Kabar Baik, SNMPTN 2013 Tidak Jadi Dihapus

Ini kabar baik bagi siswa SMA kelas terkahir dan alumni SMA yang gagal lulus SNMPTN 2012. Mereka selama ini galau dengan rencana DIKTI untuk menghapus SNMPTN jalur ujian tulis (Baca tulisan saya terdahulu: Tidak Ada Lagi “SNMPTN Ujian Tulis” pada Tahun 2013?). Ternyata pemerintah tidak jadi menghapus SNMPTN jalur ujian tulis pada tahun 2013 dengan pertimbangan tidak adil bagi siswa yang sudah lulus SMA pada tahun sebelumnya. Baca berita selengkapnya di bawah ini.

Bagi saya pribadi, seleksi melalui jalur ujian tulis tetap merupakan cara yang paling fair dan memenuhi asas keadilan bagi semua orang. Untunglah Pemerintah mendengar keluhan dari pelaku pendidikan yang merasa prihatin dengan rencana Pemrintah yang selalu berubah-ubah itu. Namun demikian saya tetap menyayangkan porsi jalur ujain tulis hanya 30%, seharusnya lebih besar dari 30% dan jalur undangan porsinya tidak perlu banyak, sekitar 20% saja saya kira.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Rabu, 10 Oktober 2012 , 05:05:00
SNM PTN Jalur Ujian Tulis Tidak Jadi Dihapus
Kuota Jalur Ujian Tulis 30 Persen, Jalur Undangan 50 Persen

Sumber: http://www.jpnn.com/read/2012/10/10/142716/SNM-PTN-Jalur-Ujian-Tulis-Tidak-Jadi-Dihapus-

JAKARTA – Rencana pemerintah menghapus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis dibatalkan. Tahun depan 30 persen dari total kuota mahasiswa baru, sekitar 120 ribu kursi, dialokasikan untuk saringan SNM PTN jalur ujian tulis.

Skenario penghapusan SNM PTN jalur ujian tulis sempat mencuat setelah pelaksanaan SNM PTN 2012 beberapa waktu lalu. Saat itu, pemerintah membagi seleksi masuk kampus negeri hanya melewati SNM PTN jalur undangan sebesar 60 persen dari kuota mahasiswa baru nasional dan seleksi jalur mandiri sebesar 40 persen.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menuturkan, skenario awal pembagian saringan masuk calom mahasiswa baru tadi sudah dikoreksi. “Aturan tadi tidak berpihak pada lulusan SMA yang lama (bukan tahun berjalan, red),” ujar dia.

Rochmat mengatakan, jika skema tadi dijalankan, maka yang berhak mengikuti SNM PTN jalur undangan hanya lulusan SMA tahun berjalan saja. “Ini tidak adil,” kata dia. Karena menutup kesempatan lulusan SMA dua tahun sebelumnya.

Akhirnya, komposisi seleksi masuk kampus negeri diperbaiki. Yaitu, kuota SNM PTN jalur undangan sebesar 50 persen, SNM PTN jalur ujian tulis sebesar 30 persen, dan jalur ujian mandiri (yang dilaksanakan masing-masing kampus) sebesar 20 persen.

Rochmat mengatakan, awalnya sempat muncul usulan jika kuota untuk SNM PTN jalur ujian tulis cukup sepuluh persen saja. Namun, usulan ini akhirnya tidak diterima. “Jadi ini sudah tetap. Kuota untuk SNM PTN jalur ujian tulis sebesar 30 persen,” katanya.

SNM PTN jalur ujian tulis ini tetap akan diikuti lulusan SMA tahun berjalan, hingga lulusan dua tahun sebelumnya. Dengan demikian, lulusan SMA yang lama masih memiliki peluang untuk masuk ke PTN melalui jalur SNM PTN.

Di bagian lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menuturkan, skema baru ini diharapkan berjalan dengan baik. “Kuota untuk SNM PTN jalur undangan yang kami tingkatkan menjadi 50 persen, jangan dianggap negatif,” kata dia setelah membuka Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Jakarta Selasa (9/10).

Ketika pemerintah meningkatkan alokasi untuk SNM PTN jalur undangan, yang menitikberatkan hasil rapor dan unas, banyak pihak yang merespon negatif. Menurut mereka, hasil evaluasi rapor dan unas tidak bisa untuk menjadi acuan pemetaan kemampuan calon mahasiswa.

“Sekarang yang mau menerima mahasiswa (PTN, red) menerima kok. Apakah yang protes itu yang akan menampung mahasiswa baru?” ujar menteri asal Surabaya itu. (wan)

Berita terkait lainnya: http://hariansinggalang.co.id/2013-snmptn-tidak-jadi-dihapus/

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

120 Balasan ke Kabar Baik, SNMPTN 2013 Tidak Jadi Dihapus

  1. Ping balik: Tidak Ada Lagi “SNMPTN Ujian Tulis” pada Tahun 2013? | Catatanku

  2. Ping balik: Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Tahun 2013 Berdasarkan Nilai UN dan Rapor | Catatanku

  3. Eva berkata:

    Have a good day yah …

    • Bheny Aland berkata:

      .. saya kira ini peraturan sampah..
      karena dengan ditetapkanknx prturan trsebut, maka peluang lulusan th 2011,2012. akan hilang..pemerintah sebaikx merevisi….

      • G.P berkata:

        benar tu gan.
        bodoh sekali mereka yg bwt persturan sperti itu.
        mlah seharus nya jstru yg ujian tulis lebih di prioritaskan.
        kita kan gk tw kongkalikong di SMA2.
        nah cobak ujian tulis, dsini la pmbuktian muncul ny bibit2 baru.

      • solidarsarumaha berkata:

        jadi untuk peluang tahun lulusan 2010 akan kah bisa melanjut ke negri atau hanya iming iming pemerintah yang semata atau hanya kebohongan aja…

  4. jufry buyung hafidz berkata:

    pak, kira2 itb pada undangan thn 2013 kuotanya berapa persen ya? Trims

  5. Raosan berkata:

    Kalu boleh tahu kenapa bapak berpendapat begini pak?,
    “dan jalur undangan porsinya tidak perlu banyak, sekitar 20% saja saya kira.”

  6. ina berkata:

    iya lebih adil jika ujian tulis persennya lebih banyak, :)

  7. hartina samosir berkata:

    trima ksh masih memberikan peluang untuk snm ptn kabar sangat baik.,.,. hal yg mencekam jika snmptn dihapus pak diknas.,, gamsamida.,.

    • generasi bangsa berkata:

      wah kalo SNMPTN tertulis dihapuskan,
      itu sama aja mengembalikan Indonesia ke jaman penjajahan dimana hanya anak pejabat-pejabat n keturunan darah biru saja yang bisa mengenyam pendidikan.
      karena kalau yang di liat cuman nilai Raport, UAS n UAN aja lebih gede peluang anak anak pejabat yng keterima di PTN, gara2 bisa nyogok guru or kepsek buat dongkrak nilai, ini mah udah jadi rahasia umum soalnya…
      apa Indonesia mau kembali ke jaman jahiliyah (MASA KEBODOHAN)?????
      Tolong untuk lebih bijaksana lagi demi Indonesia di masa depan.

  8. garien berkata:

    Maaf pak Rinaldi, sebenarnya Mendiknas (Mendikbud) M Nuh itu orangnya tidak konsisten, thn 2011 dia bilang akan menghapus Jalur Mandiri Masuk PTN (http://www.antaranews.com/berita/1295184479/mendiknas-hapus-jalur-mandiri-di-ptn), shg (waktu itu ITB sbg pelopor dan kemudian diikuti oleh UGM) langsung menghapus Jalur Mandiri tsb, tp sekarang kenyataannya ?

  9. syailendra berkata:

    kalau memang SNMPTN bwt th. depan jd d hapus maka pemerintah harus siap* mnampung bnyak pengangguran

  10. sena prayoga berkata:

    Pemerintah goblok ! Untuk masuk perguruan tinggi saja terus berubah ubah saringan masuknya. Masuk perguruan tinggi itu murni tes saringan masuk, kembali ke jaman umptn yg paling fair. Klo tidak mampu masuk tes seleksi kenapa harus banyak pintu? Apa supaya anak2 pejabat yg bodoh2 biar bs masuk ptn favorit? Biar nanti bisa lanjutkan warisan budaya korupsi?
    From: sena prayoga alumni itb.

    • hani berkata:

      Ya, saya sependapat dengan sena prayoga. Saringan masuk seperti tahun-tahun SNMPTN jalur mandiri memang menimbulkan banyak peluang untuk korupsi. main belakang. Siapa yang punya duit itu yang ‘bisa diatur’. KPK harus selidiki juga potensi korupsi ini.

    • kk berkata:

      setuju, khususnya anak pejabat dinas kota dan pejabat dprd, punya kuasa booo. maaf ,( anak-anak oknum guru juga ) , banyak yang sejak kelas 1 sma udah direkayasa lho. nilai rapot di dongkrak, ulangan supaya keliatan pinter udah dibisiki diam-diam soal yg bakal keluar, juga jawabannya… kan soal ulangan diprint dan diperbanyaknya di tata usaha bo, coba deh terjun ke sma-sma negeri di bandung…. udah kejadian kok, tapoi dibiarkan saja…….. biar anak-anak mereka sukses masuk jalur undangan.., masuk itb boooo, dan udah terjadi .

    • mida berkata:

      SETUJU ! apaapaan ini

      • kyura berkata:

        SETUJUUUU!!!!!!!!!!! anak yang pinter kalah sama anak yang berduit dan orang tuanya punya kuasa,,,,,, GAK MASUK AKAL

        anak – anak berprestasi di indonesia jadi pengangguran semua dong ?????? -_-

  11. aniz berkata:

    kpan indonesia akn lbih maju,kalau kesempatan anak bangsa untuk mengabdikan diri dgn prestasinya dipersempit,30% itu nilai yg kurg adil,bisakah ditingkatkan ?

    • suprayitno berkata:

      apa ada mas peraturan yang menguntungkan bagi banyak orang ?selalu saja ada yang merasa diuntungkan dan ada yang merasa dirugikan bukan kan ?

  12. taufiq kurnia berkata:

    berpikirlah yang cerdas “WAHAI PAK MENTERI”
    apakah bapak sudah yakin menghapus ujian tulis snpmtn?
    seharusnya kesempatan ujian tulis snmptn diperluas, kalau bisa jadi 100%
    soalnya kalau siswa yang betul-betul berprestasi di sekolahnya insya Allah akan lulus juga di ujian tersebut.
    Trims…
    tolong ambil kebijakan yang benAR pak menteri

    • Dwiky berkata:

      saya setuju sekali dengan usulan Pak Taufik intinya SNMPTN Ujian Tulis itu benar” bisa di andalkan untuk menjadi acuan kemampuan calon mahasiswa, kalau jalur undangan mah bnyak pertimbangan dan kecurangan yg bisa di lakukan, kasian siswa pedalaman dan yg miskin…
      Ingat Pak mentri siswa yang betul” berprestasi di sekolahnya juga InsyaAlah akan lulus pada Ujian SNMPTN…
      Tolong ambil kebijakan yg bijaksana untuk memilih generasi penerus negeri ini…

  13. TR berkata:

    ws sembarang angger nganut ae sg penting mlebu amin…………
    dinikmati ae …..

  14. ramad berkata:

    Satu-satunya jalur masuk yang paling fair dan mendapat input berkualitas adalah lewat tes terbuka dan serentak seperti snmptn. Nanti akan terlihat perbedaan kualitas antara yang masuk dengan undangan dan yang masuk dengan snmptn jika kuota undangan diperbesar.

  15. joring berkata:

    KITA ADALAH CALON MAHASISWA. Jangan cuma bisa protes. pemerintah itu ada untuk membuat keputusan keputusan yang fair. semua itu sudah dipikirkan dengan banyak pertimbangan. sudah banyak lulusan ptn yaitu sarjana yengir.
    padahal suatu saat nanti kita bakalan jadi pemerintah juga..

  16. Subagja berkata:

    Seyogyanya Pemerintah dalam mengambil keputusan melihat berbagai aspek kususnya keadilan dan kejujuran. Kuota SNMPTN Tulis sebaiknya 50%, Undangan 20 %, dan Ujian Mandiri 30%. Hal ini dirasa adil buat semua pihak khusunya untuk sekolah- sekolah didaerah terpencil mempunyai kesempatan besar dalam ujian tulis dibandingkan undangan dan Ujian mandiri yang lebih menguntungkan sekolah- sekolah yang maju dan ekonomi yang tinggi. Selain itu SNMPTN Tulis merupakan saringan masuk PTN yang cukup adil dan berkualitas dalam menyaring siswa- siswa berpotensi karena semua orang punya kesempatan yang sama, tanpa melihat latar belakang ekonomi, jabatan atau lainnya. Di dalam SNMPTN Tulis yang dilihat benar- benar murni kemampuan siswa. Jadi tolong dipertimbangkan lagi Bapa Menteri kalau mau negara kita lebih baik dan terhindar dari KKN.

  17. brian berkata:

    jalur masuk SNMPTN sangat lebih efektif dari segi kualitas calon mahasiswa yang masuk tersebut. tidak semua undangan itu akurat dalam memilih calon mahasiswa yang berpotensi tinggi akreditas sekolahlah yang menjadi salah satu faktornya.

    • noone berkata:

      ya , guru negeri di kota banyak yang mata duitan , gampang sekali disuap , nilai rapot sejak semester 3 harus dipertanyakan keabsahannya. Banyak oknum mafia di sekolahan , termasuk penjaga sekolah juga sekarang jadi onum maling soal ulangan di sma negeri

  18. siswi berkata:

    Jadi semakin keliatan kalau SNMPTN jalur tulis adalah jalur yg paling FAIR ya..
    mereka tau kalau jalur SNMPTN tulis susah untuk dicurangi, makanya mau dihapus melulu…
    tapi akal”annya pinter jg ya,, gak jadi dihapus, tapi porsinya dikecilin.. yg jalur masuk anak p*jabat jadi 5%, trus jalur anak orang k*ya 2%….

    tpi denger” snmptn tulis itu susah bwt dicurangi, tpi bukan berarti GAK BISA DICURANGI, bener gak sih?

  19. Andri berkata:

    Bagaimana dengan siswa yang mengikuti snmptn tahun sebelumnya lolos tetapi tidak dilanjutkan karena berbagai hal,apakah masih bisa ikut snmptn tahun berikutnya?

  20. Herlambang berkata:

    bener” bodoh namanya tuh klo snmptn tulis d hapusin skrg aja ujian nasional juga gada yg murni kasihan tuh bagi orang” yg jujur kalah sama yg pnya uang, yang bsa beli bocoran,Kita lihat juga ujian mandiri yg isunya permainan uang gede”an yg bsa msk yaa tes mskmya cmn buat formal aj.Apalagi diprioritaskan yg pake nilai rapor ini gila lgi emang bsa dpastikan tuh nilai 8,9,10 hasil sendiri??,ini namanya pembunuhan karakter bikin produk calon koruptor” kecil.

    • noone berkata:

      Gan Herlambang, kalau mau tau, di bandung gak perlu pake duit, bocoran kunci jawaban gratisan , merebak dimana-mana, gampang dapetinnya, terutama 2011 dan 2012, sudah menjangkiti pelajar sejak 2007, dan kian parah kian tahun. BUkan hanya yang banyak duit gan, yang melarat juga sekarang bisa lolos nilai bagus. Masuk sekolah SMA favorit bergengsi .
      Jadi judulnya, bukan karena punya uang atau tidak, tapi virus patogen ” tidak jujur ” / lihai menipu/ culas/curang/pemalas/ itulah yang sudah menjangkiti semua kalangan. Baik dari yang banyak duit sampai yang tidak punya duit. Kalau jujur, biar banyak duit tetap jujur, biar miskin kalau jujur ,meski ditawarin bocoran kunci dan soal un gratis, tetap menolak.
      Parahnya sekarang semua lapisan, semua usia, kaum ibu dan bapaknya , dari pejabat, kepala sekolah, guru sampai tukang sapu sekolah, ikut bergerilya berburu kunci .jawaban dan bocoran soal. Malah ada yang malak demi kunci jawaban kenyataan bangsa kita, ironis sekali .

  21. iand berkata:

    alhamdulilillah deh kalo gajadi di hapus,
    Emang bner tuh kalo misal dihapus kan brarti yang bisa masuk UNIVERSITAS cuman anak2 SMA yang lagi aktif skolah…
    nah yang dah lulus n blon dapet UNIVERSITAS???
    keputusan yang bijak dari pemerintah, cz hanya SNMPTN itu 98% murni hasil sendiri dan ujian yang adil… :)

  22. acin berkata:

    Assalamualaikum Uda Rinaldi..
    ambo rang solok juo..nak batanyo saketek.
    ambo dulu ndak kesampaian masuk ITB, ..nah kalau bisa kamanakan bisa masuak ITB..
    dibaco porsi calon mahasiswa 30 % dari ujian tulis, 50 % dari undangan, 20 % dari jalur tes mandiri..
    nan ambo tanyokan baa caro mengikuti tes jalur mandiri tu Da ?,,,,,atau kalau ado jalur masuak nan lain nan indak dipublikasikan …..kalau mahasiswa bidik misi masuak jalur yg mano..tarimo kasih sabalunnyo Da..

  23. Giatta Lee Bido berkata:

    NO,,!!
    kalaw memang jalur undangan cuman 20%
    nanti yang belum lulus tahun ini bakal demo lagi
    jadi pemerintahnya lah yang galau gan.. :D

  24. daivan berkata:

    alhamdulillah… coba lagi ah~

  25. mifta berkata:

    waaah sulit skali kalau kuota snmptn jlur ujuian tulis cuma 30%
    pdahal itu merupakat tes yang paling akurat lo
    hmmmm pak mentri tolong direvisi lagi donk………………

  26. endang tirtana berkata:

    apakah berita ini benar
    saya setuju kalo snptn tidak jadi di hapus karna akan merepotkan bagi yg sudah alumni

  27. dra nurhayanti berkata:

    nem aja sdh biasa untuk direkayasa, apalagi raport,benar2 T I D A K A D I L, kalau kuota jalur tulis snm ptn dikurangi, lebih bangga masuk ptn lwt jalur tulis, akan banyak kecurangan2 yg direkayasa kalau kuota jalur undangan dinaikkan!!! pemerintah bukannya menekan kecurangan2, malah membuka lahan mereka2 yg terbiasa ” bermain” didunia pendidikan

  28. Faust Antoinette berkata:

    Banyak praktik pencucian nilai raport saat jalur undangan. KKM sekolah naik gila2an dari 75 menjadi 81. Terjadi ketidak adilan antara siswa program aksel yang memiliki KKM 85 sejak kelas X, kasarnya sebodoh2 anak aksel nilai di raportnya = 85. Bandingkan dengan program reguler & RSBI yang KKM nya lebih kecil. Anak2 yg dirasa kurang tdk boleh memilih PTN tertentu o/ guru ybs.

  29. iycha monita berkata:

    undangan, bisa di ubah nilainya dr SMA masing2, dan un bisa dpt bocora, HAHA masa undangan diperbanyak?
    memang hanya snmptn tulis yang fair :) mohon dipertimbangkan

  30. adit berkata:

    kenapa jalur undanga yang lebih besar peluang bohongnya justru dapat porsi 50% ? kualitasnya pun akan semakin merosot

  31. ika revita berkata:

    wahhh…. gabisa gitu…. kenapa porsi undangan di perbanyak… saya mahasiswi yang masuk lewat ujian tulis merasa sangat bangga bisa masuk lewat tes ujian tulis yang harus menghadapi ratusan pesaing. saya merasa bisa masuk ptn bukan sesuatu yang gampang. setelah saya menjalani aktifitas kuliah, ternyata yang paling berpotensi di kelas adalah anak yang lewat ujian tulis lho… serius. bukannya meragukan yang masuk lewat undangan, tetapi mereka yang masuk lewat undangan ada campur tangan dari pihak sekolahnya…. tapi yang ujian tulis? apa guru bisa membantu? enggak kan? seharusnya kebijakan tersebut harus dipertimbangkan sebelum menjadi keputusan… gimana sich… peraturan masuk ptn sudah baik, malah di ganti seperti itu…. memang yang undangan itu semua berpotensi? kasih kesempatan yang lebih banyak untuk mereka yang memiliki kemampuan, tetapi belum bisa masuk di ptn tahun berjalan… gimana sich… undangan malah di perbanyak….

  32. fitri berkata:

    ya Allah cuma dikasih peluang 30% :(
    malangnya untuk anak2 alumni..

  33. saya kira ni kurang adiill ya,,
    masa 30% aja peluangnya..
    harusnyakan ujian tertulis tu lebih banyak persenannya…

  34. Gunawan berkata:

    MENDIKNAS…..jalur undangan itu bisa direkayasa dengan memperbaiki nilai rapor. Apa yang gak bisa di Indonesia….HAPUSKAN jalur undangan…100% ujian tulis saja…
    Jalur mandiri hanya ajang cari duit kampus masing-masing….
    Mau kemana negara ni……

  35. key_qom berkata:

    knpa harus dihapus si??ini kayak ga adil buat alumni taun kemrin yg gagl mngikutserta dlam ujian tulis..
    aq berharap pakar2 pendidikan jg bsa mengerti anak2 yng ingin memperbaiki kegagalnnya taun kmrin dong!

  36. sese berkata:

    lh kalau yang lulusan 2010 gmn ntu ?

  37. syamsulmarwan, SE berkata:

    bukan rahasia lagi bahwa raport dan nilai – nilai yang ada sudah direkayasa, mulai dari sd sampai PT, lah terus yang dicari untuk melanjutkan perjuangan membangun bangsa ini manusia yang bagaimana, hasil pendidikan yang 66 th kemerdekaan saja membangun bangsa yang kebanyakan AMORAL, lantas ke depan ini mungkin bangsa yang BIADAB, lha buktinya orang berbuat baik dihukum dan orang yang benar bersalah malah bebas bergentanyangan, termasuk kurikulum yang ada saja marupakan proyek kebanyakan para pejabat, lantas manusia indonesia yang seutuhnya itu yang bagaimana, ?????????????????.

  38. alifia fhadila berkata:

    saya adalah calon mahasiswa dengan nilai rapot standar. tapi apakah adil bagi saya jika harus berusaha dengan amat keras dengan peluang masuk yang amat rendah bila di bandingkan dengan orng2 dengan nilai rapot yang bagus tapi tanpa tahu apakah itu nilai yang sesungguhnya atau tidak. jalur tulis snmptn adlh pembuktiannya! kesalahan besar jika harus menghapus jalur trsebut.

  39. Ahsanu saifudin berkata:

    SNMPTN undangan yg 50% itu menurut saya dan orang” yang mengedepankan pendidikan lebih baik sangat tidak pas. Knp ? Undangan = ns + un . Apa ns itu sunguh2 atau katrol ? Apa un dijamin tdk bocor soalnya ?
    1. tidak ada skolah yg menginginkan ank didiknya tdk lulus uan ( apapun ditempuh, ya atau ya ?)
    2. tidak adil bg lulusan thn” lalu
    3. Alasan 1 dan 2 sudah cukup jadi alasan / mewakili no 4-10000 alasan.

    Tapi, jk memang 30% sudah jd keputusan. Apadaya apaguna mengeluh, Alloh tdk melihat rengekan, tapi Usaha dan doa .

    Salam Mahasiswa ter-tahan ter-pending. Yang lalu adalah senjata untuk hari 3sok !

  40. Dudi Nurul Iman berkata:

    Nilai UN dan Raport(snmptn undangan) itu lebih rawan dr pd nilai SNMPTN Tulis..!!
    inkonsistensi d tubuh pmrintah mnybabkan ke galauuan bgi lulusan kemeren..:D

  41. karlinda berkata:

    snmptn tulis jangan dihapus pak menteri, justru harus makin banyak kuota nya

  42. Dzae berkata:

    Misal,
    Nilai Sekolah = sudah banyak direvisi oleh oknum2 sekolahan yg tidak jujur (dapat dibuktikan, silahkan survey sendiri)…
    Nilai UN = sudah menjadi rahasia umum (ga ada yg bisa ngejamin kemurniannya, tanya aja ke kepsek masing2.. pasti beliau2 itu pada gelagapan).
    trus kalo rumus masuk PTN undangan = Nilai Sekolah + Nilai UN,,,, (50 %),,
    snmptn tertulis = test yg paling akurat kemurniannya di Indonesia (30 %),,
    test jalur mandiri = yang kabar harimaunya banyak suap sana suap sini (20 %),,
    kalau begini gimana ya nasib generasi penerus Indonesia kedepannya????…
    korupsi , kolusi, n nepotisme tambah merajalaela dunk… (Indo korup number one di Asia Pasifik).. (juga terkorup number 5 di dunia..) .. terus,, mestikah semua rakyat miskin n bodoh di Indonesia mengatakan “WooOOoowww” gitu???..

  43. saiful bahri zan berkata:

    ujian tulis memang hrus diperbanyak,, jika mengacu pada nilai raport tentu mreka yg punya nile bagus tntu mreka bisa ngerjain tes SNMPTN
    nya, tanpa undangan.. berlombalah secara fair

  44. komentar” diatas menyimpulkan bahwa sistem pendidikan di indonesia masih sangat jauh dari kata layak bila dibandingkan dengan negara” maju di dunia…
    mau tidak mau hidup bangsa indonesia ya hanya begini saja tidak ada kata berubah untuk menuju kemakmuran jika sistem pendidikanya tidak ada perubahan yang membangun…
    terima kasih untuk para pemerintah negri ini yang masih memikirkan egonya masing….. :)
    selamat anda sudah membuat para remaja di indonesia yang berpotensi untuk maju jadi putus asa dengan diadakanya kebijakan yang tidak sedikitpun ada bijak”nya…

  45. D'Lover Firdaus berkata:

    Kira2 Tanggal brpa mulai buka dan siswa SMA sdah mulai mndfar,,,?? apakah biaya pendftaran msih ttap sma dgn thun yg sebelumnya,,,

  46. anton berkata:

    Aku sangat mendukung smnptn jalur tulis lebih banyak porsinya, karena jalur undangan dan jalur mandiri yang di harapakan uang nya bukan prestasi siswa.

  47. sheila berkata:

    kalo lulusan tahun 2011 bisa ikut gak? trs ada ksmpatan buat ikt bdikmisi gak?

  48. k berkata:

    paling bener tuh tes semua, supaya kualitas mahasiswanya juga jelas. memang, belum tentu sama sekali tidak terjadi kecurangan saat SNMPTN tertulis, tapi kecurangan itu bisa menjadi sangat minimal dibanding jalur lain, kan? jalur undangan itu buat saya sangat kurang efektif, mengingat nilai rapot dari sekolah itu kebanyakan hasil manipulasi sekolah supaya siswanya bisa diterima di PTN, sedangkan jalur mandiri–yaah, itu sih gimana ketebalan dompet.

  49. saya setuju, sebaiknya jangan dihapus, karena banyak diantara siswa yang tidak mampu dan belum berhasil di SNMPTN tahun 2012 yang masih punya mimpi untuk mendapatkan ptn yang dia inginkan. saya harap, keputusan ini diambil dengan melihat posisi berbagai macam pihak, baik itu siswa lulusan SMA tahun 2012, lulusan tahun 2012, tingkat penjaminan kejujuran UN, ekonomi dan lain sebagainya. Agar tidak ada pihak yang dirugikan. Terimakasih.

  50. Ade Ruslan berkata:

    Saya alumni SMA 2010. Apakah saya masih bisa ikut dalam ujian mandiri tahun 2013?

  51. agus berkata:

    Ternyata.. per tgl 10/12/2012 sdh ditetapkan:

    http://kampus.okezone.com/read/2012/12/10/373/730166/ujian-tulis-snmptn-resmi-dihapus

    JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memantapkan hati untuk menghapus ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Tahun depan, SNMPTN akan digelar hanya melalui jalur undangan.

    Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yang diterapkan pada SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dalam SNMPTN 2013. “Seleksia akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN). Kemendikbud belum berpikir untuk mengubah pola UN,” kata Akhmaloka dalam acara Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2012) malam.

    :((

  52. agus berkata:

    Boikot PTN aja.. diarahkan ke PT Swasta ato PT luar negeri atu Akademi (mis sekolah Pilot, sekolah designer, dll) aja.

    Mnrt saudara yg konsultan psikolog pendidikan, akan berunutan. Dengan konsep Grade Sekolah’ (setiap SMA punya grade berbeda SMA 3 Bandung lebih tinggi dr SMA lain). dan ini berunutan ke SMP dan SD. (mnrt sodara) SMA Favorit akan menyaring/memilih dr lulusan SMP favorit jg. SMP Favorit akan menyaring/memilih dr SD Favorit.

    Sodara sampe bilang, kl tujuan SMA Negeri favorit, mending dr SD-SMP jg dimasukkan ke Negeri Favorit.. pdhl skr mulai bnyk alternatif SD IT, SMP IT, SMA IT dan jg Sekolah Alam. Sebagus2nya SMA IT ataupun sebagus2nya sekolah Alam, grade sekolah jauh kalah dg Sekolah2 Negeri. So, bagi yg sdh memilih pendidikan anaknya jalur IT ato Sekolah Alam.. mending di-cita2-kan utk ke PT LN ato PT Swasta atau Akademi lsg sekalian.

  53. pbasari berkata:

    jalur test tulis resmi ditutup kan.. update desember 2012 :(

  54. ivana berkata:

    Teman-teman..
    aku udh banyak baca berita dari berbagai sumber

    jadi..pola SNMPTN thn 2013 tuh gini
    sebenarnya ttp ada ujian tulis..hanya saja namanya bukan SNMPTN tulis lagi kyk thn2 kmrn..tp namanya diubah jadi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
    teruuuuuuss..kalo SNMPTN itu thn ini memang merupakan dominan..namanya juga diubah..
    kalo thn lalu namanya SNMPTN undangan..thn ini namanya diganti hny mnjd SNMPTN
    trus yang ketiga..ada jalur mandiri

    dan memang kuota juga udah berubah
    SBMPTN..kuotanya 50%
    SNMPTN..kuotanya 30%
    jalur mandiri..kuotanya 20%

    jadi gak udh takut..ujian tulis ttp ada
    hanya saja nama dan kuotanya yg berubah
    tetap semangat y yg mau ikut SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur mandiri :) :)

  55. ivana berkata:

    teman2..ada yg terbalik

    yang benar tuh
    SBMPTN..kuotanya 30%
    SNMPTN..kuotanya 50%
    jalur mandiri..kuotanya 20%

  56. prana jaya berkata:

    kalau memang ingin mahasiswa yg berkualitas ,, bukan dengan jalur undangan cara ny ,yg hanya mengandalkhn nilai rapor & UN ..
    SNMPTN itu jalur yg pling efektif ,, yg betul2 mencoba kemampuan siswa …
    tlong d pertimbangkan lgi lah Pak Mentri ..
    “keputusan dari_mu untuk kami yg jalani ,bkan untuk_mu” ..

  57. Johan Rock berkata:

    sebaiknya yang masih berminat dan yang masih punya mimpi masuk ptn impian tetaplah berjuang dan berdoa.

  58. semoga benar-benar masih ada kesempatan unutk alumni-alumni yang masih ingin berjuang untuk gapai cita dan mengejar ketertinggalan di tahun sebelumnnya,,, moga ada keadilan dan doa untuk kita guys,,, semangat ^-^

  59. Hielal ceviliea berkata:

    Alhamdhulillah……

  60. semoga jgn perna dihapus..snmptn ujian tertulis tahun depan,:(
    percuma saya ikut les sana sini kalo dihapus!!
    Alhamdulilah gajadi dihapus…
    saya lulusan 2012 masalahya!!

  61. whiteshoeski berkata:

    mendikbud kapan sih benernya .

  62. sena prayoga berkata:

    Menteri ini pernah membuat keputusan kontroversi sewaktu dia menjabat menkominfo, ibarat mau berburu rusa seluruh hutan di bakar,,sekarang malah jd mendikbud, makanya keputusan nya juga ga jauh beda , mungkin ybs harus disekolahkan lagi biar pinter. Supaya klo ambil keputusan bisa lihat dr semua sudut pandang. Coba aja demo atau kritik oleh semua pihak ,dia pasti rubah lg keputusannya, seperti waktu UU ITE nya ga jd.

  63. Yudi.H berkata:

    Yang ingin saya tanyakan adalah mengenai seleksi “rapor” untuk JALUR SNMPTN (UNDANGAN )apakah dengan cara di ranking dari keseluruhan pendaftar atau persekolah? karena seperti kita ketahui bersama, bahwa kwalitas (Bobot) sekolah yg berbeda2,sebagai contoh disekolah A (Rangking 1) apabila dibanding dengan sekolah lain yang lebih berbobot bisa jadi nilai Rapor si A jadi menempati rangking ke 5.terima kasih

  64. Zeri Saputra berkata:

    assalamualaikum. bagaimana nasib lulusan tahun sebelumnya yg ingin masuk ptn ? apa yang harus dilakukannya supaya tepat ? trims

  65. wiwiwn adrianto berkata:

    jangan repot2 adik2 semua, kok ngebet masuk PTN, emangnya udah dijamin mutux, emangnya ilmux mau diaplikasikan kemana……PT udh salah konsep…hrsx menciptakan manusia produktif yg dpt menciptakan pekerjaan dgn profesinya sbg sarjana…nyatanya stlah lulus kesana-kemari cari pekerjaan…..mentalitasnya kuli…..hanya jadi pekerja….bahkan lbih miris lagi banyak sarjana yg hidup dari negara bukan menghidupkan bangsa ini dgn korupsi……masya Allah

  66. fiah berkata:

    assalamu’alaikum
    bgmna nasib lulusan tahun sblumny yg ingin msuk ptn?apa yg sebaikny dlakukan?saya sdah mnunggu n sngat berhrap selma setahun nie utk bsa mngikuti snmptn tertulis lagi utk bsa msuk ptn,tp klw lewat jalur mandiri saya gak pnya cukup uang untk biaya msukny,n blum lagi bersaing dg anak2 yg ortuny pnya banyak uang…,yg biasany jalur mandiri lebih mengutamakan yg ad uang banyak,ad semacam sumbangan2 gt…,
    saya menunggu satu thun,krn niat ingin cari uang dulu bwt masuk kuliah d PTN,n skrg saya mlah bingung hrus ikut jalur p?p iy saya harus mnyerah n memilih utk kuliah dswasta saja…,

  67. nesia bukit kemuning berkata:

    tapi kan seharusnya guru lebih memperhatikan keadaan sekitar. pasti ada murid yang mendapat nilai sangat tinggi di raport padahal bukan dari hasil belajar dia. masa ia yang seperti itu bisa masuk lewat undangan…. saya harap guru lebih jeli terhadap murid yang benar2 layak ….

  68. doni berkata:

    Jadi ini keputusan finalnya pak? 50% undangan, 30% tes tulis, dan 20% tes mandiri PTN?

  69. wenda berkata:

    saya sangat tidak setuju kalau snmptn undangan di perbanyak persentasenya soalnya kalau di lihat dari nilai rapor pada tiap” SMA kualitas nilainya brbeda-beda…da SMA dngan mudahnya mendapatkan nilai sembilan dan ada juga SMA yang bener” berkualitas memberikan nilai sembilan…

  70. novia berkata:

    Saya rasa SNMPTN jalur tulis jangan dihapuskan, karena itu menutup peluang bagi lulusan tahun sebelum-sebelumnya, kalau memang para petinggi tetap akan menghapuskan SNMPTN jalur tulis, itu lebih baik ditunjukkan untuk lulusan tahun 2013

    • Eka berkata:

      Menurut saya SNMPTN Tertulis lebih baik ditiadakan atau dikurangi persennya pada lulusan SMA 2014 Saja,agar alumni 2 tahun sebelumnya ditahun 2013 jelas nasibnya untuk mengikuti SNMPTN Tertulis..

      • ivana berkata:

        berarti anda gk mikir waktu nulis komentar ini. Coba anda memposisikan diri sebagai anas SMA kelas 3 thn 2014, anda mau kuota yang seharusnya utk anda jd dikurangi?
        saya saja yg alumni tau komentar anda ini gk masuk akal dan serakah *jujur*

  71. penerus generasi bangsa berkata:

    Wah kalo Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tertulis dihapuskan,
    itu sama aja mengembalikan Indonesia ke jaman penjajahan, dimana hanya anak pejabat-pejabat n keturunan darah biru saja yang bisa mengenyam pendidikan.
    Karena kalau yang diliat cuman nilai Raport, UAS n UAN aja, lebih gede peluang anak anak pejabat yng keterima di PTN, gara2 bisa nyogok guru or kepsek buat dongkrak nilai, ini mah udah jadi rahasia umum soalnya…
    apa Indonesia mau kembali ke jaman jahiliyah (MASA KEBODOHAN)?????
    Tolong untuk lebih bijaksana lagi demi Indonesia di masa depan.

  72. kalo mau fair snmptn tulis yang harus 50% krena yg lwat tulis lbh mmpersiapkan dri ktimbang yg undangan, ada kongkalingkong pula kan yg lwt undangan, pemerintah payah

  73. WANRY berkata:

    bnar ,,,emang pemerintahan di negara kita belm konsisten,,,kalau sampai snmptn ujian tulis 2013 di hapus pasti banyak yang sengsara contoh nya gue gue khn gx lulus ujian tulis tahun 2012,,,

  74. Haris berkata:

    selain kuota dan sistem SNMPTN, perlu dipantau langsung ke lapangan terkait pungutan dari universitas yg mgkn msh terjadi. Bisa jd kasusnya seperti RSBI-SBI.

  75. CAFA berkata:

    yaampun positif thinking aja lah, mungkin biar anak-anak SMA yang pada gak serius belajar dari kelas 1 bisa belajar bener-bener biar nilainya naik. biar lebih CARE sama nilai rapotnya. Lagipula, kalo misalnya gak ada jalur yg lewat nilai rapot, yang udah capek2 belajar (dan GAK curang) biar nilai rapotnya bagus juga kasian. org cmn dinaikin presentase nya dikit doang. apa yang dipermasalahin buat murid yang udah maksimal banget belajarnya buat SNMPTN tulis yg cmn ngambil 30%?????!!!!!! intinya mah belajar aja. sama tawakkal… gimana pun keadaannya, ya harus siap. kalopun ada KECURANGAN, mikir aja itu pasti bakal di bales di akhirat. kita ngapain ngurusin yang gak jujur? mending belajar bener2. gak bakal ada masalah kalo udh siapin dgn belajar&tawakkal mah.

    • Bazis Ramadhan berkata:

      Bener
      habis mau gimana lagi, kita hanya bisa berkomentar toh pemerintah yang tentuin biarlah mereka berkembang, tuhan pasti memberikan jalan terbaik buat orang-orang yang jujur..
      itulah negara kita INDONESIA..!!

  76. anto berkata:

    kock snptn di tnya pendapaatn rank tua………..
    brti klo kami arnk miskin ngk brhak dong ddk di universitas negri

  77. sul berkata:

    taat kepada pemimpin walaupun yang dipimpinnya itu terdzlomi, kt berusaha dan berdoa saja agar bisa lulius tahun ini.. ingat.. rezki kita telah Allah ‘Azza wa jalla tetapkan bagi hamba-hamba-Nya. ingat dunia ini hanya sementara..

  78. sekarang sudah mulai enak para mahasiswa baru,,, tidak ada tes lagi bagi yg masuk jalur undangan… yg dibutuhkan hanyalah nilai dari semester 1 sampai 6,,, dan nilainya harus naik trus ya,,, jgan sampai turun,,, dan jalur undangan sekarang lebih mudah di dapat,,, setelah kita di beri website kita bsa login,, dan dapa memilih 2 universitas dan 4 fakultas,,,

  79. mahasiswa berkata:

    aaalamualaikum admin, jadi ujian tulis tetap ada kan?

  80. ranti berkata:

    bner apa yg bpak bilang sya sndri mengalaminya krna sya angktn thn ni
    nilai rapor emang banyak terjadi pengkatrolan secara bertahap pdhal kemampuannya yah klo dicoba kurang
    jujur bagi saya lebih fair tulis dbnding undangan

  81. frendy berkata:

    BISMILLAH.
    maaf sebelumnya..
    knp snmptn hanya di khususkan buat lulusan tahun ini.
    padahal banyak lusan tahun-tahun sebelumnya yg berusaha keras mengumpulkan biaya buat kuliah dan ikut snmptn tahun ini.
    tapi itu hak perogratif pemerintah,
    namun tadakkah lebih baik kita meninjau kembali keputusan itu.
    bukankah kita juga punya hak buat meraih pendidikan.
    kita telah bekerja keras buat impian.

  82. setyady berkata:

    alahamdulullahhhhhhhhhhhhhh

  83. claresy septiani berkata:

    Mau tanya nih kalo lewat jalur smptn nilai rapot rata2nya hrus berapa

  84. hutomowarih@yahoo.com berkata:

    ya

  85. hutomowarih@yahoo.com berkata:

    pengumuman apa ran?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s