Prihatin dengan Jual Beli Skripsi/Tesis

Seorang rekan dosen mengutarakan keluhannya di dalam sebuah email yang ditulis di milis dosen, bahwa tugas-tugas mahasiswanya (dalam bentuk makalah), yang dipublikasikan di dalam situs web dosen tersebut,  telah diperjualbelikan di dalam situs web http://www.skripsi-tesis.com. Situs web ini menjual soft copy skripsi (TA), tesis, dan tugas-tugas kuliah orang lain. Tugas mahasiswa yang dijual itu dalam bentuk doc (Microsot Word) sehingga dengan leluasa pengelola situs dapat memanipulasi isi dokumen (menghapus nama pemilik asli, mengubah isi, dan sebagainya). 

Rekan saya itu memang mengunggah (upload) semua tugas mahasiswanya ke dalam situs web personalnya dalam bentuk doc (bukan pdf sebagaimana lazimnya format makalah di dalam  internet). Niat dia adalah berbagi ilmu pengetahuan kepada siapapun tanpa ada yang perlu disembunyikan (makanya dia tetap memasang dokumen dalam format doc, alasannya kalau dalam format pdf berarti masih belum “iklhas” memberi, kok memberi ilmu hanya seencrit-encrit, begitu kata rekan saya itu, sebuah alasan yang mungkin bisa diperdebatkan) . Sayangnya niat mulia rekan saya itu dimanfaatkan oleh pihak lain dengan mengunduh (download) makalah-makalah dari situs dosen tersebut. Karena sudah dalam format doc, tentu saja si pembajak berpesta sebab dia dengan mudah bisa mengedit  dokumen doc dan memanipulasi isinya, lalu dijual di situsnya tanpa seizin pemilik dokumen yang asli.

Di halaman depan situs, si pedagang skripsi dan tesis ini menyatakan begini: 

Kami hadir kerena melihat banyaknya teman-teman mahasiswa yang dalam proses penyusunan skripsi, tesis banyak mengalami kendala, salah satunya karena minimnya referensi sehingga mereka mengalami kesulitan, kekecewaan dan frustasi dan tidak sedikit yang kena dropout. Sangat disayangkan bukan? Oleh karena itu lewat situs ini kami hadir guna menyediakan referensi berupa file-file skripsi, tesis yang sudah jadi, tidak untuk sebagai plagiarisme namun untuk dijadikan sebagai sample, pembanding dan pengembangan dalam penulisan karya tulis ilmiah yang lebih baik. Dengan semakin banyak referensi, contoh penulisan dan materi semakin terbantu anda dalam menyusun karya tulis. Sehingga proses penyusunan skripsi, tesis anda bisa menjadi lebih cepat, hemat waktu, tenaga dan biaya. Untuk menghindari penduplikasian tidak semua judul skripsi atau tesis kami pajang disitus ini. Silahkan hubungi kami.”

Tidak untuk plagiarisme? Hmmm… adakah yang bisa menjamin? Kita tidak tahu apa motif mahasiswa yang membeli skripsi dan tesis itu, apakah benar untuk sekedar referensi (read only)  atau dibajak seolah-olah menjadi karyanya? Sekali dokumen skripsi/tesis telah dibeli, maka si pedagang tidak bisa lagi memantau si mahasiswa menggunakan dokumen tersebut serta tidak punya hak melarang mahasiswa melakukan penyalahgunaan. Apalagi dokumen skripsi itu dalam format .doc, bukan dalam format pdf, sehingga si pembeli akan leluasa mengubah isi dokumen atau melakukan plagiarisme. 

Jual beli skripsi (TA) atau tesis sudah sering kita dengar, dan situs web tadi bukti yang paling konkrit. Internet membuat perdagangan skripsi itu menjadi makin menggila, sebab si penjual cukup menjajakan dagangannya di internet – tidak perlu lagi pasang iklan di koran – mahasiswa yang tertarik tinggal menghubungi si penjual lewat SMS, dan jika ia sudah melakukan pembayaran, maka soft copy skripsi akan dikirim via email. Cepat dan murah.   

Berapa harga skripsi/tesis tersebut? Begini yang tertulis di situs web tersebut:

Seluruh materi makalah, skripsi dan tesis versi lengkap dalam format Ms-Word (*.doc) dan sudah teruji, bisa anda miliki segera dengan menghubungi kami. Layanan kami 24 jam. Biaya yang anda keluarkan ekonomis. Skripsi Rp300 ribu, Tesis Rp500 ribu, dan mungkin akan segera dinaikkan. Silahkan SMS judul, kirim ke nomor No.HP.081904051059 atau Hp.08886910668 Telp: (0274) 7400200. Kami melayani pemesanan dari seluruh kota di Indonesia; dari Aceh sampai Papua (Dili-Timor leste, Malaysia, Singapore available). Pengiriman bisa menggunakan email, pos atau Tiki, sesuai permintaan. (Via Tiki ditambah ongkos kirim sebesar Rp.15.000). Untuk mendapatkan informasi atau respon yang lebih cepat silahkan hubungi kami di no. HP diatas. Mohon Maaf, kami hanya merespon bagi yang serius saja.

Saya coba masuk ke judul-judul skripsi di bidang Teknik Komputer/Informatika. Saya baca salah satau skripsi yang ditawarkan:

Penerapan  SistemAutentikasi One Time Password Untuk Proses Login 

Pendahuluan: Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dengan adanya sistem jaringan komputer adalah masalah keamanannya, dimana dengan banyaknya komputer yang dihubungkan dalam suatu jaringan dan banyaknya user yang memakai, suatu data maupun informasi menjadi sangat rentan terhadap serangan-serangan dari pihak-pihak yang tidak berwenang. Salah satu masalah dalam keamanan komputer berkaitan dengan bagaimana komputer mengetahui bahwa [..]

Siapa pemilik skripsi tersebut? Apakah dia memang telah menjual skripsinya ke pengelola skripsi-tesis.com? Apakah dia pernah dihubungi dan memberi izin skripisnya boleh diperjualbelikan? Darimana si pengelola situs berhasil memperoleh skripsi tersebut? Masih banyak lagi pertanyaan yang menggelayut dalam pikiran saya.

Beginilah potret buram pendidikan kita. Memprihatinkan. Sedih. Skripsi dan tesis yang telah dikerjakan si pemiliknya dengan penuh perjuangan, dengan cucuran keringat (mungkin juga darah lho) dan air mata, lantas beredar di situs intetnet dan diperjualbelikan tak ubahnya barang dagangan, dihargai ‘hanya’ ratusan ribu rupiah! Mahasiswa yang ingin lulus dengan jalan pintas, cepat, dan murah, tanpa peduli norma-norma, etika, dan agama, jelas akan memanfaatkan kesempatan “emas” ini. Skripsi orang lain bisa saja diakui sebagi skripsi dirinya sendiri, atau kalaupun tidak demikian, mengambil sebagian isi skripsi orang lain itu tanpa menyebutkan sumbernya, istilah copy-paste. Dosen pembimbing atau penguji mungkin bisa saja ditipu oleh mahasiswa kelas tipu-tipu ini. Biasanya dosen pembimbing yang bisa ditipu ini adalah dosen yang sangat sibuk sehingga tidak sempat memeriksa laporan skripsi mahasiswa secara detil, dosen yang tidak peduli dengan isi laporan mahasiswa, atau dosen yang membimbing mahasiswa secara massal sehingga lebih mementingkan hasil akhir  daripada proses pengerjaan.

Apakah jual beli skripsi/tesis itu ilegal? Dari segi hukum sah saja asalkan si penjual memang mendapat izin dari pemilik yang asli. Hal ini tidak ada bedanya kalau kita membeli paper dari jurnal ilmiah luar negeri (misalnya jurnal IEEE). Kalau kita ingin paper dari jurnal tersebut, kita harus mengeluarkan uang sekian dolar. Ada hak penulis yang diberikan oleh pengelola jurnal (royalty). Tetapi menjual skripsi/tesis tanpa izin dari si pemilik jelas ilegal, itu sama dengan menjual barang curian. Gampang saja si penjual skripsi ini mendapatkan bahan dagangan secara ilegal. Dengan rajin berselancar di dunia maya, dia dapat menemukan dokumen skripsi/tesis/tugas kuliah yang dicari (misalnya dari situs web rekan dosen tadi). Beberapa orang memang mempublikasikan skripsi/tesisnya di internet, tetapi untuk tujuan yang baik yaitu berbagi pengetahuan. Hanya oleh si pedagang skripsi niat baik orang itu disalahgunakan untuk mencari keuntungan sesaat.

Meskipun jual beli skripsi/tesis itu bisa, tetapi ada masalah mendasar yang muncul, yaitu etika akademik. Plagiarisme adalah kasus yang banyak terjadi. Tidak ada jaminan skripsi orang lain yang telah dibeli dimanipulasi oleh si pembeli dan diklaim seolah-olah hasil karyanya. Dari sudut HAKI, skripsi dan tesis adalah karya intelektual yang harus dilindungi. Lihatlah sebuah skripsi/tesis (yang dikerjakan dengan benar, tentunya) sebagai sebuah akumulasi dari proses panjang yang telah menyita waktu, tenaga, uang, dan pikiran. Memperjualbelikan skripsi/tesis berrarti telah melecehkan sebuah proses intelektual sebab mensejajarkannya seperti barang dagangan lain.  

Oh Indonesia, ibu pertiwi akan terus menangis melihat kelakuan anak bangsanya yang tidak jujur. Bagaimana jadinya bangsa ini jika pemimpinnya adalah orang-orang yang melakukan plagiarisme kala S1/S2/S3?

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku, Seputar ITB. Tandai permalink.

25 Balasan ke Prihatin dengan Jual Beli Skripsi/Tesis

  1. banguji berkata:

    Wah, kalau benar demikian, menyedihkan sekali ya Pak..

    Baru saja saya lihat situsnya. Disana tertulis bahwa situs ini dalam perbaikan. Apa karena pemilik situsnya melihat postingan bapak ini?

    http://www.skripsi-tesis.com/

    Maaf, Situs ini dalam Perbaikan.

    Call/SMS HP 0819 0405 1059

    Skripsi-tesis.com @ Media Referensi Karya Tulis

    salam kenal pak 🙂

    Fauzie

  2. anggriawan berkata:

    wah, jangan-jangan makalah kriptografi di kuliah Bapak termasuk yang dijual mereka 😀

    btw, kalau googling dengan kata kunci skripsi akan menemukan banyak tautan sejenis lho, pak -_-“

  3. Petra Barus berkata:

    setuju,

    takutnya beberapa makalah kriptografi yang Bapak pajang ada orang yang bener-bener buat sebagai skripsi ^_^

    kalau PDF khan bukan berarti gak bisa dijiplak.

  4. rinaldimunir berkata:

    @Petra: kalau itu saya tidak takut, sebab makalah tidak sama dengan dokumen lengkap skripsi. Penulis makalah biasanya tidak mempublikasikan kode program, hal2 teknis, dsb. Makalah hanya membicarakan metode yang diusulkan, hasil2 eksperimen, kesimpulan. Satu cara berbagi ilmu pengetahuan memang mempublikasikan makalah ke forum umum agar masyarakat keilmuan mengetahui perkembangan IPTEK. Itulah yang sudah menjadi tradisi keilmuan berabad-abad. Kalau dijadikan sebagai referensi buat skripsi tidak masalah asalkan disebutkan sumebrnya; hal itu berarti penulis sudah memberikan kontribusi ilmu buat orang lain. Kalau penulis skripsi tidak mencantumkan sumber referensi tsb, itu adalah masalah etika yang telah dilanggar.

    Memang file PDF bisa saja dijiplak dengan usaha yang lebih keras. Prinsipnya, untuk hal2 yang curang, cara apapun akan ditempuh si pembajak.

  5. rinaldimunir berkata:

    @anggriawan: saya tidak mengeceknya, kalaupun ada yang menjual kenapa pembeli susah-susah ya, unduh saja makalah tsb dari website saya, gratis.

    Tulisan ini saya maksudkan agar orang menghargai etika ilmiah: jangan mengambil referensi tanpa menyebutkan sumbernya.

  6. Sandy berkata:

    Pak mo tanya, bagaimana caranya kalo kita mo republish atau berbagi ke teman lewat situs kalo suatu data atau informasi yang kita dapatkan itu sudah tidak ada nama penulisnya, sedangkan data tersebut sangat bagus untuk dishare ke temen2.

  7. Devan berkata:

    Semua kita tahu bahwa sebuah website yang menjual apapun, JIKA TIDAK ADA PENGUNJUNG, maka tidak akan ada pembeli, dan jika tidak ada pembeli maka tidak ada keuntungan, dan dalam bisnis, jika tidak ada keuntungan, maka bisnis itu mati, dan review tulisan ini terhadap situs http://www.skripsi-tesis.com akan meningkatkan popularitas terhadap mesin pencari dan jelas akan menguntungkan situs itu!

  8. rinaldimunir berkata:

    @Sandy: tuliskan saja, misalnya sebagai footnote, bahwa informasi tersebut diperoleh dari referensi yang sudah tidak diingat lagi siapa nama penulisnnya (minimal pembaca bisa menyimpulkan bahwa informasi tersebut bukan berasal dari kita).

    @Devan: itulah resiko menuliskan nama situs yang menjadi masalah dalam tulisan yang kita bahas. Jika disebutkan nama situsnya, maka dianggap promosi gratis, tetapi jika tidak disebutkan nanti pembaca mengira kita mengada-ada sebab pembaca tidak bida membuktikan benar tidak tentang situs yang kita maksudkan. Tetapi sebagai orang yang mengerti pendidikan, kita seharusnya sadar mengenai etika ilmiah. Itulah maksud saya menuliskan posting ini.

  9. Udin berkata:

    # Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik,
    Pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali
    # Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu,
    Pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.
    # Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa
    Pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta dijalanan.
    # Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk,
    Pikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk didalam hidupnya.
    # Sebelum kamu mengeluh tentang suami atau istri anda.
    Pikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup
    # Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu,
    Pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat
    # Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu,
    Pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul
    # Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya,
    Pikirkan tentang orang-orang yag tinggal dijalanan
    # Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir,
    Pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan
    # Dan disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu,
    Pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti anda.
    # Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain,
    ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa.

  10. sapar berkata:

    ada satu situs sejenis yg cukup menarik, dan mungkin akan menutup perjalanan situs penjualan sejenis. (persaingan bisnispun akan membuat bisnis ini mati perlahan)

    http://www.skripsitesismurah.com
    ==========================================
    memang topik ini sungguh menarik. sebab bukan hanya media elektronik. perdagangan tesis dan skripsi juga terjadi di pasar buku tradisional. sebut saja jogjakarta di pasar yg disebut mahasiswa shoping. disana terdapat penjualan foto copyan skripsi dan tesis dengan harga yg gk tanggung tanggung.

    dan memang skripsi da tesis tidak di lindungi hak ciptanya, kecuali bagi yang mendaftarkannya. (bnr gk ya?)

    tidak hanya pada skripsi dan tesis. hampir seluruh produk, buku, kaset, vcd, dll (yg ada hak lindung cipta), masih banyak bertebaran di jalanan.

    semoga ini dapat menjadi perhatian kita bersama, agar melindungi karya cipta kita sebaik baiknya.

    trims

  11. ali berkata:

    lho kok malah jadi ajang iklan skripsi tesis online nih….?!

  12. Eko SW berkata:

    hm… coba buka situs saya dulu.

    Kira2 bagaimana tanggapannya?

    Mungkin jg bs di search dgn keyword skripsi

    Ada hal2 yg harus diekstrak dengan baik2 dari fenomena ini. Diantaranya dua hal : kelemahan dan kekuatan. Kelemahan dari teman2 yg tak mampu menyelesaikannya sendiri, dan kekuatan dari yg mampu membantu menyelesaikannya.

    Baik sekali kalau yg kuat bs membimbing yg lemah, agar mampu menyelesaikan masalahnya. Mungkin solusi (atau kode etik) dari masalah ini diantaranya satu hal : siswa tersebut harus benar2 terlibat intens dengan yang membantu. Sehingga, posisi yg membantu bs diibaratkan sbg “Dosen Pembimbimg Bayangan”. Tidak hanya memberikan instruksi, namun membimbing dgn terjun langsung.

    Ada tidak ya, dosen yg sperti itu?

    Hatur nuhun

    * Oya, saya memang berusaha jujur di blog saya, meski setelah saya jalani, ada jg beberapa teman yg tak enak namanya disebut. Tapi ada jg yg senang sekali. ^_^

    * Mohon kritik dan sarannya

  13. Ibra berkata:

    Demi Allah, Postingan ini lebih banyak fitnahnya/mudharatnya dan merugikan pihak lain daripada manfaatnya. Jadi sebaiknya harus dihapus atau dikoreksi daripada terus2an menambah dosa. Mohon kesadaran dan kearifannya.

  14. Adnan berkata:

    Saya setuju dengan @Eko SW
    Kadangkala orang kalo sudah sedikit saja lebih ilmunya sudah mudah takabur mencari2 kelemahan orang agar semakin dia lebih tinggi, dan biasanya itu nggak sadar.
    Jasa bantuan pencarian data bagi saya sah2 saja dan itu sangat membantu bagi mahasiswa yang kebetulan punya kekurangan dalam hal itu. Jadi yang harus dilakukan bukannya menyudutkan layanan seperti itu tapi justru sebaliknya meningkatkan kualitas dosen pembimbing agar mahasiswanya dibimbing bukannya selalu dalam posisi yang terus disalahkan.
    Sekali lagi jasa layanan referensi atau pencarian data adalah pekerjaan yang legal dan kalo perlu semakin bertambah.

    Peace

  15. Ali berkata:

    Memang benar sekarang ini banyak bermunculan jasa penjualan skripsi,

    Coba lihat saja penyedia layanan tesis skripsi khusus pertanian agribisnis dan agronomi di

    http://www.ilmiahpertanian.blogspot.com

    disana memang menyediakan berbagai referensi yang bisa dijadikan acuan atau contoh dalam penyusunan TA.

    Kalo menurut saya sih itu sah-sah saja, yang penting niatnya bukan menjiplak tapi dijadikan sebagai referensi, khan gpp.

    Dalam penyusunan akhir kita khan tetap butuh referensi khan,
    dan jalan untuk mendapatkan referensi itu khan juga terbuka, tidak harus dari perpustakaan melulu…

    Gimana???

  16. HF berkata:

    Saya pikir yang perlu diperbaiki adalah mental dari mahasiswa/i di Indonesia.

    Yang perlu di perhatikan:
    ‘Bila Dosen atau Pengajar di Universitas ini sanggup memberikan pengetahuan yang memadai dan skill yang dirasakan cukup untuk menyusun tugas akhirnya sendiri, maka mahasiswa/i tidak akan mencari bantuan di luar institusi pendidikannya’.

    Yang menjadi problem adalah dosen pembimbing hanya tahu memberikan kritik, tanpa memberikan solusi.

    Contoh nyata, dulu waktu saya kuliah di salah satu PT swasta di Jakarta, jurusan TI. Apa yang saya dapatkan selama kuliah, bahkan tidak sampai 5% dari beban kesulitan yang diberikan kepada saya sewaktu tugas akhir. Bayangkan, waktu kuliah hanya dikasih dasar2 programming dan teori2 (teori yang tidak berguna sewaktu pengerjaan skripsi). Sewaktu pengerjaan skripsi, disuruh buat action script flash, object oriented, dll). BAHHHH….. ini sangat jelas membuat saya stress (sori, sedikit emosi).

    Beruntung, saya punya teman sekelas yang bisa membantu dan saya berikan sedikit imbalan, tanda terima kasih (traktir + oleh2).

    Penderitaan saya masih belum selesai. Ketika proses bimbingan berjalan, dosen saya minta ini dan itu. Kritiknya segudang. Program saya terlalu mudah, sederhana, tambah flash, ini, itu, dll …… terakhir sangking stressnya (sudah gelap mata), saya bilang ke dosen saya: ‘PAK, permintaan bapak sudah di luar batas kemampuan saya. Mulai saat ini, saya minta waktu untuk bimbingan penuh dengan bapak perihal penambahan program saya’ …. Walaupun saya dianggap kurang ajar waktu itu (karena intonasi cara bicara saya), tetapi ternyata ada hikmahnya juga, dosen saya sedikit melunak (mungkin karena dia sendiri juga tidak bisa programming flash, dosen tua tuh … cuma bisa pascal keknya) dan akhirnya hanya menyarankan 1-2 penambahan dari total 8-9 poin koreksi.

    Saya juga bersyukur …. Satu hal memprihatinkan dari situasi pendidikan di negara tercinta ini (terutama perihal jurusan TI) adalah ‘Pendidikan yang diberikan jauh dari cukup untuk menghadapi proses skripsi’. (fakta: dalam kelas saya, hanya 3 dari 50 mahasiswa yang memiliki skill programming yang cukup untuk mengerjakan skripsinya sendiri).

    Benar-benar proses skripsi yang sungguh tidak enak dikenang (sampai saat ini, kalau dikenang, emosi saya masih bisa naik) …. HUH …. Beruntunglah bila anda punya dosen yang baik dan tidak mempersulit …

    Saya pinjam kata2 dari om Rinaldi Munir:
    Oh Indonesia, ibu pertiwi akan terus menangis melihat kelakuan dosen2 yang tidak berkualitas (hanya tahu teori, tidak ada prakteknya). Bagaimana jadinya bangsa ini jika pemimpinnya adalah orang-orang yang punya S1/S2/S3, tapi hanya tahu teori, tanpa tahu implementasinya ……

    maaf …. panjang bgt ……. (msh sedikit emosi) ….

  17. Anan berkata:

    @HF
    Saya setuju, saya termasuk mahasiswa yang sempat minta bantuan layanan semacam itu, bukan yang dimaksud plagiat tapi sebagai partner mencari solusi dalam proses /penyusunan skripsi, misalnya dalam olahdata. Bagi saya hal tersebut sah2 saja dan sangat saya dukung buat mahasiswa yang mengalami kesulitan karena “ulah” dosen yang dalam memberikan “bimbingannya” justru mempersulit si mahasiswa bukannya membimbing yang sebenarnya. Ini beresiko menghabiskan waktu, tenaga dan dana si mahasiswa.
    Dalam tema ini saya justru prihatin dengan kualitas para dosen. Karena kekurangluasan pengetahuan sehingga mahasiswa seringkali dicurigai melakukan plagiat atau sebalikanya berfikir negatif terhadap layanan bantuan skripsi.
    Prihatin yang kedua, kenapa kurikulum kampus tidak dibuat atau disesuaikan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan dan kurang diberikan nilai2 kemandirian termasuk entrepreneurship. Sehinggga pada akhirnya hanya mencetak pengangguran. gak percaya? bukti yang bicara.
    Kurang dari 20% pengetahuan dari kampus yang bisa dipake dalam pekerjaan yang sesuai dengan jurusan.
    Demikian keprihatinan saya. Terimakasih.

  18. mitha berkata:

    wah klo begitu bahaya krn u merupakan hal yang bisa membuat anak bangsa kita bodoh dan selalu tergantung kepada orang lain

  19. Ramdani berkata:

    Sebetulnya adanya jual beli skripsi di internet di sebabkan banyak variabel, saat ini profesi saya adalah konsultan penulisan skripsi, termasuk jasa analisa data skripsi, dsb. Saya sudah 5x mem
    buat thesis bayaran, dan saat ini saya tertantang diminta oleh seorang pejabat untuk membuat disertasi nya.

    Hmm..tahukah anda saya hanya seorang lulusan SMA saja?? jika ditantang saya siap tunjukan bahwa saya adalah seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri di Jakarta yang mengundurkan diri (bukan drop out loh) karena sikap dosen pembimbing yang arogan, IP saya jika diambil rata2 mencapai 3,4, SKS saya over limit karena memang saya gemar belajar

    Tapi betapa muak nya saya melihat arogansi dosen yang bukannya membimbing kok malah mempersulit, mereka ikut2an hadir dalam seminar, tapi marah ketika pertanyaannya berhasil dibantah oleh mahasiswa nya. Mereka menyerang dengan pertanyaan2 yang muatannya emosional. Sampai akhirnya salah seorang dosen pembimbing saya bilang “Anda tidak akan bisa makan tanpa gelar sarjana”

    Weleh2 ..besoknya saya langsung keluar. Haha..fenomena dosen borokokok seperti inilah yang memicu adanya jual beli skripsi di internet. Mempersulit mahasiswa, macari mahasiswi, bahkan ada yang sampai ditiduri. Se sakral apa sih skripsi itu?? toh penelitian yang sama boleh dilakukan kembali untuk melihat seberapa besar validitas eksternal nya.

    Sekarang saya ingin tanya “ADAKAH DOSEN YANG DIAM2 MEMBANTU MEMBUATKAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA/I NYA ??…” jawabannya “buaaaaaaaanyaaaaaak !! …”, lha kawan2 saya sendiri dosen baik di PTN maupun swasta, mereka panen saat masa penulisan skripsi datang.

    Lantas bagaimana menyikapi semuanya?? Antara jual beli skripsi di internet, sikap dosen borokokok ini .. Sudahlah, kalau sekedar membantu referensi sah-sah saja, ibarat menjual pisau – kan tidak harus untuk membunuh – kalaupun ada yang membantu referensi skripsi dengan uang alakadar sebagai pengganti perawatan website, atau gratis ..sah2 saja.

  20. budi berkata:

    saya setuju saja dengan jual beli referensi skripsi dapat membantu mahasiswa agar cepat lulus.
    saya dulu juga lambat lulus karena lama membuat skripsi. sekarang lulusan universitas ternama mudah cari kerja.
    teman saya lulusan dari universitas biasa kategori C jarang orang yang tahu tapi IPnya bagus sekarang malah sudah kerja enak gaji gede. skripsi itu sebenarnya tidak penting kecuali kalau anda akan menjadi dosen atau mau kuliah S2.
    jadi diganti saja dengan membuat proyek ilmiah dan implemen tasi kerja yang menghasilkan uang. kemudian dibuat laporannya.

  21. PRAS berkata:

    saya mendukung dengan jual beli referensi skripsi dapat membantu mahasiswa agar cepat lulus.
    http://WWW.UNGARAN.BONUSPULSA.COM

  22. nana berkata:

    bagi orang yang merasa mempunyai makalah ,TA, Skripsinya disebar luaskan tanpa seizin yang bersangkutan, itu sama saja mencuri barang milik orang lain. walaupun dengan embel2 demi pendidikan, kalau mendidik deangan cara mencuri ..apa kata dunia ..?

  23. Campus berkata:

    Sebetulnya jika pembimbingnya melek internet sih masalah tersebut bisa diminimalisir. Toh beberapa PT dah mengambil kebijakan open content, termasui publikasi judul dan abstract skrpsi.

    Contoh tugas akhir program diploma dan sarjana (skripsi) di gunadarma sih bisa dilihat di sini:

    http://library.gunadarma.ac.id/penulisan.html

    Kalo untuk tesisnya:

    http://www.library.gunadarma.ac.id/psug/module.php?appid=tesis

    Kalo untuk full paper gratis untuk referensi bisa dilihat di:

    http://repository.gunadarma.ac.id
    htttp://ejournal.gunadarma.ac.id

    Terima kasih

  24. miphz berkata:

    Menulis skripsi hanya dalam 30 hari? Judulnya cukup menggigit, menggoda, sekaligus menimbulkan kesan utopis. Dari beberapa komentar pembaca buku ini pada halaman awal; ada dari mahasiswa, biro jasa penulisan skripsi, dosen, dan pembaca umum, banyak penilaian positif-negatif dari buku ini. http://miphz.wordpress.com/2009/12/12/cara-mudah-menulis-skripsi-dalam-30-hari/

  25. Kaneisha Mikaila berkata:

    Saya punya stok ribuan judul komplit dari cover sampai dokumentasi, KTI, SKripsi dan Thesis. Saya punya usaha print & foto copy di sebelah salah satu kampus kesehatan ternama. saya memulai usaha ini sejak tahun 2002 hingga 2020. dari manual sampai mendeley. Tapi alhamdulillah, gak sempat kepikiran buat jual beli file. karena saya tau gimana pengorbanan di setiap judulnya. saya melihat, dan saya merasakan.
    Dan menurut saya, si penjual skripsi/thesis online itu bukan dari hasil download, tp ada kerjasama dengan pembuat² skripsi, pengetik skripsi atau pemilik rental² komputer sekitar kampus. karena saya pernah di tawarin, dan saya menolak. dan saya di bilang sok alim.. preeeet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.