Boleh Pakai Pensil?

Setiap kali memberikan ujian entah itu kuis, UTS, dan UAS, diawal ujian mahasiswa selalu mengajukan beberapa pertanyaan klasik:

“Pak, boleh dijawab tidak terurut?”

Tentu saja boleh, Mas, anda boleh menjawab soal dari yang paling mudah terlebih dahulu, dan itu berarti boleh tidak sesuai dengan urutan soal. Seperti halnya hidup, kita cenderung memilih yang mudah dulu sebelum mengerjakan yang sulit.

“Pak, boleh menjawabnya bolak-balik?”

Tentu saja tidak masalah anda menjawabnya pada halaman kertas yang bolak-balik. Mungkin mahasiswa mengajukan pertanyaan ini karena khawatir ruang pada lembar jawaban tidak mencukupi untuk menjawab soal. Untuk kuliah yang ujiannya harus melakukan “ngemeng engineering” (meminjam istilah mahasiswa saya dulu, Brahmasta, IF2003), alias harus menjawab soal seperti mengarang sehingga tangan menjadi pegal-pegal, maka menjawab bolak-balik ini suatu keharusan.

“Pak, boleh pakai kalkulator?”

Di Informatika ITB, hanya tersisa dua mata kuliah yang sifatnya hitungan, yaitu Matematika Diskrit dan Probabilitas dan Statistik. Itupun hitungannya tidak berat-berat, karena nilainya kebanyakan integer, jadi memakai kalkulator tidak terlalu penting. Namun menggunakannya juga tidak dilarang. Ini bukan ujian SPMB atau sejenisnya🙂. Kuliah yang banyak melakukan hitungan sehingga mengharuskan mahasiswa memakai kakultor kala ujian sudah tidak ada lagi di IF. Kuliah apakah itu? Metode Numerik namanya.

Pertanyaan terakhir, yang menurut saya sangat penting:

“Pak, boleh pakai pensil?”

Ya, seharusnya anda menjawabnya dengan menggunakan pensil, jangan menggunakan tinta atau pulpen. Pada dasarnya, profesi di bidang informatika (saya kurang suka menyebutnya sebagai bidang IT, sebab konteksnya sangat luas) adalah sebagai seorang desainer atau perancang. Seperti halnya desainer busana atau desainer seni, maka penggunaan pensil sangat penting untuk membuat sketsa gambar. Anda mungkin perlu menghapus beberapa bagian sketsa yang sudah anda buat, atau menambahkan beberapa perbaikan. Pensil adalah alat tulis yang sangat tepat untuk itu. Program komputer adalah hasil sebuah desain lojik yang mungkin masih memerlukan perbaikan. Alangkah joroknya memakai tinta atau pulpen, setiap kali salah anda harus men-tip-ex-nya atau mencoret-coretnya. Sejak awal mahasiswa sudah saya didik menggunakan pensil untuk setiap aktivitas di Informatika, termasuk dalam ujian sekalipun.

Lalu, apakah itu berarti informatikawan/wati tidak memerlukan pulpen atau tinta? Hohoho…kami tetap perlu memerlukan bulpen atau tinta, tetapi hanya untuk menandatangani kwitansi honor saja.🙂

Selamat belajar.

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

8 Balasan ke Boleh Pakai Pensil?

  1. yunita berkata:

    sampai sekarang, pensil dan penghapus wajib ada di tempat pensil saya, pak😀

    bolpen sih ada juga, utk tanda tangan daftar hadir….hehehe

  2. Ali Akbar berkata:

    Hahaha… Ya, betul sekali, Pak. Rasanya sejak saya SMP dulu juga saya lebih sering memakai pensil malah. Saya juga sempat stress sendiri karena tidak ada pensil saat UTS Sistem Digital kemarin.

    Oh iya, boleh tahu mata kuliah yang bapak ajarkan apa saja?

  3. ismailsunni berkata:

    he… mengalami hal yang sama juga pak… Saya juga sudah “lupa” cara menulis dengan pulpen…

    benar juga, pulpen hanya untuk tanda tangan…

  4. Aceng Salim berkata:

    Alhamdulillah , , ternyata di IF/ STI banyak menggunakan pencil sbg senjata ujian,, soalnya saya sudah sangat bergantung pada pensil dan susah kalau ujian menggunakan bolpoint karena harus menulis dua balikan,,, yang awal dengan pensil kemudian bolpoint,,,

    Hore,,
    Jurusan yang tepat bagi saya, hehe

  5. Barayuda berkata:

    Lucu mas😀
    hehe

  6. Tia berkata:

    Kalau untuk tpb guna kalkulator untuk apa saja ya pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s