Hiruk Pikuk Kongres Partai Demokrat di Kota Bandung

Hari-hari ini publik kota Bandung disuguhi pemandangan yang menyita perhatian. Puluhan spanduk, baliho, dan poster sosialisasi kongres Partai Demokrat banyak bermunculan di pinggir jalan strategis. Memang Bandung akan menjadi tuan rumah kongres partai pemenang Pemilu 2009 yang sekaligus partai penguasa pada tanggal 21-25 Mei 2010 nanti.

Oh, rupanya Partai Demokrat memilih lagi kota Bandung sebagai tempat penyelenggaraan kongres. Dimana lagi kalau bukan di Sabuga ITB tempatnya. Sudah dua kali SBY menggunakan gedung Sabuga untuk kepentingan politiknya (yang pertama pada waktu deklarasi pencalonan capres, yang kedua saya lupa). Jadi, pada tanggal 21 atau 25 Mei siap-siap saja kita yang di ITB susah mau ke Jalan Ganesha karena kawasan sekitar pasti ditutup berhubung RI-1 mau datang.

Meskipun saya bukan simpatisan partai ini dan dalam 2 kali pemilu tidak memilih partai ini, namun mau tidak perhelatan partai ini menyita perhatian kita juga. Maklum Partai Demokrat adalah partai yang lagi berkuasa, maka sepak terjangnya ikut menentukan bagaimana negeri ini ke depan. Ada kemungkinan partai ini akan menjadi partai besar seperti Gokar dan PDIP. Berita-berita kongres PD di media massa cukup menyita perhatian juga, jadi mau tidak mau saya “terpaksa” ikut membacanya.

Dua kandidat bersaing ketat memperebutkan Ketua Umum Patai Demokrat, yang pertama Andi Mallarangeng dan yang kedua Anas Urbaningrum. Andi Mallarangeng memanfaatkan kedekatannya dengan SBY dengan menggandeng putra SBY sebagai calon sekjen, sedangkan Anas mempunyai modal rekam jejak kepemimpinannya dalam berorganisasi, maklum Anas dulu adalah mantan ketua HMI.

Kalau disuruh memilih, pilih Andi atau Anas, maka saya akan memilih Anas daripada Andi. Saya lebih suka partai penguasa ini dipimpin oleh Anas, sebab saya mengenal sosok ini sebagai sosol yang santun, tenang, dewasa, dan agamis. Dia punya potensi menjadi pemimpin masa depan. Kalau Andi, waah… saya nggak respek. Menurut saya orang ini terkesan sombong dan ambisius. Saya juga tidak lupa dengan pernyataannya yang dulu “menyakiti” hati orang Bugis sehingga menimbulkan amuk massa di Makassar. Kalau dia yang terpilih mungkin akan terjadi resistensi terhadap Partai Dmokrat di Sulawesi Selatan dan di Pulau Sulawesi umumnya.

Dari segi emosi Andi Mallarangeng kalah tenang dan kalah dewasa dibandingkan dengan Anas Urbaningrum. Di berbagai media terkesan kubu Andi Mallarangeng selalu menjatuhkan citra Anas. Yang paling saya ingat adalah tuduhan bahwa jika PD dipimpin oleh Anas maka PD akan menjadi “hijau”, maklum Anas dulu adalah ketua Himpunan Mahasiswa Islam. Dari sini saja sudah terlihat seperti apa kualitas Andi karena sentimennya terhadap hal yang berbau agama. Saya menilai Andi terkesan memanfaatkan kedekatannya dengan SBY, dan di negeri kita kedekatan dengan figur tokoh terkenal dianggap sebagai modal untuk maju. Maklumlah demokrasi di negara kita masih dalam taraf belajar, masih tergantung dengan orang per orang, bukan dengan menyodorkan program dan kerja nyata.

Yah, selama seminggu ke depan siap-siap saja mata dan telinga kita melihat dan mendengar hiruk pikuk sebuah partai politik yang sedang berkuasa.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Bandung. Tandai permalink.

4 Balasan ke Hiruk Pikuk Kongres Partai Demokrat di Kota Bandung

  1. Ardiansyah berkata:

    Begitulah pak, kita ini memang kekurangan tokoh tauladan, bahkan anak2 mudanya punya ketularan tidak memberikan contoh yang baik.

  2. m.amir umar berkata:

    sy stuju dgn ANAS, klu andi, kelihatan pnjeilat,bahkan rela menghina sukunya sendiri,,,utk mendpkan perhatian dr sby,,,,Anas jauh lebih Berwibawa,Bawaanx menyejukkan diHati, Tenang,,
    sy orng bugis,,,tp sy tdk simpati sm andi…..Insya Allah ANAS terpilih….Amin yaa Robbal Alaminnn…mestinya orang dekrat memilih ANAS klau mau Demokrat besar……..

  3. rinaldimunir berkata:

    Untunglah kongesnya bukan Sabuga ITB, tetapi di Kotabaru Parahyangan, dekat tol sana. Jadi, bisa sedikit lega kalau mau ke kampus.

  4. Ping balik: makan menyehatkan « Fafadieva's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s