Prediksi Hasil Pemilu 2009

Sebelum, selama, dan setelah masa kampanye Pemilu 2009, saya cukup banyak membaca tulisan, berita, hasil survei, dan segala sesuatu yang terkait dengan Pemilu 2009. Sedikit banyak saya punya ketertarikan dengan politik namun saya sama sekali tidak berminat ikut politik praktis (misalnya menjadi kader parpol, anggota parpol, apalagi jadi caleg). Saya sudah senang menjadi seorang guru saja. Soal politik, saya cukup menjadi seorang pemerhati sajalah.

Pada Pemilu 2009 ini, untuk pertama kalinya kita memilih caleg pada kertas suara dengan cara mencentang (V) atau mencontereng, meskipun masih dibenarkan kita hanya mencentang nama atau gambar parpol bila kita bingung memilih caleg yang mana (yang sebagian besar tidak kita kenal). Meskipun mencentang nama caleg sudah disosialisasikan jauh-jauh hari (yang saya rasa sosialisasinya kurang maksimal), namun saya yakin sebagian besar orang tetap berpikir menentukan parpol dulu, baru kemudian memilih calegnya (kalau mau). Jadi, harapan para politisi agar rakyat memilih caleg tanpa melihat parpol sepertinya mustahil. Peralihan dari sistem lama ke sistem baru sepertinya membutuhkan waktu yang cukup lama, mungkin 5 atau 10 tahun lagi.

Masa kampanye telah berakhir. Kampanye terbuka yang berlangsung 3 minggu kemaren terasa biasa-biasa, tidak gegap gempita seperti 5 tahun lalu, bahkan terkesan lengang. Hanya beberapa parpol besar yang berhasil mengumpulkan massa cukup banyak (yang mungkin sebagian dari massa itu datang karena ‘dibayar’ oleh para calegnya), sementara sebagian besar kampanye parpol sepi peminat. Rupanya rakyat kita sudah cerdas, mereka tidak tertarik lagi mengikuti model kampanye yang diisi dengan obral janji dan pagelaran musik dangdut. Siapa yang mau berpanas-panas dan berhujan ria mendengar orasi politik yang penuh dengan janji-janji. Mendingan di rumah atau bekerja saja ketimbang menghadiri rapat massa.

Menurut saya, kampanye parpol tidak banyak mempengaruhi pilihan pemilih. Sebagian besar pemilih kita sudah mempunyai pilihan parpol mana yang akan dia pilih tanggal 9 April nanti. Persepsi pemilih tentang parpol sudah dibentuk jauh-jauh hari sebelum masa kampanye. Berbagai berita yang berseliweran di media massa ikut andil membentuk opini pemilih terhadap parpol.

Nah, saya punya prediksi sendiri mengenai hasil Pemilu 2009. Ini hanya prediksi pribadi yan didasarkan dari hasil pengamatan dan membaca berbagai berita serta hasil survei yang setiap hari muncul di bebragai portal kita. Sedikit banyaknya hasil survei itu mengandung kebenaran meskipun tidak sampai 90%.

Menurut saya nih, prediksi peringkat perolehan suara parpol pada 9 April nanti adalah sebagai berikut:
1. Partai Demokrat
2. PDIP
3. Golkar
4. PKS
5. PAN
6. PPP
7. Gerindra
8. PKB
9. Hanura

Sebagai catatan, untuk nomor 5 sampai 8 urutannya masih cair, jadi masih bisa berubah lagi. Tetapi untuk nomor 1 hingga 4 kayaknya tidak akan berubah.

Analisisnya sebagai berikut:
1. Partai Demokrat
Partai ini diprediksi sebagai pemenang. Sosok SBY yang bersih dan beriwibawa serta keberhasilannya selama menjadi Presiden sangat menentukan citra Partai Demokrat. Sebagai partai Pemerintah, jelas Partai Demokrat mempunyai akses politik yang kuat untuk membangun jaringan. Iklannya berseliweran setiap hari di layar televisi maupun di media cetak. Selama masa kampanye, partai ini paling banyak menghadirkan massa di berbagai wilayah Indonesia. Waktu kampanye di Bandung, saya sampai susah payah mencari jalan alternatif untuk sampai ke Jalan Ganesha, sebab area kawasan Gasibu macet total dipenuhi lautan massa kampanye. Kira-kira peroleh suara partai ini di atas 20%.

2. PDIP
PDIP pernah menjadi partai pemenang Pemilu pada tahun 1999 dan 2004. Tetapi, saat ini citra PDIP mulai pudar. Megawati sebagai tokoh sentral di partai ini sudah tidak sehebat dulu lagi. Hasil survei capres menempatkan popularitas Mega jauh di bawah SBY. Di Indonesia sosok figur sangat menentukan masa depan partai. Jika figurnya mulai pudar, maka citra partainya pun ikut pudar. Otoriterisme Megawati di PDIP membuat kawan-kawan politiknya menjauh dan bergabung dnegan partai lain, sebut saja Permadi, Laksamana Sukardi, Eros Djarot, dll. Menurut prediksi saya, PDIP akan memperoleh suara antara 15% hingga 18%.

3. Golkar
Partai ini masih mempunyai taji yang kuat, namun sebagaimana PDIP, citranya sebagai partai “tua” sudah mulai digerogoti pendatang baru seperti Gerindra dan Hanura. Golkar juga tidak punya figur yang kuat seperti Demokrat dan PDIP. Jusuf Kalla hanya populer di kawasan Timur, namun kurang populer di kawasan barat Indonesia. Namun, gebrakan Jusuf Kalla baru-baru ini dengan mengiklankan sepatu Cibaduyut dapat membuat golongan bawah — terutama pelaku UKM — untuk kembali memilih Golkar, minimal pengrajin sepatu Cibaduyut yang tiba-tiba beken karena iklan sepatu JK. Saya perkirakan suara Golkar tidak jauh beda dengan PDIP sekitar 15% hingga 18%.

4. PKS
Dulu diprediksi PKS bisa menjadi 3 besar Pemilu seteleh PDIP dan Golkar. Tetapi, hasil pengamatan saya beberapa bulan terakhir menunjukkan suara PKS cenderung mengalami penurunan dan terlempar ke nomor 4. Sebagai partai yang anggotanya “bersih” dari korupsi dan skandal, ternyata hal ini menjadi bumerang. Banyak pihak yang tidak senang dengan citra PKS yang mengusung jargon bersih ini. Fitnah, selentingan miring, dan berbagai cobaan datang ke partai ini. Berbagai pencitraan negatif dibentuk melalui serangkaian opini dan berita gelap untuk memojokkan PKS. Semua itu ikut andil untuk membuat persepsi pemilih menjauh dari PKS. Namun jika dikelola dengan baik, cobaan tersebut dapat berubah menjadi bentuk simpati masyarakat bagi PKS sebagai partai yang “dianaiya”. Tapi hal itu berat mengingat waktu tinggal 3 hari lagi? Menurut saya, faktor penurunan suara PKS juga disebabkan oleh kesalahan strategi PKS itu sendiri. Kasus yang tidak bisa dilupakan adalah membuat iklan yang mensejajarkan Soeharto sebagai pahlawan, setara dengan pahlawan lain seperti Imam Bonjol, Diponegoro, Jenderal Sudriman, dll. Karena Pak Harto masih mempunyai citra kurang baik di mata masyarakat, maka iklan PKS itu membuat citra PKS ikut merosot. Prediksi saya, PKS akan mendapat suara kurang dari 10%, kira-kira antara 5 hingga 8%, kecuali jika ada keajaiban dalam waktu 3 hari ini.

5. PAN
PAN tampaknya masih bertahan, tetapi suaranya akan merosot tajam. Amien Rais tidak lagi menjadi magnet partai ini sebab dia sudah lengser dan sudah tidak populer. Selain itu, pangsa suara PAN juga akan diperebutkan oleh PKS dan Partai Matahari Bangsa. Warga Muhammadiyah tidak bisa diharapkan lagi loyal kepada PAN, sebab warga Muhammadiyah mempunyai banyak pilihan sperti PKS, PMB, PPP, dan Gerindra. PAN sepertinya berharap caleg artis yang dipasangnya akan mendulang suara, tetapi tampaknya harapan itu agak mustahil sebab rakyat kita sekarang ini sudah cerdas dalam memilih. Meski artis, belum tentu dipilih. Artis cukup di TV saja, tetapi untuk dipilih menjadi caleg tunggu dulu. Prediksi saya PAN akan mendapat suara kurang dari 5%.

6. PPP
PPP partai lama seperti Golkar, namun nasibnya tidak seberuntung Golkar yang bisa bertahan mejadi 2 atau 3 besar. PPP dinilai tidak seatraktif partai Islam lain seperti PKS dan PAN. Lagipula isu-isu yang diusung PPP tidak populis dan kurang cepat tanggap. Beda dengan PKS, mereka langsung bergerak ketika hal-hal besar terjadi, misalnya bencana alam. Berbagai survei politik beberapa tahun terakhir seperti sengaja ditujukan untuk melemahkan partai-partai Islam, seolah-olah partai Islam akan ditinggalkan oleh pemilih meskipun hampir 90% rakyat Indonesia beragama Islam. Pencitraan hasil survei itu ikut melemahkan citra partai-partai Islam, termasuk PPP dan PBB. Prediksi saya PPP akan mendapat suara kurang dari 5%.

7. Gerindra
Gerindra tiba-tiba begitu melejit dalam beberapa bulan terakhir. Tentu saja faktonya karena Prabowo. Iklan-iklannya di TV terkesan berpihak pada petani, nelayan, buruh, pedagang kecil. Jargon “mencintai produk dalam negeri” di dalam iklan Gerindra begitu mengena bagi kalangan kecil. Tidak percuma Parbowo menyewa pesawat pribadi selama masa kampanye untuk berkeliling Indonesia, sebab kampanyenya di seluruh Indonesia selalu dipenuhi massa. Menurut saya, suara Gerindra banyak diperoleh dari “pelarian” suara PDIP, Golkar, PKS dan dan PKB. Untuk yang terakhir ini, simpatisan Gus Dur dari NU akan banyak mengalihkan dukungannya kepada Gerindra, apalagi putri Gus Dur ikut berkampanye untuk Gerindra di Jawa Timur. Prediksi saya Gerindra akan memperleh suara sekitar 4 hingga 5%.

8. PKB
Partai ini terus dirundung malang sebab selalu dilanda pertikaian yang tidak habis-habisnya. Dulu PKB identik dengan Gus Dur, tetapi sejak Gus Dur “kalah” oleh Muhaimin menyebabkan loyalis Gus Dur meninggalkan partai ini. Suara NU, khususnya di Jatim dan Jateng akan berlaih ke partai lain, khususnya ke Gerindra. Perolehan suara PKB menurut saya tidak lebih dari 3%.

9. Hanura
Seperti halnya Gerindra, partai Hanura di bawah pimpinan Wiranto ini akan mendapat limpahan suara dari pendukung nasionalis. Jaringannya cukup kuat hingga ke kecamatan, namun Hanura kalah populer dibandingkan dengan Gerindra. Prediksi saya Hanura akan memperoleh suara sekita 2%.

Nah, itulah hasil prediksi saya Bisa benar bisa salah, namanya juga perkiraan. Anda boleh setuju boleh tidak. Hasil sebenarnya baru kita peroleh setelah tanggal 9 April nanti. Lalu partai-partai lain bagaimana nasibnya? Mereka hanya pelengkap penderita saja, tidak banyak dilirik oleh rakyat dan tidak akan lulus parliament threshold. Sebagian besar parpol baru tidak mempunyai akar massa, jadi mereka agak sulit meraih dukungan. Partai-partai baru dibentuk karena ambisi segelintir elit parpol mereka saja, mereka tidak melihat realitas yang ada bahwa parpol di Indonesia sangat ditentukan oleh ketokohan (kecuali PKS) dan kalangan akar rumput yang mendukungnya, Jika tidak punya massa, jangan sekali-sekali bikin partai. Percuma.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

143 Balasan ke Prediksi Hasil Pemilu 2009

  1. Ping balik: Mesin Dolar - Prediksi Hasil Pemilu 2009

  2. karim berkata:

    waw, mudah2n hasilnya sesuai prediksi…ha..ha…pilih yang paling berkompetensi,, jangn sampai DPR d isi oleh orang2 yang tidak mengerti tugas dan fungsinya. jdi kebanyakan “bobo”…

  3. dadi budiyono berkata:

    GOLKAR mungkin no.2, PDIP..no.3

  4. ekoph berkata:

    kita liat aja tanggal 9 nanti…
    kalo emang bener prediksinya, saya usul pak, buat lembaga survey aja…

  5. manja berkata:

    Kita liat aja tgl 9 bsk,,kan tinggal menghitung jam aja,,,mudah2an prediksinya bpk betul,,,tp siapa yg jdi bagi Q gak masalah yang penting dia menepati janji.,,,:)

  6. mahma mahendra berkata:

    hmm sama dengan prediksi saya. cuma no 1-4 di anda menjadi no 2-5 di analisa saya. liat selengkapnya di http://ma6ma.wordpress.com/2009/04/06/presiksi-hasil-pemilu-legislatif-2009/

  7. Catra berkata:

    Orang tua saya udah maniak Golkar dari dulu… hehehe… di UKM juga lagi musim pemilu nih pak!! :mrgreen:

  8. BaNi MusTajaB berkata:

    Saya pun senang dengan prediksi. Ya, kira2 spt inilah: 1.Golkar.2.PDIP.3.PPP.4.Demokrat.5.PAN.6.PKS

  9. Reynaldo berkata:

    TKI seperti saya ga tau dpt ga jatah suara

  10. sultan berkata:

    prediksi saya g ada partai yang mampu pencapaian suara 20%, jadi partai besar pun harus siap-siap berkoalisi

  11. aji berkata:

    Kalo PDS diurutan berapa ?????

  12. rinaldimunir berkata:

    @aji: PDS sepertinya tidak akan lulus parliament threshold. Syarat lulus parliament threshold adalah jika jumlah suara = 2,5%dari jumlah suara nasional. Menurut hasil survei, suara PDS kira-kira antara 1 hingga 2%. Menurut survei pula, partai lain seperti PBB dan PKNU juga akan mencapai 1 hingga 2%.

  13. surgazka berkata:

    siapapun yang menang pada pemilu nanti,,harus bisa membawa perubahan menuju indonesia baru yang lebih baik,maju,aman dan sejahtera,,,,salam kenal…..

  14. hmcahyo berkata:

    tinggal 2 hari lagi… mari kita lihatbareng2 😀

  15. marketingunderworld berkata:

    SUKSESKAN PEMILU 2009

    Ane contrengnya merem deh ah pusing habisnya 😀

  16. sotoyboy berkata:

    Apakah survey survey tersebut telah di kalkulasikan dengan jumlah sebaran penduduk dan jumlah perolehan untuk mendapatkan satu kursi di dpr? kalau sampai saat ini saya belum percaya terhadap survey kecuali setelah selesai pencontrengan. seperti pilkada jawa barat mengapa kok LSI kurang akurat dalam memprediksi siapa yang menang sebelum pilkada.

  17. nurrahman18 berkata:

    pemilu kok kayak baca koran bekas di bilk suara

  18. razorleaf berkata:

    kalau aku ngeliat kayaknya 1.golkar 2.PKS 3.PDIP(tapi presiden ga kan megawati) 4. demokrat

  19. abiwin berkata:

    Apapun hasilnya PKS Tetap nomor 1 di Hatiku :). PDIP Nomor 220 Juta hehehe .. 🙂 just kiding aja

  20. BOY berkata:

    Salam Kenal Mas. Prediksi ya Prediksi. Pemilu akan terjadi tanggal 9 April 2009. Kita semua bisa memprediksi partai mana yang akan menang, tapi semua tergantung rakyat sebagai pemilih.
    Dalam prediksi anda, belum lengkap rasanya bila tidak dimasukkan unsur money politik, ini juga sangat menentukan kemenangan sebuah parpol.
    Selamat memprediksi lagi ya……..

  21. machoman berkata:

    masih bingung sama pilihan???
    sholat istikhoroh!!!
    kalo ada yang lebih baik & berkualitas dari PKS,
    mari kita dukung….:)

  22. htmc berkata:

    Hanya Tuhan Yang Maha Tahu, lagian kita tak boleh mendahului ketentuan Tuhan,…Wah kalo prediksina melempen/salah Aku doakan ” rezeki sekeluarga penulis Blog ini buat Aku…

  23. jusrianto berkata:

    selesaikan perjuanganmu pak SBY

  24. Catra berkata:

    Saya milih ibu megawati aja deh. Biar ada ibu pertiwi kita. Hidup Megawatt
    Biar BUMN lain juga diobral, gak hanya LNG tangguh aja.

  25. M. Isya berkata:

    Prediksi yang menarik…semoga hasilnya juga tepat, selamat pesta demokrasi ya… & semoga mendapat hasil yg terbaik 😀
    By: simpatisan pojok kanan atas… 😀

  26. adiandra van kolen berkata:

    wah wah kunjungi juga http://softwaregratis.66ghz.com/
    mari bersilahturahmi

  27. roney22 berkata:

    boleh juga prediksinya, kalau tanpa melalui survey saya kira kurang valid. cenderung menyimak dari beberapa analisis pakar politik negara kita, tunggu besok, apa betul prediksi tulisan di media ini tidak menyimpang? boleh jadi prediksinya terbalik, Gerindra bertengger di tampuk kekuasaan, dan PKB tetap berada di peringkat ke 3, bagaimanapun loyalitas pendukung PKB tetap masih ada, bagaimana pula dengan PKNU yang di dirikan oleh sebagian besar kiai. pasti punya pendukung massa juga. analisis ini hanya bekutat pada wilayah partai yang lagi ngetren tanpa melihat peluang partai lain yang juga mempuyai suara potensial merebut kekuasaan.
    roney22.wordpress.com

  28. muhammad Rachmat berkata:

    kalau PBB urutan berapa ya..

    ya kita lihat hasilnya nanti

  29. Haryo Sadoro berkata:

    Prediksi saya selaku cucu Ronggo Lawe, Perolehan suara Golkar & PDIP akan turun karena para tokoh PDIP & Golkar lebih banyak menggali kesalahan/kekurangan kebijakan Pemerintahan SBY yang notabene org2 mereka juga ikut berperan didalamnya, ingat…..yg duduk dipemerintahan bukan org Demokrat thok lho……
    PKS mungkin akan naik suaranya bila ada konsistensi u/berkoalisi dengan Demokrat dan mengusung SBY sebagai Capres 2009, kalu tidak….wah, bahaya coy…….bisa2 turun perolehan suaranya. Kalau anda setuju dengan Demokrasi……..pasti anda akan ingat angka 31, Salam……Demokrasi.

  30. venusv3 berkata:

    walau pun tidak ikut nyontreng, tp saya lbh suka demokrat!!! Teruskan perjuangan

  31. kangsurur berkata:

    Oke deh, yang penting jangan golput. Karena Karapan Itu Masih Ada

  32. alamakboy berkata:

    Prediksi yang sangat dibuat dengan sangat cermat…
    Melihat kondisi politik sekarang ini memang hasil pemilu sudah bisa diprediksi.

    Yang akan berjaya sudah pasti partai-partai yang sudah terkenal sejak dulu dan partai-partai baru yang dimotori generasi muda akan terbelakang

    Tapi yang namanya prediksi belum tentu 90% benar juga. Kita lihat saja tanggal 9 April besok. Bisa saja terjadi keajaiban

  33. indz berkata:

    sosok tokoh memang kuat, jadi milih parpol biasanya liat parpol itu jagoin siapa supaya nanti kalo udah jadi backingnya banyak.

  34. mamas86 berkata:

    Menurut saya pak suharto memang bisa juga kita anggap sebagai pahlawan. Walaupun dia punya salah, tapi kan dia juga tetap punya jasa juga bagi bangsa ini. Sama seperti Soekarno ataupun yang lainnya. Manusia itu ada salah ada baiknya, ada kekurangan dan kelebihannya

  35. mustofa berkata:

    mudah-mudah an Allah selalu menolong kita

  36. dobelden berkata:

    ga papa deh sapa yg menang, yg penting hasilnya pemilu bener2 murni pemilu, karena dengan ada nya DPT yg rewel sampe sekarang, sulit memperoleh hasil pemilu yg murni.. 🙂

  37. Bahtiar Baihaqi berkata:

    Biar sesuai dengan harapan Anda, ada saran biar kami gak golput? :

    http://awamologi.wordpress.com/2009/04/08/kalau-kami-golput-kalian-mau-apa/

  38. Syafiq berkata:

    wah, ini mirip tugas probstat nya pak dimitri. analisis pemilu 2009..nice post pak..

  39. Rindu berkata:

    sampe malam ini saya belum tahu mau contreng yang mana … 🙂

  40. Erika berkata:

    sampe malam ini saya belum tahu mau contreng yang mana, masih di jalur GOLPUT

  41. udayul berkata:

    wah, dah bisa jadi pengamat politik nih. Ntar lagi bisa masuk TIPI 🙂

  42. ramadhan berkata:

    kalo survey saya sih PAN Nomer Sembilan ( 9 )

  43. ramadhan berkata:

    eh maksudnya…
    Pilih PAN Nomer Sembilan ( 9 )
    Siapapun calegnya Contreng No.9

  44. Irwan berkata:

    kita liat aja hasilnya . . .
    banyak juga yang tidak mendapatkan hak nya untuk memilih. pendataan yang belum maksimal sampai tingkat kelurahan.

  45. pimpii berkata:

    yahhhhh……. boleh la prediksinya. tidak akan meleset jauh. hebat kang!
    Tapi belum ada satupun lembaga survey yang memprediksi apa yang bakal terjadi pada partai yang paling sedikit perolehan suaranya>

  46. syukriy berkata:

    udah ada gambaran belum, ya? mudah2an prediksinya tidak akurat untuk PKS: PKS no 3. Hehehe

  47. masnya berkata:

    ya. prediksi sih boleh2 aj. tapi tetap kita lihat aj hasilnya nanti.
    menurut saya pemenang diurutan pertama tetap di pegang oleh PG (Partai Golput) he..he..3x

  48. Hammam Naufal turmudzi berkata:

    Ya ikutan predikisi….gak dosa tho? : 1. Demokrat, 2. Golkar, 3. PKS, 4. PDIP, 5. PPP

  49. Asmar Abdullah berkata:

    Kalau Golput sih gak pernah menang, berapa pun jumlahnya… Kalaupun ada ‘tokoh’ yang nekad bikin Partai Golput, paling cuma dapat 10% dari yang tidak ikut memilih hari ini. Jangan golput, jangan coblos, contreng saja!

  50. Pendul berkata:

    Hasil survey sementara LP3ES di RCTI : Demokrat, PDIP, Golkar, PKS. Wah kayaknya prediksinya tepat nih….

  51. Rakyat Jelata berkata:

    Ha ha ha
    Partai-partai tradisinil macam Golkar, PDIP, Demokrat, PKB, dan pertai-partai sekuler ekstrim lain akan selalu menang selama rakyat Indonesia masih bodoh seperti sekarang. Rakyat Indonesia ingatannya pendek sehingga tak pernah ingat bahwa mereka para partai sekuler ekstrimlah yang membuat Indesia terpuruk dan menjadi negara yang tertinggal mendekati gagal.
    Partai Modern macam PAN, PKS, PKB, PDS akan dipilih oleh rakyat yang rata-rata cerdas. Bukitnya partai-partai tradisional sekuler ekstrim selalu kalah di daerah-daerah yang tingkat pendidikan rakyatknya rata-rata tinggi, menengah ka atas.

  52. Rakyat Jelata berkata:

    Ha ha ha
    Partai-partai tradisinil macam Golkar, PDIP, Demokrat, PKB, dan pertai-partai sekuler ekstrim lain akan selalu menang selama rakyat Indonesia masih bodoh seperti sekarang. Rakyat Indonesia ingatannya pendek sehingga tak pernah ingat bahwa mereka para partai sekuler ekstrimlah yang membuat Indesia terpuruk dan menjadi negara yang tertinggal mendekati gagal.
    Partai Modern macam PAN, PKS, PBB, PDS, PMB akan dipilih oleh rakyat yang rata-rata cerdas. Bukitnya partai-partai tradisional sekuler ekstrim selalu kalah di daerah-daerah yang tingkat pendidikan rakyatknya rata-rata tinggi, menengah ka atas.

  53. Rakyat Jelata berkata:

    Ha ha ha
    Partai-partai tradisinil macam Golkar, PDIP, Demokrat, PKB, dan pertai-partai sekuler ekstrim lain akan selalu menang selama rakyat Indonesia masih bodoh seperti sekarang. Rakyat Indonesia ingatannya pendek sehingga tak pernah ingat bahwa mereka para partai sekuler ekstrimlah yang membuat Indonesia terpuruk dan menjadi negara yang tertinggal mendekati gagal.
    Partai Modern macam PAN, PKS, PBB, PDS, PMB akan dipilih oleh rakyat yang rata-rata cerdas. Bukitnya partai-partai tradisional sekuler ekstrim selalu kalah di daerah-daerah yang tingkat pendidikan rakyatknya rata-rata tinggi, menengah ka atas.

  54. ade putra winata berkata:

    prediksi tepat nih quick count tv one, juga seperti itu.

    bener biasa nya rakyat2 yang tinkat pendidikan nya tinggi lebih memilih partai2 modern dikarenakan bukan hanya sekedar figur tapi juga melihat visi dan misi dari partai tersebut.

    mungkin karena itu juga kali ya makanya anggaran pendidikan 20% susah diwujudkan para elit partai nya pada takut kalau masyarakat kita jadi cerdas, karena bakalan semakin susah untuk menggaet dukungan nya, tapi yang pasti moga yang golput semakin kurang

  55. Ping balik: Episode Baru Sinetron Cinta Bunga Season 2 Menghadirkan Chemistry Ditmar Hadi-Kirana Larasati « PANGERAN 229™

  56. DeGua berkata:

    Hebat…..,
    90 % prediksi anda menjadi kenyataan…
    Sekarang coba prediksi pertanyaan saya, kapan Indonesia dipimpin oleh orang2 yg Profesional, tdk dipimpin oleh orang2 Sontoloyo spt skg ini…
    Trima kasih,

  57. damang berkata:

    Pukul: 19.38, 9 April 2009
    DARI TOTAL SUARA NASIONAL 84.85
    TVONE % rinaldimunir.wordpress.com
    1 Demokrat 20.27 1 Partai Demokrat
    2 Golkar 14.84 2 PDIP
    3 PDIP 14.48 3 Golkar
    4 PKS 7.82 4 PKS
    5 PAN 6.10 5 PAN
    6 PPP 5.39 6 PPP
    7 PKB 5.37 7 Gerindra
    8 GERINDRA 4.22 8 PKB
    9 HANURA 3.65 9 Hanura
    10 PBB 1.63 10

    Dengan kapasitas seperti anda saya nilai prediksinya hebat. 99% sudah mendekati.

    Pokoknya sy pernah taruhan bahwa PDIP TIDAK AKAN PERNAH MUNGKIN NO. 1, lihat tahun ini berkutat dgn Golkar, Tahun 2014 akan berkutat dgn PKS.

    Bagaimanapun juga! Peminpin bangsa negeri yang kita cintai ini janganlah sampai dipimpin oleh tokoh yang berpendidikan rendah. Malu dong…
    Bravo dan selamat.

  58. Alin berkata:

    Hebat deh prediksi anda …hampir 100 % benar…
    Untuk Presiden nanti siapa nie yg bakal menang…

  59. Treante berkata:

    wah kok kayaknya tepat banget ya?
    ya demokrat yang teratas! 😛
    http://reatheryan.co.cc

  60. Awalludin berkata:

    Prediksi anda sudah hampir benar (min mendekati) tapi ulasan anda salah besar tentang partai, pendukung PAN bukan hanya artis dan tetap 70 % dari Muhammadyah, pilihan Amien Rais memang tepat utk memilih SB sbg ketum, ingat msh bisa bergeser antara PAN dan PKS karena Indonesia bag Timur yang notabene non muslim belum masuk.

  61. BAGOEZE alias BAGAST berkata:

    Emang kalau jagoan pasti kalah terlebih dahulu, AYO PKS PASTI MENANG !! ALLAHUAKBARRR..

  62. Alin berkata:

    Selamat Demokrat…

  63. Ira Fauzia berkata:

    waow..prediksinya okeh bgt bung!
    klo ndak salah menurut wangsit yg baru aya terima urutan 1-4 nya persis tuh…
    hasil quick count sih…
    but still, semua lembaga survey yg nyurvey hasilnya 11-12 lah…

    mantab!

  64. Ira Fauzia berkata:

    waow..prediksinya okeh bgt bung!
    klo ndak salah menurut wangsit yg baru saya terima urutan 1-4 nya persis tuh…
    hasil quick count sih…
    but still, semua lembaga survey yg nyurvey hasilnya 11-12 lah…

    mantab!

  65. Mira berkata:

    Hebat bgt bapak yg satu ini prediksinya hampir tepat bgt ampe persentasenya pun mendekati. Salut buat bapak walau sy sedih PKS no 4 mana jarak persentase jauh lg ma yg no 3. Nanti prediksi presiden jg ya pak. Kira2 SBY join ma sapa pak? Mgkn gak sama Hidayat Nur Wahid.

  66. alamakboy berkata:

    Wkwkwkwk….
    Hebat sekali bapak yang satu ini.
    Prediksinya hampir 100% tepat!!!
    Masih quick count sih, jadi masih ada kemungkinan keajaiban akan terjadi, meskipun kurang dari 1% 🙂

    Udahlah pak, bikin aja lembaga survei 😀

  67. qosdie berkata:

    PKS memang hebat, bisa lebih hebat jika mampu menaklukan jawa timur. karena jawa timur separuh dari indonesia.

  68. andry_arianto berkata:

    bapak mempunyai daya analis yg kuat..
    terbukti rata2 hasil prediksinya tidak terlalu menyimpang..

  69. andry23 berkata:

    bapak mempunyai daya analis yg kuat..
    terbukti rata2 hasil prediksinya tidak terlalu menyimpang..

  70. limaapril berkata:

    pake algoritma apa nih pak prediksinya ?
    sangat mangkus dan sangkil
    ^^

  71. kopral cepot berkata:

    oke deh prediksinya…
    gimana prediksi akankan terjadi pertarungan “koalisi lanjutkan” Vs “koalisi perubahan”
    btw… rang bandung nya…?
    http://serbasejarah.wordpress.com

  72. Wiwied berkata:

    2004 saya pilih PKS, tapi 2009 tidak lagi. Terlalu banyak kontroversi. Iklan pak harto, ahmad dahlan, dll. Semoga di pemilu mendatang bisa lebih santun lagi seperti dulu.

  73. elyas berkata:

    masukin keyword hasil pemilu 2009 hehehe nyasarnya kesini ..ikutan baca baca prediksinya mampir ke gubuk saya yaa

  74. Fahrisal Akbar berkata:

    Cr1t1cal Analys1s…. 1 l1ke that…. 😀

  75. susanto berkata:

    saya acungkan 5 jempol untuk analisis anda.
    kayaknya kalo saja elit politik punya pendamping seperti anda . percaturan politik indonesia indah nian. tanpa money politik, interfensi, lembaga ataupun bentuk kecurangan-kecurangan.
    janganlah memilih pemimpin yang hanya bisa menghujat orang lain, hanya bicara bersih, berjanji memajukan bangsa, toh ujung-ujungnya posisi dan jabatan.
    jangan beri jabatan pada yang meminta, pilihlah pemimpin yang mengetahui apa yang dipimpinnya.

  76. susanto berkata:

    visi pemimpin bangsa saat ini menurutku :
    sby + tifatul kayaknya cocok, tapi kalo berhadapan dengan ps / jk berat deh,
    yang lainnya kayaknya jangan sakit hati yah, belum ada impian di imajinasiku,
    hehehe
    kejujuran, kesantunan, pengakuan, pemaaf, kayaknya lebih baik dari pada penghujat, dan pencari kesalahan orang lain,

  77. dwinanto berkata:

    Prediksinya nyaris tepat, Pak,.
    Hasil Quick Count hingga pagi ini masih belum berbeda jauh dengan semalam, namun semoga hasil akhirnya adalah yang terbaik untuk bangsa,. 🙂

  78. leee berkata:

    kq bingung mikir partai,partai aja ugak mikir masyarakat,,,,

  79. Rakyat Jelata berkata:

    Tak usah gusar. Inilah namanya demokrasi. 1 Suara profersor dengan tingkatb produktifitas 100 akan kalah oleah 10 orang sekelas Megawati dengan tingkat produktifitas 1/2 lulusan SD alias total 5 dari 10 suara.
    Tapi ingat, justru partai-partai yang menang pemilu saat ini justru yang gencar menentang anggaran pendidikan minimal 20%, sebab mereka yang menentang amandemen UUD45. Orang-orang Golkar dan alumninya yang tesebar di PD, PDIP, PKB, dan partai sekuler ekstrim lain maupun masih di Golkar adalah pihak yang paling menentang amandeman UUD45. Jadi anggaran pendidikan minimal 20% dalam UUD hasil amandeman bukanlan prestasi mereka.
    Partai yang konsisten memperjuangkan anggran minimal 20% dalam amandemen UUD adalah PAN, PBB, PK/PKS, PPP, dan PDS.

  80. Rakyat Jelata berkata:

    Inilah prestasi pemerintahan SBY yang membuat rakyat terjerumus:
    – Manaikkan hampir 300% harga BBM dan menurunkan sekitar 30% setelah harga minyak dunia sudah turun di 70%.
    – Ide JK tentang BLT dan Konversi Minah ke Gas yang saat ekses negatif muncul disalahkan JK, tapi setelah berjalan lancar dipropagandakan sebagai hasil produk SBY.
    – Semua produk solusi yang berasal dari JK dianggap prestasi PD, padahal hampir 100% produk solusi salama pemerintahan SBY-JK selalu dari JK. Media juga sedang berfihak pada SBY.

  81. computechnos berkata:

    selama presiden gonta ganti hanya SBY yang berani berantas korupsi bukan omong doank kayak yang laen.
    mau anti virus gratis yang handal?
    http://www.computechnos.com/info

  82. Rakyat Jelata berkata:

    Orang sinting saja yang bilang kalau SBY sukses memberantas korupsi. Yang dicapai selama ini adalah hasil kerja KPK.
    Mana SBY mau menyeret para pencuri uang negara 600 Triliun lewat kredit korporasi dan 144 Triliun Lewat BLBI? Semua omong kosong.
    Yang diseret ya kelas di bawah 10M saja. Yang Triliunan digelari karpet merah oleh Megawati dan di tenteramkan oleh SBY

  83. anam berkata:

    klo mas milih apa ?? kayaknya demokrat mantap dengan prog. BLT nya

  84. danu berkata:

    gila bener ni prediksi, hebat kamu,, emang betul

  85. Ziadi berkata:

    Prediksi y ok, tp yang menang perlu di ingatkan jangan terlalu berbangga diri,tapi buktikan dengan janji-janji selama kampanye, dan bagi yang kalah(suara y sdikit) jangan bersedih hati, masih ada kesempatan d kemudian hari.perlu instropeksi diri. (http://ziadinor.wordpress.com)

  86. kemenangan demokrat,disebabkan krn pemerintahan yg bersih danadil,jujur.kalau masyarakat menilai bahwa Pak SBY itu orang yg tidak mementingkan rakyat miskin itu salah.

  87. deden riel berkata:

    wah tepat banget prediksinya.. selain buat lembaga survey, mas bisa gantikan mama laureen, atau permadi.. Hidup SBY

  88. alifighel berkata:

    mantebbb prediksinya jitu…..

  89. Nelda berkata:

    salut buat prediksi uda ini, tapek bana 🙂

  90. ammu berkata:

    luaarrrr biasaaa… prediksi’y.. walaupun PKS tidak terdepan, gw tetep salut… memang benar partai-partai lama menang itu karna masyarakat indonesia masih byk yg bodoh… kpan yach indonesia pnter2 smua… dengan tidak memilih partai2 lama itu…

  91. ammu berkata:

    luaarrrr biasaaa… prediksi’y.. walaupun PKS tidak terdepan, gw tetep salut… memang benar partai-partai lama menang itu karna masyarakat indonesia masih byk yg bodoh… kpan yach indonesia pnter2 smua… dengan tidak memilih partai2 lama itu…

  92. alumniPKB berkata:

    akhirnya prediksinya tepat.tpi saya kecewa,kenapa bisa demokrat yang menang.padahal SBY munafik. buat PKB anda sudah pantas di posisi buncit.

  93. sangjaka berkata:

    Wah dasyat
    Mirip hasil Quick Count

    Harapan masih ada
    2014 🙂

  94. Rakyat Jelata berkata:

    Ingin Indonesia Maju?

    Cegah kaum Sekuler Ekstrim yang Fasis berkuasa.
    Sejak Juli 1959 Indonesia memasuki jaman kegelapan, di mana kaum Sekuler Ekstrim yang Fasis memegang kekuasaan dan semakin mencengkeram dengan memanfaatkan kebodohan rakyatnya.
    Kondisi lebih semakin parah saat laju kerusakan semakin cepat, yaitu sejak 1978. Sejak saat itu etos juang pemegang kekuasaan di birokrasi hancur dan lenyap. Hasilnya sekarang sulit mencari orang yang mau bekerja dan berjuang untuk negara ini tanpa imbalan materi yang berlimpah.
    Kaum sekuler ekstrim selalu mengambangkan fitnah yang keji terhadap orang-orang yang shaleh dan masih memiliki etos juang dengan meojokkan orang-orang yang tak berideilogi sekuler ekstrim dianggap hanya berjuang untuk kelompok dan golongannnya.
    Sampai kapanpun kita tak bisa kaluar dari masalah yang dihasilkan oleh kaum sekuler ekstrim tanpa mencegah mereka terus berkuasa.
    Untuk itu cegahlah orang-orang Golkar dan Alumni-Alumninya berkuasa meski mereka sudah ganti baju dengan partai-partai baru atau partai lama sesama sekuler ekstrim.

  95. Taufik berkata:

    Yang Penting niatnya untuk apa?kalau berlomba-lomba partai iniatau apa yang lebih baik liat 2014, kalau saya tetap milih PKS walaupun di setiap daerah menurun angka pemilihnya karena DPT dan Responnya kader Terhadap pemilu yang luar biasa ini….sekali lagi untuk prediksinya mantap??di tunggu 2014 PKS terdepan..hehehe

    PKS harapan itu masih ada…..

  96. Aryeng IKoS berkata:

    Salut bung prediksinya hebat.
    Siapapun yang menang gak masalah.
    Asal jangan sampai negeri ini menjadi negara yang berazas agamais.
    kan kasihan kaum minoritas.

    salam netralitas.

  97. khoerul berkata:

    salut deh am prediksi dan ulasannya…
    tuk PKS 2014 insya Allah no 1.

  98. cah bagus berkata:

    buat bang aryeng…bukankah dlm demokrasi mayoritas tu yg berhak menentukan,
    disamping itu konsep agama islam tidak pernah dan tidak akan mendholimi yg minoritas..
    di Aceh,di timur tengah(negara2 islam) apakah pernah orang islam mengganggu minoritas.

  99. candra berkata:

    wah.. mantab banget prediksinya…..
    untuk PKS tetep semangat…..

    YA HARAPAN ITU MASIH ADA!!

  100. sutan palimo berkata:

    wah..hebat benar prediksinya

    SEMOGA DENGAN HASIL PEMILU KALI INI RAKYAT MISKIN SEMAKIN BERKURANG DAN LAPANGAN KERJA SEMAKIN BERTAMBAH, BUAT PARTAI YANG TIDAK LULUS PT SEBAIKNYA MERGER AJA DENGAN YANG BESAR DAN POLITIKUS LAIN TIDAK PERLU LAGI BIKIN PARTAI BARU, BUANG-BUANG DUIT

  101. elexyoben berkata:

    Kita semua bisa meramal. Kita semua punya punya hak meramal. Cuma kenapa kita lebih percaya pada ramalan orang macam mama lorens, Joko Bodo dsb. Kenapa justru tidak percaya pada ramalan kita sendiri ? Toh kalo ramalan kita salah gak ada yang masukin kita ke penjara ? Liat aja peramal-peramal itu : berapa kali ramalannya salah besar dan berapa kali ramalan benar. Bukankah kita juga bisa kalo cuma seperti itu ? Ayo meramal sekarang juga. Galakkan “Indonesia meramal sekarang juga”. Jenguk : http://elexyoben.wordpress.com/

  102. DEMOKRAT YEEEEEEEEEESSSSSSS!!!!!!!!!!!!

  103. SBY YEEEEEEEEEEEEEESSSSSSSS

  104. sani berkata:

    prediksi yang luar biasa

  105. kamoe berkata:

    wah, prediksi pak rin tepat
    luar biasa

  106. prabu KHOREK berkata:

    prediksi saya cenderung dengan partai demokrat, kita lihat dari presidennya haya SBY lah yang bisa/mampu menjalankan roda kepemerintahan. semenjak pergantian dari soeharto semua presiden tidak bisa menjalankan roda kepemerintahannya dengan mulus, hanya SBY lah yang bisa menjalankan dengan sukses. mudah-mudahan pemilihan presiden nanti kita bisa memilih pemimpin SBY lagi kalau bisa orang yang melebihi SBY.

  107. handokoaji berkata:

    yang jelas ntuk pemilu legislatif gw golput aja, karena nggak berpengaruh significant. gw pengin sih kita balik ke UUD 1945, cukup dengan 3 partai saja, selain biayanya juga nggak besar juga nyoblosnya gampang. dan tiap partai yang bergabung jadi satu biar rembukan bareng jadi rembukannya jangan di gedung dewan buang-buang duit, mending duit nya buat kesejahteraan rakyat.

  108. sofwan.kalipaksi berkata:

    Anyway, selamat untuk Partai Demokrat.

    Baca juga, strategi iklan dan kampanye yang menghantarkan Demokrat bisa unggul di sini:

    http://kalipaksi.wordpress.com/2009/04/09/beda-kemenangan-partai-demokrat-di-amerika-dan-partai-demokrat-di-inonesia/

  109. Rakyat Jelata berkata:

    Demokrat merupakan kelompok manusia culas. Prestasi no tapi ngaku berhasil. Coba lihat, Demokrat mendukunga kenaikan BBM sampai 300% selama 3 tahun SBY memerintah. Mendukung penurunan 30% saja dijadikan komoditas kampanye membodohi rakyat.
    BLT dan Konvensri Minyak Tanah ke Gas merupakan produk solusi JK, termasuk Aceh, Poso dan Maluku. SBY tak pernah ada solusi buah maupun buah pikir untuk menyelesaikan persoalan negara ini. JK lah yang selau beinisiatip dan tanggap.
    Kalau ada ekses nagatif di awal implementasi solusi, semua media mencaci JK, tapai setalh berjalan mulus diaku sebagai solusi Pemerintahan SBY dengan partai manusai culas yang bernama Partai Demokrat itu.
    Kasian rakyat republik ini. Hanya bisa dikibulin sama orang-orang sekuler ekstrim alumini Golkar yang ganti baju partai ke PD, PG, PDIP, PKB, PKPI, PPRN, Hanura, Gerindra, dan partai fasis lainnya.

  110. Catra berkata:

    pak prediksi nya tepat pak!!! kok bisa pak? hehehe

  111. Aditya berkata:

    Prediksinya tepat pak, hehehehe…
    Demokrat kok banyak dipilih lagi ya?
    Masih eneg ma Demokrat gara2 iklan kampanye BBMnya, pembodohan rakyat banget… Kalau disaat kampanye saja sudah membodohi rakyat apalagi kalau sudah menjadi penguasa…ya Allah tunjukilah kami jalan yang lurus…aminnnnnn….

  112. adi berkata:

    Mau tau partai yg bagus? ada 2 model: 1. kalau seorang saja yg membesarkan partai maka partai itu nga lama hidupnya. 2. partai yg mencetak orang2 besar maka itulah partai harapan kita.
    Dan di Ina model 1 yg dominan shg bgs indonesa msh lama buat hidup sejahtera.

  113. Haryo Sadoro berkata:

    Beberapa hal yang akan saya sampaikan :
    1. Prediksi anda sangat baik, bahkan lebih baik dari prediksi beberapa pengamat politik yang sering muncul di stasiun televisi. Mungkin sebaiknya kelebihan anda ini dikembangkan, saya yakin anda punya potensi dalam hal ini.
    2. Prediksi ini, saya yakin bukan suatu kebetulan semata, karena tentunya anda telah melakukan sebuah analisa dengan mempertimbangkan banyak komponen.
    3. Sebagai pelaku sistem demokrasi, kita harus bisa bersikap “LEGOWO” karena didalam pertarungan hanya ada dua kemungkinan “Menang dan Kalah”
    4. Yang terpenting adalah kemenangan dan kekalahan, itu sudah ada yang mengatur dan bukan suatu kebetulan ataupun kesalahan pelaku demokrasi, tetapi Allah telah mentakdirkan Demokrat sebagai pemenangnya.
    5. Sebagai seorang yang taat dalam agama, anda juga harus menyadari bahwa Allah SWT, telah mengatur semuanya. Bukan hanya manusia, bakteri pun Allah yang mengatur kehidupan dan takdirnya.
    6. Terimakasih.

  114. anikeren berkata:

    Pak Rin, salut…:)

    Siapapun yang terpilih mudah-2an membawa bangsa ini ke perubahan yang lebih baik

    Terimakasih

  115. investonyouth berkata:

    lumayan bro, prediksinya tepat.

    gimana jika buka praktek.
    kayak mamak lorenz, ki GP,
    bisa laris bro, ok?

  116. idi berkata:

    wduh payah pemilu thun ne penuh dngan kecyrangan ne tape dehh

    golongan poutih dong yang menang

  117. pacoel berkata:

    tolong diingat dan dijadikan cacatan

    panwaslu do asu….

    dy cm bisa nangkep caleg yg sosialisasi untuk pemilu yg sesulit ini….pdhl itu KWAJIBAN panwaslu,kl soal diarahkan ke partai dan nama caleg itu sndiri,itukan hak dy yg mensosialisasikan,krna dy pake uang dy sndri,kl kpu kan dbyr bt mensosialisasikan,dan panwaslu dbyr untuk mengawasi kerja KPU….

    money polotik bukan pelanggaran,itu hanya sbgai gantinya upah warga yg tlh brsedia meninggalkan pekerjaan untuk mengikuti pumilu…..kl panwaslu g setuju dgn warga yg memilih caleg bermoney politik,panwaslu hrs bersedia mencukupi upah warga itu….

    dy cm bisa ngambil baleho caleg yg ada dipinggiran jalan,,,,pdhl caleg buat baleho jg pake uang pribadi….kl emang baleho melanggar,kasih aja peringgatan 1-2 dan baru tindakan….jgn asal copot donk…

    skrg liat aja,brapa % suara yg tidak sah????

    trus,apa mau panwaslu dan kpu brtanggung jawab soal itu??????

    kl priode bsk masih kayak gini,saya mendirikan partai STS(partai suara tidak sah)

    kl bisa,hitunglah suara nasional yg tidak sah…dan saya yakin,pasti lebih dari 5%…

    BUAT SIAPA AJA CALEG DPR RI ATAU PRESIDEN YG TERPILIH,TOLONG!!!!PERMUDAH MASYARAKAT UNTUK MENGIKUTI PEMILU…DENGAN CARA,RUBAHLAH PERATURAN DAN TATA CARA PEMILU,,DAN KURANGI PARTAI DIINDONESIA dengan catatan perketat parpol yg akan mengikutu pemilu 2014….

    saya hanya kasihan dgn warga…lebih dari 5% harapan mereka yg telah gugur…

    sekarang udah jamannya Uang YANG MAHA ESA

    jd,partai yg menang adalahpartai partai yg kaya,curang,dan pandai mengelabuhi rakyat…

    buktikan aja omongan saya…

    maju perut pantat mundur…

  118. arytravel berkata:

    makanya kalau buat partai kasih simbol atau gambar bulan atau bintang pasti menang kalau gak menang ya,..minimal bertahan

    jangan yang lain sedikit demi sedikit habitatnya dah pada punah,…gak bisa beradaptasi

    contoh salah satu cermin kalau hewan selalu rakus makan saja sedikit memberi dan mengandalkan otot.

  119. h3ndr4_s4n1 berkata:

    Mantap x prediksi nya pak…

    Seperti nya sodara rakyat jelata kecewa bgt sm pak sby, dan alasan anda norak kali,kalau anda tau di –
    RIAU baru x ini kami merasakan enak nya jd rakyat dgn kejelasan hukum, rasa takut pd penguasa terhadap korupsi sangat terasa. jd saya rasa simpan kecewa anda ini.

  120. h3ndr4_s4n1 berkata:

    Mantap x prediksi nya pak…

    Seperti nya sodara rakyat jelata kecewa bgt sm pak sby, dan alasan anda norak kali,kalau anda tau di –
    RIAU baru x ini kami merasakan enak nya jd rakyat dgn kejelasan hukum, rasa takut para penguasa terhadap korupsi sangat terasa. jd saya rasa simpan saja kecewa anda ini.

  121. Ping balik: Tidak Menyangka « Catatanku

  122. dhany berkata:

    Setelah membaca hampir seluruh komentar dalam artikel ini, kesimpulan saya cuma ada satu Pak Rin. There are too many monkeys banging on the keyboard and pretending to be human.

  123. syifa berkata:

    jangan2 masnya dukun nih…:)

  124. gjy berkata:

    pastinya pemilu yang seperti taon 2009 tu harus di ulang.sebab jelas jelas kecurangan ini di bikin oleh pemerintahan yang masih berkuasa.bayangkan (aku) saksi ditps 15 sukatani cikampek barat mas a gak py kesempatan buat nyontreng.
    banyak prediksi yang aku kira2 bisa masuk akal knp aku gak ada di dpt.
    rt dan rwku oerang2 demokrat dan mereka menjadi tim suksesnya Demokrat, jadi suara dari partai lain pun banyak yang di bikot, boleh di cek deh mana tu yang namanya rwnya tu orang militer AL.
    kudunya kan mereka harus netral bukannya jadi tim suksesnya partai. dan mereka tau aku gak akan pilih demokrat karena kakakku sendiri caleg dari partai lain.jadi aku dan istriku gak di masukin tu ke namanya dpt.
    kalo udah curang pasti gak akan jauh2 dari namanya:
    pemerintahan bejad
    pemimpin busuk yang cm akan berfikir gmn cr balikin modal bt kampanye
    satu lagi yang saya mau ungkap saat jd saksi, yang kasian banget tu partainya PDI udah lingkarannya at simbulnya warnanya merah semua tinta yang buat nyontreng merah pula, saat penghitungan suara maaf ya banyak yang di anggap blangko karena nyontrengnya pas di tengah2 simbul bantengnya saksikan banyak yang cape jadi banyak yang gak teliti mending di coblos.kasian ya suaranya banyak yang hilang dan kayaknya tintanya sengaja di kasih warna merah biar PDI gak menang. di usut aja tu ketua KPKnYa udah banyak kecurangan dan yang terpenting dah bikin orang golput bukan karena perorangan golputnya tapi karena di golputkan.
    bt tmn yang tau cr pengaduan tu harus k mana dan bagaimana crnya

  125. Al Mahdi berkata:

    semua yang telah di lakukan oleh orang-orang yang haus kekuasaan, tidak adalah gunanya bagi bangsa ini. hanya semakin menambah penderitaan dan kedzaliman bagi rakyat.
    hakekat pemimpin yang baik adalah (apapun itu apakah partai, individu dsb) adalah tidak pernah berambisi untuk meraih kekuasaan sehingga dengan berbagai cara dilakukan diantaranya menyebar fitnah . apalagi dengan cara mencari popularitas semu bagi rakyat. negara kita ini mayoritas muslim tapi muslim yang bodoh. kenapa saya mengatakan bodoh? karena muslim tp tidak mengetahui hakekat dirinya adalah muslim yang mana hasil ciptaan Allah SWT tapi tidak menyadari bahwa dirinya adalah milik allah swt. sehingga rakyat indonesia ini telah mengkhianati Yang Maha Menciptakan. dengan mengikuti cara-cara syaiton yakni Alam demokrasi. dimana demokrasi adalah jauh dari allah swt, malah sungguh sangat mengeyampingkan dan mencampakkan hukum2 allah yakni dengan menjunjung tinggi hukum yang dibuat dan di sepakati oleh manusia. syukur kalo manusian berakhlak bagus, kalo semuanya dah terperdaya oleh syaiton ? (nau’dzubillah mindzalik).
    banyak para antek-antek kafir (yakni kaum munafiq islam) yang bertopeng sebagai ulama besar (seperti gusdur, cak nur dsb) menyebarkan pemahaman yang sangat salah kepada umat islam indonesia dengan menanamkan nilai-nilai demokrasi (mengaku-ngaku berasal dr islam demi supaya diterima oleh rakyat indonesia yg mayoritas muslim ), pluralitas dsb yang pemahaman tsb semuanya berasal dari setan manusia (barat dan sekutunya) .
    ingatlah! NASIB BANGSA INI WALAUPUN SERIBU TAHUN DIBUMI INI, TETAP TIDAK AKAN BERUBAH SELAGI MASIH MENERAPKAN SISTEM-SISTEM KUFUR. DENGAN MENGABAIKAN HUKUM-HUKUM ALLAH SWT, KECUALI MAYORITAS PENDUDUK INDONESIA ADALAH ORANG-ORANG KAFIR (dimana allah memang memberikan mereka syurga dunia untuk selanjutnya di siksa di akhirat kelak)

  126. cogep berkata:

    CALEG PREMATUR

    JANJIMU INDAH TAK BERUKUR
    KATA-KATAMU MANIS BERKESAN MANJUR
    KAMPANYE DATANG ENGKAU TERSENYUM JUJUR
    PEMILU DIGELAR ENGKAU TERSENYUM LUHUR
    WAKTU HASIL SUARA DIUKUR
    PARASMU BERUBAH BAK DUBUR (PANTAT)

    JANJI MANIS SELALU KAU UCAPKAN
    WALAU NURANI KAU KESAMPINGKAN
    SEGALA CARA COBA KAU LAKUKAN
    DEMI MENDAPAT YANG KAU IMPIKAN
    PHOTO BESAR KAU PAMPANGKAN
    BERHARAP WAJAHMU KAMI CONTRENGKAN

    CALEGKU SAYANG….
    KAMI MEMANG BUKANG PEJUANG,
    YANG HIDUP DI JAMAN PERANG
    LAGU LAMAMU SUDAH TERLAMPAU USANG
    SUDAH CUKUP KAMI TERBUAI OLEH DENDANG
    YANG SEPATUTNYA SUDAH DIBUANG

    CALEGKU SAYANG….
    AGAMA JANGAN DIJADIKAN PEDANG
    YANG MENGHUKUM UMATNYA JIKA MENYIMPANG
    PEMILU JUGA BUKAN PARANG
    YANG TERHUNUS UNTUK MEMBUNUH BINATANG

    CALEGKU SAYANG….
    KITA HANYALAH MANUSIA YANG TERBUANG
    YANG SELALU BERHARAP UNTUK DISAYANG
    TETAPI MAAF CALEGKU SAYANG
    NURANI KAMI TIDAK TERBELI DENGAN UANG !

  127. FUAD HASAN berkata:

    HIDUP PKS…………..

    PKS memang Luar Biasa… meraih suara yang cukup signifikan.
    Jadilah partai dakwah yang tetap bersih,peduli,professional.

  128. Akhmad Sirojudin berkata:

    ternyata sosok SBY terlalu kuat buat sebagian kalangan rakyat Indonesia.

  129. jualsabun berkata:

    Mas prediksi anda ini manteb sekali…. cocok….. dapat wangsit darimana mas, terutama Demokrat, Golkar, PDIP….. besok saya boleh ya tanya tentang nasib saya heheheehehe

  130. tetapi masih sangat di sayangkan angka golput masih lebih besar di banding persentase orang yang memberikan hak pilih nya.

    nb buat yang golput:

    -. kalo tidak merasa cocok dengan indonesia jangan tinggal di indonesia, nasib bangsa ini ada di tangan kita dan kita berhak untuk memilih calon pemimpin, dengan anda memilih golput berarti anda sama saja membiarkan bangsa ini lebih parah.

    -. kenapa anda tidak mencalonkan diri untuk menjadi pemimpin jika tidak ada seseorangpun yang sepaham dengan anda

  131. pujanggakasih berkata:

    bro kok bisa urutan teratas SEO gimana caranya?ajarin dunk please………………

  132. manora berkata:

    waw… pak guru mantap!!! amazed neeh…

  133. arif berkata:

    waaah.. keren pak, prediksi nya pas…
    pakai algoritma apa tuh pak?? hehehe..
    ajarin dunkz…

  134. Rakyat Jelata berkata:

    Inilah Prestasi Budiyono yang katanya akan memabawa solusi bagi masalah ekonomi nasional.
    Dia menjadi Menteri Keuangan, Meneg Ekuin dan Terakhir menjadi Gubernur BI.
    1. Rupiah yang di akhir Habibie Rp 5.800/USD menjadi Rp 14.000/USD.
    2. Utang Negara sekarang naik hampir 100%.

  135. asmila berkata:

    tahun ini aku golput aja ah,,,,

  136. fathir berkata:

    Nanti kalo udah ada hasil pemenang pemilu presiden, infokan ke kita2 ya… salam hebat…!!!

  137. NINIK berkata:

    menurut sayah yang lebih bagus yang menjadi capres dan wapres adalah mega pro,I yau mega pro.

  138. bahana surya berkata:

    Apapun cerita Partai HANURA merupakan partai baru yang besar tanpa mengeluarkan dana yang besar,bagaimana pula kalau memakai dana yang besar,waaahh bisa-bisa HANURA masuk Partai 3 besar…..kita lihat saja Pemilu 2014.
    HANURA Majuuu…….HANURA Jaya……!!!!

  139. Ping balik: Menanti Kunjungan ke-1.000.000 | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s