Ambilkan Bulan, Bu (Mengenang A.T Mahmud)

Ambilkan bulan bu (2x)
yang s’lalu bersinar di langit
di langit bulan benderang
cahyanya sampai ke bintang
ambilkan bulan bu
untuk menerangi
tidurku yang lelap
di malam g’lap

Diantara lagu-lagu anak ciptaan AbdullahTotong Mahmud, atau yang lebih dikenal dengan nama A. Mahmud, lagu “Ambilkan Bulan Bu” itu yang paling berkesan bagi saya. Lagu sederhana namun sangat menyentuh. Klik video lagunya di YouTube ini.

Kemarin Allah SWT telah memanggil AT Mahmud ke haribaan-Nya karena sakit kanker paru-paru pada usia 80 tahun. Siapa yang tidak kenal dengan nama penulis lagu anak ini. Lagu-lagu anak yang diciptakanya berisi pesan moral yang mendidik. Sebut saja “Pelangi”, “Naik Kereta Api”, “Paman Datang”, “Libur Telah Tiba”, “Aku Seorang Kapiten”, “Amelia”, “Anak Gembala”, dan sebagainya. Anda pasti pernah menyanyikan salah satu lagu di atas. A.T Mahmud hanya dapat disejajarkan dengan (alm) Pak Kasur yang juga banyak menciptakan lagu anak-anak.

Bagi anak-anak, menyanyi adalah ekspresi yang menyenangkan dan natural. Hanya sayangnya, anak-anak saat ini sudah banyak direcoki dengan lagu orang-orang dewasa. Mereka lebih hafal lagu-lagu dari Afghan, d’Masiv, Kuburan, Naif, dan penyanyi yang tersangkut kasus video zina, Ariel Peterpan. Peserta kontes lagu anak di televisi juga lebih banyak menyanyikan lagu-lagu cinta ketimbang lagu seusia mereka.

A.T Mahmud, Kak Seto, dan lainnya adalah sedikit orang Indonesia yang peduli pendidikan moral bagi anak-anak lewat nyanyian yang sederhana, mendidik, tetapi menghibur. Sudah sangat jarang ada orang yang menulis lagu anak-anak yang bagus dan sederhana seperti A.T Mahmud. Selamat jalan A.T Mahmud.

Pos ini dipublikasikan di Budi Pekerti, Indonesiaku, Lagu yang berkesan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s