Lebaran Tanpa Orangtua

Besok adalah Hari Raya Idul Fitri 1433 H/2012 M. Ini lebaran pertama saya tanpa ada orangtua di dunia ini. Tahun lalu ibu saya sudah pergi untuk selama-lamanya, sedangkan ayah saya sudah berpulang pada tahun 2004. Tentu saja ada rasa sedih yang mendalam pada saat hari bahagia ini ketika orang-orang berkumpul dengan bersilaturahmi dengan orangtuanya, maka saya cukuplah bersama anak dan istri saja di rumah.

Saya masih ingat pada tahun lalu, sekitar bulan Juli 2011, ibu saya berkeinginan untuk berpuasa bersama saya di Bandung. Mengingat kesehatan ibu yang kurang baik (sudah susah berjalan), saya katakan tidak usah saja, biar nanti pada Hari Raya Idul Adha saja ke Bandung, karena istri saya pada saat itu menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Namun, ibu saya tetap bersikeras untuk ke Bandung pada bulan puasa (Juli). Ternyata itu adalah firasat tanda perpisahan untuk selamanya, itulah Ramadhan terakhir dan lebaran terakhir bersama ibu saya. Tuhan sudah mengatur semuanya, dan skenario hidup yang kami alami adalah seperti itu. Allahu Akbar, Allah masih memberi kesempatan kepada saya berhari raya bersama ibu pada tahun lalu.

Tentu saya tidak perlu larut dalam kesedihan. Dunia ini fana. Kehidupan ini ada saat datang dan saatnya pergi. Mungkin inilah suratan takdir yang harus dijalani setiap manusia. Sebelum bulan puasa tahun ini saya sempatkan pulang ke Padang untuk berziarah di makam orangtua. Rasanya plong hati ini dapat berziarah ke kubur mereka.

Sekarang hanya doa yang bisa saya panjatkan kepada mereka. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa mereka, lapangkanlah kubur mereka di alam barzah, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga-Mu. Amiin.

Tulisan ini dipublikasikan di Renunganku. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lebaran Tanpa Orangtua

  1. irsyad berkata:

    terharu saya membaca bait demi bait tulisan bapak.
    terima kasih telah terus berkarya dengan menulis.
    semoga tulisan bapak dapat menjadi amal ibadah bapak kelak. amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s