Prediksi Hasil Pemilihan Gubernur (PilGub) Jawa Barat 2013

Besok, 24 Februari 2013, Jabar Memilih. Penduduk Jawa Barat yang mempunyai hak pilih akan menentukan siapa yang akan menjadi gubernur baru Jabar periode 2013-2018.

Kampanye masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur yang diadakan selama dua minggu yang lalu tidak terlalu disambut antusias oleh masyarakat, khususnya di perkotaan. Masyarakat kota yang lebih intelek lebih suka memperbincangkan cagub-cawagub melalui jejaring sosial di Internet. Kampanye juga tidak penting lagi mempengaruhi pilihan orang, sebab satu bulan sebelum kampanye pemilih sudah punya pilihan sendiri. Begitu juga jajak pendapat yang dilakukan berbagai lembaga juga tidak mempengaruhi pemilih. Artinya, kampanye atau jajak pendapat hanya asesori demokrasi saja.

Saya sudah menulis tentang masing-masing calon pada tulisan terdahulu (Baca: PilGub Jabar 2013, Semua Calon Kurang Bagus). Dari pengamatan saya selama ini, hanya ada dua pasang calon yang bersaing sangat ketat, baik dalam jajak pendapat maupun dalam perbincangan di jejaring sosial. Keduanya adalah masing-masing petahana gubernur dan wakil gubernur. Persaingan yahng terjadi dalam merebut juara 1 hanya antara pasangan Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar dan pasangan Dede Yusuf – Lex Laksamaman. Pasangan lain seperti Rieke-Teten, Yance – Tatang, dan Dikdik – Cecep tidak pernah mencapai posisi 1 dan 2 dalam berbagai jajak pendapat.

Pemilihan gubernur Jabar kali ini cukup dramatis ditengah isu korupsi partai pengusung kedua calon pasang tersebut. Aher diusung oleh PKS, dan kita semuat sudah tahu Presiden partai ini ditangkap oleh KPK atas dugaan kasus suap daging sapi. Sementara Dede Yusuf diusung oleh Partai Demokrat, dan tadi malam Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, juga dijadikan tersangka oleh KPK atas dugaan kasus korupsi Proyek Hambalang.

Sedikit banyaknya referensi pemilih pasti juga dipengaruhi oleh kasus korupsi di partai pengusung. Jika melihat dari kedua partai itu (PKS dan PD), baik Aher maupun Dede sama-sama memikul beban moral dan kepercayaan yang berat. Namun, memilih tiga pasang calon sisanya juga cukup pelik karena elektabilitasnya kurang.

Jadi, tetap saja pasangan yang mungkin banyak dipilih masyarakat Jabar berkutat antara Aher-Deddy Mizwar dan Dede-Lex. Aher tertolong oleh popularitas Deddy Mizwar, tanpa Deddy mungkin dia tidak akan memperoleh raihan suara yang tinggi, sedangkan Dede – Lex sepenuhnya disokong oleh popularitas Dede Yusuf yang tampan.

Mengingat pemilihan gubernur tidak sama dengan memilih partai, maka menurut jajak pendapat kasus daging sapi dan korupsi dari parrtai pengusung (PKS dan PD) tidak signifikan mempengauhi pilihan pemilih.

Oleh karena itu, tanpa bermaksud mendahului takdir, maka berdasarkan analisis saya, pasangan Aher – Deddy tetap akan mendapat suara yang paling tinggi, namun bedanya sangat tipis dengan Dede – Lex. Jadi, saya memperkirakan susunan hasil PilGub Jawa Barat adalah sebagai berikut:
1. Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar
2. Dede Yusuf – Lex Laksmana
3. Rieke Dyah Pitaloka – Teten Masduki
4. Irianto MS Syafiuddin (Yance) – Tatang Farhanul Hakim
5. Dikdik Mulyana Arief Mansur – Cecep Nana Suryana Toyib.

Kalaupun ada perbedaan hasil, yang berbeda hanya posisi 1 dan 2 saja, kalau tidak Aher – Deddy ya Dede Yusuf – Lex. Jadi, gubernur Jabar yang baru kalau nggak Aher ya Dede Yusuf. Siapa yang akan terpilih menjadi Gubernur Jabar akan ditentukan besok.

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

3 Balasan ke Prediksi Hasil Pemilihan Gubernur (PilGub) Jawa Barat 2013

  1. Catra berkata:

    cukup akurat pak, cuma Rieke harus nya no.2 :)

  2. aku ingin hari kemarin berbeda dari hari ini……baru dan bersih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s