Foto-Foto Akibat Tsunami di Mentawai

Bagi orang Sumatera Barat, Mentawai itu adalah tanah yang jauh. Satu provinsi memang, tetapi Mentawai harus ditempuh dengan kapal kecil selama 14 jam menembus Samudera Hindia yang terkadang ombaknya tidak bersahabat. Dari Pelabuhan Muara, Padang, tidak setiap hari ada kapal yang berlayar dari Padang ke Mentawai. Kapal hanya ada dua kali seminggu berlayar ke sana, itupun bisa tertunda jika ombak laut besar. Orang Mentawai menyebut tanah mereka Bumi Sikirei, dan mereka menyebut daratan Sumatera sebagai Tanah Tepi. Suku Mentawai mempunyai kekerabatan dengan suku Nias karena jarak mereka berdekatan. Sebagian penduduknya masih menganut animisme, sebagian lagi beragama Kristen dan sebagian kecil beragama Islam. Sebagai tanah harapan, banyak pendatang dari Tanah Tepi — khususnya orang Minang — yang tinggal di sana sebagai pedagang dan pegawai negeri. Meskipun saya lahir dan besar di Sumatera Barat, namun sekalipun saya belum pernah ke Mentawai.

Saat ini Bumi Sikirei sedang menangis. Tsunami — “monster” laut yang mematikan — setinggi pohon kelapa yang terjadi tiga hari yang lalu telah menghancurkan perkampungan penduduk di Pulau Pagai Selatan. Pulau Pagai terletak paling selatan di antara gugusan Kepulauan Mentawai. Lebih 312 orang tewas dan 500-an orang hilang. Karena jauh dari daratan Sumatera, maka foto-foto akibat tsunami di Mentawai baru diketahui orang dua hari kemudian. Di bawah ini beberapa foto kerusakan parah akibat monster laut yang menakutkan itu. Sumber foto adalah dari kantor berita Antara (dikutip dari sini) dan dari Kompas.com.


Sejumlah penduduk yang selamat berjalan melintasi daerah yang disapu tsunami di Pagai Utara, Kepulauan Mentawai. (AP Photo/Setwapres)


Pandangan udara sebuah desa yang hancur dua hari setelah tsunami menghantam Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai, Sumbar, Rabu (27/10).


Sejumlah bangunan di Kampung Bosuwa Desa Betumonga Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, hancur akibat gempa dan tsunami, Rabu (27/10/2010).


Sejumlah bangunan di Kampung Bosuwa Desa Betumonga Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, hancur akibat gempa dan tsunami, Rabu

Foto-
foto lainnya dalam ukuran besar dapat dilihat di sini.

Pos ini dipublikasikan di Cerita Ranah Minang, Indonesiaku. Tandai permalink.

4 Balasan ke Foto-Foto Akibat Tsunami di Mentawai

  1. jonanto berkata:

    Ikut prihatin dengan kejadian tsunami di mentawai, kapan tragedi itu akan berhenti, kiranya Tuhan menolong umat-umatnya yang menderita…… Amin

  2. dian berkata:

    KAMI SEGENAP KELUARGA SMP N 1 karanganom,klaten turut berduka cita atas bencana yang terjadi di mentawai……………………………..

  3. Karisma Ciinaga berkata:

    kasihan y yg kena bencana ini

  4. Karisma Ciinaga berkata:

    tu akibat tsunami di mentawi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s