Berinternet Semakin Praktis dan Murah Saja

Selama ini saya memakai internet kebanyakan di kantor saja. ITB sudah menyediakan fasilitas internet secara gratis bagi dosen dan karyawannya, sedangkan mahasiswa hanya perlu bayar internet Rp 15.000/bulan. Kalau di rumah saya tidak berlangganan internet, sebab tidak terlalu memerlukannya. Kalau pun “terpaksa” akses internet, saya cukup pergi ke warnet dekat rumah. Tarif warnet sekarang ini relatif murah, hanya Rp 2500/jam, bahkan ada yang lebih murah lagi karena persaingan yang tinggi sesama warnet yang menjamur di kawasan pemukiman.

Namun akhir-akhir ini kebutuhan akses internet di rumah semakin diperlukan. Anak saya yang masih SD dibebani banyak tugas oleh gurunya, dan kebanyakan materi tugas itu dicari lewat internet. Kalau dulu zaman kita sekolah ada tugas kliping dengan menggunting potongan berita/tulisan dari koran atau majalah, nah guru-guru sekarang makin gaya saja, mereka menyuruh murid-muridnya membuat tugas kliping dengan mencari bahannya di internet. Bagus juga sih menurut saya, sebab mencarinya jadi lebih cepat dan mudah, sebab kalau dicari di tumpukan koran memakan waktu lama dan belum tentu ada.

Mau tidak mau saya harus punya akses internet di rumah demi tugas anak-anak yang sering mendadak. Kalau malam-malam pergi ke warnet hanya untuk cari tugas kliping malas juga. Saya juga tidak mau akses internet di rumah pakai Tekomn*tInst*n atau pakai spe*dy . Akses internet lewat telepon rumah kurang nyaman, mahal, dan tidak praktis. Pakai Fl*xy saya juga ogah, apalagi berinternet pakai ponsel, nggak banget deh.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada benda yang kecil yang bentuknya seperti flash disk itu. Terima kasih bagi orang yang telah mendesain flash modem, sehingga sekarang berinternet makin mudah dan praktis saja. Cukup beli flash modem di toko elektronik, lalu pasang kartu GSM prabayar di dalamnya. Tancapkan modem ini pada komputer laptop seperti menancapkan flash disk, siap deh berselancar di dunia maya.

Sudah beberapa bulan ini saya memakai flash modem. Terasa betul manfaatnya, tidak hanya di rumah, tetapi juga dalam perjalanan dimana komputer laptop dibawa-bawa. Tidak perlu repot lagi cari area hot spot untuk berinternet. Sambil duduk-duduk menunggu kendaraan dicuci, saya pakai alat ini untuk mengecek email atau membaca berita terbaru. Setelah lelah berjalan-jalan di sebuah pertokoan, saya duduk sejenak membuka laptop untuk akses internet. Sambil menunggu hujan reda, maka supaya nggak bete berinternet lagi deh pakai flash modem ini.

Untuk kartu GSM prabayarnya, saya sudah coba beberapa operator. Mula-mula pakai kartu IM2 dari Ind*sat. Setelah beberapa kali menggunakannya, saya kapok pakai kartu Ind*sat ini lagi, sebab sangat cepat menyedot pulsa. Baru diisi pulsa Rp20.000, eh baru beberapa jam sudah habis, padahal saya nggak browsing banyak-banyak. Saya juga tidak tertarik pakai paket unlimited dari operator ini. Bukan karena mahalnya, tapi kalau jarang dipakai ya sayang juga pulsanya jadi mubazir, padahal memakai internet di luar kantor hanya sekali-sekali saja.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada kartu parabayar dari AX*S. Murah banget paket internet dari operator ini. Sistemnya bukan pulsa seperti operator yang lain, tetapi jumlah kuota. Untuk paket internet sehari, harga paket hanya seribu perak saja dengan jumlah kuota 10 MB. Kalau paket 1 minggu (7 hari) lebih murah lagi, hanya Rp 6.500 dengan jumlah kuota 100 MB atau Rp 12.900 dengan jumlah kuota 200 MB. Kalau paket bulanan degan kuota 500 MB hanya Rp 35.000, sedangkan paket bulanan 1 GB hanya Rp 65.000. Murah sekali, pikir saya, mana cepat lagi transfer datanya. Kalau hanya sekedar browsing atau chatting saya rasa cukuplah harga paket dan jumlah kuota segitu. Ke depan harga paket ini akan semakin murah saja sebab pesaingnya, yaitu operator X*, juga ikut-ikutan memakai sistem kuota dengan harga yang murah. Bulan lalu paket 1 minggu dari AX*S ini masih Rp 8.000, sekarang turun menjadi Rp 6.500. Oke deh, bersaing saja terus ya, makin banyak makin bagus, sebab yang diuntungkan adalah konsumen yang menikmati internet dengan harga lebih murah. Apalagi internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang.

Hanya satu kekurangan operator AX*S ini, ia baru terpasang untuk pulau Jawa, Sumatera, dan Bali saja (Kalimantan udah pa belum ya?). Kalau pergi ke kawasan Indonesia Timur belum ada sinyalnya, jadi dia harus kerjasama dengan operator lain yang sudah luas jangkauannya seperti Indos*t, Telk*ms*l, dan X*. Akibatnya akses internetnya jadi mahal. Jadi, kalau mau ke Indonesia Timur saya pakai lagi kartu dari Indos*t tadi. Nggak apalah sekali-sekali.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

11 Balasan ke Berinternet Semakin Praktis dan Murah Saja

  1. yunita berkata:

    wah…makasih bgt infonya pak
    saya juga pake IM2 , sama juga tekornya
    saya isi 50rb malah habis dalam sehari, pdhl hy utk YM saja….
    *beralih ke axis ah*

  2. ady wicaksono berkata:

    alamat bisnis warnet tambah gulung tikar, hehehehe

    • rinaldimunir berkata:

      Mungkin, sebagaimana bisnis wartel gulung tikar setelah ada ponsel. Apalagi saat ini komputer laptop makin murah saja, 2 jutaan udah dapat laptop yang kecil.

  3. Zulfikar berkata:

    harga AI3nya naik ya Pak? Asa dulu 12.500….

  4. ismailsunni berkata:

    pakai hape, telk*msel juga murah kok pak… yah, sekadar baca detik.com, okezone.com, livescore, goal.com, sama twitter…

  5. alan berkata:

    kalau hanya untuk buka facebook sama YM-an, bisa coba menggunakan paket mobinity.

  6. Ping balik: makan menyehatkan « Fafadieva's Blog

  7. artikel komputer berkata:

    saya pake smart, starone, flexi, indosat grps, axis, three… tinggal pilih sesuai kebutuhan aja😀

  8. rifki berkata:

    waah.. makasih infonya Pak..
    saya pakai unlimited dari In*t, sayang juga, jarang dipake di rumah, lg nyari yg murah dan jelas kehalalannya.. (info yg masih ga jelas kehalalannya ga saya posting disini).. lumayan lah, info yg dari bapak bisa menghemat sekitar 50% pengeluaran khusus internet sebulan..

  9. blackgown berkata:

    Good news for Indonesia!!! teringat beberapa tahun lalu, dimana biaya internet mahaaaaaaaaaaall sekali.. syukur, sekarang itu cuma kenangan lama..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s