Bernostalgia di SMA Negeri 1 Padang

Ini oleh-oleh yang tersisa sewaktu saya pulang ke Padang awal tahun 2009 yang baru lalu. Sudah lama saya ingin menginjakkan kaki di bekas sekolah saya dulu di SMA Negeri 1 Padang. Sebenarnya saya sering pulang ke Padang, tetapi saya tidak pernah datang ke sekolah ini lagi. Nah, liburan kemaren barulah kesampaian niat saya ini, setelah 23 tahun lebih waktu berlalu. Saya mengajak anak-anak saya ke sana, melihat bekas sekolah bapaknya.

Kebetulan hari itu masih libur, jadi saya datang ke sana saat sekolah masih sepi. Ini foto-foto tampak depan sekolah:
dsc00269

dsc00268

dsc00260

Ah, sekolah ini tidak banyak berubah sejak saya bersekolah di sana. Masih seperti dulu. Bangunannya tidak berubah, hanya ada penambahan beberapa bagian baru. Tentu saja begitu, karena gedung sekolah ini adalah salah satu bangunan bersejarah di kota Padang yang tidak boleh diubah maupun dialihkan fungsinya. SMA Negeri 1 Padang sudah tua usianya, sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu di zaman Belanda sekolah ini bernama HIS (apa ya kepanjangannya?), lalu ketika zaman merdeka bernama SMA Belantung karena terletak di jalan Belantung (sekarang Jl. Sudirman). Saya jadi teringat SMAN 3 Bandung yang terletak di Jalan Belitung (sama-sama ‘tung’ nya). Di samping SMA 1 ada bangunan SMP Negeri 1 Padang yang dulu bernama MULO. Sudah banyak tokoh-tokoh nasional yang pernah sekolah di SMA ini. Perdana Menteri M. Natsir pernah juga sekolah di sini.

Memasuki sekolah ini dan berjalan-jalan di lorongnya membuka kembali kenangan lama sewaktu di SMA. Masa SMA memang masa yang menyenangkan. Masa remaja dihabiskan dengan teman-teman sekolah. Jalan-jalan dan kumpul-kumpul adalah kebiasaan kami dulu. Karena di SMA juga saya bisa jalan-jalan keliling Sumatera Barat, padahal saya sebelumnya tidak pernah jalan-jalan mengelilingi nagari.

dsc00264

Memasuki halaman dalam sekolah, dari jauh terlihat bekas kelas saya dulu. Di ujung bangunan pada foto di bawah ini adalah ruang kelas yang saya tempati saat di kelas 1.

dsc00262

Saya melongok dari jendela melihat suasana kelas. Oh, bangku-bangku dan kursinya sama seperti 23 tahun yang lalu. Bangku dan kursi dari kayu jati yang tidak pernah berubah. Masa sih bangku dan kursinya tidak pernah diganti?

dsc00266

Berjalan di lorong itu lagi, saya teringat kebanggaan ketika masih di kelas 1. Saya beruntung masuk sekolah ini. Dulu pendaftaran SMA di Padang masih menggunakan sistem rayonisasi. Lulusan SMP-SMP di Padang dipetakan ke SMA negeri mana saja boleh mendaftar. SMP saya dulu, SMP 8 Padang, rayonnya adalah ke SMA 4 Lubuk Begalung. SMA 4 ini jauh dari rumah saya dan masih relatif baru sehingga saya enggan ke sana. Cita-cita saya kalau tidak ke SMAN 1 ya SMAN 3. Mungkin karena NEM saya cukup tinggi maka saya berhasil diterima di SMA 1 Padang, yang merupakan SMA top di kota ini, he..he.

Ketika diterima di SMA 1, saya masih risih pakai celana panjang. Maklum, dari SD hingga SMP sehari-harinya saya masih bercelana pendek dan di rumah tidak mempunyai celana panjang. Jadi, pengalaman memakai celana panjang ya ketika di SMA. Lucu sekali, bukan?

Saya tidak bisa berlama-lama di sekolah ini. Anak saya sudah merengek-rengek ingin main air laut ke Pantai Padang. Maklumlah, sekarang saya dan keluarga jadi ‘orang gunung’ karena tinggal di Bandung. Di Bandung tidak ada laut, jadi bagi ‘orang gunung’ melihat laut tentu mengasikkan.

Saya tingalkan SMA 1 Padang yang terkletak di jantung kota, persisnya di kawasan simpang ampek.

dsc00270

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

50 Balasan ke Bernostalgia di SMA Negeri 1 Padang

  1. yaniwid berkata:

    Oleh-oleh lainnya ada nggak ?🙂

  2. irfin berkata:

    wah serunya jalan2x sambil bernostalgia, apalagi pas sepi jadi bebas berkeliling sekolah hehe..

  3. Oemar Bakrie berkata:

    Bangku seperti itu (kayu jati ?) pasti masih kuat Pak. Yg di 1201 (FI), 9008 (TL) dan 9009 (LFM) juga masih persis seperti yg dulu jaman senior-senior kita kuliah …

  4. isFa berkata:

    waaahh…foto2 smansa…
    saya alumni smansa padang juga, pak…
    sekarang di itb, gd 07, ukm 07…
    blognya blh saya link ya, pak…

  5. rinaldimunir berkata:

    @yaniwid: ada. Mau?

    @irfin: iya fin, bisa santai melihat2 kelas dan sekolah dulu

    @Oemar bakri: iya juga ya pak. Ternyata bangsa kita sudah memikirkan kualitas barang sejak dulu, sehingga barang tetap awet hingga saat ini.

    isFa: smansa? wah, itu singkatan SMA 1 ya? Silakan saja ditautkan pranala blog saya ini.

  6. Dewe berkata:

    pak rinaldi alumni sma1 juga y😀
    waaaah…. buku bapak saya pake buat referensi ni… yang matdis😀
    senang baca buku bapak yang tidak berpanjang lebar dengan teori2… langsung pada inti persoalan…. smoga tetap jaya y pak…. sekarang saya di IT Telkom pak…. jurusan IF… semoga saya bisa ketemu bapak suatu hari nanti dengan prestasi yang gemilang juga seperti bapak.. mohon bimbingannya… sekarang saya lagi bikin web pribadi,, ntar tolong bantuin posting web saya juga y pak😀 hehehe….

  7. pinokioze berkata:

    …..sekolah ku dulu tidak begini……,

    jadi ingat masa lalu…,

    sekolah yang sempit… tapi kayaknya skarang dah luas keatas…alias ditingkat….

    ada ruangan yang dulu biasa aku pakai untuk tidur, kalau lagi ngantuk dan capek belajar.dan ruangan itu jg untuk nginap kalau lg malas pulang ke rumah. dulu ruangan/kamar itu letaknya dekat tempat parkir/ kantin dan lab.

    masih ada gak ya? hahah

  8. Noventy berkata:

    Saya juga pernah sekolah di SMANSA lho pak
    walaupun cuma setahun (kelas 1 saja)
    tapi kangen lho untuk jalan2 lagi ke sana
    kapan ya??????

  9. Catra berkata:

    di zaman saya pak, waktu tamat SMP kita semua mendaftar di satu pintu untuk 3 SMA, yaitu SMA 1, SMA 2, dan SMA 10. Mereka panitia membagi sama rata sama banyak tergantung alamat juga sih katanya.
    yah akhirnya saya dapat SMA 10, walau NEM saya cukup tinggi, dan NEM dibawah saya banyak banget masuk SMA 1.
    tapi gak apa-apalah, akhirnya bisa juga masuk ITB.:mrgreen:

  10. raynanda berkata:

    om ituw lokal kamiy
    om dima tingga om?
    koq ndak grafitti nya yang di foto…..

    NB: LAI PANDAI KAWAN FOTO KOWH

  11. rinaldimunir berkata:

    @Catra: aha, bisa saja kamu Cat. Zaman saya belum ada SMA 10, jadi kalau SMA 10 sekarang menyaingi SMA 1 dalam persaingan penerimaan siswa, saya baru tahu itu. Bukannya yang paling banyak masuk ITB dari Sumbar itu asal SMA 1, Cat?

  12. iipBayumas berkata:

    wahhh……sma1papa keren banget….ehh dulu kita pernah pentas bareng di ajang FESTIVAL SENI INTERNATIONAL di PPPTK Djokja, tapi sayang banget aku nggak bisa lihat RAJA ROLETnya, kn jadwal manggung kita bareng.hwhwhwhwhw…..BRAVO PADANG!!!!!

  13. Rio Ashadi berkata:

    ijin Uda, beritanya di “culik” buat dimasukan di GROUP SMA Negeri 1 Padang d FB

    maap ya da

    -rio-

    niat tulut untuk membuat yg lain termotivasi

    thanks

  14. Rio Ashadi berkata:

    Uda mohon Ijin
    berita dr Blogny ter”culik: untuk dimasukin dalam FB group Sma Negeri 1 Padang
    saya rio, tamat thun 2003, ips1

    makasih ya da

  15. rinaldimunir berkata:

    @Rio: mangga Rio, sayangnya setelah saya baca di di FB itu tidak dicantumkan pranala (tautan) ke tulisan ini (darimana asalnya).

  16. Catra berkata:

    Iya pak, Saat ini SMA 1 tetap paling banyak mengirim lulusannya ke ITB, di angkatan saya saja SMA saya cuma 20an sedangkan SMA 1 70an yang belajar di Universitas Gadjah duduk ini pada tahun 2007. Jadi pada tahun 2007 ada sekitar lebih 150an siswa Sumbar belajar di Bandung. Hebat

    Saya yakin Orang Minang memiliki SDM yang banyak dengan taraf pendidikan yang tinggi. Semoga bisa memajukan Sumatera Barat nantinya

  17. Rio Ashadi berkata:

    weleh2
    maap Uda
    telah dikoreksi

    dan telah dimasukkan pranala-nya
    trims Uda

  18. Ade Rahadian berkata:

    masih sering pulang Di…pa kabarnya…

  19. sukiyadi berkata:

    gimana ni berapa mperdsentasi keluluisan 2009

  20. Erizal berkata:

    memang Smansa dari dulu adalah kenangan inidah, dimana kita mulai belajar menjadi dewasa, kenal lawan jenis dengan segala rasa malu2x … hmmm masa yg indah, o iya saya alumni smansa angk 96 klas Biologi 2

  21. ita berkata:

    aku jg lho lulusan sman 1 pdg lulusan th 82 jur IPA, salam ya untuak kawan-kawan smg sukses selalu, ambo taragak juo jo kawan ambo aida, lina, adek, ratih jo kawan ambo nan panari jose. Bilo ado pertemuan alum sma 1 di jkt?

  22. Jacky Marjohan berkata:

    wah teringat masa2 indah di SMANSa

  23. Randi berkata:

    Saya alumni smansa juga pak
    skrng lg d itb melanjutkan perjuangan

  24. Edo Yuliando berkata:

    Ternyata Bapak alumni smansa ya, saya tamatan smansa 2003, terima kasih buku yg bapak tulis yang sangat banyak membantu saya

  25. ninda berkata:

    saya ninda. sekarang masih kelas 2 di smansa. waah.. seneng bgt liat photo2 smansa om. walaupun sekarang udah ga kaya gitu lagi. jadi kangen sama smansa yg dulu bisa main2 di lapangan rumput, latihan2 ekskul lapangan, sekarng malah udah penuh sama tenda buat kelas2 darurat T_T

  26. Ping balik: Foto-foto SMA 1 Padang Setelah Gempa Besar « Catatanku

  27. frezyprimaardi berkata:

    samlekum pak..
    ambo frezy pak alumni smansa jo…
    kini di ITB,samo jo isfa pak,jurusan Geodesi jo,UKM 07 lo pak..hehe

    gedung baru nan di sabalah kanan tu baa paK?
    mesjid baru tu gai pak?lai aman pak?

  28. joni rasmanto berkata:

    tolong dukung penolakan relokasi gedung sma n i ini oleh pemda sumbar melalui facebook,…..
    http://www.facebook.com/armayani.rusli?ref=nf

  29. Ben Aciak berkata:

    koreksi :

    SMA 1 ndak pernah jadi HIS…
    yang ado SMA 1 ELS (Europea Lagere School)

    SMA 1 talatak di Simpang Kandang bukan simpang ampek..

    thanks..

  30. rinaldimunir berkata:

    @Ben Aciak: terima kasih atas klarifikasinya. Memang nama Simpang Kandang kadang-kadang ada orang yang menyebutnya Simpang Empat.

  31. YANSURDIN berkata:

    Anda mau pesan pakaian olahraga, jaket, topi, atribut kampanye di YAN KONVEKSI LENGKAP SEMUA Lht blog http://konveksiyan.blogspot.com/

  32. nurul fathya berkata:

    sma 1 padang memang sma yang bertaraf internasional yang pernah saya temui. sekolah dimana anak-anak yang berprestasi berkumpul dalam sebuah lingkunan.

  33. yuli berkata:

    alumni sma 1 padang memang hebat2 rata2 berhasil semua, tapi kok ndak ada yang nanya ,ingat dan kangen dengan gurunya ,
    atau gurunya udah pada pensiun semua kali ya ?

  34. Roem berkata:

    SMA 1 Padang itu memang hebat, tetapi butuh support dari alumni untuk lebih maju lagi. gedung yang bapak lihat pada awal tahun 2009 yang lalu, tidak lagi seperti kondisi yang ada pada foto-foto di blog ini sangat memprihatinkan.

  35. rikardi berkata:

    ass..wr.wb
    pak, saya juga murid sman 1 padang, tapi saya skrg masih kelas 10….
    sekarang sman 1 padang tidak lagi di jalan sudirman, pak
    tapi di belanti raya…
    kapan2 datang ya ke gedung baru smansa ya pak

  36. Nirwati_Iwang berkata:

    Ass.
    Senang nya bisa melihat dan bertemu dgn sesama alumni sma 1 padang, atas dorongan putri saya unt mencari teman2 lama agar bisa Reuni-an, rajin nya putri saya mencari tautan tentang SMA 1 Padang, tapi dia blum menemukan angkatan saya, yaitu masuk 1972 dan Lulus tahun 1974…. Bagi yg memiliki informasi..mohon untuk memberitahu saya, dan unt bpk. Rinaldimunir…terima kasih unt Blog nya… Salam

  37. hafiz berkata:

    wah, sy juga alumni m smansa pak, tamatan th.2008
    kangen banget….
    tapi skrg dah pindah ke belanti….
    jd ga bsa bernostalgia
    hiks…hiks..

  38. aulya Rivai berkata:

    yo lah barubah kini

  39. aulya Rivai berkata:

    Saya alumni sma 1 tamat th 1988 , …..

  40. wanibra berkata:

    semoga sman-1 padang tetap menjadi yang terbaik walau pindah lokasi

  41. ded berkata:

    Ini ucapan terima kasih saya yang kedua untuk rinadi, yang sudah menuliskan SMA I dengan foto-nya. Sayapun belum pernah mampir ke sini sejak 29 tahun yan lalu (sekarang 26 Sepetember 2012)

  42. Khairul berkata:

    salam dari saya Khairul lulus tahun 1982, sekarang satu company sama kakaknya Rinaldi, sdr Redesmon Munir.

  43. Luky berkata:

    Salam, alhamdulillah saya alumni SMANSA Padang angkatan ’87. Ada group FB SMANSA Padang ngga pak? Pengen menyambung tali silahrurahmi dengan teman2 lama. Mohon informasinya ya pak. Trimakasih.

  44. aswandi berkata:

    minta web angk.89 utk sma 1 padang

  45. Fredrick Satriawan, ST berkata:

    Liat foto-foto Bapak, saya jadi teringat nostalgia masa-masa di SMANSA Padang, takana jo kawan-kawan lamo. Salam hangat saya pada semua Alumni SMANSA Padang, dari saya Alumni SMANSA Padang Angkatan 1995-1998 (I-8, II-8, III-IPA3 ). Miss you all my friend. deh takana jo pecal si Mbok dibelakang dekat Labor. Saya bangga pernah jadi bagian dari SMANSA Padang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s