Rahasia Umur Panjang Mak Otjas

Sensus Penduduk tahun 2010 ini memang banyak menghasilkan kejutan. Salah satunya adalah ditemukannya penduduk yang berumur lebih dari 100 tahun. Kalau berumur 100 hingga 110 tahun bukan hal yang aneh, tetapi kalau berusia 140 tahun? Ini baru berita. Nabi Muhammad saja umurnya hanya 63 tahun, sedangkan Mak Otjas ini dua kali lebih umur Nabi. Benar-benar Mak Otjas mendapat rahmat umur panjang dari Allah SWT.

Petugas Sensus di Kabupaten Garut menemukan seorang warga yang berumur 140 tahun. Namanya Mak Otjas. Seperti yang diberitakan oleh koran PR ini:

Mak Otjas kini tinggal bersama cucunya. H. Asep Gozali (45), yang juga merupakan Kepala Desa Cibiuk Kaler. Berbeda dengan anaknya yang sudah sakit-sakitan, kondisi kesehatan Mak Otjas justru terbilang cukup baik. Di usia yang ratusan tahun ini, Mak Otjas masih dapat beraktivitas seperti layaknya orang berusia 50-60 tahunan. Bahkan, ia masih senang jalan-jalan keluar rumah untuk menghirup udara segar di sekelilingnya. Mak Otjas belum pikun. Semua organ tubuhnya, mata, hidung, mulut, tangan, dan lainnya masih berfungsi dengan normal.

Apa rahasia umur panjang Mak Otjas?

Rahasianya adalah shalat malam dan pola hidup sehat, terutama makanan yang sehat, dan berolah raga, serta ditambah secangkir besar kopi hitam hasil gilingan sendiri.

“Jam setengah dua subuh tos lilir, geura gugah langsung solat Tahajud.
Lamun siang, seueur ngaos Alquran sabari gegeroh di bumi (Pukul 1.30 WIB bangun, langsung salat Tahajud. Kalau siang, perbanyak membaca Alquran sambil bekerja di rumah). Lamun kopi, karaosna seger we,” ucapnya.

Mak Otjas terbiasa menggerakkan tubuhnya dalam keseharian, di antaranya menyapu halaman rumah serta mencuci piring. Bahkan, dedaunan dan bunga yang tertutupi debu sering kali dilapnya hingga bersih.

Selain itu, dia tak pernah menggunakan bumbu penyedap MSG untuk makanan, bahkan tak pernah mengonsumsi baso yang dinilainya mengandung bahan pengawet.

Pengalaman Mak Otjas sekali kagi membuktikan bahwa pola hidup adalah kunci untuk selalu sehat dan mempunyai peluang besar untuk berumur panjang. Makan selalu yang sehat, tidak lupa bergerak setiap hari, dan selalu menegakkan shalat malam.

Itulah pelajaran berharga dari kisah hidup Mak Otjas.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

3 Balasan ke Rahasia Umur Panjang Mak Otjas

  1. Zakka berkata:

    Satu lagi yang tidak bisa dibantah, takdir Allah, Pak…🙂

  2. dwi berkata:

    waahhh keren…
    Subhanallah…

  3. Ping balik: makan menyehatkan « Fafadieva's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s