Bersepeda di dalam Kampus, Yuk!

Hari Sabtu kemarin alumni ITB menyumbangkan 90 buah sepeda kepada pihak ITB. Seperti dikutip dari sini, sepeda kampus merupakan bentuk nyata dukungan terhadap ITB Ecocampus, cita-cita luhur untuk mengurangi emisi kampus.


(Foto diambil dari sini)

Sepeda-sepeda itu akan diletakkan di tempat-tempat strategis, dan siapapun (mahasiswa, dosen, karyawan) boleh memakainya untuk kebutuhan berlalu lalang di dalam kampus. Sepeda-sepeda itu tidak akan dikunci, jadi kalau anda nanti melihat sepeda dengan warna tertentu (kalau nggak salah oranye) sedang menganggur, anda boleh memakainya gratis. Tetapi sepeda-sepeda itu tidak boleh disimpan di tempat tertutup, harus diparkir di tempat umum.

Di ITB tempat parkir sepeda sudah setahun ini tersedia (baca tulisan saya yang ini). Jadi, dengan adanya sepeda kampus ini, sarana parkir sepeda ini akan makin optimal.


Hi..hi, asyikk…, nanti kalau saya mau ke Bank BNI, mau mengajar di GKU, atau pergi ke tempat teman di Prodi lain, saya tinggal cari sepeda yang lagi kosong, lalu bersepeda ria di dalam kampus. Sudah lama saya memendam keinginan bersepeda ke kampus, tetapi selalu saja ada alasan untuk tidak melakukannya, seperti tulisan saya yang ini.

Hanya saja saya agak sangsi dengan sepeda gratis ini. Sepeda itu tidak akan dikunci (ya iyalah, kalau terkunci menjadi tidak fleksibel memakainya, lebih repot urusan minta izinnya). Lha, setiap hari saja rata-rata satu motor di dalam kampus raib dijarah maling. Padahal itu motor dalam keadaan terkunci lho, kunci ganda lagi. Nah, apalagi sepeda kampus yang tidak dalam keadaan terkunci, apa tidak membuat para maling makin kegirangan? Tinggal bawa mobil ke dalam kampus, lalu sikat sepeda yang tidak terkunci itu, simpan di dalam bagasi mobil, beres. Semoga sistem keamanannya juga dipikirkan.

Terlepas masalah teknis penggunan sepeda, terus terang saya mendukung keberadaan sepeda kampus ini. Ecocampus atau green campus atau apalah namanya. Ketimbang menyediakan bis kampus yang lalu lalang membawa penumpang dari satu titik ke titik lain di dalam kampus (seperti bis kampus UI itu), lebih baik menyediakan sepeda. Tidak ada polusi, dan yang paling penting menyehatkan badan.

Selain sepeda, saya lebih suka orang-orang di dalam kampus berjalan kaki. Jalan kaki itu juga menyehatkan. Kampus ITB ini luasnya kecil, jadi kemana-mana bisa dicapai dengan jalan kaki saja.

Nah, itu kan kampanye sepeda di dalam kampus, sekarang bagaimana menghimbau para mahasiswa supaya tidak bawa motor dan mobil ke kampus? Kos-kosan mereka relatif dekat dengan kampus, jadi kenapa harus bawa mobil atau motor? Pakai sepeda atau jalan kaki saja, sederhana dan sehat. Kampus ITB dan sekitarnya sudah sumpek dengan mobil-mobil mahasiswa yang makin banyak saja jumlahnya.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

6 Balasan ke Bersepeda di dalam Kampus, Yuk!

  1. dhimasln berkata:

    wew,, dalam setahun bakalan ilang berapa yak?😀

    sepeda aye aja ‘sempet’ ngilang di kampus, padahal dah digembok. walaupun ternyata cuma dipindahparkirkan ama satpam:mrgreen:

  2. petra berkata:

    kalau seperti di UI itu sepedanya diwarnai terus ada nomornya… jadi bisa dikenali kalo ada yg mau nyolong *sepertinya*

    Saya udah pernah nulis tentang ini
    http://blog.petrabarus.net/2009/08/10/yang-keren-di-ui-tapi-di-itb-gak-ada/

  3. Dewi Pramudi Ismi berkata:

    waahh jadi kangen ITB Pak…

  4. Tira berkata:

    Kalau untuk hal ini sepertinya ITB memang perlu studi banding dengan UI….

  5. Iwan BK berkata:

    Iya, rawan ilang tuh.
    Sepeda saya juga pernah ilang di kampus.

  6. Ping balik: Asyiknya Bersepeda di dalam Kampus (“Bike@Campus”) | Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s