Ketika “Bonek” Bikin Repot Orang Bandung

Hari ini (nanti malam) kesebelasan Persebaya Surabaya akan berhadapan dengan Persib Bandung di stadion Jalak Harupat, Soreang Bandung. Kalau Persebaya yang main, maka dipastikan ratusan hingga ribuan pendukungnya yang disebut bonek (bondo nekat) akan mbrojol menyerbu kota tempat pertandingan, di manapun itu, asalkan masih di Pulau Jawa.

Seperti tadi pagi, saya baca di koran PR, jajaran aparat di Bandung sudah sibuk mengantisipasi kedatangan para bonek itu. Mereka datang ke Bandung dengan kereta api ekonomi dari Surabaya. Ada yang turun di stasiun Kiaracondong, ada yang turun di stasiun Cicalengka, lalu naik tumpangan gratis truk atau mobil bak terbuka menuju Bandung (baca beritanya di sini).

(foto diambil dari koran PR)

Sepanjang jalan kereta api dari Surabaya menuju kota pertandingan saja para bonek ini sudah bikin resah penduduk sepanjang rel kereta api. Hal ini karena berdasarkan pengalaman warga yang rumahnya dilempari bonek dengan batu dari atas kereta. Sebagai balasannya, kereta api yang mengangkut para bonek yang pulang ke Surabaya dilempari batu oleh penduduk sepanjang rel. Malangnya ada bonek yang tewas karena dilempar batu tadi. Entah berapa kerugian PT KAI setiapkali mengangkut para bonek. Bonek naik kereta saja banyak yang tidak mau bayar, ditambah lagi dengan kerusakan kereta karena lemparan batu. Bahkan, bonek ketinggalan kereta saja sudah membuat warga di stasiun kereta ketakutan.

Sampai di Bandung para bonek mulai bikin ketar ketir sebagian warga kota. Publik Bandung saja sudah terbiasa khawatir dengan bobotoh Persib yang sering melakukan perusakan usai pertandingan jika Persib kalah, apalagi dengan kedatangan para bonek. Hari ini jalan-jalan di Bandung tampak sepi, tidak seramai seperti biasanya akhir pekan. Warga lebih banyak berdiam di rumah, menghindar bertemu dengan bonek. Namanya juga bonek alias modal nekat, mereka kalau sudah berada dalam komunalnya cenderung berbuat nekat apa saja. Bagaimana tidak nekat, dari Surabaya hanya membawa uang pas-pasan cuma Rp 10.000, mana cukup buat makan untuk beberapa hari Bandung, apalagi untuk beli karcis pertandingan. Tidak cukup uang, para bonek pun tidak kehilangan akal. Mereka mengamen di jalanan Bandung untuk mendapatkan tambahan uang.

Ulah para bonek memang membuat orang geleng-geleng kepala. Tidak habis pikir, kok nekat banget. Sebagian bonek tidak segan-segan meminta uang kepada pengguna jalan. Seperti dikutip di Detik.com, bonek menghentikan kendaraan bermotor yang lewat dan meminta uang. Tak hanya minta uang, mereka juga tak segan untuk meminta rokok pada pengguna jalan yang lewat. Para pengguna jalan pun tak kuasa menolak permintaan para bonek ini. Mereka akhirnya memberi uang sekenanya, atau langsung memberi rokok. Berita lainnya baca di sini.

(Sumber foto: Detik.com)

Kedatangan bonek di Bandung memberi efek ketakutan bagi para pedagang makanan. Bagaimana tidak, mereka sering menjarah makanan yang dijual pedagang tanpa mau membayar (lha iyalah, menjarah berarti sama dengan mencuri). Saking takutnya, maka pada hari ini sepanjang jalan Kopo hingga Soreang mendadak para pedagang makanan tiba-tiba lenyap begitu saja (beritanya di sini), padahal biasanya mereka berjualan sepanjang trotoar. Hari ini sampai besok mereka memilih tidak berdagang, khawatir dagangan makanan mereka diserbu para bonek yang kelaparan dan tidak mau bayar.

Kedatangan bonek menambah kerepotan aparat di kota dan Kabupaten Bandung. Supaya tidak bertambah nekat, para bonek itu disediakan penampungan (istilahnya di karantina) di Lanud Sulaemen, Margahayu. Sudah itu, mereka disediakan makanan dan dapur umum untuk melayani mereka makan. Prasmanan lagi makannya. Baik banget ya, tapi nggak apalah supaya para bonek itu nggak macam-macam, diberi makan guna meredam emosi para bonek itu, karena orang lapar biasanya sering emosi dan brutal.

Musuh bebuyutan para bonek sebenarnya bukanlah bobotoh Persib, tetapi Aremania, yaitu arek-arek pendukung Arema Malang, sama-sama satu propinsi sebenarnya (sepertinya ada rivalitas antara kota Surabaya dan Malang sejak dulu, begitu yang saya dengar). Kalau sudah bermain melawan Arema, maka dipastikan ada kerusuhan sebelum dan sesudah pertandingan.

Nah, di Bandung para bonek tahu diri juga, mereka tidak mau mencari keributan dengan bobotoh Persib. Meskipun ada trauma perang Bubat antara orang Sunda (kerajaan Galuh) dan orang Jawa (kerajaan Majapahit) pada masa lalu, tapi dalam urusan sepakbola trauma itu sepertinya tidak berlaku. Tidak ada catatan kerusuhan antara bobotoh dan bonek, dan rasanya belum pernah terjadi para bonek membuat kerusuhan di Bandung gara-gara Persebaya kalah. Entahlah kalau nanti malam. Mungkin tipikal orang Sunda yang lemah lembut membuat bonek segan untuk membuat keributan. Lagi pula, mana mau para bonek itu berhadapan dengan bobotoh yang jumlahnya ratusan ribu, apalagi ini di kampung orang lagi. Pasti takut juga mereka. Para bonek itu hanya ingin menunjukkan eksistensi mereka saja kepada orang-orang di sini bahwa mereka benar-benar nekat datang ke Bandung, meneruskan atau melestarikan tradisi dari pendahulunya dengan berbuat apa saja agar bisa makan dan nonton bola. Namanya saja bonek, modal nekat.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

75 Balasan ke Ketika “Bonek” Bikin Repot Orang Bandung

  1. Zakka berkata:

    Masa kehadiran mereka segitu membuat takutnya warga Bandung, Pak? Saya kira pada takut kalo yang dateng para pendukung Persija…

  2. Nur Ali Muchtar berkata:

    haha
    nice posting pak, saia baru tau “keganasan” BONEK MANIA dari tulisan ini. makasih tuk share infonya

    Nb: alhamdulillahnya gak ada kerusuhan malam ini pak

  3. Yudhana berkata:

    Saya org sby yg nikah ma gadis bdg 4 bln lalu. Sya pendukung berat persebaya alias bonek. Sya pernah menjadi bagian dr mereka yg tret tet tet kmna aja psbya bertding wkt sma smpai kuliah. Sya tau bngt gmna karakter mereka. Jauh dr yg diberitakan media klo bonek tukng rusuh. Menurut pengalaman sya dlu bonek bertindak klo ad yg memulai. “Diam berbahaya n ramah, tapi bergerak mematikan” itulah karakter bonek jg org sby pd umumnya. Tp gak bisa dipungkiri klo mereka itu usil. Tp klo smpai kriminal mgkin ada org yg menunggangi dengan memakai nama bonek. Smoga bonek-viking tetap satu hati. Mohon koreksi apabila ada kekurangan. Trims-bonek arek bungurasih.

  4. mashen berkata:

    Bonek nggak cuman bikin repot warga Bandung. Di sekitar stasiun Wates Jogja, sebagian besar bonek mengambil dagangan pedagang kecil di stasiun tanpa bayar.

  5. disha berkata:

    bonek sembarangan sih ngak bayar tiket bandung sih itu mah bonek nakal sih

  6. disha berkata:

    bonek itu tak menurut sama orang tuanya mengapa ya ?

  7. ray rizaldy berkata:

    sayang bobotoh ga berani melindungi warganya dari bonek ya.
    daku bisa jadi simpati kalau bobotoh mau jagain para pedagang2 di Kopo itu supaya ga dijarah sama bonek, sayangnya nggak ya. kalah masa?kalah garang? ntah lah.šŸ˜€

  8. are is berkata:

    memang terkadang bonek bkin rusuh.. tp kl kita teliti knp yang d serang cuma daerah… alasannya karena pasopati… The Jack,, Pasopati, LA mania, AREMAling.. adalah seporter yg tidak mau akur dengan bonek.. mrk memusuhi bonek hanya karena ingin cari nama saja biar mrk tetap eksis and cari popularitas kyk seleb.. bandingkan ketika di bandung…. apa mrk berbuat onar spt d jebes…?? g kan.. krn bonek viking memang satu hati,, d jebes bonek d lempari.. apa salah jika bonek membalas..?? buat warga bandung terima kasih atas sambutannya….

    • pandya berkata:

      ttrimakasi untuk penduduk bandung,dan jawa barat yang tlah memperlakukan kami,bonek sangat positip…..kami ucakan trimakasih

      • Masil berkata:

        Sy mhon tuk orang yg nekat nontong spk bola yg tdk ad pembeli karcis,krm kan alamat lengkap anda ke 081347418932; ad kerjaan dr teman ke teman ad upahnya untk menyampaikan imformasi kps teman, buruan formulirx terbatas….

  9. fajar berkata:

    menurut kebanyakan orang tua, datangan nya BONEK ke Bandung itu bikin rusuh saja.
    tapi mana bukti kerusuhan tersebut ?. BONEK ga rusuh di Bandung.
    malah BONEK ingin “Lebih Tau” dengan kota kembang ini.
    BONEK ingin warga Bandung menyambut nya dengan senang hati.
    seperti yg saya alami, ayah saya bilang “ga usah nonton ke jalak harupat, BONEK itu anarki, nanti BONEK nyerang, udah nonton di tv aja”
    saya nurut apa kata ayah saya, walaupun sangat sangat terpukul ga bisa nonton di jalak harupat.
    ahir nya saya nonton di tv, dan ketika pertandingan di mulai ayah saya seperti kebingungan kenapa VIKING-BONEK bersama sama !!
    dan setelah pertandingan usai ayah saya berkata “ayah kira BONEK itu rusuh, tau nya mereka menghargai sportifitas”.

    himbauan untuk orang tua : anak jaman sekarang lebih banyak tau.
    karna VIKING-BONEK itu saudara.

  10. lisa imut berkata:

    bonek “MAJU”

  11. ariz berkata:

    sebetulnya bonek itu tidak separah itu.
    kalau separah itu brati ada orang yang menggagunya dluan
    buaya kok d ganggu ea d mkan kmu.. hahahaha

  12. bonek berkata:

    .arema mmang jgo,tp jgo.na ngeloco

    • pandya berkata:

      jago nya provokator..bertarti tak ad nyali..massa aremania ketanggep yg ambil ortunya..malu donggg katamya suporter gariss keras!!!!!!!!!!!

  13. rudi berkata:

    bonek mah dari sejarah ga pernah bener, boleh di search di google adakah kegiatan mereka yg positif. berkawan dengan mereka silahkan resiko tanggung penumpang. Kita arema meski banyak kekurangan selalu berusaha menghargai. tidak pernah api bisa padam oleh api, harus oleh air. tapi akhir2 ini viking mulai cari masalah dgn arema karna keracunan bonek, berkali2 pengurus persib minta maaf ke aremania karena ini ulang viking kampungan. hati hati dengan yang anda tabur.

    • saya sebagai pendukung setia persib mohon maaf ni viking bukan cari masalah tapi anda yaitu aremania yang mencari masalah duluan masa urusannya dengan bonek viking di bawa2 justru aremania yang memanas manas kami memang yah arema itu cuma ngomong dikandang nya sendiri

  14. okky berkata:

    Kepada para komentator, harap tidak berkata tidak sopan di sini.

    Di sini adalah wadah diskusi yang menjunjung tinggi nilai edukatif, nilai ilmiah, nilai ekonomis, nilai ekologis, nilai etis, nilai estetis, nilai legal, dan nilai keadilan.

    Saya harap pengelola blog, sebagai sivitas akademik institut yang menjunjung nilai-nilai inti institut, segera memoderasi komentar yang tidak layak ditampilkan.

  15. TC berkata:

    “Publik Bandung saja sudah terbiasa khawatir dengan bobotoh Persib yang sering melakukan perusakan usai pertandingan jika Persib kalah, apalagi dengan kedatangan para bonek.”

    kayaknya dah lama tuh Juli 2008. setelah itu gak pernah lagi, kok disebut sering?
    Penduduk di sepanjang Jl. Kopo selalu menyambut para Bobotoh, panjangnya bisa sampai 5 km. Supporter mana yg dielu-elukan ama penduduk sepanjang itu? yg lain disambutnya ama batu :)) silahkan buktikan sendiri datang ke Kopo. jangan jadi korban berita.

  16. ariel bonek delta berkata:

    dri dlu arema itu sampah jawa timur……………..
    slam 1 hati bonek viking sidoarjo………………….
    mju trus persebaya & deltras ……………………
    smogo juara di ISL & divisi utama …………..

  17. bonek manusia primitif berkata:

    bonek itu kumpulan manusia bejad dan dungu…katanya tidak anarkis buktinya di wates ngrampok..manusia berakhlak setan bonek..manusia purba primitif pemakan tulang

  18. rahmad berkata:

    apha loe brani”.a blangiend BoNeK gtu???

  19. Marlitha berkata:

    aneh ya, ini topiknya tentang Bonek, mengapa disangkut pautkan dengan Arema?

  20. gitaedyot berkata:

    bonek tidak semenakutkan itu, tidak semua bonek seperti itu,, jika ada pedagang pasti bonek mau bayar,, kami menjarah bukan karena kami tidak ada uang, tapi karena tidak ada pedagang yg mau buka,,, arema emang cuma pengin eksis jelas2 disini sedang membahas bonek kenapa malah masuk aremania yang lagi promosi??
    untuk warga, yang kotanya kedatangan bonek tidak perlu takut karena selama warga tidak menghina atau mengganggu bonek, bonek tidak akan berulah,, kami pasti akan selalu menghormati tuan rumah asal tuan rumah mau menghormati kami,,

  21. bonek itu semuanya gak anarkis.
    pokok bonek jangan diusik sebelum mereka sendiri yang diusik.,
    jadi berita atau media massa yang ada diindonesia itu semua fakta belaka,.
    dibandung aja bonek gak anarkis, malah kami disambut dengan ramah sama warga bandung dan bobotoh.dan sehingga bonek gak berani kisruh…

    jadi kalau bonek tour ke luar kandang pasti ramai dan jadi ajang lomba mencari berita anarkis bonek.

    tapi berbeda jauh dengan aremania.
    aremania yang melintasi warga kediri itu pun langsung melempari dengan batu.
    tapi ya gak ada beritanya..

    jadi media massa indonesia .jangan dong membahas bonek tentang anarkis.
    jadi jangan membuat berita palsu..

    media kami protes karena anda telah mengabarkan mengada-ngada…

    “bonek bergerak jangan diganggu atau sebelum anda dilawan sendiri”
    “jangan ganggu bajol tidur sebelum anda di terkam”

    aku gak nyakiti orang,aku gak ngangguin orang.,
    kau jangan membahas kekurangan kami.,
    dan kau tak lebih mulia dariku.
    tangamu tak lebih suci dari tanganku.

    ingat bonek supporter bukan perusuh.

    ayo bonek revololusi jangan nganggu orang..ingat semboyan kami..

  22. lubis mahendra berkata:

    kami bonek bajarmsin…jauh dari kalimatan aq bondo….aq mendukung persebaya demi satu tujuan kemenagan….bonek bukan perusuh/tidak punya itika…bonek ada di mana mana…salam satu nyali..WANI mengadapi rintangan…..yang mengadang…kami datang bukan untuk merusuh/menjarah…bonek bondo duwek…jgn sebelah matakan bonek….bonek seporter fanatik…bonek segan bila anda mengormati kedatangan kami…diam menakutkan bergerak mematikan…salam 1 nyali wani tok

  23. Asep tea tuh berkata:

    Kenapa ini jadi ribut begini?
    Jangan ribut!!!
    Kalaw memang bonek tdk anarkis!!!
    Ayo dong buktikan!
    Jangan ada permusuhan di antara suportet!
    Kita selaku warga negara indonesia kita harus bersatu dlm kada’an apapun!
    Ok
    salam
    azep anak cinta damai

  24. adi bagoes gottardo berkata:

    kenapa harus takut kan bonek viking satu hati n bersaudara

  25. Galang Hakiki berkata:

    waduh mas bikin postingan kok memojokkan… yang netral donk… contoh baru2 ini aja arema bikin rusuh disurabaya… kalo memang kami sengaja menunggu kedatangan arema pastinya arema tidak bisa lewat tol, karena sudah diblokir sama bonek… tapi kenyataannya, arema tetep lewat sampai perbatasan gresik, bahkan fakta mengatakan ada aremania membawa sajam… kalo kami gak diserang duluan mana mungkin kami menyerang itu… pake logika mas… katanya mereka sodara sama deltamania n LA Mania… kemana mereka semua mas…!!! beda sama BONEK – VIKING… kami kalo menonton distadion kami selalu membaur mas, beda dengan mereka yg selalu bergerombol dengan grupnya masing2… Kota kami kota pahlawan mas, loyalitas kami pasti tinggi dan berwatak keras dan spontan… jadi ketika ada yg mengganggu kami pasti balas…!!! tolong mas kalo bikin posting yg bermanfaat ya mas dan jangan memojokkan seperti ini, karena setahu saya Viking bertandang kesidoarjo aja kami kawal… karena apa yg kami yakini BONEK VIKING SATU HATI…!!!

  26. wais bonek gnggungan prob berkata:

    maju terrus bonek trus jngan mngalah jikalau kau di usik
    mna da buaya mnglh lw d usik

  27. Amin berkata:

    Bonek Viking itu sama saja……
    Asal jangan RUSUH… yang Rusuh itu anjing.
    Salam Indonesia Damai
    http://voetbal-nusantara.blogspot.com/

  28. akbar jak mania berkata:

    persebaya perkumpulan seluruh bangsat surabya
    bonek=bodoh nekat
    persib=perkumpulan seluruh induk babi
    viking=visual kayak anjing
    bonek viking dkk JANCOK

  29. atun berkata:

    bobotoh…

    viking bomber

  30. Hymura Bathozay berkata:

    bonek ramah dibndung krn bonek viking sama saja.sama2 MALING…šŸ˜€
    viking trknal maling helm n bonek penjarah gorengan n itu FAKTA!

  31. zombie1927 berkata:

    Ngomong aja sesuka anda..!!
    jika babu kalian berbuat onar liat aja nanti..
    SURABAYA BERONTAK

  32. stanley roy berkata:

    Selamanya AREMANIA anti bonek!!!,,,buat viking jangan sok ikutan urusan anak jawa timur,ingat kalian pernah disambut baik di malang tapi balasannya sekarang kalian memusuhi AREMANIA,,,apakah racun bonek sudah mecuci otak kalian???Bobotoh besar di jabar bukan karena bonek (alibi bonek supaya ada kawan”dulur” melawan dominasi AREMANIA di jawa timur),,,sekarang kalian telah berpihak ke bonek!kedamaian kami dulu kalian balas dengan permusuhan yang gak tahu asal usulnya,,,kalian tanam bibit permusuhan yang akan kalian panen hasilnya suatu saat nanti tiba,,,tobatlah sebelum semuanya menyesal,,,AREMANIA hanya anti bonek,camkan itu!!

  33. Dicky bagoez brandalz elith berkata:

    Bonek itu gua banget.sampai kapanpun selalu siap jika menghadapi aremaling.jadi jangan kira kami bisa loe hina bangsat.

  34. ken arema berkata:

    Urusan bonek serahkan pada ahlinya aremania,dijamin bonek terbirit birit

  35. SHOLEH berkata:

    asal tahu ya 90% anak probolinggo bonik sejati dan anti arema

  36. doni berkata:

    dan sayang persebaya sekarang persebaya PALSUUUUUUUUUUUUUUU

  37. dimas berkata:

    Anda bisa ngposting seperti itu apa sudah pernah mengalaminya,melihat langsung ke bringasan bonek? Soal bonek di sediakan tempat utk tidur, di sediakan dapur umum utk mereka makan dan kendaraan utk mengangkut parabonek ke stadion dan balik lg langsung ke stasiun itu karena cara kami(bobotoh) utk menjamu saudaranya. Dan perlu anda tau kalo bobotoh ke surabaya di jamunya lebih dari itu, bahkan kami selalu d dampingi saat tour jawa timur meskipun persib bukan lawan persebaya. Kalo hanya sekedar melihat,mendengar dari media jangan berani ngposting seperti ini, apalagi postingan anda memojokan saudara kami. Saran saya kalo tidak tahu apa2 lebih baik diam!

  38. iwan kurniawan berkata:

    ini orang bajingan banget sih. Maaf saya kasar, karna semua ini tidak benar. Buktinya saya org bandung senang dikunjungi bonek mania, bahkan di kampung saya aja orang tuanya pada seneng tuh datang bonek ke bandung. Buktinya juga bonek suka menemani kami kalo persib laga tandang. Jangan bikin gosip tentang sodara seperjuangan kami deh. Bonek berarti bagi bobotoh. Makasih bonek, kalian sangat menggap kami sebagai saudara. 1933 – 1927

  39. Ping balik: Arema Vs Persebaya 1927CD-DVD MATERI PRESENTASI | CD-DVD MATERI PRESENTASI

  40. Rangga berkata:

    Saya orang malang (Aremania),

    Saran saya buat para “BONEX” tentang Opini bapak di atas,

    Ya…. Saling menghargailah sesama manusia,Anda kan tau Hak – hak nya para Sopir,Penjual,pengguna jasa Kereta,Stadion,Warga,dll________________Saya tidak menuduh kalo anda mengelak melakukan anarkis itu semua “Bonex”,tapi saya tekankan sekali lagi junjung tinggi rasa Kemanusia anda.

  41. hizkia berkata:

    saya suka viking bonex bersatu atau bersaudara

  42. Saya rasa blog sperti ini lah yang membuat rusuh, pergerakan tulisan akan mudah di ingat dan di kibarkan selama tulisan itu masih ada, dan blog ini termasuk propaganda. Kalau anda intelektuil seperti salah satu komentator di atas juga, sok intelek, baca dulu topik bahasan, pelajari dulu karakter suroboyo, jangan asal ngecap, kami surabaya ( bukan bonek saja) ciri khas diam, asal anda gak jual, kami akan diam, gak usah bikin rusuh…

    Ada yg mulai jual ya kami harus beli, anda ramah kami lebih bersahabat, lihat lah supporter mana saja tanpa kami minta mereka mendukung, seluruh jatim, yg terdekat saja, mojokerto. lamongan , gresik, pasuruan dsb mereka semua sebelum club nya beredar kasta tinggi, semua mengaku bonek dan mendukung, mereka bangga disebut bonek, kalo LA kini seperti itu, y krn ulah nya sendiri, lihat lah sekarang bingung dan pengecut gak bs kmn2 lwt gresik dibantai, lwt bojonegoro dibantai, lwt mojokerto dibantai, lwt surabya apa lagi. Apa sih enak nya, bgt.

    Deltras, jg sm gbs kmn2 terhitung 2 kali munafik, ngajak damai dituruti eh hianat lg. Apa lagi AREMANIA dikasih hati di ampuni hianat jg, 1995 aksi AREMANIA masuk bikin ribut diantara supporter PERSEMA sampai ketapel aremania kenai mata pemain persebaya, itu lah puncak nya, PERSEMA loyalis sampai detik ini menyayangkan hal tsb, dan masih harmonis dg BONEK bukti laga di IPL ya mas, dan koordinasi maya atau copdar masih kami lakukan kini mereka menamakan diri BONEK MALANG RAYA. itu suatu bukti bahwa hanya lah AREMANIA yang bikin rusuh dan numpang tenar sok jagoan. berhubung demi kalahkan dan simpatisan persema ikut dg mereka, bonek persema tdk ada hal yg perlu di resahkan, saya lebih suka permainan persema drpd arema…

    Media selalu membesar besarkan setiap aksi kecil bonek LIKE THIS BLOG… karena itulah media mereka laku keras, jangan MUNAFIK, saya tantang buktikan hal ini, benar atau tidak, karyawan media makan dari fitnah dan penderitaan bonek, hny tentang bonek media mereka bisa laris, JANGAN MUNAFIK, bukti kongkrit juga :

    Aksi lempar SOLO, warga solo akhirnya tau jika pelemperan tersebut berawal dari bwah bkn dr kereta, dan itu ada foto nya, pelempar dr bawah adalah AREMA TULANG BAKSO, warga solo akhirnya minta maaf bersama supporter nya kini bersahabat lebih intim dg bonek, gugel bro…

    Dua aksi kereta lamongan, awal nya dl LA yg bikin rusuh dan rasis di tribun utara atau agak barat itu, dibalas rasis, sok jagoan aksi lempar dan bla bla bla, mereka kocar kacir, saya dapat satu LA mania saat itu, tapi gak bisa hancur tu muka, tp dia pengecut, sdh pake susuk kekuatan tp masih pengecut, sedang bonek hny pake nyali atas dasar kebenaran. Lalu mereka ada aksi sebar BONEK LA damai, kami tenang saat dikereta, anda tahu kalo jalur kereta sudah disabotase, ada kabel agak diturunkan, saat kereta laju, ada bonek lehernya tersangkut dan langsung patah tu kepala, KOEN ngerti ta, polisi diam dan kasus sampai saat ini tidak ada kejelasan, jg pelaku ketapel nurkiman 1995…aksi tawuran awal stadion lamongan banya disesalkan karena saat ini muncul semakin kuat BONEK LOYALIS LAMONGAN mereka asli lamongan dan ternyata teman mereka adalah pelaku aksi rasis, lg lg dia aremania yg jg jualan bakso di lamongan, dia menikah dg cewe lamongan, ini apaan sih… ini aksi pengecut sekali.,saya sampai heran. Atas dasar itu kini mereka membentuk komunitas bonek loyalis lamongan ini gak bisa disangkal gugel lambang mereka dan saya jg ada foto salah satu anggota mereka, jg anggota bonek malang raya.

    Artikel anda tidak memuat temuan pribadi, anda tidak turun jalan dan coba memakai atribut bonek dan membaur bersama kami, kami welcome kpd setiap aksi bersaudara, kami nasionalis, kami nekad, kami bondo, darah kami pejuang bukan darah pengecut, kami diam jika anda diam, kami bergerak jika anda rasis,

    Aksi banyuwangi yg masih sgar, lihatlah aksi rasis aremania, itu kandang banyuwangi tdk ada bonek, skala besar, semua lautan merah dan biru, kok arema rasis dan apa yg mereka dapatkan, dibantai dan kocar kacir, bahkan aremania bali sampai bikin status, satu arema sakit semua lari, karena dia minta tolong malah ditinggal lari.. gugel jg berita menyebar dg cepat. Tp jg hilang dg cpt bgt jg aksi penghancuran mobil di malang masih seger, tu mobik range rover, berita nya hanya beredar dua hari, kami pun nggak ambil pusing, karena kami diam itu sifat kami.

    Coba jk itu bonek berita nya bisa sampai satu bulan penuh.. media mudah dibeli, penyebar fitnah, jangan suka justice bikin berita sok tau, turun ke jalan bersama saya,, atau liput agenda saya tgl 16 besok, donor rutin kami ke pmi sby. Hal2 sperti itu gak pernah dicium media, krn tdk bs menjual berbulan bulan lama nya, makan uang haram bro, kami gak ambil pusing mas, admin email saya jika anda bernyali beritakan kebenaran…

    Anda dan yg komentar sok intelektual anda telah melanggar kode etik academy.

    fb ERICK TAN, semua akun sosmed saya dg nama ini tanpa akun palsu Dan pengecut..

    Salam satu nyali WANI…!!!

  43. sad67 berkata:

    Eeeeemh ternyata baru tau q,tujuan aremania itu untuk mendominasi jawatimur,eeeemh ya ya,q baru sadar kayak mirip israel ternyata.semaunya sendiri.tak kusangka bro kalian buka aib sendiri,salam satu nyali BONEK MAJAPAHIT.

  44. pasoepati berkata:

    apakah pertikaian jd kebanggaan…? apakah kita bila terluka kita tertawa?pling msih nangiskan…. kita smua saudara,pertikaian hnya merugikan… jiwa laki itu bkan berkelompok melainkan sendiri… klo nekat banyak pasukan itu brarati bkan laki… brdamailah wahai saudaraku… salam sajete saetama…. pasoepati

  45. Kuwi memang tenan lah, sbab VIKING kuwi babuneh BONEX MANIA.
    VIKING BOBOTOH mesti tunduk karo arek2 BONEX MANIA.
    Nganti zaman perserikatan hingga kiamat teko.
    BONEX arep golek babuh meneh selain VIKING BOBOTOH.
    Hidup BONEX MANIA yg brhasil membudakin para pendukung PERSIB BANDUNG.
    Wong Sundo tetep wedi karo wong jowo.
    Ga ada istilahnya orang jawa takut dengan orang sunda.

  46. buncit berkata:

    Bonek adalah kumpulan orang Yang tau balas Budi ….,saya kira bonek tak kan berulah ..apa bila tidak digangu,karna tipikal. Orang surabaya adalah pejuang…,dan para bobotoh dan viking tau itu…
    Selama merah putih berkibar….kita jadi harus menjadi orang berguna…tidak usah menjadi terbaik terbesar teeer….????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s