Kampus ITB Cabang Jatinangor

Tidak banyak publik yang tahu kalau ITB kini punya kampus di Jatinangor, dekat Unpad dan STPDN. Universitas Winaya Mukti (Unwim) diserahkan pengelolaannya oleh Pemprov Jabar kepada ITB. Unwin yang mengalami masalah manajemen sehingga jumlah mahasiswanya terus merosot terancam ditutup. Pihak Pemprov manawarkan kepada ITB untuk “mengambil alih” kampus ini. Dialihkan itu berarti ITB akan mengelola kampus Unwim yang luas itu untuk membangun program studi baru. Rencananya yang akan dibangun di sana adalah Fakultas Pertanian dan Kehutanan (baca berita ini). Ehm…, Unpad bakal ada saingan nih. Ah, enggaklah ya, pasti beda isinya. Jangan-jangan nanti ITB juga bakal membuka Fakultas Kedokteran, tentu tidak sama dengan Kedokteran umum, mungkin ada teknik-tekniknya gitu🙂 (FYI, di Teknik Elektro ITB sudah lama ada jalur pilihan Biomedik. Mahasiswa Biomedik sering mengasosiasikan program studinya sebagai “kedokterannya ITB”)

Jadi, kalau nanti anda lewat Jatinangor jangan kaget ada lambang cap gajah duduk di papan nama sebuah kampus di sana. Ya itulah ITB cabang Jatinangor, sedangkan Unwim hanya tinggal kenangan.

Kampus ITB yang ada di Jalan Ganesha ini sudah terasa makin sempit. Jumlah mahasiswa bertambah terus tetapi tidak diikuti dengan penambahan luas kampus. Luasnya kampus ITB cuma 5 Ha, terlalu kecil untuk jumlah mahasiswa yang belasan ribu orang. Bandingkan dengan kampus UI yang luasnya ratusan hektar, atau kampus IPB, Unpad, UNS, dan lain-lain yang berhektar-hekatr luasnya. ITB mau diluaskan kemana, sudah mentok. Di kiri jalan, di kanan perumahan, di depan dan belakang sudah tidak ada lahan. Kebon Binatang tidak mau pindah, sebab mereka sudah merasa nyaman di sana (nyaman berarti banyak rezeki dan pengunjung).

Adanya tawaran lahan kampus di berbagai tempat seperti di Cikarang Bekasi, lahan kebun teh Walini, dan terakhir lahan kampus Unwim, tentu disambut baik. Apalagi di Unwim sudah tersedia infrastruktur yang lengkap. ITB bisa mengembangkan core bussiness-nya di bidang pendidikan dengan bereksperimen membuka program studi baru yang belum ada di Indonesia. Dalam mimpi saya ITB perlu membuka program studi baru (S1) seperti Teknik Militer (apaan tuh?) atau Teknik Pertahanan (Defense Engineering), Teknik Biologi (nah kalau ini memang sudah ada di luar negeri, namanya Bio-Engineering, di NUS Singapura saja ada) — lagipula d ITB sudah ada Teknik Kimia dan Teknik Fisika, yang belum ada adalah Teknik Biologi. Saya juga usul nanti ada program studi Seni Musik untuk menghasilkan sarjana musik yang berwasasan teknologi dna seni (di ITB kan sudah ada Fakultas Senirupa dan Desain, tinggal seni musik yang belum ada). Kamu punya usul program studi baru apa lagi yang akan dibuat oleh ITB?

Nah, semua program studi baru itu pasti memerlukan lahan, nah mungkin di Jatinangor lah tempatnya. Untuk mobilitas, kalau perlu nanti ada bus khusus yang melayani rute Ganesha-Jatinangor, supaya mahasiswa tetap merasa sebagai aura Ganesha disamping cap Jatinangornya.

Mimpi saya yang lain adalah mahasiswa TPB (tingkat I) semuanya diasramakan di Jatinangor. Selama setahun mereka tinggal di asrama Jatinangor. Mereka kuliah setahun di sana, tinggal diasrama, dibina di asrama yang berwasasan nusantara, kebangsaan, dan pluratitas (supaya kasus seperti si Zul tidak terulang lagi). Setelah setahun di Jatinangor, mereka kembali ke kampus Ganesha untuk kuliah tingkat II dan selanjutnya. Wah, pasti sangat menarik ya membayangkan hidup dan perkuliahan seperti itu. Mungkin nggak ya?

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

43 Balasan ke Kampus ITB Cabang Jatinangor

  1. dhimasln berkata:

    wew, ternyata jadi ya ITB cabang jatinangor. bagus deh,, bisa lebih dekat dengan kedokteran unpad (apa coba :D)

    • Asgan Forester berkata:

      mau apa anda jika dekat dengan Kedokteran UNPAD.? pasti mau ngecengin ceweknya kan? hha.. awas ya kalau cewek saya di Kedokteran anda embat juga. hhaaaa🙂

  2. Iwan BK berkata:

    Wah, asyik nih
    Moga-moga dengan adanya ITB makin banyak fasilitas di jatinangor

    *penghuni sekitar jatinangor*

  3. adit38 berkata:

    Wah telat, kenapa ga tahun 98 rencana ini, jd saya bisa ikut menikmati.

  4. Aditya berkata:

    Atau kaya Unpad sama UI saja. Untuk kampus yang ada di dalam kota khusus untuk program pascasarjana. Sedangkan yang S1, semua ditempatkan di luar kota (Jatinangor).

  5. ibu koko berkata:

    wah.. mimpi-mimpi ya indah Da.. semoga bisa terlaksana… saya ikut mendoakan nih..😉

  6. cape berkata:

    semoga kualitas ITB secara keseluruhan juga meningkat.!

  7. harymulyadi berkata:

    ITB perlu segera mencari pelarian dari hingar bingar kota Bandung yang semakin rame.

  8. gipson berkata:

    saya sebagai mahasiswa UNWIM…
    bila itb buka universitas di jatinanor tepatnya di kmpus unwim.
    nasip anak-anak unwim gimana????????

    • fitri muhamad berkata:

      (mungkin balasan ini telat tapi gak apalah ),,,,ya betul itu utamanya kalo legalisir ijasah unwim para alumni harus ngurus kemana? apa harus kekopertis atau ada solusi lain,,,tolong kita fikirkan bersama,,,

  9. ratih berkata:

    Tapi kalo mahasiswa ITB ga ngampus di ganesha kok rasanya jd ada yg kurang,seperti sayur tanpa garam *lebay mode on* , maaf Pak, numpang lewat

  10. rosa berkata:

    wah mungkin kalo yang dari luar kota jadi pusing pindah-pindah dari TPB ke tingkat selanjutnya. Trus yang jadi dilema di dunia pendidikan, kadang jurusan dibuka tanpa diimbangi kemampuan resource, tapi memenuhi kepentingan pasar saja, nah ini deh yang jadi sedih.

  11. Soni Satiawan berkata:

    Assalamu’alaikum

    Lama rasanya saya tidak membuka blog bapak. Apa kabar pak? Sukses selalu untuk bapak.

    Tulisan bapak yang ini telah memantik keinginan saya untuk menulis di blog lagi dengan topik yang hampir sama.

  12. Ega berkata:

    Setuju sm Saudari ratih.
    ITB khas dengan ungkapan ‘Ganesha’nya, klo ITB dipindahkan/buka cabang di lain tempat, rasanya kekhasan tersebut semakin tak berasa
    Hehe

  13. mahasiswa TPB berkata:

    ga setuju, saya sudah betah di JALAN GANESHA

  14. Ali Akbar berkata:

    Wah, baru baca tulisan yang ini, Pak. Saya setujunya yang ada seni musiknya, biar kami yang ikut ITB Student Orchestra juga bisa ada tempat belajarnya.

  15. Tata Y berkata:

    Apa semua Fakultas dipindah ke Jatinangor..??

  16. paimin berkata:

    buang aja ITB ke jatinangor biar kampus swasta di bandung makin berkembang pesat..

  17. sudirmanpriyo berkata:

    Ada baiknya dibuka juga jurusan sport science, biar pemain bola indonesia seperti pamain MU, Barca ataupun Madrid.

  18. Ardiansyah berkata:

    ITB penghinat…dulu pihak ITB mengatakan bakalan merger UNWIM..setelah unwim merosot (SAKIT) ehhh..malah di ambil Rumahnya dan di tendang penghuninya…dengan tidak hormat..
    kalo ITB merasa mau di hormati…tolong hormati dulu yang kecil…
    jangan semenak-menak…
    kaya yang gak bermoral aja..

    • thejokes berkata:

      Jadi kok dimergernya. Dosen2 Unwim kan jadi PNS ITB.

      Semenak-menak itu apa sih? Kok terdengar anonoh ya?

  19. feiz4asferah berkata:

    biasalah kan orang pinter (ITB) emang pandai berkonspirasi
    ITB + PEMPROV – UNWIM = DEAL

  20. abah komo berkata:

    apa pernah terbersit, kenapa dengan begitu ceteknya itb nyaplok kampus unwim. apa tidak curiga ada apa dibalik semua yang terjadi. apa orang- orang pinter dari itb punya rasa nurani yang baik pada para alumnus bahkan para mahasiswa yang masih berkuliah disana. kamimerasa sangat dibinasakan tanpa ampun. kenangan2 kami, kebanggaan kami yang telah mendidik kami tnpa ada kebijakan yng benar2 adil. kami dilahirkan memng dari usulan pemprov namun setelah kami hidup dan belajar berjalan dengn mudahnya dibuang dan diterlantarkan. kami inginkan keadilan, dan kami ingin hak kami….

    • t_adit berkata:

      apa pernah terbersit, di benak anda buat nyari lebih tau itu kejadiannya gimana? ITB bukan nyaplok hoy, fitnah aja seh, malah bikin malu nama almamater kau sendiri. Dibinasakan, lebay banget.. Masih ada noh yg di Tanjungsari. Hak kalian? Tunaikan dulu laah kewajiban kalian sebagai alumni. Manaaaa kontribusinya ke Unwim sampe itu kampus sekarat begitu? Pas udah kejadian, mulai berkoar-koar nyari kambing hitam atas ketidakbecusan dan keogahan kalian dalam kontribusi ke almamater…

      • Asgan Forester berkata:

        yang anda katakan benar itu juga merupakan kesalahan dari UNWIM sendiri. mungkin saya sangat berterimakasih karena UNWIM dijajah oleh ITB. karena itu akhirnya UNWIM bisa bangkit kembali dan bisa eksis kembali.

  21. suzzy_lee berkata:

    saya alumni unwim angkatan 98, sangat sedih rasanya mendengar kampus tercinta dilebur menjadi nama itb jatinangor……kenangan2 indah dulu dari mulai ospek sampai kami lulus terasa sulit untuk dilupakan….kini kami harus terhempas begitu saja

  22. Forester berkata:

    mari kita rubah rumus ITB + PEMPROV – UNWIM = DEAL jadi PEMPROV – ITB = UNWIM JAYA…

    KITA JANGAN KALAH OLEH ITB…

    • thejokes berkata:

      HAHAHAHAHAHA

      NGIMPI!!

      • Asgan Forester berkata:

        ITB hanya bermodalkan PERJANJIAN KERJASAMA saja dengan PEMPROV JABAR yang jelas tidak kuat secara hukum. saat ini mungkin mimpi. tapi peluang ITB Jatinangor direbut kembali oleh UNWIM itu mungkin.

  23. ZIE_ berkata:

    UNWIM terlalu indah tuk dilupakan……..terlalu sedih tuk di kenangkan…andai kini engkau kembali……jawaban apa yang kan kuberi, akankah kau temui jalan ntuk kita kan kembali……@ sepenggal lagu untuk UNWIM kampusku tercinta….meski tlah dilebur berganti nama menjadi itb jatinangor…ku takan silau…..UNWIMku kan tetap dihati sampai akhir hayatku…terima kasih UNWIM kau tlah membuatku menjadi seseorang yg bermasa depan, saya bangga menjadi alumni UNWIM……

    • kenangan abadi berkata:

      gw jadi sedih bacanya……tos ah tong did
      ramatisir , biarlah unwim jadi kenangan atau masa lampau tempat kita berbagi ilmu….

  24. bitchplease berkata:

    syukurlah kalo dipindah. eneg liat tampang2 kutu buku kyk mreka. apalagi banyak yg ngamen rame2 di stopan dapla.

    • t_adit berkata:

      Hadeeeuuuhh, dulu pengen masuk ITB tapi ga keterima ya? Anyway, itu yg ngamen rame2 mah bukan anak2 ITB. Harree genneee.. setau gue mah itu kampus tetangga, tergantung yg lagi muncul tetangga yg mana. Dulu waktu gw S1 di ITB, ngamennya lebih berbobot. Musiknya beneran, nyanyinya beneran. Sorry yooww…

      • Asgan Forester berkata:

        saya diterima di ITB FTI Jurusan Metrologi. tapi saya lebih bangga kuliah di Kehutanan UNWIM.

  25. Fachrie Lantera berkata:

    Salam Ganesha, Bakti kami untukmu Tuhan Bangsa Almamater Merdeka !

  26. Arief berkata:

    Mau tanya untuk Unwim Tanjungsari nasibnya gimana ya, apakah masih ada perkuliahan hingga saat ini? Kira2 kapan akan menjadi ITB Tanjungsari ya? Terimakasih sebelumnya atas balasan agan2 semua.

    • t_adit berkata:

      Kenalan gw masih ada kok yg ngajar di Unwim, setau gw yg Tanjungsari. Ga akan jadi ITB Tanjungsari kok, kecuali kalo tanahnya milik Pemda juga n Unwim terus merosot…

      CMIIW

      • Asgan Forester berkata:

        dan tanah di Jatinangor yang sekarang sudah dicaplok ITB pun bukan milik PEMPROV tapi milik UNWIM. jelas ada di PERDA PEMPROV JABAR NO. 11 Tahun 1992.

  27. Nas Zakaria berkata:

    Saya sempat survei untuk anak saya. Dia ingin masuk kedokteran Unpad. Tapi setelah dipikir-pikir Jatinangor cukup jauh dan berat juga melepaskannya pergi. Mengapa tidak membebaskan lahan di sekitar kota Bandung? Apakah negara tidak mampu melakukannya?

  28. Ping balik: Berkunjung ke Kampus ITB Jatinangor | Catatanku

  29. Asgan Forester berkata:

    Tanah dan Kampus UNWIM di Jatinangor masih MILIK UNWIM dengan dasar hukum PERDA PROVINSI JAWA BARAT NOMOR: 11 TAHUN 1992 yang mempunyai kekuatan hukum. Sementara ITB tidak punya hak walaupun bermodalkan PKS (PERJANJIAN KERJASAMA) GUBERNUR DAN ITB yang tidak memiliki kekuatan hukum.

  30. riki berkata:

    sebenarnya saya ingin mengoreksi bacaan di atas. di atas terdapat tulisan “Kampus ITB yang ada di Jalan Ganesha ini sudah terasa makin sempit” berarti yang dimaksud “Luasnya kampus ITB cuma 5 Ha”, itu adalah kampus ITB Ganesha yang berada di bandung.
    Tapi saya baca dari situs website ITB, ITB Ganesha itu luasnya 25 Ha.
    terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s