Hujan Masih Turun, Yang…..

Seharusnya bukan bulan Juni dan Juli ini matahari bersinar cerah menyambut musim panas. Tetapi tidak, selama bulan Juni dan memasuki awal Juli ini Bandung masih sering diguyur hujan. Kemarin waktu ke kantor hujan deras turun, begitu juga hari-hari sebelumnya.

Perubahan musim beberapa tahun ini sungguh kacau. Dulu, musim hujan sudah berakhir pada bulan Maret. Bulan April dan Mei adalah musim peralihan (pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau. Tetapi dua tahun ini musim hujan berlangsung lebih lama. Saya menduga musim pancaroba akan berlangsung hingga Juli ini. Barulah bulan Agustus matahari mulai panas terik hingga akhir tahun ini. Awal bulan Ramadhan pun akan berlangsung pada musim kemarau yaitu pada tanggal 9 atau 10 Agustus. He..he, ITB mempercepat awal kuliah, yang dulunya sekitar tanggal 20-an Agustus, sekarang maju 10 hari lebih cepat. Awal kuliah semester I dimulai 9 Agustus nanti, besoknya langsung bulan puasa.

Apakah yang menyebabkan “kekacauan” perubahan musim ini? B eberapa tahun lalu kita mengenal istilah pemanasan global, dimana suhu bumi menaik karena banyaknya pencemaran udara, penebangan pohon, pemakaian gas pendingin ruangan, dan sebagainya. Mungkin efek pemanasan global ini yang menyebabkan kekacauan musim.

Manusialah yang menyebabkan pemanasan global ini. Tidak mungkin Tuhan mengubah apa yang sudah teratur. Keserakahan dan ketamakan manusia terhadap ekpsplorasi bumi menyebabkan alam melakukan “perlawanan”, salah satunya kekacauan musim di berbagai belahan bumi.Bisakah manusia mengembalikan keteraturan alam itu? Kiamat (mungkin) sudah dekat.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

2 Balasan ke Hujan Masih Turun, Yang…..

  1. harikuhariini berkata:

    Pak, kalimat pertama itu bener ‘bukan’ atau ‘bulan’?

    Ehm, sepertinya manusia memang harus minta maap ke alam, berbaikan dgn alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s