Kalimat Negatif Memberikan Efek Besar Terhadap Otak

Dalam kehidupan ini perkataan orang yang bernilai negatif terhadap diri kita lebih membekas daripada pujian. Cacian, umpatan, dan kata-kata kasar lebih lama hilangnya daripada kata-kata yang manis-manis. Begitu pula kritikan, jika kita dkritik maka kritikan itu akan sering terngiang-ngiang dan sulit dilupakan. Hal ini karena kita lebih sering memikirkan kata-kata negatif itu ketimbang memikirkan kata yang baik-baik. Diri kita seolah tidak bisa menerima dikatakan yang buruk-buruk.

Hasil penelitian dr John Cacioppo dari Universitas Chicago menemukan bahwa, seperti dikutip dari artikel ini, “kalimat negatif memberikan efek besar terhadap otak. Dampak ini disebut negative bias. Karena itu, kritikan akan lebih membekas di ingatan dibanding pujian”.

Jika kalimat negatif diucapkan orangtua kepada anak yang masih kecil maka efeknya bisa fatal. Janganlah sekali-sekali mengucapkan kepada anak kata-kata seperti ini: “kamu bodoh”, “kamu pemalas”, “kamu pandir”, “kamu pelawan”, “kamu pembohong”, “kamu tidak berguna”, dan sebagainya. Kata-kata itu akan membekas tertanam pada otak si anak dan selalu diingatnya. Dia akan mempercayai kata-kata dan merasa dirinya memang seperti yang diucapkan tadi. Dia akan menganggap dirinya memang bodoh, pemalas, pandir, pembohong, suka melawan, tidak berguna dan sebagainya. Anak mengidentifikasikan dirinya dengan sifat negatif dan hal ini terbawa sampai dia besar nanti.

Dalam ajaran Islam, kata-kata yang diucapkan orangtua kepada anaknya itu sama dengan doa, dan doa orangtua itu lebih makbul dan diijabah oleh Allah SWT. Oleh karena itu orangtua harus berhati-hati dalam berkata kepada anak, salah-salah nanti anak menjadi seperti apa yang anda katakan. Ucapkanlah kata-kata yang baik, kata-kata yang memberikan dukungan, semangat, pujian, dan sebagainya. Janganlah mengucapkan kata yang merendahkan anak, yang membuat dia ciut, atau yang membuat dia merasa rendah diri jika besar nanti.

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

9 Balasan ke Kalimat Negatif Memberikan Efek Besar Terhadap Otak

  1. 3ka mariah berkata:

    like

  2. putra69 berkata:

    insya alloh …akan diperbaiki.tulisannya sangat bermamfaat,trims

  3. ri2-n berkata:

    betul betul betul…. siap amal dan sampaikan insya Allah !

  4. Lintang berkata:

    Wah benar banget tuh,
    kata2 memang harus dijaga

  5. Ayuni berkata:

    Saya sendiri sudah berumur 16 th. Dri kecil org tua saya sudah sering mengucapkan kt yg kasar. Dan akhir2 ini, stiap org tua sy brkt kasar sy selalu mengembalikan ucapanny. Dan mereka bilang sy anak pembangkang krn itu.
    Apa yg sy lakukan salah? Sy hny ingin mrk mrskan apa yg slm ini mrk katakan pada sy.

  6. rumiyanti berkata:

    :)…sungguh menyedihkan anak-anak yang mengalami hal seperti ini,,,dia sudah menganggap dirinya jadi serba negatif>>>boleh sharing donk…gmn cara mengembalikan citra diri anak-anak tersebut ke citra diri yang positif…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s