Tidak ada Panjat Pinang Tahun Ini

Tahun ini peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 65 agak berbeda. Karena tanggal 17 Agustus 2010 jatuh pada bulan Ramadhan, maka peringatan 17 Agustus terasa adem-adem saja. Masyarakat lebih disibukkan dengan ibadah puasa ketimbang memikirkan perayaan tujuh belasan. Pada pagi hari jalan-jalan dan gang-gang perumahan penduduk terasa lengang karena banyak orang memilih tidur lagi setelah makan sahur. Apalagi hari Sabtu dan Minggu, suasana lengang lebih terasa karena tidur panjang sesudah sahur (sebenarnya tidur sesudah sahur itu tidak dianjurkan). Namun bendera merah putih dan umbul-umbul sudah marak dipasang di rumah-rumah penduduk, sehingga kita masih merasakan suasana tujuh belasan.

Sebenarnya tidak ada yang melarang perayaan 17-an pada bulan puasa, namun masyarakat tampaknya lebih memilih menghemat tenaga dibandingkan dengan menyiapkan perayaan yang menguras energi. Jadi, menjelang tanggal 17 Agustus 2010 yang jatuh besok tidak terlihat ada lomba panjat pinang, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan aneka lomba khas 17-an. Bahkan di pinggir-pinggir jalan tidak terlihat para remaja panita HUT RI yang mengedarkan kotak sumbangan untuk perayaan 17-an. Biasanya pada ahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya di mana-mana di pinggir jalan kita menemui banyak sekali peminta sumbangan dengan dalih dari RT sekian RW sekian. Kondisi adem ayem seperti ini akan berlangsung setidaknya hingga 3 tahun ke depan ketika tanggal 17 Agustus bertepatan dengan bulan Ramadhan dan lebaran.

Namun,bukan berarti perayaan 17-an tidak ada. Di beberapa tempat perayaan HUT Kemerdekaaan RI sudah dilaksanakan jauh hari sebelum Agustus, yaitu pada bulan Juli. Jadi, orang Indonesia tidaklah melupakan begitu saja perayaan yang khas itu, namun mereka memajukannya sebelum Ramadhan tiba. Saya kira ini ide yang bagus.

Bulan Ramadhan dan bulan Agustus adalah dua bulan yang menyimpan sejarah bagi bangsa Indonesia. Tahukah anda bahwa Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan pada bulan Ramadhan (tepatnya tanggal 9 Ramadhan kalau nggak salah). Jadi, pada bulan Agustus 1945 itu sebagian besar masyarakat Indonesia sedang melaksanakan ibadah puasa. Usai orang-orang melaksanakan shalat tarawih di masjid-masjid dan surau-surau, Bung Karno dan Bung Hatta sibuk mempersiapkan pelaksanaan proklamasi esok hari. Bahkan naskah proklamasi yang legendaris itu diketik oleh Sayuti Melik pada saat jam-jam makan sahur, yaitu dinihari menjelang Subuh. Dan pada pukul 10 pagi tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan 9 Ramadhan tahun … Hijriyah kemerdekaan RI diproklamirkan di rumah Laksamana Muda Maeda di Jalan Pegangsaan Timur no 56 (yang sekarang menjadi Gedung Proklamasi). Bulan Ramadhan pada tahun 1945 membawa berkah bagi bangsa Indonesia.

Jadi, tanggal 17 Agustus tahun 2010 ini yang jatuh pada bulan Ramadhan mengingatkan kita pada kenangan tanggal 17 Agustus 1945 yang juga jatuh pada bulan puasa. Karena bumi selalu berputar dan awal bulan Ramadhan selalu maju 10 hari setiap tahun, maka ini ketiga kalinya tanggal 17 Agustus jatuh pada bulan Ramadhan. Yang pertama pada tahun 1945 itu, yang kedua sekitar akhir tahun 70-an dan yang ketiga pada tahun ini. Kita akan ketemu lagi tanggal 17 Agustus pada bulan puasa kira-kira 36 tahun lagi. Mudah-mudahan jika umur masih panjang saya berharap masih bertemu tanggal 17 Agustus yang jatuh pada bulan Ramadhan lagi.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

3 Balasan ke Tidak ada Panjat Pinang Tahun Ini

  1. Zakka berkata:

    OOT sedikit tapi masih berkaitan dengan isi tulisan Bapak…

    “sebenarnya tidur sesudah sahur itu tidak dianjurkan”, ini kata-kata dari siapa ya, Pak?

  2. Hanif Ridwan berkata:

    Tahun ini tetap ada Panjat pinang pak, di kampus saya baru saja diadakan permainan panjat pinang sebagai games untuk mahasiswa baru FIB UI. Biar puasa tetap semangat ternyata😀

    reviewnya bisa dilihat di
    http://www.ilmuperpus.wordpress.com

    salam kenal

    Ridwan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s