Terkenang Andi Meriam Mattalatta

Jarang-jarang saya menulis tentang penyanyi. Tetapi, kemarin saya membaca berita bahwa seorang penyanyi Indonesia era 80-an telah meninggal dunia di Belanda karena sakit. Namanya Andi Merriam Mattalatta. Anak muda zaman sekarang tentu tidak mengenal nama penyanyi ini. Maklumlah dia sangat jarang tampil di televisi atau pada acara-acara hiburan lainnya. Tapi bagi generasi saya yang usianya sudah kepala 4 (hi..hi..hi :-)) tentu kenal dengan penyanyi ini. Penyanyi asal Makassar yang cantik jelita ini memikat hati banyak penggemarnya pada tahun 80-an. Salah satunya ya saya ini. Ketika penyanyi ini melejit pada zamannya, saya pada waktu itu masih kecil, masih SMP. Setahu saya penyanyi seangkatan dia waktu itu antara lain Rafika Duri, Arie Kusmiran, Purnama Sultan, Harvey Malaiholo, yang lain-lain saya sudah lupa.

Salah satu lagu terbaik Andi yang saya ingat adalah “Lembah Biru”. Lagu sendu yang menyentuh. Klik video di Youtube di bawah ini untuk mendengar lagunya.

dan satu lagi “Cinta yang Hitam”:

Nah, mengapa dia begitu mempesona banyak orang pada tahun 80-an itu? Selain orangnya yang ayu dan lagu-lagunya yang bagus, dia berhasil merebut simpati banyak orang pada zaman itu karena kepribadiannya yang baik. Dia selalu tampil sopan, pemalu, tidak sombong, rendah hati, jauh dari gosip negatif, tidak terlibat skandal, dan lagu-lagunya tidak cengeng (baca beritanya di sini).

Bagi saya isi lagu dan penampilan penyanyi adalah penilaian utama, selain tentu saja musiknya enak di dengar. Pesan apa yang ingin disampaikan oleh sebuah lagu? Sopan nggak penampilannyan? Penyanyi Ebiet G Ade misalnya, orangnya sih tidak ganteng, tetapi lagu-lagunya berhasil menimbulkan kesan yang mendalam karena membawa pesan-pesan humanis. Begitu juga Rita Effendi, meskipun tidak terlalu cantik, tetapi suara dan lagu-lagunya berkarakter, selain itu penampilannya juga tidak seronok.

Penyanyi dan artis sekarang banyak yang hanya bermodal tampang saja, sementara suara pas-pasan. Satu dua ada juga sih yang bagus baik dari suara, isi lagu, dan ditunjang penampilan fisik. Sudahlah begitu kondisinya, lagu-lagu yang mereka bawakan saya nilai memuakkan: terlalu memuja-muja cinta, memuja-muja kekasih, dan merengek-rengek soal cinta, seolah-olah hidup ini hanya untuk cinta melulu. Tidak memberi semangat hidup. Tidak ada pesan positif yang ingin dia sampaikan lewat lagunya itu.

Selain bermodal tampang dan suara pas-pasan, banyak penyanyi itu (terutama wanita) tidak mempunyai rasa malu. Penampilan mereka di atas panggung dan televisi sering memakai busana yang “you can see”. Tubuh dan aurat diumbar untuk umum, sekan-akan cara itu hal yang wajib bagi para artis dan penyanyi untuk bertindak permisif. Aksi panggung mereka juga mendekatkan orang pada dosa. Penyanyi dangdut yang banyak punya perilaku seperti ini. Banyak pula skandal moral dan etika yang terjadi pada artis/penyanyi karena mabuk oleh kepopulerannya, sehingga dosa bukan hal yang menakutkan lagi bagi mereka (seperti baru-baru ini video artis LM dengan pacarnya A). Artis-artis semacam ini hanya menjual suara dan tampang, selebihnya tidak memberikan apa-apa. Masih lebih mulia para petani ketimbang artis, petani menghasilkan sesuatu untuk negeri.

Maka, kalau melihat kondisi seperti di atas, kita jadi teringat dengan penyanyi lama — seperti Andi Meriam itu — yang lagu-lagunya selalu evergreen dan penampilannya sopan. Mereka tidak hanya sekadar menyanyi, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan moral di dalam lagunya.

Selamat jalan Andi Meriam Mattalatta.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

13 Balasan ke Terkenang Andi Meriam Mattalatta

  1. Asia Ariyani berkata:

    Setuju…saya juga suka Andi Meriam Mattalatta…Thnks atas infonya…

  2. willaz berkata:

    I LOVE ANDI MERIAM MATALATTA

  3. willaz berkata:

    Asli BUGIS (Barru), berdarah BIRU/bangsawan “ANDI”. Anak sulung dari kluarga trpandang di Sulsel “Anak Kolong” (Bokap TNI-AD yg ckup Populer & disegani di SULSEL -ex Ketua KONI Sulsel), ANDI MERIAM satu2nya yg terjun di bid.SENI, sdangkan adik2nya di bid.AKADEMIS, Brkarakter Suara SENDU & LEMBUT (selembut wajahnya) tpi Berbobot & Berkarisma.Jebolan… Lihat Selengkapnya Ajang BINTANG RADIO & TV (BRTV) 80-an. seAngkatan: RAFIKA Duri, ARIE Kusmiran, PURNAMA Sultan & HARVEY Malaiholo. LAGU2 HITSnya: PASRAH, JANUARI yg BIRU, LEMBAH BIRU, HASRAT & CINTA, CINTA yg HITAM, MUDAHnya BILANG CINTA, BUNGA BONTOALA. Trnyata smua lagu2mu ada Warna/i & CINTA yah Mer? hm Nice.

  4. willaz berkata:

    Wajah CANTIK & Suara yg MERDU itu TELAH PERGI. Salah satu yg ku KENANG. Hikss. SELAMAT JALAN, ANDI’. Semoga TENANG di sisi ILAHI & DITERIMA smua AMAL BAKTImu olehNYA. AMEN

  5. willaz berkata:

    Pengajar VOKAL,Pelatih VOKAL,Privat Solo Paduan Suara VG,Penulis Partitur,Vocal Arranger

    SYALOM, Salam Hormat
    Saya Pengajar VOKAL Pelatih VOKAL: Privat Solo Perorangan & Paduan Suara Choir ~ Untuk SEMUA USIA.
    Saat ini saya mengajar di bbrp tempat Kursus, Gereja, PRIVAT ke rumah murid &melatih Choir/padSuara di SEKOLAH & Perusahaan.
    Dapat memainkan Keyboard & Gitar dengan BAIK.
    Latar blakang saya: Bina Vokalia, Choir, Vocal Arranger, Penulis Partitur Lagu dlm Notasi NOT Angka, untuk PS/VG.
    serta JURI PERTANDINGAN (Singing Competition).Bersedia mengajar dimana saja asal masih terjangkau dlm kawasan kota Jakarta
    Hub:02191023213, 085211760377
    ============
    VOCAL ARRANGER & PENULIS PARTITUR NOT ANGKA
    Bagi anda yg ingin menuliskan lagu ciptaan anda ke dalam bentuk PARTITUR NOT ANGKA beserta akord/kunci instrumen.
    ============
    Menyediakan JASA KEYBOARD TUNGGAL utk acara2: ULTAH, WEDDING, REUNI, & Acara2 lainnya. LAGU2 POPULER BARAT & INDONESIA
    Hub:02191023213, 085211760377

  6. amateurmousse berkata:

    Saya sedih sekali waktu pagi ini mendengar kabar duka Mbak Andi Merriem meninggal dunia. Selamat jalan Andi. Engkau akan selalu dikenang sebagai wanita yang tidak hanya cantik lahir , tetapi juga bathin dan suaramu.

    Salam,
    jossi

  7. Ping balik: makan menyehatkan « Fafadieva's Blog

  8. Alfonso berkata:

    Saya merasa lagu-lagu sekarang malah banyak yang isinya musyrik karena terlalu mengagungkan cinta dan kekasih. Tanpa sadar penyanyinya (atau malah sadar) bahwa liriknya banyak mengandung prnyataan musyrik yang mendukan Allah.

  9. Asallamuallaikum,

    Alhamdulillah kita telah melewati duka dengan ikhlas atas berpulangnya almarhummah Hj. Andi Meriam Mattalatta kembali ke sisi Allah SWT. I’Allah Mbak Mer sudah berada di tempat yang terbaik di Surga berbekal keimanan dan ibadahnya selama di dunia ini.

    Kita yang berusia 35 th ke atas pasti mengenal siapa dara cantik ini, ‘Mutiara dari Selatan’ dengan pribadi yang anggun mempunyai kharisma kebangsawanan tetapi semua itu dibalut dengan keintelektualannya yang sempurna dengan kerendah hatiannya.

    Mbak Mer mempunyai suara yang khas dengan suara desah yang tidak menggoda, lembut tidak cengeng dan merayu. Karakter suara dengan power yang menakjubkan sesuai dengan nuansa lagu yang dibawakannya. Suara yang ‘Elite’ mempunyai nilai ‘Festival’.

    Pribadi yang mendekati sempurna tiada cela, lahir maupun bathin. Belum ada yang aku kenal penyanyi seperti Mbak Mer. Aku mengagumi dan mengidolakannya sejak kelas 2 atau kelas 3 SD sudah membeli kasetnya dan mengoleksinya. Baru kesampean bertelponan sekitar Th 85 atau 86 dan berjumpa pertama kali pada Th 87 dalam ajang Festival cipta lagu Sporta, aku masuk 10 besar dan kebetulan Mbak Mer salah satu juri pada saat itu.

    Dan terakhir ber-SMS-an Th 2007 ketika mamahku diopname koma karena diabetes, Mbak Mer mensuportku untuk mengikhlaskan yang terbaik untuk mamahku. Hampir 3 th mamahku telah wafat tgl 4 Agustus 2007 – 4 Agustus 2010, dan Mbak Mer hampir sebulan Wafat tgl 4 Juni – 4 Juli nanti. Mereka pun mempunyai tanggal yang sama lainnya yaitu ulang tahun perkawinan orang tuaku 31 Agustus dan ulang tahun Mbak Mer 31 Agustus. Mereka sama2 dari Sulawesi Selatan. Maih berdarah biru pula.

    I’Allah Mamahku dan Mbak Mer telah bertemu di Surga dengan segala amal Ibadahnya, mereka orang-orang yang aku sayang, cinta dan kuhormati. Semoga kalian berbahagia di sana. Amien YRA.

    Tembang terakhir Mbak Mer ‘Mudahnya Bilang Cinta hanya karena suka ….. ‘, untukku itu benar dan tidak akan pudar sampai kapanpun.

    • Ina Siregar berkata:

      slm kenal. senang sekali sy bc komen anda…sy penggemar setia almh.kak Mer dr thn 70an sampai skrg. sy pun ber sms an dgn almh sampai akhir thn’07.. almh org yg sangat baik n sholehah..tdk sombong..penuh keikhlasan..

      • As.Wr.Wb

        Ina, Maaf baru baca kembali. Akhirnya dari kepergian mbak Mer kita sekarang menjadi teman dan bertukar cerita mengenainya. Kita sangat kehilangan sosok yang sangat mendekati sempurna. Semoga mbak Mer tersenyum melihat kita bersilaturahmi … selamat hari ibu mbak Mer dan juga kamu Ina

  10. Musikindo99 berkata:

    Walau saya hanya sempat mengenal Andi Meriem Mattalatta di awal 90an, namun saya akui dia adalah penyanyi yang bagus. Saya suka lagu “Januari Yang Biru”, “Hasrat” dan “Bimbang”. Selamat jalan Andi Meriem Mattalatta, namamu akan selalu abadi di hati kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s