Selingkuh = Tidak Jujur

Saya kira hanya kaum laki-laki saja yang suka berselingkuh, tetapi saya menemukan kasus ternyata perempuan juga melakukan hal ini. Teman saya diselingkuhi oleh istrinya sendiri dalam waktu cukup lama. Tetapi Tuhan masih baik kepadanya, semua rahasia itu akhirnya terungkap juga. Singkat kata, perceraian adalah jalan yang ditempuh oleh teman saya itu. Untunglah dia sekarang mendapat pengganti istri yang sholehah.

Ah, dunia ini dipenuhi dengan banyak kepalsuan. Banyak orang berpura-pura tampil baik, tetapi ternyata oh ternyata ia adalah musuh di dalam selimut. Saya sering menemui kasus perselingkuhan yang dialami oleh orang-orang yang saya kenal, baik kenal baik maupun kenal begitu-begitu saja, semuanya adalah kaum pria. Tidak disangka ternyata mereka melakukan perselingkuhan, padahal rumah tangganya sudah menghasilkan beberapa orang anak yang manis-manis.

Saya jadi hilang kepercayaan kepada orang-orang yang melakukan perselingkuhan. Menurut saya, mereka sudah berlaku tidak jujur, tidak jujur kepada diri sendiri dan tidak jujur kepada orang lain. Rasa hormat saya kepada mereka lenyap begitu saja. Bagaimana orang seperti itu diangkat menjadi pemimpin jika mengurus rumah tangganya saja dia tidak becus, kepada istri atau suaminya dia sudah mengibuli dengan bermain api dengan orang lain. Mereka — orang-orang yang melakukan perselingkuhan itu — tidak bisa dipercaya lagi.

Di Amerika yang kita anggap negara paling sekuler dan menghargai privasi, ternyata masih menempatkan aspek etika moral sebagai basis memilih pemimpin. Banyak calon presiden dan wakil presiden tumbang sebelum terpilih karena aib perselingkuhannya terkuak dan menjadi komoditas media massa. Bahkan presiden yang sedang menjabat pun ketika tersandung kasus perselingkuhan (ingat kasus Bill Clinton dengan Monica Lawrensky) mendapat kecaman luas dari publik Amerika. Mereka menuntut Bill Clinton mengundurkan diri dari jabatannya. Rakyat Amerika ternyata masih menghargai kejujuran, mereka tetap ingin presiden mereka adalah orang yang bersih dari skandal.

Cukuplah perilaku berselingkuh hanya milik kaum artis yang memang tidak jauh-jauh dari kawin cerai. Dunia artis adalah dunia yang penuh permisivisme, segala hal serba boleh untuk dilakukan mereka. Orang biasa seperti kita tidak perlu mencontoh perilaku buruk itu, sebab ajaran agama telah membentengi kita untuk menahan syahwat, selalu berlaku jujur, dan selalu ingat bahwa malaikat-Nya selalu mengawasi kita dan mencatat setiap perbuatan yang kita lakukan. Orang lain mungkin bisa dikelabui, tetapi dimanakah Allah? Allah SWT tidak pernah tidur dan tidak pernah mengantuk. Dia tidak bisa ditipu oleh makhluk-Nya.

Pos ini dipublikasikan di Budi Pekerti. Tandai permalink.

11 Balasan ke Selingkuh = Tidak Jujur

  1. milimeterst berkata:

    kalo selingkuh hati gmn ya mas…

  2. astari berkata:

    Setuju Sekali Mas… Jauhi selingkuh !!
    selingkuh itu, apapun bentuknya, hasilnya sangat menyakitkan hati bagi pasangan yg diselingkuhi… Manusia adl makhluk yg diberi akal pikiran, maka pergunakanlah wahai org yg skrg sedang atau berniat u/ selingkuh.. Jangan berdalih bahwa rasa cinta & sayang yg tumbuh pd WIL ato PIL itu datangnya dari Allah. & jgn berdalih itu adalah takdir (mendapat pasangan yg sudah berpasangan). Memang benar rasa cinta & sayang itu datangnya dari Allah… Namun bukan untuk menjadi permainan perselingkuhan… selingkuh itu bisa dicegah kok..
    Kalau sdh tau itu suami org atau istri org.. ya sudahlah jgn didekati, jgn curhat2an.. itu bibit perselingkuhan… !!!
    Maaf ya mas, jadi menggebu2.. gemes sma org yang selingkuh… !!!!

  3. ady wicaksono berkata:

    pengaruh media juga yah, media mempengaruhi budaya, budaya jadi tingkah laku. banyak skrg ini perilaku haram jadi biasa, yang halal jadi luar biasa.
    salah satunya ya selingkuh, yang sering diplesetkan selingan indah keluarga utuh, sepertinya sudah jadi hal biasa di banyak kalangan keluarga di kota2 besar. Apalagi yang suami istrinya kurang komunikasi karena sibuk dengan aktifitas sendiri.

    Semoga Allah melindungi saya sekeluarga, pak Rinaldi sekeluarga, dan semua pembaca blog ini dari virus “ini”. Amin.

  4. Zakka berkata:

    artis juga harusnya gak selingkuh sih…

    mereka kan figur publik…

  5. dhimasln berkata:

    bapak ini temennya Anang ya?🙂

    • rinaldimunir berkata:

      Ha..ha..ha, jauh, jauh. Ini bukan pengalaman pribadi saya, tetapi pengalaman teman baik saya yang dikhianati istrinya. Saya empati dengan kejadian yang menimpa dirinya. Itu saja.

  6. rosa berkata:

    Menurut saya fenomena selingkuh tidak hanya dari satu sisi yaitu yang selingkuh saja. Harusnya dilihat juga apa yang kurang dari sebuah pasangan yang tadinya saling mencintai kok jadi ada yang selingkuh. Manusia itu dinamis terhadap hidup, tanpa disadari manusia berubah setiap tahunnya. Harusnya gejala selingkuh (biasanya awalnya selingkuh hati) dideteksi sejak dini dan coba diselesaikan bersama, misalnya dengan menghadirkan kembali apa yang telah hilang sehingga saling mencintai tercipta kembali.
    Cerai itu pilihan, selingkuh juga pilihan, bahkan kehilangan cinta pasangan juga pilihan🙂.

  7. ray rizaldy berkata:

    hihi, saya juga kepikiran anang-KD jadinya, Pak
    o iya, koreksi harusnya Monica Lewinsky😀

  8. koka berkata:

    hanya orang yang tamak dan tidak bersyukur saja biasanya suka selingkuh…..

  9. nur rochim berkata:

    mau tahu rasanya diselingkuhi?wah sulit diceritakan sakitnya..sebenarnya semua alasan tentang motivasi berselingkuh itu..itu sekedar teori..yang paling basic …adalah iman yang sungguh2 meresap dalam jiwa..kalo itu belum bisa..jaga jangan sampai mendekati zina..karena kalo dah coba2 mendekati zina…pasti akan kelarut juga dan sesal belakangan jadinya. aku dari nikah hub jarak jauh diluar pulau plg 3 – 4 bln sekali sudah 5 th lamanya LDR.walau godaan banyak tapi aku nggak pernah mendekatinya paling kalo libur olah raga sama teman2 atau menghadiri kajian. tapi istriku ternyata dah selingkuh ma teman kantor sesama PNS sesama tenaga kesehatan.dan beristri lagi.janji sehidup semati sirna sudah, dah anak 1 tak coba memaafkan dia gak mau rujuk hub dah garing ..katanya nggak nyaman..tak suruh ngurus ..gak mau. padahal aku dah resiagn dari perusahaanku..belum punnya kerjaan lagi.aku syang anakku laki2 yang baru 4 th lagi lucu2nya.kami dah pisah rumah 1 th lebih, yang aku syang kan jika aku nengok anakku dia selalu menhindarkan anakku dari aku, tapi aku tetap sabar menghadapi ini dengan harapan walau pisah aku tetap menyayangi anakku lebih.. aku minta dia urus dia nggak mau ngurus..insya Allah minggu2 ini tak urus percerainya..yang penting aku gak pernah dekat2 ma cewk sebab aku jaga sekali pergaulanku. selingkuh..ini ujian dan sudah jalan hidupku..tak perlu disesali.sebenarnya aku plg mo kumpul anak dan istri malah gak kumpul..jika anda tau sakitnya dikhianati…pasti anda tak akan berkhianat..baik ma istri ato suami..sebenarnya semua angan semua itu lintasan godaan setan..aku berharap moga kelak dipertemukan jodohku..aku pingin punya anak punya keluarga yang baik..jujur saat ini aku lagi down..semoga aku cepat semangat lagi..rasanya pengorbanaku untuk keluarga kecilku yang kuidam2kan semua sirna tinggal aku dalam kesendirian..ini bukan cerita tapi sepenggal kisah hidupku..aku yakin pasti ada hikmah besar dibalik ini semua..ya Allah semuga dengan ujian ini Engkau ampuni semua kesalahanku..

  10. pepy09 berkata:

    Jujur banyak faktor yg menyebabkan kenapa tjd affair. Bisa krn salah satu pasangan punya habbit berselingkuh, bisa krn balas dendam, bisa karena tak mau menerima kekurangan pasangan, atau krn merasa lelah tersakiti oleh pasangannya yg telah mengkhianatinya, krn faktor campur tangan kluarga besar….atau bbrpa faktor lain. Sengaja ataupun tidak tetaplah sebisa mungkin dihindari. Semoga buat yg sdh berkeluarga bisa menjaga imannya msg2 ..

Tinggalkan Balasan

