Mahasiswa Baru PTN 2013 Bebas Uang Pangkal???

Ini kabar gembira bagi mahasiswa baru PTN tahun 2013. Universitas Indonesia (UI) tahun ini membebaskan uang pangkal bagi mahasiwa baru (Baca ini: Tahun Ini Universitas Indonesia Bebas Uang Pangkal). Saya tidak tahu berapa uang pangkal bagi mahasiswa baru UI tahun lalu (sebagai perbandingan, uang pangkal bagi mahasiswa baru ITB tahun lalu maksimal Rp45 juta, sebelumnya pernah mencapai maksimal Rp55 juta). Soal uang pangkal yang besar itu selalu menjadi kegelisahan banyak orang tentang mahalnya biaya masuk kuliah di PTN. Yang jelas, uang pangkal itu nilainya sangat besar dan sangat berat bagi mahasiwa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Kesannya hanya orang kaya saja yang bisa kuliah di PTN, sedangkan orang miskin jangan harap bisa merasakan kuliah di PTN, begitu kritikan dari berbagai pihak tentang fenomena tingginya uang masuk kuliah di PTN.

Untunglah Pemerintah mendengar keluh kesah dan berbagai kritikan terseut. Pemerintah melalui Kemendiknas menghimbau PTN menghapuskan biaya masuk bagi mahasiswa baru. Sejauh ini baru UI yang sudah mengumumkan akan menghapuskan uang pangkal masuk UI, sedangkan perguruan tinggi yang lain belum terdengar melakukan hal yang serupa.

Bagaimana dengan ITB? ITB pun berencana menghapuskan uang pangkal itu mulai tahun ini (Baca: ITB Siap Hapuskan Uang Pangkal). ITB memang masih menunggu surat resmi dari Mendiknas tentang himbauan penghapusan uang pangkal tersebut, sambil menghitung-hitung pengeluaran setiap semester.

Jika uang pangkal dihapus, PTN tidak perlu takut kekurangan dana, sebab setiap PTN mendapat BOPTN (semacam BOS kalau di SD/SMP). BOPTN adalah singkatan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri). Dana BOPTN itu selalu meningkat setiap tahun dan nilainya cukup besar.

Uang pangkal hilang bukan berarti SPP setiap semester juga hilang. SPP tetap ada yang jumlahnya ditentukan oleh setiap PTN bersangkutan. Nah, disinilah yang harus dikritisi, sebab jangan sampai uang pangkal yang ditiadakan itu ternyata dialihkan dalam bentuk peningkatan SPP per semester. Jika itu terjadi ya sama saja bohong, hanya berganti baju saja. Sebagai contoh, SPP bagi mahasiswa di ITB saat ini (mulai angkatan 2009 kalau nggak salah) adalah Rp5 juta per semester, tidak tergantung berapapun jumlah SKS yang diambil per semester.

Saya sih berharap jangan sampai penghapusan uang pangkal 45 juta di ITB malah memberatkan mahasiswa baru dengan peningkatan SPP per semesternya (begitu juga harapan saya di PTN lain). Jangan sampailah ya, kasihan anak negeri ini yang punya harapan besar berkuliah di kampus Ganesha (khususnya) atau PTN (umumnya) namun tidak punya biaya. Kalau dapat SPP Rp5 juta per semester itu diturunkan lagi (mungkin nggak sih?) sehingga memberi akses seluas-luasnya bagi orang miskin untuk memperleh pendidikan tinggi. Itulah harapan saya kepada alamamater saya, tempat saya mengabdi saat ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan, Seputar ITB. Tandai permalink.

11 Balasan ke Mahasiswa Baru PTN 2013 Bebas Uang Pangkal???

  1. Fauzan berkata:

    Yah! Udah lewat nih masa-masa kuliah. Kalaupun bener bebas uang pangkal, tetep aja gak ngefek. Hehehe!

    Amin… Smoga harapannya terkabul :)

  2. putri ramadhani berkata:

    uang pangkal di bebaskan, apakah BPMnya masih Rp 55juta dan BPPnya Rp 5jta? dan juga apakah saya yg berasal dari golongan menengah msih bisa mengajukan subsidi?

  3. Rizky Arie Prima berkata:

    tahum ini uang pangkal SBM ITB Rp 85 juta dihapus juga ya gan?

    • Sambuaga berkata:

      Katanya begitu, tapi bagaimana realisasinya, spt tulisan diatas jangan nanti uang pangkal dihapus tetapi uang semesternya dinaikin, jadi sama saja bohong. Menurut ceritanya juga uang kuliah jalur SMPTN dan mandiri juga disamain

  4. whawhah ingin pulang berkata:

    asli nih,gg ada uang pangkal? dan sejak kapan uang pangkal di resmikan tidak ada di UI?

  5. kandito berkata:

    Dari publikasi resmi, memang tahun ini UI bebas uang pangkal :)
    Sebelumnya Fakultas Ilmu Komputer, Teknik, Kedokteran, Kedokteran Gigi memiliki uang pangkal maksimal 25 juta dan semester 7,5 juta (Namun berbeda dengan Fakultas lainnya yang lebih murah)
    Namun belum ada pengumuman resmi apakah dengan dibebaskan uang pangkal, akan merubah biaya persemester.

    Semoga biaya kuliah di semua PTN dapat sesuai dengan kemampuan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sehingga dapat menghasilkan SDM bermutu lebih banyak :D

  6. fachlytechno berkata:

    Kapan indonesia akan berkembang ketika uang lagi yang berbicara?
    Banyak dari pelajar sekarang mampu dalam intelegensi namun keadaan ekonomi kami tidak berkata demikian.
    Semoga ITB dan yang lain nya siap untuk membebaskan uang pangkal.

  7. Ping balik: Uang Kuliah Tunggal (UKT) ITB Mulai Tahun 2013 (d/h ITB Untuk Semua Orang) | Catatanku

  8. febri berkata:

    setuju sama yang di atas, saya sempat menangis berhari-hari cuma gara2 gak bisa kuliah, saya sangat ingin kuliah dan melanjutkan cita2 saya sampai S3, namun apa daya… saya tidak bisa menyalahkan Tuhan karena di lahirkan di lingkungan yang tidak diharapkan. Namun saya harus ikhlas menerimanya, mungkin Tuhan memang mengharuskan saya untuk berusaha lebih keras.
    Dengan beberapa prestasi yang saya miliki, saya nekat mendaftarkan diri lewat jalur bidik misi dan itu pun masih harus menyertakan syarat2 yang ditentukan. Harapan saya, semoga saja bantuan2 semacam itu benar2 sampai di orang2 yang tepat dan membutuhkan.
    Dan untuk penghapusan biaya, semoga saja Pemerintah mau mendengar jeritan hati anak2 Indonesia (khususnya seperti saya) untuk lebih memperhatikan potret pendidikan di Indonesia dan tidak mempersulit anak2 bangsa yang memiliki cita2 mulia :)

  9. penghapusan uang pangkal berlaku untuk semua universitas tidak ?

  10. nuelicious berkata:

    wah, kebetulan nemu blog ini wkt nyari info ukt. Bagus bgt opininya,,, yah smoga aja dgn ukt ini jd lbh ringan dan smuanya bs mrasakan kuliah tnpa khwtir biaya besar, ribet dsb. Aplg buat yg msh awam, slh slh malah dpermainkan. kbtulan aku jg baru lulus snmptn dan skrg lg ngurus kuliah :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s