Ternyata Mengkonsumsi Buah Lebih Bagus Sebelum Makan Nasi lho…

Teman saya dosen di Elektro ITB punya kebiasaan yang unik. Sebelum makan nasi, dia selalu makan buah dulu (selalu dibawanya dari rumah). Setelah jeda lima belas menit, barulah dia makan nasi bersama kami. Ini terbalik dengan kebiasaan saya (dan juga kebiasaan orang Indonesia umumnya) yang makan nasi lebih dahulu dulu baru ditutup dengan makan buah.

Umumnya orang Indonesia beranggapan buah-buahan itu adalah sebagai “pencuci mulut” setelah makan. Biasanya buah-buahan yang sering dihidangkan setelah makan adalah pisang atau jeruk. Pada setiap jamuan makan prasmanan selalu ada hidangan buah potong seperti semangka, pepaya, dan buah melon. Kalau anda perhatikan kebanyakan orang mengambil buah potong itu sebagai penutup makan. Ini memang kebiasaan yang turun temurun sejak zaman Belanda.

Ternyata makan buah setelah makan nasi itu tidak mempunyai manfaat apa-apa bagi kesehatan. Setelah saya cari-cari di Internet (tulisan ini, ini, dan ini) apa manfaat makan buah sebelum makan berat, akhirnya saya mengerti alasannya. Setelah kita makan, tubuh kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan berat yang kita makan, sehingga buah-buahan yang dikosumsi setelah makan berat “sudah terlambat” dicerna sehingga nutrisinya tidak diserap dengan baik.

Yang terbaik adalah makan buah dalam keadaan perut kosong agar penyerapan nutrisi buah-buahan oleh tubuh menjadi lebih maksimal. Buah-buahan lebih cepat dicerna oleh tubuh kita daripada karbohidrat. Setelah makan buah, beri jeda lima belas menit hingga dua puluh menit untuk memberi kesempatan bagi tubuh mencerna buah-buahan dan menyerap nutrisinya, barulah sesudah itu makan berat seperti nasi dan lauk pauk lainnya.

Baiklah, sekarang saya mengerti mengapa makan buah-buahan itu lebih baik sebelum makan kita nasi. Saya akhirnya paham dengan pola makan teman saya itu. Dan yang membuat saya surprise, ternyata Rasulullah Muhammad SAW sudah mencontohkan mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan daging (yang utama). Artikel tentang pola makan Rasulullah dapat dibaca di sini. Subhanallah.

Tulisan ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

5 Balasan ke Ternyata Mengkonsumsi Buah Lebih Bagus Sebelum Makan Nasi lho…

  1. alrisblog berkata:

    Saya juga mau deh makan buah-buahan sebelum makan berat. Informasi ini makin mempertebal keyakinan saya untuk makan buah sebelum makan nasi, terutama makan siang.

  2. tata berkata:

    bagus,setuju banget..kmrn”aku juga bingung,harusnya makan buah dulu atau nasi.terima kasih artikelnya.(^,^)

  3. Momo Sinta berkata:

    Iya ya.. info yg sgt brmanfaat………

  4. Tricajus berkata:

    Makan buah sebelum sarapan setiap pagi saat perut masih kosong bisa membantu tubuh untuk menyerap kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam buah.

  5. rojhieb berkata:

    infonya sangat bagus dan alhamdulillah sudah saya coba dirumah dan terasa manfaatnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s