Uang Kuliah Tunggal (UKT) ITB Mulai Tahun 2013 (d/h ITB Untuk Semua Orang)

Beberapa orang siswa SMA bertanya kepada saya, apakah benar tahun ini ITB tidak memungut lagi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar di Muka (BPPM) alias uang pangkal yang pada tahun lalu besarannya Rp40 juta? Saya perlu menjawabnya melalui tulisan di blog ini, sekaligus sebagai informasi bagi para orangtua yang anaknya akan masuk ITB tahun 2013.

Jawabannya: BENAR, mulai tahun ini BPPM atau uang pangkal yang sering menimbulkan kesan bahwa kuliah di ITB mahal telah dihapuskan sesuai kebijakan dari Kemendiknas. Tidak hanya ITB, seluruh PTN juga sepakat menghapuskan uang pangkal itu (baca tulisan saya terdahulu: Mahasiswa Baru PTN 2013 Bebas Uang Pangkal???). Sebagai gantinya, ITB memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semester yang besarnya untuk fakultas non-SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) adalah Rp10.000.000. Namun, angka 10 juta itu adalah UKT maksimal, sebab besar UKT aktual disesuaikan dengan kemampuan orangtua mahasiswa, sehingga mahasiswa ada yang membayar dari Rp0,- (nol rupiah) hingga Rp10 juta (Sumber: KETENTUAN ITB PADA PELAKSANAAN SNMPTN 2013).

Angka UKT Rp10 juta itu kira-kira hitungan sederhananya begini: Tahun lalu BPPM adalah Rp40 juta dan SPP per semester Rp5 juta. Angka Rp40 juta itu jika dibagi delapan semester adalah Rp5 juta/semester. Jika ditambah dengan SPP menjadi Rp5 juta + Rp5 juta = Rp10 juta. Angka Rp10 juta inilah yang menjadi UKT per semester. Dinamakan UKT sebab tidak ada lagi pungutan ini itu, uang praktikum, uang ujian, dan lain-lain (setahu saya di ITB tidak pernah ada uang ujian atau uang praktikum, di perguruan tinggi lain mungkin ada).

Sepuluh juta itu kedengarannya sangat besar bagi sebagian orang. Memang betul, tapi ada klausul lain yang harus dipahami. Sepuluh juta itu bukan angka mati, belum titik. Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, sebanyak 20% dari jumlah kursi dialokasikan bagi mahasiswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah. Mereka ini mendapat beasiswa Bidik Misi dari Pemerintah sehingga membayar UKT Rp0,- alias gratis. Tidak hanya gratis, tetapi mereka juga mendapat bantuan biaya hidup bulanan berupa beasiswa (Program Bidik Misi ini sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir). Dua puluh persen itu banyak lho, jika jumlah mahasiswa baru ITB 4000 orang, maka yang mendapat beasiswa Bidik Misi itu 20% x 4000 = 800 orang. Kenyataanya yang 20% itu tidak selalu terisi penuh, artinya cukup sulit juga menemukan mahasiswa golongan ekonomi lemah yang berotak cemerlang yang diterima di ITB.

Jika 20% menerima Beasiswa Bidik Misi, maka sisanya sebesar 80% lagi membayar UKT dengan mendapat subsidi keringanan yang bervarisasi dari 0%, 25%, 50% 75% (ini besaran persentase tahun lalu) tergantung kemampuan orangtua mahasiswa. Jadi, nantinya ada mahasiswa yang hanya membayar UKT Rp5 juta saja, ada yang Rp2,5 juta, dan sebagainya, dan ada yang membayar penuh Rp10 juta. Pengalaman tahun lalu yang membayar BPPM dan SPP full seratus persen (kalau sekarang UKT 100%) hanya sebanyak 20% saja dari seluruh mahasiswa baru (yaitu 800 orang dari 4000 orang mahasiswa baru).

Membaca angka-angka di atas, kampus saya ITB sebenarnya sangat ramah bagi mahasiswa dari golongan ekonomi apa saja, mulai dari orang miskin hingga orang kaya. ITB UNTUK SEMUA, artinya semua orang bisa kuliah di ITB. Tidak punya uang tidak usah takut, yang penting punya modal otak. Setelah masuk ITB terdapat ribuan beasiswa yang bisa dilamar. Jadi, jangan takut kuliah di ITB.

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

12 Balasan ke Uang Kuliah Tunggal (UKT) ITB Mulai Tahun 2013 (d/h ITB Untuk Semua Orang)

  1. Aufar (@aufar_z) berkata:

    lalu untuk SBMnya gimana kak?

  2. handayani berkata:

    ya alloh semoga anak saya bisa masuk di itb.semangat saya bertambah setelah baca artikel diblok ini,dan pesn terakhir tulisan ini ,tiidak punya uang jgn takut yang ptg py otak cemerlang.ayo anak muda yg baik raih kesempatan ini untuk kebaikan negeri ini

  3. fadjar mulya berkata:

    terimakasih atas infonya mas, info ini insyaallah merubah paradigma orang lain tentang kampus ITB

  4. fajar muslim berkata:

    terima kasih pak mentri, terima kasih ITB ..semoga saya fajar muslim SMAN 14 GARUT bisa menjadi bagian dari ITB..demi kebaikan bangsa dan negara saya akan sungguh-sungguh dan tawaddu

  5. aremontika berkata:

    terimakasih ya Kak atas info UKT ini :)

  6. Nail Widya Satya berkata:

    “yang penting punya modal otak”

  7. Nela Yustika berkata:

    makasih kak,, tp persaingannya ketat bgd ya?? ada persyaratan ga kak bwt masuk ITB di nilai mapel apa gitu?

  8. Ping balik: Masuk ITB Angkatan 2013 Murah atau Mahal? | mwa-wm itb

  9. Ping balik: Masuk ITB Angkatan 2013 Murah atau Mahal? | pinkvsgrey

  10. Siti Hajar berkata:

    bismillah.. semoga bsa msuk thun 2015 nnti.. msih ad gk itu yaa??

  11. dasep hendrayana berkata:

    Terima kasih infonya.ternyata ITB tidak semahsl yg di duga.ayo semangat masuk ITB

  12. Mukhammad Fauzy berkata:

    aku bingung liat formulir kesediaan ukt
    bisa dlihat di usm.itb.ac.id/sbmptn-10.htm
    disitu keterangannya UKT minimal 8 juta dan harus memilih UKT dengan pilhan tersedia.
    lalu untk variasi subsidi keringanan 0%, 25%, 50% 75% masih berlaku gak di 2014?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s