung (tempat saya besar tuh, yee) pula. Sementara bangunan kampus di bangun, mahasiswa ITERA akan berkuliah di kampus ITB Jatinangor. Asyik kayaknya, kan?

  9. Oscar Hutagaluh berkata:

    Menurut saya sebenarnya Insitut Teknologi Sumatera lebih cocok dibangun di Riau dengan nama INSTITUT TEKNOLOGI RIAU (ITR) dengan alasan bebas gunung merapi, dekat dengan negara tetangga (Malaysia) dan namanya tida sama dengan sebelumnya seperti ITS, ITB. DIKTI tuga agar membangun Institut Teknologi Makassar (ITEMA) dan Institut Teknologi Sambas (ITESA) Kalimantan Barat karena berbatasan langsung dengan Malaysia

  10. Ayrus Fillah berkata:

    Pak, saya mau tanya,. kalai prodi s1 matematika nya kapan dibuka? apa pas beroperasi th. 2014? saya ada baca web di itb, kalo mereka merencanakan 5 fakultas dgn 25 prodi, dan matematika salah satunya. Trims

  11. rio berkata:

    pak apakah tahun 2014 ini mahasiswa itera udah pindah kelampung apa belum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s