Delapan Prodi di ITB Sepi Peminat?

Di Kompas online ada berita tentang ITB yang dapat “menyesatkan” pembaca. Berita dan tautannya saya tampilkan di bawah sini:

Delapan Jurusan di ITB Sepi Peminat
Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/27/18253122/Delapan.Jurusan.di.ITB.Sepi.Peminat

MAGELANG, KOMPAS.com — Sebanyak delapan jurusan di Institut Teknologi Bandung (ITB) sepi peminat. Delapan jurusan tersebut adalah jurusan Astronomi, Meteorologi, Oceanografi, Rekayasa Kehutanan, Rekayasa Pertanian, Irigasi, Kewirausahaan, dan Pengelolaan Sumber Daya Air.

Demikian dituturkan oleh Koordinator Alumni ITB Peduli Pendidikan, Eddy Purnomo, Rabu (27/3/2013). Selama ini, di tiap jurusan, kursi yang tersedia di kelas selalu terisi separuhnya. Dengan kondisi tersebut, Eddy mengatakan, siapa saja yang mendaftar untuk jurusan-jurusan tersebut, berpeluang besar untuk diterima sebagai mahasiswa ITB.

“Sebenarnya pilihan jurusan tidaklah terlalu penting. Yang penting adalah diterima sebagai mahasiswa ITB terlebih dahulu,” ujarnya.

Hmmm… apa betul delapan prodi itu sepi peminat? FYI, pemilihan Prodi di ITB tidak pada saat mendaftar seleksi masuk (SNMPTN) namun pada tahun kedua setelah menjadi mahasiswa ITB. Calon mahasiswa memilih fakultas, lalu selama satu tahun pertama di ITB mereka menimang-nimang mau masuk Prodi apa di fakultas tersebut. Barulah pada tahun kedua mereka dijuruskan pada Prodi pilihan masing-masing.

Jadi, jika dikatakan sepi peminat tidak betul juga sekaligus tidak salah. Beberapa Prodi yang disebutkan di atas masih baru dan belum dikenal masyarakat, yaitu Prodi Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan (yang baru dibuka tahun lalu), dan Prodi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Air, dan Kewirausahaan (yang baru dibuka tahun ini). Karena masih baru maka wajar jika banyak yang belum tahu dan belum banyak peminat yang mendaftar di fakultas tersebut.

Untuk Prodi yang lain (Astronomi, Meteorologi — bukan Metrologi seperti dalam berita itu karena antara keduanya ilmu yang berbeda — dan Oseanografi) saya tidak punya datanya, berapa banyak yang meminati prodi tersebut di fakultasnya saya tidak tahu, jadi saya tidak bisa membuat kesimpulan. Ketiga Prodi tersebut mungkin termasuk istimewa sebab selain dipilih setelah masuk fakultasnya (FMIPA dan FITB), mahasiswa yang meminati Prodi tersebut juga dapat langsung memilih ketika mendaftar memilih ITB. Perlakukan khusus tersebut karena kebutuhan akan tenaga ahli bidang tersebut untuk negara kita masih besar tetapi masyarakat belum banyak mengetahuinya.

Oke deh, di bawah ini saya tampilkan e-mail dari Direkur Pendidikan ITB untuk menjawab simpang siur berita Prodi yang kurang peminat tersebut, sebagai klarifikasi.

From: Dirdik ITB
Date: Mar 28, 2013 5:21 AM
Subject: Re: Lhoooo koq

Saya perlu meluruskan pernyataan bpk Eddy Purnomo ini:
1. ITB tidak pernah mengetahui dalam kapasitas apa bpk Eddy Purnomo memberikan pernyataan ini. Demikian pula perlu diperjelas siapa nara sumber beliau. Untuk seleksi dan penjaringan mahasiswa beserta kebijakan yang terkait dengan jumlah penerimaan merupakan kewenangan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) c.q. Direktur Pendidikan ITB. Beliau tidak pernah menghubungi Direktur Pendidikan ITB untuk mengklarifikasi pernyataan beliau.

2. Sangat salah kalau dinyatakan bahwa 8 (delapan) prodi (atau jurusan menurut bpk Eddy Purnomo) dikatakan sebagai prodi yang sepi peminat. Perlu diketahui bahwa persaingan untuk Fakultas/Sekolah/Prodi di ITB untuk SNMPTN 2013 rata-rata 1:20.

3. Delapan prodi yang dikemukakan oleh bapak Eddy Purnomo masuk dalam program peminatan dengan pertimbangan kebutuhan yang masih besar di Indonesia (Astronomi, Meteorologi, Oseanografi) dan prodi yang baru dibuka oleh ITB sehingga masyarakat belum mengenalnya (Rekayasa Pertanian dan Rekayasa Kehutanan yang baru dibuka tahun yll serta Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Air, dan Kewirausahaan yang baru dibuka tahun ini). Dengan program peminatan ini ITB dapat menjaring calon mahasiswa yang benar-benar berminat terhadap prodi-prodi tesebut.
Pada dasarnya di ITB tidak pernah ada kursi kosong.

Salam,

Direktur Dirdik ITB

Semoga klarsifikasi di atas cukup menjawab berita-berita yang kurang jelas di atas.

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

12 Balasan ke Delapan Prodi di ITB Sepi Peminat?

  1. fajar berkata:

    klarifikasi seperti ini memang sangat dibutuhkan, terimakasih infonya…

  2. Tidak usah dipermasalahkan tentang pemberitaan tsb. Justru itu akan jadi promosi gratis. Percayalah….

  3. guslia firmansyah berkata:

    Memang kalo tidak di klarifikasi bisa menyesatkan, sebab pasti banyak yang berfikir bahwa peminat lewat snmptn untuk prodi itu kurang, tapi ketika di buka tetap saja banyak yang tidak masuk, kan aneh….

  4. Fanhil berkata:

    Berita harus jelas jangan issu belaka

  5. candra berkata:

    Perlu ada beasisiwa minat untuk prodi diatas. Seperti pada saat saya daftar dulu Jurusan Metalurgi sedikit peminatnya. Tetapi saat ini , Jurusan Metalurgi ini dibutuhkan di dunia ekstraksi logam dan mineral

  6. Wahyu Putra berkata:

    semua tergantung kita walaupun sepi peminat asalkan kita minat itu tdak jd masalah.
    do’a kan saya masuk ITB y dengan prodi KEWIRAUSAHAAN aamiin ;)

  7. Amelia Az-Zahra berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Numpang nanya Pak. Kalo mau masuk S2 Astronomi di ITB ujian masuknya seperti apa Pak? Apakah berupa TOEFL, TPA atau bagaimana Pak? Di tahun 2015 kira-kira biaya masuk nya berapa ya Pak? Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih. Biillahi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  8. darmawan berkata:

    assalamu’alaikum. pak kalo dari jurusan ipa masuk kewirausahaan bisa gak pak ?

  9. walter berkata:

    terima kasih infonya moga tambah pengunjung :D

  10. mela yustika berkata:

    trima kasih info nya, pak. walaupun sepi peminat saya akan masuk meteorologi. do’akan saya lulus disana ya.

  11. SYARIFA berkata:

    kalau jurusan rekayasa kehutanan itu tentang apa to pak??

  12. Sumardi berkata:

    Anak saya mau masuk SBM ITB Program Kewirausahaan, apakah bisa melalui jalur undangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s