Sayembara Desain Gedung Baru di ITB (Hiks…GSG akan Tinggal Kenangan)

Sudah lama tidak ada pembangunan fisik di ITB. Kampus ITB yang luasnya hanya segitu-gitunya (cuma 5 Ha), memang susah mau dikembangkan. Lahan Bonbin (kebun binatang) yang terdapat di sebelah barat kampus tidak berhasil juga diakuisisi, padahal katanya itu lahan milik ITB. Kebun Binatang Bandung tidak mau pindah ke Dago Pakar atau ke Jatingangor karena — katanya lagi — kejauhan. Lahan yang terbatas di dalam kampus memang harus membuat pengelola ITB harus kreatif dalam membangun gedung baru, salah satunya dengan membongkar gedung-gedung lama.

Peta kampus ITB:

Nah, tiba-tiba saya membaca berita pembangunan 4 gedung baru di ITB. Setiap gedung tingginya 10 lantai (pada peta di atas denahnya diberi warna biru). Keempat gedung baru itu adalah:

1. Gedung Center for Advanced Studies (CAS).
Gedung ini menempati lahan pool kendaraan ITB yang terletak di sebelah timur gedung Perpustakaan Pusat. Gedung baru ini tingginya 10 lantai. Di dalam gedung ini terdapat beberapa laboratorium sains tingkat lanjut, yang akan menjadi sarana penelitian sains terdepan yang akan digunakan oleh peneliti dari berbagai program studi dari dalam maupun dari luar ITB. Gedung ini juga akan digunakan oleh Program Studi Matematika dan Program Studi Astronomi ITB. Di bawah ini gambar lokasinya:

2. Gedung Center for Research and Community Services (CRCS).
Gedung ini akan berlokasi di lahan yang sekarang ditempati kantor LAPI ITB dan Puslog ITB. Di dalam gedung ini akan terdapat beberapa ruang kantor dan ruang pertemuan dari berbagai organisasi yang terdapat di ITB yang berkaitan dengan riset dan pelayanan masyarakat. Gedung ini dirancang untuk memiliki luas lantai total 6.960 meter persegi dan tingginya 10 lantai.

Di bawah ini gambar lokasinya:

3. Gedung Center for Arts, Design and Language (CADL).
Bagi alumni yang mempunyai banyak kenangan dengan GSG (Gedung Serba Guna), terutama mahasiswa angkatan 80-an dan sebelumnya yang dulu diwisuda di GSG, siap-siaplah kehilangan gedung ini. Di lahan gedung yang ditempati GSG akan dibangun Gedung CADL. Gedung ini akan diisi dengan fasilitas-fasilitas baru untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan untuk Pusat Bahasa ITB. Fasilitas untuk Pusat Bahasa ITB harus diletakkan di bagian utara gedung pada lantai bagian bawah dengan pintu masuk tersendiri yang menghadap ke sisi utara. Fasilitas pusat bahasa ini akan digunakan oleh mahasiswa dan dosen ITB serta pengunjung dari luar ITB.

Di bawah ini gambar lokasinya:

4. Gedung Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE).
Gedung ini akan dibangun di sebelah barat Gedung Program Studi Fisika dan Program Studi Teknik Sipil, dan sebelah utara dari Gedung Basic Science. Gedung CIBE ini akan diisi dengan fasilitas laboratorium dan kantor untuk Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB. Gedung ini akan memiliki 10 lantai dengan 1 lantai basement dan luas lantai total 11.000 meter persegi.

Di bawah ini gambar lokasinya:

Nah, menariknya lagi, desain arsitektur gedung-gedung baru ini disayembarakan kepada umum. Bagi anda yang punya keahlian arsitek atau punya teman atau kenalan arsitek lulusan perguruan tinggi manapun, silakan ikut sayembara desain arsitektur gedung-gedung baru ini. Siapa tahu anda menang, hadiahnya lumayan besar lho (hadiah juara 1 saja Rp 100 juta bo). Informasinya dapat dilihat dan dibaca di situs web ini. Bahan tulisan ini, termasuk foto-foto, dikutip dari situs tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

13 Balasan ke Sayembara Desain Gedung Baru di ITB (Hiks…GSG akan Tinggal Kenangan)

  1. andriyan berkata:

    Ganti yang baru lebih bagus Pak, fungsi GSG sudah digantikan oleh Sabuga. Semoga dengan tersedianya fasilitas-2 canggih dalam gedung-2 tersebut, riset ITB kedepan semakin yahud.

    Tapi gedung ketiga namanya kok agak-2 nyrempet ya. Kalau dibaca dalam bhs Indonesia, bakal jadi temennya cicak dan buaya. Mungkin lebih bagus diganti menjadi CLAD.

  2. pebbie berkata:

    Center for Advanced Studies.. saya suka bunyinya 😀 jadi inget sama IAS (institute for advanced studies) waktu dongeng kuliah organisasi komputer

    semoga lahan parkir jadi pertimbangan juga supaya lebih nyaman.

  3. 4liteknologi berkata:

    yuph, sudah saatnya kampus-kampus yang ada di Indonesia mulai mendaur ulang gedung bangunan yang ada. biar lebih modern

  4. otidh berkata:

    ada tambahan lagi pak…
    tp yg ini sudah pasti pak,
    insya qjji paling cepat akan dibangun januari ini

    unit saya yang ada di gedung eks-upt olahraga (belakang SBM) sudah dapat surat pemberitahuan dari rektorat agar segera pindah ke tempat lain dimana deadline-nya januari ini

    rencananya gedung itu mau dibangun gedung untuk SBM karena SBM baru saja dapat dana besar untuk pembangunan tersebut (saya lupa dananya dari mana, yg jelas dari luar)

    nasib unit saya skrg masih blm jelas, tmn2 masih memperjuangkan tempat penggantinya

  5. Mantoel Toeink berkata:

    Waduh? Tidak ada GSG? 😦

    Unit hoki jadinya latihan di mana nantinya? Mereka kan pengguna GSG paling setia. Yang lainnya juga ada unit lain pengguna GSG, di antaranya ping pong, kempo, tae kwon do, kendo. Rata-rata unit pengguna GSG adalah unit olahraga (budaya jg, sekali waktu saya lihat UKM berlatih di GSG :D) yang membutuhkan tempat latihan bebas hujan dan orang yg berseliweran sesedikit mungkin.

    Apa di Sabuga ada tempat latihan serba guna yang cukup memadai untuk menggantikan GSG? (jujur, saya kurang menjelajahi Sabuga, jadi tidak tahu) Setiap kali latihan kendo di tunnel Sunken-Sabuga, ada pejalan kaki yang lewat (awas tersambar pedang bambu), langit-langit merendah di sisi (memberi ruang pejalan kaki, awas pedang bambu kejeduk langit2), dan jam tujuh malam, tanpa kecuali, Pak Satpam datang untuk mengunci gerbang padahal blm puas latihan.

  6. rosa berkata:

    Mmmmmm, kayaknya nih proyek aja ya :D. Standar orang Indonesia saat ini. Bikin proyek dimana-mana yang belum tentu bermanfaat (ga tau juga uangnya utang negara atau bukan). Misal gedung basic science, beberapa ruangannya belum terisi waktu saya masih di ITB kemarin ga tau lagi sekarang. Peace he…he…he… UUD dimana-mana.

  7. anikeren berkata:

    Bukan hanya angkatan 80an pak yang punya kenangan Wisuda di GSG Pak. Saya wisuda (S1) tahun 95 masih di GSG tuh. Kayaknya itu wisuda terakhir di GSG.

    Selain wisuda, pasti banyak kenangan yang lain di situ. Termasuk -saya main gede ludruk di situ. Juga jadi joki eh bukan…tapi relawan pendaftaran UMPTN.

    BTW, semoga ITB tambah maju & memberikan semakin banyak manfaat buat ummat dan bangsa ini.

    Salam
    http://moedjionosadikin.wordpress.com

  8. trusmansjah berkata:

    dari kutipan kepala proyek, tidak ada misi penyelamatan nilai historis (untuk GSG) dan lingkungan sosial.

    yang ada cuma gedung2 tsb harus low cost maintenance dan ramah lingkungan.

  9. aryo berkata:

    wah sayang … juga!! sabuga belum sepenuhnya bisa menggantikan fungsi GSG. ga ada lapangan bulu tangkisnya.

  10. Kurniawan Gunadi berkata:

    wah saya sebagai angkatan termuda sekarang ( 2009 ) belum bisa komentar banyak, tapi melihat komentar diatas, menurut saya , jika emang bisa memberikan manfaat yang jauh lebih banyak, dari pada mudharatnya ( kehilangan gsg , dsb ) , itu bukan menjadi masalah, lebih baik , mencari solusi nya bareng2 , buat unit hoki misalnya… atau tentang lapangan bulu tangkis

    Demi perbaikan, emg kdg ada yang dikorbanin, mengingat kampus itb yang luasnya imut2..

  11. Ping balik: GSG-ITB Tinggal Menghitung Hari | Catatanku

  12. cucuganesha berkata:

    mantap pak…
    cuma menambahkan dikit.. luas kampus ITB bukan 5 ha tapi 25-28 ha…

  13. Ricky, FTTM ITB 2012 berkata:

    dannnn, GSG sudah hancur :((((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.