Info SNMPTN 2014 dari Panitia di Kampus ITB

Minggu lalu Panitia SNMPTN 2014 mengadakan press release di Aula Barat ITB. Peserta yang menghadiri press release tersebut adalah guru-guru dan kepala sekolah yanng punya kepentingan langsung dengan SNMTN 2014. FYI, SNMPTN adalah seleksi mahasiswa baru PTN melalui jalur prestasi akademik siswa atau dikenal juga dengan jalur undangan. Selain SNMPTN, ada pula jalur ujian tulis yang bernama SBMPTN dan jalur seleksi Mandiri.

Untuk Anda yang punya anak atau adik yang akan mengikuti SNMPTN tahun 2014, berikut ini saya bagikan informasi penting dari press release tersebut, semoga bermanfaat. Bahan tulisan ini diambil dari file presentasi pada acara press release tersebut.

Seleksi mahasiswa baru PTN pada tahun 2014 ada tiga jalur: SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Berikut perbedaan masing-masing jalur tersebut:

SNMPTN
• Berdasar Prestasi Akademik Siswa (Rapor, Hasil UN, dan prestasi yang lain).
• Biaya ditanggung Pemerintah.
• Minimal 50% kuota daya tampung setiap PTN/Prodi.
Informasi umum SNMPTN dapat dilihat pada laman web berikut: http://www.snmptn.ac.id/informasi.html?20131217-2

SBMPTN
• Berdasarkan hasil tes tertulis/keterampilan.
• Biaya disubsidi oleh Pemerintah.
• Pelamar Bidikmisi tidak dipungut biaya.
• Minimal 30% kuota daya tampung setiap PTN/Prodi.

MANDIRI
• Diserahkan sepenuhnya kepada setiap PTN.
• Biaya dibebankan kepada peserta.
• Maksimal 20% daya tampung setiap PTN/Prodi.

FYI untuk anda yang berminat ke ITB, sejak tahun 2011 ITB tidak menyelenggarakan seleksi jalur mandiri. Untuk tahun 2014 ITB menerima mahasiswa baru program sarjana hanya melalui SNMPTN (60%) dan SBMPTN (40%) saja.

Untuk SNMPTN 2014, yang harus diperhatikan adalah pilihan perguruan tinggi. Jumlah pilihan PTN paling banyak 2 PTN saja. Jika memilih 2 PTN, maka salah satu PTN pilihan harus berasal dari Provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa (khusus Provinsi Sulawesi Barat yang belum ada PTN, maka dapat memilih PTN di Sulawesi). Jika memilih 1 PTN maka siswa dapat memilih PTN di manapun. Selain itu, siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.

Sistem penilaian untuk seleksi SMPTN 2014 menggunakan tiga indeks/faktor, yaitu siswa, sekolah, dan wilayah.
1. Indeks siswa dengan indikator: Nilai Rapor, Kelengkapan Nilai Rapor, dan Pencapaian nilai pelajaran dibanding Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), nilai UN, dan prestasi lainnya.
2. Indeks sekolah: dengan indikator: Nilai UN, Nilai SBMPTN alumninya, Akreditasi Sekolah, dan Jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya.
3. Indeks wilayah dengan mempertimbangkan azas pemerataan.
4. Kebijakan sistem penilaian lokal diserahkan kepada masing-masing PTN.

Bagi siswa dan sekolah yang melakukan kecurangan maka tiada ampun, mereka akan diberikan sanksi keras. Sekolah yang melakukan kecurangan pada tahun sebelumnya diberikan sanksi yaitu tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berjalan. Panitia SNMPTN akan mengusulkan kepada Dinas Pendidikan/Instansi yang berwenang untuk memberikan sanksi pemberhentian/penggantian Kepala Sekolah. Sanksi terhadap sekolah akan dicabut jika Pihak yang berwenang memberhentikan Kepala Sekolah.

Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN, namun sekolah dan/atau kepala sekolah asal siswa tidak diberi sanksi.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
1. Pengisian PDSS: 6 Januari – 6 Maret 2014 dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
2. Pendaftaran: 17 Februari – 31 Maret 2014
3. Proses Seleksi: 1 April – 26 Mei 2014
4. Pengumuman Hasil Seleksi: 27 Mei 2014
5. Pendaftaran Ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi: 17 Juni 2014, bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Ketua Umum SNMPTN 2014 adalah Rektor UNPAD, sekretaris umum adalah Rektor ITS, dan bendaharanya Rektor UNS.
Alamat Sekretariat adalah:
GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS PADJADJARAN,
JL. DIPATI UKUR, NO.35
BANDUNG 40135
TELEPON: (022) 842 88842
FAKSIMILE : (022) 842 88899

Selamat mengikuti tahapan SNMPTN 2014. Bagi Anda yang memilih ITB, semoga dapat berjumpa di kampus Ganesha.

Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan, Seputar ITB. Tandai permalink.

98 Balasan ke Info SNMPTN 2014 dari Panitia di Kampus ITB

  1. zara-veer berkata:

    izin share y pak…

  2. b3n4r4 berkata:

    Assalamualaikum..wr.wb..izin di share ya pak…buat anak murid saya..terimakasih sebelumnya..

  3. Fatimah berkata:

    ijin share ya kawan

  4. Nafisah berkata:

    Assalamualaikum
    Pak, saya memiliki seorang anak yang hendak mengulang SBMPTN pada tahun 2014 karena pada tahun 2013 diterima pada prodi dan PTN yang bukan prioritasnya. Saya mendukung apapun pilihan anak saya terlebih PTN yang dia harapkan adalah ITB.
    Namun ada satu hal yang ‘menggelitik’ menurut saya. Kabarnya, kesulitan soal UN 2014 akan ditingkatkan sehingga nilai UN dijadikan syarat lulus PTN. Untuk SNMPTN, saya tidak ambil pusing. Tetapi untuk SBMPTN, dari berita yang saya baca nilai UN akan diintegrasikan dengan SBMPTN sehingga ada perampingan maka test hanya dilaksanakan satu hari. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apa ini maksudnya nilai UN dipakai sebagai syarat masuk PTN seperti SD ke SMP atau SMP ke SMA?
    2. Bagaimana dengan passinggrade nya apabila memang syarat masuk PTN dengan menggunakan nilai UN, terlebih untuk alumni karena mungkin ada perbedaan tingkat kesulitan soal dan sistemnya, serta
    3. Bagaimana untuk calon mahasiswa/i yang hendak ‘lintas jurusan’? Apabila SBMPTN dilaksanakan dua hari ‘kan calon mahasiswa dapat mengikuti ujian saintek/soshum saja maupun campuran. Bagaimana untuk tahun 2014?
    Sebelumnya, anak saya adalah siswa jurusan IPA namun nilai UNnya agak sedikit mengkhawatirkan terutama pada mata pelajaran fisika dan bahasa indonesia. Sementara jurusan yg dia inginkan adalah SBM ITB sehingga 4 bulan sebelum SBMPTN anak saya benar2 mempelajari materi ujian IPS serta agak mengesampingkan materi UNnya. Memang, dia lolos SBMPTN namun bukan pada prioritasnya.
    Sejujurnya saya khawatir apabila UN dijadikan syarat masuk PTN karena jalur ‘tertulis’ itu lebih kredibel, mengingat banyaknya hal2 ‘diluar dugaan’ saat pelaksanaan UN. Saya sendiri adalah produk Sipenmaru. Besar harapan saya Bapak dapat membantu menjawab keresahan saya. Terima kasih.
    Wassalam.

    • rinaldimunir berkata:

      Saya coba jawab ya Bu:
      1. Apa ini maksudnya nilai UN dipakai sebagai syarat masuk PTN seperti SD ke SMP atau SMP ke SMA?
      Jawaban: Sampai saat ini belum ada informasi resmi apakah untuk SBMPTN juga menggunakan nilai UN sebagai komponen nilai. Jadi, kita tunggu saja nanti dari Panitia.

      2. Bagaimana dengan passinggrade nya apabila memang syarat masuk PTN dengan menggunakan nilai UN, terlebih untuk alumni karena mungkin ada
      Jawaban: passing grade akan selalu berubah2 tergantung hasil ujian. Untuk nilai UN< jawaban saya mengacu pada pertanyaan pertama

      3. Bagaimana untuk calon mahasiswa/i yang hendak ‘lintas jurusan’? Apabila SBMPTN dilaksanakan dua hari ‘kan calon mahasiswa dapat mengikuti ujian saintek/soshum saja maupun campuran. Bagaimana untuk tahun 2014?
      Jawaban: seperti tahun-tahun sebelumnya, calon mahasiswa yang mengikuti jalur IPC (campuran), maka ia wajib ikut materi IPA dan IPS pada hari kedua.

  5. English Prestige berkata:

    infonya komplit sekali pak rinaldi. thx

  6. Hari Wibawanto berkata:

    Assalamualaikum,
    Pak, mohon informasinya berkaitan dengan SNMPT tahun 2014:
    Apakah pada SNMPTN tahun 2014 ITB masih memperbolehkan calon siswa untuk memilih langsung ke Prodi tertentu tanpa memilih Fakultas/Sekolah?
    Dengan kata lain adakah prodi yang bisa di pilih langsung tanpa memilih Fakultas/Sekolah? Terima Kasih

    Wassalam.

  7. edisonmanik berkata:

    termakasih pak informasinya.
    kalo boleh tau pak, maksud dari sistem penilaian indeks wilayah dan kebijakan sistem penilaian lokaal itu bagaimana ya?

  8. OFFICIAL SNMPTN berkata:

    mkasih atas infonya, semogha teman bisa luluis

  9. w.vian@yahoo.co.id berkata:

    izin share pak

  10. bagaimana jika ada 2 orang siswa yang mengambil jurusan yang sama dari satu sekolah,apakah itu mempengaruhi untuk SNMPTN?

  11. lili siti nuralinah berkata:

    Saya ingin mendaftar snmptn… kami angkatan pertama yang mengikuti seleksi ini… sedangkan kriteria penilaian nya di lihat dari kakak kelas yang berada di PTN tersubut.. bagaimana dengan kami ???

  12. AHMAD MIM berkata:

    saya mau tanya pak, saya tadi cari informasi tentang SNMPTN dari UNDIP, disitusresminya dituliskan bahwa “Undip akan memperhitungkan siswa tersebut berasal dari IPA atau IPS dan apakah sejalur tidak dengan prodi pilihannya di Saintek atau Soshum”.bagaimana nasib siswa yang ingin listas jurusan ? apakah sangat kecil kemungkinan untuk diterima bila lintas jurusan ?

  13. adib iyasy berkata:

    untuk di itb sendiri kan ada fakultas SBM nah itu kalau dari anak ipa ikut snmptn boleh gak ? atau harus dari sbmptn ? soalnya denger denger untuk ipa harus ngambil ipa gitu pak
    makasih

  14. Nurul berkata:

    di ugm apakah boleh lintas jurusan di snmptn 2014? terima kasih

  15. Prasana Rizkiani berkata:

    pak aku murid yg akan lulus tahun 2014 ini (amin) mau nanya kalau snmptn kan pakai acuan nilai rapot juga kan ya (di itb juga kan? tepatnya fsrd), nah itu harus tinggi nilainya tetapi tidak stabil tiap semester atau nilainya sederhana tetapi selalu naik tiap semester? kira-kira akan lebih dilirik sm panitia itu yang mana ya pak? atau ada faktor x lain yg hanya panitianya saja yang tau? terima kasih sebelumnya, kalau ada salah kata mohon dikoreksi:)

    • rinaldimunir berkata:

      Saya tidak tahu persis cara menghitungnya bagaimana. Banyak faktor yang menentukan, antara lain prestasi alumni sekolah di perguruan tinggi tersebut, akreditasi sekolah, rangking, rata-rata nilai, jumlah pesaing yang melamar ke jurusan/prodi tersebut, dsb.

  16. isnah karimah berkata:

    dari ips boleh ambil snmptn jurusan ipa tidak pak?

  17. Izin share, Pak :) info yg sangat penting untuk adik-adik kelas :) Hal-hal ini yang saya tidak tahu, hingga saya gagal masuk ITB pada SNMPTN 2013 lalu. Tepatnya memilih STEI dan FMIPA.

  18. Yusi Widiyawati berkata:

    saya mau bertanya, jika ingin mendaftar SNMPTN di dua PTN, apa boleh memilih 4 jurusan yang semuanya berbeda?

  19. Ulfa Kun berkata:

    Assalamualaikum, saya siswi kelas 3 yang inshaAllah lulus tahun ini pak. Sebenernya banyak saya mau tanyain, banyak info yang saya dengar mengenai penerimaan mahasiswa baru di PTN sendiri lebih banyak yang mementingkan pada indeks sekolah, seperti contohnya pada PTN ITB. Di sekolah saya sendiri khususnya belum ada satu pun alumni yang melanjutkan pendidikan di ITB. Nah, yang saya takutkan saat ini pak, adakah peluang untuk saya agar bisa lulus jalur snmptn di PTN ITB tersebut?
    Kemudian, saya rencananya mau melanjutkan pendidikan di FSRD ITB yang salah satu syaratnya melampirkan portofolio/karya seni ke PTN tersebut. Yang saya tanyakan, bagaimana cara pengirimannya pak, apakah langsung bersamaan dengan pendaftaran atau bisa di lampirkan pada lain hari (tidak bersamaan)? karena sampai saat ini, saya sendiri belum mendapatkan bagaimana syarat dan ketentuan untuk mengirimkan portofolio tersebut.
    Mohon sekiranya dapat di jawab pak, Terima kasih :)

  20. tica eka berkata:

    masih bukak gak pendaftaran SNMPTNnya di ITB ??

  21. tica eka berkata:

    masih bukak gak pendaftaran pdss SNMPTNnya d ITB ??

  22. visi berkata:

    apakah kalau sudah lolos snmptn 2014 masih boleh tes sbmptn?

  23. Nurdin Abdullah berkata:

    saya mau tanya nih pak, mohon di balas pak
    pendaftaran jalur SBMPTN tu kapan mulai dibuka dan apa saja persyratan untuk mengikuti jalur tersebut
    tolong balas ke no saya ya pak 082350596886

  24. Hasmaniar berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    saya calon siswa SNMPTN tahun 2014, ada beberapa hal informasi yang ingin saya ketahui mengenai kemungkinan lolos SNMPTN di luar provinsi sendiri… Saya orang sulawesi dari daerah dan berminat untuk mendaftar di universitas daerah jawa yaitu ITB prodi teknik arsitek… Tapi beberapa informasi yang saya tahu bahwa kecil kemungkinan bagi saya untuk lolos di ITB… jadi, saya ingin tahu syarat-syarat apa yang mendukung SNMPTN selain nilai rapor, UN dan prestasi yang ada??
    dan apakah prestasi yang di nilai ini dari SD sampai SMA atau SMP sampai SMA atau hanya semasa SMA??

    untuk jawaban dan informasinya terima kasih sebelumnya :D

  25. Tips Kampus berkata:

    semoga SNMPTN 2014 bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan..

  26. Dedy berkata:

    Selamat sore, Pak!
    Saya mahasiswa SBM ITB yang tahun lalu memilih lintas jurusan di SBMPTN 2013. Setelah kuliah selama satu semester di SBM ITB ini, saya sadar ternyata saya tidak memiliki passion di fakultas/jurusan tersebut sehingga saya berencana untuk mencoba lagi di SBMPTN 2014 dengan rencana pilihan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB (FTTM) dan Fakultas Teknik Ilmu Kebumian ITB(FITB). Apakah hal itu diperbolehkan, Pak? Saya mohon penjelasan dari Bapak.
    Terima Kasih

    • rinaldimunir berkata:

      Di ITB ada aturan, mahasiswa yang pernah kuliah di ITB tidak bisa lagi memilih ITB pada tahun berikutnya lewat jalur seleksi apapun. Nama anda sudah ada dalam database ITB, jadi kalau mendaftar lagi ke ITB pada tahun berikutnya akan ketahuan dan pasti ditolak.

  27. Dedy berkata:

    Oh begitu ya, Pak.
    Terima kasih banyak Pak.

  28. putri berkata:

    pak.. kalau lulusan tahun 2011 apakah masih bisa masuk PTN ?

    • rinaldimunir berkata:

      Biasanya untuk SBMPTN syaratnya lulusan 3 tahun terakhir. Jadi kalau tahun 2014 yang boleh mendaftar adalah lulusan 2014, 2013, dan 2012. Cobacek lagi kes itus SBMPTN, mungkin saya salah.
      Masih bisakah masuk PTN untuk lulusan 2011? Coba cek syarat Jalur Mandiri yang masih diadakan bebrepa PTN, mungkin syaratnya berbeda. Coba cek juga syarat masuk di Politeknik Negeri.

  29. muhammad berkata:

    kak,saya mau tanya,saya mau masuk ke sbm itb melalui snmptn 2014,saya jurusan ipa,apakah nilainya bisa dipertimbangkan?
    2. sekolah saya berasal dari desa,dan baru berdiri,apakah saya bakal lolos masuk ke sbm itb?
    terimakasih atas jawabannya

  30. elnida nazwar berkata:

    Assalamualaykum pak Rin, saya mau ikutan nanya. Insya Allah adiknya Husein mau coba ikut SNMPTN, sekarang lagi diurus oleh sekolahnya. Saya dengar kalau melalui SNMPTN ada Surat Pernyataan yang harus dibuat dan ditandatangani oleh orangtua. Surat apa itu Pak ? Terimakasih atas jawaban Bapak.

  31. Dinny berkata:

    Apakah masih ada kemungkinan seorang siswa diterima jalur SNMPTN, bila dari sekolah siswa tersebut belum ada alumni yang berhasil menjadi mahasiswa di PTN tersebut, namun sekolah itu akreditasinya sudah bagus. apakah masih ada kemungkinannya? terima Kasih

  32. Miswantoro berkata:

    asalamualaikum pak
    saya ingin bertanya mengenai SBMPTN ,apa diperbolehkan siswa smk mendaftar di teknik perminyakan,dan apabila siswa lulus 2 tahun yang lalu? terima kasih

  33. suwito idris berkata:

    Selamat malam, ass. Bapak mohon penjelasan tentang Indeks wilayah dengan mempertimbangkan azas pemerataan! Terima kasih

  34. syafaat berkata:

    numpang nanya kok pada saat saya login d snmptn 2014 untuk daftar d ITB kok program study yang muncul cuman FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN (FSRD) ? program studi yang lain kok tidak ada?

    • rinaldimunir berkata:

      Oh begitu? Coba refresh lagi, tetapi kenapa tidak ada keluhan dari siswa SMA lain yang juga memilih ITB ya? Saya tidak bisa melihat web tsb karena tidak punya akun di web SNMPTN.

  35. sadewo berkata:

    as wr wb pak, akhirnya jadi juga ya nilai UN dimasukkan dalam sistem rekrutmen perguruan tinggi, sangat disayangkan,
    pasalnya UN sarat kecurangan, http://edukasi.kompasiana.com/2013/04/18/pakai-barcode-un-20-paket-tetap-bocor-ini-buktinya–552734.html

    mulai dari kunci jawaban yang disebar oleh guru dan bimbel, pengawas juga berkolaborasi melakukan kecurangan, sampai upaya curang di pemindaian . Sampai membawa bekal bocoran kunci jawaban ke kelas, membawa blackberry dan hp dibiarkan saja, kerjasama malah didukung.
    Banyak anak yang kesehariannya nilai matematika 5, tapi saat UN bisa menjadi 10.

    Kalau memperhatikan nilai rapot, buat seleksi PTN seharusnya bukan yang nilainya meningkat. Jelas pelajaran kelas X jauh lebih mudah dari kelas XI dan XII. Kalau kelas X nilainya lebih bagus dari kelas XI dan XII ya pantas-pantas saja. Wong pelajarannya mudah mendasar kok, tinggal mengulang SMP.

    Analog dgn “penjumlahan lebih gampang dari perkalian”.
    Jadi harus dipertanyakan, saat kelas X nilainya pas-pasan, tiba-tiba di kelasXI dan XII melonjak fantastis, Harus juga dipertanyakan, orang yang nilai perkalian fantastis, tapi nilai penjumlahan jeblok.

    Ingat pak, ada permainan bimbel, yang main mata dengan sekolah. Sehingga murid yang baru bergabung dengan bimbel di kelas XI atau XII mendapat dispensasi untuk menjadi juara baru di sekolah, supaya bimbelnya juga kelihatan hebat. Hanya Tuhan yang tahu kok pak, ketika soal ulangan harian dan ulangan sekolah sudah dibocorkan pada anak-anak tertentu , demi meraih nilai besar bekal di SMptn.
    Mentalitas kecurangan telah menjadikan banyak orang memiliki seribu satu akal bulus, MUlai dari curang dalam UNm dan kini termasuk di jalur undangan.
    Aneh juga, siswa yang masuk SMA dengan nilai UN SMP serba 10 untuk matematika dan bahasa Inggris, Tapi di kelas X nilainya jeblok. Lantas di kelas XI mendadak bagus, di kelas XII sangat fantastis.

    Saya membacanya banyak sekali, salah satunya http://edukasi.kompasiana.com/2013/04/18/pakai-barcode-un-20-paket-tetap-bocor-ini-buktinya–552734.html

  36. fadly berkata:

    assalamualaikum pak saya fadly dari smansa padang. saya mau nanya pak, apa iya kalau ftsl itb lebih memprioritaskan siswa yg punya sertifikat internasional?

  37. Nurul berkata:

    admin mau tanya..
    biaya awal seperti uang gedung atau yang lainnya jika tahun ini keterima SNMPTN di ITB di Sekolah Farmasi kira2 brapa?
    terima kasih

  38. Andri S Derm berkata:

    Salam…
    Untuk persyaratan yang ini
    “…Jumlah siswa yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN tahun sebelumnya.”
    Bagaimana kalau tidak ada? tapi sekolah memiliki akreditasi tinggi dan prestasi yang lumayan bagus, dan ISO juga

  39. Andri S Derm berkata:

    Apakah lulusan SMK jurusan Akuntansi bisa masuk FK teknik? melalui jalur S. Bersama? Mohon bimbinganya atau step2 nya mas… karena untuk infromasi yang satu ini sangat minim.

  40. taantra berkata:

    Jika UN dijadikan untuk seleksi SNMPTN : sumbang saran, simak youtube https://www.youtube.com/watch?v=keK8WWS_q7M

  41. hidayat berkata:

    saya mau tanya itb pendaftarannya kapan ………

  42. ong berkata:

    Apakah siswa yg berada di jurusan ipa tidak boleh memilih pelajaran jurusan ips dalam jalur undangan?

  43. Agus berkata:

    Apakah saya anak smk bisa masuk Prodi arsitektur ITB lewat snmptn , tpi pilihan.a hanya ada FSRD atau sudah penuh kouta.a

  44. septi maftuhah berkata:

    Saya mau tanya apakah siswa SMK bisa masuk fakultas farmasi di itb ?

  45. alika berkata:

    un 2014 soal sudah banyak yang punya di kita bandung. di kota lain? http://edukasi.kompasiana.com/2014/04/16/soal-un-bocor-di-depan-mata-saya-647360.html

  46. alika berkata:

    di koran pikiran rakyat rubrik surat pembaca hari ini sabtu tgl 19 april 2014, judulnya”Kok UN bisa bocor?” . Penulisnya (tdk sy sebut) menulis tentang soal UN sudah bocor. Justru lebih parah dari thn sebelumnya krn digunakan untuk masuk pTN.anak tsb menulis begini: “”…padahal kasihan sekali mereka yg sdh bljr keras dan jujur utuk dpt nilai bagus.sementara yg lain degn gampangnya mendptkna bocoran soal (bukan kunci jawaban) lengkap paket 1 -21….

  47. Handaya berkata:

    Saya lulusan 2011.apakah masih bisa saya kuliah di itb?

    • rinaldimunir berkata:

      Untuk lulusan 2011 tidak bisa ikut lagi SBMPTN, jadi tidak mungkin bisa masuk ITB. Namun anda masih bisa masuk ITB nanti ketika melanjutkan S2 di ITB. Kalau S2 boleh angkatan berapa saja (tidak dibatasi umur).

      • Handaya Budiman berkata:

        jadi gak ada solusinya?padahal saya ingin melanjutkan pendidikan s1 di itb.katanya sekolah di itb itu untuk siapa saja dan dari kalangan apa saja.

      • rinaldimunir berkata:

        Itu aturan dari Dikti, bukan dari ITB. Jadi silakan ditanya atau mengajukan keberatan kepada Dikti.

  48. purnomor berkata:

    Yth pak munir apakah lulusan 2011 masih bisa mengikut SBNMPTN 2014? mohon jawabannya terima kasih

  49. Suci S berkata:

    Gimana kalo daftar sbmptn sebelum pengumuman snmptn, ketika peng. snmptn lulus. Apakah sbmptn ny boleh dibatalkan ?

  50. Naufal Adzkia El Imami berkata:

    assalamualaikum,
    pak saya mau nyanya, apakah benar SBM ITB itu tes masuknya IPA?
    terimaksih, mohon dijawab
    wassalamualaikum,

  51. karima berkata:

    assalamualaykum wr wb
    pak rinaldi, saya mau tanya kalau mau jadi panitia pengawas SBMPTN, syarat-syaratnya apa aja ya? terus pendaftarannya kemana untuk isi dan kembalikan formulirnya. terima kasih ^^

  52. sultan raihan berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Pak Rinaldi saya mau bertanya kan saya salah satu siswa kelas 3 di salah satu sma di jakarta timur nah saya dari kelas 1 sma pny cita2 utk melanjutkan pendidikan di stei ITB khususnya lwt jalur undangan oleh karena itu saat tiba waktunya saya mendaftar snmptn undangan ke itb dengan stei sbg pilihan pertama saya nah taunya setelah sy tanya ke guru bk dr sekolah sy belum ada satupun alumni yg pernah melanjutkan pendidikan di itb nah pd saat itu saya down dan pesimis tetapi sy percaya nilai rapot,nilai un, dan prestasi sy cukup baik nah apakah msh ada kemungkinan sy diterima di itb lewat jalur undangan tersebut ? Terima kasih
    Wassalamualaikum Wr Wb

    • rinaldimunir berkata:

      Kalau pun nanti tidak lulus jalur SNMPTN undangan, kan masih ada SBMPTN. Sekarang tinggal berdoa saja untuk SNMPTN, dan mempersiapkan diri untuk SBMPTN. Jangan bersedih dan berkecil hati, Dia yang tahu yang terbaik buat hamba-Nya.

  53. Sultan Raihan berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Pak Rinaldi sy mau bertanya sy sultan raihan jurusan ipa dari sma negeri di jakarta timur, sy lulus tahun ini nah dari sekolah saya yang daftar snmptn undangan di ITB hanya saya seorang tetapi alumni tahun2 sebelumnya belum ada yang pernah masuk ke ITB baik melalui snmptn maupun sbmptn karena setelah sy tanya, mereka berpikir bahwa lulusan sma kami tidak akan dapat jatah di ITB khususnya untuk snmptn walaupun nilai dan prestasi mereka cukup bagus dan mereka berkeinginan besar utk melanjutkan pendidikan di ITB tetapi mereka mengurungkan niatnya jadi lebih tepatnya mereka cari aman dan mereka katakan bahwa pilihan sy akan sia2 jika sy memilih ITB tetapi sy nekat utk tetap memilihnya karna sy optimis pasti bs lolos nah yg mau sy tanya kan nilai rapot saya cukup baik dengan rerata 80 < rata2 rapot ≤ 85, trus sy pny serifikat pelatihan (prestasi) komputer dan nilai un yg sy peroleh cukup baik nah apakah mungkin sy berpeluang masuk ITB fakultas STEI lewat jalur undangan ? Terima kasih
    Wassalamualaikum Wr Wb

  54. alika berkata:

    maaf, numpang komentar, UN tahun 2014 ini jelas super bocor se bocor-bocornya, makin menggila, gara-gara dipakai untuk seleksi masuk PTN.
    Anak yang udah menang olimpiade aja bilang itu soal matematika nya sulit sangat. (acara Hitam Putih Trans TV hari Selasa sore tangga l 20 mei 2014)
    Aneh nya banyak anak-anak (maaf kesehariannya biasa aja, ) lulus UN dengan tersenyum, bilang soalnya gampang, dapat nilai bagus.
    Semoga saja yang dapat nilai bagus memang hasil kejujuran , kerja keras bukan karena dapat bocoran soal (yang mirip soal aslinya, cuma dibolak-balik urutannya, dan diubah dikit angkanya).Hai, Tuhan sedang mengawasi kita semua…. Kita bisa berbohong di hadapan publik dan manusia, tapi Tuhan akan membalas dan menghitung setiap kebohongan kita.

  55. Sultan Raihan berkata:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Pak Rinaldi sy mau bertanya sy sultan raihan jurusan ipa dari sma negeri di jakarta timur, sy lulus tahun ini nah dari sekolah saya yang daftar snmptn undangan di ITB hanya saya seorang tetapi alumni tahun2 sebelumnya belum ada yang pernah masuk ke ITB baik melalui snmptn maupun sbmptn karena setelah sy tanya, mereka berpikir bahwa lulusan sma kami tidak akan dapat jatah di ITB khususnya untuk snmptn walaupun nilai dan prestasi mereka cukup bagus dan mereka berkeinginan besar utk melanjutkan pendidikan di ITB tetapi mereka mengurungkan niatnya jadi lebih tepatnya mereka cari aman dan mereka katakan bahwa pilihan sy akan sia2 jika sy memilih ITB tetapi sy nekat utk tetap memilihnya karna sy optimis pasti bs lolos nah yg mau sy tanya kan nilai rapot saya cukup baik, trus sy pny serifikat pelatihan (prestasi) komputer dan nilai un yg sy peroleh cukup baik nah apakah mungkin sy berpeluang masuk ITB fakultas STEI lewat jalur undangan ? Terima kasih
    Wassalamualaikum Wr Wb

  56. dewi berkata:

    Pak, saya lulusan SMA IPA tahun 2012, pak di SBMPTN 2014 ini saya ingin memilih jurusan soshum semua. apa boleh saya ikut SBMPTN soshum, atau saya harus ikut yang IPC ? Terimakasih.

  57. ester yohanna berkata:

    pak, saya ingin bertanya, apakah menjadi masalah pada saat seleksi SBMPTN nanti apabila mengambil 3 universitas berbeda dan semua berada di luar domisili saya ? saya berdomisili di jakarta dan mengambil universitas di semarang dan bandung. terimakasih. mohon balasan secepatnya

  58. FIla Munawarah berkata:

    Pak, mau bertanya. Untuk mahasiswa yang pernah kuliah di suatu kampus dan mengikuti SBMPTN lagi namun di kampus yang sama dengan jurusan yang berbeda, apakah diperbolehkan? Misalnya, si A kuliah di ITB dengan jurusan B namun ingin mengikuti seleksi SBMPTN lagi dengan memilih jurusan C di ITB juga.

  59. anugrah berkata:

    Permisi admin
    Saya mau bertanya
    Apakah ada dampaknya pada pendaftaran ulang jika nama peserta pndftaran snmptn 2014 berbeda dengan nama aslinya?

  60. no_name berkata:

    Saya mau nanya, sebenarnya penilaian rapor snmptn tahun 2014 ini dari semester berapa ya? Saya bingung, karena sangat simpang siur bahkan gurupun nggak konsisten, ada yg bilang dari semester 1 , ada semester 3. Yang mana yang benar ya? Selain itu mengenai sertifikat, seberapa besar sertifikat mempengaruhi snmptn ?
    Terimakasih

  61. ags berkata:

    mohon penjelasan snmptn, mengapa banyak yg janggal ya. Hasil UN ketika dipertimbangkan katanya ITB harus minimal 8 rata-ratanya. Kalau nilai rata-rata 8 diperoleh dengan cara curang bgm pak? Lalu yg jujur bisa terbanting dong pak?

  62. Husna Fauziah berkata:

    Assalamu’alikum,,, sya sekolah di MA jurusan IPA,, sya sangat berminat masuk STEI ITB terutama teknik informatika,,, nilai raport yang akan dilihat di snmptn pelajaran apa saja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s