Masih ada Tempat di ITB Buat Mahasiswa Tidak Mampu

Kemarin siang ketika berjalan ke gedung tetangga sebelah, tiga orang bertampang mahasiswa culun menghampiri saya. Mereka meminta izin melakukan wawancara. Siapa mereka? Ternyata mereka adalah sebagian dari mahasiswa baru program Bidik Misi asal Purwokerto yang sedang mengikuti program bridging selama beberapa minggu. Salah satu tugas yang diberikan dalam program bridging itu adalah mewawancarai dosen, karyawan, dan mahasiswa senior guna mendapatkan saran-saran agar berhasil kuliah selama di ITB. Pada saat orang lain hari-hari ini mengikuti ujian masuk SNMPTN, mereka sudah berbahagia bisa masuk ITB melalui program Bidik Misi yang digulirkan Depdiknas itu.

Program Bidik Misi adalah penjaringan calon mahasiswa yang berasal dari kalangan tidak mampu melalui beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi. Saya cari informasinya di internet, nah ketemu di sini.

Di ITB, calon mahasiswa yang mengikuti program Bidik Misi itu mengikuti tes masuk USM-PMBP melalui Jalur Kemitraan yang diselenggarakan ITB beberapa waktu lalu. Jika peserta USM yang lulus nanti membayar dana sumbangan yang berkisar 25 juta (USM Terpusat) hingga 55 juta (USM Daerah), maka calon mahasiswa program Bidik Misi ini tidak perlu membayar sesenpun, sebab Pemerintah sudah memberi beasiswa kepada mereka.

Saya terharu dengan program ini. Selesai diwawancarai, saya pun pergi. Sambil berjalan saya tengok lagi ke belakang melihat tiga orang mahasiswa baru hasil Bidik Misi yang tadi mewawancarai saya. Mata mereka berbinar menunjukkan kecerdasannya. Mereka beruntung dapat diterima kuliah di sini.

Setiap warganegara memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu juga berhak memperoleh pendidikan tinggi, antara lain di ITB yang terkenal susah masuknya. Biaya pendidikan sekarang ini makin mahal dan semakin tidak terjangkau bagi orang miskin. Biar otak mampu, tetapi biaya tidak punya, mau apa. Kuliah di PT adalah mimpi bagi kalangan ini. Padahal pendidikan dipercaya sebagai satu cara untuk memutus rantai kemiskinan.

Program Bidik Misi ini melengkapi program beasiswa ITB untuk semua yang dibiayai oleh dana alumni ITB. Dengan demikian, terdapat banyak jalur beasiswa yang ada di ITB bagi mahasiswa baru. Silakan klik informasi ini untuk mengetahui informasi beasiswa apa yang ada di ITB.

Jangan takut kuliah di ITB meskipun anda berasal dari keluarga kurang mampu. Anda bisa kuliah di sini meskipun uang tidak punya. Yang penting anda mempunyai otak yang cerdas dan memiliki kemauan. Tidak ada ceritanya mahasiswa DO dari ITB karena tidak mampu membayar SPP. Ada banyak program beasiswa yang bisa diikuti. Si miskin dan si kaya tidak ada bedanya di ITB, semua memperoleh hak yang sama dalam pendidikan.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan, Seputar ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke Masih ada Tempat di ITB Buat Mahasiswa Tidak Mampu

  1. rosa berkata:

    Wah senangnya. Dulu saya pernah belain sehari makan sekali karena uang bulanan buat beli catridge biar gak ngeprint di luar, mahal bagi saya waktu itu jadi nabung buat beli printer. Rasanya melilit tiap malam. Kadang dikasih makanan sama kakak kos. Sekarang jadinya punya maag akut. Semua bisa kalo kita berjuang🙂.

  2. dheeasy berkata:

    Pendidikan terbaik untuk anak-anak terbaik di negeri ini, walaupun mereka tak mampu untuk membiayai sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s