Wisuda ITB pun Sudah Dua Hari

Hari Sabtu 17 Juli 2010 saya akan mengikuti prosesi wisuda ITB. Saya diwisuda lagi untuk ketiga kalinya🙂. Wisuda kali ini agak berbeda karena dilaksanakan dalam waktu dua hari, hari Jumat dan Sabtu. Saya agak “beruntung” karena fakultas saya kebagian wisuda pada Hari Sabtu.

ITB tidak “sanggup” lagi mengadakan wisuda satu hari seperti yang selama ini berjalan. Jumlah wisudawan semakin banyak sebagai konsekuensi bertambahnya jumlah mahasiswa akibat penambahan prodi-prodi baru. Maka, pelaksanaan wisuda pun terpaksa dibagi menjadi dua hari. Wisuda Juli ini akan diikuti 1400-an lebih wisudawan. Jika dilaksanakan selama 1 hari saja (Hari Sabtu seperti yang sudah-sudah) maka bisa-bisa selesai sampai senja.

Saya kira hanya Unpad saja yang wisudanya tiga hari, sekarang ITB pun sudah ikut-ikutan. Di Unpad wisuda memang tiga hari berturut-turut, dan setiap hari ada dua kali wisuda (pagi dan siang). Jadi, total pelaksanaan wisuda selama 3 hari itu adalah 6 kali. Kebayang ya capeknya sang rektor memberi sambutan wisuda sebanyak 6 kali. Mungkin rektornya perlu merekam pidatonyo dalam bentuk video, lalu pada pelaksanaan wisuda ditayang ulang sebanyak enam kali, hi..hi.

Di ITB acara wisuda menjadi lama karena ITB tetap mempertahankan tradisi tatacara wisuda sejak zaman dulu, yaitu setiap wisudawan dibacakan namanya dan dipanggil ke depan untuk bersalaman dengan Kaprodi, Dekan, dan Rektor. Kebayang ‘kan jika 1400-an orang disebutkan namanya satu per satu dan berjalan ke depan podium untuk bersalaman, maka dibutuhkan waktu berjam-jam. Pasti tangan rektor pegal-pegal nih dan lecek karena bersalaman dengan orang sebanyak itu.

Selain alasan durasi waktu, yang utama adalah kapasitas gedung Sabuga tidak mencukupi untuk menampung wisudawan dan keluarga wisudawan sebanyak itu. Keluarga wisudawan yang boleh masuk hanya 2 orang. Jadi, jika ditotal dengan jumlah wisudawan yang 1400-an itu serta tamu undangan yang lain, maka jumlah orang yang akan ditampung bisa mencapai 5000-an.

Nah, Juli ini pembagian waktu wisudanya adalah berdasarkan fakultas. Fakultas FITB, FTTM, FSRD, SITH, dan SAAPK kebagian wisuda hari Jumat dari jam 8.00 hingga 11.00. Fakultas FMIPA, FTI, FTMD, FTSL, STEI, SBM dan SF kebagian hari Sabtu dari jam 9.00 hingga jam 13.00. Tampaknya fakultas mana yang kebagian hari Jumat dan fakultas mana yang kebagian hari Sabtu “disengaja” supaya tidak terjadi benturan (baca: tawuran) perayaan wisuda antar Himpunan mahasiswa yang selama ini diasosiasikan sering berantem. Jadi, Geologi, Tambang, Geodesi, dan Perminyakan tidak bakalan ketemu dengan Teknik Sipil atau Teknik Mesin. Mudah-mudahan saja dugaan saya salah. Kita semua satu ITB, jadi sesama ITB dilarang saling berantem, bukan?

Ke depan pelaksanaan wisuda tidak perlu dua hari, tetapi diadakan dua kali pada hari yang sama (hari Sabtu). Ronde pertama pagi jam 8 – 11, dan ronde kedua jam 13 – 16. Hari Jumat adalah hari yang pendek, karena terpotong dengan shalat Jumat. Jadi, agak kurang sreg saja arak-arakan wisuda atau perayaan wisuda oleh Himpunan mahasiswa sangat mepet dengan waktu shalat Jumat.

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

12 Balasan ke Wisuda ITB pun Sudah Dua Hari

  1. reiSHA berkata:

    Wow, akhirnya pake toga lengan panjang ya Pak.. Nanti upload donk Pak fotonya, pengen lihat, hehehe😀

    Selamat Pak…

  2. arifrahmat berkata:

    Selamat Pak, semoga tidak lama lagi jadi Prof juga.

  3. nanungnurzula berkata:

    ruarrrrr biyasaaaa

  4. Hikmat berkata:

    Good Job….Waduh enaknya Wisuda yang ketiga. Jadi ngiri nich

  5. Finni berkata:

    Wah sampai pembagian fakultas jg dipikirkan ya biar ga ‘tabrakan’. .

  6. ibu koko berkata:

    selamat Da…. !

  7. ismailsunni berkata:

    wah, kemaren sempet ngobrol sama anak NTU, kalo di sana, tidak cuman sehari, tapi seminggu… tapi wajar sih, setahun cuman sekali wisudanya. Dan, konon, rata-rata lulus 3-4 tahun…

  8. Yanti berkata:

    Kalau di Padang (saya S1 IKIP Padang (UNP), S2 Unand) acara untuk semua wisudawan mulanya diadakan pada satu gedung, itu seremonial banget. Wisudawan duduk per jurusan, semua guru besar hadir, ada lagu Indonesia Raya, pidato rektor, dan pengumuman wisudawan terbaik per fakultas.

    Yang tampil ke depan untuk bersalaman dengan rektor cuma semua wisudawan terbaik per fakultas. Acara itu sekitar 2 jam ( plus nunggunya).

    Setelah acara utama yang dilaksanakan di auditorium atau di Gedung Olah Raga tsb, maka masing-masing wisudawan pindah ke Fakultas masing-masing. Disanalah acara yang lebih akrab. Ada makan-makannya, ada hiburannya.Wisudawan juga dipanggil satu-satu untuk salaman dengan ketua jurusan dan dekan.

    Jadi kalau seperti di ITB yang semua wisudawan tampil dan salaman dengan rektor,adduh kasian rektornya…

  9. edy berkata:

    Selamat, Pak Rin.
    Semoga semakin menjadi bermanfaat besar bagi kemanusiaan.
    Barakallah, Amin

  10. wah…. ane baru mau wisuda besok di ipb…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s