Mahasiswa ITB Cabang Bekasi Belajar di Ruko Dulu ya…

He..he, akhirnya kampus ITB cabang Bekasi yang dulu sempat heboh di berbagai milis alumni ITB, termasuk di blog ini (baca tulisan terdahulu), akan beroperasi mulai tahun ini (baca berita di bawah ini). Untuk sementara mahasiswa belajar di ruko dulu ya. Ada yang berminat? Halo Bekasi, here we come….
Komentar dari seorang alumni ITB di sebuah milis: “Ini betul-betul mencoreng kredibilitas ITB. Gambarnya saja belum selesai kok mau terima mahasiswa. Kuliah diatas kertas dong namannya….”

Kalau menurut saya nih, tidak keberatan ada cabang ITB di mana-mana, tetapi menerima mahasiswa terburu-buru sementara fasilitas kampusnya belum ada, apalagi belajar di ruko, ya kebangetan tho, malu-maluin mahasiswa ITB Bandung saja (perlu tulis “Bandung” setelah ITB supaya tidak salah pengertian dengan ITB(ekasi)). Kayaknya yang kebelet menerima mahasiswa baru ITB Bekasi tahun ini adalah pengembang perumahan Delta Mas kali, agar propertinya makin laku dan harganya makin mahal.

Kamu punya pendapat?

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Sumber : http://www.suarapembaruan.com/News/2008/07/07/index.html

Kampus ITB Dibangun di Bekasi

[BEKASI] Warga Bekasi boleh berbangga karena sebentar lagi akan berdiri
kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di wilayah itu. Rencananya, Wakil
Presiden Jusuf Kalla akan meresmikan pembangunan gedung kampus teknik
tertua di Indonesia itu pada 12 Juli 2008. Tahap pertama akan dibangun
gedung utama sebagai pusat administrasi ITB di Kota Delta Mas, Cikarang,
Kabupaten Bekasi.

“Mudah-mudahan semua gedung rampung dibangun dalam tiga tahun ke depan,”
kata Deputi Wakil Rektor Bidang Komunikasi Eksternal ITB, Sugiarto, kepada
SP, di Cikarang, akhir pekan lalu. Menurut Sugiarto, dipilihnya Kota Delta Mas sebagai lokasi pengembangan kampus ITB karena wilayah itu berada di tengah-tengah pusat industri.
Selain itu, Bekasi sangat potensial dalam riset dan pengembangan yang
dapat memenuhi kebutuhan industri di wilayah tersebut.
Kesepakatan ITB dan Pemkab Bekasi itu dituangkan dalam nota kesepahaman
(MoU) antara Rektor ITB Djoko Santoso dan Bupati Bekasi, Sad’udin, Selasa
lalu. “Investasi untuk pembangunan kampus diperkirakan mencapai Rp 780
miliar. Sedangkan untuk pengadaan laboratorium diperkirakan mencapai Rp
200 miliar,” ujar Sugiarto.

Dia menyebutkan, sumber dana pembangunan berasal dari para donatur yang
dikoordinasi yayasan yang dibentuk oleh Pemkab Bekasi dan ITB, bernama
Yayasan Pembangunan Riset Industri Ganesa Wibawamukti. Pembangunan kampus
di atas lahan seluas 40 hektare itu merupakan lokasi fasilitas umum
(fasum) dan sosial (fasos) milik perumahan Kota Delta Mas.
Wakil Pimpinan PT Pembangunan Delta Mas, Teky FX Mailoa, saat meninjau
lokasi kampus bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Rabu lalu
mengatakan, adanya kampus itu dapat memberikan keuntungan bagi
pengembangan lokasi perumahan di masa datang.

Ketua Tim Pembangunan Kampus ITB yang juga Kabid Penataan Dinas Tata
Ruang, Pemkab Bekasi, Forkas Harahap mengatakan, keberadaan kampus ITB di
Delta Mas direncanakan mampu menampung 16.000 mahasiswa baru program D-3
sebanyak 400 mahasiswa setiap tahun ajaran, untuk S-1 sebanyak 3.500,
serta mahasiswa S-2 dan S-3 sebanyak 200 per tahun.
Dia mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan pihak ITB, 10 persen dari
total mahasiswa yang ada di kampus Delta Mas bisa melanjutkan kuliah di
kampus ITB Bandung. Mereka yang dikirim ke Bandung merupakan mahasiswa
terbaik.

Mahasiswa Baru
Mulai Juli hingga Agustus 2008, pendaftaran mahasiswa baru ITB di Deltamas
sudah dibuka. Tempat kuliahnya untuk tahap pertama menggunakan “ruko”
perumahan tersebut. “Kalau praktiknya masih di ITB Bandung. Mahasiswa
nantinya akan menggunakan shuttle bus untuk praktik ke Bandung. Menunggu
gedung selesai dibangun,” ucap Sugiarto.

Program studi yang akan dibuka tahun ini untuk program S1, antara lain
Teknik Lingkungan, Teknik Metalurgi, Teknik Desain Produksi, dan Teknik
Eksplorasi. Sedangkan untuk program diploma tiga hanya satu jurusan, yaitu
Teknik Telekomunikasi.[HTS/Y-4]

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

37 Balasan ke Mahasiswa ITB Cabang Bekasi Belajar di Ruko Dulu ya…

  1. avriananda berkata:

    Terus kalo dosen dari Bandung mau ngajar gimana pak? diantar pake shuttle bus juga?

  2. aulia berkata:

    “Dia mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan pihak ITB, 10 persen dari
    total mahasiswa yang ada di kampus Delta Mas bisa melanjutkan kuliah di
    kampus ITB Bandung. Mereka yang dikirim ke Bandung merupakan mahasiswa
    terbaik.”

    Berarti memang sudah diperkirakan akan ada kesenjangan mutu antara kampus bekasi dengan kampus bandung ya Pak??

  3. rinaldimunir berkata:

    @avriananda: mana saya tahu, Rizli. Siapa ya yang mau ngajar mhs di sana? Di kampus Ganesha saja udah pada keleletan mengurus mhs segini banyak.

    @aulia: sepertinya memang gitu, kalau memang standard mutunya sama dengan di Bandung, ngapain pula harus boyongan ke Bandung segala.

  4. yunita berkata:

    kok rasanya berkurang lg kebanggaan sebagai alumni ITB ya?
    hmm..kalo di Ganesha saja dosen2 sudah kerepotan mengurus mhs, brarti, dosen2 baru dong yg ngajar di ITBekasi?
    btw, jurusan yg dibuka sptnya tidak semuanya ada di ITB y

  5. Oemar Bakrie berkata:

    ITB katanya universitas riset Pak ! cuma saja riset-nya ‘kepleset’ jadi reset, kayak di komputer itu lho di-reset bisa pakai tombol reset atau pakai ctrl-alt-del … he he he

  6. avriananda berkata:

    >>Program studi yang akan dibuka tahun ini untuk program S1, antara lain Teknik Lingkungan, Teknik Metalurgi, Teknik Desain Produksi, dan Teknik Eksplorasi. Sedangkan untuk program diploma tiga hanya satu jurusan, yaitu
    Teknik Telekomunikasi.<<

    Kalau saya membaca poin diatas, berarti arahnya adalah ITB akan memperkuat cita2 pemerintah, yaitu di Bidang Industri Kreatif dan hasil bumi, seperti pertambangan dan juga Telkom.

  7. rinaldimunir berkata:

    @yunita: dosen baru mungkin mau ngajar di sana, hitung2 nambah pendapatan karena belum banyak job, he..he

    @Oemar Bakrie: betul juga ya pak, apalagi strata yang dibuka adalah S1 dan D3, makin jauh saja dari cita-cita menjadi universitas riset. Kalau mau jadi universiats riset ya harus banyak menerima mhs S2 dan S3, bukan sebaliknya. ITB buka program D3? Baru kali ini ITB mau turun status.

    @avriananda: Riz, komentarmu kamu persis kayak bapak menteri , Piss..

  8. dikshie berkata:

    contoh top university di Jepang yng punya banyak cabang/kampus:
    Keio University, punya 8 campus: Mita (Tokyo area), Hiyoshi (Yokohama area), Yagami (Yokohama area), Shonanfujisawa (Kanagawa perfecture), Shinanomachi (Tokyo area), ShinKawasaki (Kawasaki area), dan Tsuruoka (Yamagata perfecture). disemua kampus ada program S1,S2,S3. Rencananya thn 2015 akan buka kampus di Osaka.
    Makanya ayo ITB jangan kalah sama Keio University! šŸ™‚

  9. pebbie berkata:

    inilah resiko menggunakan nama lokasi dalam nama universitas. menghambat ekspansi.

    istilah ‘itb’ terlalu menjadi jargon. terasosiasi dengan citra masa lalu dan lokasi.

  10. aRuL berkata:

    wah sistem baru nih pak…

  11. ghifar berkata:

    Kalo dah ada jurusan Teknik Informatika di sana, kayaknya praktikumnya ga perlu susah2 ke bandung naek shuttle bus lagi deh, hehe

  12. Arif Rahmat berkata:

    Usul, namanya jangan ITB lagi, ITBek saja. Bandung kan tidak sama dengan Bekasi šŸ™‚

    Apakah ITB ada rencana ekspansi (lagi) ke kota lain?

  13. avriananda berkata:

    Wah saya gak tau tuh pak heheh šŸ˜€

  14. frozen_x berkata:

    Masuknya lewat SPMB juga?

    Bekasi nya daerah banjir bukan nih pak? ^^

  15. adywicaksono berkata:

    Kenapa bekasi bukan jakarta, apa karena huruf B-nya?
    padahal secara posisi, jakarta harusnya lebih strategis

    ITB – Institut Teknologi Bandung
    ITB – Institut Teknologi Bekasi

    Nanti coba buat dicabang lain deh:

    JATIM:
    ——–
    ITB – Institut Teknologi Banyuwangi
    ITB – Institut Teknologi Bondowoso

    JATENG:
    ———-
    ITB – Institut Teknologi Banyumas

    KALIMANTAN:
    —————–
    ITB – Institut Teknologi Banjarmasin

    BALI:
    ——
    ITB – Institut Teknologi Bali

    SUMUT:
    ———
    ITB – Institut Teknologi Belawan

    RIAU:
    ———
    ITB – Institut Teknologi Bagan Siapiapi

    dan seterusnya

    Jadi mahasiswa seluruh Indonesia bisa tercover di ITB, tanpa perlu dateng ke bandung…. (membayangkan teman2 dari luar jawa yang mudiknya mahal, jauh, lama dan melelahkan)

  16. anggriawan berkata:

    [oot]
    lucu,, *baca komentar pak Oemar Bakrie (#5)..

    mungkin maksud aslinya ‘riset’ — kata dalam bahasa Indonesia..
    tapi karena si pendengar mengiranya kata dalam bahasa Inggris, dianggaplah ‘reset’ — karena pengucapannya sama..
    mulai dari 0 lagi deh.. šŸ˜€ hehehe..

  17. rinaldimunir berkata:

    @adywicaksono dan arif rahmat: ITB tampaknya ingin meniru seperti kampus2 lain di dunia yang punya kampus di berbagai kota, misalnya, ada ITB kampus Bekasi, ada ITB Kampus Bandung, dan mungkin juga ada di Balikpapan, Bali, Bukittinggi, Bontang, dll.

    @anggriawan: betul juga ya, nggri

    @frozen: kayaknya nggak lewat SPMB, masuknya pasti lewat jalur mandiri (USM). Bagaimana persisnya, mungkin bisa lihat iklan penerimaan mhs baru di media cetak nanti.

  18. Habib berkata:

    Sepertinya artikel dari Suara Pembaruan ini mengandung sedikitnya 2 kesalahan Pak, seperti dituliskan oleh Pak Boy di milis dosen ITB:

    1. Yang menyelenggarakan pendidikan S1 di Bekasi bukan ITB, melainkan ITSB. ITB hanya menjalin kerjasama dengan ITSB seperti ITB menjalin kerjasama dengan PTS lain.

    2. Tidak ada kesepakatan 10% mahasiswa “ITB cabang Bekasi” bisa melanjutkan pendidikan ke ITB (Bandung). Yang ada adalah “terbukanya kesempatan” bagi mhs “ITB cabang Bekasi” untuk menjadi mahasiswa transfer. Lagi-lagi ini sama dengan kasus kerjasama ITB-PTS lain, dimana jumlah mhs transfer ini sangat minim.

  19. Rinaldi Munir berkata:

    @Habib:
    1. Halo, Bib, darimana dapat postingan Pak Boy ya, setahu saya milis dosen adalah milis tertutup ? šŸ™‚
    2. Saya juga baca email Pak Boy itu, tetapi klarifikasi ITB sudah terlambat. Publik tahunya ada kampus ITB di Bekasi. Belum lagi promosi gencar dari pihak Deltamas tentang kampus ITB bekasi ini. Penamaan ITSB yang mirip-mirip ITB juga bisa menyesatkan banyak orang.

  20. Habib berkata:

    Dapat dari milis ITB Pak Rin. Ada yang berbaik hati mengirimkan kembali email klarifikasi dari Pak Boy tersebut šŸ™‚ Kalau menurut saya sih ini memang kerjaannya pihak Deltamas untuk secara “tidak sengaja” memberikan informasi yang kurang akurat supaya menaikkan nilai kota Deltamas.

    Duh, kok saya berpikiran jelek gini ya…

  21. yoto berkata:

    pertanyaannya, mahasiswa ITB tuh kan sekarang penjurusannya pas udah lulus TPB.. Apa yang mulai kuliah tahunh kemaren dan dijurusin ke teknik metalurgi pada tahun ini harus kuliah ke bekasi juga? Atau masih di Bandung? Mohon balas ke yotoliberty90@gmail.com . Makasih šŸ™‚

  22. rinaldimunir berkata:

    @yoto: tidak ada jurusan teknik metalurgi di ITB, yang ada adalah Teknik Material. Mahasiswa ITB tetap kuliah di Bandung.

  23. pebbie berkata:

    ternyata Teknik Metalurgi ada pak, di bawah naungan Fakultas Ilmu kebumian dan Minyak.. hari ini di sabuga ada 2 orang yang lulus dari teknik metalurgi

  24. Mahasiswq UI berkata:

    suka gw klo ada ITB di Bekasi, persaingan UI-ITB jadi makin sengit, kaya Persib-Persija yang tidak akan pernah berakhir, juga seperti Bobotoh ama JackMania….

    tapi ada sedikit kritik bwat ITB, kok sekarang malah mbuka D3 Sech,, UI malah dengan visi “katanya” riset malah mencoba menghilangin di D3 untuk kemudian di Pindah ke UI College. UI College ini adalah akuisisi/pengambilalihan kembali Politeknik Negeri Jakarta. jadi UI fokus ke arah S1 ampe S3 trus UI College ke D3 aja. Trus iya ko jauh jauh segala ke Bekasi, emang ga ada di Bandung yach, Bekasi kan udah penuh sesak gtu…mending di Bandung/Kab. bandung, kan masih luas bwat apa ke kampus sumpek macam Bekasi
    sebagai perbandingan UI juga akan secara bertahap mengalihkan FK dan FKG ke Depok agar terintegritas dengan Fakultas lain trus ditambah ama rumah sakit juga…

    ya semoga ITB ga turun peringkat dech, gara gara nambah mahasiswa baru di kelas Ruko…

  25. Catra berkata:

    wah pak suhadi ga up to date nihhh
    jurusan teknik metalurgi udah ada lho pak…
    hehehe biasa pak, manusia sering khilaf

  26. fadlly berkata:

    Salam,,

    Pak Rinaldi, saya lagi dapet tugas mewawancarai petinggi lembaga riset ITB untuk liputan investasi daerah media kami..saya coba cari email pak Rinaldi, tapi belum dapet,,saya mau minta tolong referensi nama, lebih bagus lagi dikasih kontak handphonenya..soalnya majalah kami mau terbit 7 Agustus besok..ditunggu kabar baiknya ya pak..alamat email saya sudah saya cantumkan yah..

  27. Zulfikar berkata:

    ooohhh, jadi bekerjasama dengan ITSB toh. heuh, bikin kaget aja. terima kasih atas konfirmasinya pak. untung saya baca komennya sampe akhir.

  28. defindal berkata:

    daripada perluasan , mending SPP diturunin.. makin enak aja yg berduit nyekolahin anaknya,,

  29. Sampai saat ini tidak ada proses belajar mengajar

  30. Abriyanto berkata:

    Pa Rinaldi… saya alumni metallurgi, pertanyaannya, apakan ITBekasi itu punya dasar hukum yang kuat apa tidak dan apa sudah dilakukan riset yang mendalam? saya takut nanti nasibnya kaya ITSB metallurgi yang akhirnya Gultik alias gulung tikar sehingga semuannya jadi malu…:-) Terima Kasih.

  31. ordinareez berkata:

    jangan lupa Institut Teknologi Bogor hehehe

  32. triyas berkata:

    Saya tertarik sekali soalnya saya pengin banget melanjutkan ke S1. bisa tahu alamatnya di mana yang akan diresmikn di bekasi

  33. lena wilia berkata:

    apaka ITSB ini Negri atau swata?

  34. nina herlina berkata:

    iya emng bnr mhasiswa itb bksi msih di ruko dikarenakan gedung kmpus blm selesai di bangun jd kt semua maklumi itu…..tp kita semua senang dengan seperti tu banyak suka maupun duka yg kami alami bersama…..wakakakakkakak

  35. You berkata:

    Mau masuk geologi ITSB…. (Instut Teknologi dan Sains Bandung)…. paembinanya Hatta Rajasa euy.. kyanya bgus.

  36. Didiet berkata:

    Saya adalah salah seorang lulusan awal di ITSB, dan skrg selaku salah seorang pengajar disana (TM. Perminyakan).

    Perlu di koreksi nih..yang benar adalah ITSB, bukan ITB. ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) berdiri sejak 2001, berlokasi di Bandung (tepatnya di jalan Ir. H. Juanda atau Dago). Kemudian dalam perkembangannya bekerjasama dengan PT. Sinar Mas dan ITB. Jadi sudah jelas kan? silahkan cek ke situs resminya di http://www.ITSB.ac.id agar anda lebih jelas.

    Khususnya untuk Jurusan Teknik Perminyakan, sebagian besar adalah dosen-dosen ITB, kemudian untuk jurusan lainnya juga serupa dengan beberapa (prosentasi kecil) adalah dosen dari ITENAS, sementara dari lulusan ITSB sendiri hanya saya seorang, jadi saya hanya eksepsi diantara pengajar lainnya.

    Mengenai kualitas, akan bergantung pada detil pertanyaan anda. Kualitas pengajar? Fasilitas? Atau siswa?

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa ITSB bukanlah ITB. Maka tidak tepat untuk mengkaitkan secara langsung dengan Institut yang sudah berpengalaman puluhan tahun dengan prestasi yang “seabrek”. Namun demikian, tentunya kami selaku pengurus tetap punya visi dan misi sendiri, yang berfokus pada peningkatan kualitas secara keseluruhan.

    Banyak kegiatan yang sudah kami inisiasi untuk perkembangan mutu mahasiswa dan institut. Beberapa waktu lalu kami (mahasiswa Teknik Perminyakan) mengikuti kompetisi taraf nasional, bertanding melawan kampus-kampus senior. Tahun depan akan dimajukan lagi untuk diskusi bersama salah satu kampus teknik di Malaysia.

    Saya yakin, melihat potensi dan semangat belajar anak murid saya..di masa mendatang kami akan mampu memberikan lulusan yang berkualitas yang disenangi dunia industri. Bercermin dari pengalaman terdahulu, dalam masa kesulitan (belum bekerjasama dengan PT. Sinar Mas dan ITB) saja kami mampu kok. Hehe..

    Bagaimanapun juga..sekolah..guru..fasilitas, adalah sebagian kecil. Keinginan untuk belajar yang besar adalah modal awal kesuksesan anda. šŸ™‚

  37. kardi winata berkata:

    Loh org mau mndirikan kmpus knp klian yg pd gx terima, apa klian udh lulus dr itb trus mrasa punya kmpus itb trsb ?, shrs nya klian org brpndidikan bangga dan senang jika negara brdiri bnyk kmpus..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.