Membicarakan Hasil SNMPTN 2012

SNMPTN 2012 sudah selesai, pengumuman kelulusan sudah, pendaftaran ulang juga sudah. Setelah libur Idul Fitri nanti awal perkuliahan semester baru Tahun Ajaran 2012/2013 akan dimulai di sebagian besar PTN.

Menarik juga mengetahui hasil SNMPTN 2012, khususnya dari jalur ujian tulis. Menurut berita dari sini, lima perguruan tinggi negeri yang nilai-rata SNMPTN-nya tertinggi adalah sebagai berikut:

Rata-rata nilai tertinggi kategori IPA:
1. ITB (758,3)
2. UI (735,4)
3. UGM (677,63)
4. ITS (675,53)
5. Unair.

Rata-rata nilai tertinggi kategori IPS:
1. UI (688,38)
2. ITB (665,67) –> SBM dan FSRD
3. UGM (643,24)
4. Unpad (631,77)
5. Unair (629,89).

Rata-rata nilai tertinggi itu artinya semua nilai skor yang lulus di PTN bersangkutan dijumlahkan lalu dibagi dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima. Jika skor rata-rata itu diurutkan maka dihasilkan urutan PTN seperti di atas.

Untuk nilai tertinggi SNMPTN 2012 IPA berada di program Studi Pendidikan Kedokteran UI dengan skor 927,14. Untuk IPS juga terdapat di Program Studi Akuntansi UI dengan skor 826,05. Dikutip dari berita tersebut, untuk PTN di Pulau Sumatera, kategori program IPA posisi pertama ditempati Universitas Andalas (Unand) dengan skor 578,28, kemudian Universitas Sumatera Utara (USU) dengan skor 578,20, selanjutnya Universitas Lampung (Unila) dengan skor 566,45. Pada program IPS, posisi pertama ditempati USU dengan skor 62,87, kedua Unand dengan skor 597,34, dan ketiga Unila dengan skor 589,85.

Berita di Lampung Post itu sama dengan paparan Rektor ITB pada acara buka puasa bersama di fakultas saya beberapa hari yang lalu. Di bawah ini tabelnya:

Dari tabel di atas (kategori IPA), nilai skor minimal yang diterima di ITB adalah 672,28 dan nilai maksimal yang diraih calon mahasiswa baru ITB adalah 916,14.  Nilai rata-rata seluruh mahasiswa yang diterima di ITB adalah 758,34.

Khusus untuk mahasiswa baru ITB 2012, saya lebih tertarik melihat distribusi asal propinsi mahasiswa baru. Ternyata mahasiswa baru ITB 2012 tetap didominasi dari Jabar dan DKI. Hmmm… saya belum puas dengan distribusi ini karena mahasiswa ITB masih belum merata dari seluruh Indonesia, belum dari Sabang sampai Merauke seperti IPB Bogor. Apakah hal ini menggambarkan kualitas pendidikan di Indonesia yang hanya berpusat di Pulau Jawa dan Sumatera saja? Atau calon mahasiswa takut masuk ITB karena isu uang pangkal 55 juta? Atau calon maahsiswa lebih memilih PTN di daerahnya daripada ITB? Wallahualam.

Tujuh besar provinsi penyumbang mahasiswa terbanyak:
1) Jabar
2) DKI
3) Jateng
4) Sumut
5) Jatim
6) Banten
7) Sumbar

Grafiknya adalah seperti di bawah ini:

Menariknya adalah ada dua SMA yang mendominasi masuk ITB. Kedua sekolah itu adalah SMA Negeri 8 Jakarta dan SNA Negeri 3 Bandung. Dari kedua sekolah itu ratusan orang yang diterima di ITB. Data siswa sekolah tersebut yang diterima di ITB dapat dilihat di sini: SMA 8 Jakarta dan SMA Negeri 3 Bandung. Siswa dari kedua sekolah itu seperti pindah sekolah saja ke ITB, memang dua sekolah yang unggul karena input-nya juga bagus.

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan, Seputar ITB. Tandai permalink.

17 Balasan ke Membicarakan Hasil SNMPTN 2012

  1. garien berkata:

    wah … ini berita sngt menarik.
    Ternyata ITB Passing_Grade-nya Tertinggi untuk Kategori IPA maupun IPS. Passing Grade (PG) IPA ITB (672,98) dan PG IPS ITB (606,23). Jika “keharusan” mengisi formulir kesanggupan bayar uang pangkal 55 jt (Non-SBM) dan 80 jt (SBM) dihilangkan (walaupun bisa byr 0% 20% … dst), maka kemungkinan besar yg daftar ke ITB akan sangat banyak dan distribusi mhs yg berasal dari seluruh Provinsi pun akan relatif terpenuhi. ITB mhsnya relatif cerdas-cerdas, apalagi dosennya ya seperti Pak DR. Ir. Rinaldi Munir sbg dosen teladan di STEI – ITB. Alhamdulillah.

    • Itu ITB sudah memasukkan ex-UNWIM belum?
      di UI dan UGM ada jurusan/prodi yg menyumbang nilai rendah (prodi kurang peminat)

      kalau soal SMA, kayaknya memang SMA di daerah yg mendominasi, misalnya kalo gak salah, UGM didominasi SMA 1 Yk (80% UGM, 14% ITB, SMAnya Dr. Y. Bandung-Dr. Agung Harsoyo, Dr. Kuspriyanto, Dr. Bambang Riyanto-STEI, Dr. Joko Sarwono-TF, dll), ITS SMA 5 Sby, UNDIP SMA 3/SMA 1 Semarang, UNIBRAW-SMA 3 Malang, dst

  2. anton p berkata:

    Nilai tersebut sebenarnya menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.
    Biasanya nilai rata2 ITB diatas 800-an tapi sekarang jadi 700-an.

  3. garien berkata:

    Merujuk kpd tabel paparan Rektor ITB di atas (nilai minimum kolom tabel paling kanan), seharusnya Urutan Passing Grade (nilai terendah yang diterima) di PTN adalah :

    Kelompok Ujian IPA
    1. ITB (872,98)
    2. UI (632,05)
    3. ITS (567,88)
    4. IPB (548,9)
    5. UGM (548,26)
    6. UIN Jkt (545,68)
    7. UNAIR (539,23)
    8. UNPAD (530,3)
    9. UNS (509,67)
    10. UNDIP (504,22)

    Kelompok Ujian IPS
    1. ITB (606,23)
    2. UI (537,15)
    3. UNSOED (527,98)
    4. UNPAD (525,42)
    5. UNAIR (524,09)
    6. UGM (519,28)
    7. UB (UniBraw) (514,56)
    8. UNDIP (499,77)
    9. UNS (474,51)
    10. UNY (473,38)

  4. Uca berkata:

    kalo anak2 dari daerah kebanyakan masih belum pede dalam memilih tempat kuliah, dan takut dengan biaya yang tinggi, Pak Munir.

  5. abdul berkata:

    Wah pak, saya masih bingung sama cara penghitungan nilai nasional SNMPTN, bisa dijelaskan pak? Terima kasih

  6. Kilam berkata:

    hahaha di universitas indonesia bayarnya lebih mahal coy susah masuknya apalagi di UI INTER

  7. Roy berkata:

    saya setuju dengan pendapat admin yang harus meratanya mahasiswa dari sabang sampai merauke di universitas favorit seperti IPB. Mungkin dari semua Universitas favorit, IPB lah yang paling murah biayanya tapi bukan berarti murahan. ini sebagai wujud nyata untuk mengembangkan pendidikan terutama bidang pertanian Indonesia dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri dan yang pasti harus dari sabang sampai merauke.

  8. fikri azali berkata:

    kenapa ipb bisa merata???

  9. Mada Regatha berkata:

    cara menghitungnya gimana sih . kok bisa sampe ratusan bukan persenan ,?

  10. bagaimana cara menghitung nilai nya.ko bisa didapat 900-an…

  11. iya nilai nya itu dari mana dapet nya koq bsa 600 ,700 ,ampe 900 an ?

  12. Ping-balik: 50% Kuota Mahasiswa ITB untuk Jawa Barat? | Catatanku

  13. Bapak Djunaidi berkata:

    SMAN 8 Jakarta……inputnya aja udah bagus
    Liat aja WIKIPEDIA 2013 :
    Terendah 9,388 (2013)
    Tertinggi 9,800 (2013)
    Rata rata 9,502 (2013)
    WIKIPEDIA 2013 ya……parah banget tuh.
    Padahal nilai lg turun UN gara2 20 variasi soal UN
    Dan tingkat kesulitan dinaikin 20%….tapiGAK NGARUH…tetep aja INPUTnya gila gila
    Dikala sekolah lain hampir seluruhnya turun…..ckckckkk…..parah

  14. Febby Kemanggisajn berkata:

    SMAN 8 Jakarta…………. Bagus banget

    WIKIPEDIA 2013 :
    Passing Grade
    UN terendah …. 9,388 (2013)
    UN rata-rata …. 9,502 (2013)
    UN tertinggi …. 9,800 (2013)

    OSN 2013 di bandung : 4 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu

    PTN 2013 : Tembus 91,84% = 384 anak dari 417 anak
    UI 222, ITB 115, UGM 41

    Kedokteran UI (FK UI) 2013, tembus 26 anak

    SNMPTN jalur Undangan, PPKB UI, Talent Scouting 2013 tembus 132 anak

    10 Besar UN SMA 2013 se Indonesia (rata2 UN SMA : 8,74)

    Ada 2 (dua) siswi putri masuk 10 Besar UN tertinggi SMA se Indonesia 2013 :
    Gracia Isaura Laurensia ( rata2 UN 9,75) masuk ITB
    Sarah Aliya Firnandya ( rata2 UN 9,73) masuk UI (teknik Metalurgi)

    Peringkat 2 Sekolah dgn Toillet terbersih dan tersehat se SMA Jaksel 2013:
    Peringkat 1 nya SMA Labschool Kebayoran

    Tahun 2014 : UN 2014 aja belom, 4 siswa SMAN 8 Jkt sdh di terima BEASISWA “Monbugokashu JEPANG” 2014.
    (ke 4 siswi tersebut cewek semua)..

    Angkat Topi dehhh sama sekolah ini.

    Muridnya Cerdas, Istimewa, Berbakat dan pintar-pintar semua

  15. Siswoyo berkata:

    Gila ya 8 Bukit Duri. Smandel parah banget input-inputnya. Bagus-baguuusss. Ibarat orang mau kawin, cari jodoh “BIBIT, BEBET, BOBOT” hahahaaaa….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s